Fakta-Fakta DAY6 Part 18 (Pengalaman DoWoon Perform Di Keramaian)

Posted: Juni 7, 2016 in About DAY6
Tag:

Source: Video –  [FULL ENG SUB] DAY6 – I Love Idols 151111 (Credit: I Love Idols China, subbed: rollingshells), 160530 HAPPY 2 O’CLOCK DAY6 IMMORTAL LIVE (FULL) (Credit: MBC, uploaded: DAY6 TV), After School Club Ep214 Live on May 31 1PM (KST) – DAY6 Jae (Credit: Ariang)

  • Anak2 DAY6 pernah ditanya deg2an enggak ketika mengajukan lagu ke JYP. SungJin cerita kalo mereka deg2an juga chingu. Ini karena mereka tahu kalo JYP adalah orang yang udah menciptakan lebih banyak lagu dari mereka dan lagu2 itupun banyak yang ngehits. Dia juga seorang penyanyi juga. Ketika anak2 DAY6 selesai bikin lagu, lagu itu mereka perdengarkan ke JYP dan JYPnya juga ngerespon dengan cepat. Itu ngebantu anak2 DAY6 banget jadinya *hampir sama kayak di YG ya. Anak2 WINNER itu juga deg2an banget keliatannya ketika lagu2nya didengerin sama YG. Keliatan banget mereka mikir “YG suka ga ya sama lagunya..”. Senengnya DAY6 jadi anak JYPE mungkin salah satunya karena JYP seorang producer juga ya. Jadi komen2 yang JYP kasih setelah denger demo lagu2  anak2 DAY6 pasti relevan juga, membantu pertumbuhan mereka sebagai musisi. JYP jadi semacam guru juga bagi mereka jadinya. Orang yang selain bos mereka tapi juga adalah semacam “guru” yang mengkoreksi pekerjaan “murid2nya”*
  • Ketika ditanya siapa membr DAY6 yang suka masak di dorm, SungJin ngejawab kalo mereka ga tipe yang masak2 gitu. Cuman WonPhillah yang semacam pernah masak di dorm. Semacam “eomma”nya group jadinya. Ini karena WonPhil orangnya care chingu, dia tipe take care gitu sama member2 lain *keliatan halus ya anaknya si WonPhil ini, kalem gitu, maknae banget meskipun wajahnya enggak. Dulu sebelum ada DoWoon maknaenya juga dia*. Dia kata member2 DAY6 lain anaknya sensitive juga *gue suka banget chingu ekspresi WonPhil ketika nyanyi “letting go” di salah satu live perform Sukira. Sisi sensitifnya dapet banget menurut gue ketika menjiwai lagu itu. Sebenernya ga hanya WonPhil sih, gue rasa SungJin X YoungK juga keren banget ketika menjiwai sebuah lagu, cuman kalo WonPhil itu jatuhnya lebih mellow menurut gue, dan gue suka ngeliat ekspresi mellownya itu. SungJin X YoungK menurut gue juga keren banget di ekspresi2nya, strong semua. Menurut gue mereka bisa banget ngasih strong impression ke audience dengan roman muka mereka ketika perform. Sedangkan WonPhil menurut gue lebih halus chingu impresinya, meskipun begitu tetep menimbulkan kesan yang kuat juga. YoungK itu ekspresinya bener2 kayak orang marah kan ya kalo perform. Kalo SungJin bener2 kayak ngajak ngomong orang pake lagu. Gue rasa kerennya anak2 DAY6 juga terletak pada ekspresi mereka ketika perform chingu, meskipun mereka pada sambil main alat musik. Mereka bisa mengeskpresikan isi lagu dengan baik dan itu menimbulkan kesan yang mendalam ke yang nonton. Mereka adalah band yang member2nya strong secara ekspresi menurut gue*
  • Ketika WonPhil ditanya apa kebiasaan aneh Jae, dia bilang Jae kalo tidur sering ngelindur pake bahasa Jepang (di JYP mereka diajarin bahasa Jepang juga chingu), cuman anehnya ketika dia di kehidupan nyata dan diminta ngomong pake bahasa Jepang, dia malah ga tahu *ha? Kok bisa ya? haha. Mungkin saking kepikiran terus ya, jadi kebawa mimpi deh kosakata2 yang udah dipelajari sebelumnya. Guepun sama chingu, gue kalo lagi mikirin sesuatu banget2, sering kebawa ke mimpi. Kalo ngelindur kan gue ga sadar, cuman kalo mimpi iya. Kata2 yang sering gue denger di kehidupan nyata/sehari2pun sering jadi mimpi jadinya. Jadi gue di mimpi itu melakukan hal yang relate dengan kata2 itu misalnya. Gue beberapa waktu lalu juga mimpiin satu orang sampe hampir 1 minggu dan nambah beberapa hari gitu (hampir 2 minggu) gitu. Itu karena gue terlalu banyak kepikiran dia mungkin. Gue sebenernya ga niat mikir cuman tiba2 terlintas aja dianya, parah parah. Itu sebenernya mau gue omongin ke orang yang bersangkutan cuman ga jadi (padahal udah gue tulis semacam surat segala karena malu ngomong langsung) cuman ga jadi sampe sekarang. Baru pertama kali dalam hidup gue mimpiin orang sampe berhari2 sama terus kayak gitu chingu, parah. Cuman sekarang udah enggak sih, udah bukan dia dan dia lagi. Meskipun cuman mimpi tapi kan kepikiran juga ya. Iya gue tahu mimpi itu cuman bunga tidur cuman karena baru pertama kali ini mimpi orang yang sama hampir setiap hari selama 2 mingguan ngebikin gue jadi gimanaa gitu. Gue sendiri orang yang ga percaya sama tafsir mimpi dsb (arti mimpi yang kayak primbon2 gitu) jadi ya paling sebatas “kenapa bisa ya?” dan jawabannya mungkin karena terlalu sering kepikiran tadi. Gue coba analisa secara logis aja. Dan mungkin doa gue juga kurang sebelum tidur jadi sampe mimpi, hehe. Berarti gue harus lebih serius lagi ketika doa sebelum tidur ^^*
