Fakta-Fakta SEVENTEEN Part 36 (Comeback “Pretty U” SEVENTEEN)

Posted: Mei 7, 2016 in About SEVENTEEN
Tag:

Say The Name! SEVENTEEN!

Source: [ENG SUB]160428 SEVENTEEN CULTWO SHOW (Credit: SBS Radio, subbed: 세봉틴 Sebongteen), [ENG SUB] 160426 SEVENTEEN (세븐틴) @ MV Bank – MV Filming Full Cut (Credit: KBS, subbed: SVTdiamond Subs)

SEVENTEEN Comeback!!! Udah semingguan ini SEVENTEEN comeback. Begitu MV comebacknya muncul, gue langsung liat chingu. Saat itu juga gue bilang “lagunya bagus”. Meskipun gue rasa MV sama lagunya agak2 ga sinkron, cuman gue suka lagunya. Gue rasa melodi lagunya indah, apalagi part perpindahan vocal DK ke rapnya Vernon di awal2 lagu, keren! Itu part favorit gue di “pretty u”. Menurut gue part perpindahan itu “smart” banget, pinter yang bikin. Melodinya kayak bertekstur gitu, indah. Selain berasa “smart” tadi, gue rasa overall lagunya indah, cantik. Senyum2 sendiri gue ketika ngeliat perform sembari ngedengerin lagunya. Gue ngerasain aura pureness di lagu itu dan itu tersampaikan dengan manis banget sama member2nya. Ok, daripada gue cerita sendiri mending kita cari fakta2 seputar comeback mereka ini

