Fakta-Fakta DAY6 Part 14 (Comeback “Letting Go” DAY6)

Posted: April 18, 2016 in About DAY6
Tag:

Source: Video – 160404 DAY6 K-STAR & LIVE @ ARIRANG SUPER K-POP (FULL) (Credit: Arirang, uploaded: DAY6 TV), 160408 SBS POWERTIME YOUR MEANING DAY6(데이식스) FULL (Credit: SBS, uploaded: DAY6 TV), 160405 MTV THE SHOW – WARM UP DAY6 & GOT7 JACKSON (FULL) (Credit: SBS, uploaded: DAY6 TV)

DAY6 Comeback!!! Agak telat memang, cuman gapapa, hehe. Gue seneng chingu sama title track comeback mereka “letting go”, karena somehow lagu itu semacam “gue juga lagi ngerasain itu”. Meskipun sekarang JuHyeok udah ga di DAY6 lagi, cuman gapapa, its ok. Mungkin dia punya pemikiran sendiri yang kita jelas ga tahu. Itu ga usah jadi bahan pembicaraan terlalu banyak kalo menurut gue. Yang penting sekarang DAY6 comeback dengan karya mereka yang baru dan gue di sini pengen ngebahas lebih dalem tentang itu. Ok, langsung kita mulai aja ya. Ini adalah reviewan gue tentang beberapa acara mereka paska comeback.

