Fakta-Fakta WINNER Part 27 (Comeback WINNER “Sentimental”)

Posted: Februari 22, 2016 in About WINNER
Tag:

Guess Who’s Back! WINNER!

Source: Video – [ENG SUB] WINNER – ‘센치해 (SENTIMENTAL)’ M_V MAKING FILM (Credit: MNET, subbed: @yvngjimingyu)

WINNER COMEBACK!!!

WINNER akhirnya comeback setelah kurang lebih setahun ya chingu, akhirnya~. Mereka comeback dengan 2nd albumnya EXIT. Gue sendiri belum denger sih semua track di album itu, cuman ketika perform “sentimental” keluar di MNET, gue sering banget ngeplay lagu itu. Gue malah nonton itu dulu dibanding MVnya. Jadi baru beberapa waktu kemudian gue nonton MVnya. MVnya bagus, gue suka. Dancenya juga bagus, simple tapi impactful. Gue udah denger yang “baby baby” juga chingu cuman sejauh ini yang klik di gue baru “sentimental”. Gue rasa lagu itu seru, asik, unik, WINNER banget. Gue suka WINNER karena menurut gue mereka kayak pelangi. Masing2 dari mereka punya color yang unik dan bisa ngeblend jadi satu dalam satu lagu. Tipikal lagu merekapun bagi gue seru di K-Pop, beda dari yang lain. Mereka meskipun punya 2 rapper cuman ga full hip hopnya, kayak lebih colorful gitu, itu kesan gue. Ada unsur2 lain termasuk pop ballad, pop rock, folk, r&b, reggae sampai cabaret/blues feeling (gue rasa sentimental ini tipe2nya kayak gitu, bagi gue kayak musik2 cabaret dan itu Taehyun’s style banget). Gue rasa TaeHyun keren banget bisa bikin lagu ini, GENIUS. Gue rasa dia berbakat banget dalam composing lagu chingu. WINNER kerennya itu juga, ada TaeHyun X SeungYoon yang jagoan2 bikin lagu sendiri, jjang!. Menurut gue title track terbaiknya WINNER di S/S dulu adalah “color ring”nya SeungYoon. Dan di EXIT ini adalah “sentimental”nya TaeHyun. Kalo ga salah gue pernah bilang suka banget lagu “but” di S/S ya. Meskipun following track, cuman gue klik chingu sama lagu itu, makanya jadi favorit gue. Kalo following track di EXIT gue belum denger sih jadi belum bisa ngomong suka yang mana. Baik “color ring” ataupun “sentimental” sama2 lagu sedih sih, cuman feelnya keren. Kalo yang “color ring” kayak pop rock gitu (SeungYoon banget, karena dia memang jagoan gitar). Yang “sentimental” ini lebih ke ngeblues tadi, Taehyun’s style banget. Pertama kali denger lagu ini gue langsung ada feeling lagu ini yang bikin pasti TaeHyun dan ternyata bener. Suara dia menurut gue passss banget sama lagu ini. Part2 TaeHyun yang paling gue suka juga. Tipe suaranya dia kan tinggi ya, dan itu cocok banget sama style lagu ini bagi gue. TaeHyun jjang! Dia maknae cuman kompeten banget menurut gue chingu. Another golden maknae selain JungKook BTS menurut gue, dengan style yang beda tentunya, cuman sama2 kompeten. Jujur sosok TaeHyun ini banyak memberikan gue inspirasi. Buku gue yang “probably perfect” itupun salah satu tokohnya terinspirasi dari TaeHyun ini saking gue ngerasa makhluk ini unik sekali, gue suka. Ok, daripada kepanjangan, kita masuk aja ke MV Making “sentimental” aja ya. Kita cari apa ada fakta yang bisa didapet dari video ini.

