Fakta-Fakta BTS Part 233 (Jimin X Suara & RapMon X Toko Buku)

Posted: September 26, 2016 in About BTS
Tag:

BANG! TAN! BTS!

Source: [ENG] 160424 JIMIN 2 (Credit: BigHit Ent, subbed: ARMY unnie), [ENG SUB] BTS SUGA shows off Basketball moves – JUNGKOOK falls in love at first sight (Credit: BigHit Ent, uploaded: ARMYsZUTTER)

  • Di lognya 24 Mei yang lalu, Jimin cerita kalo saat itu dia latihan dengan keras untuk bagaimana supaya dia lebih baik ketika menyanyi chingu. Dia ngambil kelas vocal lalu mempraktekkannya. Dia hanya berfikir bagaimana caranya dia dapat menyanyi dengan lebih baik dari sebelumnya. Dia melakukannya karena dia ingin memberikan nyanyian yang sangat bagus pada orang2 yang menunggunya. Dia ga belajar hal lain sekarang, hanya satu, hanya bagaimana menyanyi yang bagus. Meskipun saat ini dia punya waktu yang sebenernya dapat dia gunakan untuk belajar hal yang lain, cuman dia tidak merasa perlu belajar hal yang lain itu chingu. Itu juga karena dia ngerasa ga bisa mengerjakan banyak hal sekaligus dalam waktu yang sama. Jadi dia hanya berlatih bernyanyi saja *gue seneng sama mindset Jimin ini chingu, fokus pada satu hal yang ingin dicapai. Orang yang berhasil adalah orang yang fokus pada bidangnya, itu yang sering gue baca dari buku. Orang yang berhasil adalah orang yang kerjanya ga multitasking (banyak hal dikerjakan cuman semuanya setengah2 aja, ga ada yang maksimal di hanya satu hal). Dan Jiminpun tahu kalo mengerjakan banyak hal sekaligus itu juga ga bisa untuk dilakukan. Mungkin Jimin pengen fokus di nyanyi karena di dance dia udah ngerasa maksimal juga, jadi beralih ke hal lain (yang masih sangat berhubungan tentunya). Akibat multitasking jelas #gagalfokus, rempong, ribet sendiri. Guepun ga suka dan ga maksimal kalo mengerjakan hal dengan sistem multitasking kayak gitu chingu, gue suka mengerjakan satu hal satu persatu. Malah cenderungnya gue “benci” multitasking. Gue rasa ribettt banget orang yang multitasking. Dia kesannya jadi ga simple, riweuh sendiri, ga tenang, ga kalem, ngambil keputusan ga mateng, dan ngeliat aja gue ga nyaman. Gue seneng orang yang kerjanya kalem, satu-satu, tenang, step by step, enggak parallel (semua hal dikerjakan bareng, cuman malah jadi ga ada yang selesai/beres). Gue bener2 prefer yang ngerjain step by step chingu. Ngerjain satu step lalu dievaluasi (udah beres/bener belom, kalo salah dibenerin, kalo bener lanjut), setelah itu lanjut ke step kedua, ketiga dan seterusnya sampai selesai. Gantian lah, jangan serempak cuman malah ga ada yang sampai finish*. Meskipun hal yang Jimin ingin capai (yakni nyanyiannya makin bagus) belum tercapai dengan usahanya sekarang, cuman hasratnya untuk menyanyi yang lebih baik itulah yang membuat dia terus melanjutkan latihan chingu *karena ada satu hal yang ingin dia capai tadi, makanya kayak masih ngerasa ga nyaman kalo belum tercapai. Dia udah berusaha total pada hanya satu hal itu, makanya hasrat/passionnyapun cenderung maksimal*. Jimin cerita juga kalo dia ingin kelak bisa memberikan suaranya yang lebih baik dan orang2 bisa tergerak karena suaranya chingu. Suara yang hati orang bisa tergerak karenanya. Dia ingin melakukan hal itu, sehingga berlatih untuk itu sekarang. Dia berharap dapat dengan percaya diri bernyanyi dan puas dengan nyanyiannya suatu hari nanti. Dia menunggu hari itu terjadi chingu *gue jadi inget Jimin dulu pernah bilang kalo lagu favoritnya di BTS adalah “voice”nya RapMon. Gue rasa Jimin X RapMon secara pemikiran gitu memang nyambung chingu. “voice” adalah lagu yang persis kayak yang Jimin bilang. Lagu yang ingin menggerakkan orang. Lagu yang dengan suara penyanyinya dengan lirik tertentu dapat membuat orang lain tergerak. Bukan lagu biasa, cuman bener2 suara/voice