Fakta-Fakta BTS Part 256 (Spring Day X Snowpiercer X Rap Monster)

Posted: Maret 25, 2017 in About BTS
Tag:

BANG! TAN! BTS!

Source: MV BTS “Spring Day” & “Snowpiercer” movie.

BTS comeback!!!! *telat! Telat banget Lin!!! hehe*. Iya chingu, BTS comeback “You Never Walk Alone” memang udah lama, cuman baru sekarang gue nulis tentang itu. Sebenernya gue bingung chingu mau nulis ini mulainya darimana. Bukan karena apa2, cuman karena saking banyaknya hal keren di comeback mereka kali ini sampe gue bingung sendiri harus memulainya darimana. Bingung darimana startnya gue bisa mendeliver semua pikiran gue tentang comeback ini ke dalam postingan. Dari MVnya “spring day”, banyak banget hal yang gue pikirkan. Gue rasa sepanjang tahu BTS, MV “spring day”lah yang paling keren. Ga cuman visualnya, tapi konsepnya, ke-match-annya dengan lirik, dan pesannya. Ya, gue rasa MV itu ngasih pesan yang dalem banget ke siapapun yang ngeliat. Bukan hanya MV biasa, tapi ada something di dalamnya. Sesuatu yang membuat gue akhirnya ngerasa senang dalam proses mengapresiasinya. Kayak lirik lagu2nya, MV inipun gue rasa maknanya dalem sekali, keren.

Pernah ga kalian baca tulisan gue di blog sebelah “Alone In Psithurism”?. Di situ gue cerita kalo nemu satu video dari seniman Indonesia namanya Melati Suryodarmo (beliau muncul di MVnya Tulus “Ruang Sendiri”). Nah beliau di salah satu videonya itu bilang kalo karya yang menarik adalah karya yang nampaknya belum selesai. Jadi eksekusi yang terakhir dari sebuah karya itu tidak hanya berhenti seperti sebuah desain. Jika suatu performance tidak berhasil menggugah pintu-pintu persepsi penontonnya, maka karya itu belum terjangkau (oleh orang yang nonton). Jadi, karya yang bagus itu yang membangkitkan persepsi yang nonton chingu. Semakin kita tergugah buat memberikan persepsi terhadap karya yang habis kita tonton itu, maka tontonan itu adalah bagus. Menurut gue ini sama kayak MV “spring day”. MV itu membuka pintu2 persepsi gue. Gue jadi mikir ngeliatnya, gue jadi pengen mendapatkan something dari MV itu karena gue rasa memang ada sesuatu di sana. Sesuatu yang gue suka, sesuatu yang terbiasa gue sukai. Oleh karena itu gue sempet searching2 juga terkait hal2 yang sekiranya nyambung sama MV itu. Gue agak lupa sih apa kesan pertama gue ketika nonton MV itu, cuman lama2 jadi ngerasa kalo itu bener2 bukan MV biasa. Oya, terimakasih buat Kak Rara yang udah WA gue dan ngerekomendasiin nonton film “snowpiercer/seolgukyeocha” yang berkat itu juga persepsi gue untuk MV itu makin terbuka, makin tumbuh. Neomu gomawoyo eonni nim~. Mungkin kalo gue ga nonton film itu gue juga ga bakalan bisa bikin postingan ini. Jujur gue ga terlalu suka nonton film chingu sebenernya, apalagi film barat. Cuman beberapa doang film barat yang pernah gue tonton. Gue lebih suka musik dan lirik daripada film. Bisa dibilang gue nonton “snowpiercer” juga karena BTS, bukan karena gue emang suka film, hehe. But anyway, film ini keren banget menurut gue, recommended.

