Fakta-Fakta BTS Part 227 (Suga X “Agust D”)

Posted: Agustus 20, 2016 in About BTS
Tag:

BANG! TAN! BTS!

Source: [FULL] Agust D – Agust D (BTS Suga 1st Mixtape) (Credit: Agust D, uploaded: Hanii), BTS Suga (AGUST D) – SKIT [Han-Eng Sub] (Credit: Agust D, subbed: Jeonilysm), BTS Suga (AGUST D) – AGUST D [Lyrics Han-Rom-Eng] (Credit: Agust D, subbed: Jeonilysm)

  • *akhirnya 1st full Mixtape Suga keluar chingu. Ini hal yang pasti ditunggu para “pecinta” Suga, dan mungkin itu kalian. Guepun juga nunggu chingu, pengen tahu karyanya setelah lebih dari setahun yang lalu tahu RapMon ngeluarin 1st full mixtapenya. Ketika pertama ngeliat MV “Agust D” (1st MV untuk mixtape ini), impresi/kesan gue ke lagunya adalah kurang suka. Karena menurut gue kurang estetik, ngerap cuman gue rasa kayak orang ngamuk, jadi gimanaa gitu. Apalagi liriknya terlalu frontal menurut gue. Ini selera aja sih. Mungkin karena gue orang yang lebih suka sesuatu yang slow/apalah jadi kurang suka rap yang terlalu menggebu2 dengan cara ngerap yang kayak orang marah2. Apalagi suaranya Suga juga agak serak gitu kan, jadi bener2 kedengeran kayak orang ngamuk. RapMon adalah contoh rap yang “style gue” chingu. Dia selain main wordplay yang menurut gue “genius”, pilihan musiknya bagus, juga beat/musik sama kata2 di rapnya nyatu menurut gue. Tipe rapper yang “normative” ya mungkin, cuman gue suka. Karena ini selera, gue ga bilang selain RapMon ga bagus lhoh, itu preferensi kita masing2 aja. Sugapun menurut gue juga punya ciri khas dalam rapnya. Dan itu jelas beda sama RapMon. Gue rasa Suga itu tipe rapper yang kalo ngerap menggebu2 chingu. Kadang antara beat sama musiknya jadi kurang pas menurut gue, karena menggebu2 tadi. Terlalu penuh emosi, emosional. Tapi bukan emosional yang semangat, tapi gloomy/dark. Kayak orang depresi gitu. Menggebu2 cuman auranya gelap, dark, suram, kayak memendam masalah yang dalem banget dalam hidupnya. Makanya kayak orang marah2 jadinya. Kayak rap pelampiasan. Jujur gue ngedenger “Agust D” pertama kali itu impresi gue cuman “Suga lagi marah2 nih”. Gue di hari itu belum denger semua mixtapenya sih chingu, baru “agust d” sama “give it to me”. Baru tanggal 20 (hari ini) gue denger semuanya. Lagu “Agust D” menurut gue musiknya bagus chingu, berkelas, apalagi yang di awal2/intro, keren. Suga pinter sekali bikin musiknya, yeokshi. Cuman konten liriknyalah yang ga sepenuhnya gue suka, meskipun tetep ada hal positif yang bisa gue ambil juga. Konten liriknya kayak dia lagi nunjukin apa pencapaian dia sekarang ke haters2nya dia. Nekanin kalo apa yang dia dapet sekarang adalah buah usaha keras dan apa yang dia dapet itupun disebutin di liriknya. Dari konser sana sini, ngejual jutaan album dsb. RapMon di lagu “monster” itupun menurut gue hampir2 kayak “agust d” ini, semacam nunjukin juga kalo dia kompeten. Cuman entah gimana RapMon menyampaikannya lebih estetik menurut gue, jadi guepun yang ngedenger meskipun ga suka sama budaya “nunjukin pencapaian” ala rapper, cuman bisa menikmati aspek lainnya kayak wordplaynya dan beat sama rapnya yang ngeblend dengan bagus. RapMon kayak dikias2 gitu diksinya, ga begitu