Fakta-Fakta BTS Part 206  (RapMon X “Upon Your Existence” X Lucia)

Posted: Maret 28, 2016 in About BTS
Tag:

BANG! TAN! BTS!

Source: [ENG] MY MUSIC MY STORY – RAP MONSTER (Credit: My Music My Story, subbed: Kimmy Yang)

Lagu. Sesuatu yang bisa begitu relate dengan manusia. Dengan ngedengerin lagu tertentu dengan lirik tertentu, orang bisa dapet pengalamannya sendiri. Entah dia haru dengan liriknya karena mungkin “liriknya gue banget TT TT”, dapet semangat karena lagunya menyemangati pendengarnya untuk tetep semangat meskipun dalam situasi yang berat, dapet inspirasi karena liriknya dalam dan encourage people, bisa ngebalikin mood jadi good mood yang tadinya bad mood, bisa ngingetin kita pada kenangan yang pernah kita lalui/nostalgia dan bahkan ga jarang bikin pendengarnya jadi terinspirasi untuk bikin lagunya sendiri. Lagu, seperti karya seni yang lain, mengandung cerita. Selain dengan puisi, cerpen, novel, drama dan film, orang bisa menumpahkan satu cerita ke dalam lagu. Untuk itulah kenapa ada tagline seperti “my music, my story” atau “musikku, ceritaku”. Mungkin ga semuanya, cuman gue rasa banyak sekali orang di dunia ini yang punya semacam lagu yang “dia banget”, semacam udah kayak jadi “soundtrack /OST hidup gue”. Lagu itu adalah satu dari banyak lagu yang begitu bermakna bagi orang itu. Entah lagu yang didengarkan ketika dia lelah, dia senang, dia sedih, agar dia semangat lagi, agar dia bisa terkenang lagi pada sesuatu, lagu yang bisa mewakili perasaan paling mendalamnya, lagu yang mengingatkan dia pada Tuhan, lagu yang mengingatkan dia pada masa2 terbaik dalam hidupnya, lagu yang mengingatkan dia pada youth/usia muda, lagu kenangan dia dengan orang terkasih dan sebagainya. Guepun sama chingu, gue punya lagu yang gue suka banget. Cuman daripada ngebahas lagu favorit gue, kita bahas lagu favorit Rap Monster aja, hehe.

