Fakta-Fakta BTS Part 214 (Tentang Epilogue HYYH, “Forever Young”)

Posted: Mei 30, 2016 in About BTS
Tag:

BANG! TAN! BTS!

Source: BTS V & Minjae, Celeb Bros -Special Edition- (Credit: MBig MBC), [ENG] BTS Guerilla Live (3) (Credit: V Naver, subbed: Kimmy Yang)

  • MinJae ketika BTS konser epilogue kemaren diundang dan sempet hampir nangis ketika Jimin bilang di akhir konser kalo dia paling berterimakasih sama member2 BTS yang lain chingu. Jiminpun nangis ketika itu. MinJae bilang hatinya mendadak jadi sakit, ikut nyesek. Vpun cerita kalo dia juga nangis untuk pertama kali ketika itu *ketika kita denger sesuatu yang bener2 masuk ke hati, hati kita rasanya sakit kan, kayak mendadak nyes dan bergejolak ga karuan. Nah setelah itu air matalah yang mendadak keluar. Gue sering kayak gitu juga chingu, mungkin kalianpun sama. Ketika nonton acara, ucapan atau denger lagu yang menyentuh hati, hati gue tiba2 suka sakit rasanya dan reflek keluar air mata. Nyesek memang nyesek, cuman indah menurut gue. Perasaan/emosi yang meskipun di awalnya sakit cuman jadi bikin lega dan menenangkan/damai karena yang dirasakan sesungguhnya adalah hal yang indah. Hal2 indah kayak persahabatan, perjuangan, karya yang punya kesan mendalam bagi diri kita sebagi fans dan hal2 indah yang lain. Sesuatu jika terlalu indah bisa bikin nangis juga. Nangis itu bisa jadi karena terlalu sedih namun bisa juga karena terlalu indah/bahagia. Dan menurut gue orang yang nangis di momen seperti ngedenger ucapan terimakasih yang tulus dari hati, lagu yang relate dengan hidupnya maupun acara2 humanis yang menggerakkan hati terdalamnya adalah nangis yang bahagia dan indah chingu. Kayak lagunya DBSK dulu, ada lirik yang “karena cinta ini begitu indah, aku jadi menangis”. Terlalu indah chingu, jadi sampai menangis. Gue rasa menangis itu adalah cara manusia untuk meluapkan emosi terdalamnya baik senang maupun sedih chingu, sehingga gue ga ada masalah misalnya ada cowok nangis dsb. Karena memang ga ada yang salah dengan menangis. Gue pernah denger kata2 bahwa orang yang menangis itu belum tentu cengeng, mungkin saja karena udah ga ada yang bisa dia lakukan selain menangis. Jadi menangis adalah opsi terakhir yang dia punya. Gue rasa kita ga pernah tahu orang nangis itu seberapa besar penderitaannya, jadi jangan menjudge dengan begitu simple kalo dia cengeng. Karena belum tentu kita ga menangis jika kita ada di posisinya orang itu. Intinya sih haru/tangis itu hal yang menurut gue wajar banget dalam kehidupan manusia chingu. Dan ga bijak keknya kalo kita ngejudge dengan simple/remeh kalo orang yang nangis itu=cengeng, karena kita belum tahu kedalaman hatinya kayak gimana*
  • V cerita kalo lirik lagu “young forever” bener2 kena di dia dan itu menyebabkan dia ga bisa nyanyi dengan seharusnya di stage ketika itu (saking emosional sama makna lagu itu) *gue rasa lagu “forever young” itu keren banget chingu, maknanya dalem. Gue rasa lagu itu sempurna sekali untuk menutup HYYH sebagai lagu epilogue. Meskipun makna lagunya mereka fokuskan pada karir mereka sebagai seorang idol, cuman gue rasa bisa diartikan lebih universal tergantung karir kita masing2. Lagu yang pada intinya mengajak kita untuk terus menjadi muda dalam menjalani apa yang kita sukai. Manusia pasti terbatas pada usia kan. Contohnya idol, mereka ga mungkin akan punya fans yang seheboh ketika mereka pada usia 20-an kayak sekarang. Pasti akan ada bedanya ketika mereka udah masuk ke usia 30, 40 dst. Meskipun dunia berjalan seperti itu, tapi BTS dalam lagu ini pengen terus berkarya/bernyanyi karena itu adalah hal yang mereka sukai. Mereka ingin menekankan kalo kapanpun usia mereka nanti, mereka ingin selalu muda secara spirit/semangat hidup chingu. Nah spirit inilah yang penting agar mereka bisa terus berkarya menciptakan hal yang mereka sukai sebagai seniman. Mereka sadar mereka sekarang ada di posisi puncak sehingga perasaan akan kehilangan fans jika penampilan mereka ga bagus dst pasti ada. Mereka aware dengan itu, mereka takut juga, cuman ya begitulah dunia ini, ga ada yang sifatnya selama2nya, pasti ada masanya. Oleh karena itu mereka pada akhirnya memutuskan untuk akan terus berkarya seperti sekarang ini, masa