Fakta-Fakta BTS Part 242 (Official “fan song”nya BTS)

Posted: November 21, 2016 in About BTS

BANG! TAN! BTS!

Source: [ENG] 161016 BTS 2nd full album comeback interview (Credit: KBS, subbed: Kimmy Yang)

  • Sejak awal, BTS adalah grup yang memang dikonsepkan untuk menceritakan cerita mereka di dalam lagu. Bang ShiHyuk-pun menjelaskan begitu, bahwa BTS adalah grup yang menulis cerita/apa yang mereka rasakan di dalam karya2 mereka, sehingga membuat lagu/lirik/musik mereka sendiri adalah hal yang wajar dilakukan BTS *mana bisa kan kita cerita tentang diri kita sendiri dalam lagu kalo kita ga terlibat di dalam pembuatannya?* Nah, RapMonpun di salah satu interview di KBS News ketika mereka comeback juga mention hal ini chingu. Bahwa BTS adalah grup yang menulis cerita mereka sendiri. Mereka bekerja keras untuk sebanyak mungkin terlibat dalam tiap produksi album mereka. Nah di “wings” ini, hal yang spesial adalah setiap member menyertakan solo track, sehingga ada 7 solo track dari total 15 lagu. Member2 BTS dalam solo track itu berpartisipasi dalam pembuatan liriknya, melodinya dan juga aransemen musiknya *jadi memang membuat lagu itu banyak cara chingu. Ada orang yang bisa bikin melodi dan liriknya aja karena ga ga bisa main alat musik (Tulus contohnya, penyanyi Indonesia. Dia bikin melodi sama liriknya saja karena ga bisa main alat musik). Ada juga yang berpartisipasi dalam liriknya aja (contohnya para lyricist2 yang sudah sering kita temui di KPOP kayak Kim Eena atau Sam Lewis misalnya). Ada yang musik sama liriknya aja, cuman aransemen (menggabungkan keduanya)nya sama orang lain. Banyak cara dan banyak orang yang terlibat. Makanya di perform2 KPOP kita sering menemui di awal2 lagu ada credit 3 pihak (atau minimal 2) dalam lagu itu, yakni producer musiknya, lyricistnya dan juga arranger-nya. Kalo enggak ya paling producer musik sama lyricistnya* dan BTS adalah grup yang bener2 terlibat dalam 3 hal itu sejak awal, terutama rapper line (RapMon, Suga, J-Hope) yang jelas ikut paling tidak jadi lyricist karena ngerap-in kata2 mereka sendiri sebagai rapper. Sejak awal, sejak album “2 Cool 4 Skool” udah seperti itu. Bahkan sejak sebelum itupun mereka sudah suka bikin mixtape, perform meskipun underground, bikin lirik mereka sendiri, menyuarakan suara mereka.
  • BTS punya fan song (official fan song) chingu, dan itu ada di album “wings” ini yakni “2! 3! (Hoping for more good days). Jimin cerita kalo dia selalu hampir nangis (monangis) setiap kali mendengarkan lagu ini. Dia berharap orang2 akan menyukai lagu ini *Wah, official “fan song” yah? Berarti kayak himne-nya A.R.M.Y ya? hehe. Lagu yang khusus didedikasikan BTS buat fansnya. Judulnyapun BTS banget, 2! 3! (dul! Set!) kan greeting BTS sebelum mereka bilang “Bang!Tan! Annyeong haseyo Bangtan Sonyeondan Imnida”. Gue sendiri ngerasa lagu ini ada juga hal2 positifnya chingu, kita bisa belajar juga dari lagu ini. Part RapMon di awal yang pada intinya kita ga bisa bohong dengan mengatakan “ayo hanya hal2 baik saja yang kita lihat” atau “hanya hal yang baik yang akan terjadi”. Menurut gue kata2 itu bener, karena meskipun hal2 dan kejadian2 baik jadi harapan kita, tapi dunia pada kenyataanya tidak berjalan seperti itu. Kita tidak bisa lari dari kenyataan bahwa dunia ini banyak keburukannya meskipun kita selalu bisa mengambil sisi positif dari sisinya yang lain. Kayak “ok dunia ini kacau, cuman dengan hati gue yang selalu ingin melihat keindahan