Fakta-Fakta DAY6 Part 17 (Antara Henry “SuJu” X Young K “DAY6” X Jackson “GOT7”)

Posted: Mei 30, 2016 in About DAY6
Tag:

Source: Video –  160512 KISS THE RADIO HEART ATTACK LIVE DAY6 (FULL), 160520 DAY6 KISS THE RADIO HEART ATTACK LIVE (FULL), (Credit: KBS, uploaded: DAY6 TV)

  • WonPhil dan Jae pernah ditanya di Sukira tentang mereka berdua kalo jadi ayah nanti kira2 akan jadi ayah yang kayak gimana chingu. Jawaban WonPhl adalah dia mungkin ga akan jadi ayah yang bisa jadi kayak temen bagi anaknya. Lee Teuk nyaut “ayah yang bisa diandalkan ya?”. WonPhil ngejawab dia sendiri belum tahu cuman dia akan mencoba sebaik mungkin untuk itu. Jadi dia akan berusaha jadi ayah yang lebih bisa diandalkan anaknya chingu. Tipe ayah yang bener2 ayah dengan usia/pengalaman/skill yang lebih dari anak2nya, sehingga hubungannya ga seperti teman (yang akrab sekali seperti sebaya). Kalo Jae, dia bilang belum pernah kepikiran tentang itu. Hanya saja, dia rasa dia akan kayak WonPhil. Tipe ayah yang ga akan terlalu kayak temen bagi anak2nya. Levelnya bukan kayak temen, tapi ya ayah-anak *ada kan ya orang yang pengen kelak kayak jadi temen buat anak2nya. Jadi dia dan anaknya itu bisa bener2 kayak sebaya, ngobrolnya enak, ya kayak kita berhubungan dengan teman. Cuman ada juga yang lebih “serius”, jadi ya lebih ke tipe ayah yang posisinya lebih bisa diandalkan, dihormati dsb. Kalo gue pribadi, gue ga bisa milih antar keduanya (yang kayak temen/bukan), cuman yang jelas gue suka orang yang sabar chingu, kalo ayah ya ayah yang sabar. Gue suka orang yang sabar, penyayang, sederhana dan punya skill tertentu (expert di bidangnya, apapun itu). Entah dia akan seperti kayak temen/ayah bagi anak2nya, cuman yang jelas gue pengen anak gue bisa belajar banyak dari ayahnya sendiri. Itu tipe ayah yang gue ingini untuk anak2 gue nanti chingu. Guepun sama, kelak gue pengen jadi ibu yang anak gue bisa belajar banyak dari gue. Entah dia nganggep gue kayak temen/ibu, yang jelas gue pengen anak gue dapet hal2 baik yang sumber awalnya dari lingkungan keluarga, dan itu jadi peran gue dan suami gue kelak. Bukan dari oranglain, tapi dari kita berdua dulu. Gue memimpikan keluarga kecil yang seperti itu chingu. Keluarga yang kita bisa saling berbagi, belajar, sederhana dan semoga bisa bermanfaat bagi yang lain, itu saja ^^. Entah kapan itu akan terwujud, cuman gue ada pemikiran seperti itu chingu, hehe. Jangan pada baper lhoh ya bacanya, haha #mendadakseriusdahgue, wkwk*
  • Ketika YoungK masih di Toronto, dia ikut audisi vocalist dengan cara masukin video perform dia chingu. Awalnya sih ga bener2 niat cuman lama2 dia jadi ngerasa “aku ga bisa kalo ga jadi penyanyi/kalo enggak penyanyi ya enggak”. Jadi awalnya dia ga bener2 niat jadi penyanyi chingu, cuman seiring berjalannya waktu dia jadi punya pemikiran bahwa dia harus bener2 jadi penyanyi. Kalo SungJin, dia suka nyanyi mulai dari lulus SD/SMP kelas 1 chingu. Dia waktu itu sekelas sama Sandeul B1A4. Mereka sama2 suka nyanyi dan semacam rival juga cuman dengan cara yang baik (karena mereka juga deket/sahabatan sampe sekarang). Ketika ditanya DJ Leeteuk bagusan mana antara dia dan Sandeul, dia ngejawab Sandeul, hehe. Kalo DoWoon, dia mulai suka main drum sejak kelas 3 SMP dan sekarangpun dia kuliah masuk jurusan musik yang ngedrum juga chingu. Dia dulu liat ada audisi JYP yang lagi nyari drummer dan dia lolos.
