Fakta-Fakta BTS Part 186 (Saran RapMon Buat Youth Yang Kehilangan Arah)

Posted: Desember 19, 2015 in About BTS

BANG! TAN! BTS!

Source:  151204 BTS Docent LIVE SHOW @Butterfly dream (Credit: Naver V, uploaded: Flora), [ENG SUB] 151212 Show Champion Backstage 방탄소년단 (BTS) (Credit: MBC, subbed: peachsoda,

  • BTS juga ngadain semacam pameran buat rangkaian comeback HYYH Pt.2 ini chingu. Ada banyak banget foto2 konsep HYYH yang dipamerkan, juga hasil karya member2 BTS sendiri. Ga cuman itu, pic2 mereka dari debut juga ada. Nama pameran itu adalah “butterfly dream” *weizzz, keren*. Jimin nunjukin beberapa hasil karya dia dari mulai tulisan sampe gambar. Tulisan Jimin bagus chingu *menurut gue dari semua anak BTS, Jimin itu yang tulisannya paling bagus, rapi, enak dibaca, my style banget tulisan kayak Jimin itu meskipun gue sendiri kalo nulis tangan ngerasa jelek. Tulisan anak BTS yang paling jelek bagi gue RapMon, habis itu Suga, lalu Hope. Rapper line bagi gue tulisannya abstrak, susah baca guenya, duh~. Kalo yang vocal2 line lumayan, apalagi Jimin. Gue paling suka style tulisannya Jimin, kecil2 rapi gitu*. Selain tulisan itu, dia juga ngegambar daun musim gugur yang ada kupu2 sama member BTSnya juga *ga nyangka gue Jimin punya bakat ngegambar juga, keren. Gambarnya Jimin yang daun musim gugur itu beberapa waktu (November awal lah, awal musim gugur) pernah beberapa waktu gue jadiin foto profile di facebook, mirip itu gambarnya, cuman berwarna. Ini karena gue suka chingu bentuk2 yang kayak gitu, autumn feel, autumn leaves. Ngeliat video ini gue jadi inget photo profile gue sebelumnya. HYYH sendiri konsep covernya dari kelopak bunga musim semi lalu jadi kupu2 di musim gugur. Gue rasa ini keren banget karena spring & autumn itu 2 musim yang kesannya memang bermakna banget. Gue ga tahu teorinya persisnya gimana cuman 2 musim itu kayak punya makna mendalam bagi orang Korea. Bahkan ada yang bilang autumn itu musimnya cowok. Apalagi juga HYYH pt.1 covernya pink, lalu yang HYYH pt.2 covernya peach, kayak ngegambarin banget keluarnya album itu di musim apa, yaitu musim semi dan musim gugur tadi. Dan menurut gue kupu2 itu memang pas ditampilkan di konsep autumn, karena sendu, melankolis. Lagu “butterfly” BTS itu kan sendu sebenernya, kayak lagu perpisahan, bukan lagu musim semi yang kayak pertemuan, exciting. Kalo “buttefly” yang pertemuan dan spring itu contohnya kayak EXO yang “buttefly girl” dulu menurut gue, jaman XOXO. Tapi kalo I NEED U, meskipun kayak sedih banget tapi sebenernya berbunga2, makanya visualnya juga kelopak bunga=spring. I NEED U itu baper yang berbunga2, kebahagiaan dalam kesedihan. Sedangkan yang Butterfly ini baper yang arahnya ke perpisahan, semacam kesedihan dalam kebahagiaan jadinya, kayak suatu kebahagiaan yang singkat namun terkenang selalu #eaa #apadeh. Menurut gue BTS jenius banget udah nempatin I NEED U di spring dan Butterfly di autumn, kena banget feelnya. Yeokshi ya BTS, genius musician, konsep2 mereka brilliant.*
  • Siapa yang suka rambut Suga yang sekarang? Pasti banyak yang suka, cuman itu ternyata berat bagi Suganya chingu. Suga pernah ditanya di Show Champion comeback kemaren tentang kulit kepalanya dan dia bilang ga main2 rasanya, semacam mau lepas aja itu kulit kepala saking seringnya gonta ganti/ngecat rambut mulu. Dia bilang 50 kali-an dia gonta ganti warna rambut (sering banget maksudnya) dalam setahun ini. Dan dia juga bilang planning mau memperkarakan BigHit kalo sampe dia mengalami kerontokan rambut. Kayak serius chingu ngomongnya *tapi memang sakit kan ya gonta ganti warna rambut. Catnya itu kan bahan kimia, jadi tetep ngefek ke kulit kepala/rambutnya kalo terus2an diaplikasikan. Mungkin orang ngeliatnya Suga keren dsb cuman ternyata sakit juga lhoh itu. Balik lagi ke konsep juga ini. Warna rambut dsb adalah