Fakta-Fakta BTS Part 203 (Kesan Member2 BTS Tentang Lagu “RUN”)

Posted: Maret 23, 2016 in About BTS
Tag:

BANG! TAN! BTS!

Source: [ENG] BTS RUN JPN ver. making – jacket shooting (Credit: BigHit Ent, subbed: Kimmy Yang)

  • Jin ngerasa kalo lagu “RUN” itu kayak soundtrack drama chingu. Jadi dia ngerasa “RUN” itu feelnya kayak lagu2 OST *gue agak setuju dengan ini. Melody “RUN” yang oriental itu menurut gue bisa membuat orang relate sama drama sehingga cocok juga kalo dijadiin OST drama. Selain melodynya, aspek liriknya juga kena banget, dalem kayak drama. Lirik yang sentimental. Lirik yang ngasih feel ke listenernya luapan “kesedihan” dan “kesepian” cuman juga ngasih “harapan”. Di saat yang sama, liriknya memberikan kesan “sedih” sekaligus “penawarnya” menurut gue. “Seberat apapun kesedihan dan sesepi apapun hidup kita, masa depan kita masih bisa berpotensi cerah, jadi jangan menyerah dan teruslah berlari menggapai kecerahan masa depan itu”, itu esensi lirik “RUN” yang gue tangkep. Kalo drama, menurut gue lagu ini cocok untuk drama2 melankolis yang tokohnya kuat chingu. Dia sedih, kesepian, hidupnya udah kayak loser, cuman dia ga terpuruk dan tetap percaya pada esok yang lebih baik meskipun itu berat, seperti itu interpretasi gue. Dan mungkin kalian merasakan hal yang sama juga*. Nah, lirik favorit Jin di lagu “RUN” sendiri adalah yang di chorusnya chingu, part “dashi run run run/run run run again”. Dia ngerasa semangat ketika denger lirik itu.
  • Kalo J-Hope, dia paling suka part falsetto di lagu “RUN” chingu. Falsetto itu teknik vocal yang pake suara kepala (head voice). Jadi suaranya sumbernya dari kepala. Susah sih buat ngejelasin karena ini tulisan, cuman part falset di “RUN” favorit Hope adalah “aaaaaa, don’t tell me bye bye….”. Part yang “aaaa” itulah falset chingu *yeokshi ya, Hope meskipun sekarang rapper cuman awalnya dia kan vocal juga, makanya wajar kalo aspek2 di vocal masih begitu jadi favorit dia. Gue rasa Hope ini keren, dia bisa vocal dan bisa ngerap juga sekaligus, itu ga mudah menurut gue, salut. Misalnya Suga, gue rasa dia ga bagus chingu di vocal, RapMonpun menurut gue kurang bagus, cuman kalo Hope dia baik di vocal dan rap sama2 bagus. Keliatan banget kalo dia tipe yang hardworking. Gue pernah liat video live BTS di lagu2 kayak “hip hop lover” atau “killer” dan gue rasa malah Hope itu yang rap-nya cukup konstan. Dia ga kedengeran false, nyanyi out of beat dan juga out of breath/kehabisan nafas, amaze gue jadinya. Malah Suga yang menurut gue suka out of beat, kehabisan nafas dan kayak lebih lambat dari tempo normal, jadinya kayak kurang maksimal menurut gue. Entah itu dia factor lelah apa gimana gue ga tahu cuman itu yang gue rasain chingu. Kalo RapMon, menurut gue malah dia terlalu bersemangat, makanya kayak lebih up dari tempo yang normal/terlalu excited. Kalo Hope itu menurut gue pas chingu. Bahkan dia kan bisa rap yang pake teknik word playing dengan tempo yang cepet banget di “killer” sampe fans2nya tereak2 karena itu jelas perlu skill banget. Menurut gue, nafas harus bener2 panjang di situ, harus konsen banget ke liriknya, ga boleh out of beat juga dan J-Hope bisa melakukan itu. Gue memang paling suka RapMon chingu sebagai rapper, cuman gue amaze juga sama skill J-Hope. Gue ngeliat J-Hope itu hardworking banget orangnya dan effort dia keliatan banget ketika perform, itu keren menurut gue*