frontal. Interpretasi gue jadi “ah bodo amat liriknya, gue ngedenger wordplay dan skill rapnya aja ah”, kayak gitu. Gue suka hip hop chingu, cuman gue membatasi diri gue untuk sebisa mungkin hanya mengambil hal2 baik dari hip hop saja dan budaya rap yang kontennya “nunjukin secara berlebihan kemampuan diri” itu gue ga suka. Ngedengerin musiknya/beatnya/skill ngerapnya sih gue gapapa cuman kalo menghayati liriknya ya ga bisa karena ga suka dan ga relate juga dengan gue. Nah menurut gue Suga di “agust d” ini terlalu frontal liriknya. Mungkin itu juga karena dia tipe orang yang ga basa basi. Jadi ya relate lah kalo hasil mixtapenya kayak gini.  Apa nih kesan pertama kalian denger “agust d”? share di sini boleh lhoh~. Beberapa hari lalu gue sempet nanya juga ke temen2 di FB tentang kometar mereka sama mixtapenya Suga dan jawabannya beragam. Ada yang suka, ada yang kurang suka, ada yang lebih suka nevermind (yang ada di HYYH), ada yang relate banget dengan mereka dsb. Apapun itu, semua orang bebas menginterpretasi karya Suga ini. Dan ga harus sama, interpretasi kalian bisa beda dengan gue. Cuman kalo gue boleh saran, janganlah mengambil hal2 yang kalian rasa negative dari liriknya dia di mixtape itu. Yang negative ya semacam “cukup tahu aja”, biarin aja, itu kan Suga. Cuman yang positif kayak pesan2 dia untuk selalu kerja keras itu bisa kita ambil. Soalnya mixtape ini kan memang ga dibuat2, real perasaan dia. Dia di sini sebagai Agust D, bukan Suga yang di BTS*
  • Oya, kalian notice kan di intro mixtape ini di tulis “Dt sugA” dan kalo itu kalo dibalik jadi Agust D? *apa memang gitu ya? dia milih nama Agust D ini karena memang diniatkan semacam “Suga yang asalnya dari Dt (Daegu Town)”. DT = D Town/Daegu Town, asal daerahnya dia. Selalu kan ya nama Daegu itu dibawa ke lagu2 dia. Dia sering bilang “D Boy” yang mengarah pada Daegu Boy (Anak Daegu). Tapi daripada nama “Suga” gue lebih suka nama “Agust D” sih chingu, karena lebih keren menurut gue, lebih maskulin/cowok banget. Suga adalah nama yang menurut gue agak feminine soalnya. Kalo kalian gimana chingu? Kesan kalian sama nama “Agust D” ini gimana?*
  • *setelah denger semua lagu di mixtapenya, gue rasa lagu2 lain selain “agust d” dan “give it to me” maknanya dalem2 chingu, banyak hal bagus menurut gue, the next akan coba gue bahas*. Ok, sebelum masuk ke lagu “Agust D”, kita ke SKIT mixtape ini dulu. Jadi di SKIT ini Suga sama kakaknya ceritanya lagi ngobrol di tempat makan chingu. Suga cerita ke kakaknya kalo mixtape yang dia kerjakan ini bukan hal yang dia lakukan sebagai Suga BTS, tapi pengen nunjukin sisi dia yang lain dari banyak sisi yang dia miliki *berarti sisinya banyak ya? Gue rasa gue dan kalianpun sama chingu. Manusia ga hanya punya satu sisi pastinya. Kayak Suga, ada sisi cutenya untuk fan service, ada sisi laidbacknya kalo udah di kamar/tidur, ada sisi passionate-nya kalo lagi bikin musik, dan ini gue rasa sisi serius dia yang lagi pengen ngeluapin semua yang dia rasakan selama ini dalam karirnya. Banyak sisi, dan gue rasa kitapun sama aja. Gue orang yang cerewet cenderung ceria di satu sisi, cuman suka untuk menyendiri/soliter di sisi yang