Fakta-Fakta BTS Part 239 (J-Hope X Center of “Blood, Sweat & Tears” X Intro “Boy Meets Evil” X Solo Track “MAMA”)

Posted: November 7, 2016 in About BTS
Tag:

BANG! TAN! BTS!

Source: 161020 박소현의 러브게임 방탄소년단 (BTS) by플로라 (Credit: SBS Radio, uploaded: Flora, subbed: Kimmy Yang), [ENG SUB] 161101 Show Champion Behind – BTS FULL CUT, [ENG SUB] BTS- Showchampion backstage 161025 (Credit: MBC, subbed: CYPHERSUBS @yvngjimingyu), [ENG] [Episode] ‘피 땀 눈물‘ MV Shooting Sketch (Credit: Bangtan Bomb, subbed: Kimmy Yang)

  • “lost”. Lagu yang semacam jadi lagunya “vocal unit” BTS ini liriknya dibuat sama RapMon chingu. Liriknya memang bagus kan ya? dalem, penuh makna. Nah J-Hope bilang kalo RapMon memang bagus dalam membuat lirik. JungKook juga bilang kalo RapMon hyung adalah “genius lyricist”. RapMon sendiri ketika ditanya part mana di lagu itu yang paling dia suka (memberikan kesan mendalam baginya), dia bilang part yang dia bicara tentang semut chingu *gue langsung kek monangis denger ini chingu, haruuu banget, beneran. Ini karena gue nonton video ini setelah gue nulis postingan yang “lost X Semut X BTS” itu chingu. Gue bener2 ga tahu sebelumnya (ga nyangka juga) bakalan nemu acara dimana RapMon ngomong tentang ini. Ketika dulu awal baca liriknya “lost”, gue rasa lirik yang tentang semut itulah yang paling penting di lagu itu chingu. Makanya gue riset cukup lama tentang semut itu dan gue posting hasilnya jadi postingan yang kemaren itu. Part yang tentang semut itu sesuatu yang menurut gue semacam “core” atau intinya lagu itu chingu, sekaligus best partnya lagu itu menurut gue. Gimana sih perasaan kalian ketika kalian ngerasa punya satu pemikiran dan bahkan pemikiran itu kalian ungkapan dan ternyata itu sama dengan pemikiran orang tertentu yang pendapat2/pemikirannya berpengaruh dalam hidup kalian? Pasti ada merindingnya kan? Nah, itu yang gue rasakan. Ga janjian, sama sekali, naturally goes like this chingu. Sama kayak kalian yang mungkin ngerasa relate banget sama apa yang gue tulis di sini. Kita ga janjian samaan kan? cuman ternyata apa yang kita pikirkan atau rasakan sama. Nah seperti itu chingu, perasaan yang kita kayak terkoneksi satu dengan yang lainnya. Sesuatu yang sulit kita ungkapkan pake logika, cuman itu benar adanya, memang terjadi pada kita. Ajaib ya? Ini memang simple, cuman pasti begitu berkesan di hati kita*
  • Tentang lirik yang mention semut di “lost” ini, RapMon bilang “intinya ketika semut pergi untuk mencari makan, dia pergi ke banyak arah (ga tentu arah, berkelok2), cuman ketika kembali, dia akan berjalan di garis yang lurus/lebih cepat” *pinter ya dia? Banyak tahu, jjang!*. Setelah RapMon bilang kayak gitu, Jumin yang “benarkah???”, semacam baru tahu tentang fakta itu, padahal dia nyanyi di part itu. Jimin cerita ketika dapet part itu, di benaknya yang semacam “kenapa tiba2 menyebut tentang semut??”