  • Jadi anak2 BTS pernah ditanya tentang satu lagu yang bikin mereka entah semangat lagi ketika lelah, mengingatkan pada masa muda mereka atau menginspirasi mereka dan mereka ngejawab dengan jawabannya masing2. Misalnya JungKook, dia milih lagu “heartbreaker”nya GD. Lalu Jimin misalnya, dia milih lagunya Yui yang “good bye day”. Nah, lalu apa lagu yang berkesan bagi RapMon? Ketika sedang lelah dan merasa semua begitu berat, lagu yang dia pilih untuk didengar adalah lagunya Lucia (Shim Gyu Seon) yang judulnya “upon your existence” chingu. RapMon ngira lagu itu awalnya adalah lagu cinta, cuman ternyata bukan. Dia suka sama liriknya. Dia ngejelasin kalo kurang lebih lirik lagunya adalah tentang “jangan meletakkan apapun seperti mimpi, cinta dan kehormatan di atas dirimu sendiri/adanya kamu”. Dan karena dia ngerasa lirik itu bagus dan encourage dia, maka dia merekomendasikan lagu ini.
  • *Lalu, apa sih arti lirik dari “upon your existence” dari Lucia itu sendiri? Sebelumnya gue mau cerita sedikit dulu chingu. Gue tahu Lucia jauh sebelum gue tahu BTS. Kalo ga salah waktu itu tahun 2012 dan Lucia ngeluarin album yang judulnya “flower shade” dimana ada satu judul lagu yang “gue banget” dan gue suka banget judulnya “calmly”. Dari situ gue mulai suka sama Lucia. Liriknya dia mewakili perasaan gue banget, bahkan sampe sekarang. Seperti yang sering gue bilang, meskipun gue suka hip hop, cuman ada genre lain yang begitu menenangkan gue dan itu adalah folk, semacam “indie” atau lagu yang secara lirik bener2 kayak luapan emosi indah dari senimannya. Bukan lagu2 yang cuman “hura2” atau “cinta yang mainstream”, tapi lebih ke perasaan mendalam yang bisa begitu menyentuh gue sebagai Linda. Dan lagu “calmly” menjawab itu. Itu masih jadi salah satu lagu Korea paling gue suka sampai saat ini chingu. Makanya pernah gue sedikit ngebahas di postingan tentang BTS yang ngedengerin “calmly” lalu dishare di twitternya dan jadi banyak orang yang tahu. Di situ gue bilang jauh sebelum tahu BTSpun gue juga udah suka sama lagu itu. Jadi dengan atau tanpa BTS gue udah tahu dan suka lagu itu. Bukan karena lagu itu didengerin BTS lalu gue serta merta ikut2an suka, enggak gitu. Mereka suka atau enggak suka, kalo gue suka, ya gue suka. Makanya gue tertarik banget ketika RapMon mention karya lain dari Lucia di kesempatan yang lain. Jadi Lucia ini sepengetahuan gue memang musisi keren chingu. Dia selera seninya itu menurut gue tinggi banget/high class, baik secara visual, lirik maupun melody. Selain “calmly”, beberapa waktu lalu (hampir barengan dengan “upon your existence” rilis) dia ngeluarin lagu khusus buat support penderita kanker payudara (kampanye pink ribbon). Pink ribbon itu adalah simbol kepedulian pada penderita kanker payudara. Dengan lagu itu, sebagian pendapatannya dikeluarkan untuk support saudara2 yang terkena kanker itu. Lagu yang gue maksud judulnya “piona/blossoming”. MVnya pake visual lukisan pasir, sering gue share di facebook kalo yang ini (saking gue sukanya). Lucia ini mengingatkan gue sama Clara C chingu. Musisi keturunan Korea yang suka folk juga dan sekarang tinggal di Amerika. Dia juga peduli dengan hal2 kemanusiaan kayak gini. Clara C pernah bikin lagu judulnya “Wild Flower” dimana sebagian pendapatan lagunya digunakan buat support pendidikan bagi perempuan di negara2 seperti Afrika. Tagline-nya waktu itu adalah #girlrising. Seperti yang kita tahu masalah gender masih jadi persoalan di dunia ini, seperti halnya masalah penyakit seperti kanker payudara tadi (yang cukup besar juga jadi faktor “pembunuh” perempuan). Masih banyak girl di luaran sana yang ga bisa sekolah seperti halnya kita chingu, entah karena negaranya miskin, perang, terkena bencana, penyakit dsb. Jadi Alhamdulillah bagi kita yang masih bisa sekolah di negara yang damai ini, karena yang kurang beruntung dari kita jumlahnya masih sangat banyak. Gue haru chingu sama hal2 kayak gini, makanya gue suka sekali sama musisi2 yang care kayak mereka. Sebagai sama2 perempuan, gue ngerasa salut banget sama mereka, perempuan yang bisa berbuat sesuatu untuk perempuan yang lain, itu keren banget. Mereka encourage people especially women dengan cara mereka sendiri (sebagai musisi) dan itu hebat banget menurut gue. Gue suka banget chingu musisi yang humanis. Makanya gue suka BTS juga karena gue rasa mereka humanis. Roy Kim, gue juga suka dia karena menurut gue dia masuk juga di kategori ini. Mungkin dulu karena gue masih kurang referensi apa gimana jadi suka idol/artis tuh dari aspek keren2nya aja, cuman sekarang ini gue makin terbuka kalo ada hal yang lebih penting dari itu. Apa itu? Yaitu “ada enggak kontribusi si artis untuk dunia yang lebih baik dengan karya2nya?”