lain. Memang berlawanan sih, cuman 2 sisi itu ada di gue. Nah Sugapun di mixtape inipun juga bilang kalo dia ingin menunjukkan satu dari banyak sisi dia yang lain. Lagipula manusia memang ga stag kan? Kadang ceria, kadang sedih, kadang serius, kadang santai, ga sama setiap waktu. Dan di waktu ini, Suga pengen nunjukin sisi dia yang bukan sebagai Suga member BTS, tapi sebagai Agust D menurut gue. Dengan itu ya berarti jelas kalo mixtape ini ga akan sesuai dengan lagu2 dia di BTS, karena memang sisi dia di BTS dengan sisi dia sebagai Agust D di mixtape ini berbeda.  Cuman kalo misalnya milih, gue lebih seneng sisi dia sebagai Suga di BTS chingu. Agust D ini menurut gue sisi gelap (?) dia soalnya #halah, hehe. Makanya di FB kemaren juga ada yang komen lebih suka Suga di “nevermind” misalnya. Guepun setuju sama komen itu karena tadi, gue lebih menyukai sisi Suga sebagai Suganya BTS*. Nah, Suga juga bilang ke kakaknya di SKIT ini kalo selama ini hyungnya sangat percaya padanya di dunia musik yang pengen djalaninya ini. Dia juga sampe bilang ke Yankie hyung sama Suran noona (yang featuring sama dia di mixtape ini) kalo dia bisa do music seperti sekarang karena hyung yang telah percaya pdanya. Dia ngerasa ada orang yang percaya pada apa yang dia lakukan adalah hal yang bagus. Semacam dia berterimakasih karena hyungnya selama ini percaya pada pilihannya chingu *bener ya ini, ketika ada orang/anggota keluarga yang mendukung langkah kita, kita pasti ngerasa seneng banget. Orang yang ga memandang sebelah mata pilihan kita dan percaya bahwa kita bisa. Itu udah dukungan moril yang besar banget menurut gue. Karena bagaimanapun manusia perlu dukungan kan untuk terus maju? Dan dukungan dari keluarga adalah salah satu yang paling besar artinya menurut gue*. Kakaknyapun bilang kalo sejak masa training sampe debut, dia percaya pada adiknya *seperti yang kita tahu ya kalo Suga sebenernya dilarang ngerap2 sama orangtuanya. Orangtuanya pengen Suga hidup “normal” jadi PNS aja, cuman dianya nekat tetep mau ngejar cita2nya jadi rapstar. Cuman dengan usaha kerasnya sekarang dia bisa membuktikan kalo diapun bisa “sukses” di bidang yang dia sukai *jadi intinya mixtape ini bukan Suga sebagai Suganya BTS, ini dia sebagai Agust D chingu, sisi dia yang lain*
  • Ada lirik di lagu itu yang bilang “kategori K-Pop ga cukup buatku”, jadi semacam “levelnya dia udah di atas K-Pop artisan” *gue rasa ini relate sih sama kata2 dia yang masih pengen naik dan naik lagi. Sampe ga mau nangis dulu sebelum dapet daesang dsb. Menurut gue nunjukin banget kalo Suga masih banyak keinginannya chingu. Bahkan di lirik ini jelas level K-Pop udah lewat lah, dia pengen the next level (dan gue rasa itu billboard). Kayak lirik dia di “moving on” juga kalo dia pengen ke tempat yang lebih tinggi, bukan idol lagi, tapi lebih dari itu. Bukan sebatas idol K-Pop, tapi yang lebih dari itu (dan gue rasa yang lebih dari itu ya billboard, karena billboard adalah tangga lagu paling tinggi di permusikan dunia). Kalo belum billboard ya oricon mungkin, tangga lagu nomor dua permusikan dunia, di Jepang. Dan memang iya, di lirik setelahnya dia mention “the next is