. Bahkan Jiminpun ga paham tentang fakta itu chingu, surprise juga bagi dia ngedenger lirik itu. DJnya kemudian nyaut “mungkin ARMY2 juga ga ngeh (masih bingung) kenapa tiba2 ngomong semut di lagu itu” makanya penjelasan RapMon tadi perlu *RapMon terlalu pinter sih, canggih dia. Jadi wajar kalo ga semua orang bisa langsung konek sama maksud dia. Pun ketika dia bikin lirik. Harus kayak dihayati dulu, dipikir dulu, baru bisa nemu kenapa dia bisa memutuskan bikin lirik itu. Cuman setelah nemu biasanya seneng karena bisa dapet pelajaran dari liriknya, kayak semut di lagu “lost” ini. Entah dia dapet perkara semut ini darimana, baca dimana, cuman ini sangat menginspirasi. Tetep beda kan chingu orang yang suka baca dengan yang tidak? Orang yang suka baca kayak RapMon akan lebih tahu banyak hal2 baik dan bisa disebarkan ke orang lain. Coba kalo dia ga suka baca? Apa dia bisa kepikiran bikin lirik tentang semut ini? Itulah mengapa kita harus selalu mau membaca. Membaca adalah belajar, hal yang harus kita lakukan dari kita lahir sampai nanti kita mati. Kegiatan yang has no ending, harus selalu kita lakukan selama kita hidup. Mencari ilmu yang berguna (ga hanya ilmu dunia, tapi ilmu agama untuk akhirat kita), mencari pengetahuan yang kita ga tahu sebelumnya (agar menambah skill kita) dan mencari kebaikan dari orang lain yang pandai (belajar dari orang pandai lewat tulisannya, pidatonya, karyanya), itu hal2 yang harus kita lakukan. Dengan begitu semoga hidup kita menjadi bermakna chingu, karena kita tahu apa hal yang sejatinya harus selalu kita lakukan hari demi hari. Ga akan ada hari yang ga berguna karena kita selalu mengisinya dengan belajar. Tentang semut tadi, penggambaran semut dengan ilhamnya dalam mencari makanan bisa jadi contoh bagi kita (manusia) gimana kita harus bersusah2 dahulu untuk kemudian mendapatkan kemudahan. Dibalik kesulitan ada kemudahan, jadi jangan mudah menyerah. Kesulitan dan kemudahan itu sepaket, 2 hal yang ga terpisahkan. Kita dalam kehidupan ini akan susah2 dulu di awal (pasti), cuman kita akan kembali dengan kemudahan chingu. Kuncinya adalah tetap berusaha dan berdoa. Berusaha semaksimal kita (dengan skill apapun yang kita punya dan kuasai) seraya selalu memohon pada Tuhan agar usaha kita membuahkan hasil dan Tuhan ridho pada apa yang kita lakukan. Tuhan Maha Baik, jadi ga mungkin usaha kita yang sudah bersusah payah disertai ketaatan kita (kita menjalankan perintahNya dan menjauhi laranganNya) ga membuahkan hasil yang baik, yang mudah. Mungkin toh jika tidak diberikanNya di dunia ini, kita akan diberi di kehidupan setelah ini. Selalu berpositive thinking terhadap Tuhan chingu. Yang perlu kita lakukan hanyalah selalu berusaha sebaik mungkin hari demi hari terhadap apa yang ingin kita lakukan seraya berdoa, itu saja. Gue bilang kayak gini juga bukan karena gue udah persis kayak gitu chingu, gue juga masih terus belajar untuk menjadi seperti itu, gue masih banyak kesalahan. Semoga ini bisa jadi renungan kita semua agar selalu lebih baik lagi dari hari ke hari, dari waktu ke waktu chingu, amin…*
  • Lanjut ke hal lain chingu. Berapa jumlah kata “manhi” di lagu “Blood, Sweat & Tears”? Ada yang tahu ngga? Ternyata ada 40 chingu. JungKook yang ngitung ketika mereka ditanya tentang itu di salah satu acara musik. Member2 yang lain malah ga tahu pasti (ga pernah ngitung juga), cuman J-Hope ngerasanya ya sekitar 40-an, cuman ga tahu pas-nya berapa *gue pribadi sama sekali ga terpikir buat ngitung kata “manhi” di lagu itu chingu. Yang jelas ya “banyak”, gitu aja, hehe. Kalian termasuk yang pernah ngitung juga ga chingu? Biasanya kalo lagu K-POP kan detail ya fans2 kepo tentang lagunya, termasuk sama jumlah kata yang diulang*