Gue ga tahu sih persepsi yang akan gue tulis terhadap MV ini “bener” apa enggak. Cuman, kalian paham kan maksud gue? Ga ada yang salah dalam persepsi. Semua orang bisa berpersepsi terhadap karya. Ga kayak ulangan matematika yang kalo ga bener ya salah,  semua masalah selera dan pengetahuan kita terkait hal itu aaja. Semua cuman masalah latar belakang (ilmu kita, pengalaman kita, selera kita, background kita) yang menyebabkan mungkin persepsi kita beda dengan orang lain. Kalianpun bisa berpersepsi, semua orang bisa dan boleh melakukannya. Nah, inilah persepsi gue tentang “Spring Day” dan “Snowpiercer”.

  • Apakah kalian udah nonton film “snowpiercer” chingu? Ya, apa yang gue tulis ini berhubungan dengan itu. Jika kalian sudah nonton, mungkin akan lebih bisa menangkap apa yang gue maksud di sini. Meskipun “Spring Day” ga hanya tentang snowpiercer kalo menurut gue, cuman postingan ini akan fokus ke situ aja. Snowpiercer adalah film yang disutradarai oleh orang Korea bernama Bong Joon Ho dan ada 2 orang Korea juga yang main di sana (Song Kang Ho dan Go Ah Sung). Di film itupun Song Kang Ho berdialog pake bahasa Korea. Meskipun ada orang Koreanya dan bahkan naskahnyapun ada yang pake bahasa Korea, cuman 80%nya berbahasa Inggris. Sebagai orang awam, gue rasa ini tetep film Hollywood chingu. Pemain utamanya adalah Chris Evans yang berperan sebagai Curtis. Film ini rilis di tahun 2013. Nama film ini dalam bahasa Korea adalah “Seolgukyeolcha” atau “snowpiercer”. Artinya adalah emacam “kereta yang berjalan memecah salju”, karena memang kereta ini setahun penuh mengelilingi dunia memecah salju agar manusia di dalamnya tetap hidup. Yang udah baca lirik “springday”, jelas di partnya RapMon dia ngomong “seolgukyeolcha”-> “hollo nameun seolgukyeolcha” atau “a lone snowpiercer train”. *oya, koreksi kalo gue salah ya chingu bagi yang udah nonton film ini*. Tentang film snowpiercer sendiri, ceritanya di dunia ini hanya ada satu musim yaitu musim dingin. Ini terjadi karena project yang niatannya mau mengurangi pemanasan global di bumi tapi malah membuat bumi jadi sangat dingin. Niatnya mendingingkan tapi malah kebablasan, simplenya begitu. Nah, kemudian ada beberapa kelompok orang yang tinggal di satu kereta yang namanya “seolgukyeolcha” tadi. Ini film genrenya fiksi chingu, jadi kalo agak ga masuk akal ya wajar, imajinasi soalnya. Kereta ini berjalan mengelilingi bumi, jadi panjang relnya sepanjang bumi juga. Kereta kan gerbongnya banyak tuh, nah gerbong paling belakang adalah gerbong yang paling ga enak. Ibarat kasta, yang tinggal di gerbong paling belakang itu adalah kasta terendah, kasta sudra. Mereka makannya adalah kecoak yang diolah dan disebutnya protein. Tempat tinggal mereka ga layak, kumuh, parah. Nah, ini berbeda dengan gerbong2 lain di depannya. Ada gerbong dimana orang2nya bisa belajar (gerbong yang isinya anak2 kecil sekolah), ada gerbong yang ada tanamannya, ada akuariumnya, ada gerbong eksklusif yang orang bisa disko/ngeclub, ada gerbong VIP. Nah, di gerbong paling depan adalah gerbongnya yang punya kereta, namanya Mr. Wilford. Dia yang mengendalikan snowpiercer itu. Nah, di gerbong paling belakang tadi ada orang namanya Curtis yang pengen merubah keadaan. Dia pengen ke kereta paling depan. Dalam ceritanya, dia berjuang sekuat tenaga bersama kawan2 senasib dan juga dua orangtua yang pengen ke gerbong depan