  • DJ Leeteuk di sini cerita tentang pengalamannya ngeliat member SuJu yang asalnya dari luar Korea (Henry) ketika pertama kali ketemu sama pihak agensi SM chingu. Soalnya KPOP kan memang orang2nya ga pure dari Korea ya, banyak juga yang dari luar Korea termasuk barat (Amerika, Kanada), jadi culturenya pun beda. Nah dia di sini cerita gimana Henry melakukan perkenalan awal sama pihak SM yang ngebuat dia melongo. Henry sendiri asalnya dari Kanada. Di awal ketemu perwakilan SM, Henry perkenalan dengan cara yang ala barat banget, padahal Korea kan cukup konservatif dalam hal2 kayak gitu. Jadi si Henry ini langsung yang “hello, Hi Mr. Lee” padahal harusnya kan “sajangnim annyeong haseyo” . Si Henry juga langsung jabat tangan dan pake salam yang nepokin bahunya ke bahu orang lain ala barat gitu (udah kayak udah sahabatan lama gitu) dan itu bikin manager2 yang ada di situ pada deg2an semua (semacam “wah anak asuh gue kok kek gitu??) haha. Nah, Young K ditanya juga apakah dia dulu kayak gitu juga (secara dia dari Kanada juga) dan dia bilang ga sampe seperti itu, hehe. Cuman SungJin cerita kalo itu terjadi pada Jackson GOT7. Jadi ketika itu JYP PDnim/Park JinYoung dateng ke kantor dan si Jacksonnya yang langsung bilang “I am JYP New trainee”. Jadi ya kayak ala barat banget perkenalannya chingu, santai sekali. Mereka ya jelas pada melongo karena budaya perkenalan di negaranya ga kayak yang dilakukan Jackson X Henry tadi *Korea mungkin memang negara maju cuman hal2 kayak gitu tetep masih tetep dipertahankan chingu. Jadi ketika awal bertemu, mereka ya bow dengan sopan sambil nanya usia (biar tahu harus panggil hyung/eonnie dsb). Mereka ga langsung yang pelak peluk gitu, beda dengan barat. Makanya ya bener kalo manager2nya/trainee2 lain pada shock ketika Henry maupun Jackson secasual itu di awal perkenalan. Malah jadi kayak SKSD kan jadinya, sok akrab padahal belum. Beda negara beda kebiasaan kan ya, termasuk kebiasaan berkenalan untuk pertama kali di Korea ini. Dan gue rasa kebiasaan yang di Korea ini bagus karena keliatan sopannya chingu. Selain itu, pengalamatan panggilan sesuai dengan usia juga kayak aplikasi dari “menyayangi yang muda dan menghormati yang tua” kalo menurut gue. Kalo usianya memang lebih tua kan mereka otomatis manggil hyung/eonnie, pake “nim” kalo dihormati sekali, pake “sunbaenim” kalo dia senior serta pake “shi” kalo masih merasa belum banyak tahu/dalam situasi formal. Bahkan misalnya Leonardo Di Caprio gitu kan mereka ngucapinnya “Leonardo Di Caprio sunbaenim” atau pernah juga Beyonce sunbaenim. Jadi meskipun bukan orang Korea, tapi mereka memanggilnya dengan aturan Korea, dan itu keren menurut gue. Mereka kayak menjaga banget budaya komunikasi mereka. Di Jawapun sama, bahasa yang digunakan pada aturannya berbeda2 tergantung dengan siapa kita bicara. Kita bicara dengan orangtua dan anak2 itu ga sama, harus lebih sopan ketika bicara dengan yang lebih tua (shows respect). Meskipun kita ga hidup di Korea dan bahasa kita juga mungkin sehari2nya lebih ke bahasa Indonesia, cuman gue rasa kita bisa belajar juga dari kebiasaan sopan kayak di Korea ini chingu. Belajar lebih sopan lagi ketika berinteraksi dengan orang yang baru kita kenal (memanggil dengan sapaan yang menunjukkan rasa hormat), menunjukkan #respect kita pada orang yang lebih tua dan sayang pada yang lebih muda ^^*

160512 KISS THE RADIO HEART ATTACK LIVE DAY6 (FULL).mp4_003087133

#Peace #Love #Happiness

#Live #Love #Learn #Laugh

#Share #Respect #Inspire

#StayGold #StayTrue #StayReal

Komentar
  1. 23dk mengatakan:

    yokshi lah yaa…
    gak kebayang kalo young k bakal introduce dirinya kayak henry…
    secara young k itu kaaan kaleeeeemmm bangeeett !! hahahah
    tapi teuteup hobinya sama kayak junior…pendiem-pendiem gitu hobin ngebully maknae😀

  2. jwyrnr99 mengatakan:

    min banyakin lagi dong fact nya day6,, Gomawo ^^

  3. myryeongdhilah6 mengatakan:

    Mau correct, Young. K ini orang Korea(lahir di Korea/. Cmn study di Toronto selama 3 tahun. Jadi waktu Korean culture dia udh tahu secara dia org Korra

Tinggalkan Balasan