  • Di comeback mereka kali ini (album Daydream), SungJin ngejelasin kalo musik band mereka lebih dalem karena mereka ga menggunakan musik2 midi (yang dipegang WonPhil dulu) dan lebih ke instrumen2 real ala band. WonPhil sekarang juga in charge di keyboar chingu *iya, title track “letting go” juga ga pake synthesizer kayak jaman “congratulation” dulu, jadi kesannya lebih “natural band”, bukan “urban band” kayak kemaren*
  • Mereka di radio arirang ditanya tentang ideal type chingu (lagi dan lagi) *ga lengkap ya radio kalo ga nanya yang beginian, haha*. Jadi ideal type DoWoon adalah wanita yang cantik kalo senyum. Kalo WonPhil, dia suka wanita yang tahu mimpinya itu apa dan bekerja keras untuk mencapai itu, semacam miss independent jadinya *Gue suka jawaban ini chingu, keren! Orang yang tahu apa yang dia lakukan itu keren menurut gue. Jadi ibarat orang jalan tuh tahu arahnya mau kemana, jadi ga ngebolang ga jelas/random*. Kalo Young K, dia ngerasa ga punya ideal type tertentu, dia bilang akan suka orang yang dia memang suka. Jadi semacam all about chemistry, lebih ke feel. Kalo Jae, dia suka cewek yang rambutnya pendek dan cute *itu paten lah, dia pernah juga mention itu di acara lain, jadi masih konstan jawabannya*. Kalo SungJin, dia suka wanita yang seperti ibunya *ah~so sweet…*
  • Ketika ditanya tentang siapa musisi yang mereka pengen kerjasama sama dia/mereka, Young K bilang JYP. Dia pengen ada sesi nulis lagu bareng sama JYP PDnim chingu. Kalo WonPhil, dia pengen kolaborasi sama Ryan Tedder dari One Republic. DoWoon pengen kerjasama sama Beyonce (?), Jae pengen kerjasama sama Lunafly (gegara DJnya adalah member Lunafly, haha) dan SungJin pengen kolaborasi sama Cold Play *yeokshi ya, SungJin X WonPhil orientasinya band banget*
  • Makanan favorit SungJin adalah makanan pedes chingu. Dia member DAY6 yang paling suka makanan pedas. Dan makanan pedas favoritnya adalah buldak. Buldak itu semacam ayam bumbu pedas yang pedas banget. “orang biasa” akan pedes banget makan itu, perutnya bisa sakit, cuman SungJin kuat dan suka *inget jangan banyak2 bang, nanti kena gangguan pencernaan. Gue sendiri baru beberapa waktu lalu sakit gara2 maag chingu. Jadi gue dari kecil itu ga pernah maag, cuman sekarang punya maag. Faktornya ya salah satunya gue makan makanan pedes dan itu sering+waktunya random. Jadi pola makan gue ga beres. Pagi gue ga makan sampe sore dan sorenya itu makanan gue langsung yang pedes2 kayak mie ayam, jadi ya kaget perutnya. Itu berlangsung cukup lama dan akhirnya gue sakit cukup parah. Gue sepertinya harus kembali ke hidup gue yang dulu jadinya, harus makan tepat waktu dan agak menghindari makanan2 yang terlalu pedes. Sakit itu ga enak chingu, jadi sebisanya jangan sakit. Guepun akan berusaha hidup lebih sehat lagi, semoga bisa. Kalianpun sama ya, jangan sakit, selalu sehat. Fighting!!!*
  • “letting go” dibuat sama WonPhil dan Young K chingu, dibantu sama producer JYP juga *keren! Gue rasa mereka keren karena title track album dibuat sendiri sama member2nya. Kalo following track masih biasa lah, cuman kalo udah title track gue rasa kelasnya jelas beda. Dan fakta kalo lagu bikinan WonPhil sama Young K di ACC sama JYP dan akhirnya masuk jadi title track menurut gue sebuah pencapaian banget*
  • “Letting go” sendiri adalah lagu cinta. Jadi kisahnya tentang hubungan kekasih yang berakhir. Lagu sedih dimana si cowok harus melepaskan si ceweknya untuk kebahagiaan ceweknya. *memang sih basicnya lagu ini “love story”, yang ngarang juga maksudnya itu. Cuman gue ada pandangan lain chingu. Gue rasa lagu ini maknanya bisa universal. Gue menginterpretasikan lagu ini bisa dalam konteks hubungan lain kayak temen, keluarga dsb. Intinya ya sesuatu yang udah ga bisa dipertahankan yang dilepaskan saja, belajar ikhlas, seperti itu. Dan kenapa tadi di awal gue ngerasa lagu ini adalah lagu yang “gue juga ngerasain itu”? karena memang ada hal2 yang sedang terjadi di hidup gue yang gue sebaiknya melepaskannya saja karena keknya udah sulit buat diraih/dipertahanin. Gue harus belajar untuk lebih membiarkan semuanya mengalir/terlepaskan