. Bisa ga karya2 mereka encourage people atau mungkin membuka pikiran orang untuk lebih mau aware terhadap sesamanya dsb. Nilai2/values seperti itulah yang ke depan akan gue jaga. Gue aware dengan fakta kalo mereka beda faith dengan gue misalnya, cuman gue mengesampingkan itu dan bersimpul pada satu hal “kita sama2 manusia ciptaan Tuhan, Tuhan yang sama”, maka sisi kemanusiaan/humanism ga boleh gue menafikkan begitu saja. Ok kita belum ketemu di satu titik “faith” yang sama, cuman kita sama2 manusia dan bisa hidup berdampingan secara damai dan bahagia di dunia ini. Lagipula yang paling penting dalam siklus hidup manusia adalah ending/akhir hidupnya kayak gimana. Belum tentu gue pada akhirnya lebih benar/mulia dari mereka di akhir hidup gue, bisa jadi merekalah yang lebih mulia, begitupun sebaliknya. Makanya karena ga tahu tadi, gue simpulkan gue akan #respect dengan tindakan mereka jika memang baik, terlepas dari perbedaan yang mungkin ada. Gue ingin semacam menunjukkan pada orang kalo “ini lhoh hal baik dari si A” jadi orangpun bisa terinspirasi untuk melakukan yang baik pula. Ini relate juga sama kepercayaan gue kalo kita bisa belajar dari siapapun, asal baik dan ga bertentangan dengan faith yang udah gue percaya. Dan sepanjang yang gue tahu, tindakan2 kayak “membantu orang lain yang menderita” itu baik. Jadi siapapun itu, apapun background-nya, asal dia melakukan hal baik, ga ada salahnya kita juga melakukan hal yang sama. Agak curhat sih memang ini, cuman ya itu yang ada di pikiran gue chingu. Intinya sih gue sebagai Linda (yang bukan apa2 dan siapa2) suka dengan musisi2 yang humanis kayak yang gue sebut tadi. Gue ngerasa salut sama mereka dan jadi punya passion pengen memberitahukan itu ke banyak orang, salah satunya via tulisan gue di sini. Gue harap mereka terus akan seperti itu dan dengan karya mereka, mereka bisa berkontribusi menjadikan dunia ini lebih baik. Bisa juga menginspirasi gue dan kalian untuk lebih baik juga. Kayak buku yang kelar gue baca di libur Paskah kemaren (buku pinjeman sih, hehe). Buku itu dari aktivis desain Indonesia yang namanya Wahyu Aditya. Di ending bukunya dia nulis something yang intinya “ingin dikenal sebagai apa ketika kita udah meninggal” dan apa yang dia lakukan sampai saat ini berakar dari satu prinsip yakni “sebaik2nya manusia adalah yang bermanfaat bagi banyak orang – Hadist Nabi Muhammad SAW”. Dengan skill desain/animasi yang dia kuasai, dia ingin berkontribusi pada negara ini chingu. Dan lebih dari itu, apa yang dia lakukan muaranya adalah tetep tentang perkara religius. Seperti yang gue tulis tadi, kita ini ketika nanti mati inginnya dikenal sebagai apa? Itu pertanyaan berat sekaligus esensi yang gue pikirkan juga. Di situlah perkara “expert di bidangnya” yang gue bahas kemaren menjadi penting. Dengan kita bisa expert di bidang tertentu, kita akan bermanfaat bagi orang lain dan ketika mati nanti kita akan dikenal karena itu. Bukan karena kita ingin terkenal, bukan begitu (jatuhnya bisa ke sombong nanti, bahaya, naudzubillah), tapi penekanan di sini adalah agar memotivasi kita untuk mulai bertanya ke diri sendiri tentang “apa hal yang bisa kita kontribusikan pada orang lain”. Jangan sampai hidup kita ga ada manfaatnya bagi orang lain, karena sebaik2nya manusia adalah yang bermanfaat bagi yang lain tadi. Termasuk Lucia, Clara C, BTS, Roy Kim, mereka ngebuat karya2 yang gue rasa ada manfaat positifnya ke orang lain. Ga hanya mereka, kitapun bisa. Kita bisa chingu. Kita punya besar sekali probabilitas untuk bermanfaat