Fakta-Fakta GOT7 Part 171 (Metode Anak2 GOT7 Belajar Bahasa Korea)

Posted: Mei 9, 2016 in About GOT7
Tag:

Come and Get It, GOT7!

Source: Video – [ENG SUB] 160406 One Point Korean Lesson Ep #01 – GOT7 (Credit:  subbed: OMG7Subs)

  • GOT7 ada acara baru chingu. Acara semacam belajar bahasa asing. Acara bagi para fans2 Jepang untuk belajar bahasa Korea. Jadi konsepnya mereka adalah siswa dari sekolah multinasional dan melakukan percakapan2 bahasa Korea untuk kemudian ditirukan oleh orang Jepang *gue rasa GOT7 dipilih karena mereka memang compatible untuk hal2 yang berhubungan dengan bahasa asing chingu, mengingat member2nya berasal dari berbagai negara juga. Bambam X Mark X Jackson pasti relate banget dengan belajar bahasa Korea, makanya gue rasa udah bener kalo milih GOT7 dalam acara2 kayak gini*.
  • Nah, YoungJae bilang di acara ini kalo menirukan lirik dalam sebuah lagu Korea, maka kalian bisa belajar bahasa Korea dengan menyenangkan. Itu adalah metode belajar bahasa Korea yang dia suggest chingu *bener chingu, belajar bahasa Korea dari lirik itu menyenangkan. Gue sendiri adalah orang yang belajar bahasa Korea dari lirik juga salah satunya. Jadi feelnya ga kayak lagi belajar, bener2 kayak lagi nyanyi aja, have fun jadinya*.
  • Nah kalo YuGyeom, dia bilang pernah belajar bahasa Korea dengan menuliskan kembali kosakata yang baru dia pelajari. Jadi belajar dengan menulis chingu *gue rasa metode inipun bagus. Orang belajar kan metodenya beda2. Ada yang dengan baca/liat aja udah bisa, ada yang harus sambil ngedengerin sesuatu (lagu/musik misalnya) dan ada yang harus pake kinetik alias tangannya gerak. Gue adalah tipe yang belajar dengan menulis chingu, ga bisa diem gitu tangannya. Meskipun tulisan gue jelek (bahkan gue kadang ga bisa baca tulisan gue sendiri #duhhh~ #inifakta #beneran), cuman ketika baca buku atau ketika ngedengerin penjelasan guru/dosen dulu, tangan gue selalu sambil nulis. Poin2 yang penting gue tulis. Ga harus di buku catatan yang rapi, sembarang aja, seadanya. Jadi kadang pas ulangan modal gue tuh cuman kertas buram/HVS sebiji yang penuh coret2an gue. Gue ngerasa apa yang udah gue pelajari ga masuk otak kalo ga gue tulis chingu. Gue juga ngerasa adalah orang yang lumayan pelupa, maka penting bagi gue untuk sering menulis. Dan blog inipun adalah salah satu cara gue untuk menulis apa yang ada di pikiran gue sebelum lupa. Gue banyak mikir, makanya daripada lupa dan ga berbekas sama sekali ya mending gue tulis di sini. Itu gue, kalianpun pasti punya metode kalian sendiri chingu. Saran gue sih gunakan metode yang “kalian banget” dalam belajar supaya hasilnya maksimal. Setiap orang dilahirkan unik, makanya pasti ada cara unik juga dalam mempelajari sesuatu bagi setiap orang. Cari itu dan maksimalkan itu chingu*
  • Kalo Mark, dia sampe saat ini masih belum terlalu paham sama partikel subjek “i/ga” dan partikel objek “reul/eul” dalam tata bahasa/grammar bahasa Korea chingu. Diapun masih belajar juga. Jadi, buat kalian yang sekarang lagi belajar yang semangat juga ya, FIGHTING! Mark aja masih belajar, masa kita enggak? Hehe~. Selain itu, dalam menghafal hangeul, dulu ketika masih awal2 dia melakukannya dengan cara menulis karakter2 hangeul sebanyak 10 kali/sampai dia bisa chingu. Dia akan menulis ulang hangeul sampai dia menghafalnya *berarti dengan menulis