Fakta-Fakta BTS Part 212 (Comeback BTS “FIRE”)

Posted: Mei 16, 2016 in About BTS
Tag:

BANG! TAN! BTS!

Source: 160512 두시탈출 컬투쇼 방탄소년단 by플로라 (Credit: SBS, uploaded: Flora), [Episode] 방탄소년단불타오르네 (FIRE)’ MV Shooting (Credit: Big Hit Ent), [ENG] 160512 BTS @ MCD mini fanmeeting (Credit: MNET), [ENG] Episode BTS ‘Fire’ 1st win @ 160512 M countdown, (Credit: MNET, subbed: Bangtan subs subbing team), [ENG] 160512 BTS wins #1 @ MCD (Credit: MNET, subbed: Kimmy Yang), [ENG] 160513 BTS wins #1 @ MB (Credit: KBS, subbed: Kimmy Yang)

BTS Comeback!!! Bukan mini album, bukan full album, tapi special album. Gue sendiri ngerasa belum banyak dapet referensi tentang comeback ini chingu. Meskipun begitu, gue akan coba meringkas beberapa fakta seputar comeback ini di acara2 yang udah gue tonton beberapa waktu ini:

  • Untuk MV title track “fire”, ini pertama kalinya BTS syuting dengan skala yang besar. JungKook cerita kalo dulu mereka hanya bisa liat grup lain syuting dengan mobil dibakar dsb cuman sekarang scene2 kayak gitu ada di MV mereka. Ini jadi sebuah pengalaman baru baginya. Baru pertama kalinya di sejarah MV BTS ada adegan mobil jatuh, terbakar pula. Syutingnyapun kata member2nya capek chingu. Suga sampe harus minum red ginseng (semacam penambah energy) karena capek. Rapmon juga bilang kalo MVnya memang bagus cuman buatnya susah dan kalo bisa ada orang yang ngegantiin posisinya dia, hehe *tapi ga sia2 kan ya, hasilnya bagus, keren menurut gue*. Selain mereka, ada tambahan 270 orang yang ada di MV mereka sebagai cameo (part yang mereka kayak party concert itu). Selain itu juga back dancernya banyak banget. Mereka bener2 pake masa kali ini, melibatkan orang banyak *gue rasa udah pas chingu mereka pake banyak masa kayak gini karena lagunya juga tipikal lagu yang semacam ngajak orang untuk sing along. Part line “fire fire o e o~” di awal itu menurut gue tipe line yang udah ngajak orang untuk ikut serta/terlibat dalam lagu mereka. Kata “ o e o, o e o” itu tipikal ngajak menurut gue, kayak kata untuk mengumpulkan masa. Ditambah part Jimin yang “everybody say lalalala”, itu kan ngajak juga. Ada part “burn it all! Bow wow wow”, itupun ngajak juga (ngajak untuk ngebakar sesuatu, semacam itu). Lirik RapMon yang “hey burn it up! turn in up!” itupun juga ngajak. Jadi karena lagunya lagu ngajak, makanya nyambung kalo masa yang ditampilin di perform-nya juga banyak. Mereka jadi kayak ngajak orang untuk do something dan di akhir ternyata banyak orang yang ikut di event mereka*
  • Tentang koreografi, mereka sepakat kalo koreo “fire” ini levelnya high. RapMon bilang kalo misalnya ada cover dance yang bisa bagus ngedance-in dance ini, maka mereka keren, karena dance ini ga gampang. Dance ini susah, kayak “danger” dulu katanya. V juga bilang kalo dance ini high level. Bagi Jin, dance “fire” ini adalah dance BTS yang paling susah selama ini *meskipun gue jelas bukan dancer, cuman gue rasa bener banget kalo dance ini susah. Ngeliatnya aja ribet, apalagi ngedance-innya. Part yang menurut gue paling susah adalah part yang mereka kayak ngedance ala2 indian gitu (kakinya menghentak2 cepet dan kepalanya juga gerak perlahan2 lalu muter). Itu perlu banget sinkronisasi kaki, tangan dan kepala dalam waktu yang sangat cepat, keliatan sangat ga mudah*. Bahkan Jin sendiri di fanmeet MCountdown bilang kalo ada rumor Jin meriskankan dirinya sendiri dengan berani ngedance dance yang levelnya setinggi ini *gue sendri sampe berulang2 kali liat dance version “fire” ini chingu, jadi fokus satu persatu/permember. Gue rasa Jimin X Hope X JungKook X V keren + Suga. Jin dan RapMon menurut gue kurang rapi + luwes. Gue rasa gerakan Suga rapi banget dan powerful juga meskipun kesan slengekan ala Suganya masih ada chingu. Secara eskpresi, gue paling suka ekspresi Suga. Part dance yang mereka ngegerak2in telunjuk atas bawah (yang simple itu) menurut gue keren banget dan ekspresi Suga dapet banget di situ, jjang!. Part dance itu adalah part dance favorit gue di “fire”, simple tapi asik*
  • Masa promosi “fire” ini cuman 1 minggu chingu. Meskipun begitu, di awal mereka comeback mereka udah dapet no.1 di M!Countdown maupun Music Bank #Congratz!!! *wah singkat sekali ya, cuman seminggu/1 kali perform doang berarti. Gue pribadi seneng sekali sama perform “butterfly” yang versi dance-nya chingu, keren!!! Indah, artistic, wow*. Di M!Countdown kemaren, mereka menang tipis dari TWICE (sama2 7 ribuan poin-nya), cuman di Mubank mereka menang telak dari TWICE (lagi), selisih poin-nya 6 ribuan VS 8 ribuan. Mungkin karena album ini sifatnya special album jadi masa promonya ga selama idol yang comeback dalam mini/full album (regular). Meskipun singkat, gue rasa comeback “fire” ini impactful sekali chingu, keren!*