  • Ketika ditanya siapa member yang kalo pagi paling susah bangun, member itu adalah DoWoon. DoWoon anaknya lambat kalo gerak. Makanya perlu sekitar 10 menit untuk bener2 ngebangunin dia *eh, ini relate ga sih sama style ngomong dia yang juga pelan2/kayak laidback gitu? Hehe~*
  • Ketika Jae ditanya misalnya dia ada di gurun pasir sendirian dan siapa member yang bakalan dia ajak bersamanya, dia ngejawab Young K chingu. Alesannya adalah Young K itu tipe orang yang bisa diandalkan. Dia pandai dalam melakukan banyak hal *keliatan ya, YoungK keknya memang banyak bisanya. Dia bisa nyanyi, ngerap, composing lagu, main bass, bisa bahasa Inggris juga, keknya pinter juga (kuliah jurusan bisnis kan dia itu), keknya memang bisa diandalkan*
  • DoWoon pernah semacam perform di keramaian (di Busan) dengan tempat gitar yang dibuka lalu dia perform dan orang2 ngasih uang ke tempat gitar itu chingu (kayak pengamen gitu). Dan katanya pengalaman itu seru sekali *yeokshi, musisi. Keknya belom afdol ya kalo musisi belum pernah kayak gitu. Dengan perform seperti itu kan berarti orang bener2 appreciate sama musik yang musisi itu sajikan, bukan hal2 lain. Justru itulah menurut gue musisi yang sebenernya, ketika orang ga kenal sama dia cuman karena seneng/tersentuh dengan musiknya lalu ngasih apresiasi (entah uang, entah bunga) ke kotak musiknya. Musisi jalanan adalah musisi juga. Street performance adalah pertunjukan juga dan para street performer adalah performer juga. Gue rasa DAY6 pun mencoba untuk seperti itu. Mereka sering kan perform di keramaian kayak jalanan/taman gitu. Gue rasa style busking mereka yang kayak gitu itu bagus chingu sebagai band. Mereka menurut gue aware kalo mereka itu musisi, jadi ya pengen orang lebih appreciate sama apa adanya mereka sebagai musisi yang berkarya dengan musik mereka sendiri. Apalagi DAY6 juga termasuk yang aktif bikin musik mereka sendiri. Kayak gitu kalo di Korea gue rasa udah banyak, orang perform dengan tempat gitar/biolanya dibuka dan dilempari koin sama yang nonton kalo suka. Gue rasa akan keren kalo di Indonesia juga modelnya kek gitu. Jadi pengamen lebih “dihargai” juga. Mereka akan dinilai sebagai musisi juga, dengan image yang lebih baik. Gue pernah nonton Hitam Putih dan katanya di Pemkot Surabaya (yang walikotanya Ibu Risma) udah kayak gitu chingu. Jadi pengamen2/musisi jalanan didata dan boleh perform di taman2 dengan ngegelar lapak (naruh tempat koin dsb) di depan dia perform. Itu mereka sifatnya legal dan boleh perform di taman2 di sana dan ga boleh di lampu2 merah misalnya. Gue rasa itu suatu kebijakan dari pemerintah yang keren banget sih, harusnya dicontoh/diterapkan di daerah lain. Dengan begitu selain musisi2 jalanan lebih dihargai dan dilindungi hukum, juga supaya orang Indonesia lebih aware sama mereka. Supaya akhirnya orang memandang musisi jalanan itu musisi yang bekerja secara professional juga dengan karya mereka (skill mereka) dan image mereka yang dulu cenderung “negatif”pun bisa berubah menjadi lebih baik. Gue rasa Ibu Risma itu keren chingu. Selain program itu dia kan juga inisiatif buat memberhentikan lokalisasi di sana dan para pekerja seksual di sana dikasih keterampilan dan dipekerjakan di tempat2 kerajinan gitu. Itu hal yang keren banget dari seorang pemimpin menurut gue. Dia juga ngebangun taman2 kota dan tempat pancuran air supaya anak2 kalo sore bisa main di sana, indah sekali. Gue haru chingu nonton episode hitam putih hari itu, seorang pemimpin yang menurut gue hatinya baik, apa yang dia lakukan membawa kemanfaatan bagi sesama, keren. Semoga pemimpin Indonesia pada kayak gitu ya, amin. Mungkin kalian the next one-nya, hehe. Kalopun enggak jadi pemimpin, gue harap para pembaca di blog ini kelak juga jadi orang yang bermanfaat bagi sesama, apapun profesinya. Menjadi orang yang ahli di bidangnya masing2 dan bisa memberi kemanfaatan dan membuat dunia ini menjadi lebih baik, amin ^^*