yang diungkapkan penyanyinya yang berharap supaya orang lain tergerak karenanya. Gue rasa berat sih untuk jadi penyanyi yang seperti ini, penyanyi yang suaranya ber-impact besar pada orang lain. Ga hanya masuk telinga dan hilang begitu saja, cuman membuat orang jadi mikir. Karena mikir, orang itu pada akhirnya akan terinspirasi dan kemudian tergerak untuk melakukan yang hal diinginkan di liriknya. Misalnya lagu “voice”nya RapMon, dia ingin mengungkapkan bahwa dia berusaha keras dalam mencapai kebahagiaannya sendiri, bukan kebahagiaan yang orang lain setting untuk dia yang justru ga bisa membuat dia bahagia. Untuk mencapai itu memang berat, butuh waktu yang lama, cuman dia ga menyerah dan terus berusaha membuktikannya dengan usaha. Dia membuktikan bahwa sumber kesuksesan adalah kebahagiaan. Jika dia bahagia menjalani hal yang dia suka (rap), maka dia bisa mengupayakan hal itu dengan maksimal sehingga menyebabkan dia bisa sukses di bidang itu. Ketika kita sudah suka dan bahagia melakukan satu bidang, kita pasti akan cenderung mempelajari/melatih hal itu bahkan ketika orang lain ga memintanya. Itulah yang menyebabkan kita bisa berhasil. Beda dengan melakukan hal yang ga kita suka/ga membuat kita bahagia, kita cenderung bisa males2an dan hasilnyapun juga ga akan maksimal. Maka yang paling awal adalah kenali diri sendiri #knowyourself, apa sih hal yang aku suka dan membuatkan bahagia ketika melakukannya sehingga aku akan nyaman dan senang hati mempelajarinya tanpa disuruh dan kemungkinan bisa menjadi yang terbaik di bidang itu? Setelah tahu, maka pelajari dan latih dengan konsisten. Usaha akan mempengaruhi hasil chingu. Jika usaha kita maksimal, hasil yang baikpun bisa kita harapkan. Dan RapMon membuktikan itu, maka dia membagi/sharing kisahnya pada orang lain dengan lagunya supaya orang lain tergerak juga untuk memikirkan hal yang dia share itu. Dia menurut gue semacam ingin menginspirasi orang untuk memilih jalan yang membuatnya bahagia, jalannya sendiri, jalan yang bukan disetting orang lain untuknya yang bertentangan dengan hatinya. Kemudian mempelajari jalan itu dengan maksimal sehingga membuktikan kalo yang dia lakukan bukan hal yang salah. Guepun suka sekali lagu ini. Lagu yang menurut gue bisa membuat orang jadi ikutan mikir juga. Lagu yang membuat orang jadi lebih pengen mengenal dirinya sendiri #knowyourself, mencintai dirinya sendiri #loveyourself dan akhinya membuktikan bahwa jadi diri sendiri #beyourself itu baik. Just be you, meskipun orang menginginkan kamu untuk jadi mereka, tetap jadilah dirimu sendiri, just be you. RapMon contohnya, makanya jangan takut juga kalian jika ingin melakukan hal yang sama. Memang berat, penuh resiko, tapi ga ada kan usaha yang mudah untuk mencapai sesuatu yang bernilai bagi kita? Makanya gue ketika Jimin bilang dia suka “voice”nya Rapmon itu gue langsung ngerasa “oh mereka sama ya”. Mereka gue rasa punya pemikiran yang mirip2 chingu, tipe pemikir. Semoga aja Jimin dengan kemampuan vocalnya (kalo RapMon kan kemampuan rap-nya) bisa menyanyi yang bisa menggerakkan orang. Bukan hanya teknik vocal yang juara cuman juga pesan di lagu yang bisa menggerakkan orang. Lagipula lagu yang menggerakkan orang kan yang liriknya dalem, bukan lagu yang enak di kuping aja cuman ga jelas arahnya kemana dan impact/relate-nya apa ke diri kita. Gue pernah nanya ke temen2 lagu favoritnya apa. Gue tahu mereka mendengarkan banyak lagu, cuman apa sih sebenernya yang paling mereka suka? Ada 3 orang yang gue tanya dan mereka ngejawab “ibu”-nya Iwan Fals, “jangan menyerah” dari D’Masiv dan “all of me”nya John Legend. Mereka memang ngedengerin banyak lagu, cuman yang paling mereka suka ternyata lagu yang maknanya dalem. Bukan lagu yang “heboh” musiknya aja, cuman ga punya lirik dalem dan bermakna bagi mereka. Itu menurut gue bukti kalo lirik yang dalem adalah yang membuat orang lain tergerak, memotivasi, dan menginspirasi mereka chingu. Nah semoga karya Jimin nanti bisa impactful juga ya, lagunya relate dengan kita manusia (humanism) sehingga orang bisa mengambil hal positif darinya. Jimin fighting!*