managementnya BigHit jadi ya artisnya nerima aja. Kalo gue sih seneng2 aja ngeliat rambut Suga ganti2, karena memang pantes dia, dia putih soalnya, jadi mau warna rambut apa aja pantes. Cuman pernah juga mikir apa kulit kepalanya ga sakit gonta ganti warna rambut mulu. RapMon pasti juga gitu, sering juga diwarna2 soalnya. Idol yang setahu gue rambutnya dari dulu item terus itu Jr GOT7, ga pernah diwarna2 seinget gue, selalu hitam. Tindikanpun dia juga enggak, mungkin konsep juga/memang idealismenya dia. Ngedenger Suga curhat gitu gue sedih sih, kasian. Resiko jadi idol ya, penampilan to the max cuman kita ga tahu sakitnya dia secara fisik sampe gimana. Itu baru rambut, belom lelahnya latihan, pusingnya bikin lagu sampe harus terjaga/bangun terus/ga tidur berhari2 kalo musim comeback kayak gini. Bukan gue ga suka management BigHit ya, idol lain pasti juga ada yang merasakan hal yang sama. Bukan berarti Suga bilang kayak gitu dia lalu benci BigHit juga lhoh ya, hanya saja pasti ada kan sesuatu yang kita complain meskipun kita suka banget/berafiliasi sama sesuatu itu. Ga ada yang sempurna soalnya, management apapun*
  • Ketika ditanya lagu yang paling menarik bagi Suga di HYYH Pt.2, dia bilang “dead leaves” *jiah~ lagu dia sendiri, promo mode on ini alamatnya, kesalahan deh mbaknya nanya begitu, haha*. Jadi dia bilang kalo lagu itu cocok buat didengerin di musim dingin/winter. Sebagai musisi, dia bilang pengen selalu menampilkan karya yang lebih baik dari karya2nya yang sebelumnya, termasuk di album ini. Suga bekerja keras untuk bikin lagu yang lebih baik lagi dan dia bilang semoga dapet hasil yang baik di album kali ini *gue rasa Suga itu kalo bikin lagu urban banget musiknya, temponya entah gimana berasa laidback juga, dia banget, musik dia mencerminkan dia sekali. Kreatif banget menurut gue Suga itu secara musik (kaya instrument, pinter ngemix), cuman jadinya kayak agak kaku gitu kalo udah diblend-in sama lirik baik melody (vocal part) maupun rap part. Menurut gue musiknya Suga itu complicated, ga simple, rich banget, dan itu ngebuat musiknya lebih stand out daripada liriknya. Lain sama “crow tit” atau “whalien 52” misalnya yang musiknya lebih simple tapi ngalir sama liriknya sehingga bisa stand out dua2nya, terutama liriknya. Setahu gue hip hop itu musiknya simple, lebih ngestandout-in pesan/lirik, cuman kalo Suga musiknya yang lebih stand out, makanya gue bilang dia itu urban banget musiknya. Untuk “dead leaves”, gue suka cuman ga terlalu chingu. Selain maknanya ga terlalu kena di gue, rap-nya ga lingering, perpindahan rap ke vocalpun menurut gue ga terlalu ngeblend, ga “ngalir” dengan smooth, agak kaku menurut gue. “dead leaves” itu vocal2nya partnya keren bagi gue cuman rapnya enggak terlalu keren, part RapMon doang yang rimanya sama yang paling kena di gue. Kalo yang slow temponya gue prefer “butterfly” chingu. HYYH Pt.2 ini Run X Dead Leaves yang paling jarang gue denger chingu. Yang paling sering gue dengerin “whalien 52” X “Crow Tit”. Kalo butterfly gue sering skip sampe partnya Suga X Hope X RapMon, gue suka semua rap mereka di lagu itu. Melodynya bagus memang, cuman keseringan denger udah agak bosen. “Nevermind” jelas meaningful. Kalo “ma city” hip hop banget secara message, glocalization of hip hop*