billboard”. Keliatan di banyak liriknya kalo bang agus ini masih pengen naik dan naik lagi secara karir chingu, belum puas sama pencapaian dia sekarang. Kayak postingan gue sebelum ini, gue ngerasa bagus juga sih punya keinginan naik dan naik terus, cuman sisi humblenya juga harus ada. Bukan mau menggurui siapapun sih, cuman gue rasa alangkah baiknya kalo dia mention juga untuk berterimakasih pada apa yang udah dia dapet sekarang. No offense ya, ini pandangan gue aja, hehe*
  • Di lagu “agust d” inipun Suga lagi2 mention kata “D-Boy” ditambah katanya “because I’m from D”. D maksudnya Daegu *gue rasa konsisten chingu Suga ini. Dari awal Daegu dimention terus sama dia. Kayak pengen nunjukin root/akar musik dia itu darimana dan memang dari bawah. Dari anak daerah yang kemudian merantau ke Seoul untuk belajar ngerap dan akhirnya bisa jadi rapper (idol) kayak sekarang. Di lagu ini, gue rasa skill “fast rap”nya dia keren chingu. Bisa ngerap dengan kata2 dan nafas sepanjang itu, skillful. Verse 2, udah rimanya bagus, cepet juga. Nunjukin kelas Suga sebagai rapper yang skillnya udah terasah. Kata dia yang “tounge technology” itu menurut gue juga bagus. Iya sih teknologi itu identik dengan kemodern-an dan keren, cuman mulut kita sendiri inipun adalah hal yang keren juga. Sebagus2nya teknologi, “teknologi” yang dikasih Tuhan sama kita seperti diri kita, mulut kita, mata kita, lebih baik dari yang bisa kita ciptakan. Sebagus2nya kacamata, mata jauh lebih kita butuhkan kan? Begitupun mulut/lidah kita. Manusia bisa menciptakan alat musik, cuman pada dasarnya mulut kita inipun sudah merupakan alat untuk menciptakan suara/musik. Begitupun instrument2 di rap, sebagus2nya alat2 ngeDJ, mulut manusia bisa juga melakukan itu, beatboxing contohnya. Rap-pun sama, lahir dari kata2 yang diucapkan lewat mulut/lidah, dan mulut/lidah itu sendiri adalah ciptaan Tuhan. Makanya gue rasa kalo kita mau humble, selalu ada yang bisa kita syukuri chingu. Gue rasa harusnya rapper2 itu sadar kalo lidah mereka yang bisa digunakan untuk ngerap, bikin rima, bikin wordplay yang bagus, disebut “tounge techonology” juga, itu karena “teknologi” yang dikasih Maha Yang Menciptakan mereka (Tuhan), makanya perlu disyukuri. Karena sebagusnya2 teknologi ciptaan manusia, teknologi yang diciptakan Tuhan adalah jauh lebih bagus/bahkan sempurna. Dan mata kita, telinga kita, otak kita, lidah kita dsb adalah contohnya. Kacamata tidak lebih sempurna dari mata kita, komputer tidak lebih sempurna dari otak kita, headphone tidak lebih sempurna dari telinga kita, dan teknologi2 musik yang manusia ciptakan tidak juga lebih sempurna dari lidah kita. Lidah yang dengan itu manusia bisa ngerap dan sampai bisa menggerakkan hati orang lain. Meskipun kata2 Suga di rap ini menurut gue frontal (banyak yang ga mengenakkan) seperti kesan gue tadi, gue pengen meskipun mungkin hanya sedikit tapi kita tetep bisa mengambil hal2 yang baik dari sini chingu. Semoga bermanfaat ya chingu. Mungkin interpretasi gue ini beda dari kalian. Tapi inilah gue menilai karya ini. Kalianpun bebas menginterpretasikannya. Boleh lhoh share kesan kalian tentang “agust d” ini di sini ^^*

