Fakta-Fakta BTS Part 248 (Jin X LOTJ Manado Part 1 & 2)

Posted: Januari 19, 2017 in About BTS
Tag:

BANG! TAN! BTS!

Source: Law Of The Jungle ep. Kota Manado, Indonesia (Credit: SBS)

  • Jin ke Manado!!! Ya, di awal tahun 2017 ini, Law Of The Jungle ep.1 adalah perjalanan Jin dkk ke Manado chingu. Sampai saat gue nulis ini, baru tayang 2 episodenya. Jin ini dipilih jadi semacam “rising star yang dapat memimpin di 2017”versi LOTJ, haha. Anak2 BTS ngasih semangat juga ke Jin ketika tahu Jin diajak ke LOTJ ini. Sebelum berangkat, Jimin bilang dia berharap Jin ga dimarahi/dibentak sama member2 yang lebih tua di LOTJ, hehe.
  • Di LOTJ kali ini, peserta yang ikutan selain Jin adalah WJSN Cheng Xiao, Sleepy, SolBi, aktor rookie Gong Myeong dan Yoon DaHoon (member tertua) serta member tetap Kim ByungMan.
  • *gue merinding chingu nonton intro acara ini*. Jadi di awal acara ini memperkenalkan tentang Indonesia juga, keren. Mereka memperkenalkan bahwa Indonesia  adalah sebuah negara yang terdiri dari 18.000an pulau dengan keanekaragam hayati dan hewani yang sangat tinggi. Salah satu yang paling terkenal di Manado Sulawesi ini sendiri adalah lokasi divingnya yang masuk TOP 20 di dunia. Keanekaragaman bawah lautnya sangat menawan, indah sekali. Disampaikan juga di intro acara ini kalau di Pulau Sulawesi yang dilewati garis Wallace ini hidup kurang lebih 11.400 spesies hewan dengan 127 jenis mamalia dan 230 jenis burung. Ajaibnya, lebih dari 70% hewan ini hidupnya hanya di Sulawesi saja. Betapa kaya ya Indonesia? Subhanallah. Mungkin kalo ada readers blog ini yang asalnya dari Manado/daerah Sulawesi bisa share di sini chingu.
  • Tim LOTJ ini bilang kalo selama 6 tahun syuting LOTJ, mereka udah mengunjungi 28 negara cuman belum bisa ke Indonesia chingu. Ini dikarenakan peraturan yang rumit untuk diurus sehingga baru kesampaian di tahun ini. Dan setelah persiapan yang panjang, akhirnya mereka bisa juga ke Indonesia untuk memulai LOTJ di tahun 2017 ini.
  • Fans udah banyakkk banget berkumpul ketika tim LOTJ ini dateng. Rata2 mereka adalah ARMY yang udah tahu kalo Jin bakalan ke sana. Meskipun begitu, ada juga fans yang nulis nama kayak Sleepy dan Kim ByungMan untuk menyambut kehadiran mereka. Kim ByungMan semacam kaget juga karena antusiasme fans sangat besar di sini chingu. Dia sampe ngomong kalo kehebohan itu baru pertama kalinya terjadi. Dia juga bilang ke Jin supaya untuk setiap bulannya ada 1 member BTS yang ikutan acara ini, hehe *wah sepakat ini mah~. Gue pribadi paling pengen Suga X RapMon yang ikutan chingu. Pengen liat adaptasi mereka di hutan kayak apa, hehe.
  • Kalo biasanya anak2 LOTJ bikin rumah dari kayu dan daun di hutan, di LOTJ kali ini mereka ngapung di tengah2 laut chingu. Jadi di tengah laut dibuat kayak lantai dari kayu yang terapung gitu dan semua harus tinggal di situ dalam kurun waktu 24 jam dengan masing2 member hanya dikasih 1 botol aqua besar. Mereka bahkan sampe nampung air hujan dan minum air hujan karena persediaan air mereka terus berkurang. Tempat tinggal mereka ini ditengahnya bolong chingu, dibuat untuk jalan nangkep ikan. Konsep ini terinspirasi dari nelayan di Manado yang bikin tambak ikan chingu *keren ya LOTJ? Kearifan lokal di Indonesia (Mando)pun diaplikasikan di acaranya. Secara langsung berarti akan banyak orang yang tahu kalo Manado ada lokasi budidaya ikan yang khas, tambak ikan tadi*.
  • Jin sendiri bawa banyak lightstick ARMY chingu di tasnya. Dia bilang lightstick itu bakalan berguna bagi mereka dan memang iya karena ketika udah malem cahaya dari lightstick2 itu mengelilingi “rumah terapung” mereka. Yeokshi ya, ARMY bomb. Cahayanya menemani Jin bahkan saat dia di situasi seperti ini. Masing2 member LOTJ diberi lightstick satu-satu chingu. Selain buat lampu, ternyata lightstick itu juga punya kegunaan lain lhoh di sini, keren sekali. Nanti di bawah penjelasannya.
  • Kedalaman “rumah” terapung mereka sampai ke dasar lautan sendiri adalah 10 meter chingu. Nah, di situ juga mereka harus survive dengan nyari ikan buat makan. Mereka dikasih semacam jaring2 besar untuk buat semacam tambak. Member yang cowok pada nyelam ke bawah termasuk Jin buat masang tambak cuman di kesempatan pertama mereka gagal. Meskipun gagal, tim LOTJ nyoba lagi dan endingnya mereka berhasil. Cumi2pun pada nyangkut di jaring itu sehingga mereka bisa makan dari situ. Selain dari cumi2 yang nyangkut di jaring, Kim ByungMan sebelumnya nyelam ke dasar dan menemukan cuttlefish (sotong) chingu. Sotong semacam sejenis gurita gitu dan menyemburkan tinta juga sebagai bentuk pertahanan diri. Member yang lain juga ga kalah kerja keras, mereka menjaring ikan dengan jaring biasa di sekitaran area. Member yang lain ada yang buat api dan Jin X Sleepy bertugas membersihkan cumi2 dan ikan2 lain untuk dimasak.
