Fakta-Fakta DAY6 Part 20 (DAY6 X Musim X Bahasa Korea X Kuliah X Leadership X Healing Time)

Posted: Juli 7, 2016 in About DAY6
Tag:

Source: Video –  160630 KISS THE RADIO HEARTATTACK LIVE DAY6 (credit: KBS Radio, uploaded: DAY6 TV), [ENG] YooJiWon’s Rooftop Radio DAY6 FULL (Credit: KBS, subbed: AidaSub)

  • Ketika WonPhil X DoWoon X YoungK main di “heartattack radio”nya LeeTeuk, mereka ditanya tentang musim apa yang semacam “kalian banget”, musim yang feel kalian kena banget saat itu chingu. WonPhil ngejawab musim panas. Yaitu ketika hujan turun di malam harinya. Dia rasa aroma hujan ketika itu lembab dan itu aneh bagi dia. Ada feel tertentu jadinya ketika merasakannya *yeokshi ya, WonPhil sensitif anaknya. “Aroma hujan musim panas”, feel yang gue rasa ga bisa terasakan kalo orangnya memang ga sensitif chingu*. Ini beda sama DoWoon chingu, dia lebih bold, ga mikir sampe seperti itu. DoWoon bilang kalo memang lagi panas ya dia ngerasa panas, kalo dingin ya dingin, that’s all. Kalo Young-K, dia ga punya feel khusus ke musim tertentu, tapi dia rasa dia lebih sensitif ketika waktu subuh tiba *kalo kalian gimana chingu? Adakah waktu yang berkaitan dengan musim/iklim yang membuat kalian begitu sensitif? Apakah kalian tipe yang bold kayak DoWoon atau sensitif kayak YoungK dan WonPhil? Boleh lhoh share perasaan kalian pada musim/iklim tertentu di sini ^^*. Kalo Gue, musim/iklim/sejenisnya yang paling bikin gue sensitif adalah ketika ngeliat daun2 berwarna kuning/merah/coklat berguguran chingu. Musim yang mirip2 musim gugur. Gue rasa musim seperti itu cocok di gue. Musim perpisahan, musim yang mungkin bisa diartikan sedih juga. Gue pada dasarnya suka hal2 yang mellow chingu, tipe orang yang suka menikmati kesendirian/soliter, berfikir sendirian, melakukan apa2 sendirian dan gue rasa musim itu mewakili*
  • Ketika anak2 DAY6 main di “Rooftop Radio”, DJnya nanya WonPhil itu tipe orang yang kayak apa chingu. Jadi DJnya ngomong WonPhil itu keliatannya dingin, anak yang chic, cuman apakah memang benar begitu, makanya dia nanya. SungJin cerita kalo WonPhil memang keliatannya chic, cuman sebenernya dia gentle (lemah lembut) chingu. Dia kalo ngomongpun halus, kayak ibu. Beda sama SungJin yang asalnya dari Busan, yang pake satoori, yang penekanan2/tone-nya kalo ngomong kayak kurang friendly (karena meletup2) *tapi iya ya chingu, WonPhil itu kalo ngomong halus, adem jadinya yang ngedengerin. Dia ga menggebu2/meletup2 kalo ngomong, sensitif juga. Gue sendiri suka chingu orang model begitu. Orang model kalem gitu gue suka. Soalnya gue ga kalem, makanya suka gitu ngeliat orang kalem. Kayak ngeliat dunia yang berbeda jadinya, gue suka, hehe. Gue kalo ngomong masih yang menggebu2 chingu, apalagi kalo lagi semangat/gue suka temanya. Itu bisa panjang, jadi kayak orang pidato, wkwk. Karena pada dasarnya gue suka ngomong/cerita juga chingu selain nulis. Jadi both speaking X writing gue suka. Listeningpun gue suka, karena nonton acara radio kayak ginipun gue bisa menikmati. Selain itu gue kalo ngomong juga cenderung cepet chingu, cerewet juga, makanya jauh dari kalem tadi TT TT. Gue sering cerita ke temen2 kalo cita2 gue adalah jadi anak kalem, meskipun sampe sekarang belom kesampean juga, belom kalem2, hehe. Kenapa gue pengen kalem? Karena gue rasa itu lebih baik chingu, kayak lebih bisa mengendalikan diri soalnya. Doakan gue jadi anak kalem yah chingudeul! Hehe*
