Catatan PRODUCE 101 S2 #2 (Daniel yang Ekspresif dan Yong Guk yang Pendiem, haha)

Posted: Juni 26, 2017 in About PRODUCE 101 S2
Tag:, , , ,

Source: Video PRODUCE 101 S2 by MNET (subbed: Noona101 subbing team)

Annyeong~ balik lagi nih chingu di catetan gue tentang PRODUCE 101 S2 chingu, hehe.

  • Di season ini, ada 52 agensi Korea yang trainee-nya ikutan di acara ini chingu. Masing2 agensi mengirimkan wakil2nya paling sedikit 1 orang trainee. Ada agensi yang mengirimkan lebih dari 1. Misal C9 Entertainment, mereka cuman ngirimin satu wakil yakni Bae JinYoung. MMO Entertainment (agensinya Daniel) mengirimkan 5 wakil yakni Kim JaeHan, Joo JinWoo, Yoon JiSung, Kang Daniel sendiri dan Choi TaeWoong. Dari agensi Brand New Music (agensinya DaeHwi dan WooJin) mengirimkan 4 wakil yakni Lee DaeHwi, Park WooJin, Kim DongHyun dan Im YoungMin. Chun Entertainment mengirimkan 2 wakil, Kim Yong Guk dan Kim SiHyun. Selain 52 agensi, ada juga trainee2 yang belajar sendiri (ga belajar di agensi tertentu). Mereka dikelompokkan kedalam individual trainee chingu. Ada satu trainee dari individual trainee yang bahkan bisa masuk 11 besar, dia adalah Kim Jae Hwan. Dia dulu juga pernah menang di acara “the god’s voice”. Kekuatan dia di vocal chingu. Gue sendiri paling amaze sama vocalnya dia di lagu “never”. Bagus chingu, vocalnya lantang, stabil. Idol yang vocalnya menjanjikan. Sepertinya di WANNA ONE Kim Jae Hwan inilah yang bakalan jadi main vocalnya. Ini bukti juga kalo meskipun ga dilatih di agensi kalo memang berusaha keras dan terus mengembangkan bakatnya dengan tekun bisa berhasil juga. Tentu jadi kebanggaan sendiri kan chingu, tanpa trainer tapi bisa masuk 11 besar. Congratz JaeHwan! JaeHwan sendiri gue liat2 di youtube juga memang passionate banget di musik chingu. Dia suka busking (perform2 di keramaian)
  • Di awal episode, 101 trainee yang ikutan di acara ini sebelumnya diminta untuk ngisi ekspektasi mereka bisa dapet peringkat berapa di akhir acaranya. Hanya 11 orang yang bakalan debut soalnya, makanya semakin sedikit nomor yang mereka tulis berarti makin percaya diri pula mereka. Di awal, Kim Daniel nulis angka 22 chingu. Lee DaeHwi dan Park WooJin lebih tinggi nulisnya, DaeHwi nulis peringkat 2 dan WooJin peringkat 5, waa~. Yong Guk sendiri di acaranya ga ditayangin chingu pengen peringkat berapa. Cuman yang jelas dia memang keliatan pendiem sekali dari awal acara. Temennya yang seagensi (Kim SiHyun) yang keliatan ngajak dia bicara. Screen time Yong Guk sedikit chingu, feeling gue sih karena dia memang pendiem banget anaknya. Tipikal yang kalo ga diajak ngomong ga bakalan ngomong duluan. Diajak ngomongpun jawabannya singkat2, haha. Menurut gue agensi MMO (Kang Daniel dkk) dan Brand New Music (DaeHwi, WooJin dkk, terutama DaeHwi) yang paling rempong chingu. Mereka apa2 dikomentari, seru tapi, keliatan cocok lah kalo di variety2 show gitu, ngobrol terus, haha. Impresi/kesan mereka di awal ini gue baca juga jadi sorotan netizen lhoh. Kayak “ohh..anak2 agensi ini seru ya~” semacam itu. Gue rasa Kang Daniel adalah member yang screen timenya paling banyak chingu di acara ini. Karena memang dia suka komentar2 sendiri gitu, gesture2nya seru, ekspresif, jadi menyenangkan di kamera juga. Gue rasa bedanya Yong Guk sama Daniel ini jauh banget chingu. Yang satu ekspresif sekali, yang satu pendiam sekali, haha. Cuman ya gue rasa itulah