  • “Pretty u” adalah lagu ke-3 dari rangkaian cerita cinta SEVENTEEN. Lagu ini jadi highlite setelah sebelumnya keluar lagu “adore u” sama “mansae” yang kurang lebih temanya sama. Tema lagu ini adalah sebuah ungkapan cinta ala SEVENTEEN. Fans bisa ngerasain “style SEVENTEEN” di lagu ini, sama dengan 2 lagu sebelumnya. Lagu yang ketika kita denger langsung bisa tahu kalo itu milik SEVENTEEN karena dibuat dengan gaya/stylenya SEVENTEEN. Lagu yang ada suara electronic gitarnya, ceria, agak comical dan vocal2 yang bener2 soaring (vocalistnya mimpuni).
  • Setelah sebelumnya keluar 2 mini album (17 carat X boys be), kali ini mereka keluar dengan full album dengan judul “love and letter” chingu.
  • Yang keren lagi dari comeback ini adalah sama kayak title track di album2 sebelumnya, Woozi lagi2 bikin lagu ini chingu #prok2. Meskipun ga sendiri (dibuat juga sama composer2 Pledis lain kayak Bumzu), cuman dia bener2 berkontribusi baik di musik maupun liriknya. Lirikpun seperti biasa, rapper line juga bikin rapnya sendiri (Vernon X S.Coups). SeungKwanpun ikut andil dalam lirik lagu ini. Ketika tahu Woozi bikin title track sendiri, di DJnya Cultwo bilang “agensimu berarti menghemat banyak uang” *jelas lah kalo ini. Ngebikin lagu perlu banyak dana juga kalo dibikin sama musisi2 luar misalnya. SM aja untuk satu lagu keren puluhan orang ngumpul dan itu dari luar Korea, bisa dibayangin berapa dana yang harus dikeluarkan. Dengan bisa ngebikin lagu sendiri, otomatis agensinya bisa menekan pengeluaran. Dana untuk lagu bisa dialihkan ke promosi2 misalnya. Gue rasa penting buat agensi untuk punya idol yang bisa composing. Selain jelas lebih menghemat pengeluaran (apalagi kalo agensinya ga gedhe2 banget) juga menjadi semacam selling point. Orang akan makin aware dan simpatik kalo ternyata idola mereka begitu berbakat sampe bisa bikin lagu sendiri dan lagu itupun bagus dan bisa diterima public dengan baik. Dari sisi Woozi juga berarti dia bisa berkarir dalam hal composing, ga hanya idol tapi juga composer/producer*. Ketika ditanya mulai kapan bikin lagu dia bilang baru 2-3 tahun ini chingu. Jadi ya belum lama2 juga sebenernya *belum lama tapi udah bisa bikin title track ya, keren! Dan menurut gue 3 title track SEVENTEEN selama ini ga ada yang jelek, bagus2 semua. Yeokshi, Woozi*
  • Untuk koreografinya, Hoshi in charge juga chingu. Dengan koreografer Pledis lain dia bikin koreo untuk lagu ini. Genre dance di lagu “pretty u” kali ini adalah dance musical. Dancenya sendiri dibuat dinamis dan ditambah dengan ekspresi muka yang bold juga, kayak mereka lagi melakukan drama musical. Hoshi cerita kalo ide pake sofa di koreografi mereka didapet di waffle shop. Ketika itu dia sama koreografer2 hyung lain ga dapet ide dan akhirnya mereka main ke waffle shop dan dapetlah ide main2in kaki di sofa itu *gue suka dance lagu ini chingu. Apalagi yang di chorusnya yang part lirik “neo neo neo neo”/mereka melambai2 itu, cute banget TT TT. Performance yang sweet banget dari SEVENTEEN. Gue sampe ngesave beberapa perform mereka lhoh di laptop saking sukanya. Sesuka2nya gue sama BTS, di lagu “run” gue cuman ngesave 1 performance video chingu. Cuman “pretty u” ini gue ngesave udah 4 biji, dari mulai mereka di Mubank, Mucore, Show Champion sama M!Countdown! #demiapa. Gue paling favorit ketika mereka di Mucore comeback minggu pertama chingu (yang kostumnya putih2), suara fanchant-nya jjang banget! Keren! Carat kompak banget, merinding gue. Part DK X SeungKwan di ending2 lagu yang “baby you’re my lady….” Itupun jadi favorit gue juga. chingu Gue seneng ngeliat eye smilenya DK yang manis banget, indah TT TT. Seneng gitu ngeliatnya, pure dan sweetnya dapet banget TT TT. Banyak banget part favorit gue di perform mereka ini chingu, perform yang cantik sekali dari SEVENTEEN*
  • Part highlite lain di lagu ini adalah SeungKwan yang nyanyi dengan 4 oktaf di bagian2 akhir lagu #wow *gue rasa ini semakin mengukuhkan kalo SEVENTEEN bener2 punya vocalist yang mumpuni. Baik DK X SeungKwan X Woozi X Joshua X JeongHan selaku vocal team punya suara2 emas dan bahkan member2 lainpun kayak Hoshi juga bisa di vocal (dia dapet part chorus juga dan menurut gue bagus suaranya). Part SeungKwan yang nyanyi 4 oktaf ini jadi salah satu part favorit gue di lagu ini chingu*
  • Ketika ditanya konsep dari lagu “pretty u”, Woozi cerita kalo “pretty u” adalah lagu yang cantik sama seperti judulnya *setuju banget. Lagu ini indah, cantik. Lagu yang sinkron banget antara judul dengan melodi maupun lirik lagunya. Pretty u = lagu yang cantik. Ga ada keknya kata yang bisa dipakai selain “cantik” dalam menggambarkan lagu ini*