  • Di sini anak2 DAY6 cerita kalo awalnya mereka ga bermaksud bikin lagu2 sendiri untuk album mereka chingu. Cuman setelah mereka dikonsepkan menjadi sebuah band, agensi mengatakan bahwa band harus bisa membuat lagu mereka sendiri dan menaruh warna/style musik yang unik dari mereka di lagu mereka. Mereka sadar kalo itu sifatnya harus dan akhirnya mulai menulislah mereka. Mereka mulai menulis lagu sendiri sejak itu. Awal2nya mereka mendapatkan kesulitan karena bikin lagu sendiri ternyata sulit chingu. Cuman sekarang mereka udah dibantu sama composer2 di JYP. Mereka bisa belajar banyak dari situ sehingga dalam hal composingpun mereka menjadi lebih baik dari sebelumnya *gue setuju sih sama ini, yang namanya band keknya gimanaaa gitu kalo ga bisa bikin lagu2nya sendiri. Kalo boyband mah mungkin ya wajar karena lebih ke performance/dance/vocal, cuman kan kalo band mereka main alat musik (lebih ke musik), jadi kayak ga pas aja kalo mereka sendiri ga bisa bikin musik sendiri. Laruku misalnya, mereka adalah band yang member2nya juga bikin musik/lirik mereka sendiri. The Script juga. Makanya DAY6pun ya harus. Mereka harus punya identity sebagai band sehingga orang bisa membedakan mereka dengan yang lain karena punya warna/style/keunikannya sendiri*
  • Jae ngerasa belajar bahasa Korea itu sulit chingu. Jadi 6 bulan sebelum dia dateng ke Korea, dia masih SMA dan dia harus mempelajari/membaca buku Korea untuk anak SD buat belajar. Selain belajar bahasa Korea, dia ga mengalami kesulitan di hal2 lain/seneng2 aja (main band, nyanyi). Cuman ya itu, belajar bahasa Korealah yang susah buat dia. Pronunsationnya dia memang bagus, cuman kadang ada hal2 yang dia ga ngerti selama terlibat pembicaraan dengan orang lain chingu. Misalnya WonPhil lagi cerita lucu banget, harusnya Jae ngerespon kalo dia memang ngerti, cuman dia suka ga ngerti, makanya sering senyum2 aja atau bilang “oh gitu, bener2” *gue rasa bahasa Korea juga ga semudah yang dibayangkan sih. Mungkin aspek nulis hangeulnya gampang, cuman membuat kalimatnya yang menurut gue susah. Memahaminya lumayan mudah cuman ngomongnya yang menurut gue susah. Cuman ya ga ada sih hal di dunia ini yang kita ga bisa kalo mau belajar, termasuk bahasa Korea. Jaepun meskipun belum lancar2 banget juga udah bisa sekarang. Kalian dan guepun sama chingu, kalo kita tekun belajar dan latihan pasti bisa, apapun bidang yang ingin kita pelajari. Jadi jangan bosen2 untuk tekun belajar dan berlatih ya, Fighting!!!*
  • SungJin cerita kalo dia adalah tipe orang yang misalnya ada hal yang membuat dia tertarik/masuk di pikiran dia, dia ga akan mudah melupakan itu dan cukup obsesif pada itu chingu *determined ya jadinya, tekatnya bulat*. Makanya dia juga member yang paling sering kayak marah atau menunjuk sesuatu (kalo dia rasa ga tepat) ke member2 DAY6 lain. Cuman dia juga kadang2 nraktir mereka makan (habis marah ya tetep nraktir, hehe) *yeokshi leader, marah demi kebaikan tim kan ya?*. SungJin sendiri ngerasa awalnya dia ga punya karakter leader chingu. Cuman itu semua akhirnya ada/terbentuk setelah dia jadi leader. Jadi dia bisa jadi leader bukan karena dia punya personality leader sejak awal, cuman karena dikasih tanggungjawab jadi leader makanya jiwa leadershipnya terbentuk. Lama2 kemampuan leadershipnya meningkat, mengingat dulu dia adalah tipe orang yang terbiasa melakukan apapun yang ingin dia lakukan *berarti mungkin dulu kayak “semaunya” ya chingu, bener2 mengikuti dirinya sendiri saja. Cuman sekarang jadi lebih disesuaikan karena dia leader grup. Tapi gue setuju sih kalo ada tipe2 orang kayak gini. Orang yang sebenernya ga kompeten di satu bidang