Fakta-Fakta GOT7 Part 170 (Comeback “Fly” GOT7)

Posted: April 16, 2016 in About GOT7
Tag:

Come and Get It, GOT7!

Source: Video – 160329 GOT7 (Credit: KBS Kiss The Radio, uploaded: Flora), Pops in Seoul _ GOT7(갓세븐) _ Interview (Credit: Arirang), 160401 뮤직뱅크 GOT7 1 by플로라, 160405 더쇼 GOT7 1 by플로라 (Credit: KBS X SBS, uploaded: Flora)

Ini adalah sedikit reviewan gue di comeback album “Flight Log: Departure” GOT7 chingu. Title track mereka kali ini judulnya “fly” dan akhirnya mereka dapet no.1 di beberapa acara musik Korea. Congratz!!! Akhirnya~. Gue sendiri awalnya ga suka sama title track ini chingu. Kenapa? Karena gue ga ngerasa nemu hal “amazing” di lagu ini. Jujur gue udah nulis postingan ini lama, cuman belum gue upload di blog karena gue masih mikir “apa ya yang ngebuat gue ngerasa fly bagus” sehingga gue ga sebatas hanya komentar “gue kurang suka lagu ini”. Dan akhirnya setelah cukup lama ngikutin aktivitas GOT7 di masa “fly”, gue bisa nemu apa yang ngebuat title track ini cukup bagus versi gue pribadi. Bukan musiknya, bukan dancenya, bukan MVnya, tapi ada lirik yang menurut gue simply beautiful yang bisa semacam “menyentuh” hati gue chingu. Yang gue tangkep dari makna lagu ini adalah “cinta yang biasa/ordinary love” chingu. Bukan cinta yang begitu puitis, dalem, luar biasa/.extra ordinary dsb, tapi cinta yang biasa2 aja. Lalu, kenapa yang menurut gue “biasa aja” ini malah bagus? Karena gue pribadi ngerasa yang biasa itu justru yang bagus, sesimple itu. Menurut gue “biasa” itu dekat dengan simple/sederhana dan itu bagus. Gue ga bilang semua lirik di lagu ini bagus/gue suka, cuman partnya Mark yang “meskipun cinta kita biasa, tapi nilainya tidak dapat diukur” menurut gue bagus. Gue dalam hal ini mengabaikan lirik yang lain dan hanya fokus ke lirik itu aja. Menurut gue lirik ini sederhana tapi kena. Gue pernah bilang di facebook (biasa lah, menumpahkan pikiran, hehe). Gue pernah nulis pengen menjalani love story-nya Kang Maru di drama “Innocent Man”. Jadi dia membayangkan kelak di kehidupan yang akan datang dia bisa mencintai orang dengan sederhana/biasa, bukan cinta yang rumit. Dia ingin jadi dokter di desa yang kecil dan istrinya adalah orang biasa yang baik di daerah itu. Mereka mengobati orang bersama2. Menjalani kehidupupan yang biasa saja namun indah, tentram/damai dan bahagia. Nah, gue ngerasa itu semua indah chingu, makanya gue pengen seperti itu juga. Mereka memang tidak dalam posisi orang kaya yang serba mewah, serba ngehits, kekinian dsb, cuman ada ketentraman dalam kesederhanaan yang mereka jalani dan itu membuat mereka bahagia, itu yang begitu mengena di gue. Nah, gue rasa itu semua terwakili dalam liriknya Mark yang tadi. Itu part favorit gue di “fly” ini. Liriknya menurut gue amazing, meskipun biasa (terkesan biasa oleh kebanyakan orang), tapi nilai cinta mereka tidak terhingga, tidak dapat diukur. Kenapa tidak bisa diukur? Karena kebahagiaan yang didapat sumbernya bukan dari materi, tapi dari hati. Itu sih chingu kesan gue tentang lagu “fly” ini. Gue ga tahu apakah gue salah menginterpretasikannya, cuman gue memahami pototongan lirik tadi seperti itu. Mungkin dulu gue kalo denger lagu tuh ya paling “enak enggak didengerin musiknya”, cuman sekarang gue lebih “cerewet” ke lirik sih chingu (meskipun musik juga penting). Musik penting, cuman lirik/makna lebih penting, itu taste gue sekarang. Gue ga ingin aja suka lagu yang membuat gue kehilangan taste gue pada sebuah lagu. Ketika gue suka satu lagu, gue harus paham part apa yang membuat gue bisa suka, dan itu relate sekali dengan lirik. Makanya gue selektif sekali milih lagu untuk didengerin. Lagu yang sering gue dengerin adalah lagu2 yang membangkitkan feel gue entang memories, semangat, harapan, mimpi dsb. Lagu yang kurang lebih maknanya “positif” bagi gue pribadi. Gue ga pengen aja wasting time dengan ngedengerin lagu2 yang sekiranya ga memberikan “manfaat” bagi gue atau lagu2 yang ga relate dengan hidup gue. Ok chingu, daripada gue malah makin panjang ngomongnya, kita masuk aja ya ke fakta2 tentang comeback ini. Ini gue dapet dari beberapa acara mereka:

  • Title track “fly” ini lebih banyak rapnya chingu, lain dari title track di album sebelum2nya. Bambam ketika mereka di Sukira ngejalasin kalo sebelum2nya lagu2 GOT7 lebih banyak di part vocalnya, cuman di comeback ini mereka lebih menunjukkan rap mereka. Bahkan JBpun ada part semacam rapnya *kalo rap, gue sebenernya cukup surprise sama partnya Jackson di awal yang musiknya bener2 dislow-in, itu part musik yang cukup bagus menurut gue*
  • Tentang lagu “fly” sendiri, temanya adalah tentang remaja/youth di usia 20an yang sedang mengungkapkan cintanya ke orang yang dia sukai. YuGyeom ngerasa feel lagu ini adalah fresh. Jadi GOT7 di comeback ini pengen semacam menampilkan sisi innocent (fresh)nya remaja cuman sekaligus energic/passion mereka. Nah, energy/passion-nya bisa diliat di dancenya. Bambam dan YoungJae ngerasa remaja2 sekolah akan suka sama dance lagu ini dan bisa ditampilin di festival sekolah. JB ngerasa lagu ini cocok didengerin ketika sedang stress dan kata YoungJae bisa juga dinyanyikan di karaoke *cukup setuju gue dengan ini. Gue rasa dance mereka kali ini “dance anak sekolah” banget, fresh. Ditambah lagi kostum mereka yang warna warni senada, kesan remajanya makin dapet. Konsep style mereka menurut gue mirip2 sama jaman “A” chingu, cuman yang ini lebih simple karena seragam Kalo “A” dulu meskipun warnanya senada cuman model2 bajunya beda*
  • Kalo misalnya mereka bisa terbang, Jr bilang dia pengen terbang sama YuGyeom dan kemudian ngejatuhin si YuGyeomnya dari atas, haha *sabar ya YuGyeom, biarin dah itu Jr mo ngomong apa. Nasib maknae, kena bully, hehe*. Kalo YoungJae, dia pengen terbang bersama burung2 di angkasa. Kalo Bambam X Mark X YuGyeom, mereka pengen terbang ke luar angkasa. JB pengen bisa terbang mengelilingi bumi seperti Superman dan si Jackson pengen terbang ke rumah2 IGOT *elah si abang tetep aja fanservice, haha*
  • Dari data arirang, album comeback mereka kali ini ada di chart no.1 itunes di 7 negara termasuk Singapore chingu *wow!*. Ketika ditanya tentang popularitas mereka yang mengglobal, JB ngerasa itu ga bisa dipungkiri karena banyak member2 mereka yang asalnya dari luar Korea. YuGyeom nambahin, dia bilang member2 mereka bisa berkomunikasi dengan banyak bahasa sehingga menjadi semacam kekuatan mereka hingga seperti sekarang *kayak sering gue bilang chingu, mereka banyak banget fans2 Chinese-nya. Menurut gue IGOT7 itu banyak yang Chinese. Agak beda misalnya dengan BTS yang lebih ke Eropa/Amerika atau EXO yang Korea atau WINNER yang Jepang, kalo IGOT7 keliatannya banyak yang Chinese-nya*.
  • GOT7 juga beberapa waktu lalu menang di Music Bank dengan “fly”nya, mengalahkan MAMAMOO *Jackson X Bambam yang menurut gue keliatan paling shock chingu. Mereka keliatan ga nyangka banget akhirnya bisa jadi no.1 di acara musik setelah sekian lama*. Di The Show, mereka menang mengalahkan Eric Nam X Hyomin *akhirnya ya, setelah album ke-6 mereka baru bisa jadi no.1, pasti haru banget mereka, setelah sekian lama chingu*
  • Kita masuk ke track2 lain lagu ini. Track kedua di album ini adalah “mothagesseo” *ga tahu gue ini judul versi bahasa Inggrisnya apa cuman setahu gue “mothagesseon” itu artinya “I can’t”*. Lagu ini yang bikin Jr dari mulai musik sampe ke lirik dengan dibantu musisi2 lain. Mark bikin rap juga di lagu ini. Sound dari lagu ini adalah tipikal “tropical sound”, ada trap beatnya dan genrenya adalah urban dance *gue rasa lagu ini asik sih chingu. Ini debut Jr jadi composer juga. “Tropical sound” menurut gue sesuatu yang unik juga, bisa lebih dikenalkan tuh ke public lewat lagu ini. Lagu ini nuansa “pantai”nya ada, jadi ya relate kalo disebut dengan “tropical” yang mengacu pada daerah tropis yang jelas erat kaitannya dengan pantai. Meskipun tropical sound, cuman tetep aja ada trap dan urbannya, jadi musiknya tetep rich, terdengar begitu variatif dan kekinian*