di dunia ini, guepun bisa melihatnya tidak seburuk/sekacau itu”. Cuman fakta kalo dunia memang sering tidak berjalan seindah bayangan kita adalah tetep fakta. Semua hanya tentang pilihan dan sudut pandang kita gimana untuk melihatnya. Apakah dengan fakta itu kita menyerah atau tetap dengan hati yang indah melihat dunia ini dengan kacamata yang lebih mendamaikan. Yang di part Suga, gue rasa untuk kesekian kalinya adalah ungkapan pembuktian terhadap orang2 yang sudah menyepelekan mereka karena jadi idol. Gue pribadi pengen kayak “udahlah Suga, ok kita tahu kok (dan orang2 yang kamu maksudpun juga tahu BTS sekarang kayak apa), ga usah selalu bikin lirik dengan tema itu, yang lain, hehe. Karena gue rasa udah terlalu banyak Suga ngomong hal2 serupa chingu. Lagu “2!3!” ini kurang lebih menceritakan ajakan dari BTS untuk melupakan kesedihan kita dan ga berhenti percaya bahwa banyak hari yang lebih baik yang akan datang. Kalo gue mengaitkannya dengan “dibalik kesulitan ada kemudahan” chingu, kayak hujan pasti berganti pelangi, badai pasti berlalu, hari burukpun akan berlalu dan kita bisa berharap hari ke depan lebih baik dengan usaha dan doa kita. Selalu ada harapan untuk suatu kemudahan jika kita sudah mengupayakannya dengan susah payah/kesulitan sebelumnya. Kalo gue menginterpretasikan lagu ini ga cuman orang bilang “2! 3! kayak orang main sulap menjentikkan jari lalu kita langsung tertidur/terhipnotis dan besok tiba2 jadi hari yang baik. Ya harapan itu akan selalu ada, tapi akan sia2 aja kalo kita ga ada keyakinan pada Tuhan akan “sesudah kesulitan ada kemudahan” dengan disertai usaha kita. Ok kita melupakan kesedihan, cuman jangan semata2 itu, tapi harus juga bangkit lagi dan berusaha lagi dalam meraih hari2 yang lebih baik. Untuk liriknya J-Hope yang “terimakasih untuk udah jadi cahaya dan hwayang yeonhwa-ku” itu adalah untuk A.R.M.Y chingu. Terimakasih udah selama ini percaya sama BTS, udah mensupport karya BTS, udah jadi bagian dari “the best moment in live”nya BTS juga”. Sehingga jelas kalo lagu ini adalah “fan song”nya BTS untuk A.R.M.Y semuanya ^^*
  • Tentang “Demian”, RapMon disini mengakui kalo banyak aspek di “Demian” yang memang mirip dengan cerita yang mereka ceritakan di album “wings” ini chingu. Sehingga, merekapun menggunakan banyak elemen dalam “Demian” di jacket photo dan konsep MV mereka. Demian sendiri adalah novel yang tertinggi no.22 dalam hal penjualan dan terkenal di toko2 buku. Kaitannya dengan “Demian”, konsep “wings” juga tentang growth (dalam artian perkembangan orang dalam mencari jati dirinya di usia youth-nya), sehingga mereka pikir mereka perlu bekerja keras untuk membawa pengaruh yang sifatnya positif dalam proses growth ini chingu. Contohnya kaya kata2 di belakang V di jacket photo “wings” (kata2 berbahasa Jerman) dari filsuf Nietsche bahwa “seseorang harus bergejolak dalam dirinya jika ingin bisa melahirkan bintang yang menari”. Itu semacam quote yang pengen BTS sampaikan ke orang2 dalam range usia mereka (20an). RapMon bilang kalo Suga bilangnya “haera!” atau “keep it up!” atau “terus lakukan!”, kata2 penyemangat lah. RapMon ngejelasin kalo maksud quote tadi adalah gejolak yang ada dalam diri kita dan juga rasa cemas adalah proses yang harus kita alami ketika kita ingin berhasil melahirkan sesuatu yang bersinar. Bisa jadi dalam proses itu kita akan ketemu dengan godaan, itu secara natural akan kita temui *menurut gue adalah godaan untuk nyerah, godaan