Fakta-Fakta GOT7 Part 174 (JB: Selalu Berterimakasih Adalah Mindset Yang Baik & Jujur adalah Baik)

Posted: Juni 7, 2016 in About GOT7
Tag:

Come and Get It, GOT7!

Source: Video – [ENG SUB] 160525 One Point Korean Lesson Ep #07 – GOT7 (Credit: , subbed: OMG7 Subbing team)

  • YuGyeom ngerasa diantara dia, Bambam dan YoungJae, member yang paling ga bisa ngafalin jalan/buruk dalam arah adalah YoungJae chingu. Bambam bilang dia dan YuGyeom ketika jalan2 bisa ngehafalin jalan dengan baik. Mereka punya ingatan yang baik dalam direction *wah jangan2 YoungJae kayak Jinwoo WINNER, hehe. Gue sendiri ga tahu sih si YoungJae separah apa ketika ngafalin jalan (soalnya belom pernah nemu video dia tersesat/bingung nyari alamat). Kalo JinWoo WINNER iya, dia susah banget ketika nyari2 alamat chingu. Ilang mungkin dia itu kalo jalan2 sendiri, hehe. Guepun sama chingu, gue ga bakat sama direction makanya beban mental banget kalo diminta jadi penunjuk jalan (karena probabilitas tersesat bakalan tinggi). Prinsip gue adalah “jangan menyesatkan orang lain, kalo diri sendiri gapapa (resiko ditanggung sendiri soalnya)”. Makanya kemana2 gue lebih seneng pergi sendiri meskipun ending2nya juga tersesat dan mesti tanya banyak orang buat ke tempat yang bener/jalan pulang. Tentang direction, gue gagapa tersesat, cuman gue ga mau “menyesatkan” orang lain chingu. Biarlah gue yang harus sering nanya, bolak balik dsb, cuman orang lain jangan sampai menjalani itu dengan gue. Direction itu salah satu kelemahan gue chingu. Makanya gue suka bad mood banget sama orang yang nekat naik kendaraan kenceng (dia penunjuk jalan) padahal gue bener2 udah bilang jangan kenceng2 karena gue bener2 ga tahu lokasi itu. Gue baru berani naik kendaraan kenceng asalkan gue bener2 tahu lokasinya/familiar. Kenapa ga berani? Karena menurut gue orang yang masih menerka2 lokasi ketika di jalan itu bahaya. Selain membahayakan diri sendiri juga orang lain dan gue ga mau jadi sumber bahaya itu. Pernah ga kalian liat orang nyari2 alamat (naik motor misalnya) lalu entah gimana posisinya jadi ke tengah sendiri (karena perhatiannya beralih ke alamat bukannya konsentrasi mengemudi) lalu diklakson kendaraan dari belakang? Nah gue ngerasa itu bahaya makanya ga suka. Solusinya gimana? Kalo gue pribadi untuk tempat2 yang pertama dikunjungi ya pake kendaraan umum (kereta/bus/angkot misalnya). Nah baru kalo udah hafal jalan baru pergi sendiri. Atau kalo enggak diboncengin temen dulu awalnya (yang dia udah bener2 paham lokasinya). Tentang ke suatu tempat, kalo misalnya itu bagi gue ga penting2 banget (gue ga HARUS ke sana), gue mending enggak ke sana daripada meribetkan diri gue sendiri chingu. Gue ga masalah sih dibilang ga pernah main, kurang gaul dsb. Karena omongan orang itu ga perlu semuanya dipikirin juga kan ya. Gue suka simplicity (kesimple-an) chingu, makanya kalo hal itu malah bikin gue ribet sendiri mending enggak. Kecuali gue bener2 pengen dan harus ke sana, maka akan tetep gue usahakan meskipun akan banyak bertanya tadi. Kalo main kan ga harus, makanya ya jarang. Lain kalo misalnya mau ikut tes, mau beli sesuatu yang penting, itu hal lain. Ya sama kayak yang sering gue cerita, gue soliter chingu. Gue kemana2 suka dan sering sendiri (meskipun sering tersesat tadi). Oya, kalian boleh lhoh cerita pengalaman kalian tentang direction di sini ^^*
  • Ketika ditanya siapa member yang paling serius, mayoritas ngejawab Jr chingu. JB X Mark X YuGyeom X Bambam nunjuk Jr. Jr dan Jackson nunjuk YuGyeom semantara YoungJae nunjuk dirinya sendiri, haha *kalo bukan diri sendiri, siapa yang bakalan nunjuk ya bang, wkwk*. Jackson bilang kalo Jr itu tipe orang yang selalu bekerja keras dan ga gampang nyerah sama hal yang dia tekuni chingu. Bambam cerita kalo Jr punya ketertarikan pada acting makanya ketika di dorm dia sering keliatan latihan pelafalan dan baca script *nyambung ya ini sama “analisis” gue sebelum2nya, kalo Jr adalah orang yang serius. Gue rasa semua orang pasti ada sisi seriusnya