  • Lanjut ke acara radio pertama mereka paska comeback “fire” ini. Mereka baru pertama kali ini ber7 ke Cultwo Show Radio SBS chingu. Jadi selama debut sampe album ke-7 ini, baru sekali ini mereka ke radio ini. Dulu RapMon pernah sendiri ke radio ini bareng topdogg *kalo gue ga salah jaman boy in luv, yang dia cerita kalo dia buruk di pelajaran matematika, pernah gue tulis juga dulu*. Mereka sedikit cerita juga tentang lagu “fire”. tentang title track “FIRE” ini, Suga cerita kalo “FIRE” adalah lagu dengan beat yang strong dengan dance yang strong juga. Genre lagu ini sendiri adalah electronic rap *gue rasa lagu “FIRE” ini strong pake banget (strong banget). Experience gue ketika pertama kali ngedenger MV lagu ini adalah kaget. Di awal2 kan ada lagu “Dope” dulu cuman lirih. Habis itu tiba2 langsung masuk musik yang keras itu dan jujur gue kaget saat itu, kayak dikagetin, musiknya strong sekali. Gue rasa ini adalah title track BTS yang paling strong selama ini baik dari sisi musik/audio, visual (konsep api, graffiti, mobil dibakar, tulisan youth dibakar dsb), maupun dancenya chingu. Audionya bener2 meletup2 sesuai sama judulnya (fire), di kuping tuh kesan strongnya kena banget. Mereka pol2an banget di audio gue rasa. Lagu yang selain strong juga attract people untuk ikut sing along dalam suasana yang rame banget. Kalo kata Maia Estianty “PECAH”. Lagu ini menurut gue ada elemen musik marchingnya juga chingu. Part yang mereka ngedance menghentak2 ala2 indian itu ala2 marching band sepenangkep gue. Karena marching band, makanya meletup2, meledak2, over semangat. Part yang marching ini juga mengingatkan gue sama “Keep Your Head Down”nya TVXQ. Di part ending lagunya, TVXQ juga ngedance ala2 indian dengan music marching kayak gini meskipun beatny ga secepet “fire”. Ini keren sih menurut gue, gue suka. Taste marching dan dance Indian ini gue suka*
  • Di radio ini JungKook juga katanya nangis parah pas konser kamaren chingu. Dia nangis ketika ngomong tentang keluarganya dan terimakasihnya ke A.R.M.Y. V sama Hope juga ngomong kalo dulu JungKook juga pernah ketahuan nangis. RapMon bilang JungKook itu style yang sangnamja sebenernya, cuman ya kemaren nangis parah *gapapalah, ga ada korelasi antara ga nangis=sangnamja kan ya, hehe. Its ok nangis, manusiawi*
  • Jin cerita kalo masak cenderung tawar/kayak kurang asin chingu, karena sejak kecil ibunya ga suka makanan asin jadi ya terbawa ke dia.
  • Pas ngomongin tentang Suga, J-Hope cerita kalo karakter Suga yang keren itu adalah Suga suka pura2 ga care sama member2 padahal sebenernya care #eaaa *gue sering keknya cerita tentang ini. Itu sifat yang keren banget chingu menurut gue dari Suga. Diem2 care, diem2 peduli, keren!*. Ketika ditanya lebih lanjut, Suga cerita kalo dulu ketika kecil dia ngeliat ayahnya juga kayak gitu (kesannya ga peduli cuman sebenernya peduli) dan itu bagi dia keren. Makanya seiring berjalannya waktu, karakter itu ada juga di dia *yeokshi ya, kadang buah jatuh memang ga jauh dari pohonnya. Orangtua tetep jadi contoh terdekat bagi anak dan contoh yang baik dari mereka bisa menurun juga ke anaknya. Gue seneng chingu sama orang dengan karakter kayak gini, kesannya cuek padahal care. Yang gue tangkep jadi kayak “entah orang itu/orang lain tahu atau enggak, yang penting gue care sama dia”. Ga perlu diucapkan lebay2 (banyak omong) cuman dibuktikan dengan tindakan, itulah sangnamja menurut gue. Makanya gue rasa Suga itu sangnamja chingu*
  • V cerita di sini kalo dia suka sekali naik sepeda chingu. Jadi dulu sebelum debut dia suka ke Sungai Han sama RapMon X Jimin buat sepedaan bareng. Pernah dia sepedaan dari daerah Sungai Han itu sampai ke daerah Youido. Dia udah suka naik sepeda sejak SD *sepedaan memang seru #pengen TT TT. Cuman sayang ya di sini ga banyak ada rute2 buat sepedaan. Selain rute khusus sepeda, dekat sungai Han juga ada tempat olahraga lain kayak basket/skateboard chingu. Sering kan ya idol2 KPOP/drama/MV gitu syuting di sana*. Ini dulu yang bisa gue share seputar comeback “fire “ ini chingu. Sampai jumpa di part selanjutnya~ Annyeong~~ ^^

