Fakta-Fakta BTS Part 200 (Suga: Kami Juga Berusaha Dengan Sangat Keras)

Posted: Maret 14, 2016 in About BTS
Tag:

BANG! TAN! BTS!

Source: [ENG] 150519 BTS -On Dream- Concert (Credit: KBS, subbed: @ArmyUnnie)

[ENG] 150519 BTS -On Dream- Concert.mp4_000275066

[ENG] 150519 BTS -On Dream- Concert.mp4_000277133

  • MC acara ini ngomong ke anak2 BTS kalo banyak orang yang bilang BTS itu group yang udah terkenal sejak awal. Suga semacam ga setuju dengan anggapan itu dan nyaut “benarkah?”. Suga bilang kalo mereka juga melalui masa2 sulit selama ini. Mereka training dalam kurun waktu yang lama juga (3-4 tahun) meskipun ada member yang hanya 1-2 tahun. Suga juga bilang kalo mereka berusaha keras siang dan malam selama masa training itu untuk akhirnya bisa debut. Sehingga, dia ngerasa ga bisa orang bilang mereka ga melewati masa2 sulit atau langsung terkenal karena memang ga begitu adanya. Mereka berusaha dengan begitu keras juga untuk mencapai hasil sekarang ini. Suga ngerasa apa yang mereka dapatkan saat ini ada karena mereka memang sudah mengupayakannya dengan begitu tekun *malah menurut gue bangtan perjuangannya luar biasa keras, sangat menginspirasi. Ada member2 yang “dijanjikan” untuk jadi rapper tapi malah jadi idol group yang harus ngedance. Dancenyapun yang paling sulit diantara group2 lain. Ada member2 yang ga punya basic dance sama sekali sehingga harus bener2 belajar dance sejak awal untuk akhirnya bisa debut. Gue malah gagal paham kenapa ada orang ngerasa mereka mulus2 aja jalannya. Mereka juga bukan dari agensi besar dan fakta kalo mereka bisa sukses kayak sekarang ini ga mungkin kalo merekanya sendiri ga mengupayakannya dengan begitu keras, sangat keras malah. Kayak kata Suga tadi “siang dan malam” kan ya. Bukan gue gimana2, cuman kalo mereka dari SM/YG lalu terkenal, ya wajar, mereka basicnya udah kuat secara agensi dengan senior2 yang udah mapan juga. Faktor senior menurut gue pengaruhnya tetep ada. Selain itu, agensi besar pasti biaya lesson untuk mengasah bakat anak2 didiknya juga besar, biaya produksi lagu, MV dll besar, biaya promosi besar dsb. Jadi yaw ajar kalo hasilnya big boom banget. Cuman mereka kan dari agensi yang ga seperti itu, malah mereka boyband sulungnya. Fakta mereka terkenal banget kayak sekarang menurut gue mustahil kalo merekanya sendiri enggak berusaha dengan begitu keras dan memang berbakat/kompeten semua membernya. Menurut gue kisah bangtan ini perlu untuk dishare lebih detail ke orang2 supaya banyak orang tahu gimana perjuangan mereka selama ini. Biar orang tahu juga kalo nasib orang termasuk nasib agensi bisa dirubah kalo  memang orang2 di dalamnya berusaha dengan keras seperti mereka. Seperti salah satu firman Allah “Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum jika kaum itu tidak berusaha untuk mengubahnya/berusaha sendiri”. Untuk bisa berubah ke yang lebih baik, solusinya cuman berusaha keras chingu dan bangtan membuktikan itu. Ok mereka ga berasal dari agensi2 tingkat dewa, cuman mereka akhirnya bisa mencapai posisi puncak seperti halnya group yang lahir dari agensi tingkat dewa. Mereka bisa berada di posisi yang sama dengan mereka yang lahir dari agensi2 besar sekarang. Banyaknya award yang mereka terima adalah bukti dari keberhasilan itu. Inilah buah dari usaha keras pantang menyerah, buah dari sebuah ketekunan tingkat tinggi chingu. Orang yang tekun pada tujuannya pasti akan sampai. Kitapun sama, jika kita tekun, insha Allah akan sampai. Jadi poin yang bisa kita pelajari dari sini adalah apapun background kita, itu ga ada hubungannya dengan kita sukses atau tidak asalkan kita bekerja keras chingu. Jangan malu pada background kalian, yang terpenting adalah selalu tekun, bekerja keras, berdoa dan jangan gampang menyerah untuk mencapai apa cita2 kalian. Selain itu, sukses bukan hal yang instan. Perlu proses yang panjang dan penuh dengan effort/usaha. Perhatikan orang yang sukses instan dan tiba2 menghilang. Kenapa? Karena mereka memang tidak benar2 menguasai/expert bidang itu. Mereka ga menjalani proses yang merupakan hal paling penting. Kenapa? Karena dalam proses itu ada pembelajaran yang menghantarkan mereka menjadi orang yang ahli di bidang itu entah di dance/vocal/rap dsb. Jadi, learning process itu sangat penting chingu. Hasil ditentukan oleh proses. Orang yang ga berproses ga akan berhasil juga. Dan proses itu erat hubungannya dengan waktu dan waktu berarti kita berdeal dengan kata yakni “sabar”*