  • Pernah di salah satu video pembuatan video untuk konser, RapMon syuting di toko buku lawas yang damai chingu. Toko buku itu usianya sekitar 100 tahun. Dia cerita kalo dia sendiri suka syuting di situ karena memang suka sama toko buku dan suka baca buku. Dia suka buku lawas dan toko buku yang menurut dia mood yang timbul dari situ adalah mood yang baik. Dia bilang “seperti wanita, aku suka mencari tempat seperti ini”. Tempat favorit RapMon adalah seperti Ihwa Mural Village atau Ant Village, tempat dimana buku2 lawas ada. Dia bilang “ketika aku ngajak temen laki2 untuk pergi kesana, mereka semacam ingin “membunuhku” (wkwk) jadi aku pergi ke sana sendiri. Ketika aku nanti dapat waktu liburan, aku ingin datang ke sini sendiri dan membaca” *yeokshi ya, orang yang dalem adalah pasti orang yang banyak baca. Gue rasa RapMon bisa begitu folosofis dalam berkarya adalah karena dia banyak baca chingu. Leader yang dengan hobinya ini support sekali untuk karir BTS. BTS jadi bukan grup yang konsepnya “random”, tapi terkonsep karena punya banyak referensi. Konsep jelas dibangun dari banyaknya informasi yang kita dapat kan? Dan informasi itu banyak sekali didapatkan dari buku karena buku juga adalah jendela dunia yang membuka cakrawala kita melihat apa sih yang terjadi di dunia ini dan bagaimana sih pemikiran2 keren dari manusia yang hidup di dalamnya? Gue kurang setuju ketika RapMon bilang “seperti wanita, aku suka mencari tempat seperti ini” karena menurut gue semua orang boleh membaca dan malah dianjurkan membaca untuk selalu menutrisi pikirannya, sama aja pria dan wanita dalam hal membaca. Gue ga tahu orang lain gimana, cuman toko buku dan sejenisnya menurut gue juga adalah tempat yang damai chingu, yang bisa memberikan healing bagi kita. Membaca somehow menjadi healing bagi gue juga. Terkesan soliter memang orang yang memilih tempat seperti itu. Kaya RapMon, pergi sendiri akan dia lakukan karena memang ingin kesana dan teman2nya ga mau. Menurut gue RapMon itu relate sekali dengan “alone” X “soliter” X “philosophy” dan sejenisnya chingu. Dia tipe pemikir, tipe orang yang selalu mau berfikir dan belajar. Tipe yang butuh kesendirian untuk belajar. Gapapa ga belajar bareng orang lain, buku menjadi temannya kemana2. Karena dia rajin membaca, wajar kan ya kalo dia akhirnya pintar kayak sekarang. Orang yan pintar, dia belajar sepanjang waktu chingu. Orang yang tahu banyak hal, dia mempelajarinya sepanjang waktu juga. Makanya kalo pengen kayak RapMon ya harus belajar dan mempelajari banyak hal dengan mamanfaatkan waktu sebaik mungkin. Waktu jangan dipake lah untuk hal2 ga berguna. Pakailah paling tidak untuk membaca kayak RapMon ini. Membaca banyak hal, supaya tahu banyak hal, dan akhirnya bisa berbagi banyak hal juga ke orang lain. Hal2 yang baik, yang bisa menginspirasi orang lain untuk lebih baik. Ayo chingu budayakan membaca kayak RapMon! Pergilah ke toko buku kayak RapMon daripada pergi ke tempat2 lain yang kurang bermanfaat. Jadikah tiap waktu dalam hidup kita bermanfaat bagi diri kita sendiri dan kalo bisa orang lain chingu. Ini nasehat buat gue juga sih, gue masih banyak salah juga. Semoga dengan ini bisa membuat kita semua lebih cinta sama buku dan toko buku ya chingu. Tempat yang bisa jadi healing buat kita, membuat kita punya banyak ilmu, sehingga insha Allah bisa berguna bagi diri kita sendiri dan orang lain, amin..^^*