—-

[FULL] Agust D - Agust D (BTS Suga 1st Mixtape).mp4_000045866

 

BTS Suga (AGUST D) - AGUST D [Lyrics Han-Rom-Eng].mp4_000045245

BTS Suga (AGUST D) - AGUST D [Lyrics Han-Rom-Eng].mp4_000056556

BTS Suga (AGUST D) - AGUST D [Lyrics Han-Rom-Eng].mp4_000129696

BTS Suga (AGUST D) - SKIT [Han-Eng Sub].mp4_000031765

BTS Suga (AGUST D) - SKIT [Han-Eng Sub].mp4_000036603

BTS Suga (AGUST D) - SKIT [Han-Eng Sub].mp4_000039973

BTS Suga (AGUST D) - SKIT [Han-Eng Sub].mp4_000060760

BTS Suga (AGUST D) - SKIT [Han-Eng Sub].mp4_000070437

#Peace #Love #Happiness

#Live #Love #Learn #Laugh 

#Share #Respect #Inspire

#StayGold #StayTrue #StayReal

Komentar
  1. Nida mengatakan:

    Klo gue sih entah kenapa lebih suka sosok Yoongi sebagai Agust D, ketimbang Yoongi sbg Suga di BTS 😀😀😀

    Aku ngeliatnya,, Agust D itu sisi dia yang sebenarnya, yang selama ini gak bisa kita liat ketika dia sebagai idol..

    Walaupun agak suram, dark, dll. Entah lah aku lebih nyaman ngeliat sisi Yoongi seperti ini.

  2. Anak Timun mengatakan:

    Wow… Aku justru lbh prefer mixtapenya suga daripada rm. Ini bukan karna aku ngebias suga, tapi karna ke straight-forward annya suga kak dlm mengekspresikan pemikirannya. Dari lagu2 itu kita bisa tahu sisi gelapnya suga yg ga bisa dia sampaikan saat dia jadi BTS Suga. Apalagi lagu the last. Beuh… Itu nyentuh bgt. First listenku sambil baca liriknya, aku bahkna bisa ngerasain perasaan failure, sad, mad, and happiness at the same time. Music2 di mix tape ini juga enak bgt didengerin mskipun ga bisa diikutin.

    Aku juga setuju kalo nama agust d lebih bagus daripada suga. Iya

  3. AegiYoongi mengatakan:

    Aq udah nunggu lamaaaaaaa bgt keluarnya mixtape ini.
    Ya dia bner2 nunjukkin kemarahan,ksdihan dia,frustasinya dia.emg di lirik agust d ini,dy lg marah2 sm haters.q sndiri si…,nyombongin diri di depan orang smbong adl wajib.hehe itu bgi aq.tp kalo d depan org yg rendah hati terlebih dy berilmu,qta harus lebih rendah.kalo ga,itu namanya g punya hrga diri.mgkin suga mikir gtu jg kali.
    Di mixtape lainnya q bnyk nemu pelajaran si yg bikin q bilang”oh iya,ya”dan bkin q nangis jg.tp dblx kesangaran dia,aq tw hati dy tuh lembut.yah,humble itu jg sangat perlu dan syukur.manusia g kan pnh puas.ok qt punya motivasi tgi,tp jd salah kalo ilang rasa syukur n jd serakah.dan itu yg bikin aq khwatir sma dia.he must save his self from his self

  4. AegiYoongi mengatakan:

    Agust D adl dia yg sbnernya.kaya dia lg ngebuka topeng yg slama ini dia pake.garang tapi terluka gimanaaaa gtu.jd pgen meluk dia,hahaha #apa-apaan
    Dan musiknya,suka bgt.musik fav q yg di so far away,yeah he is genius!i’m agree
    Bedanya mixtape rapmon sm agust d,rapmon lbh pinter mainin kata tp kalo agus d nggak,to the point.makin cinta sm dia