—-

[Episode] 방탄소년단 '불타오르네 (FIRE)' MV Shooting.mp4_000008775

[Episode] 방탄소년단 '불타오르네 (FIRE)' MV Shooting.mp4_000037904

[Episode] 방탄소년단 '불타오르네 (FIRE)' MV Shooting.mp4_000065698

[Episode] 방탄소년단 '불타오르네 (FIRE)' MV Shooting.mp4_000068101

[Episode] 방탄소년단 '불타오르네 (FIRE)' MV Shooting.mp4_000106005

[ENG] 160512 BTS @ MCD mini fanmeeting.mp4_000063129

[ENG] Episode BTS 'Fire' 1st win @ 160512 M countdown.mp4_000337533

[ENG] Episode BTS 'Fire' 1st win @ 160512 M countdown.mp4_000433900

160512 두시탈출 컬투쇼 방탄소년단 by플로라.mp4_002028233

#Peace #Love #Happiness

#Live #Love #Learn #Laugh 

#Share #Respect #Inspire

#StayGold #StayTrue #StayReal

Komentar
  1. KangBegalKwonHoshi mengatakan:

    Nggak terlalu ngikutin BTS, tapi seneng liat mereka perform fire ini.. aku jg lihat perform mereka d m-countdown (sebenarnya nonton karena mau liat sbt aja), trus nonton ‘butterfly’ nya mereka, duhh.. bagus banget, meski nggak ada Jungkook kan ya?? Ternyata liriknya sedih bangeeettt, huhuhu.. ttg cowok yg khawatir klo dia ngedekatin cewek yg dia suka, cewek itu malah mungkin akan terbang/pergi ninggalin diaa, huhuhuhhu.. sedih sekaliii…