seperti ketika mereka masih muda/youth. Mereka juga aware kalo jalan yang mereka pilih ini ga safety juga (malah seringkali kayak kejebak labirin yang rumit), cuman ya itulah jalan yang mereka pilih dalam rangka mencapai mimpi dan harapan mereka, jadi ya terus, terus berlari untuk menggapainya. Meskipun dalam prosesnya mereka jatuh bahkan melukai diri mereka sendiri, tapi mereka terus berlari menggapai mimpi2 mereka. Dan gue rasa makna lagu ini bisa kita terapkan dalam hidup kita masing2 meskipun kita bukan idol kayak mereka chingu. Banyak nilai yang bisa kita ambil. Misalnya tetap punya jiwa/spirit/semangat muda dalam berkarya meskipun toh nanti kita udah ga muda lagi. Raga dan usia kita boleh tua, cuman semangat kita harus tetap seperti pemuda yang produktivitasnya tinggi. Gue rasa ini value yang keren sekali yang dishare-kan BTS untuk kita. Semangat muda ini menurut gue perlu banget kita punyai dalam menjalani hidup. Dengan selalu bersemangat, tentu saja kita akan lebih produktif juga untuk berkarya dan bermanfaat bagi orang lain, apapun pekerjaan kita. Nilai yang lain misalnya ga gampang nyerah dalam mencapai mimpi2 kita meskipun berat. Terus berlari mengejarnya, terus berlari ke arahnya. Nilai yang lain lagi misalnya kita jadi makin aware kalo di dunia ini ga ada yang sifatnya selama2nya chingu, semua ada masanya. Jadi untuk terus bisa eksis, maka orang harus terus bertumbuh dengan karya. Orang akan tetep eksis kalo dia punya karya yang bermanfaat bagi orang lain chingu, itu kuncinya. Jika dia sudah tidak bisa berkarya lagi, maka dia tidak punya manfaat bagi orang lain dan akhirnya tidak eksis dengan sendirinya. Karya inipun luas. Karya adalah suatu hal yang apabila kita melakukannya berimbas manfaat pada orang lain. Bekerja bisa diartikan berkarya, sedangkan belajar adalah upaya agar punya skill kemudian bisa digunakan untuk berkarya, itu poinnya.  Makanya erat chingu kaitannya antara belajar, bekerja dan berkarya. Kita selama hidup harus selalu berupaya untuk selalu bertumbuh dalam 3 aspek itu agar hidup kita lebih bermakna, dapat memberi manfaat bagi orang lain. Seperti Nabi Muhammad bersabda “sebaik2nya manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain”, maka berlomba2lah dalam hal kebaikan. Gue rasa kita bisa belajar dari epilogue “forever young” ini chingu. Lagu yang gue rasa kita bisa dapet motivasi untuk terus berkarya selama kita masih diberi kehidupan oleh Tuhan di dunia ini. Kalo BTS berkarya dengan lagu, kitapun sama dengan karya versi kita masing2. Dengan catatan apa yang kita karyakan adalah hal yang baik chingu. Seperti BTS yang ketika menciptakan lagu banyak yang menyentuh aspek2 humanisme, perjuangan, solitude feeling, persahabatan, kritik sosial dan hal2 positif lainnya (meskipun ga semuanya lagu2 BTS seperti itu), kitapun harusnya bisa melakukan hal yang serupa. Gue berharap kita selalu bisa ngambil hal2 positif dari mereka chingu. Jadi yang positif tolong diambil dan negatifnya jangan, itu pesen gue chingu*
  • Di V Naver, anak2 BTS juga sempet sharing juga tentang lagu “young forever” ini chingu. Mereka pernah ditanya fans tentang moment apa yang paling “burning up/bultaoreune” ketika bikin lagu di album “young forever” ini. J-Hope ngejawab kalo moment paling “burning up” adalah ketika mereka bikin lagu “young forever”. “young forever” sendiri adalah bikinan RapMon. Dan karena lagu itu adalah tipe yang penyanyinya harus menunjukkan emosi yang bersinergi dengan melodinya, makanya J-Hope ngerasa berkesan sekali dengan itu. Dia bahkan sampe nulis liriknya (part dia) sampe 20 kali (nulis dihapus, nulis dihapus lagi) saking harus match banget antara feel dengan melodinya tadi. Berat chingu proses pembuatannya *gue rasa wajar banget kalo pembuatannya sulit karena hasilnya juga keren banget. Aspek emosional yang merupakan hasil sinergi antara lirik, melodi maupun musiknya kena banget. Gue rasa lagu ini malah feelnya kayak “lagu anthem BTS” chingu. Lagu ini menurut gue secara lirik begitu emosional, dari sisi musik echo2nya megah (jadi kayak lagu anthem tadi) dan derap2an melodinya mencerminkan gimana semangat orang meraih mimpi2nya chingu. Lagu yang menurut gue sempurna sebagai epilogue HYYH*