  5. edogawasarahblog mengatakan:

    kalau dari estetika musik dan lirik lebih suka rapmon.. kita sama kak, aku juga suka slow rap daripada fast rap kayak suga. Tapi bukan berarti aku gak suka mixtape suga. Mixtape nya suga ini juga keren kejujuran dab kefrontalan dia yg kusuka dan kita bisa liat suga akhirnya bisa nyeritain hidup dia yang sebenarnya, beda ama rapmon yg suka nyeritain masa kecil dia kayak apa. Nah, suga kan susah cerita2 kayak gitu jadi di mixtape ini aku bisa ngeliat suga ini akhirnya berhasil menceritakan kisah hidupnya. Jadi, aku lebih mengerti gimana sulitnya hidup sebagai min yoongi, denger lagu yg the last kak sedih bgt dan aku berharap banyak org yg akan lebih mencintai suga dan BTS ke depannya karena mereka bukan cuma idol biasa mereka bisa membuat lagu dan lirik yg relate di kehidupan, mereka itu the real musician deh kak.. bangtan fighting!!! Oh ya aku lebih suka yoongi sebagai suga daripada yoongi sebagai agustd^^

  6. deisyana mengatakan:

    Ikutan komen ah, sebelum liat mv agustD ini, aku dengerin semua lagunya dulu sih. Karna tittle tracknya agustD. Awalnya agak aneh sih dengernya, semacam belum konek gitu (gak liat lirik) nyampe di the last tiba tiba merinding sendiri denger lagunya kok keren sih (padahal gak tau artinya, cuma raba raba dikit ada jugo jugonya) hahaha.di track 9 dream interlude itu tambah merinding padahal suga cuma bilang dream dream doang. Tapi entah kenapa menyentuh sanubari(?) oke yg ini berlebihan.

    Pas liat mvnya. Kayanya persepsi awal aku sama kaya kamu deh lin. Ini orang ngerapnya keren sih. Tapi jadi kaya orang mabok marah marah. Dan betul liriknya frontal. Tapi makin didengerin malah makin familiar kok. Keren sih menurutku. Cuma lagunya kurang banyak. Gak kaya mixtape rapmon. Yah intinya aku cinta suga dengan segala sisinya.hihihi

  7. ayuhasna mengatakan:

    Mmmh,aku setuju banget saka Kakak,bahkan pas pertama liat cover fotony itu,aku dah ada rasa,keknya aku bakalan gk terlalu antusias gitu deh sama mixtape suga ini,dan bener emang aku kurang suka..terbukti sampe sekarang aku gk pernah muterin lagu2 di mixtape suga lagi,cuma sekali yg agust d,dan itu pun aku gk antusias sama sekali,,hiks😂 maaf bukannya apa tapi lagu2 itu emang bukan style aku,aku sih lebih suka lagu yg gk terlalu Extream?? Mungkin,,tapi kalo mixtape rapmonster jujur aja aku suka,cuma satu lagu doang sih itu juga,yg ” i believe ” itu menurut aku enak banget lagunya,rapmon juga enak ngerapnya,santai..kkk
    Aku gk bilang gk suka ya sama lagu mixtape suga,cuma agak gimana…gitu,itu kyk bukan aku banget,aku suka genre hiphop,cuman yg gk terlalu extream?? Gitu,,aku jadi agak nggk nyaman gitu deh dengerinnya…hehe😂😂
    Lagian aku juga belom dengerin semua lagu suga,,

    Oh iya kak,maaf ya aku readers baru,sebelumnya aku dah pernah baca2 sih..cuman waktu itu aku gk tau caranya comment,sekarangpun aku masih bingung #BiasaOrangGaptek tapi karna aku dah agak bisa sekarang,jadi insya allah,aku bakalan selalu meninggalkan jejak, #eaaa jujur aja banyak pelajaran yg aku ambil dari setiap postingan kakak,aku selalu nemuin hal baik di sini kak,makasih banget karna postingan kakak ini sedikit banyak bisa bikin aku berfikir lebih baik dari sebelumnya..
    Thanks kak,…😊😊😊