  • Ga main2 masa “RUN” ini karena dance mereka melelahkan banget dan jadwal juga padat banget chingu. Suga sampe complain di Show Champion BTS ini, dia bilang BigHit ngasih jadwal yang keterlaluan buat mereka. Dalam 4 hari (Jumat tanggal 11 sampe selasa tanggal 14) mereka dalam sehari tidur ga ada 3 jam. RapMon sendiri ga bisa tidur juga ketika di mobil (pindah dari satu lokasi ke lokasi lain), padahal harusnya bisa/ada sedikit waktu tambahan, makanya capek banget, mungkin dia member pertama yang collapse katanya. Dia bilangnya sambil ketawa2 juga, ketawa sedih. Semacam cuman bisa ketawa lah kalo udah begini *sabar ya bang leader, all is well. Bangtan saling menguatkan pokoknya*. Meskipun pada bilang capek, mereka masih bisa bercanda lhoh ketika sama2 (terutama line maknae), bener2 keliatan saling menguatkan mereka ini. Suga juga, dia bilang udah bangun/ga tidur selama hampir 48 jam (2 hari), makanya kakinya udah berasa kayak di air, berat banget. Jimin pas Suga complain itu bilang “apakah ini akan tayang?”cuman Suganya “hei, aku cuman complain~”. Suga gitu kan ya, straightforward, kalo complain ya diutarakan, gapapa. JungKook yang terkenal staminanya kuat juga bilang betisnya udah lemes ketika rehearsal di Show Champion itu. Moment ketika dance RUN berakhir adalah favorit semuanya, semacam “yeah selesai juga!!!”. Jimin X Hope bilang kalo the next mereka bakalan bikin lagu judulnya “Sleep” aja supaya ga capek2 kayak RUN ini, ga main2 soalnya dancenya, kayak lari beneran. Nah kalo V, adegan dia yang nyebur air itu katanya dingin banget. Dia ga pake air hangat tapi air dingin (apalagi pas syutingnya di winter, kebayang dinginnya). Dia bilang berasa beku dan mau mati (ibaratnya saking dinginnya) ketika syuting itu. Adegan V nyebur ini sendiri relate sama prologue I NEED U yang dia nyebur di laut itu. Satu lagi, kalo yang lain mungkin ga kemana2, cuman RapMon masih main variety show ketika itu, jadi tambah capek chinfu *gila ya Bangtan, kuat banget mereka. Capek banget pasti. Fighting Bangtan! Semoga HYYH Pt.2 daebak dan usaha keras kalian yang kayak gitu bisa terbayar. Dan buat Suga X RapMon yang keknya paling “parah”, tetep sehat ya. Kalian itu berarti banget buat fans2, termasuk gue #mendadakmellow. Suga X RapMon dan semuanya, fighting!*
  • BTS Show Champion ini ditutup dengan indah banget oleh RapMon chingu. Jadi dia ditanya tentang saran buat youth/anak muda yang kehilangan arah/bingung itu harus gimana. Dia bilang kalo ayah dan kakek kita juga sama kok, ga hanya youth kayak kita yang ngerasain hilang arah. Bayi yang lahir itu juga bingung, apakah wanita di depan dia itu ibunya atau bukan dan jadi ragu. Ada di Show Championpun RapMon ngerasa sedang tersesat. Jimin yang ngedengerin jadi bilang “wah filosofi sekali” dan RapMon nyaut “memang bener kok”. *tapi bener kan ya, kita semua ini tersesat di jalan yang bernama “kehidupan” kan? Hehe*. Intinya ga cuman youth, rasa bingung/hilang arah itu terjadi pada semua lapisan umur. Lalu, solusinya apa kalo gitu? Bagi RapMon adalah selama kamu punya faith/kepercayaan dan itu ga bertentangan/bukan sesuatu yang buruk/salah, maka teruskan. Kamu harus percaya pada dirimu sendiri dan terus melangkah ke depan. Dia berharap youth2 yang ngerasa dirinya tersesat dapat percaya pada diri mereka sendiri *yeokshi ya RapMon. Mikirnya filosofis banget, suka banget gue orang kayak RapMon ini chingu*. Jimin yang ngedengerin dari belakang keliatan jadi mikir juga *tapi bener kan ya, manusia pada dasarnya kan tersesat di jalan yang namanya kehidupan ini. Karena sadar tersesat, makanya nyari petunjuk dan itu persis kayak kata RapMon, bahwa petunjuk itu adalah faith/kepercayaan/keyakinan. Kalo kita udah punya faith, berarti udah ga tersesat idealnya. Hanya saja manusia ga sempurna, jadi kesesat2 dikit pasti ada, hanya saja jangan banyak2, sesekali lah. Dan muaranya juga tetep ke diri sendiri. #BelieveYourSelf pokoknya, jangan gampang keombang ambing orang. Selagi udah punya faith, ya terus jalan aja, jangan ragu2. Selagi perbuatan kita baik, ga menentang norma2 dan merugikan orang lain, ya jalan terus aja. RapMon keren ya, yeokshi leader Bangtan~. Dan semoga aja youth yang ngerasa kehilangan arah bakalan bisa dapet arahnya setelah tahun saran RapMon ini. Intinya cuman faith chingu, semua based on itu. “Beliave your faith”, sama kayak liriknya RapMon di mixtape “I Believe”*