  • Si JungKook cerita di “jacket making RUN” ini kalo dia itu orangnya suka memfoto cuman ga suka difoto chingu. Dia bilang sejak kecil karakternya gitu. Cuman ya dia bisa berkompromi dengan itu dan ketika difotopun mencoba memberikan yang terbaik buat fans2nya *ada kan ya hal2 di dunia ini yang meskipun kita ga suka cuman tetep kita harus lakukan? Gue rasa inilah contoh kedewasaan dalam berfikir chingu. Ketika kita bisa berkompromi yang akhirnya mau melakukan hal yang bahkan ga kita sukai demi suatu hal yang penting bagi kita. Ketika dewasa, gue rasa orang harus idealis secara prinsip cuman ga perlu idealis dalam semua hal kalo memang sifatnya ga prinsip. Contohnya ya “foto dan difoto” tadi. Itu kan bukan hal yang begitu penting, jadi lebih baik mau berkompromi dengan semua itu untuk mendapatkan hasil yang baik, bukan cuman buat dia tapi buat orang lain. Ada memang hal2 yang kita harus pegang teguh di dunia ini, cuman menurut gue ada juga yang kita harus mau berkompromi dengan itu. Bukan ga idealis, hanya menjadi lebih fleksibel untuk bisa tetep survive di dunia yang memang berat ini*
  • Bagi JungKook, “RUN” adalah lagu yang bisa menunjukkan warna dari BTS. Sehingga, dia ingin dengan “RUN” ini orang jadi tahu “oh ini BTS, oh ini warna musik BTS”, seperti itu chingu *gue rasa HYYH dengan title track “RUN” X “INU” itu memang something banget. Kalo gue bilang semacam “karya yang besar banget dari BTS” dalam sejarah mereka di KPOP. Lagu yang dengan unsur2 orientalnya mampu membangkitkan perasaan orang/ke-aware-an orang tentang youth/masa muda, stylistly, beautifully. Gue rasa “RUN” ini adalah karya yang impactful sekali dalam sejarah karir BTS*
  • Jimin ngerasa kalo lagu “RUN” cocok didengarkan ketika lagi jalan2 sendirian, lagi ngerasa down dan juga ketika sedang bingung “apa yang sedang aku lakukan sekarang?” chingu. *Lagu yang dengan sentimennya bisa begitu relate dengan mood. Gue rasa bener kata Jimin, lagu ini paling cocok didengerin ketika kita lagi dalam situasi yang ga baik2 saja dan lagi sendirian. Entah kita sedang sedih, kesepian, terluka, bingung, merenung dsb. Lagu yang menurut gue bisa menyampaikan perasaan2 yang ngebuat kita terbawa ke dalamnya. Kita merasakan mood lagu itu namun seperti yang gue bilang di awal tadi kita juga dapet penawarnya. Lagu yang “ok memang lagu sedih” cuman ada pesan untuk kita tetep semangat dan kemudian bangkit sehingga bisa terus survive. Lagu yang gue rasa relate banget dengan masa muda yang memang penuh dengan perasaan2 seperti itu. Perasaan ketidakpastian, kebingungan dan bahkan sampe ke pembangkangan karena ga tahu harus gimana menghandle feel yang sedang dirasakan. Menurut gue BTS kerennya ya disini, mereka pinter bikin sesuatu yang begitu relate dengan apa yang dirasakan people. Lagu yang bukan hanya untuk A.R.M.Y menurut gue, tapi untuk people. Dan menurut gue, ga banyak artis yang bisa bikin karya seperti itu dan BTS melakuka itu*
  • Tentang “pemberontakan” yang gue sebut tadi. RapMon juga cerita kalo konsep fashion mereka di era “RUN” adalah “rebellion” atau “pemberontakan” chingu. Mereka divisualkan sebagai anak2 pemberontak sehingga fashionnyapun dipilih yang relate dengan itu. Fashion yang mewakili ini adalah suspender dengan jeans-nya. RapMon ngerasa item2 itu match dengan konsep “rebel” di tema lagu itu karena item itu mewakili simbol pemberontakan. Suspender itu kayak “tali” yang melekat dari celana sampe bahu mereka itu chingu. Mereka sering pake itu baik di MV maupun perform *gue pribadi belum tahu sebenernya kalo suspender itu item fashion yang identik dengan rebel. Yang gue tahu malah topi yang dipake V di “RUN” Japanese Version. Nama topi yang dipake V itu namanya beret dan beret itu sendiri adalah simbol dari pemberontakan/penolakan orang Perancis terhadap status quo (lebih ke politik sih ini). Jadi gue nyambung kenapa V dipakaikan item itu, karena memang relate dengan konsep rebel itu sendiri. Fashion memang seperti itu setahu gue, relate juga dengan aspek2 sosial bahkan ke politik. Fashionpun bisa bicara, salah satu bentuk komunikasi juga. Fashion bisa jadi sarana menyampaikan pesan/message tertentu pada viewersnya, contohnya ya topinya V di PV “RUN” itu tadi. Mungkin orang yang ga belajar tentang beret