[FULL ENG SUB] DAY6 - I Love Idols 151111.mp4_001090956

160530 HAPPY 2 O'CLOCK DAY6 IMMORTAL LIVE (FULL).mp4_001656733

After School Club Ep214 Live on May 31 1PM (KST) - DAY6 Jae.mp4_000024257

#Peace #Love #Happiness

#Live #Love #Learn #Laugh 

#Share #Respect #Inspire

#StayGold #StayTrue #StayReal

Komentar
  1. 23dk mengatakan:

    yokshi yaa…
    emang dasar nya anak-anak DAY6 pribadi dan jiwa musisinya itu gak terbantahkan!!

    ngomong-ngomong masalah mimpi…
    ane juga pernah loh ngerasain hal yang sama kayak ente gituuu…
    dan akhirnya berhenti setelah “berusaha melupakan”,hehehe

    Dan untuk kepemimpinan bu Risma gak usah ditanya lagi deh! Beliau sosok yang ane kagumin setelah Pak Presiden ^_^,dan semoga keinginan ente tentang ‘musisi jalanan’ cepet dipraktekin di berbagai daerah..biar mereka gak dipandang sebelah mata…gak dipandang anak brandalan yang gak berpendidikan.

  2. anggiify mengatakan:

    Udah bisa di duga yeh dowoon mah emang yg paling lama ngapa2in wkwk
    Jae jg udh sering bgt mention hal ini..

    Ngomongin ngamen kangen jg niih sama busking-an day6 >.<

Tinggalkan Balasan