BTS V & Minjae, Celeb Bros -Special Edition-.mp4_000377577

BTS V & Minjae, Celeb Bros -Special Edition-.mp4_000483149

BTS V & Minjae, Celeb Bros -Special Edition-.mp4_000484584

BTS V & Minjae, Celeb Bros -Special Edition-.mp4_000489155

BTS V & Minjae, Celeb Bros -Special Edition-.mp4_000506205

[ENG] BTS Guerilla Live (3).mp4_000084417

#Peace #Love #Happiness

#Live #Love #Learn #Laugh 

#Share #Respect #Inspire

#StayGold #StayTrue #StayReal

Komentar
  1. Anak Timun mengatakan:

    Awww… Young forever tuh fav bgt di edisi epilog ini kak. Sumpah, pertama denger tuh rasanya tenang. Adem banget. Healing dan rasanya bisa nularin kekuatan utk bangkit. Gw sndiri paling suka sama partnya jhope. “even if they keep saying there is no the everlasting, i wanna keep my dream.” it hit my emo perfectly. Suka bgt sama mreka yg slalu sadar diri kalo ketenaran ini tuh ga selamanya. Jadinya mreka ga congak dan sok gitu.

  2. Anak Timun mengatakan:

    Dari dulu emang suka bgt sama bangtan yg kek gini. Selalu tahu batasan diri. Yg selalu bikin gue terharu, ini loh sosok idol yg bisa gue jadi panutan di masa gue skr ini. Keep goin buat bangtan :’)

  3. dede mengatakan:

    Young Forever kayak lagu anthem BTS.. Setuju kak..

  4. Iin mengatakan:

    iya kak aku juga nangis pas liat vidionya jimin berterimakasuh sma member2 lain & dia bhagia bisa bareng2 sma mmber bts..rasanya nano2 nyesek,terharu,sedih,seneng…pkoknya gitu lah….
    aku juga trmasuk orang yg cengeng..yg dikit2 nangis,terharu dikit nangis,ngliat sesuatu yg sedih/mengharukan sdikit aja nangis,nnton drama nangis,baca kata2nya kak linda sering nangis juga hahahah…*curhat
    pas pertama denger lgu Young forever aku juga ngrasa lgunya keren pasti arti dri liriknya juga keren,wktu itu blm ngrti arti dri liriknya.. dri judulnya aja kliatan BTS banget…BTS yg selalu mengajak kita untuk selalu muda mskipun umur kita nntinya ga muda lgi..BTS yg selalu ngajak kita buat selalu bekerja keras & bersemangat dlm mencapai impian kita… Young Forever sukses menutup jalan cerita HYYH…
    BTS Jjang….

  5. Prasetyo Hestina Anggraeni mengatakan:

    Dengerin lagu ini pas lagi stress tuh rasanya kayak ‘ah gue hidup lagi’ kkkk agak berlebihan sih ya aku ngomongnya, tapi emang kenyataan gitu. Lagunya adem banget, sampe aku ikut nangis pas pertama kali denger. Sampai sekarang pun masih nangis sih :’3 terlalu indah lagu ini :’) Rasanya aku gak mau tua, pengen tetap muda :”

  6. Aegi mengatakan:

    Buat bts
    Thank you cz you’re dream and your hard work
    Udah speechless aja kalo ngm0ngin bts saking meluapnya feel gw k mereka

Tinggalkan Balasan