  • Di MV Shooting Sketchnya “Blood, sweat & tears”, mereka cerita kalo konsep MVnya memang kayak aristokrat gitu chingu (bangsawan dari Eropa). Feel yang pengen ditampilkan kata JungKook juga semacam “arrogant feeling” *kayak bangsawan yang jaga image, seperti itu mungkin*. Maksud scene V yang pake kain2 itu adalah pengen menunjukkan rasa sakit karena area dimana sayapnya berada (yang sejadinya mau digunakan buat terbang) malah kepotong chingu. Makanya area itu ditutupi pake kain2 itu. Scene yang menunjukkan penderitaan orang yang diibaratkan bisa terbang cuman ga bisa karena sayapnya udah luka, terpotong. Cuman di endingnya si V ini ceritanya tetep mencoba untuk berdiri lagi (meskipun situasinya udah seperti itu) *semacam “masih ada harapan” menurut gue. Gimana sih orang yang udah luka cuman masih mau bangkit? Serasa ga mungkin kan, cuman dia tetep punya keinginan untuk mencoba. Kayak di lagu “awake” menurut gue. Kita tahu kalo itu berat, cuman yang bisa kita lakukan hanyalah terus berlari, terus mencoba, berbekal harapan. Meskipun susah, berat, kita ga mau kan stuck di situ terus? hidup harus tetap berjalan, karena kita masih punya waktu. Kesempatan pasti ada, kita hanya perlu untuk ga menyerah dan terus berjuang, karena hidup memang adalah perkara perjuangan*. Kalo Suga, dia ceritanya adalah orang yang bermain alat musik organ di situ chingu *kayak yang gue bilang di postingan yang lalu, dia sepertinya digambarkan sebagai karakter Pistorius si pemain organ di Demian. Dia adalah sahabat Emil Sinclair juga. Dan gue rasa itu relate juga dengan solo tracknya Suga yang temanya juga tentang piano. Mirip2 kan ya piano sama organ, hehe*. Kalo JungKook, dia ngerasa di MV ini penekanannya lebih ke warna hijau chingu. Jadi secara artistik menggunakan aspek warna, terutama hijau. Banyak juga kan ya scene warna2. Entah warna2 yang tiba2 muncrat/memancar, warna hijau yang jatuh ke air/gelasnya RapMon, lidah JungKook yang warnanya hijau, asap di ruangan yang warnanya juga kehijau2an, warna hijau air mata di scenenya Jimin, warna kehijauan di patungnya dsb *tentang warna hijau ini, gue sendiri ga tahu maksudnya apa chingu, kenapa lebih pake warna hijau ga warna lain. Cuman yang gue tahu warna itu memang hal yang sangat estetik sih, artistik. Gue jadi inget salah satu MVnya Lucia “Upon Your Existence” yang juga main warna. Warna yang masuk ke air, ke pallet, dia melukis pake warna2 itu di kaca, semacam kayak BTS main warna ini. Gue rasa permainan warna di sini menimbulkan kesan “dramatis” dan juga “mewah (elegant/parlente)” di sisi yang lain. Cocok sekali untuk konsep aristokrat. Lucia di MV “Upon Your Existence”pun fashionnya juga ala2 Eropa klasik*