ya nganggepnya itu bukan apa2/hanya kebetulan aja, cuman memang relate dengan konsep lirik/lagunya chingu. Bagi gue itu sebenernya membuktikan kalo KPOP memang bukan hal yang main2. Mereka begitu detail dalam menciptakan suatu karya (entah orang lain tahu/aware atau tidak dengan itu). Mereka ga hanya asal pakai cuman dipikirin juga konteksnya. Fashion harus match dengan lirik/tema lagu misalnya, dan itu brilliant menurut gue. Mereka keliatan kompetennya, profesionalnya, value oriented, sehingga ga heran kalo hasilnya juga keren. Itu secara ga langsung menurut gue juga mengajari kita sih buat lebih smart lagi. Membuat kita berfikir kalo ada makna di balik karya sehingga memotivasi kita untuk senantiasa mau belajar. Spirit selalu belajar inilah yang membuat gue juga ga lelah untuk terus nulis di sini chingu. “Learning has no ending”, itu prinsip utamanya. Jadi selagi masih hidup, gue rasa orang harus terus belajar, apapun bidangnya (asal positif). Karena dengan tahu banyak hal, gue rasa kita bisa membagikan banyak hal pada orang lain yang mungkin orang dapet manfaat dari situ. Ga bisa orang berbagi kalo dia sendiri ga ada yang bisa dibagi. Dan untuk dapet sesuatu yang bisa dibagi itu, salah satu caranya adalah dengan mau belajar, dengan metode membaca misalnya. Makanya gue pengen juga (untuk setidaknya readers di blog ini) buat ga putus2 semangat untuk belajar. Dan setelah belajar, jangan lupa untuk berbagi. Gue ada keyakinan kalo kalian bisa asal kalian mengupayakannya dengan baik chingu, apapun bidang kalian. Meskipun pengaplikasiannya sederhana, tanamkan mindset “berbagi” dalam diri kalian chingu. Insha Allah hidup kalian akan bahagia, karena itu yang gue rasakan juga sekarang ini. Gue ngerasa hidup gue bahagia dan damai karena bisa berbagi meskipun hanya dengan hal kayak gini, true. Meskipun sederhana, gue bahagia dengan hidup gue yang sekarang dan apa yang gue lakukan. “bahagia itu sederhana”, kata2 itu gue rasa bener chingu*
  • Lagu “RUN” awalnya ga langsung jadi “RUN” chingu, ternyata prosesnya lama. Jadi mereka awalnya memulai dengan judul “RUN” cuman lama2 jadi beralih ke “Dream” lalu ke “Heaven” hingga pada akhirnya balik ke “RUN” lagi. Lagu itu juga awalnya (ketika baru mulai dikerjakan) dapet tanggepan yang ga bagus dari member2 lain (beatnya ga bagus menurut mereka) kecuali Suga. Suga yang waktu itu ngerasa bagus dan akhirnya dijalanilah pembuatannya sampai akhirnyas selesai. Karena itulah maka lagu “RUN” ini ada makna tersendiri bagi Suga. Lagu yang kata dia bakalan dia ingat meskipun dia udah tua *wah, berarti lagu spesial juga ya buat Suga. Tapi memang sih, “RUN” ini tipe lagu yang “forever young” menurut gue. Lagu yang keknya tetep akan berkesan meskipun kita udah tua sekalipun. Lagu yang akan bisa membuat kita memikirkan banyak hal ketika mendengarkannya di masa muda dan sepertinya akan menimbulkan nostalgia yang mendalam ketika nanti kita sudah tua*
  • Sama kayak Jimin, V ngerasa lagu “RUN” akan tepat didengarkan ketika kita lagi down, lagi lelah maupun lagi sedih/sendiri chingu. Dengan ngedengerin lagu itu, dia berharap orang bisa mendapatkan semangat dan bangkit lagi/bekerja lebih keras lagi *”RUN” lagu yang feelnya dalem sekaligus kayak healing juga menurut gue. Lagu yang bisa ngasih semangat ke kita2 para anak muda yang sedang menjalani “the best moment in life” ini. Lagu yang dalam interpretasi gue bisa memotivasi kita buat terus melangkah terlepas dari apapun keadaan kita sekarang dan bahkan mungkin masa lalu kita yang kelam. Kenapa? Karena meskipun toh masa lalu kita kelam, tapi masa depan kita masih bisa berpotensi cerah. Selalu ada harapan, selalu ada jalan. Dan untuk meraih itu, teruslah berlari dengan semangat dan energy yang positif chingu. Lets RUN with Bangtan dan temukan cerahnya masa depan kalian! FIGHTING!!!*

