Fakta-Fakta SEVENTEEN Part 40 (“U” X Super Junior & “Pretty U” X SEVENTEEN)

Posted: Mei 23, 2016 in About SEVENTEEN
Tag:

Say The Name! SEVENTEEN!

Source: 160517 [ENG SUB OTW] SEVENTEEN Twitter Q&A Compilation – Joshua & Vernon ver., 160517 [ENG SUB OTW] SEVENTEEN Twitter Q&A Compilation – Mingyu & Jeonghan ver., 160517 [ENG SUB] SEVENTEEN Twitter Q&A Compilation – DK & Dino ver., 160517 [ENG SUB] SEVENTEEN Twitter Q&A Compilation – S.coups & The8 ver., 160517 [ENG SUB OTW] SEVENTEEN Twitter Q&A Compilation – Woozi & Seungkwan ver. (Credit: Pledis Ent, subbed: Song Yehi 2), 160519 [ENG SUB] SEVENTEEN Mission CUT(feat. BTS, Nam Woohyun, I.O.I., TWICE) @ Mcountdown_ (Credit: MNET, uploaded: Song Yehi 2), [ENG SUB]160513 SEVENTEEN SUKIRA (Credit: KBS Radio Sukira, subbed: Sebongteen)

  • Ketika Joshua ditanya apa mata pelajaran favoritnya ketika sekolah dulu, dia bilang “mungkin bahasa Inggris”.
  • Ketika JeongHan ditanya suka musim panas atau musim dingin, dia bilang suka musim semi dan musim gugur *ga ada di list pertanyaannya ya bang padahal, haha*
  • Ketika Dino sama DK ditanya siapa member yang paling bagus kalo makan (lahap/doyan), mereka bilang mereka sendiri. Mereka berdua juga suka sekali minuman coklat chingu.
  • Woozi ga suka sama curry (kari). Ketika sama DK ditanya ga suka kari dari kapan, Woozi bilang dari lahir, haha.
  • Ketika S.Coups sama The8 ditanya lebih suka jajangmyun atau jjampong mereka sepakat lebih suka jajangmyun. Ketika ditanya lebih suka pizza atau chicken, S.Coups bilang lebih suka chicken dan The8 lebih suka pizza. Ketika ditanya lebih suka anjing atau kucing, The8 bilang lebih suka anjing dan S.Coups akhir2 ini lagi suka kucing chingu.
  • Film yang baru2 ini ditonton sama DK dan Woozi adalah Civil War.
  • Pernah di sela2 acara musik MNET, J-Hope BTS bilang kalo dancenya SEVENTEEN “pretty u” bagus chingu. Oleh karena itu, dia pengen anak2 SEVENTEEN bikin versi lain dari dance itu. Jadi di acara itu group2 yang perform di hari itu diminta milih satu group dan group yang dipilih itu diminta melakukan sesuatu (terserah mereka). Suga juga nambahin kalo SEVENTEEN kreatif. JungKook juga ngedance-in dance “pretty u” di situ (part yang di reff, kaki mereka yang kayak nginjak2 itu). Dia sendiri suggest supaya Hoshi yang ada di tengah posisinya melakukan ekspresi2 lucu *yeokshi ya, Bangtan kagum sama dancenya SEVENTEEN juga. Soalnya memang dancenya SEVENTEEN kreatif, bagus. Kayak ada storynya (kayak dance musical), menyenangkan untuk dilihat. Waktu jaman “mansae”pun mereka bisa niruin dancenya dan bahkan bilang supaya SEVENTEEN dapet rookie award*
  • Ok, kita masuk ke acara radio mereka di Sukira paska comeback ini. Di Sukira, anak2 SEVENTEEN ditanya sama DJ Leeteuk tentang siapa member yang paling banyak nangis ketika mereka dapet no.1 kemaren chingu. Ada 4 member yang angkat tangan, S.Coups, Seungkwan, Hoshi sama Woozi. Ketika ditanya alasannya, S.Coups bilang kalo dia mendadak inget perjuangan dia yang keras sebelum ini, makanya nangis *dapet no.1 kemaren bagi gue juga bener2 moment mengharukan. Guepun ikut2an nangis chingu ketika nonton video encorenya TT TT. Ga nyangka juga soalnya SEVENTEEN bisa menang, padahal saingan2nya berat waktu itu. Yeokshi, Carat*