juga metodenya. Gue rasa juga akan lebih mudah seperti itu chingu. Dengan menulisnya, memori kita pada hal itu akan lebih kuat, apalagi kalo memori kita ga bener2 tajem*. Kalo Bambam bilang dia secara alami hafal aja (karena kemampuan bahasanya memang menonjol), cuman member lain kayak Mark harus ditulis berulang2 dulu *setiap orang punya metode yang beda2 bergantung dari kemampuannnya juga sih. Ada yang kayak Bambam yang memang menonjol, ada yang kayak Jackson X Mark yang harus belajar lebih. Meskipun berbeda, semua bisa asal mau belajar, itu aja*
  • Nah untuk Jackson, dia adalah tipe yang ga malu2 dalam hal ngomong chingu. Meskipun kemampuan bahasa Koreanya belum optimal, cuman dia terbiasa untuk ga malu dan terus bicara dengan native sebagai metode latihannya. “Yang penting percaya diri dulu”, semacam itu *gue rasa ini ada benernya juga sih. Kalo kita malu2 duluan ya kapan latihannya. Justru dari kita salah2 itu malah bisa jadi pembelajaran karena tahu salahnya dimana dan jadi bisa memperbaiki. Grammar dsb memang penting karena itu menentukan struktur logika kita dalam membuat kalimat, cuman itu akan sia2 aja kalo ga dipraktekkan. Selain belajar grammar, berlatih dengan ga malu untuk bicara adalah perlu juga untuk dilakukan*
  • Ketika ditanya tentang moto hidup, YuGyeom bilang motonya adalah “lakukanlah yang terbaik sehingga tidak akan ada penyesalan” *setuju banget sama ini. Ketika kita udah melakukan sesuatu dengan maksimal, entah hasilnya gimana ga akan ada penyesalan*. Jawaban YoungJae adalah “work hard, play hard”, jadi semacam lakukan apapun dengan effort yang maksimal. Dan secara keseluruhan, moto anak2 GOT7 di acara ini adalah “jika kalian mencoba, kalian akan berhasil” *bener chingu, jika kita berusaha maka kita akan bisa. Gue sendiri juga ga langsung bisa bahasa Korea, perlu belajar dan perlu waktu. Cuman karena gue suka, gue ga gampang nyerah dan akhirnya bisa meskipun jelas masih sangat jauh dari bagus. Intinya adalah cobalah, try try and try. Jika kalian mencoba, entah dengan metode menirukan lagu ala YoungJae, menulis kembali kosakata ala YuGyeom, ga malu untuk bicara dengan native kayak Jackson atau menulis hangeul puluhan kali sampai bisa kayak Mark, lama2 kalian akan bisa juga. Sesuatu yang ga dilatih ya ga akan ketahuan progressnya. Jadi, terus latihan ya chingu. Practice makes perfect anyway. Buat IGOT7 yang pada pengan belajar bahasa Korea, FIGHTING! Kalian pasti bisa!!! ^^*

[ENG SUB] 160406 One Point Korean Lesson Ep #01 - GOT7.mp4_000132632

[ENG SUB] 160406 One Point Korean Lesson Ep #01 - GOT7.mp4_000144577

[ENG SUB] 160406 One Point Korean Lesson Ep #01 - GOT7.mp4_000156356

[ENG SUB] 160420 One Point Korean Lesson Ep #03 - GOT7.mp4_000032832

#Peace #Love #Happiness

#Live #Love #Learn #Laugh

#Share #Respect #Inspire

#StayGold #StayTrue #StayReal

Komentar
  1. Tary mengatakan:

    Aku bljr dgn smua cra yg diblg youngjae, yugyeom, jackson, mark😀
    Aku sering ngomong2 pke bhsa korea kta2 yg aku tau aja si kak😀 dri lirik2 lgu, aku tulis hal2 yg mndasar kyk huruf, hitung2an, nma hari dn bulan, tmpat umum, dsb. Trs aku tempelin di dinding dan di pintu kmr aku biar diliat2 trs dn hapal dan alhamdulillah sudah bisa kak😀
    Aku jg msh ga ngerti partikel i/ga dan eul/reul itu kak. Malah aku brencana mau tanya ke kakak😀

Tinggalkan Balasan