  • Akhirnya J-Hope di “Blood, Sweat & Tears” ini dapet posisi center di dance performancenya. Ketika dimintai komentarnya tentang hal ini di Show Champion, dia bilang “ini adalah suatu kehormatan” *akhirnya yah chingu, soalnya biasanya yang di tengah kalo ga Jimin ya JungKook. Kali ini J-Hope sebagai lead dancer dapet porsi yang besar. Menurut gue bener kalo ada yang komentar J-Hope itu keren di dance cuman kayak ga nunjukin gitu, dan pas bener2 ditunjukin ya memang keren. Ga cuman dance performance, part nyanyinya dia di lagu inipun banyak. Sampe V ketika anak2 BTS pada komenin MV ini bilang kalo lagu ini adalah lagunya J-Hope (saking partnya dia banyak). *gue sendiri ngerasa part2 J-Hope di lagu ini memang bagusnya yang nyanyi ya J-Hope chingu, bukan member lain, udah pas kayak gini. Lagipula basicly J-Hope juga bukan hanya rapper, dia vocalist juga, jadi untuk dapet part vocalpun ga ada masalah. Mungkin 2nd Full Album ini semacam “album”nya J-Hope ya. Intro di lagu inipun “boy meets evil” yang ngerjain juga J-Hope. Seneng sih liat anak2 Bangtan mulai keeksplor masing2 member2nya. Ganti2an chingu. Member2 yang biasanya dapet part banyak jadi lebih sedikit, member2 lain jadi lebih banyak, kesannya adil. Mereka ga hanya 1 atau 2 atau 3 member aja yang berkembang, cuman semua member sama2 “dibantu” untuk maju dan berkembang. Kayak Jin misalnya, dia akhirnya di album ini partisipasi dalam music making (composing) lagu solonya “awake”, sebuah kemajuan. Ga hanya beberapa orang yang maju aja, cuman ngajak semua member untuk ikut berkembang juga. Saling membantu untuk berkarya. RapMon terutama, ngebantu member2 lain untuk bikin lirik di album ini (“lost” X “begin” misalnya). J-Hopepun iya, dia berkontribusi juga di lagu “awake”nya Jin, dan bahkan ada not2 yang bagus di lagu itu dan yang bikin J-Hope. Gue seneng chingu denger cerita2 kerjasama mereka, indah. Selain intro “boy meet evil” dan jadi center di “blood, sweat & tears”, solo track J-Hope “MAMA” juga sangat berkesan. Lagu yang maknanya begitu berkesan ga cuman buat member2 tapi juga orangtua mereka. Lagu yang sekaligus juga menunjukkan style musik yang J-Hope banget, ceria. Ya tadi chingu, mungkin “wings”ini jadi kayak albumnya J-Hope karena banyak banget kejutan J-Hope di sini. Kejutan yang fans jadi bener2 bisa tahu skill dia dari mulai dancing, producing, lyric making, singing dan rapping. Ada chingu temen gue yang member BTS itu dia paling suka J-Hope karena anaknya ceria, menyenangkan. Dia juga suka partnya J-Hope yang “manhi2” itu, semacam ear catching katanya. J-Hope dengan usahanya, dengan skillnya, dengan keceriaanya, telah membawa kebahagiaan bagi banyak orang. Salah satu member BTS yang menurut gue inspiring, punya semangat dan keceriaan yang bisa dicontoh. Fighting J-Hope! Selalu menjadi J-Hope yang sekarang ya~!!! ^^*
  • Rambut Suga kan sekarang hitam tuh. Nah pas ditanya komentarnya, dia bilang setelah 3 tahun, rambutnya kembali ke warna aslinya, hehe. Respon fans terhadap rambut Suga yang hitam inipun bagus chingu *gue rasa Suga keren chingu rambutnya hitam kayak gini, soalnya kulitnyapun putih banget, jadi match juga kalo rambutnya hitam “legam”*. Suga juga bilang kalo fans ngiranya comeback ini rambutnya bakalan blonde, haha *back to the basic ya bang, hehe~*