cuman lama2 jadi kompeten karena diberi tanggungjawab di bidang itu. Ini karena ada proses belajar dan berlatih di situ yang menyebabkan dia bisa. Apalagi SungJin orangnya determined kan, jadi sekiranya dia mau belajar dan memahami hal2 terkait terkait posisinya itu*. Ketika ditanya siapa member yang paling nurut, dia bilang YoungK chingu *yeokshi ya, YoungK. Keliatan sih kalo menurut gue kalo YoungK lebih penurut dibanding member2 lain. Dia gue rasa anaknya mudah chingu (ga yang banyak alasan) atau semacam lebih suka semua berjalan lancar dan baik tanpa banyak interupsi. Tipe orang yang easy going menurut gue. Gue pribadi suka chingu sama karakter anak2 DAY6. Ada aspek2 di pemikiran/personality mereka yang gue rasa gue juga kayak gitu/relate sama gue atau gue suka sama karaktermereka yang di gue ga ada. Gue ngerasa paling relate sama SungJin X WonPhil X YoungK chingu. Mungkin kalianpun merasakan hal yang sama*
  • YoungK dari dulu suka hip hop chingu makanya dia pengen bisa gimana caranya rap bisa masuk di genre band tanpa ngebuatnya jadi begitu aneh. Makanya ada terus kan part2 rap di lagu2nya DAY *dan menurut gue itu ga aneh, malah bagus. Kayak fusion jadinya, ketika genre rap dimix sama genre band. Malah gue rasa part2 rapnya YoungK itu somehow malah sangat impactful, berkesan sekali buat yang nonton. Selain skill rapnya juga ekspresi dia ketika ngerap, total banget*
  • YoungK meskipun aktif di DAY cuman dia adalah anak kuliahan yang masuk secara regular juga lhoh chingu. Dia bahkan ketika ditanya tentang kuliahnya di “rooftop radio” ini bilang baru saja kelar ujian akhir (semacam UAS kalo sekolah). Dia juga bilang kalo dia belajar dengan keras. Jurusannya sendiri adalah manajemen bisnis chingu *wah~ keliatan smart juga sih chingu menurut gue si YoungK ini. Keren ya, meskipun ngeband tapi tetep belajar dengan keras juga di kuliahnya. Salut!*
  • Kalo YoungK kuliah jurusan manajemen bisnis, Jae kuliah di Ilmu Politik/Political Science chingu *kayak gue dong? Wkwk. Gue dulu juga masuk fakultas Political Science chingu, jurusannya HI (Hubungan Internasional)*. Bahasa Inggrisnya Jae bagus juga soalnya, jadi ya cocok. Jae di sini cerita kalo dia adalah tipe orang yang cenderung akan bicara lebih cepat kalo sedang excited/semangat chingu, padahal bahasa Koreanya masih belum bagus. Makanya suka jadi kacau sendiri lalu pindah deh ke bahasa Inggris ngomongnya (meskipun member2 banyak yang ga ngerti, wkwk). YoungK doang yang bisa ngerti dia karena pernah tinggal di Kanada juga, jadi bisa bahasa Inggris. Masuk kuliah jurusan ilmu politikpun Jae bilang member2 lain pada ga percaya chingu, karena factor bahasa Koreanya tadi, haha. Makanya dia bilang tolong nilai dia dari bahasa Inggris saja, jangan Korea *guepun kalo ngomong/presentasi gitu ketika masih kuliah cenderung cepet chingu. Bahkan akan sangat cepat kalo excited, sekarangpun masih, jadi kayak menggebu2 gitu, makanya pengen lebih slow/kalem kayak yang gue omongin di awal tadi. Selama kuliah dulu sering presentasi2 gitu, makanya terbiasa ngomong di depan umum juga. Gue ga tahu fakultas lain gimana cuman kalo di Political Science gue rasa part mahasiswa ngomong cukup banyak chingu. Banyak presentasi, banyak bertanya dan banyak mengutarakan pendapat/persepsi/pemikiran kita di depan umum tentang suatu hal. Makanya gue rasa harus banyak baca juga supaya tahu banyak bahan, jadi ada banyak materi buat ngomong. Selain itu juga banyak mendengarkan supaya tahu tendensi orang/audience kita gimana, makanya kita bisa menggunakan komunikasi yang bisa dia terima. Jadi aspek listening X speaking X reading X writing itu semua harus secara hampir seimbang dipelajari, karena ilmu yang dipelajaripun sifatnya holistic (menyeluruh), ga parsial (khusus di 1 hal tertentu aja). Lebih generalis menurut gue Political Science itu*