  • Kenapa lagu “pretty u” ini lagu cinta cuman MVnya malah lebih ke youth ala2 “run” BTS? *gue rasa banyak orang yang ngerasa kalo konsep keduanya mirip atau bahkan SEVENTEEN meniru “the best moment in life”nya BTS. Ini wajar banget sih karena faktanya konsep MV “pretty u” memang “the most beautiful moment in life” juga, ya mirip2 jadinya*. Penjelasannya gimana? Mereka ngejelasin di MV Bank KBS kalo konsep MV “pretty u” adalah mengaitkan antara “cantik” dengan masa muda mereka yang merupakan masa yang paling indah/cantik juga dalam kehidupan mereka. Youth=pretty, seperti itu. Oleh karena itu MV mereka tervisualisasi dengan bercanda, bermain (youth banget) *makanya gue tadi di awal bilang kalo MV sama lagunya menurut gue agak2 kurang sinkron, karena memang penjelasannya ga straight, dikaitkan seperti ini ternyata. Jadi gue ketika ngeliat MVnya dan baca liriknya itu kayak ga nyambung aja tentang apa hubungannya ungkapan cinta sama lari2 dan main2 ga jelas ala2 youth? Setelah denger penjelasan mereka ini gue yang “oh ternyata karena lagu mereka judulnya “cantik” makanya mereka memvisualkannya dengan masa muda yang menurut mereka cantik juga/the most beautiful moment in life”. Jadi relevansinya kayak gitu chingu. Memang bener kalo temanya youth dan the best moment in life juga kayak BTS cuman konten lagunya beda, pemaknaannyapun juga beda. Kalo BTS (run) kan lebih ke “masa muda yang indah tapi juga mengkhawatirkan” cuman kalo SEVENTEEN (pretty u) lebih ke masa indah/cantiknya aja. Bisa jadi juga SEVENTEEN dapet inspirasi itu dari BTS. Dan misalnya bener, menurut gue wajar2 aja karena memang kita hidup di masa dimana ga ada yang pure original, semua adalah hasil inspirasi. Lagian lagunya juga beda banget, jadi ya no offense kalo kata gue mah #peace! ^^*
  • Poin dance di performance “pretty u” ini adalah di part lirik “yeppuda” dimana mereka nunjuk pipi2 mereka kemudian ngebentuk sign V di kepala mereka. Sign V itu sendiri menurut Hoshi selaku koreografernya adalah hairpin/jepit rambut chingu. Jadi konsepnya adalah kayak cewek yang dandan biar cantik. Tacap pipi kanan kiri kemudian pake jepitan rambut, haha.
  • Ada scene MinGyu nyetir mobil juga di MV ini. Ketika ditanya apa dia punya SIM dia bilang punya cuman baru 3 minggu ini. Dia juga cerita kalo dia gagal sekali sebelum akhirnya dapet SIM.
  • Woozi selaku composer lagunya ditanya gimana pembagian part2 vocalnya mengingat membernya banyak banget (ada 13). Dia bilang kalo dia sama agensilah yang nentuin part2nya *gue rasa di lagu ini pembagian vocal2nya adil banget chingu, keren. Jadi gue ga ada beban gitu ketika ngeliat part2 masing2 member. Kalo yang “adore u” itu gue sempet agak gimana gitu karena part Joshua dikit banget. Di “pretty u” ini gue rasa mereka membaginya dengan sangat baik. Ga mudah banget ngebagi 1 lagu durasi 3 menitan untuk dinyanyikan 13 orang. Meskipun sulit, gue rasa SEVENTEEN berhasil di lagu ini*
  • Nah mereka di cultwo show ini ditanya apakah ada member yang dulu ketika sekolah pinter/genius dan mereka bilang kalo mereka semacam tertakdir untuk jadi penyanyi alias ga ada member yang genius ketika masih sekolah dulu. Lalu DJnya bilang yang kurang lebih “pinter di sekolah bukan berarti kalo kalian genius, justru kalian ini genius karena bisa terkenal dan dicintai banyak orang di usia yang masih begitu muda. Bisa ngendance dengan baik/genius dancepun berarti kalian ini genius” *gue setuju banget dengan ini. Secara teoripun genius itu ga harus orang yang pinter di sekolah kok chingu. Orang yang pinter ngedance, nyanyi, composing dsb itupun bisa disebut genius. Ini karena setiap orang punya potensi untuk ahlian di bidangnya masing2 dan ketika dia maksimal di bidang itu, berarti dia cerdas di bidang itu sehingga dia = cerdas/genius tadi. Meskipun toh ga pernah ranking ketika sekolah, cuman kalo mereka punya skill lain dan mereka maksimal di situ bukan ga mungkin mereka bisa lebih sukses dari orang yang dulu ketika sekolah selalu dapet ranking. Semua orang punya potensi untuk sukses terlepas dari apakah dia pinter/enggak ketika di sekolah. Jadi, jangan pernah mengunderestimate orang yang ketika di sekolahnya ga dapet ranking/bahkan dicap “bodoh”, karena kita ga pernah tahu potensi terbesar dia dimana. Contoh, dia ga bisa ngerjain soal fisika bukan berarti dia ga bisa hal lain, dia malah bisa bikin lagu atau lompat tinggi misalnya. Fakta kalo dia ga bisa ngerjain soal fisika ga bisa diambil kesimpulan kalo dia bodoh begitu saja. Dia hanya expert di bidang lain dan itu bukan fisika tapi musik dan olahraga. Itu yang sering kita salah paham. Orang yang ga bisa ngerjain soal fisika banyak yang dicap bodoh, padahal orang itu hanya expert di bidang yang lain dan itu bukan fisika, itu saja. Lalu, apa yang harus kita lakukan untuk bisa expert di bidangnya? Yang penting adalah temukan passion kita dulu di bidang apa kemudian pelajari bidang itu dengan tekun dan sungguh2 sehingga kita bisa jadi berprestasi di bidang itu. Berprestasi adalah ciri kita expert di bidang itu. Ini pernah gue bahas2 juga di fakta SEVENTEEN X BTS beberapa waktu lalu, bahwa genius itu tidak serta merta dinilai dari akademik kita di sekolah. Semoga SEVENTEEN ini bisa menginspirasi kita semua yah chingu. Jangan kecil hati kalo kalian ga dapet ranking di sekolah misalnya, yang penting adalah kalian punya passion dan belajar dengan sungguh2 di passion kalian itu sehingga menjadi orang yang ahli di bidang itu. Pintar di sekolah tentu keren, bagus, cuman itu bukan satu2nya cara untuk kita bisa sukses. Masih banyak hal lain yang bisa kita pelajari untuk bisa mengantarkan kita menjadi orang yang sukses. Sama kayak konsep youth di “pretty u”, kita masih muda, masih perlu untuk selalu belajar, jadi jangan patah semangat dalam meraih cita2 kita. FIGHTING YOUTH INDONESIA!!!*