  • Ngomongin tentang buku, di perform “pretty u” kan mereka selalu pake property buku. Nah mereka ditanya sama Leeteuk apakah ada member SEVENTEEN yang suka baca buku dan mereka bilang Wonwoo hobi baca chingu. WonWoo mengiyakan dan ketika dia ditanya sekarang lagi baca buku apa, dia bilang baca buku “me before you”. Buku itu buku lyrical chingu (buku sastra) *yeokshi ya, dia rapper juga, jadi harus perlu banyak baca buku2 kek gitu*. Ketika diminta mengungkapkan tentang buku itu dalam 5 kata dia bilang “sadness after reading”, semacam berkesan sedih ketika selesai membacanya, berarti buku yang memang emosional. Joshua itu juga suka baca buku chingu *gue rasa bagi seniman kayak mereka baca buku sastra itu penting banget. Apalagi kalo mereka pengen bikin lirik/lagu juga selain nyanyi dan ngedance. Kosakata yang banyak dan indah bakalan mereka dapatkan dari banyak membaca, sehingga output karya yang dihasilkanpun akan lebih keren. Buku jelas banyak manfaatnya. Buku jendela dunia kan ya? WonWoo X Joshua aja hobi baca, masa kita enggak? Hehe. Guepun sebenernya daripada baca buku lebih suka baca text chingu (kayak text terjemahan drama yang lagi gue tonton, acara yang ditranslet, lirik yang ditranslet dsb) cuman sekarang sudah mulai mengalokasikan waktu untuk bener2 baca buku. Gue dari dulu suka baca, cuman medianya bukan buku. Tapi lama2 gue sadar kalo buku gimanapun tetep penting. Banyak hal2 yang di buku ada dan di internet ga ada misalnya. Makanya ga bisa hanya mengandalkan google untuk tahu banyak hal, tetep harus baca buku. Malah gue rasa orang yang ketergantungan banget sama google malah akan jadi ga kreatif. Jadi mainnya copas2 aja dari banyak sumber yang belom tentu jelas, itu menurut gue ga baik. Gue rasa akan lebih berkesan ilmu itu di kepala kalo kita nyarinya dengan proses yang ga instan (kita baca buku lalu diresume), bukan asal copas2 aja. Makanya gue juga ada rencana nerbitin buku dari fakta2 di sini chingu (masih gue pikirin banget ini). Entah gimana gue punya pemikiran bahwa lama2 search engine atau internet pada umumnya seperti mendekati titik jenuh sehingga kemungkinan media konvensional kayak buku akan lebih dipilih lagi. Makanya gue ga akan hanya pake media internet untuk sharing, tapi buku juga. Selain itu, buku adalah benda yang fisiknya jelas jadi bisa disimpan dalam waktu yang lama. Gue mengantisipasi juga pergerakan internet yang mungkin meriskankan data gue di sana dsb. Ini masih gue kaji lebih dalem lagi sih chingu, cuman pikiran itu ada. Selain itu gue pengen juga punya bukti fisik tulisan2 gue. Gue ga tahu apakah ini akan jadi/enggak cuman semakin sering gue belajar tentang IT dsb gue jadi punya pemikiran ini. IT gue rasa mulai lelah, guepun lelah dengan IT, makanya mulai mereduce (mengurangi) itu. Tetep penting sih adanya IT cuman bukan yang utama lagi kayak trend sekarang yang apa2 internet*
  • Ketika ditanya siapa member yang paling banyak NG ketika ngedance, Woozi cerita kalo itu malah Hoshi, padahal dia yang bikin koreonya. Hoshi cerita kalo itu karena dia bingung chingu. Di satu sisi dia ngedance, tapi di sisi lain dia juga yang bikin dance untuk didance-in orang lain, makanya bingung sendiri. Ketika ditanya apakah karena dia yang bikin dance jadi dia bikin dance2 yang lebih cool untuk part dia sendiri, Jun nyaut kalo Hoshi pada dasarnya ga punya banyak part di lagu itu, makanya ya enggak banyak tampil di depan.