untuk ganti haluan, godaan untuk malas dsb. Gue jujur ada poin yang ga gue suka dari Nietzche chingu, setahu gue dia filsuf yang beraliran materialis atheist yang gue ngerasa bahaya juga kalo ga bijak menyerap kata2nya, kayak beresiko bagi gue. Cuman gue rasa quote tadi bisa diartikan sebagai hal yang ada juga sisi positifnya. Semacam “orang kalo mau bersinar (sukses) itu ga mudah, harus usaha dulu, harus berdeal dulu dengan gejolak/perasaan2 dalam dirinya (godaan kayak males, gegabah, mo nyerah dsb)”. Gue sering bilang bahwa kita tetep bisa kok mengambil hal2 positif dari sesuatu, cuman ada hal2 yang sebenernya ga pengen gue pelajari terlalu dalem karena gue takut chingu, seperti untuk terlalu belajar dari filsuf beraliran materealis atheist kayak Nietzche ini. Ok RapMon mungkin cocok sama beliau, makanya baca bukunya atau bahkan sampai mengikuti alirannya, karena RapMonpun juga atheist (gue baru2 ini baca interview yang mengiyakan kalo dia atheist). Cuman kalo gue jujur membatasi chingu. Meskipun gue tahu RapMon atheist dan humanisme yang dia maksud ada bedanya meskipun ada samanya juga dengan humanisme yang gue yakini (ada hal dimana pemikirannya berbagi nilai yang sama dengan yang gue yakini), makanya gue mencoba berdeal dengan itu dan mencoba tetap sebijaknya menterjemahkan itu. Manusia dan kemanusiaannya (humanisme) yang gue yakini adalah tidak bertentangan dengan ajaran agama yang gue yakini. Bahwa manusia adalah pemimpin bagi dirinya sendiri dan bertugas menjadi versi terbaik dari dirinya untuk kemudian bermanfaat bagi orang lain. Itu adalah tujuan hidup manusia sebagai bentuk ketaatannya pada Maha Pencipta-nya yang kelak akan jadi bekalnya sendiri ketika kita mati/kembali kepada penciptnya. Meskipun humanisme versi RapMon ga 100% seperti ini karena dalam atheist tidak menyertakan Tuhan, cuman aspek “jadilah versi terbaik dirimu, ayo percaya diri, ayo usaha keras” itu tetep bisa kita ambil positifnya. Ada perbedaan, tapi tidak beda 100% sehingga gue ngerasa tetep ada hal yang bisa kita belajar dari dia. Kuncinya cuman apapun yang kita baca, quote dari siapapun, pemikiran dari siapapun, ilmu apapun, asal itu ga membuat kita lepas dari iman kita dan justru menambah keimanan kita, itu boleh kita lakukan. Meskipun sebagai muslim, jelas sebaik2nya ilmu/kata2/apapun adalah dari Quran dan sunnah Nabi Muhammad yang sahih. Tuhanpun (Allah) tidak memaksakan kehendak hambanya untuk beriman kepadanya kan? Apalagi manusi kayak kita. Yang ada cuman menasehati, kalo mau ya ok, kalo engga ya gapapa, ga ada masalah sama sekali. Hidayah (atau apapun bahasanya dalam keyakinan lain) adalah murni dari Tuhan, bukan dari manusia. Hal lain yang gue yakini salah satunya adalah kita ga pernah tahu akhir hidup kita kayak gimana chingu. Bisa jadi orang yang iman nanti ketika mati tidak, dan orang yang tidak iman pada akhir kehidupannya beriman. Maka gue ga berani ngejudge seseorang, masalah hidayah adalah pure dari Tuhan, bukan gue, kalian atau siapapun. Yang gue coba lakukan hanyalah apa sih hal2 baik/positif dari mereka (BTS/RapMon) yang bisa dibagi ke orang karena menginspirasi, itu saja. Banyak pemikiran RapMon/BTS yang gue rasa positif dang a bertentangan dengan apa yang gue yakini, makanya guepun bisa suka dengan mereka. Cuman untuk hal2 tertentu, tetep gue akan batasi atau dengan sangat hati2 menginterpretasikannya kayak quote Nietzche ini. Sekali lagi, BTS/RapMon ga sempurna (versi gue pribadi), hanya