bagi orang lain juga. Jadi jangan pernah tunda untuk berbuat baik dan bermanfaat bagi orang lain meskipun kecil. Ingat selalu kata2 “meskipun kecil, kebaikan adalah tetap kebaikan”. Menyingkirkan paku di jalan agar tidak terinjak kendaraan lewat, menyisihkan uang jajan untuk sedekah ke orang kurang mampu, daripada liburan hura2 lebih prefer mengunjungi panti asuhan dsb. Apapun itu, lakukan asal baik. Ga harus kita jadi musisi kayak mereka, kita bisa melakukan hal2 baik lain yang kita mampu. Dan jangan sampe itu ditunda, karena kita ga tahu hidup kita bakal finish-nya kapan. Mari kita sama2 berlomba dalam hal kebaikan chingu. Guepun masih banyak salah, banyak kekurangan, cuman mari kita lebih aware sama hal2 kayak gini (meskipun mungkin kita masih muda) supaya hidup kita menjadi lebih baik, damai dan bahagia. Bukan cuman di kehidupan ini, tapi di kehidupan mendatang yang abadi. Kata2 inipun bukan hanya gue sampaikan buat kalian, tapi juga gue sendiri. Semoga kita sama2 selalu bisa bertumbuh untuk jadi baik dan lebih baik lagi, amin. Agak berat sih bahasan ini, cuman gue rasa A.R.M.Y adalah fandom dimana orang2nya pinter2 , jadi pasti akan paham ^^*
  • *Ok, balik ke “upon your existence”. Apa sih isi lagu itu? Sama kayak RapMon bilang, lagu itu mengajak listenernya buat jangan menaruh apapun di atas diri kita sendiri/adanya kita. Ini tentang bagaimana harusnya kita bersikap. Bahwa kita harus merasa diri kita itu berarti, berharga, penting (#loveyourself). Fakta bahwa kita saat ini hidup adalah sesuatu yang sudah sangat berharga, jadi harus begitu disyukuri. Oleh karena itu, jangan menempatkan hal2 lain di atas hidup kita yang menyebabkan kita kurang mensyukuri adanya kita saat ini. Ada satu lirik “besok/hari apapun yang akan datang tidak lebih berharga dari hari ini”. Interpretasi gue adalah kita harus benar2 sadar kalo “sekarang” adalah sebuah “hadiah/present”. Kenapa dalam bahasa Inggris kata “sekarang” disebut “present” yang juga berarti “hadiah”? karena kembali lagi, fakta bahwa kita hidup sekarang ini adalah begitu berharga, sebuah pemberian dari Tuhan yang perlu kita syukuri dan gunakan sebaik mungkin. Hari esok memang penting, hanya saja sekarang jauh lebih penting. Kita kan juga ga tahu besok kita masih ada apa enggak, sehingga waktu yang kita punya (terutama sekarang) harus benar2 digunakan untuk hal baik dan bermanfaat yang bisa mengantarkan kita menuju kedamaian ketika kelak kita sudah ga ada di dunia ini. Ada juga lirik “jangan jadikan rasa ketidakbahagiaan dan penderitaan ada di atas dirimu sendiri”. Interpretasi gue adalah “iya memang hidup kadang berat, bahkan bisa ngebuat kita begitu lelah dan hampir nyerah, cuman jangan jadikan perasaan2 itu berada di atas hidup kita”. Jangan tempatkan perasaan2 itu di atas fakta kalo kita masih diberi kehidupan. Jangan sampai semua itu membebani pikiran kita dan menyebabkan kita terus merasa kurang dan akhirnya tidak bersyukur. Sugesti diri kita bahwa itu semua bukan apa2 karena adanya kita sekarang adalah sesuatu yang jauh lebih berharga dan lebih penting untuk dipikirkan daripada itu semua. Untuk lirik yang dimention RapMon tadi adalah “jangan menempatkan mimpi, kehormatan dan hari esok di atas adanya kamu sekarang”. Jadi semacam jangan jadikan sesuatu yang belum pasti untuk berada di atas adanya dirimu sekarang, yang bisa membuat kamu lemah karena itu menjadi beban. Interpretasi gue terhadap keseluruhan lirik di lagu ini adalah penting memang memikirkan masa depan, cuman jangan berlebihan dalam menjadikan itu sesuatu yang begitu utama/di atas segala2nya sampai mengabaikan fakta kalo kita sudah diberi kebaikan oleh Tuhan dengan masih hidup sampai saat ini sehingga lupa untuk bersyukur. Lagu ini menurut gue adalah tentang lebih care-lah lagi dengan diri sendiri, lebih #loveyourself #knowyourself, lebih pahatkan mindset bahwa kalian berharga, lebih bersyukur dengan hidup yang diberikan Tuhan pada kita sampai saat ini, lebih santai dalam menjalani hidup dan jangan menganggap kehormatan/hal2 duniawi sebagai hal utama yang akhirnya menjadikan beban dan membuat kalian ga bahagia*