  • Ketika ditanya inspirasi pembuatan lagu darimana, Woozi cerita kalo member2 SEVENTEEN pada dasarnya suka bercanda dan ngobrol. Nah, jika ada percakapan yang menarik, dia biasanya mencatat itu di notesnya chingu *wah ternyata suka mencatat juga ya, keren. Gue rasa mencatat itu penting juga chingu, apalagi untuk orang2 yang mudah lupa (gue contohnya, hehe). Metode belajar guepun dengan cara mencatat. Gue ga bisa chingu belajar hanya dari ngeliat atau ngedenger aja, harus pake mencatat (tangan gerak sambil ngedengerin dan ngeliat yang diajarkan). Bukupun ga akan membekas banget kalo cuman gue baca, harus gue resume lagi meskipun 1 buku ratusan lembar jatohnya cuman jadi 3-5 halaman kertas kecil. Yang penting intinya gue catet, jadi kapan2 kalo lupa tinggal dibaca sekilas. Tentang style bukunya sendiri, gue sebenernya tipe yang hanya membaca buku yang gue ingin (gue rasa perlu) dan karena suka temanya aja chingu. Cuman sekarang gue lebih membuka diri. Gue baca banyak genre. Awalnya sih ya “buat apa gue baca itu?” cuman ternyata bagus juga, menarik juga dan guepun seneng bisa tahu hal yang dijelasin di situ. Jadi saran gue banyakin baca genre buku chingu. Karena siapa tahu kalian menemukan hal keren di sana yang ga kalian bayangkan sebelumnya. Sesuatu yang awalnya ga ada di pikiran kalian tapi malah menjadi hal yang begitu menarik bagi kalian setelah tahu itu. Buku kan kayak jendela dunia, kita ga tahu di balik itu ada apa, makanya selalu menarik untuk dibuka*. Balik ke Woozi, dia rasa dia banyak dapet inspirasi dari hal semacam itu chingu. Ngobrol dan bercanda bareng member2 SEVENTEEN lain memberi dia inspirasi buat nulis lagu ternyata. Untuk lagu tercepat yang pernah dia buat, itu adalah lagu “chuck” chingu. Lagu itu sendiri dibikin dalam 1 hari. Leeteuk yang langsung “apakah kamu genius” dan Woozi sambil geleng2 bilang “bener2 bukan (saya bener2 bukan orang yang genius)” *dari sisi akademis si Woozi memang ga genius (bahkan dia give up di sekolahnya), cuman gue rasa dia genius music chingu. Kayak di postingan2 gue sebelumnya kalo orang itu punya jenis genius2nya masing2 dan genius di music itu ada, dan gue rasa Woozi masuk kategori itu. Makanya orang ga boleh menjudge seseorang bodoh hanya karena dia gap inter di pelajaran2 sekolah misalnya. Karena bisa jadi dia malah genius di bidang lain, musik misalnya*
  • Mereka ditanya apakah mereka ngerasa beban karena mereka terkenal dengan group yang produksi lagu/dance mereka sendiri chingu. Hoshi bilang di setiap album mereka ngerasa beban juga, semacam tanggungjawab banget karena mereka bener2 terlibat dalam pembuatannya. Mereka untuk lagu dibantu sama Bumzu hyung dan untuk dance sama Hyerim nuna. Makanya kemaren pas menang nama2 itu disebut di speech. Hyerim itu koreografer wanita di Pledis yang kolaborasi sama Hoshi untuk bikin koreo. Sedangkan Bumzu kolaborasi sama Woozi untuk lagu.
  • Anak2 SEVENTEEN suka main games sepakbola chingu kalo di dorm dan ketika ditanya siapa member yang paling jago, mereka bilang yang pertama S.Coups dan keduanya Woozi. Kata Verbon kemaren, tim favorit mereka tim Argentina. Mereka berdua adalah member yang jago sepakbola chingu. Waktu itu di idol Olympic si Woozi jadi kiper juga. Kalo S.Coups, dia memang cita2nya dulu jadi guru olahraga dan memang kompeten di bidang olahraga chingu. Jungkook BTS aja dulu kalah main gulat sama S.Coups.
  • Jun jadi artis cilik di Cina sejak usia 2 tahun chingu *wah, sunbaenim ini jadinya, udah senior di dunia perartisan, hehe*. Leeteuk juga mention kalo Jun mirip Heechul.
  • MinGyu punya lagu khusus untuk alarm-nya bangun chingu. Lagu itu adalah lagu mereka di album kedua yang judulnya “fronting” part Hoshi yang ada kata2 “wake up”nya.