Oh ya, gue barusan update blog yurihanamu tentang fashion beret chingu. Ini linknya: http://yurihanamu.blogspot.co.id/2016/03/sekilas-tentang-beret.html

—-

[ENG] BTS RUN JPN ver. making - jacket shooting.MP4_000310266

[ENG] BTS RUN JPN ver. making - jacket shooting.MP4_000399666

[ENG] BTS RUN JPN ver. making - jacket shooting.MP4_000431033

[ENG] BTS RUN JPN ver. making - jacket shooting.MP4_000512900

[ENG] BTS RUN JPN ver. making - jacket shooting.MP4_000617033

[ENG] BTS RUN JPN ver. making - jacket shooting.MP4_000705700

[ENG] BTS RUN JPN ver. making - jacket shooting.MP4_000816266

RUN -Japanese Ver.- _ 防弾少年団 (Official MV).mp4_000117534

#Peace #Love #Happiness

#Live #Love #Learn #Laugh 

#Share #Respect #Inspire

#StayGold #StayTrue #StayReal

Komentar
  1. Prasetyo Hestina A mengatakan:

    Iya bener kata Jimin. Kalo dengerin lagu RUN pas lagi down rasanya jadi semangat lagi. Itu karena liriknya ‘dasi run run run’ dan lirik itu yang bikin semangat untuk terus berlari mengejar mimpi🙂