  • Awalnya, mereka makan cuttlefish dalam keadaan mentah chingu, cuman karena maknaenya (Cheng Xiao) gabisa makan mentah, Jin ngusulin supaya ikannya dimasak biar Cheng Xiao bisa makan juga *so sweet~ TT TT*. Jin semacam kakak yang baik chingu di sini, dia yang ngasih potongan cuttlefish ke Cheng Xiao juga. Jin yang memang jago masak dapat job juga buat motong2 si cuttlefish itu sehingga bentuknya kayak sashimi. Ketika ikan/cumi2 yang dimasak itupun matang, Jin kembali minta Cheng Xiao buat makan yang banyak karena tadi cuman makan sepotong. Dia ngasih potongan cumi matang lagi ke Cheng Xiao.
  • Karena cuttlefish tadi punya tinta, tinta itu malah mereka jadikan mainan chingu. Masing2 member wajahnya dicoret2 pake tinta dan pada lucu2 termasuk si Jin yang jadi punya semacam brewok, hehe. Mereka ketawa dengan hal sesederhana itu chingu, indah sekali. Yas! Bahagia itu sederhana kan ya? Di tengah rasa lapar dan perasaan yang campur2 karena terapung2 di air, tetep terlihat wajah keceriaan dari member2 LOTJ dengan hanya berbekal tinta sotong. Ya, sekali lagi, bahagia itu pilihan dan sebenarnya sederhana ^^
  • Ketika ngebersihin cumi2 sama Sleepy, Jin ngomong kalo Sleepy-lah yang merekomendasikan Rap Monster untuk jadi leader di BTS chingu. Waktu itu Sleepy ngeliat RapMon audisi lalu dia merekomendasikan RapMon buat masuk ke BigHit Ent. Sleepy sendiri juga adalah rapper. Sleepy cerita kalo RapMon selalu ngejawab panggilannya dengan baik (calling/telfon) padahal dia sebenernya ngerasa gapapa misalpun panggilannya ga diawab sama RapMon. Dia tahu kalo RapMon udah jadi artis besar juga sekarang. Jin nyaut “RapMon memang baik” dan Sleepy juga mengiyakan *keren ya chingu? patut dicontoh ini. Kacang yang ga lupa sama kulitnya. Meskipun udah jadi superstar global tapi tetep respect sama sunbae dan orang yang notabene sangat berjasa juga di karirnya. Semoga BTS termasuk RapMon tetep kayak gitu ya chingu, tetep baik sama orang2 yang udah ngedukung mereka saat mereka belum terkenal. Haru juga gue ngedenger ini, haru karena respect-nya RapMon sama Sleepy. Attitude chingu, ini masalah attitude. Attitude/akhlak, sesuatu yang harusnya semua orang punya. Karena orang juga ga bisa disebut orang baik kalo akhlaknya ga baik chingu. Nabi bersabda “sesungguhnya yang terbaik diantara kalian adalah yang terbaik akhlaknya” (hadist Bukhari No.3559). Sikap kita pada orang lain itu penting chingu. Tetaplah jadi orang yang baik pada orang lain sesukses apapun kita, stay humble, stay be human. Ada banyak opsi dalam hidup, ada banyak cita2, ada banyak keinginan, namun jangan pernah lupa punya keinginan jadi orang baik chingu. Be a nice human, be a kind human. Kata2 ini ga semata2 ke kalian chingu, ke gue sendiri juga. Kita saling mendoakan dan mengingatkan supaya bisa jadi manusia yang lebih baik.
  • Tadi kan gue ngomong tentang guna lightsitick yang lain. Nah, di episode ke-2, Jin sukses mancing pake lightstick chingu. Lightsitick buat mancing? Ya, true, bisa. Jadi si Army Bomb ini memang multifungsi chingu. Selain jadi lampu di malam hari ternyata juga bisa jadi alat pancing. Jin sukses dapet 2 ikan dengan lightstick itu chingu. Berkat 2 ikan dari Jin, semua member LOTJ bisa makan di pagi itu chingu. Bahkan ga hanya mancing, dia juga yang ngebersihin ikan2nya dan dia pula yang ngebakar. Kim ByungManpun mention juga kalo Jinlah yang melakukan itu semua. Mereka semua berterimakasih ke Jin yang udah semacam ngasih makan ke mereka chingu. Jin sendiri sebenernya ga expect dapet ikan juga, cuman nyoba aja dan beneran dapet. Jin sendiri bilang kalo dia ngerasa kayak orang yang mengumpulkan uang dan uang itu digunakan untuk memberi makan keluarganya chingu. So sweet chingu, Jin keren banget di LOTJ ini. Bukannya dibentak2, malah sangat bermanfaat bagi member yang lain. Jadi kakak yang baik/care juga buat member2 yang lebih muda.
  • Nah setelah 24 jam, akhirnya misi mereka hidup di tambak berakhir dan mereka sukses chingu. Misi selanjutnya adalah mereka disuruh pindah ke pulau chingu. Ga langsung pindah pake kapal, mereka harus pake tambak itu buat ke pulau. Makanya mereka memutuskan untuk motong penyangga tambak supaya jadi kayak kapal dan bisa mengantarkan mereka ke pulau. Jin lagi2 melakukan sesuatu yang hebat chingu, dia bisa membuat dayung berbekal kayu yang ada di sana. Dayung ini penting untuk membantu mereka sampai ke daratan. Setelah melalui perjalanan panjang sambil mendayung yang melelahkan, mereka akhirnya sampai juga di pulau chingu, LOTJ episode inipun bersambung *menurut gue ep.1 dan 2 ini menunjukkan kalo Jin memang kompeten chingu ikut LOTJ. Dia mudah beradaptasi, kreatif dan keliatan care juga, keren. Yeokhsi, eomma-nya BTS, hehe*