  • Member yang semacam “fashionista” di SEVENTEEN adalah JeongHan chingu. Kata member2 lain, dia care sama penampilan dan bajunya juga banyak. Ketika JeongHan ditanya balik siapa member yang dia pengen member itu lebih care sama penampilannya dia bilang DK. Itu karena DK kalo pake baju hoodie2 aja *kan simple itu konsepnya, just hoodie everyday, hehe. Gue sendiri ga (atau belum) ngikutin fashion2 airportnya SEVENTEEN dsb chingu jadi kurang bisa paham JeongHan kok dibilang fashionista*
  • Ketika masih trainee, MinGyu pernah manjangin rambut sebahu kayak JeongHan sekarang chingu. Dia diminta CEOnya manjangin rambut dan ga minta untuk dipotong makanya bertahan sampe 8 bulan *Pledis gitu ya, ada member yang rambutnya panjang. Mungkin dulu yang rambutnya diniatkan panjang di SEVENTEEN itu MinGyu, cuman mungkin karena kurang cocok apa gimana jadinya JeongHan. Ren NUEST juga gitu kan ya, rambutnya panjang. Dan gue rasa JeongHan lebih pantes rambutnya panjang daripada MinGyu. Ga ngebayangin gue MinGyu rambutnya panjang, keknya bakalan aneh banget. Soalnya dia tinggi juga badannya, jadi kalo panjang jatohnya ga manis, malah kayak preman jadinya, haha*
  • Hoshi cerita kalo dulu ketika mereka main di dorm SuJu, DongHae ngebikinin ramyun buat mereka chingu.
  • SEVENTEEN sama SuJu ada samanya dalam hal dapet no.1 di acara musik chingu lhoh chingu. Mereka sama2 baru dapet no.1 di title track ketiga (di album ketiga). SuJu waktu itu dengan “U” dan sekarang SEVENTEEN dengan “Pretty U”. Sama2 ada “U”nya juga kan ya? Koreografer “U”nya SuJu ketika SEVENTEEN perform “U”pun juga kontak Leeteuk dan dia bilang seneng nontonnya, mengingatkan dia sama masa lalu. Kebetulan sih ini, cuman ya faktanya mereka sama2 menang di title track ketiga dan dengan lagu yang ada unsur2 “U”nya. *gue rasa SEVENTEEN besar kemungkinan bisa jadi the next SuJu dengan stylenya sendiri chingu. Lebih ke factor jumlah personel sih kalo menurut gue samanya mereka itu. Dengan banyak sekali personel tapi kualitas dance dan vocal mereka mumpuni, itu poinnya. Kalo di SuJu ada KRY di SEVENTEEN juga ada SeungKwan, DK dan Woozi yang keren juga vocal2nya. Dancepun ada dancer2 keren kayak Hoshi X Dino dimana di SuJu ada DongHae, Shindong dsb. Jelas kalo dibandingin SuJu mereka belum apa2 karena jam terbang juga masih belum lama, lagipula SuJu adalah legend di K-POP. Cuman gue rasa bibit2 ke situ ada chingu. Gue rasa jika mereka tetep konsisten dengan style mereka yang udah distinct ini mereka bisa kayak SuJu juga nantinya*
  • Nah di akhir acara, Leeteuk minta S.Coups sebagai leader sekaligus hyung ngasih kata2 hangat buat si maknae chingu. S.Coups bilang “semua member sudah melakukan tugas2nya dengan baik. Untuk maknae, kamu pasti mengalami masa yang berat karena hanya ada hyung2 di atasmu (secara usia). Hyung minta maaf karena tidak cukup memperhatikanmu. Terimakasih untuk selalu bekerja keras dan memimpin hyung2 ketika latihan. Aku harap kamu akan selalu percaya pada hyung dan mengikuti hyung, saranghanda~” *oh~so sweet* Dinopun ngebales kata2 S.Coups dengan “sebagai maknae, aku selalu merasa tidak cukup melakukan banyak hal untuk hyung2. Aku pikir aku harus selalu melakukan yang terbaik. Aku harap kita akan selalu percaya satu sama lain dan dalam waktu yang lama, saranghamnida hyung!” *so sweet… Jadi meskipun maknae, Si Dino malah sering memimpin mereka latihan chingu. Kayak yang S.Coups bilang kemaren, responsibility-nya Dino tinggi. Meskipun dia maknae, tapi dia bisa diandalkan dan malah berasa kalo hyungnya itu malah dia, hehe. Tentang harapan2 tadi, semoga harapan Dino tercapai ya chingu, mereka ber13 akan bertahan lama sebagi grup dan selalu bisa menghasilkan karya2 terbaik. SEVENTEEN Fighting! Carat Fighting!!! ^^*