dan ga harus gue pegang terus menerus. Sesuatu yang sedih sebenernya karena harus terjadi, cuman itu udah kayak jalan yang terbaik bagi semuanya. Meskipun gue ingin, cuman kalo orang yang bersangkutan ga punya pemikiran yang sama dengan gue lalu gue harus gimana? Melepaskan kan? Nah, itu dia. Gue biarkan semuanya mengalir aja, biarkan waktu yang menjawab. Jujur gue mulai lelah pada beberapa hal sekarang chingu, jadi ya sebisanya gue letting it go aja, biarkan mengalir, lepaskan apa adanya. Bukan gue ga berusaha selama ini, cuman probabilitasnya makin berasa ga nampak, jadi mungkin gue harus menyerah saja. Gue sih berharap dengan melepaskannya gue bakalan dapet hal yang lebih baik. Gue mikirnya daripada hidup jadi ga jelas mikirin itu terus, lebih baik gue move on dan hidup lebih baik dengan melakukan hal yang udah jadi passion gue, that’s it. Malah jadi curhat kan guenya, mian ya chingu, hehe. Namanya juga manusia, guepun punya masalah chingu. Guepun menghadapi hal yang berat juga dalam hidup, sama kayak orang lain. Jadi ya perlu healing juga*
  • DAY6 cerita kalo JYP bilang “sangat sangat bagus” ketika lagu mereka keluar chingu. Itu ngasih semacam semangat banget buat DAY6 *wah, pasti seneng banget ya mereka. Dapet pujian dari JYP pasti meaningful banget buat mereka, apalagi itu title track. Gue rasa “letting go” memang bagus chingu. Lagu yang gue rasa akan relate dengan banyak orang. Dan lagu2 seperti itulah yang menurut gue masuk kategori bagus. Lagu yang berhubungan dengan kisah banyak orang sehingga orang lain yang denger ngerasa semacam “terwakili” dan jadi punya makna mendalam bagi mereka. Lagu yang relate with people, bukan dengan kisah mereka sendiri. Secara melodipun menurut gue lagu ini easy to follow. Secara rap, gue rasa part rapnya Young K juga keren, DAY6’s style banget. Gue ngesave satu video mereka live di Sukira chingu. Part favorit gue adalah partnya WonPhil. Menurut gue dia ketika nyanyi part itu bener2 menghayati dan gue seneng ngeliatnya. Entah gimana gue kayak terbawa gitu sama performnya. Gue jadi baper, jadi kayak ikutan sedih/mellow jadinya. Musiknya memang ga #kekinian yang pake midi dsb (karena konsepnya memang pengen lebih ke band sound), cuman itu malah something menurut gue. Justru dengan “kesimplean” musik band itu, feel mellownya lebih dapet. Kalo “congratulation”, lagu itu memang bagus secara musik dan melodi, cuman secara lirik gue belom pernah ngerasain yang lagu itu sampaikan, jadi lagu itu ga relate di gue. Cuman sebagai orang yang suka musik, gue tetep bisa suka aspek musiknya yang memang bagus menurut gue. Tapi lagu ini beda chingu, gue ngerasa relate karena interpretasi versi gue yang gue sebut sebelumnya tadi. Lagu “congratulation” ga bisa gue generalisasi, cuman lagu ini bisa, sehingga gue menemukan perasaan yang lebih mendalam ketika mendengar lagu ini. Menurut gue lagu ini bisa digeneralisasi, karena di dunia ini bukan hanya cinta yang harus dilepaskan. Ada banyak hal, ada keluarga, teman, hobi, pekerjaan dsb. Ada banyak hal yang sebaiknya bisa kita lepaskan karena memang udah ga cocok/bahkan buruk buat kita. Mungkin gue terlalu lebay menginterpretasikan lagu ini, cuman ini hal yang pengen gue serap sebagai “sesuatu yang berharga” dari lagu ini chingu. Gue ga pengen sih larut dalam kisah cinta yang gue sendiri ga paham, makanya ketika denger lagu, gue selalu menginterpretasikannya dengan hal2 yang lebih general dan ada hal2 di situ yang bisa membangkitkan perasaan terdalam gue/relate dengan hidup gue yang sebenernya. Secara ga langsung, lagu ini ngasih semangat ke gue juga chingu. Semacam “udah lin lepaskan, lepaskan, gapapa”. Sebenernya untuk melepaskan ya ga harus harus pake lagu chingu. Cuman kalo memang ada lagu yang relate/mewakili ya gapapa kan? Sesuatu yang ketika kita denger, kita merasa terwakili. Selain hiburan juga merasa terwakilnya diri kita melalui lagu itu. Itu doang sih menurut gue power sebuah lagu. Yang lebih powerful dari itu ya jelas perenungan diri sendiri dengan berdoa pada Tuhan. Lagu mah cuman asik2an aja dan syukur2 bisa bermanfaat bagi