  • Lagu ketiga judulnya “bitchinayo” atau “see the light”. Lagu ini yang bikin YuGyeom X Mark dan dibantu sama musisi lain juga chingu. Rap dari lagu ini dibikin sama Bambam *meskipun sekilas doang ngedengerin cuman menurut gue lagu ini bagus juga. Ryeowook bilang lagunya “hangat”. Gue jujur malah belum denger semua lagunya. Denger sekilas doang pas nonton mereka di Sukira paska comeback*
  • Lagu keempatnya adalah “fish”. Lagu ini dibikin JB (Def Soul) X JYP X Daniel Kim. Lagu ini adalah favorit Jr chingu *gue rasa lagu ini bagus juga, seru*. Bambam juga suka sama lagu ini ketika baru awal2 denger. Lagu kelimanya adalah “rewind” yang diciptakan YoungJae bareng musisi2 lain. Youngjae suka hook lagu ini *gue rasa lagu ini juga bagus chingu*.
  • Lagu terakhir adalah “something good” yang juga dibuat sama JB dengan musisi2 lain termasuk Andrew Choi. Andrew Choi itu dulu bikin “butterfly girl”nya EXO. Dia composer KPop juga. Rap making lagu ini adalah Bambam lagi *gue rasa semua following track album mereka kali ini bagus chingu. 5 lagu following track ini meskipun gue ngedengernya sekilas2 doang cuman menurut gue dari sisi musiknya asik, kekinian, seru, rich, dan variatif. Apalagi ditambah member2 GOT7 juga berpartisipasi dalam pembuatanya (meskipun masih dibantu musisi2 lain yang lebih kompeten tentu saja), cuman effortnya makin keliatan mereka ini. Secara musik, gue ngerasa album ini recommended. Beat2nya seru, urban banget, trap juga, musiknya rich (kreatif), menurut gue cocok buat kalian/IGOT7 yang suka tipikal musik urban hip hop. Dan dari semuanya, favorit gue adalah “see the light” chingu. Menurut gue lagu ini sisi sweetnya dapet. Kayak Ryeowook di Sukira kemaren, dia bilang lagu ini “hangat”. Entah gimana kayak ada sisi “pureness X innocent”nya cinta di lagu ini. Lagu ini dibuat performnya juga di acara2 musik. Kalo gue pribadi sih cukup suka chingu. Mungkin kalian juga sama. Intinya gue rasa album Flight Log: Departure ini secara musik asik2 chingu. Kalo untuk referensi musik gue rasa bagus. Soalnya variatif sekali musiknya dari mulai hip hop, trap, urban, tropical sound dsb. Dan gue rasa album ini malah “GOT7” banget. GOT7 yang gue rasa adalah boyband yang ga neka neko dalam hal lirik cuman tetep eksis di dance dan sinkroninasi ala boyband pada umumnya. Beda misalnya dengan BTS X EXO yang penuh konsep extraordinary, GOT7 lebih ordinary dan menurut gue itu malah ciri khas mereka. GOT7 menurut gue ordinary chingu, cuman mereka jadi tetep unik karena kena “aura” JYP. Mereka ga yang ngebuat fans harus mikir banget konsep yang mereka mau angkat ke public itu apa kayak BTS X EXO misalnya, tapi dengan “biasa”nya mereka, itu jadi ciri khas mereka tersendiri. Kalo gue pribadi tetep lebihsuka lagu2 yang penuh konsep wow/mateng chingu. Cuman ada sisi di diri gue yang kadang pengen biasa aja dan GOT7 kadang menjawab itu. Semua boyband ada karakternya masing2 yang membuat kita suka sih, termasuk GOT7 in. Dan gue pesan “ordinary” yang ingin mereka munculkan sampe chingu. Comeback yang cukup keren dari GOT7 ^^. Lets fly with GOT7, IGOT7!!!*