[ENG SUB]160513 SEVENTEEN SUKIRA (PART 1-2).mp4_001141473

160517 [ENG SUB OTW] SEVENTEEN Twitter Q&A Compilation - Joshua & Vernon ver..mp4_000177477

160517 [ENG SUB OTW] SEVENTEEN Twitter Q&A Compilation - Mingyu & Jeonghan ver..mp4_000096196

160517 [ENG SUB OTW] SEVENTEEN Twitter Q&A Compilation - Woozi & Seungkwan ver..mp4_000201301

160517 [ENG SUB] SEVENTEEN Twitter Q&A Compilation - DK & Dino ver..mp4_000187153

160517 [ENG SUB] SEVENTEEN Twitter Q&A Compilation - S.coups & The8 ver..mp4_000017851

160519 [ENG SUB] SEVENTEEN Mission CUT(feat. BTS, Nam Woohyun, I.O.I., TWICE) @ Mcountdown_.mp4_000109976

160519 [ENG SUB] SEVENTEEN Mission CUT(feat. BTS, Nam Woohyun, I.O.I., TWICE) @ Mcountdown_.mp4_000111711

160519 [ENG SUB] SEVENTEEN Mission CUT(feat. BTS, Nam Woohyun, I.O.I., TWICE) @ Mcountdown_.mp4_000119452

#Peace #Love #Happiness

#Live #Love #Learn #Laugh 

#Share #Respect #Inspire

#StayGold #StayTrue #StayReal

Komentar
  1. KangBegalKwonHoshi mengatakan:

    Uwaaaaahhh, akhirnya ada fakta Seventeen lagi 😵😵😵
    Ya Allah, pesan S.Coups ke Maknae Chan so sweet bangetttt /nangis d pojokan/ 😭😭😭😭😭 Dan Chan kamu masih kecil kok udh keren banget, aku jd ngerasa iri deh, kita cuma beda 2 tahun, kamu udh terkenal dan bisa mimpin hyung2 latihan, sedangkan aku cuma bisa napak dan terus belajar mencapai cita2 d sini, eakkk :v
    Wah, klo jd Hoshi, aku pasti juga bingung ngebedain mana koreografiku dan mana yg koreografi member lain 😂😂🔫
    Itu si Woozi yakin bukan genius?? Demi apa, nyelesain satu lagu dlm satu hari, gila gk capek dan perih itu mata?? Klo aku jd Woozi mah udh lambai2 tangan ke kamera /dikira uji nyali :v/ Woozi keren bangeettt, Jjang Jjang!!!!
    Demi apa Mingyu dulu mau d panjangin rambutnya?? 😂😂😂 Untung gk jadi Ya Allah, untung ajaaaa…
    Oh iya, utk moment SVT X Bangtan, keren banget.. Hihihi, aku udh lihat videonya, di situ Jungkook atau siapa ya (aku nggak hapal wajah member Bangtan, cuma namanya doang :v) bilang “Hoshi-nim bla bla…”
    Lucu aja denger dan lihat dia manggil Hoshi dengan tambahan nim, hihihi gemeesss 😱😱😵😵😵

  2. yELF mengatakan:

    menurutku seventeen emang punya potensi besar buat bisa kaya uri ahjusi deul suju kak. mereka bener2 keren, bahkan saat mengcover lagu “U” pun aku mikir mereka bahkan lebih baik dari sujunya waktu dulu.

    kalau inget mereka dulu, rasanya gak nyangka kalau mereka bisa jadi salah satu pemimpin atau pelopor hallyu wave in the world kak bareng BB, GG, WG, DBSK dll. mengingat gimana perfom mereka yang sering jadi bulan2 masyarakat pada saat itu. apa lagi mengingat kenyataan bahwa mereka didebutkan atas dasar kewajiban bukan keharusan.
    mereka bener2 memulai semuanya dari 0 kak, ibarat kata mereka itu from zero to hero.

    kalau melihat seventeen sekarang
    kayaknya mereka bisa jadi bintang besar seperti suju. asalkan ada tekat, semangat dan kepercayaan dari para member apalagi skill seventeen juga gak bisa diremehin.
    dulu suju gak sekeren dan sehebat seventeen, mereka bahkan sering diremehkan di sana sini. seventeen jauh lebih beruntung dari suju dulu, jadi ada kemungkinan kalau mereka bisa segede suju atau bahkan sang king yaitu DBSK.

    jika kakak memang fans dari seventeen, kakak harus bisa menerima segala kekurangan mereka, teruslah berada di sisi mereka, jadikan mereka sebagai teman dan motivasi hidup kakak. jangan meninggalkan mereka karena kakak kecewa dengan kekurangan mereka.

    maaf ya kak kepanjangan
    sukses selalu buat SEVENTEEN

    salam damai E.L.F

Tinggalkan Balasan