kita. Tetap, mendekatkan diri ke Tuhan YME adalah solusi terbaik kita dalam menghadapi masalah. Jawaban pertanyaan hidup bukan dari lagu, tapi dari usaha kita mengilhami semuanya dengan mendekatkan diri kita pada Maha Pencipta kita, itu yang gue rasa tepat. Soalnya ada chingu orang2 yang ngerasa “lagu bisa menjawab semuanya”, terutama orang yang sudah menjadikan “musik adalah hidupnya”. Gue rasa lagu itu jadi trigger (pemicu) aja  buat kita untuk lebih mau mikir, that’s it. Selebihnya tetep balik ke diri kita sendiri. Jadi jangan “dewakan” lagu ya chingu. Lagu memang ada yang relate dengan kita dan somehow ngasih jawaban pada kita, cuman jangan “dewakan” dia. Ketika ada masalah, tetep cari Tuhan untuk penyelesaiannya. Lagu ya just for fun aja dan ya syukur2 artinya bagus/relate, jadi memicu kita untuk lebih mikir. Intinya lagu cuman pendamping sih (ada ok, enggak ada ya gapapa), bukan hal pokok dalam menjawab hal2 yang berkenaan dengan hidup kita. Nah, gue ga pengen seperti itu dan gue harap readers blog inipun sama. Lagu memang hiburan yang memang membuat kita terwakili, cuman ya sebatas itu aja. Jangan sampe apa2 kita mengandalkan lagu. Saran gue adalah serap/interpretasikan lagu sepositif dan semanfaat mungkin bagi hidup kalian. Jadikan itu sumber semangat cuman bukan yang tertinggi. Boleh suka lagu/musik, cuman jangan sampe menyebabkan kita lupa pada Maha Pencipta kita. Waktunya ibadah ya ibadah, ga boleh lagu jadi hal pokok kita sehingga kita lupa melakukan kewajiban kita. Bukan ga boleh, tapi jangan sampe itu mengalahkan prioritas kita dalam hidup. Kalian tahu ga chingu arti hidup ini? Jawabannya adalah fana. Kalian tahu apa itu fana? Hancur berkeping2 berarti masih ada puing2nya, tapi kalo fana, hancur ga berbekas sama sekali. Itulah fana, hal yang pada dasarnya ga ada. Dan surprise! Dunia ini adalah fana. Nanti pada saatnya semuanya hancur dan ga akan bersisa apa2. Lalu, berhargakah kita mengejar sesuatu yang fana itu? Sesuatu yang jika hancur ga ada sisanya sama sekali alias nothing. Makanya hati2 chingu dalam mensikapi musik. Jangan sampe kita larut begitu dalam sampe kita lupa apa makna hidup ini. Musik itu boleh, tapi sepositif mungkin kita mensikapinya. Syukur2 dari musik itu kita bisa memotivasi kita menjadi lebih baik dan terus belajar, bukan fun2 aja yang ga jelas. Inilah kenapa gue cukup cerewet tentang musik, karena ada ketakutan dalam diri gue kalo apa yang gue lakukan salah chingu. Gue berusaha sepositif mungkin dalam mensikapi musik ini dan semoga cara gue ini bener. Gue cuman pengen di blog ini gue bisa sharing lebih banyak pengetahuan/kita sama2 belajar dan syukur2 bisa termotivasi untuk lebih baik dari contoh idol2 yang kita suka. Kita ambil positifnya, kita sebarkan. Negativenya jadi pembelajaran/anggep ga tahu. Itu misi utama gue nulis blog ini chingu, its all about sharing. Gue seneng ketika gue bisa berbagai, rasanya damai, alhamdulillah*
  • Kita lanjut ke hal lain chingu. Ada orang yang ngasih message ke DAY6 ketika mereka di radio Powertime. Dia bilang “DAY6 itu ga menarik/lucu, cuman lagunya bagus”. Young K yang baca pesen itu ketawa aja dan bilang “penyanyi adalah tentang lagu” haha *iya sih bener, penyanyi ya tentang lagu. Soalnya mereka memang penyanyi, bukan pelawak. Masalah mereka lucu, berbakat dalam bidang lain, asik, good looking dsb itu ya bonus aja, cuman kalo penyanyi=lagu. Gue sepakat dengan itu*
  • Ketika ditanya inspirasi nulis lagu darimana, Young K bilang bisa dari pengalaman pribadi member2, dari film, dari komik dsb *iya sih, kadang nonton film aja bisa jadi inspirasi. Jadi ya ga perlu semua hal harus dijalani dulu untuk bisa jadi inspirasi. Melihat kejadian yang udah terjadi pada orang lainpun bisa jadi inspirasi*
  • Ketika ditanya siapa sunbaenim di JYP yang sering nraktir mereka, WonPhil bilang GOT7 *yeokshi ya, temen semenjak trainee juga soalnya*
  • Ketika ditanya di powerradio tentang ideal type-nya Young K, dia bilang dia hanya mengikuti feelingnya. Jadi ketika dia rasa dia suka sama seorang wanita, ya dia suka. Lebih ke chemistry chingu, jadi masalah hati banget, ga bisa yang dijelasin detail semacam “rambut pendek,cute, punya senyum manis” dsb *wah, dalem ya tipenya…*
