Fakta-Fakta GOT7 Part 178 (Menangkap Serangga X Lembah Sungai X Hwachae)

Posted: Oktober 7, 2016 in my korean notes
Tag:

Come and Get It, GOT7!

Source: Video – [ENG SUB] 160803 One Point Korean Lesson Ep #17 – GOT7 (Credit: , subbed: OMG7 Subbing team)

  • Ketika ditanya ketika musim panas Bambam X YoungJae X JinYoung ngapain, Bambam bilang kalo dia suka mencari serangga chingu *gue ga tahu sih ini beneran apa enggak cuman keknya budaya nyari serangga itu masih mengakar banget ya di Jepang atau Korea untuk anak2? Mereka mainnya lebih ke alam gitu, dan itu bagus sekali. Kalo sekarang kan banyak anak2 yang lebih ke main gadget, padahal efeknya buruk sekali gadget itu bagi mereka. Kalo ga terkontrol bisa bahaya sekali chingu, true. Bahkan anaknya yang punya google aja ga dibolehin main gadget, disuruh main tanah. Ini membuktikan kalo bermain dengan alam adalah apa yang memang harus dilakukan oleh anak2. Main di alam akan membuat anak semakin cerdas dan aware/peduli dengan alam chingu. Selain itu juga sisi spiritual mereka bisa terbangun. Mereka jadi sadar kekuasaan Tuhan YME yang telah menciptakan alam yang begitu indah ini sehingga akan punya mindset untuk menjaga alam itu supaya tidak rusak ketika ia telah dewasa. Kegiatan kayak main tanah, main di taman, nangkep serangga, yang terkesan “kotor-kotoran” itu malah baik chingu. Kayak iklan salah satu detergen “berani kotor itu baik”. Iklan itu bener, karena berani berpetualang, berani kotor2an untuk memuaskan rasa ingin tahu, berani bereksperimen dan bereksplorasi, semua itu adalah kegiatan yang akan sangat membantu tumbuh kembang anak. Jadi kalo nanti kalian punya anak jangalah ya dikasih gadget kebangetan, biasakan main di alam kayak Bambam ini nangkep serangga, supaya dia lebih bisa bereksplorasi dengan alam. Orang Amerika, Jepang, Korea, Eropa banyak yang justru aware sama hal2 kayak gini lhoh chingu. Ok di negara2 itu teknologi berkembang sangat pesat, cuman banyak juga orang yang paham makanya menjadikan anaknya lebih akrab dengan alam daripada gadget. Contohnya di Finlandia, mereka dibiasakan akrab dengan alam. Ke sekolah naik sepeda atau jalan kaki. Setiap 15 menit dalam satu jam anak2 di sana juga harus keluar kelas untuk berteman dengan alam. Makanya ga heran Finlandia adalah negara di Eropa yang paling bagus prestasi pendidikan anak2nya. Rahasianya ya salah satunya mendekatkan anak dengan alam tadi. Gue rasa kitapun orang Indonesia harusnya gitu juga. Jangan termakan gadget, lebih bersosialisasilah dengan alam. Alam mengajarkan banyak hal pada kita yang ga bakalan kita temui di teknologi secanggih apapun. Kotor2an karena nangkep serangga lebih baik daripada bersih cuman tangan ga bisa lepas dari gadget*
  • Hampir sama kayak Bambam, YoungJae cerita kalo musim panas dia main di lembah2 deket sungai sama temen2nya chingu. Dia membuat kenangan yang indah di momen itu katanya *alam lagi kan ini? yeokshi, alam memang the best. Gue jadi inget di anime2 gitu suka ada adegan tokohnya berdiri di kayak lembah penuh rumput dan bunga2 gitu dan letaknya di pinggir sungai. Bayangan gue ketika YoungJae ngomong tadi langsung itu chingu. Bukankah ini indah ya? bermain di tempat seperti itu. Menikmati rumput yang hijau, bunga2 kecil yang indah dan aliran sungai yang jernih. Seandainya di Indonesia sungai yang indah2 itu masih terjaga, pasti akan banyak momen ceria yang bisa diciptakan di tempat itu oleh anak2 Indonesia. Sungai di sini malah banyak yang banjir sampah, bener2 sangat disayangkan. Orang sembarangan buang sampah ke sungai yang bikin sungainya mampet, penuh sampah, bau, banjir lagi kalo musim hujan, parah. Seandainya orang sini lebih aware tentang pengelolaan sampah, bukan ga mungkin (bahkan yang hidup di ibu kota sekalipun) buat tetep bisa menikmati indahnya sungai. Lahan hijau kayak taman pinggir sungai dan taman bunga, semua itu harusnya lebih bisa dijaga supaya anak2 di sinipun punya tempat bermain yang baik. Ga hanya di rumah dan main gadget, tapi bener2 berinteraksi dengan alam dan teman2nya. Pasti juga kenangan seperti itu akan begitu membekas di hati mereka begitu mereka dewasa. Semoga taman2 dan lahan hijau dan bersih di Indonesia makin banyak dan baik ya chingu, supaya kita dan anak2 kita kelak tetep bisa belajar banyak dari alam. Menjadi manusia yang melindungi alam dan dapet banyak makna kehidupan darinya, bukannya merusaknya. Semoga lahan hijau di Indonesia makin bermanfaat dan makin banyak orang yang aware tentang itu, amin…*