  2. ARMYJungkookfansss mengatakan:

    Lagi nyari fakta2 bts eh ada disini🙂 . iyaa comeback bts kali ini kayanya pencapaian paling bagus bts dari semasa debut sampe sekarang (y) . tpi kasian juga gara2 comeback stage nya fire mereka dikira plagiatin big bang,,, emng kalo dari segi pakaian mirip, tpi harusnya jangan salahin bts dong harusnya yg disalahin kan yg bikin baju buat mereka. malah dibilang gini lagi ” TIDAK ADA SATU ALBUMPUN GRUP INI YG TIDAK MENIRU BIG BANG” bikin emosi aja nih k-netz. #ehh kok malah curhat sihh . kkekeee mian abis kebawa emosi.. sering2 ya update fact ttng bts #fighting

  3. Iin mengatakan:

    kak linda annyeooonggg lma nih ngga bca fakta2 btsnya kak linda ..apa lh daya kesibukan mnyita waktu *jiaaahh sok sibuk seperti biasa bru baca lgi lngsung loncat ke part ini hahahaaa ngga pp deh
    pas mv fire ini kluar lngsung buka yutub dan nnton berulang ulanggg gilaaaaa keren banget sumpah Mv,musik,koreo ahhh semuanya keren bangett & aku pling suka liat ekspresinya suga yg kya slengean gitu tpi swag bangett …kya yg kk linda bilang tadi…BTS Jjanggg

  4. Dede mengatakan:

    aku nunggu update-an kakak.. iya aku juga suka sama choreonya Butterfly sama Save ME kak. kkkk~ menurut aku sih Butterfly itu style Jimin banget..(dancenya)
    ditunggu kak update-am selanjutnya. maaf baru komen. udah baca dari awal kakak update kok..^^
    suga emang ssangnamja

  5. nayrinah mengatakan:

    Eonni, pengen nanya, ” selengean ala Suga” itu maksudnya apa ? itu basa jawa ya eon ?

    Baru tahu kalo BTS promo Firenya cuman seminggu, jadi kecewa gitu. Pantesan aja, gue pantengin nonton mubank, dan mcountdown di TV tuh BTS heran, nggak muncul2 padahal baru comeback… Padahal performancenya daebakkkkkk banget, #PECAH, #Apalahapalah ,#Cetarrrrrmembahanabadai. Stagenya itu pake efek api sungguhan, (yang di mcountdown kan di stagenya ada tulisan BTS gede banget kebakar gitu #kerennn)

    Terus pas lagunya udah mau closing, tiba2 backdancernya dateng pada rame *kirain mau keroyokan/tawuran,wkwkwk.

    Tapi ya… pas nonton live performance gue kok jadi keinget Bang Bang Bangnya Bigbang ya…
    Gue juga sering ngedenger org bilang kek BTS itu niru2 konsepnya Bigbang yang Bang Bang Bang, dans etelah gue pikir2 emang agak mirip sich… Bigbangkan juga pake bckdanser pas closing part nya… Tapi menurut aku lagu ini tetep punya warnanya BTS kok, this “FIRE” tetep punya colour-nya BTS, BTS poenya deh…kalo aku bilang.

    Di Mcountdown, sebelum perform “FIRE”, BTS juga ngebawain “Butterfly” dan “Save Me”. Tapi yang paling bikin aku gereget itu performnya Butterfly, sumpah kerenn jjang banget. Artistik kalo yang eonni bilang… Diantara lagu slow2/mellownya BTS gue paling suka Butterfly. Itu lagu Gue banget… indahhh banget, meski melodynya agak sedih. Tapi sayang itu bukan title track, gue pengen banget lihat MV Butterfly soalnya… Gue kan cuma ngedengar Butterfly pertama kali itu yang di outro lagu RUN.

    *maaf commentnya kepanjangan kayak kereta api hehe….

  6. Aegi luvyoongi mengatakan:

    Ini emg comeback mrka yg bner2 WOW
    dan suga disini COOOLL BAAANGEETTT
    keliatan bgt ssangnamjanya!
    Apalg di mv’a yg dia pake topi,aq mw pingsan liat’a
    Ganteng bgt bgt bgt

  7. parkyeonji61 mengatakan:

    kak, coleh copas? nanti aku kasih cr nya kok:)

  8. Sofia annajah mengatakan:

    Yg bikin kocak. Waktu di radia pd nim di jadiin tranding topic. Btw,aku udh baca tulisan kakak tentang bts dari part 1 anpek 224. Maaf baru ninggalin jejak sekarang.

Tinggalkan Balasan