    Maaf aku terlalu banyak ngomong…di tunggu updatean selanjutnya ya kak..
    #peace

  8. iamwinda799 mengatakan:

    Kalo gue lebih suka mixtape nya Suga sih, secara musik sama lirik nya Suga gue bgt hehehe. Kalo Rapmon gue mixtape dia yg gue suka cuma awakening, krn yg gue liat ada (ga semua) lirik mixtape nya rapmon agak2 gimana ya rawan sm ke agamaan gitu (harap maklum gue tipe yg sensitif masalah ke agamaan gitu, ini maksud nya liriknya itu rada2 rawan ke …… susah di jelaskan hehe). Dan yang gue suka mixtape suga ini yg Agust D, so far away sama The Last. Dulu gue ga suka hiphop atau org2 yg sering ngerapper krn penilaian gue dulu pas blm tau apa2 (dan emang kebanyakannya yg gue liat rapper itu kdg sok ngegaya gitu) tp sekarang gue suka gara2 cypher2 nya BTS terus mixtape nya rapmon sekarang di tambah mixtape nya suka yg relate bgt sm gue. Alasan gue suka BTS itu krn lirik lagu mereka yg kuat bgt, yg bikin motivasi, menginspirasi, maka nya gue suka bgt sm mixtape suga min. Krn kepribadian gue pun ga jauh beda sm suga menurut gue.

  9. Ifa mengatakan:

    Exited bgt pas tau 1st mixtapnya suga keluar.. Dan emng lagunya keren2.. Jadi bener2 tau sisi suga yg berbeda 180 drajat dri sebelumnya… Yg psti suka bgt ma lgu2 nya suga…

    Yup setuju nma agust D lbih keren dan nyambung ma lagu2nya di mixtape nya…
    Semangat trus kak linda… Fighting.

  10. parkjikyoblog mengatakan:

    agust D emang keren banget dahhh bang sugaaa :*

    chingudeul kunjungi website gua yuk parkjiktoblog.wordpress.com
    baru nyoba ngeblog nih…bantuin kritik/saran supaya bisa lebih baik lagi🙂
    gomawo

  11. Haenny mengatakan:

    Hmm.. 1st Mixtape Agust D yaa.. menurut gue bagus. Musiknya keren,yah memang liriknya banyak yg frontal sih. Dan,gue suka juga sama lagu so far away~~~… Wuhuuu~~~ durasinya hampir 6 menit. Kereeeen !!! Mangaaat buat bang Agus aja Agust D aka Suga !!!

  12. parrotbill mengatakan:

    hai leenda.. aku pikir juga mixtape ini agak kurang cocok buat aku, kesannya itu buat cowok banget ya,kekekek tapi overall bagus banget kok.. setuju sama leenda, ada lirik yg rada gitu..hehe

  13. ade irma mengatakan:

    Hai kak linda
    Klo gue sih suka sama mixtape nya suga. Entah mungkin dari dulu udah takjub dengan fast rapnya suga kaya di cypher pt2. itu gue takjub banget. Klo di mixtape nya dia selain rapnya gue suka liriknya apalagi yang the last jujur gue nangis dan bukan gue aja temen gue ngebiasin rm juga nangis liat liriknya. Dia nyeritain dulu pas umur 18 tahun kena socialphobia d terus frustasi tidur dikamar mandi dll dia dibawa psikiater oleh keluarganya. dia ngerasa saat itu ga ada yang ngerti dia dokternya pun ga ngerti dia bahkan dia sendiri ga ngerti kenapa dia kek gitu. Sumpah bagian itu gue pengen dateng kesuga terus meluk dia. Ternyata dibalik swagnya dia tersimpan luka yang sangat besar.