  2. Ratih03 mengatakan:

    aku juga mikirnya gitu kak lin,,j-hope is a multitalented person,,bisa nyayi,rap,dance,nulis lagu,,,,apalagi dia kind person,,,,

    aku juga setuju sama kata chimchim klok run itu cocok buat kita yg lagi down dan gak tau harus ngelakuin apa,,,

    oya gak sabar nunggu the best moment in life: forever young nih,,,

    maah panjang komennya,,hehehe,,

  3. Iin mengatakan:

    ahhh yeokshi kak linda pinter banget apa2 tau.. (y) ngga bkalan bosen aku ngucapin TERIMAKISIH BANYAK BUAT KAK LINDA yg selalu ngasih penjelasan & kata2 yg menginspirasi.. Jeongmal jeongmal Gumapseumnidaaaa… :*
    Lagu2 BTS emang yah bukan cuman sekedar lagu tpi selalu ada makna yg dalem buat kehidupan nyata bukan cuma sekedar masalah cinta tpi ada penyemangat juga di dalemnya .. setuju banget deh sma Jimin tntang lgu Run ini
    sejak awal suka bts itu aku pling suka rappnya Jhope dripada rapmon sma suga mngga tau knapa keren aja sih denger suara dia pas ngerapp .. iya sih Rapmon & suga yg lebih kompeten dlm hal rapp secara mereka kan dulunya di umderground..sedangkan jhope blajar rapp mlah dri mereka berdua tpi pilihan aku ttp sama rapper faforit aku di bts Jhope…tpi ttp kalian ber3 The best rapper for me lah pkoknya ..

  4. Neko404 mengatakan:

    Sebenernya gua gk tau ini tmpat apa Blog kah atau apa :v(maafin). tapi gua suka mampir sini smacam Transltr buat video bts yang gua tonton atau yg belom gua tonton secara wlpn ada sub engnya ttp gk terlalu ngerti :’v cuman bisa ketawa2 gak jlas.
    Trus gua seneng bnget mimin nyelipin motivasi2 buat yang baca hahah makasih ;D

  5. AnnaNuraf mengatakan:

    haloo ini komentar pertama saya selaku ibu asuh member BTS *(laaahh terkesan sangat tua gw)
    sebelumnya mau koreksi boleh yaa..falseto dan head voice itu tidak sama. Falseto terdengar tipis, makin tinggi nada, makin jelek suara yg keluar. Beda dengan Head voice, head voice lebih tebal, jelas dan dapat menjangkau nada tinggi yg bagus. berhubung vocal line BTS lebih sering menggunakan falseto dibanding head voice, itu karena head voice sangat susah dilakukan oleh pria dewasa (*anaku JungKook belum dewasa)hehehehhe

    sepakat sekali sama Enchiimm, ketok palu tiga kali tok tok tok.

  6. Yukiharu_nff mengatakan:

    Setuju sama Kak Linda, J-hope tuh apa2 bisa. Di lagu2 BTS jg dia sering dapet vocal jg kan wlw pun dikit bgt, beda sama Rapmon sama Suga yg full rap. Trus jg suaranya J-hope adem, hehe…

    Lagu Run, aku suka intronya sih.
    Kata2nya Kak Linda bikin aku semangat lagii, makasih Kaak :”)

  7. alfi mengatakan:

    hi kak lindaa, maapin banget dari jamannya kak Linda posting exo sampe postingan terakhir, aku baru sempet cuap cuap di blog ini sekarang 😝
    heheheh

    oiya sebelum.nya makasih banyak yaaa udah nge-share hal-hal yang menarik 😊😊😊

    oiya, pengen nanya dong. kak Linda biasa nonton problematic man dimana ya ?
    kasih tau link.nya yaaa

  8. Vamicha Armybts mengatakan:

    waahhh makasi banget eonni atas fakta2nya,jadi ngerasa makin kenal dan tau BTS
    oia eonnie izin share fakta bts ya,ga semuanya sih cuma beberapa.tenang eonni aku kasi link blog ini kok hehe

  9. sheilla0804 mengatakan:

    postingannya keren. makasih udah share tentang bts!

Tinggalkan Balasan