juga karena anak2nya diambil. Anak2nya itu ternyata di taruh di gerbong paling depan buat kerja mengoperasikan kereta chingu. Kayak dicuci otaknya gitu supaya nurut buat mengoperasikan si kereta. Anak2 yang ukuran badannya pas sama lobang tempat pengoperasian kerta itu dipaksa kerja di sana. Makanya 2 orang tua ini berjuang bersama sama Curtis buat ketemu dan kumpul lagi sama anak2nya. Singkat cerita, setalah perjuangan Curtis yg berat banget buat sampe ke gerbong paling depan, akhirnya ia berhasil dan bisa ketemu sama Mr. Wilford. Dalam perjuangan itu, Curtis dkk juga berjuang sama 2 orang Korea yang gue bilang tadi. Mereka pengen keluar dari kereta api itu juga. Song Kang Ho yang disitu perannya sebagai ayah dari cewek namanya Yona (diperankan Go Ah Jung) ini ternyata bertahun2 sudah mengamati kalo salju di bumi perlahan2 udah mulai menghangat, makanya dia nunggu momentum buat bisa keluar dari snowpiercer itu. Balik lagi ke Curtis. Setelah sampe depan, Curtis ini dikasih tahu sama Mr.Wilford kalo orang2 yang ada di gerbong belakang dengan kehidupan seperti itu dan juga orang2 yang hidup di gerbong lain dengan kehidupan yang berbeda seperti itu semuanya memang udah dirancang sedemikian rupa oleh Mr.Wilford. Jadi kereta itu kayak mininya dunia bagi Wilford. Semua harus seperti itu agar kehidupan di dalamya tetap berjalan. Itu cara dia menjaga keseimbangan kehidupan di dalam kereta. Makan ikan dari akuarium bolehnya setahun 2 kali doang supaya kehidupan aquatic di kereta seimbang, itu contohnya. Orang di tiap gerbong jumlahnya harus seimbang, yang ditengah harus seimbang, semua diperkirakan demi kehidupan di situ terus berjalan. Dalam perjalanan Curtis dkk ke gerbong depan, ada pertumpahan darah juga antar gerbong, cuman itu ternyata udah diset juga sama Mr. Wilford. Ini karena populasi harus seimbang, makanya ada selesksi alam dimana yang kuatlah yang menang. Intinya Mr.Wilford ini kayak penguasa yang mengatur manusia dan kehidupannya di dalam kereta itu chingu. Pernah ga kalian denger kalo kadang konflik/perang itu memang dibikin untuk kepentingan pihak tertentu? Ada orang yang “bermain” dan semacam mengambil keuntungan dari sebuah konflik. Makanya jangalah mudah kesulut konflik kalo kita sendiri ga bener2 tahu apa yang sedang dipermasalahkan. Jangan mudah ikutan demo2, mudah menghujat seseorang, lebih kalemlah, lebih diamlah, lebih mengamatilah dan mencari tahu dari sumber yang benar dulu sebelum terlibat. Kareana, bisa saja kita cuma “dimanfaatkan”. Dan kalo itu ga bener, dosa juga kita *btw gue rasa secara ga langsung film ini bicara tentang teori seleksi alam dan kasta chingu. Dua hal yang gue ga suka sebenernya. Menurut gue ini ga manusiawi soalnya. Lagipula, toh salju perlahan2 menghangat kok, jadi harusnya Wilford mengupayakan gimana mereka bisa persiapan kembali ke bumi, bukan mempertahankan apa yang ada*. Ini karena si Wilford ini gila juga sih, orang yang ambisius sama yang namanya kereta dan memimpikan orang di bumi ini hidup di keretanya. Ambisi gila yang niatannya mungkin ada baiknya cuman malah ga baik pada akhirnya. Iya dia memang nolong orang supaya tetep hidup karena belom bisa hidup di bumi yang masih sangat dingin. Cuman dia keterusan ingin memelihara sistem itu padahal kalo dia memang baik, dia akan memikirkan keseteraaan (demiapa ada orang yang makannya kecoak dan ada yang makan steak, ga