saja gue rasa daripada grup lain lagu2 mereka yang paling bisa diambil sisi2 positifnya. Kayak gue jadi inget semut di Quran An-Naml ketika BTS bikin lagu “lost” kemaren. Semakin gue belajar, semakin gue tahu dan semakin juga gue takut chingu, true. Temen gue bilang, RapMon itu buku lin, dia itu memang pinter, pinter banget, kamu bisa belajar banyak dari dia, cuman kamu harus bijak juga mana yang bisa kamu ambil/tidak seperti halnya sebuah buku. Ga semua hal/bab di dalamnya harus kamu ambil/sukai, meskipun pada faktanya ada hal2 baik/positif dari situ. Ya semoga kalian mengerti, itu chingu hal yang pengen gue sampaikan. Bahwa tolong kalian jangan ngerasa RapMon itu sempurna dsb hanya karena dia pinter dsb, karena gue sebagai manusia beragama (dan kalian juga pasti beragama) tetep harus ada batas dalam hal ini. Ambil yang baik dari dia, dan yang buruk jangan. Gue awalnya ga mau cerita ini, cuman itulah yang gue pikirkan chingu, dan sepertinya memang harus gue tulis, gue harus jujur pada apa yang gue pikirkan dalam menulis. Kalian bisa menilai sendiri kemudian. Kalo dari gue ya seperti itu tadi pandangannya. Kita mungkin ga bisa ketemu dalam hal kepercayaan (believe), cuman kita bisa kan ketemu dalam hal lain? Lagipula kita sama2 manusia yang wajar punya nilai2 kemanusiaan yang sama. Tentang apa yang kemudian kita anut, itu banyak faktor. Gue pengen kalian memahami ini. Cuman kalo saat ini kalian ga paham, mungkin ketika kalian lebih dewasa dari ini kalian akan paham. Apalagi kalo kalian sekolah jurusan filsafat dsb. Stay positive, itu saja chingu yang gue ingin pegang sekarang di blog ini. Selalu cari sisi baik dengan hati yang baik ditengah dunia yang memang bohong banget kalo kita bilang semua baik2 saja seperti kata RapMon di 2!3! tadi. Kita ga bisa lari dari kenyataan, kita ga bisa nutup mata begitu saja pada hal yang jelas terjadi, kita ga bisa lari dari kenyataan bahwa ke-atheist-an dsb itu terjadi dalam idola kita, gue ga ingin menutupi semuanya. Gue ga mau bohong pada pemikiran gue sendiri chingu. Ga mau bohong pada gejolak dalam hati gue sendiri juga. Gue dulu memang takut dan sering bilang “ga mau share yang negatif” cuman lama2 gue sadar kalo itu hanya nama lain dari gue untuk “lari dari kenyataan”, sehingga gue ngerasa perlu juga untuk gue tulis dengan penuh pertimbangan dan juga alasan kenapa gue menulis itu. Apapun opini kalian, itu hak dan pemikiran kalian. Pemikiran gue udah gue tulis di sini. Berat chingu, banyak mikir gue, cuman akhirnya inilah yang jadi konklusi/kesimpulan gue. Gue ga mau ngejudge orang seakan2 gue lebih baik dari orang itu chingu. Bisa jadi kan di akhir hidup gue, gue jadi orang buruk? Who knows? Seperti kata Ali Bin Abi Thalib “temukan kepribadianmu dengan melakukan 3 hal, pertama “jadilah manusia paling baik di sisi Allah”, yang kedua “jadilah manusia paling buruk dalam pandangan dirimu” dan yang ketiga “jadilah manusia biasa di hadapan sesama manusia”. Gue ingin seperti itu chingu. Dengan selalu ngerasa gue adalah manusia paling buruk dalam pandangan gue sendiri, maka gue tidak mau menjudge manusia yang lain lebih buruk dari gue, siapapun itu. Gue sendiri banyak salah, jadi ga pantes gue menjudge salah/buruk pada orang lain. Gue juga ingin jadi manusia biasa di hadapan manusia yang lain, makanya bisa saling belajar dan berbagi hal2 baik dengan sesama manusia, siapapun itu. Itu chingu hal yang pengen gue bagi kali ini, semoga berkenan…*