—-

eng-160424-jimin-2-mp4_000241833

eng-160424-jimin-2-mp4_000262233

eng-sub-bts-suga-shows-off-basketball-moves-jungkook-falls-in-love-at-first-sight-mp4_000021840

eng-sub-bts-suga-shows-off-basketball-moves-jungkook-falls-in-love-at-first-sight-mp4_000025440

eng-sub-bts-suga-shows-off-basketball-moves-jungkook-falls-in-love-at-first-sight-mp4_000033000

eng-sub-bts-suga-shows-off-basketball-moves-jungkook-falls-in-love-at-first-sight-mp4_000033160

eng-sub-bts-suga-shows-off-basketball-moves-jungkook-falls-in-love-at-first-sight-mp4_000033320

eng-sub-bts-suga-shows-off-basketball-moves-jungkook-falls-in-love-at-first-sight-mp4_000033480

eng-sub-bts-suga-shows-off-basketball-moves-jungkook-falls-in-love-at-first-sight-mp4_000033640

eng-sub-bts-suga-shows-off-basketball-moves-jungkook-falls-in-love-at-first-sight-mp4_000049120

eng-sub-bts-suga-shows-off-basketball-moves-jungkook-falls-in-love-at-first-sight-mp4_000049640

eng-sub-bts-suga-shows-off-basketball-moves-jungkook-falls-in-love-at-first-sight-mp4_000049800

eng-sub-bts-suga-shows-off-basketball-moves-jungkook-falls-in-love-at-first-sight-mp4_000052600

eng-sub-bts-suga-shows-off-basketball-moves-jungkook-falls-in-love-at-first-sight-mp4_000058400

eng-sub-bts-suga-shows-off-basketball-moves-jungkook-falls-in-love-at-first-sight-mp4_000062240

eng-sub-bts-suga-shows-off-basketball-moves-jungkook-falls-in-love-at-first-sight-mp4_000063760

eng-sub-bts-suga-shows-off-basketball-moves-jungkook-falls-in-love-at-first-sight-mp4_000071160

#Peace #Love #Happiness                                                                                               

#Live #Love #Learn #Laugh 

#Share #Respect #Inspire

#StayGold #StayTrue #StayReal

Komentar
  1. Yukiharu_nff mengatakan:

    Toko buku itu tempat favorit aku Kaak, rasanya damai dan tenang bgt kalau ada di sana. Biasanya kalau udah pusing bgt sama rutinitas yg mau ga mau harus dilakuin, toko buku jadi tempat pilihan aku buat ngilangin stress. Liat buku bejibun tuuh surga bgt rasanya, hehe…
    Aku jg bukan tipe orang yang nyaman belajar kelompok, lebih mudah belajar sendiri pas pagi buta.
    Semoga aku bisa fokus kedepannya, itu masih jd problem aku sampe sekarang.

  2. Iin mengatakan:

    Aku juga pengen jadi orang yg fokus hanya pada satu hal kak jangan yg ribet2 gitu…fokus ke satu hal aja ga gampang apalgi yg mesti kebanyak hal..
    JIMIN FAIGHTIIINGGG ^^
    keliatan yah klo orang pinter tuh suka baca buku…kya Rapmon sma kak linda gitu hehe…
    ga banyak orang yg suka baca buku apalgi cowo… -,-
    tapi kak lin kenapa ada orang2 yg klo baca buku tuh langsung mendadak ngantuk yah..dan akhirnya bikin orang itu sendiri males baca…
    Jhope kan juga pernah bilang klo dia suka jdi ngantuk klo baca buku..
    aku juga suka baca buku walopun ngga semua jenis buku aku baca..yahh buku yg aku suka2 aja …

  3. dreamer mengatakan:

    setiap kali pengen sendiri, toko buku, atau ga perpustakaan tempat yang bakal dikunjungi, kayaknya bakal klop kalo ngajak rapmon ke toko buku, hahaha

Tinggalkan Balasan