sih, cuman mungkin kadarnya yang dominan/enggak dibanding karakternya yang lain. Jackson itu kan juga serius cuman kayak ketutup sama sifat cerianya, makanya ga banyak orang tahu kecuali cerita dari teman2/dia sendiri. Kalo Jr menurut gue kadar seriusnya tinggi chingu dan itu ga ketutup sama sifat ceria (kayak kasus Jackson tadi misalnya), jadi ya keliatan kalo dia itu memang orang yang serius. Makanya gue suka karakter Jr chingu, karena gue ngerasanya juga orang yang serius (meskipun kalo bercanda ya lebay kayak Jackson). Temen2 gue pada ga percaya kalo gue itu orang yang serius chingu (karena suka bercanda tadi), cuman gue sendiri ngerasanya gue itu tipikal orang serius. Gue suka bercanda ya karena memang pengen aja orang seneng (suasana jadi menyenangkan) meskipun gue sendiri mungkin lagi sedih, ada masalah dsb. Jadi gue ngerasa kalo dalam bercandaan itupun gue punya intention/maksud dan itu adalah hal serius. Gue ngerasa ga ngasal dalam bercanda, tapi memang karena gue serius pengen ngebuat orang lain seneng/suasana menyenangkan, makanya melakukan itu. Jadi bercanda itupun gue anggep hal yang serius karena gue ada aspek “mikirnya” juga di situ. Gue ngerasa jadi punya 2 karakter yang menonjol chingu, jadi antara “serius” sama “bercanda” itu membaur. Meskipun begitu, gue sendiri ngerasanya aspek serius gue lebih besar. Alesan gue adalah gue ngerasa gue ini soliter, makanya lebih deket ke seriusnya daripada bercanda2nya*
  • Ketika ditanya siapa member yang paling suka bercanda, mereka ber6 sepakat nunjuk Jackson. Ketika ditanya kesannya dibilang member yang paling suka bercanda gimana, dia bilang “ya aku berterimakasih”. Bambam nyaut “apa yang kamu terimakasihkan dari itu?” cuman JB bilang “berterimakasih terhadap segala sesuatu adalah mindset yang baik” *gue setuju sekali sama kata2 JB ini chingu. Kata2 yang keren. Berterimakasih/bersyukur pada apapun yang diberikan memang merupakan mindset yang baik. Kenapa? karena dalam keburukan yang kita dapatkan sekalipun sesungguhnya ada yang tetep bisa kita petik sebagai suatu hikmah yangmana dengan hikmah itu bisa mengantarkan kita menjadi lebih baik dari sebelumnya chingu. Termasuk ketika ditunjuk sebagai orang yang suka bercanda. Bercanda memang ga boleh berlebihan sih, cuman perlu juga kan untuk meningkatkan mood. Asal bercandanya ga bohong dan ga nyinggung orang2 lain. Menurut gue bercanda itu hal sulit sih chingu. Karena ga ngasal juga, tetep harus dalam koridor yang benar. Ini karena gue muslim dan dalam Islam tetep harus ada kan aturan2 dalam pergaulan. Ga ngasal/los banget, tetep diatur supaya ga bertentangan dengan yang semestinya. Dan ga hanya dalam hal bercanda menurut gue, banyak hal yang kita perlu menanggapi itu dengan terimakasih juga. Penelitian juga menunjukkan kalo orang yang sering bersyukur/berterimakasih dengan cara menulis catatan kesyukuran apa yang dia dapatkan hari itu hidupnya akan lebih bahagia. Berarti bersyukur/berterimakasih memang adalah sumber kebahagiaan manusia. Makanya bener kata JB, berterimakasih adalah mindset yang baik. Berterimakasih itupun ga harus yang misalnya kita rangking 1, dapet undian hadih dsb lalu baru berterimakasih, bisa bernafas dengan sehat sehinga bisa beraktivitas sampai saat ini, bisa berbagi senyum dengan teman2 di sekolah/kampus/kantor, bisa memberi sedekah meskipun sedikit kepada yang membutuhkan, bisa meringankan beban teman kita dengan membantu sebisanya (meskipun cuman jadi tempat curhat), bisa makan 3 kali sehari, bisa tidur dengan nyenyak setelah seharian beaktivitas, bisa mandi dengan nyaman di rumah sendiri dsb. Semua itu harus disyukuri karena ada orang2 yang dalam hidupnya ga bisa merasakan hal2 itu. Jadi, ayo lebih banyak berterimakasih/bersyukur chingu, ayo lebih bahagia dari sekarang!. Selain berterimakasih, mari kita juga berbagi kasih kepada sesama dengan berbagi semampu kita chingu. Semoga hidup kita semua menjadi lebih bahagia dengan hal itu. Amin…*