  • Ketika ditanya apa cara yang mereka lakukan untuk healing, SungJin cerita kalo lagi punya beban berat/sedih, dia akan nangis chingu. Dia akan ngedengerin lagu sedih atau nonton film sedih sambil terus2an nangis. Dan besoknya dia akan merasa lebih segar. Dia juga bilang tipe orang yang suka sama hal2 sedih chingu, terutama saat sedang punya beban berat *berarti sensitif juga ya, kayak WonPhil. Gue rasa WonPhil sama SungJin itu anaknya sama2 sensitif chingu, bedanya kalo WonPhil pembawannya slow/kalem/lemah lembut sedangkan SungJin lebih terkesan bold karena dia anak Busan juga*
  • WonPhil bilang kalo dia sama kayak SungJin chingu *nah iya kan*. Ketika sedang merasakan beban yang berat, dia harus menangis. Dia juga seneng ngedengerin lagu2 sedih. Ketika sedang ngdengerin lagu sedih dan dia lagi ga sedih, dia akan komen seperti “ah bagus~”. Dan ketika sedang sedih, komennya akan semacam “ah benar~”. Lagu itu akan membuatnya sangat emosional. Dia akan masuk ke dalam emosi lagu itu karena lagu itu relate di dia chingu. Dia bilang menangis adalah salah satu caranya untuk healing.
  • Kalo Jae, cara healingnya adalah langsung marah/langsung dilampiaskan chingu. SungJin juga cerita kalo kadang Jae marah yang asalnya ga dari member2 DAY6 cuman dilampiasin ke member2 DAY6, haha. Cuman ya mereka gapapa karena udah temen kan, jadi mudah untuk berdeal dengan itu *daripada dilampiasin ke JYP misalnya? Kan jadi berabe tuh, wkwk*
  • Kalo YoungK, cara healingnya adalah dengan jalan2 sendirian chingu. Sekarang dia lagi sibuk dengan DAY6 dan juga belajar, jadi ga bisa. Cuman biasanya kalo lagi butuh healing, dia jalan2 sendirian tadi. Di akhir pekan ketika dia sedang merasa ga baik, maka dia akan naik bus sendirian dan pergi ke daerah kayak Gangneung dan GyeongJu chingu. Ketika DJnya nanya kenapa dia suka jalan2 sendirian, YoungK bilang DJnya harus mencobanya sendiri dan merasakannya sendiri. Hal2 yang YoungK suka ketika jalan2 sendirian adalah momen melihat langit, merasakan angin, mendengar suara ombak di pantai, melihat orang yang lalu lalang, teriak sekencang2nya ketika naik gunung dsb *wah indah ya chingu? Apakah kalian juga sama dengan YoungK yakni suka jalan2 sendirian? Gue jujur iya chingu. Gue dari dulu suka sekali kemana2 sendirian, gue ngerasa gue ini soliter, apalagi ketika healing time. Naik kereta sendiri, menikmati pemandangan di balik jendelanya sendiri, setelah sampai ke tujuan ya jalan2 sendiri, main ke pojok2 desa sendiri, gue seneng dengan aktivitas2 kayak gitu chingu. Mungkin orang yang terbiasa harus ada temannya kalo jalan2 sesekali harus merasakan ini. Gue ga ngejamin sih bakalan suka karena style orang masing2, cuman kalo gue pribadi sepakat sama YoungK tadi chingu. Jalan2 sendirian itu lebih bebas menurut gue, lebih menenangkan juga. Gue rasa healing time ini perlu sekali chingu buat sesekali dilakukan. Waktu dimana kalian sedang berusaha untuk mengembalikan semangat kalian yang mulai redup karena hal2 yang ga kalian suka/beban/mengganggu kalian. Waktu untuk menyembuhkan diri kalian sendiri dari rasa sakit secara psikis. Caranyapun bisa beragam. Itu tadi healing time versi member DAY, apa versi kalian chingu? Boleh lhoh sharing di sini ^^*