  • Hamm…apa yang ada di benak kalian ketika denger kata sentimental? Kalo gue, gue inget pernah baca komik yang judulnya itu. Mungkin kalian juga, wkwk. Hal yang sama juga ditanyakan ke anak-anak WINNER chingu. Bagi JinWoo, kata “sentimental” adalah kata yang sulit *gue setuju sama ini. Sentimental adalah kata yang sulit untuk didefinisikan menurut gue. Menurut gue, sentimental itu adalah suasana hati yang karena lagi sedih, efeknya jadi sensitive terhadap lingkungan sekitar. Kayak “sensi” atau “baper” gitu. Jadi meskipun ga ada angin ga ada hujan, bawaanya salah aja, kurang pas aja. Meskipun ga ada apa2, kayak ada apa2, perasaan yang tiba2 ada dan ngeganggu. Bukan hanya ngeganggu diri sendiri, cuman bisa berimbas ke orang lain yang ga salah/tahu apa2. Perasaan yang sulit dijelaskan cuman intinya orang itu lagi ga baik2 aja dalam hidupnya*
  • Gimana dengan TaeHyun? Bagi dia, lagu sentimental ini adalah lagu sedih dan feelingnya kayak loser-ish *gue setuju, gimanapun juga lagu ini lagu sedih sebenernya. Dan gue relate juga dengan istilah “loser-ish” karena memang mereka kayak loser banget di MV itu. Orang yang saking sedihnya jadi melakukan hal2 ga mutu/ga penting yang bikin orang ngerasa mereka gila apa gimana. Iya kan? Mereka melakukan hal2 kekanak2an yang kalo diliat orang normal, pasti ngerasanya mereka “gila” apa gimana. Makanya hal2 gila itu dilakukan di ruangan yang ga ada orang lain, biar ga ada orang yang tahu. Mereka kayak bingung harus ngapain, makanya melakukan hal2 ga mutu tadi untuk semacam menenangkan dirinya*
  • Bagi SeungYoon, lagu sentimental ini adalah mencoba mengeskpresikan feeling sentimental ke dalam lagu yang fun chingu *jadi jelas ya, meskipun lagu ini fun/ceria secara melodi, MV maupun dance, cuman konten liriknya sebenernya sedih. Menggambarkan sentimentalnya orang yang lagi patah hati kan ya*
  • Bagi MINO, lirik yang “cheongchangman barabwa amugeotdo eobneun batangae geurim geurobwa ja” atau “lihatlah atap, cobalah menggambar sesuatu di latar yang kosong itu” adalah lirik yang paling cocok secara beat di lagu ini. MV ini sendiri dibuat dengan syuting dari atap karena terinspirasi lirik ini juga chingu.
  • MINO ngerasa di partnya di MV ini, dia adalah musisi yang kesepian/lonely musician. Kalo SeungYoon, dia kayak berperan jadi orang yang punya kelainan dalam mengelola kemarahan (anger-disorder) dan orang yang punya karakter ganda (double personality) *makanya tadi gue bilang mereka kayak orang gila kan? Mereka kayak sedang menderita kelainan psikologi saking sentimentalnya perasaan mereka. Dan ini acting doang chingu, karya seni, jangan ditiru*
  • TaeHyun ngerasa kalo orang lagi sentimental atau depresi, pasti ngerasa sesak. Makanya, bisa jadi dia akan ngaca lalu memperagakan hal-hal yang aneh, makanya dia act2 kayak gitu di partny *gue kurang paham sih orang lain kalo lagi sentimental kayak gimana. Mungkin kayak yang diactingkan TaeHyun ini dialami orang2 juga. Cuman kalo gue, ketika sentimental gue lebih diem malahan, males ngomong chingu*
  • Gue sepakat chingu sama pendapatnya MINO tentang lagu ini. Dia rasa lagu ini tuh feelnya semacam ada kesedihan dan kesendirian dalam keceriaan/kesenangan. Jadi meskipun lagunya kesannya fun, cuman sebenernya lagU sedih *ini kayak lagunya BTS yang “run” misalnya. Ada kan adegan yang mereka pesta yang kayak funnnn banget, cuman setelah itu sepi senyap dan tinggal JungKook sendirian. Berarti kan di balik kesenangan ada kesedihan yang begitu dalam sebenernya. Hidup setahu gue memang ada moment2 itu. Belum tentu hal yang terlihat mata adalah hal yang sebenernya. Bisa jadi semua kebahagiaan yang terlihat di mata kita hanya kepura2an untuk menutupi kesedihan. Itu memang ga bagus sih, fake. Namun, kadang manusia dengan segala ketidaksempurnaannya melakukan itu. Entah mereka ga ingin orang ikut sedih atau karena pengen agar sedihnya jangan sampai diketahui orang lain. Guepun sama aja chingu. Gue selalu pengen hidup no fake cuman kadang ga bisa juga. Ada waktu dimana gue ketawa padahal sebenernya gue ga sedang baik2 aja. Gue hanya ga pengen orang lain tahu masalah gue begitu kompleks. Makanya gue sering bilang relate banget sama lagu2nya BTS termasuk “run” karena memang banyak yang mewakili perasaan gue baik secara MV maupun lirik. Dan lagu “sentimental” inipun juga. Gue suka lagu ini karena lagu ini relate di gue. Dan mungkin ga hanya gue, kalianpun relate juga karena merasakan hal yang sama. Itulah bagusnya lagu, ada kisah yang kita relate sama itu dan jadi ngebikin kita ga ngerasa sendiri karena mengalaminya*
  • SeungHoon ngerasa lagu ini lebih ke blues dan dancenya with taste bagi SeungYoon *gue sepakat. Gue suka point dance lagu ini chingu. Bagi gue, match banget antara dance sama musiknya yang kayak musik2 cabaret dengan pedansa apa gimana gitu. Simply impactful, itu feel yang gue rasa. Dancenya kayak dance orang2 70an apa 80a gimana gitu, vintage pokoknya. Gue rasa ini kerennya YG, mereka kalo bikin MV gitu banyak yang vintage. Selain feel musiknya, juga dance atau kostum. Contohnya MVnya Lee HI yang 123 itu kan vintage tuh, hampir sama kayak ini. Dan itu menurut gue antik, unik, gimanaaa gitu*
  • Scene yang paling susah bagi mereka di MV ini adalah ketika mereka berlima tidur di lantai dan disiram air dari atas, dingin chingu airnya *kalo gue, scene MV ini yang paling gue suka adalah part SeungHoon ngerap yang di lirik “waerowo witerowo” dan 5 member WINNER ngumpul di lantai sambil ngomong lirik itu sama2 dengan dishoot dari atas. Lalu, beberapa saat kemudian TaeHyun dengan pake kacamata frame biru tidur di tempat tidur dan pasang pose konyol dan tereak “yo” ala2 anak disko. Nah, itu scene favorit gue chingu, comical menurut gue, has sense. Oya, kalo part vocal, gue tetep prefer TaeHyun. Part SeungYoon X JinWoopun bagus juga dan menurut gue sesuai dengan vocal mereka. Kalo part rap, gue lebih suka SeungHoon chingu, comical soalnya, lucu, lebih ngena di gue. Kalo yang MINO gue jujur kurang suka, ga terlalu impactful bagi gue. Meskipun begitu, secara keseluruhan gue suka MV lagu ini chingu, unik, asik, keren. Overall, comeback yang keren dari WINNER. WINNER Fighting!!! ^^*