Pops in Seoul _ GOT7(갓세븐) _ Interview _ Part 1.mp4_000005839

160329 GOT7.mp4_000695400

160401 뮤직뱅크 GOT7 1위 by플로라.mp4_000028294

160405 더쇼 GOT7 1위 by플로라.mp4_000058258

#Peace #Love #Happiness

#Live #Love #Learn #Laugh

#Share #Respect #Inspire

#StayGold #StayTrue #StayReal

Komentar
  1. Yukiharu_nff mengatakan:

    Bener bgt Kak, aku sama temenku pas awal denger lagu mereka langsung yang bilang “wah, ini got7 bgt.”
    terus jg album sekarang lebih banyak part rapp nya.
    Aku suka lagu i can’t, hehe

  2. @ran96rin mengatakan:

    ihhhhh finaalllllyyyy…
    ini entah aku yg lama gk bloggingan apa Linda-ssi yg baru dapet feel ke GOT7nya lagi ya.. huhuhu😥 gomawoooo~
    setiap kali dapet email postingan baru pasti rata2 fact-nya BTS
    padahal aku mulai ‘mendalami’ GOT7 gegara baca factnya dari fact pertama di blog ini lhooooo (nih malah sampe skrg blm bisa lepas dari GOT7)
    update GOT7 lagii dong please,
    aahh GOT7 kn lagi ada GOT7ing tuh bisa disimak kakaaak dan ditulis disini..
    정말 감사합니다 author님🙂
    nice blog!

  3. Elen mengatakan:

    Eonniii.. lama gak ngepost tentang fakta GOT7, eonni membuat diriku galau dan merana #inilebaybanget, makasih eonni udah next fakta GOT7, sering-sering ya eon.. kamsahamnida eonni😄

  4. yuikatta98 mengatakan:

    saya setuju sama kakak. awalnya memang ngerasa kurang suka dengernya, tapi setelah beberapa kali saya play terus, saya ngerasa ini tuh GOT7 banget.
    selain member-membernya ikut partisipasi dalam pembuatan album, di setiap dance mereka itu gaya mereka banget. saya ngerasa banget feel yugyeom yang pass part yugyeom nyanyi setelah mark nge-rap. gaya dia banget.
    btw, saya suka banget sama see the light nih .. hehe

  5. deyong mengatakan:

    kok lama gag nge post got7, kangen……

  6. adel mengatakan:

    Setelah lama di tunggu2 akhirnya update juga, thanks yaaq udh update got7

  7. 23dk mengatakan:

    bener…
    aku dari awal got7 ngeluarin album sampe yg terakhir…baru kerasa kalo fly itu (termasuk semua lagu di flight log : departure) itu GOT7 BANGET !! soalnya agak masih gak klik di hati tiap mereka nongol trus bawa lagu baru…kayak masih ada yang kurang gituu…nah baru kejawab sekarang deeehhh !!!

Tinggalkan Balasan