151204 BTS Docent LIVE SHOW @Butterfly dream.mp4_000224357

151204 BTS Docent LIVE SHOW @Butterfly dream.mp4_000239639

151204 BTS Docent LIVE SHOW @Butterfly dream.mp4_000241941

[ENG SUB] 151212 Show Champion Backstage 방탄소년단 (BTS).mp4_000322780

[ENG SUB] 151212 Show Champion Backstage 방탄소년단 (BTS).mp4_000316149

[ENG SUB] 151212 Show Champion Backstage 방탄소년단 (BTS).mp4_000328995

[ENG SUB] 151212 Show Champion Backstage 방탄소년단 (BTS).mp4_000670628

[ENG SUB] 151212 Show Champion Backstage 방탄소년단 (BTS).mp4_000662620

[ENG SUB] 151212 Show Champion Backstage 방탄소년단 (BTS).mp4_000680888

[ENG SUB] 151212 Show Champion Backstage 방탄소년단 (BTS).mp4_000709333

[ENG SUB] 151212 Show Champion Backstage 방탄소년단 (BTS).mp4_000079954

[ENG SUB] 151212 Show Champion Backstage 방탄소년단 (BTS).mp4_000614488

[ENG SUB] 151212 Show Champion Backstage 방탄소년단 (BTS).mp4_000858649

#Peace #Love #Happiness

#Live #Love #Learn #Laugh 

#Share #Respect #Inspire

#StayGold #StayTrue #StayReal

Komentar
  1. marizky asriatun mengatakan:

    ka kapan2 nulis acara2 tv kayak running man, lot j, n superman return si ka…
    biar banyak bacaan lagi

  2. Nida mengatakan:

    Klo aku jadi mereka, pasti gak akan sanggup ngejalani jadwal yang super duper padat kyt. Klo ngeliat mereka luar biasa kerja kerasnya yah, kadang pengen nangis krn pasti berat banget buat mereka, sejak debut mereka kyk gak pernah punya waktu buat bernapas. Projek yg mereka kerjakan terus aja sambung menyambung. tapi disatu sisi jadi suntikan semangat buat aku pribadi, kenal mereka banyak menularkan semangat buat aku, terutama semangat kerja kerasnya. Mereka begitu bersungguh sungguh sampe tahap maksimal. Sebagai fans hanya bs berdoa semoga mereka selalu bahagia.

  3. Willy mengatakan:

    Tulisan jimin emang bagus sih, gue sadar itu pas nonton BTS Gayo di V (lupa episode berapa ^^v) yang TOP10 dance BTS pokoknya! Di papan punya dia, Jimin nulis Danger. Dan pas gue liat tulisan dia, “Wah, tulisannya kok bisa bagus gitu?”😀.
    belum nonton video yang Suga complain itu sih, tapi berani banget kok ya? haha.. padahal idol lain pasti mikir ratusan kali itu, kan kadang bisa ngerugiin agensi mikirnya.
    Namjoon, kapan lu ngga bikin gue ngga kalo udah ngomong dalem kek gitu?? Besok-besok bikin acara Rapmon SuperShow aja bareng Pak Mario! #Apadeh.
    Dan gue bakal tunggu lagu BTS yang sleep itu chim! LOL (Gue udah ngebayangin suga tidur males-malesan di stage haha).

    • Nida mengatakan:

      Mungkin suga pikir itu gak akan ditayangin.. hehe..
      Waktu Di show champion backstage yg selanjutnya mrk juga ngomongnya macem macem. Suga nyeletuk ini gak akan ditayangkan kan? tp jin ngejawab dia semua akan tayang. Soalnya di show champion backstage sblumnya ditayangin semua, bahkan waktu jin sama v yang main pukul pukulan itu aja gak diedit. Hee

  4. Iin mengatakan:

    kata2 Rapmon yg terakhir bikin aku nangis… sma kya aku yg kehilangan arah & masih kbingungan dengan apa yg pngen aku lakuin kedepannya..
    yeokshi BTS kereeennn bangettt membernya smart2 trutama leadernya…
    emang yah jdi idol bener2 ngga gampang.. kita mah fansnya ngliatnya seneng2 aja sma apapun yg dilakuin idolnya tnpa sadar trnyata idolnya mlah sebenernya kesulitan,capek,kurang tidur,kpalanya sakit gra2 gonta ganti warnana rambut.. klo aku ngga sanggup bisa kya mereka…kasihan Suga..BTS Fighting….

Tinggalkan Balasan