[ENG SUB] WINNER - '센치해 (SENTIMENTAL)' M_V MAKING FILM.mp4_000024065

[ENG SUB] WINNER - '센치해 (SENTIMENTAL)' M_V MAKING FILM.mp4_000030321

[ENG SUB] WINNER - '센치해 (SENTIMENTAL)' M_V MAKING FILM.mp4_000188021

[ENG SUB] WINNER - '센치해 (SENTIMENTAL)' M_V MAKING FILM.mp4_000040832

[ENG SUB] WINNER - '센치해 (SENTIMENTAL)' M_V MAKING FILM.mp4_000057640

WINNER - 센치해 (SENTIMENTAL).mp4_000111277

 

WINNER - 센치해 (SENTIMENTAL).mp4_000114405

#Peace #Love #Happiness

#Live #Love #Learn #Laugh 

#Share #Respect #Inspire

#StayGold #StayTrue #StayReal

Komentar
  1. PJA mengatakan:

    Ya… akhirnya WINNER comeback setelah 1 tahun 5 bulan berapa hari… eonni terlalu sibuk dengan fakta fakta lainya.. babyak babget ketinggalan fakta winner.. yah aku rasa itu hak eonni sih di tulisin faktanya aja udah sukur

    balik lagi aku juga suka banget awal denger sentimental. Menurutku ngena banget, pembuatan MV selalu unik dan ceritanya selalu bagus.. mereka selalu membuat lyric yang pas ada di kehidupan seperti kenyataan yang mereka lalui… sama kaya lagunya Mino fear ft taeyang… aku rasa anak WINNER buat lagunya selalu dari hati dan itu yang buat suka sama mereka calor full

    • lindashin mengatakan:

      ga juga, orang mereka juga jarang ada acara kok. Emang WINNER ada acara apa kemaren2? Ke radio aja baru di melon dan baru beberapa hari yang lalu.

      • PJA mengatakan:

        Ada acaya yang di japan eon, taehyun di realityshow (blm tayanh tp udh intervew) show me the money (Mino) drama Seongyoon (NG nya kan ada) intervew di japan kan ada yang majalah apa itu gak cuman 1 ko… belum liat aja kali dirimu

      • lindashin mengatakan:

        kurang tahu aku kalo itu

      • PJA mengatakan:

        Ada grup yang unyu unyu baru eon… mukanya unyu unyu Si ‘Astro’ udh punya reality show tp baru debut.. klo feel sama mereka di tunggu fakta faktanya

  2. @wida_tyant mengatakan:

    Suka banget sama lagu ini , nggak bisa berhenti play stelah dengerin nya .. 😀
    stelah baca postingan eonni yang ini , jadi ngerti deh makna dari lyrik nya , aku juga suka ngerasa’in hal kyak gitu , sentimental , haha … Kita ketawa , tapi, ada perasa’an sedih di balik nya., nyembuyi’in kesedihan itu, entah karna aku nggak mau buat temen aku ngersa nggak enak , atau karna aku nggak mau ngelihatin rasa sedih aku di depan orang lain.. Itu buat aku bingung .
    Keke .. * tapi,nggak tau sedih nya itu karna apa , rasa nya kosong aja * keke

  3. wooclipmovie mengatakan:

    welome back winner, ini dia yang ditunggu2

    Streaming The Martian (2015) Bluray

Tinggalkan Balasan