[ENG SUB]160428 SEVENTEEN CULTWO SHOW (PART 2-2).mp4_000288788

[ENG SUB]160428 SEVENTEEN CULTWO SHOW (PART1-2).mp4_000170503

[ENG SUB]160428 SEVENTEEN CULTWO SHOW (PART1-2).mp4_000698197

[ENG SUB] 160426 SEVENTEEN (세븐틴) @ MV Bank - MV Filming Full Cut.mp4_000096863

[ENG SUB] 160426 SEVENTEEN (세븐틴) @ MV Bank - MV Filming Full Cut.mp4_000110810

[ENG SUB] 160426 SEVENTEEN (세븐틴) @ MV Bank - MV Filming Full Cut.mp4_000147614

[ENG SUB] 160426 SEVENTEEN (세븐틴) @ MV Bank - MV Filming Full Cut.mp4_000220687

#Peace #Love #Happiness

#Live #Love #Learn #Laugh 

#Share #Respect #Inspire

#StayGold #StayTrue #StayReal

Komentar
  1. Anggiify mengatakan:

    setuju bgt sama apa kata DJ nya kalau genius/pinter itu gk msti/cuma di nilai dr sisi akademik di sekolah.. kaya Woozi itu, di usia nya yg skrg udh bisa nulis lagu dan composing di jadiin title track album trs dpt respon yg baik dr pendengar..

    Makin bangga sm SVT, mrka tuh kaya selalu bawa aura positif, entah itu dr karya mereka atau personal member nya *bagi aku sendiri* ^^

    • Beemei mengatakan:

      Bukan cuma lagu pretty u aja yang lagunya enak, lagu2 lain di album love&letter juga bagus banget kok, mereka ciptainnya pake hati jadi nyampe pesan lagunya ke orang yang dengerin, seventeen daebakkkkkk!!!!!!

Tinggalkan Balasan