  • Ketika RapMon ditanya “killing part” di lagu “21st Century Girl”, dia bilang partnya Suga yang “eo yaeneun tto mwoya daeche nuguya” itu chingu. Yang dia loncat2 dan nyanyiin part itu dengan suara agak2 melengking karena ceritanya yang ngomong itu cewek. RapMon cerita kalo part itu adalah favoritnya dan yang nulispun juga dia, cuman malah jadinya ke Suga, wkwk *mungkin karena Sugalah yang lebih cocok untuk line part itu ya chingu. Gue ngebayangin kalo misalnya itu part jatuh ke RapMon, malah bakalan aneh menurut gue. Ngebayangin RapMon lompat2 girang kayak Suga, kayaknya “that’s no no” deh, hehe. Udah bener kalo itu jatuh Suga, atau kalo enggak ya J-Hope*. Meskipun begitu, RapMon juga suka part Suga yang itu chingu, karena Suga bisa menunjukkan sisinya yang ceria/bright untuk pertama kalinya. RapMon mengakui kalo Suga cute sekali di line lyric itu chingu, hehe. Mbak yang wawancaranya nanya apakah RapMon ga dapet part itu karena ga menunjukkan sisi cerianya, RapMon bilang kalo dia sendiri juga punya sisi ceria (punya, tetep punya), cuman kalo dibandingin sama Suga ya Sugalah yang lebih cocok untuk part itu, hehe *gue rasa meskipun Suga anaknya laidback, cuman pantes gitu act2 kayak gitu. Orang yang ngeliatpun nangkepnya akan cute, meskipun ga tahu kalo Suga itu sebenernya anak yang males melakukan hal2 kayak gitu. Ini relate sama gue yang suka bilang Suga itu professional chingu. Dia menurut gue bisa berdeal dengan hal yang mungkin ga dia sukai karena tuntutan pekerjaannya, dan itu hal yang ga mudah menurut gue. Ketika lo aslinya ga kayak gitu, cuman harus lo lakukan karena tuntutan. Dan gue melihatnya itu bukan hal yang salah chingu, karena kadang kita memang harus berkompromi dalam hidup, terutama masalah pekerjaan*
  • Pernah dulu banget, di lagu “attack on bangtan”, perform anak2 BTS dipotong sampe 2 setengah menit chingu. Walhasil part Suga ga muncul dan orang2 jadi ga tahu apakah Suga ada atau tidak di perform itu. Orang jadi ga tahu juga apakah di hari itu Suga pergi kerja atau tidak, soalnya faktanya dia berangkat ke tempat show cuman ga muncul di shownya, wkwk *sabar bang, sabar, ingat semut, bersusah2 dulu, mudah kemudian, hehe*. Suga kata RapMon jadi semacam kayak kesel juga chingu, dia bilang “seharian orang ga tahu kalo aku sebenernya ada, aku lagi kerja, ga ada yang tahu kalo aku ngedance, padahal aku ngedance”. Cuman ya itu dulu chingu, setelah itu mereka kata RapMon berjanji ga akan iri sama member lain yang partnya lebih banyak. Contohnya ya sekarang, J-Hope yang normalnya punya part lebih sedikit dari Suga dan dia sekarang jadi lebih banyak dari mereka berdua. RapMon tahu kalo di lagu “blood, sweat & tears” ini part J-Hope-lah yang paling banyak. J-Hope posisinya juga center di performnya. RapMon sendiri berfikir memang sebaiknya kayak gini, mereka terus berganti2 untuk siapa yang dapet part lebih banyak dari yang lain. RapMon sendiri adalah yang paling banyak berkontribusi di title track ini, cuman part dia juga ga banyak *itu tadi chingu, berkembang sama2, genti2an. Gue rasa mindset ini bagus sekali dalam tim, sehingga ga ada member yang tertinggal jauh dari yang lain, semua diberi kesempatan untuk bereksplorasi. Gue rasa RapMon memang leader grup yang bijak chingu, dia tipe leader grup yang bisa mengakomodir tim, keren. Gue pengen BTS tahun ini dapet Daesang chingu. Di MAMApun gue harap mereka bisa dapet award. BTS gue rasa yang paling patut dapet award itu di tahun ini. Semoga ya, semoga, ARMY Fighting! BTS Fighting!!!*