  • Ketika ditanya tentang siapa member DAY6 yang paling perasa, semua sepakat kalo itu WonPhil. Kata Young K, WonPhil ketika subuh2 dan mereka masih di ruang latihan gitu suka nanyain “hyung sangat lelah ya?”. Jadi dia itu care chingu anaknya, lovable *gue ngerasain itu di perform “letting go” mereka chingu. Jadi entah gimana gue ngerasa tersentuh di part2 WonPhil nyanyi. Dia nyanyi itu penuh penghayatan banget dan itu kena banget di gue. Keliatan kalo dia orangnya memang dalem. Dan ini relate juga sama kemampuan dia bikin lagu. Biasaya, orang yang perasaannya dalem itu jago bikin lagu. Dan lagu yang dia bikin juga akan relate dengan orang juga karena dalem tadi. Intinya musisi itu main perasaan sih dan gue rasa WonPhil punya ability di bidang itu*.
  • Lagu “letting go” simplenya memang cowok yang harus nglepasin ceweknya supaya ceweknya bahagia karena dia udah ngerasa ga bisa berbuat banyak untuk ceweknya itu. Ketika mereka ditanya apa yang akan mereka lakukan jika ceweknya bener2 pergi, Jae bilang akan mempertahankan sedangkan Young K akan ngelepasin kalo memang situasinya seperti itu. Melepaskan adalah cara yang Young K anggep bener *gue setuju sama Young K, sesuatu yang udah ga bisa disatuain ya dilepasin aja (tentu saja dengan catatan udah mentok/semaksimalnya dan memang bener2 ga bisa). Kita butuh bahagia dan mempertahankan bukan satu2nya opsi untuk bahagia. Siapa tahu dengan melepaskan kita bisa dapet sesuatu yang lebih baik. Ga harus stuck pada satu hal chingu. Siapa tahu apa yang kita ga suka malah baik buat kita dan apa yang kita suka malah buruk buat kita. Perpisahan ga selamanya buruk, bisa jadi itu hal baik buat kita untuk memulai sesuatu baru yang lebih baik dari sebelumnya. Berat sih memang, cuman gue rasa kadang perpisahan itu lebih baik daripada mempertahankannya cuman kita beban dan terluka sendiri. Siapa sih orang yang ga pengen happy ever after? Semua orang pengen, cuman ga semua orang bisa seperti itu. Banyak masalah, banyak cobaan, banyak godaan dan banyak situasi yang menyebabkan perpisahan itu akhirnya menjadi sebuah pilihan yang nyata. Makanya untuk meminimalisir semua kemungkinan itu, gue rasa memilih orang yang tepat adalah jalan awal terbaik. Memilih orang yang sevisi misi dengan kita dan menyebabkan probabilitas kita untuk bertahan dengan dia akan panjang. Cuman kalo udah dikasihnya gitu gimana? Misalnya keluarga. Misalnya orangtua kita jalan terbaiknya adalah bercerai. Kita harus gimana? Gue rasa membiarkan adalah jalan yang tepat karena siapa tahu itu yang terbaik bagi semuanya termasuk kita. Contoh yang kayak gini berat sih, cuman ya itulah hidup. Kita ga akan pernah bisa lepas dari sebuah kata bernama “perpisahan”. Bahkan cepat atau lambat kita bakalan pisah dari semua hal yang ada di dunia ini entah yang kita cintai/tidak dengan hal yang bernama “kematian”. Mulai belajar sabar, ikhlas, ridho mensikapi ini kalo menurut gue. Dalam hal apapun juga, entah pasangan, keluarga, hobi, pekerjaan, teman dsb. Gue suka kata2 ini “apa yang kita suka belum tentu baik untuk kita dan apa yang kita ga suka belum tentu buruk bagi kita”, jadi bisa jadi perpisahan adalah lebih baik untuk kita. Mungkin itu caraNya supaya kita bisa bertemu dan menjalani hidup dengan orang lain yang lebih baik dari sebelumnya. Asalkan kita baik, gue yakin kita akan dipertemukan pula dengan orang2 baik chingu. Jodohpun begitu, jodoh itu mencerminkan diri kita sendiri. Kalo kita baik, insha Allah jodoh kitapun baik. Sebaliknya, jika kita buruk, jodohpun akan buruk. Maka, jadilah orang baik agar kebaikan2 terus hadir dalam hidup kita. Ini gue bukan ngomong ke kalian doang ya, ini pelajaran bagi diri gue sendiri juga. Gue juga lagi ngasih nasehat ke diri gue sendiri ketika nulis ini. Apalah gue, guepun masih harus banyak belajar. Intinya semoga kita semua jadi orang baik dan bisa bertemu dengan orang2 baik pula ya chingu. Bisa menjalani hidup yang baik dan saatnya nanti ketika dipisahkanpun dengan keadaan yang baik pula. Amin…*