160630 KISS THE RADIO HEARTATTACK LIVE DAY6.mp4_000155533

[ENG] YooJiWon's Rooftop Radio DAY6 FULL.mp4_000022889

#Peace #Love #Happiness

#Live #Love #Learn #Laugh 

#Share #Respect #Inspire

#StayGold #StayTrue #StayReal

Komentar
  1. Yulis mengatakan:

    Mengenai healing time, selama ini aku sama kayak sungjin dan wonpil. Karena memang selama nangis dengan dengerin musik/nonton movie nanti rasanya refresh lagi.. Pengen coba cara healing time young k..
    Selama ini ngikuti day6, ngefans sama young k karena young k selain sibuk sama Day6 masih kuliah secara reguler.. Itu jadi motivasiku juga sih.. Young k bisa, saya juga harus bisa..

  2. Yulis mengatakan:

    Mengenai healing time, selama ini aku sama kayak sungjin dan wonpil. Karena memang selama nangis dengan dengerin musik/nonton movie nanti rasanya refresh lagi.. Pengen coba cara healing time young k..
    Selama ini ngikuti day6, ngefans sama young k karena young k selain sibuk sama Day6 masih kuliah secara reguler.. Itu jadi motivasiku juga sih.. Young k bisa, saya juga harus bisa.. karena selama ini aku juga kerja dan kuliah..

  3. Yukiharu_nff mengatakan:

    Musim, aku suka pas hujan Kak. Ga tau kenapa, cuman dari kecil seneng aja kalau ngeliat hujan dari jendela. Ngeliat gelembung2 yg terbentuk di halaman. Ngeliat tetesan air dari langit, ngedengerin suara hujan itu bikin aku tenang. Jadi yaa pokoknya suka aja sama hal itu, hujan itu cantik dan indah, hehe🙂

    Nah, kalau healing time biasanya aku nangis sampe ketiduran ini kalau bener2 parah. Kalau masih di tahap sedang, healing time aku gambar sih.

Tinggalkan Balasan