adil kan?), terlebih ada probabilias juga manusia bisa hidup kembali di bumi yang saljunya mulai menghangat. Ending cerita ini adalah si kereta api akhirnya bisa berhenti karena meledak. Dan, Yona beserta satu anak yang gue cerita tadi (namanya Timmy) bisa keluar dan melihat beruang kutub, pertanda bumi sudah ada kehidupan lagi. Bumi yang sebelumnya adanya satu musim doang ketika mereka berdua keluar dari kereta menunjukkan tanda2 kehidupan (menghangat seperti kata ayahnya Yona). Saat2 yang ditunggu tiba, salju yang dingin mulai menghangat setelah sekian lama.
  • *Nah, lalu, apa hubungan film ini dengan “spring day?”. Yang pertama adalah tentang visual/gambar2 yang ada di MV maupun di film “snowpiercer”. Untuk menjawab itu, gue ngecapture beberapa perbandingan visual di keduanya karena menurut gue ada visual2 yang mirip. Dimulai dari visual stasiun kereta api di awal2 MV dan V ada di sana, lalu visual kereta yang sedang berjalan di rel, JungKook yang menyalakan korek, Jimin yang semacam keluar dari pintu kereta lalu melihat pohon (kalo di filmnya si Yona dan Timmy melihat beruang kutub), suasana orang di dalam kereta api yang sedang melihat di balik jendela, visual orang yang berjalan dari satu gerbong ke gerbong yang lain dalam kereta, gunung es (kalo di MV “spring day” pake gunungan baju->gunungan baju ini juga hal keren lain di “spring day”, akan gue bahas juga chingu, tapi nanti), visual salju yang menghangat yang beterbangan di atas kepala Song Kang Ho (kayak pohon yang tumbuh di antara musim dingin kan?) dan ada adegan ibu Timmy memandang fotonya Timmy dan sangat rindu sama Timmy cuman ga bisa ketemu (ini relate sama part lirik RapMon yang intinya “aku merindukanmu, dengan melihat fotomu aku malah semakin merindukanmu”*
  • *Ya, kaitan yang paling gue rasa nyambung antara “snowpiercer” dan “spring day” adalah liriknya chingu. Lirik RapMon “aku merindukanmu, mengatakan itu membuatku malah semakin merindukanmu, aku merindukanmu meskipun aku sedang melihat fotomu, waktu ini sangat kejam, aku benci kita, susah untuk kita bisa bertatap muka meskipun sekali saja. Di sini adanya hanya musim dingin, meskipun di bulan Agustus, salju turun, waktu berjalan di dalam hatiku, kereta satu2nya yang selamat, snowpiercer, aku meraih tanganmu lalu pergi ke sudut lain dunia, aku ingin musim dingin ini berakhir, jika penantian ini turun (terkabul) seperti banyaknya salju yang turun, akankah musim semi akan tiba, teman?”. Apa kesan kalian baca lirik ini? Kalo gue pribadi langsung ngerasa “ini yang nulis (RapMon) jelas terinspirasi dari film “snowpiercer”, pasti, entah pada akhirnya direlate-kan dengan hal lain (yang ga 100% seperti di jalan cerita snowpiercer, tapi ada konektivitasannya, pasti). Seperti yang gue bilang tadi, ada adegan ibunya Timmy melihat foto anaknya dengan sedih. Foto anak yang begitu dia sayangi tapi harus berpisah. Dia menanyakan sambil menunjukkan foto anaknya ke orang2 di sepanjang perjalanannya menuju gerbong depan cuman tetep aja belom bisa ketemu. Waktu sangat kejam kan? Ibu yang ingin ketemu anak yang disayanginya cuman ga bisa. Melihat fotonya juga ga membantu, karena dia malah semakin merindukan anaknya tiap kali melihat foto itu. Kalo di “spring day” gue rasa memang lebih ke teman chingu. Merindukan sosok teman yang sangat kita cintai. RapMon juga mengakhiri rap-nya dengan kata “friend” soalnya. Cuman, gue rasa somehow nyambung juga situasi yang dia bicarakan di rap dengan adegan yang ada di “snowpiercer”. Gimana sih ketika kita rindu sama seseorang? Entah itu teman yang sangat kita cintai, keluarga kita, pasti ngerasa waktu begitu kejam kan? Meskipun kita ngeliat fotonya, itu ga cukup, kita tetep pengen ketemu sama mereka. “Waktu yang kejam”. Ini juga snowpiercer banget, keadaan di dalam kereta snowpiercer. Gimana mereka selama bertahun2 makan kecoak, mereka hidup kayak binatang, mereka dipaksa berpisah dari orang yang mereka cintai dan untuk mencapai gerbong depanpun harus pake pertumpahan darah. Iya, waktu sangat kejam bagi mereka. Bukan cuman menyiksa secara mental, tapi secara fisik juga*
  • *Berikutnya tentang bahwa hanya ada satu musim, musim dingin. Bulan Agustuspun turun salju/berlangsung musim dingin. Padahal, bulan Agustus adalah musim panas di Korea sana. Karena itulah mereka menginginkan musim yang berganti, musim semi setelah musim dingin yang panjang. Setelah dinginnya waktu, setelah dinginnya keadaan yang mereka lalui selama ini, mereka ingin sesuatu yang lebih baik, sesuatu yang baru, layaknya musim semi. Mereka ingin kehidupan baru yang lebih baik, mereka menginginkan pertemuan kembali, harapan untuk kembali bersama orang2 yang mereka cintai dan tinggal di dunia yang layak dan indah seperti sebelumnya. Di “snowpiecer” sendiri, Song Kang Ho (ayahnya Yona) tahu kalo salju mulai menghangat chingu. Buktinya butiran salju hangat turun di atas kepalanya ketika ada yang masuk ke dalam kereta. Dan situasi ini mirip di lirik part RapMon yang “jika penantian ini turun (terkabul) seperti banyaknya salju yang turun, akankah musim semi akan tiba, teman?”. Setelah sekian lama, salju benar2 menghangat dan harapan seakan mendekati nyata.
  • *Adegan korek api itupun penting chingu. Karena, hanya ada beberapa batang korek api yang tersisa dan itu penting bagi ayah Yona untuk keluar dari kereta jika sudah saatnya. Di “spring day”, keliatan juga JungKook menyalakan korek api kan?. Dan terakhir, kalo di “snowpiercer” mereka melihat beruang kutub yang hidup, maka di “spring day” ada pohon. Kalian pernah denger kata “tree of life” kan? Pohon adalah tanda kehidupan juga. Gue menangkapnya seperti ini chingu. Adanya makhluk yang hidup setelah penantian yang panjang di snowpiercer dan di musim dingin yang sangat lama menunjukkan adanya harapan, better life. Oya, adanya tempat laundry di MV itu menurut gue juga relate sama keadaan yang ada di film snowpiercer. Demiapa di kereta ada akuarium, ada sekolahan, ada tempat pemotongan daging, ada green house? Sehingga, demiapa juga di MV itu tiba2 settingnya jadi di tempat laundry? Adanya scene mereka lagi party itupun di film snowpiercer juga ada. Ada satu gerbong yang isinya orang lagi party dan kegiatannya party2 doang. Gue rasa BTS dan tim dengan begitu geniusnya membuat MV ini chingu. MV yang gue pribadi ngerasa seneng ngeliatnya, seneng memaknainya di dalam hati dan pikiran, cuman kewalahan dalam menginterpretasikan dalam bentuk tulisan. Ada perasaan complicated yang gue rasakan dalam mentransfernya dalam kata2. Mungkin karena terlalu bagus jadi otak gue belom nyampe, hehe. Pengetahuan gue belom nyampe chingu, masih harus banyak belajar. But anyway, gue seneng chingu sama MV ini, karya BTS dalam bentuk MV yang paling keren menurut gue sampai sekarang*