  • Terakhir JinYoung. Ketika ditanya hal yang sama, dia bilang kalo musim panas dia sama keluarganya mengunjungi kakek neneknya yang tinggal di pulau chingu. Dia main di pantai di pulau itu dan juga pas di rumah kakek neneknya makan “hwachae” sambil meluk bantal dari bambu “dihujani” dengan sejuknya angin dari AC. “hwachae” sendiri adalah semacam minuman dari buah segar atau kelopak bunga yang bisa dimakan di Korea sana yang dimasukkan ke dalam air madu *wah pasti seger banget ya itu chingu? Di alam lagi kan ya ini? main di pantai. Selain itu juga dia di liburannya juga ga yang makan makanan barat tapi makanan asli Korea “hwachae” tadi. Ini menurut gue membuktikan bahwa gaya liburan orang2 kayak Jepang X Korea gitu meskipun mungkin juga banyak yang di kota2 besar, cuman tetep aja ada yang masih pulang ke kampung halaman dan main dengan alam dan makan dengan makanan khas tradisional mereka chingu. Setau gue budaya kayak makan kue bulan sabit (seongpyeon) ketika hari raya Chuseok masih eksis sekali di Korea sana chingu. Makan makanan kayak hawachae inipun masih begitu eksis. Sesuatu yang gue rasa kita orang Indonesia harusnya kayak gitu juga. Liburan ga harus di kota2 besar yang “modern2” cuman juga bisa di desa dan di desa itupun kita makan makanan yang tradisional. Korea gue rasa meskipun udah banyak kepengaruh barat cuman sisi tradisinya keliatan masih dijaga juga chingu. Lagian kalo ga kita, siapa lagi coba yang akan melestarikan alam kita atau makanan tradisional kita? JinYoung masih makan hwachae, kitapun harusnya juga. Kita budayakan makan makanan negeri kita sendiri kayak “dawet ayu”, “wedang ronde”, “jenang”, “serabi” dan apapun itu yang asli punya kita. Korea juga sama, mereka preserve (menjaga) budaya mereka. Masa kita malah terlalu fokus pada budaya mereka sampai ga aware sama budaya kita sendiri? Dia melindungi budayanya dengan terus melakukannya, kitapun harusnya sama. Makanan itu bentuk budaya juga lhoh chingu, hasil cipta rasa karsa manusia di suatu wilayah yang berupa kuliner (makanan) yang akhirnya mengakar sebagai identitas di wilayah itu. Coba kita sama2 mengubah mindset semacam “gue keren kok kalo makan jenang” dan “makan pizza ga membuat gue keren juga kok, biasa aja”, pasti itu membawa dampak yang besar bagi negara kita. Karena banyak kan orang yang ngerasa gaul/keren ketika udah makan makanan2 asing. Padahal keren itu ya cinta sama budaya kita sendiri. JinYoung keren karena dia makan “hwachae”, kitapun harusnya juga. Ayo chingu kita sama2 melindungi negara kita sendiri. Jangan jadikan suka KPOP membutakan mata kita pada indahnya negara kita sendiri. Justru kita bisa belajar banyak dari mereka semua (artis2 Korea) bagaimana cintanya mereka pada negaranya sampai selalu berusaha melakukan yang terbaik di bidangnya masing2 (entah akting, nyanyi, nari, fashion dsb) sehingga dikenallah Korea sebagai negara yang keren di mata dunia. Kita dengan segala asset budaya kitapun bisa juga jika kita mau. Ayo chingu mulai cintai karya dalam negeri! Kita boleh suka KPOP cuman bagaimanapun kita tetep orang Indonesia yang punya kewajiban memajukan negara kita sendiri. Guepun mulai aware chingu tentang hal2 kayak gitu makanya sekarang juga lebih membuka diri sama musisi2 Indonesia (karena gue suka musik dan pengen share pembicaraannya ya ga jauh2 dari itu). Intinya semoga kita lebih aware lagi lah dengan jati diri kita dan lingkungan kita. Lingkungan alam di sekitar kita serta yang lebih luas lagi bangsa kita. Ga cuman exciting sama KPOP dan GOT7 atau yang lainnya, cuman kita sesungguhnya bisa belajar banyak dari mereka. Belajar bagaimana kerja keras di bidangnya masing2 untuk kemajuan diri sendiri (yang kemudian berefek domino ke majunya negara mereka), akrab dengan budaya sendiri, akrab dengan alamnya sendiri dan hal2 baik lain. Stay positive yah chingu! Semoga hal2 baik adalah hal2 yang selalu bisa kita jalani. Dan belajar hal2 yang baik jugalah yang bisa kita dapet dari idol kita termasuk GOT7 ini. Stay positive! ^^

eng-sub-160803-one-point-korean-lesson-ep-17-got7-mp4_000018585

eng-sub-160803-one-point-korean-lesson-ep-17-got7-mp4_000020887

eng-sub-160803-one-point-korean-lesson-ep-17-got7-mp4_000029162

eng-sub-160803-one-point-korean-lesson-ep-17-got7-mp4_000034234

eng-sub-160803-one-point-korean-lesson-ep-17-got7-mp4_000036002

eng-sub-160803-one-point-korean-lesson-ep-17-got7-mp4_000039305

#Peace #Love #Happiness

#Live #Love #Learn #Laugh

#Share #Respect #Inspire

#StayGold #StayTrue #StayReal

Komentar
  1. Ayudya trapsila dewi mengatakan:

    Ka mau nanya dong nonton video got7 yang igot7 itu dimana ya? Soalnya aku cari di youtube videonya ga bisa di buka. Makasih 😉

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s