  • Ketika ditanya siapa member yang paling penakut. 5 member ngejawab Bambam sedangkan Bambam X YuGyeom ngejawab YoungJae. Alasan Mark nunjuk Bambam adalah Bambam ketika tengah malah gitu suka minta hyung2nya deket2 dia di kamar. Ini karena dia lagi nonton film horror makanya takut sendirian. Jadi di satu sisi dia takut sama hal horror, cuman di sisi lain seneng nontonya. Makanya suka nonton cuman harus ada yang nemenin chingu. Nah kalo YoungJae tadi, alesan Bambam bilang dia penakut adalah adalah karena YoungJae ga berani naik wahana di amusement park. YoungJae sendiri ngejawab, katanya itu karena jantungnya yang ga bisa menghandle itu, makanya ya ga naik. Jackson sama, dia juga ga berani naik2 begituan karena takut sama jantungnya chingu. Dan Bambam diakhirnya bilang “gapapa, penakut kan bukan hal yang buruk” lalu JB nyaut “iya bener, jujur adalah hal baik” *gue sepakat lagi sama sautan JB ini chingu. Takut itu bukan hal yang buruk juga, itu justru wujud dari sikap kehati2an kita sebagai manusia. Sekarang misalnya kita gengsi (padahal kita punya penyakit jantung) dan nekat naik wahana karena takut dibilang penakut/cemen. Yang nanti rugi kalo terjadi apa2 siapa? Kita sendiri kan?. Kita jadi semacam “mendzolimi” diri kita sendiri jadinya, makanya ya jangan dilakukan. Takut itu menurut gue malah banyak positifnya chingu. Contoh lain misalnya orang yang ga gengsi dibilang cemen karena ga ngerokok karena dia takut paru2nya akan sakit. Itu takut yang baik kan, meskipun konsekuensinya dia dibilang cemen/penakut/sok alim dsb. Takut yang lain misalnya takut ga pacaran karena ntar bisa jadi kebablasan (lebih banyak jeleknya daripada baiknya). Takut ga bohong (selalu jujur) karena takut dosa. Takut menyebar aib orang lain karena takut ntar aibnya kesebar balik dsb. Takut malah justru jadi sesuatu yang baik kan kalo takut yang seperti itu tadi? Kalo takut di konteks Bambam ini takut yang jujur, jadi baik. Dia jujur mengakui kalo dia penakut dan menurut gue itu hal yang baik chingu. Kenapa? karena ya memang begitulah dia, dia ngomong apa adanya. Jujur itu apa sih pengertiannya? jujur itu adalah mengatakan sesuai dengan yang sebenernya. Jadi misalnya dia memang begitu ya katakan saja apa adanya, jangan bohong/dikarang/dibuat2. Gue jadi inget kata2 “jujurlah dalam apapun meskipun belum tahu tanggapan orang akan seperti apa, karena paling tidak dengan jujur kamu telah melegakan dirimu sendiri dan segala tanggapan menjadi urusan orang lain, bukan kamu”. Misalnya jujur itu awalnya kita anggap sebagai beban (bilang ga ya, jujur ga ya, aduh, harus bilang apa ini?), maka dengan mengatakan kejujuran itu sendiri berarti beban kita sudah hilang chingu. Kita udah ga usah mikir lagi, atau paling tidak ga nambah masalah. Nah perkara tanggapan orang akan gimana ya itu jadi urusan mereka. Jadi semacam “jujur bisa mengurangi beban pikiran kita/ga nambah masalah lain”. Karena bohong itu pangkal kejahatan chingu. Orang yang terbiasa bohong maka hidupnya akan penuh dengan scenario untuk melancarkan kebohongannya itu dan pada akhirnya dia akan kewalahan dan rugi sendiri. Orang yang ga jujur hidupnya ya ga jelas, dia harus pinter nyusun skenario2 supaya kebohongannya ga terungkap. Gue pernah denger hadist yang intinya “kebohongan itu pangkal kejahatan dan kejahatan itu pangkal ke neraka”, makanya bohong itu hal bahaya yang harus dihindari. Karena berbohong bisa menjadi pemicu untuk timbulnya kejahatan2 lain yang lebih besar. Gue sendiri ngomong gini ya untuk gue sendiri juga chingu, sebagai pengingat gue juga, bukan ke kalian aja. Gue sendiri masih jauh dari baik, masih belajar, masih banyak hal yang harus gue ubah dsb. Cuman ya semoga kata2 ini ada manfaatnya bagi kita semua. Paling enggak ini bisa jadi hal yang kita bisa lebih aware lagi terhadap itu. Semoga kita sama2 bisa belajar dari GOT7 ya kali ini. Gue rasa gue belajar banyak dari 2 statement JB ini, selalu berterimakasih dan jujur. Semoga kata2 ini bisa kita terapkan dalam kehidupan kita sehari2 ya chingu. Annyeong~ ^^*