Gue rasa lirik rap-nya RapMonlah yang lebih mengarah ke film “snowpiercer” chingu. Kayak gue tadi bilang, “Spring day” ga hanya tentang snowpiercer juga. Masih banyak hal2 lain di dalamnya kayak art gunungan baju, sepatu yang digantung di pohon, lirik2nya member lain di lagu ini, rap-nya Suga dsb. Masih banyak hal yang bisa dieksplor dari karya ini. Meskipun begitu, snowpiercer menurut gue adalah hal yang begitu mewarnai karya ini. Bahkan di dance performance merekapun ada gerakan tangan dan badan layaknya orang sedang berdiri naik kereta. Jelas, kereta menjadi bagian penting dari karya ini. Konsep yang keren dari BTS. Kereta X musim dingin X musim semi X kerinduan. Itulah keyword2 yang gue tangkep dari karya ini. Bagaimana kita bisa bertahan dalam situasi yang serba tidak menyenangkan layaknya sedang berada di kereta snowpiercer seraya tetap menantikan datangnya musim semi (harapan) setelah musim gugur yang panjang (kepedihan) karena kerinduan kita yang begitu besar pada orang yang kita cintai. Ada harapan setelah penantian panjang. Ada musim semi setelah musim dingin yang panjang. Ada kemudahan setelah kesulitan. Ada hari baru yang lebih baik setelah hari-hari dingin yang pernah kita lalui. Seperti kata JungKook di liriknya, bahwa “musim apapun, musim dingin seperti apapun, semua itu ga akan selama2nya (akan berubah)”. Kayak lagu mereka “2!3! Hoping for a good day”, setelah hari2 yang serba ga menyenangkan, akan hadir hari2 yang lebih baik. Simplenya, “kesetelah kesulitan ada kemudahan”. Oleh karena itu, jangan pernah nyerah. Oke sekarang kita sedang mengalami hal2 dan hari2 yang ga menyenangkan, tapi percayalah itu ga akan selama2nya. Dunia berputar, dunia berganti, termasuk keadaan yang sedang kita lalui. Kalo di “snowpiercer”, dunia yang musimnya cuman musim dingin aja pada akhirnya saljunyapun menghangat dan akan datang musim semi yang hangat dan indah. Setelah sekian lama di kereta, anak2 BTSpun bisa keluar dan mendapati pohon dengan cherry blossom (helaian bunga sakura pink) yang bertebaran di sana. Sekali lagi chingu, BTS kembali memberi semangat pada kita bahwa sesudah kesulitan ada kemudahan dengan karya mereka. Jadi, semangat buat ARMY semuanya!!! Mungkin saat ini kalian sedang menjalani dinginnya musim dingin, tapi pada saatnya nanti pasti kalian akan berjumpa dengan “spring day”, hari2 hangat dan indah di musim semi. Fighting sampai saat itu tiba!!! Fighting ARMY!!! ^^*