360p-mp4-mp4_000826941

360p-mp4-mp4_000828051

360p-mp4-mp4_000858078

360p-mp4-mp4_000860190

360p-mp4-mp4_001688233

360p-mp4-mp4_001741472

360p-mp4-mp4_003396473

360p-mp4-mp4_004141193

360p-mp4-mp4_004144486

360p-mp4-mp4_004147802

360p-mp4-1-mp4_000796611

360p-mp4-1-mp4_001612029

360p-mp4-1-mp4_001754799

360p-mp4-1-mp4_003403982

360p-mp4-1-mp4_003408723

360p-mp4-1-mp4_003422761

360p-mp4-1-mp4_003428156

360p-mp4-1-mp4_003564082

360p-mp4-1-mp4_003568819

#Peace #Love #Happiness           

#Live #Love #Learn #Laugh 

#Share #Respect #Inspire

#StayGold #StayTrue #StayReal

Iklan
Komentar
  1. Santips berkata:

    Kak ngga bahas got7 lagi yaah? Terakhir oktober 😦

  2. Sofiaannajah berkata:

    Kocaknya waktu bts ngasig semangat ke jin. Suga bilang “kalo aku yang berangkat mungkin aku akan jadi idol pertama yang maninggal di hutan. Krn klo suga lapar ya udah biarin aja. Diem soalnya males nyari makan lol. Maget muli lo bang😂

  3. mi berkata:

    wkwkwkwk lebih baik jangan sertakan suga di acara ini xD

  4. Ayam Goreng Mentega berkata:

    Suga gk mungkin bertahan hidup, dia mah lebih baik mati daripada menderita :’v

  5. rahmirahmi berkata:

    kak, yg episode jin teriak2 ngeliat belalang itu kapan ya?

  6. Silvi berkata:

    aku seneng banget baca semua isi blog nya unnie 😀 *apalagi tntang BTS, btw aku army baru hehe, terus pas nyari2 fakta2 dll tntg BTS, eh nyangkut disini. Tulisan2 unnie keren! gak hanya memberi informasi tapi juga memotivasi.
    selama ini aku jd silent reader aja hehehe, *tapi kali ini mau ninggalin jejak.
    ok, sgitu aja. fighting unnie!

  7. Iin berkata:

    waahh Jin keren yahh trnyata bukan cuma care sma mmber BTS tpi sma siapa aja kyaknya Care…
    LOTJ dulu pernah ke Indonesia ka mmbernya waktu itu ada Onew SHINee & dojoon Beast jga mreka ke Borneo (Kalimantan)…

    siapa sangka trnyata ARMY BOMB sangat membantu di acara ini … ARMY pasti senenggg.. Pinter deh kmu Mas Jin kkkkkk….

    ini nih yg pling aku suka jga sma blognya kak linda..suka nyantumin ayat2 di alqur’an & jga hadits …kerenn deh pkoknya
    Kak Linda Jjanggg!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s