[ENG SUB] 160525 One Point Korean Lesson Ep #07 - GOT7.mp4_000012112

[ENG SUB] 160525 One Point Korean Lesson Ep #07 - GOT7.mp4_000156923

[ENG SUB] 160525 One Point Korean Lesson Ep #07 - GOT7.mp4_000190857

[ENG SUB] 160525 One Point Korean Lesson Ep #07 - GOT7.mp4_000217350

[ENG SUB] 160525 One Point Korean Lesson Ep #07 - GOT7.mp4_000231731

[ENG SUB] 160525 One Point Korean Lesson Ep #07 - GOT7.mp4_000252885

[ENG SUB] 160525 One Point Korean Lesson Ep #07 - GOT7.mp4_000317617

#Peace #Love #Happiness

#Live #Love #Learn #Laugh

#Share #Respect #Inspire

#StayGold #StayTrue #StayReal

Komentar
  1. 23dk mengatakan:

    Dan selalu yaa..
    kata yang keluar dari mulut leader-nim selalu bermakna ^_^

    dan untuk urusan direction,,kayaknya gue sama nih..lebih suka jalan-jalan sendiri dari pada rame-rame soalnya kalo kesasar malah kita yang diomelin dan suasana jalan2 pun jadi gak enak.
    Gue pun juga bisa dibilang jaraaaaaang banget keluar rumah. Bukan karena gak mau atau apa cuman kebanyakan mikirnya. Apa-apa selalu dipikirin lagi mungkin sampe berkali-kali apa itu bermanfaat apa engga ? Harus banget apa engga ? sampe akhirnya gue nemu jawaban yang menurut gua pas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s