—-

eng-sub-bts-showchampion-backstage-161025_-mp4_000176176

eng-sub-bts-showchampion-backstage-161025_-mp4_000179179

eng-sub-bts-showchampion-backstage-161025_-mp4_000185018

eng-sub-bts-showchampion-backstage-161025_-mp4_000557623

eng-episode-%e1%84%91%e1%85%b5-%e1%84%84%e1%85%a1%e1%86%b7-%e1%84%82%e1%85%ae%e1%86%ab%e1%84%86%e1%85%ae%e1%86%af-mv-shooting-sketch-mp4_000031798

eng-episode-%e1%84%91%e1%85%b5-%e1%84%84%e1%85%a1%e1%86%b7-%e1%84%82%e1%85%ae%e1%86%ab%e1%84%86%e1%85%ae%e1%86%af-mv-shooting-sketch-mp4_000032198

lucia%ec%8b%ac%ea%b7%9c%ec%84%a0-%eb%84%88%ec%9d%98-%ec%a1%b4%ec%9e%ac-%ec%9c%84%ec%97%90-upon-your-existence-mp4_000056973

lucia%ec%8b%ac%ea%b7%9c%ec%84%a0-%eb%84%88%ec%9d%98-%ec%a1%b4%ec%9e%ac-%ec%9c%84%ec%97%90-upon-your-existence-mp4_000061352

%eb%b0%a9%ed%83%84%ec%86%8c%eb%85%84%eb%8b%a8-bts-%ed%94%bc-%eb%95%80-%eb%88%88%eb%ac%bc-blood-sweat-tears-mv-mp4_000102477

%eb%b0%a9%ed%83%84%ec%86%8c%eb%85%84%eb%8b%a8-bts-%ed%94%bc-%eb%95%80-%eb%88%88%eb%ac%bc-blood-sweat-tears-mv-mp4_000342508

#Peace #Love #Happiness                                                                                               

#Live #Love #Learn #Laugh 

#Share #Respect #Inspire

#StayGold #StayTrue #StayReal

Komentar
  1. Rap Monster mengatakan:

    Kak linda aku reader lama tapi aku baru komen di blog kka karena baru punya wordpress 😊 aku suka semua tulisan kka ttg bts lengkap dan juga opini kka ttg mreka aku suka ,, dulu sebelum baca blog kka aku bingung biasin Jimin apa rapmon tapi stelah bca fakta fakta bts yg kka tulis aku jdi ntapin RM sbagai ultimate bias meskipun yg lain ttp suka juga ,,

    Aku pas baca tulisan kka aku baru nyati trans dari lyric lost sbelumnya aku cuma dengerin tanpa tau artinya sma kya waktu kka nulis ttg whalien52 itu baru tau itu ttg ikan paus 😑😑

    Balik lgi ke topik ttg hopie aku suka bgt part dia disini , bnyak dapet part nyanyi tapi aku cukup sedih juga jin oppa dapet cuma 2baris di BST

    Dan trakhir blog kka fav aku ,, mkasi kak udah bkin aku makin cinta BangTan gra” tulisan kka , aku juga makin kenal mreka lewat fakta yg kka tulis karena aku baru 11 bulan jdi army 😬

  2. Iin mengatakan:

    Waktu itu habis bca fakta2 bts yg tntang semut itu aku nemu buku di tmpat kerja Judulnya RAHASIA SEMUT dan langsung inget sma postingannya kak linda..banyak kata2 yg sama juga…memang benar kehidupan semut itu Luar biasa,menarik…
    suga Imutttt banget rambutnya jdi item gitu..kya bocah banget klo biasanya dngan rmbut berwarna kan kliatan cool skarang lbih kliatan cute..

    Jhope mah selalu ceria dimanapun & kapan selalu bkin ketawa..seneng deh sma orang kya jhope

    di beberapa vidio reaksinya BTS liat perform mreka sendiri aja suga berkali kali triak Jhopeee jhopeee hahaa berasa kek fanboy dadakan ye bangg…emang Jhope yg pling mnonjol di Lagu/MV Blood sweat & tears …tpi keren sih ya BTS ini..

    aminnnn klo smpe BTS ga dapet daesang keterlaluan brarti… udah yakin bangett thun ini mreka bakal dapet Daesang…mreka keren banget Tahun ini…

  3. sugar plum mengatakan:

    Dr dulu gue takjub bgt sama rapmon, dia punya iq tinggi dan seneng sekali membaca. Dan lirik2 yg dibuatpun dalem bgt artinya, kadang gue harus cari tau di google atau dibuku karena banyak arti yg terselubung diliriknya.. mulai dr suga sampe rapmon emang jenius dlm nulis lirik, dr paus biru sampe semut, mungkin saja album berikutnya ttg gajah, gurita raksasa atau bisa juga tikus..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s