—-

eng-161016-bts-2nd-full-album-comeback-interview-mp4_000053586

eng-161016-bts-2nd-full-album-comeback-interview-mp4_000080280

#Peace #Love #Happiness                                                                                               

#Live #Love #Learn #Laugh 

#Share #Respect #Inspire

#StayGold #StayTrue #StayReal

Komentar
  1. Tary mengatakan:

    Akhirnya nya ya kak

  2. aimmah el-bisri mengatakan:

    mereka memang menginspirasi banget.
    memang ada sisi negatifnya, namun kalau kita melihat dari segi positifnya maka kita akan dapat banyak manfaat🙂
    kita adalah pejuang yang sama seperti mereka. kita berjuang dijalan kita masing-masing…
    semangat buat kita semua !!!!
    BTS FIGHTING!!!! Kak Linda Fighting🙂

  3. Iin mengatakan:

    aku paham kak sama apa yg ingin kak linda sampaikan di sini..
    makasih banyak usah nulis ini buat kita2…
    ngomong2 Atheis itu klo ngga salah artinya ngga punya kepercayaan/agama yah kak…
    orang2 korea bnyak kyaknya yg atheis gitu… tpi yah kyak yg dibilang kak linda tadi selama ada hal2 baik yg bisa kita pelajari dri mereka ya ok ok aja… orang yg ga punya kepercayaan/keyakinan/agama/apapun itu bukan berarti selalu buruk kan yah…blm tntu juga orang yg punya agama selalu baik.
    aku juga baru sadar stelah bca postingan kak linda kalo hal yg di pandang burukpun masih ada hal baiknya juga,trgantung bagaimana kita menilai…
    jangan sungkan2 ka nulis apa yg pingin kak linda sampaikan,biar kita juga tau mana yg harus kita pelajari.jangan bosen2 yah buat selalu ngingetin kita pda hal2 yg baik ^^

  4. Iin mengatakan:

    aku paham kak sama apa yg mau kak linda sampaikan disini…
    ngmong2 Atheis itu orang yg ga punya kepercayaan/agama yah kak..
    banyak kayaknya orang korea yg atheis jga..
    tpi kya yg di bilang kak linda tadi selama ada hal2 baik yg bisa kita pelajari dri mereka BTS,Rapmon atau siapapun,knapa ngga??
    orang2 yg Atheis/ngga punya agama/kepercayaan bukan berarti mereka selalu buruk kan?
    blm tntu juga orang yg punya agama selalu baik juga..

    aku juga sadar setelah beberapa kli bca postingan kak linda klo selalu ada hal baik yg bisa kita pelajari dri keburukan skalipun…krna yg kita pandang burukpun ngga selalu 100% buruk…
    makasih kak udah nulis ini buat kita jangan bosen2 ngingetin kita

    jangan sungkan2 yah kak nasehatin kita,tulis apapun yg kak linda pikirkan selama itu baik buat kita contoh ^^