1

2

3

5

64

7

8

9

10

11

12

13

14

151617

18

19

20

#Peace #Love #Happiness           

#Live #Love #Learn #Laugh 

#Share #Respect #Inspire

#StayGold #StayTrue #StayReal

Komentar
  1. Ann berkata:

    Seneng banget Kak Lin update
    Aku mau ngucapin makasih banyak sebanyak-banyaknya sama Kak Lin. Aku merasa dapet pencerahan tiap kali baca tulisan kak Linda. Belajar banyak sekali dari setiap postingan. Bersyukur sekali menemukan blog ini.
    Teruskan, kak Linda Semangat!

  2. sarinarara berkata:

    Waaa aku dimention 😀

    Aku pikir Bts ini bisa sekeren ini karena mereka menjadi diri sendiri, Lin. Menjadikan apa yang mereka mauin dan berusaha mewujudkannya.

    Temanku pernah bilang, setiap tulisan akan menemui pembacanya. Dan itu benar, sama halnya dengan karya; lagu, musik, lirik bahkan fasion.

    Tentang Snowpiercer ini, Bong Junho itu jenius director menurutku, sih. Aku suka cara dia menyampaikan ideologinya. Bahkan sampai black comedy yang dia suguhkan. Demi apa bersorak selamat tahun baru di tengah perkelahian haha

    Dan film itu sejalan dengan pola pikiran motornya Bts (baca: Rapmon), di Snowpiercer ada kan kalimat gini, “Jika kau tahu tempatmu, maka tetaplah di sana (gerbong belakang). Dan sepatu akan selamanya berada di bawah.”
    Makanya ada adegan sepatu diletakin di kepalanya mentri wanita itu.

    Film itu seolah mengatakan, jika orang-orang menganggapmu sampah maka dirimu sendiri tidak boleh beranggapan sama. Karena pada kenyataannya di dunia sekarang ini itulah yg terjadi.

    Lalu kenapa di ending yg selamat Yoona dan Timmy? Menurutku, itu karena Yoona mewakili.kawasan Asia dan Timmy Afrika. Selanjutnya simpulkan saja.

    Dan ketika Timmy dijadikan sebagai pelengkap untuk tetap berjalannya kereta. Aku teringat pada anak-anak di Afrika selatan yang setiap harinya meninggal karena bekerja sebagai pemetik kopi. Kalau km ingin bertanya apa merka kopi itu, Lin. km bisa chat aku 😀

    Sebenarnya film Snowpiercer itu lbh gelap, hanya saja di tangan Bts kisahnya menjadi lbh hidup dan penuh harapan. Atau memaksa untuk penontonnya tidak kehilangan harapan.

    Aku suka Bts juga karna hal-hal seperti itu, sih. Mereka ini musisi, bukan manequin hidup. Well, meskipun ada hal2 yang pastinya mereka kompromikan.

    Btw, Not Today itu juga masih berkaitan dengan Snowpiercer sepertinya, Lin.

    Aku suka baca pendapat kamu di sini, Lin. Dan terima kasih sudah menuliskannya. Tetap menulis, Lin. Aku juga banyak belajar darimu.

    Rara.

  3. mayang berkata:

    Karen bgt eonni..
    Kata2 yang tertuang disini bener2, bikin semangat

  4. Avichan berkata:

    Snowpiercer film toh ternyata.. kirain cuma istilah 🙂
    Setuju sama kakak, saking kerennya spring day jadi bingung mau ekpresiinnya kek gimana. Pokoknya fave banget sama You never walk alone ❤

  5. srimull berkata:

    Hem…wlau ngepost y telat bgt tpi gapapa,ga ada kata telat bwat nyebarin informasi yg bermanfat :).Wow BTS super zuper kereatif y..q jdi makin bangga ama BTS.yang pling WOW lgi lagu y jadi nomor 1 di semua Chart..BTS ..cukae..cukae.mm klo aja q pnya banyak uang PENGEN BGT nonton KONSER BTS april Mendatanggg.

  6. artha berkata:

    wow sumpah keren banget ini. aku juga ngerasa kalo mv spring day itu punya banyak makna yg mendalam bgt, tapi susah juga buat nafsirin sendiri hehe, pas denger lagu sambil nonton mv nya pertama kali aja aku rada nyesek entah kenapa tapi emg selama mv nya bts yg paling kena dihati ya spring day, makasih ya kak yg udh sharing pemikirannya ttng mv spring day makin banyak pengetahuan juga hehe

  7. taehyung berkata:

    bersyukur bisa dapet blog ini. apalagi kakak banyak posting ttg bts 😀 . jadi nambah pengetahuan juga. ak pribadi belajar banyak dari apa yang kakak posting ini , kakak kalau up jangan kelamaan 😀 hehehe

  8. Matahari berkata:

    Makasih kak lin aku jadi tambah ngerti ttg bts dan makin suka sama bts… Jangan cape cape nulis buat fakta ini y kak fighting!!!😀😀😀

  9. Iin berkata:

    Wahhhh trnyata aku yg selama ini telat baca updetannya kak lind… Kirain kak lin yg blm updet…ngga bisa berkata2 ini keren bangettt… Kak lin spertinya jga orang yg genius…bisa berpersepsi kya gini… BTS Jjang… Kak linda Jjang…kkaepjang..

Tinggalkan Balasan

