Fakta-Fakta DAY6 Part 13 (Genre Yang Sekarang Disukai Member2 DAY6)

Posted: Februari 22, 2016 in About DAY6
Tag:

Source: Video – 160131 DAY6 KISS THE RADIO C3O (FULL) (Credit: KBS Radio, uploaded: DAY6 TV)

160131 DAY6 KISS THE RADIO C3O (FULL).mp4_000155355

  • Ketika ditanya Ryeowook tentang apa genre favorit member2 DAY6 atau genre apa yang sekarang sering mereka denger, JunHyeok bilang dia lebih suka genre yang ga meledak2/terlalu fun tapi lebih tenang misalnya pop ballad *keliatan ya dari mukanya, kayak melankolis gitu menurut gue. Kalo JunHyeok memang lebih ke vocal kan ya, jadi wajar suka lagu2 tipe ballad. Apalagi instrument yang dia pegang juga piano/keyboard, melodi banget, bukan beat*
  • Jae? Jae katanya berubah2 genre favoritnya, cuman dia sekarang lagi seneng2nya sama lagu yang ngegroove *gue rasa lagunya mereka yang “become a habit” itu ngegroove banget apalagi yang ketika mereka live, enak banget didengerin, asik*
  • Kalo Wonphil, dia sekarang lagi suka2nya genre akustik dan EDM (Electronic Dance Music). Kata JunHyeok, WonPhil ini member DAY6 yang paling tahu masalah genre2 dsb. Jadi misalnya denger lagu, dia langsung bisa ngomong ini genre ini dan itu *wah, berarti pengetahuan musiknya luas banget ya, keren! EDM memang lagi marak kan ya sekarang, genre yang booming. Apalagi K-Pop, genre yang butuh dance, jadi sedikit banyak harus pake EDM juga. EDM yang paling kece bagi gue sekarang adalah BTS yang “dope”. Itu stunning banget lah musiknya bagi gue. Koreonya juga, kombinasi dance dan EDM yang sangat apik. Ga heran BTS dapet world wide best performance juga tahun ini karena memang dance + musicnya excellent. Kalo urban, gue suka lagu2nya EXO terutama yang OVEDOSE X Moonlight chingu. Gue rasa OVERDOSE itu karya terbaik EXO sejauh ini. Kalo untuk yang slow, moonlight juaranya bagi gue. Slow beat-nya nuansanya mistik, kadang merinding gue ngedengernya. Yang bikin kedua lagu itu namanya The Underdogs. Gue pernah ketika OVERDOSE X Moonlight keluar ngemention dia di twitter dan bilang lagunya bagus banget dan dia bilang thank you gitu. Moonlight EXO itu mengingatkan gue sama lagunya Jennifer Hudson yang “where you at”. Musiknya tipenya sama, urban dengan slow beat/slow tempo. Itu nyawanya Underdogs dan gue suka dengan itu, apik. Gue rasa urban=EXO=SM. SM bagus banget dalam genre itu menurut gue. Kalo YG, menurut gue mereka lebih ke hip hop/soul/reggae (black music). Sedangkan JYP lebih ke hip hop cuman dengan distinct stylenya JYP sendiri+agak2 Chinese2 gitu. Nah, baru2 ini juga, SM ngerilis STATION (Yoo Young Jin X D.O) yang judulnya “tell me what is love” dan menurut gue bagus banget lagu itu chingu. Gue rasa style lagu2 kayak gitu Yoo YoungJin banget, R&B. Meskipun SM bukan agensi yang terlalu ke black music, cuman sekalinya bikin lagu R&B menurut gue keren, contohnya ya “tell me what is love” tadi, EXO yang “what is love”, SuJu yang “sorry2 answer” dan TVXQ “before u go”. Ini karena memang Yoo YoungJin itu composer utama SM yang spesialis di R&B sejak debut chingu. Dia dulu penyanyi SM (awal2 SM ada) dan genrenya R&B, lalu dia jadi producer di SM sampai sekarang. Yang tahu K-Pop harusnya udah familiar sama Yoo Young Jin ini, apalagi SM Stan. Buku gue yang “Get Ready? This Is K-Pop (book 1) itu ngebahas2 kayak gini juga, termasuk Yoo Young Jin*
  • Kalo SungJin, dia suka genre modern rock (rock) chingu *gue rasa DAY6 ini juga lebih ke rock sih. Rock cuman versinya lebih slow, lebih ngepop, semacam pop rock jadinya. Gue rasa DAY6 ini ke depan bakalan kayak The Script gitu chingu. Entah gimana gue ada feel kayak gitu*