  14. neko mengatakan:

    Gua pribadi pertama kali denger mixtape Agust D langsung suka. Kalau RM ama Agust D style dalam rap jelas beda. Jujur ajah lebih suka style blak blakan penuh emosionalnya agus haha

    Soal Suga atau Agust D, gua lebih suka agust, karena menurut gua pribadi “itu yoongi yg asli” tp kita gk tau ya aselinya sperti apa hanya anggapan gua ajah.

  15. isdiyah326 mengatakan:

    liriknya meanfull banget.. aku suka BTS ini kalau buat lagu mereka ga sekedar buat lagu tapi harus ada meaningnya, harus ada relatenya sama kehidupan dan mereka juga nggak jaim, maksudnya mereka berani menyampaikan pendapat mereka melalui karya karya mereka. yah meskipun aku nggak terlalu suka sama mixtapenya suga yg ini tapi kalau dilihat dari sisi artnya dapet dan penyampainya juga ngena. dan kakak analisisnya juga ngena, kita para readers jadi bisa tahu apa yang mereka mau sampaikan dan kakak ngemasnya juga ada dakwah didalemnya jadi kita juga bisa tau kpop itu bisa relate kok sama agama, salut deh sama kakak 👍👍👍

  16. diiahayyu mengatakan:

    Hallo kak, gue selalu baca post.an kakak. Tapi baru x ini gue ninggalin komen disini.
    Kalo Rap nya, gue prefer rapmon kak, soal.a suara.a dia stabil, flow.a dia keren, lafal.a jelas n keren kalo ngerap nyampur bhs korea sm bhs ing.. kalo suga, gue sdkit kurang sreg, karena mnrut gue suara.a dia yg serak ga cocok buat rap yg fast gitu, jd.a suara.a jatuh.a agak kurang stabil, flow jd agak kurang, rap yg slow lebih gue prefer buat suga..
    Kalo musik di mixtape.a gue prefer musik.a suga, lebih keren gmn gitu, ya secara dia produser dan udh lama buat beat gitu..
    Ga sbar nunggu 2nd mixtape.a RM.. secara dia keren bgt..
    Masalah rap, overall kedua.a pny ciri khas masing*.. ya stiap org pny preferensi masing* buat suka yg mana hehe

  17. Iin mengatakan:

    wahhh beda2 yah pendapatnya tntang mixtape suga…
    sma kya kak linda aku juga suka banget sma intronya lagu Agust D kereenn…pas denger suga mulai nyanyi aku yg langsung kaya “wahh serem amat yah suara suga,beda sma rapp2 dia di lgu2 BTS” tpi aku suka yg di part dia bilang S to the U to the STD pkoknya yg gitu2 lah…hehee…jadi ini kah perasaan suga yg selama ini di pendam?? ngliat liriknya aku agak sedih sih..smpe segitunya,kyaknya dia dulu mnderita banget krna haters..aku sedih ngebayanginnya… aku belum smpet donlot semua sih tpi aku suka yg The las,so far away..pkoknya figthing bang Agus,fighting BTS & Faighting kak linda😀

  18. dreamer mengatakan:

    aku juga mikir suga versi BTS kenapa rapnya terkesan soft,krn itu disesuaiin juga sama konsepnya BTS sedangkan di mixtape ini memperlihatkan sisi lain dari suga, agust d itu style musik nya yoongi, full rap, dia pun bebas mengekspresikannya, menurut pandangan aku sih, kenapa suga lebih terkesan marah2 di mixtape nya, jika mendengar dan membaca lirik demi lirik kebanyakan emosional dan sangat cocok jika diekspresikan dengan style ngerap suga yang terkesan ‘marah2’ itu, hehehe, sedangkan kalo rapmon menurut aku dia terkesan lebih ‘bercerita’, makanya kedengaran lebih enak dibandingkan suga, hehehe suga dan namjoon ini punya style rap nya masing2, se nyaman mereka, hehehe, sekarang nungguin mixtape nya hoseok hahaha

Tinggalkan Balasan