  5. RatihRhy mengatakan:

    Iya kak,,aku juga pas denger lagu ini pasti bawaannya pengen nangis,,,jadi keliatan gimana mereka sangat menyayangi A.R.M.Y dengan buat official fan song kek gini,,,,dan ini menurutku indah banget,,,kayak yang “gimana sih perasaan loe ketika idol yang loe suka buat lagu buat loe” kayak gitu deh…hehehe..pokoknya buat bangtan makin keren deh…semoga mimpi-mimpi mereka tercapai, walaupun perlahan,satu-persatu mimpi mereka terwujud…dan juga buat para A.R.M.Y juga yang punya mimpi-mimpi semoga tercapai kek gimana bangtan meraih mimpi mereka…hehehe..kepanjangan ya kak,,😀😀

  6. Diana RM 💕 mengatakan:

    Sama kak aku tiap denger 2!3! Mau nangis apalagi pas 3rd muster itu .. Aku suka sm temen kka yg bilang Rapmon itu pinter kaya buku namun kita harus milih sisi negatif sama postifnya

    Aku makin cinta sama bangtan . Dan masalah atheis itu aku baru tau jika RM atheis 😑

    Pkoknya bangtan fighting . Bangtan dapet daesang tahun ini . Harapan mereka terkabul

  7. aimmah el-bisri95 mengatakan:

    Iya kak, gak tahu kenapa aku tiba-tiba sedih ngedengernya. Sebenernya aku juga udah merasa kalau Rapmon itu atheis, dari lirik di mixtape-nya sudah ada beberapa yang mengindikasikan itu tapi aku belum tau benernya gimana.
    Ketika baca post kakak yang ini aku langsung gini “tuh kan”…. Namun ada temenku yang bilang kalau perbedaan itu indah dan keindahan itu tidak didapat dengan cara yang instan, harus ada perjuangan didalamnya.

    Selama ini aku juga nggak terlalu notice sama hal-hal kayak gitu kak. Aku termasuk orang yang gak terlalu mempermasalahkan tentang perbedaan keyakinan orang lain. Aku respect dan menghargainya. Tapi ntah kenapa aku juga merasa ada feel yang agak aneh… Oke, mungkin ini sisi negatifnya yang harus bisa ku atasi kayak kak linda yang udah berhasil untuk berdeal sama perasaan kakak.
    Tapi selagi masih ada hal positif dan nggak bertentangan sama keyakinan kita maka boleh diambil. Seperti kata-kata kakak diatas. Berdeal sama diri sendiri itu susah apalagi ada banyak “godaan” baik dari dalam diri kita maupun orang lain.
    Memang gak ada salahnya kok belajar dari manapun. Seperti hadits ini, tuntutlah ilmu walau hingga ke negeri China. (padahal waktu itu China bukanlah negara Islam, itu menunjukkan bahwa Islam tidak membatasi umatnya dalam menuntut ilmu asalkan ilmu yang kita cari itu memang benar dan tidak menyalahi aturan yang kita ikuti.)
    Maaf kak jadi curhatan panjang🙂 aku ingin mengutarakan apa yang kupikirkan ke kakak. Kalau ada yang salah mohon di koreksi🙂 Aku readers setia kak Linda…..
    Terus share hal-hal yang positif ya kak😀

    Kak Linda Fighting🙂

  8. aimmah95 mengatakan:

    Iya kak, gak tahu kenapa aku tiba-tiba sedih ngedengernya. Sebenernya aku juga udah merasa kalau Rapmon itu atheis, dari lirik di mixtape-nya sudah ada beberapa yang mengindikasikan itu tapi aku belum tau benernya gimana.
    Ketika baca post kakak yang ini aku langsung gini “tuh kan”…. Namun ada temenku yang bilang kalau perbedaan itu indah dan keindahan itu tidak didapat dengan cara yang instan, harus ada perjuangan didalamnya.
    Selama ini aku juga nggak terlalu notice sama hal-hal kayak gitu kak. Aku termasuk orang yang gak terlalu mempermasalahkan tentang perbedaan keyakinan orang lain. Aku respect dan menghargainya. Tapi ntah kenapa aku juga merasa ada feel yang agak aneh… Oke, mungkin ini sisi negatifnya yang harus bisa ku atasi kayak kak linda yang udah berhasil untuk berdeal sama perasaan kakak.
    Tapi selagi masih ada hal positif dan nggak bertentangan sama keyakinan kita maka boleh diambil. Seperti kata-kata kakak diatas. Berdeal sama diri sendiri itu susah apalagi ada banyak “godaan” baik dari dalam diri kita maupun orang lain.
    Memang gak ada salahnya kok belajar dari manapun. Seperti hadits ini, tuntutlah ilmu walau hingga ke negeri China. (padahal waktu itu China bukanlah negara Islam, itu menunjukkan bahwa Islam tidak membatasi umatnya dalam menuntut ilmu asalkan ilmu yang kita cari itu memang benar dan tidak menyalahi aturan yang kita ikuti.)
    Maaf kak jadi curhatan panjang🙂 aku ingin mengutarakan apa yang kupikirkan ke kakak. Kalau ada yang salah mohon di koreksi🙂 Aku readers setia kak Linda…..
    Terus share hal-hal yang positif ya kak😀
    Kak Linda Fighting🙂

  9. sul mengatakan:

    Dan aku juga pengen banget berterima kasih sama BTS karena sudah mengisi hwayang yeonhwa ku.. disaat yang pas, waktu aku ada di titik terberat dan pengen menyerah dalam hidupku, lagu-lagu bts berpengaruh banget buat aku semangat lagi, entah kalo gak ada bts aku gimana…
    Dan emang bener, bts menyadarkan aku, lagu 2! 3! Akan ada hari yang lebih baik..
    Paling nggak satu lagu bts aku dengerin di setiap pagi, setiap hari hehe semangat untuk mengawali hari..
    Dan bts juga mengajariku bagaimana untuk bangkit dari keterpurukan, mengajariku bagaimana youth itu, penuh perjuangan..
    #curcol hehehe BANGTAN FIGHTING!

  10. Black Shadow mengatakan:

    Gw rasa itulah kenapa ada ruang kosong di diri namjoon. Dia ngerasa selalu ada yg kurang dan ngerapa sepi. Aku pikir karna dja blm dapet hidayah untuk beriman. Dia ga ada sandaran yang kuat untuk dia percaya. Ok dia blg i believe in myself , i believe in my damn boys but itu ga cukup kuat untuk menuhin ruang kosongnya. But sekali lagi seperti yang kak linda bilang gw jg selalu nyari sisi positif dari karya2 mereka dan selalu jaga jarak untuk ga ‘suka semua yg mereka lakukan/buat’ karna kalo gitu mata hati kita dalam menilai sesuatu jadi tertutup dan akibatnya kita suka dengan mentah tanpa difilter, bisa2 kita kehilangan apa yang kita yakini sendiri. Thank u kak linda atas postingannya. Aku selalu baca karna sangat menginspirasi. Banyak ilmu yang aku dapet dari blog kakak. Maaf ga selalu bisa komen hehe. Sukses selalu kak^^

  11. freezy mengatakan:

    kak linda. aku nemuin blog yang pake tulisan kakak, entah dia udah dpt ijin kakak atau belum aku gak tau. tp dia gak cantumin cr yang jelas.
    kalo kakak berkenan ini nama blognya BTS ARMY INDONESIA Amino. aku gak yakin sih kakak bakal mempermasalhkannya. atau mungkin kak linda udah tau? konfirmasi ya kak, takutnya feeling ku sama orang ini bener

Tinggalkan Balasan