  • Kalo Young-K, dia suka semua genre kecuali heavy metal yang bener2 heavy. Young-K tentu ga bisa lepas dari hip hop kan ya. Nah, Young-K ngerasa hip hop banyak berperan dalam menghilangkan stressnya. Dengan mendengarkan dan menari dance hip hop, dia rasa stressnya akan berkurang. Karena itu pula dia juga jadi punya keinginan untuk bermusik. Kalo DoWoon, dia suka banyak genre * sejak gue suka hip hop, gue jadi ngerasa suka semua genre chingu. Jadi suka hip hop ngebuat gue jadi makin respect sama semua genre di luar hip hop. Kenapa? Karena dalam hip hop banyak sekali genre lain yang bisa dimasukin/dikolaborasiin dan itu kena di gue. Hip hop x klasik? Pernah kan denger lagunya Zico yang “battle royal” atau Nas yang “I can”? Itu hip hop yang dikombinasiin sama musik klasik. Lalu hip hop x Arabian? Lagunya BTS yang “cypher pt.3: KILLER contohnya. Hip hop x rock? Boy In Luv-nya BTS misalnya. Gue ngeliat kedemokratisan dalam genre ini dan itu ngebuat gue jadi ngerasa apapun genrenya, bisa kok berpadu dengan hip hop. Ada 3 genre yang paling gue suka chingu, hip hop x folk x urban. Kalo hip hop karena selain tadi (ngeblend sama genre2 lain) juga liriknya real, gue suka unsur #stayreal yang ada di hip hop. Ada filosofi2 di hip hop yang gue suka, conscious hip hop tepatnya. Kalo urban, karena well made. Mereka bisa ngeblend-in berbagai macam instrument electronic ke dalam 1 lagu dan menggelitik gitu musiknya. Contoh lain misalnya “happiness”nya Red Velvet. Itu lagu urban yang well made juga bagi gue. Penciptanya namanya Will Simms dari Inggris dan itu jadi lagu RV favorit gue sejauh ini. Kalo folk, gue suka lagu2 Korea yang indie. kayak lagunya Lucia yang “calmly” misalnya. Gue rasa Lucia itu musisi folk Korea yang keren. Folk itu bagi gue musik yang dalem tapi dikemas dengan kalem, jadi damai ngedengernya. Kalo hip hop, kesan yang ditimbulkan adalah kayak orang orasi. Tapi gue juga seneng ngedengernya karena semacam jadi dapet info/pandangan bahkan kadang pencerahan dari situ. Kalo urban, bukan cuman dari musiknya yang well made, vocal2nyapun keren menurut gue. Kalo folk sama hip hop menurut gue vocal ga terlalu penting, karena yang penting feel/delivery-nya, cuman kalo urban lebih ke teknik. Teknik inilah yang menurut gue sesuatu yang well made dan ngebikin gue seneng dengan itu. Kembali ke DAY6, gue ada keyakinan DAY6 akan tumbuh jadi band yang keren chingu. Mereka memandang genre udah selayaknya musisi menurut gue, keren. Mereka paham genre, paham bikin lagu sendiri, paham alat musik dsb. Grup yang bisa gue antisipasi perkembangannya. DAY6 Fighting!*

#Peace #Love #Happiness

#Live #Love #Learn #Laugh 

#Share #Respect #Inspire

#StayGold #StayTrue #StayReal

Komentar
  1. Anggiify mengatakan:

    Aah suka bgt sama tulisan kakak tentang Day6 & SEVENTEEN nya ^^

    Day6 ini emang keren bgt >.< semoga karir mereka makin bersinar kedepan'a^^

  2. Sofi mengatakan:

    Akhirnya post fakta day6 lgi,, gomawo🙂

  3. wooclipmovie mengatakan:

    wew koq bisa tau sih.. makasih infornya aku suka bgt sama band ini

    Streaming Fifty Shades of Grey (2015) Bluray

  4. gitagege mengatakan:

    satu pendapat Day6 bakalan jadi band yang luar biasa,mereka punya musik yang berbeda dari muik kpop kebanyakan, tapi sedih Junhyeok keluar dari Day6 T-T

  5. oktya_hottest mengatakan:

    Min,kangen postingan day6 & got7 terbaru,,..
    Day6 baru ngeluarin lagu letting go, trus got7 dengan lagu fly
    Kangen postingan mimin…

Tinggalkan Balasan