Gue rasa bener kalo RapMon suka lagu2 kayak gini karena memang dia keliatannya sepakat dengan pemikiran2 “berbau” kayak gitu chingu. Gue ngerasa mindset yang kayak gini memang RapMon banget. Seperti yang gue bilang tadi, orang bisa suka lagu tertentu karena memang bisa jadi dia ngerasa sama/relate dengan itu. Pemikiran lagu itu sama dengan pemikiran dia, semacam itu. Gue sendiri juga suka chingu sama lagu2 kayak gini. Cuman ga kayak RapMon, “upon your existence” bukan semacam “OST” gue, hehe. Lagu yang paling gue suka adalah “falling slowly” dari Glen Hansard X Marketa Irglorva. Mungkin kalian udah bosen kali ya denger alesan gue kenapa suka lagu itu, udah sering gue bahas2 di sela2 postingan soalnya, wkwk. Cuman itu lagu favorit gue chingu. Gue ngerasa deket dengan perasaan yang ditulis di lirik lagu itu, makanya suka. RapMon = “upon your existence” dan gue = “falling slowly”, kalian apa? Boleh share kisah kalian dan lagu favorit kalian di sini ^^!

[ENG] MY MUSIC MY STORY - RAP MONSTER.mp4_000017751

[ENG] MY MUSIC MY STORY - RAP MONSTER.mp4_000025592

[ENG] MY MUSIC MY STORY - RAP MONSTER.mp4_000032365

#Peace #Love #Happiness

#Live #Love #Learn #Laugh 

#Share #Respect #Inspire

#StayGold #StayTrue #StayReal

Komentar
  1. Prasetyo Hestina A mengatakan:

    Lagu yang ‘aku banget’ itu BTS Tomorrow. Gak bosan-bosan aku dengerin lagu itu. Liriknya juga menginspirasi🙂

  2. Fika marsinar mengatakan:

    Hai kak linda, aku udh lumayan lama baca postingan kk tapi baru komen. Mian hehe.

    Kalo sekarang jujur aku masih gatau dan belum bisa nentuin lagu yg aku bgt, karna aku orangnya emang susah buat milih hal kaya gini. Mungkin belum waktunya._.

    Aku army juga dari jaman rapmon rilis mixtape sama kaya kk cuman beda alesan aja, kk kan suka karna mixtape nya trus baru ke bangtan, kalo aku langsung suka musik2 bangtan yg relate&nginspirasi bgt dari jaman itu terutama mereka bikin lagu sendiri, tapi aku juga suka mixtape rapmon karna lirik nya. Bangtan hal pertama yg aku fans in sampe bgini.

    Aku juga udh baca postingan kk yg fakta bts dari part 1, smuanya, bts doang tapi hhe. Dan aku suka bgt tulisan kk, panjang tapi enak dibaca dan slalu buat pemikiran aku lebih positif dan terbuka. Aku butuh&seneng tulisan cerdas kaya gini, aku suka sesuatu menginspirasi. Thanks bgt kak buat postingan2nya, smangat^^

  3. Yukiharu_nff mengatakan:

    Sebelumnya, selamat ulang tahun ya Kaak ^^
    sampai saat ini sih lagu yg jadi ost aku tomorrow – BTS. Lagunya bener2 gue bgt. Karena isinya bener2 sama persis sama keadaan aku saat itu,
    bikin semangat juga lagunya

  4. lingga_anaris ARMY mengatakan:

    hai aku udah lama baca post di blog ini tapi baru ngasih comment
    Kalo menurut aku lagu yang sesuai aku itu run sama tomorrow

  5. Aveka mengatakan:

    Kak bisa dijelasin jangan menaruh apapun “di atas hidup kita”? Di atas hidup itu bikin bingung..

  6. asV Osa (@osa_army23) mengatakan:

    Wah .aku bru tau tu lucia..!!soal aku ska cma hiphop doank..,!!kayk jiwa music kk wow bgt..

  7. Matahari mengatakan:

    Eonni update BTS lagi dong😢😢😢kangen sama update eonni tentang BTS
    Kalau eonni yg nulis rasanya enak banget bacanya👍👍👍

  8. Iin mengatakan:

    ahhh ya allahhh terharu banget bacanya..panjang tpi nyenengin buat di baca adem rasanya bca tulisan kak linda T_T
    aku belum tau pasti apa lgu yg bener2 kyak “ini lgu aku banget” sejauh ini aku cuman suka sma lagu2 yg mnurut aku bagus aja secara musik terutama tpi smenjak knal kak linda disini aku jdi lbih pilih2 lagu ngga mau lah skarang asal dngerin lgu sembarangan tnpa tau maknanya kan kita ngga tau lgu itu baik/buruk buat di dengerin…
    Kak linda nih bener2 penikmat musik sejati hehee bukan sekedar fans biasa tpi emang bner2 pnikmat musik…tau banyak tntang musik,tau mna musik yg bagus di dengerin
    makasih bnyak atas kata2nya kak lin sungguh sangat nenginspirasi… bnyak penulis tpi jarang yg tulisannya itu Ngena di hati kya tulisannya kak linda.. Linda Eonni Neomu gumawopta… Mani saranghajuseyooooo *tebar lope2 buat kak linda😀

Tinggalkan Balasan