Semoga spirit bangtan ini bisa kita ambil bersama untuk kehidupan kita yang lebih baik ya chingu. Semoga kita bisa mengambil hal positif dari mereka dan mengaplikasikannya dalam kehidupan kita. Seperti bangtan, lets run to achieve our big dream! No give up, be passionate!*

#Peace #Love #Happiness

#Live #Love #Learn #Laugh 

#Share #Respect #Inspire

#StayGold #StayTrue #StayReal

Komentar
  1. Nff mengatakan:

    Bangtan ini ngingetin aku sama B1a4, mereka jg boygrup pertama WM. Mereka dari agensi kecil yang bener2 kecil, tpi mereka keren. Buktinya mereka jg bisa sukses.
    Iya, semua butuh proses.
    Dan ga mudah jg, mereka bener2 menginspirasi…
    Ka Linda jg, tulisan kakak menginspirasi bgt kak, serius.
    Bersyukur bgt bisa kenal sama blog kece ini🙂

  2. havielchoir mengatakan:

    emang kalo dari agensi kecil itu usaha untuk bisa populer nya bisa sampe sejuta kali lipat. jadi suka terharu gitu kalo ada cerita dari idol yang cerita ttg kehidupan trainee nya
    btw tulisannya kak linda juga menginspirasi bgt

  3. Aegi mengatakan:

    Sukses btuh usaha.usaha butuh waktu,dan itu smua btuh sbar.thats why i fall in luv with bangtan

  4. Iin mengatakan:

    Semenjak kenal bts ini juga aku semacem kya “aku harus melakukan apa yg pngen aku lakukan,aku ngga bisa kya gini trus,aku jga mau jdi orang yg sukses” iya BTS &Mungkin grup2 lain juga yg melewati masa sulit sebelum atau sesudah debut sangat menginspirasi… dan pelengkapnya adalah kata2 dan penjelasan dri kak linda itu mnurut aku bener2 menginspirasi banget…🙂

  5. Prasetyo HA mengatakan:

    Bangtan bisa dijadikan contoh tuh. Aku juga mencontoh Bangtan. Bangtan ini terlahir dari agensi yang kecil tapi bisa sukses seperti ini dengan usaha mereka. Aku juga sering berdoa semoga aku sukses seperti Bangtan walaupun tidak terlahir dari keluarga yang sekaya dewa hehe.. Kisah Bangtan juga banyak yang menginspirasi, bahkan kadang aku sampai nangis kalo mereka menang.. Fighting Bangtan!! Fightin ARMY!!

  6. Ratih03 mengatakan:

    Setuju!!!!
    BTS perjuangannya kayaknya memang berat apa lagi kalok bayangin muka suga yang tadinya hanya mau dijadiin rapper eh malah dancenya na’uzubillah,,,pasti mukak dia yg langsung menboong,,,
    Tapi kayaknya semua idol kpop memang perjuangannya keras banget kan ya?

  7. adeil011 mengatakan:

    Ya, aku rasa grup disana jg ngaruhbdgn agensinya. ‘Maaf’ sebagai contoh ikon, aku tau mereka berbakat dan pasti susah untuk jd mereka yang skrg dan yang aku tahu jg prosesny pjg, tp secara agensinya YG dan seniornya bigbang, 2ne1, winner dan sebagainya, baru beberapa bulan mereka bisa d chart pertama. Nggak kyk bts yang nunggu jmn i need u dulu baru kerasa gmn perjuangan dpt chart pertama, makanya lebih kerasa hasilnya itu kalau kita kerja keras bgt kurasa, dan tanpa bantuan org lain

  8. Vivian Lu mengatakan:

    Kak lin gue mintaa pin loo doonk kaaa , gue atrrached bgd tulisan loo kaa .. kli ajaa gue dpt inspirasii🙂

  9. dede mengatakan:

    Ada orang yang bilang kayak gitu? 😂😂
    Aku gak kenal sama boygrup kecuali bts. Biasanya aku gak ngeuh sama lagu korea. Dan awalnya aku juga bukan penikmat musik.
    Bener kata suga+kak linda. Kita musti kerja keras. Rapmon juga pernah bilang kan”soal penghargaan ato yang lainnya kita bisa mendapatkannya setelah kerja keras”

    Aku suka sama blognya kakak. Soalnya ada tambahan poin dari kakak, juga kutipan ayat, ato kutipan lainnya.
    #gak paham ya? Abaikan

  10. Gwang ryoo kyeong mengatakan:

    eonni daebak kata – katanya selalu menginspirasi

    #hwaiting

  11. eonni daebak kata-katanya selalu menginspirasi

  12. Neko mengatakan:

    Ah~Makin cinta ajh sama Bangtan ini ♥
    Semoga mereka tetep bersama di bts ini smpe 20th ke kedepan😀 dan mendunia seperti Bigbang yg hmpir di kenal smua klngan bukn hnya kpopers😀

  13. Sofia A mengatakan:

    Selalu terharu tuh kalau lihat perjuangan BTS dari tahun 2013 :’) mereka menginspirasi banget buat aku.Makin Cinta sama mereka deh ♥

Tinggalkan Balasan