160404 DAY6 K-STAR & LIVE @ ARIRANG SUPER K-POP (FULL).mp4_000231400

160405 MTV THE SHOW - WARM UP DAY6 & GOT7 JACKSON (FULL).mp4_000179400

160408 SBS POWERTIME YOUR MEANING DAY6(데이식스) FULL.mp4_000464633.jpg

DAY6 - Letting Go.mp4_000123320.jpg

#Peace #Love #Happiness

#Live #Love #Learn #Laugh 

#Share #Respect #Inspire

#StayGold #StayTrue #StayReal

Komentar
  1. Anggiify mengatakan:

    Bangga banget sma Day6 yang bisa terus survive, makin kesini karya nya makin bagus^^

  2. halfhumanhalfspectre mengatakan:

    makasih chingu udah ngereview day6. udah lama banget hiatus soal bband/gband korea karena udah makin menjamur aja, jadi bosen. terakhir 2013. udah 2 mingguan ini ngefans sama mereka. ini pun ga sengaja gara2 liat video nct-u yg without you trus liat2 komen2 gitu. banyak yg nyarani supaya day6 ngecover lagu nct-u. jadi penasaran deh. lagu mereka dr album yg pertama sampe yg terbaru enak2 semua. berasa kaya naik rolercoster dibawa naik turun perasaannya. yg biasanya ngisi kuota 2x sebulan jadi 4x sebulan demi liat live performe mereka. mereka emang jjang. suka youngK. diem2 menghanyutkan ni orang. menurut ku youngK ini salah satu rising starnya jyp. multitalent. suka cowok yg kaya dia gini.
    selain mereka ada satu band yg aku suka loveXstereo hitsnya hide and seek makna liriknya dalem banget. sempet jd ost drama cheese in the trap juga. btw style mereka mirip paramore gitu. tapi tetep aja suka haha. promosi day6 sama love X stereo sama busking gitu. emang bener ya kalo band2 gitu kurang di sukai di korea?

  3. hikarinta mengatakan:

    sukaaaaaaa bgt sama review day6 kamu 👍👍👍👍👍
    btw berharap bgt cb x ini mrk banyak muncul di TV sih, aku ngerasaaa mrk semua membernya berbakat jadi aku berharap org koreaaaaa itu tauu 😂😂😂 bahwa ada band kerreeeennnn dr JYP.

  4. adel mengatakan:

    Wonpil emng klo nyanyi suka bikin yg denger juga terbawa suasana alias bikin baper😁. Makin suka nih sama band yang satu ini, walaupun membernya udh ilang satu, tpi lagu2 tetep paling the best. Lagu di albumnya juga bagus2 semua gaada satupun yg ga bagus,, thanks ya author-nim udh update ttg day6, di tunggu next updatenya ttg day6. Fighting

  5. 23dk mengatakan:

    emang nyaa…
    day6 itu musisi sejatiii !!! ^_^

  6. hyesunblog mengatakan:

    Suka banget sama review fakta2 dari artis kpop di blog ini^^ keren adminnya nyeritainnya aku sukaa~~ dan bisa dipahamin juga^^, semangat terus min~~~

    Dari yg DAY6 ini aku juga emang lagi kepo sama mereka, semenjak yg congratulation, aku juga emang nonton acara aslinya dan rada kurang ngerti karna mereka ngomong korea-.- tapi karna dijelasin di blog ini aku jadi ngerti ^-^ hehe trus juga yang partnya wonpil di letting go aku juga ngerasain banget kalo dia tuh menjiwai(?) Nyanyinya.. kayak pesan dari part nyanyinya wonpil tuh sampe ke aku^^

    Oh ya saran aku banyakin juga faktanya jae ya min hehe aku masih kepo jae tjh orangnya kayak gimana^^

    Maaf kalo kepanjangan :v

Tinggalkan Balasan