charming point mereka masing2. Yong Guk dengan coolnya dan Daniel dengan gesture & ekspresi2nya. Daniel itu ekspresifnya gini chingu, misal dia ngeliat perform yang keren gitu kagamnya dia itu keliatan di mukanya pas nonton. Sebaliknya, misal ada perform yang kurang bagus gitu mukanya dia menyesuaikan juga, dan itu sering ketangkep kamera. Kalo Yong Guk mah datar2 aja, datarrrr banget chingu. Kayak kagak ada enerjinya itu anak, wkwk. Kan ada tuh peserta yang paling muda (namanya Lee WooJin usia 15 tahun), nah si Daniel ini gemes sama dia dan bahkan pernah dipeluk WooJinnya sama dia di backstage, haha. Kayak gemes gitu Daniel sama WooJin ini, dia ngerasa WooJin itu imut, haha. Gue ga tahu sih Daniel itu anaknya gimana, karena kan belum sering denger interview2nya dsb, cuman gue rasa dia temennya banyak chingu. Tipikal orang yang mudah berteman dan mudah akrab dengan siapa aja. Lain keknya sama Yong Guk, haha. Yah kita tunggu aja apalagi acara2 mereka sehingga sama2 lebih tahu karakter mereka berdua, hehe.
  • Di performance 101 trainee yang pertama, MMO Ent ngebawain perform GOT7 yang “Hard Carry” chingu. Sama dengan MMO, Chun Ent (Yong Guk X SiHyun) juga ngebawain perform GOT7 yang “A”. Banyak chingu yang bawain lagu GOT7. Tim dari YueHue Ent ngebawain lagunya GOT7 juga yang “Just Right”. Tim Brand New Music sendiri ngebawain lagu ciptaan DaeHwi yang judulnya “Hollywood”. Lagu itu dia sendiri yang bikin dari mulai track sampe melodinya. Dia memang punya bakat di producing chingu. DaeHwi sendiri cerita kalo sejak dia tinggal di Amerika, hobinya adalah menulis lagu dengan bermain2 piano, bukan yang terkonsep banget (lebih ngalir aja dengan main2 musik, bukan bener2 ke konsep2 composing). Kalo WooJin, dance untuk perform ini yang bikin dia chingu. Dia memang passion utamanya di dance. Menurut gue suaranya juga charming chingu WooJin ini. Dia posisinya rapper dan tone dia juga berat, keren.
  • Dari perform pertama ini mereka semua akan diberi label dari A, B, C, D dan F. A adalah level terbaik dan F terburuk. Setelah dapet penilaian awal ini, mereka akan diberi misi lagi. Jika mereka makin bagus dengan misi itu, mereka bisa naik level. Namun jika hasilnya buruk, mereka bisa saja turun level. Mereka2 yang sudah berada di level A jika bisa tetap bagus maka akan tetap berlevel A. Di penilaian yang pertama ini, Kang Daniel dapet level B, Lee Dae Hwi dan Park WooJin level A dan Kim Yong Guk level C chingu. Level memang ada, cuman dengan usaha yang keras, level itu bisa berubah.  Misalnya Yoon JiSung MMO. Di awal levelnya F, namun di akhir acara dia bisa masuk 11 besar dan bisa debut. Mereka pakai baju dengan warna2 tertentu untuk menandai level mereka di penilaian yang pertama ini chingu. Pink untuk level A, Orange untuk level B, Kuning untuk level C, Hijau untuk level D dan Abu-abu untuk level F. Hasil akhir untuk penilaian pertama ini adalah ada 7 peserta yang dapet A, 17 peserta yang dapet B, 21 peserta yang dapet C, 25 peserta yang dapet D dan 31 peserta yang dapet F. Misi mereka yang pertama sendiri adalah menyanyikan dan menarikan lagu representative dari acara ini. Jika di season yang pertama 101 trainee cewek menyanyikan lagu “pick me”, maka di season 2 ini para trainee cowok akan menampilkan perform lagu berjudul “nayana (its me)”. Lagu “nayana” sendiri diproduseri oleh Ryan Jhun. Ryan Jhun sendiri di season 1 pernah bikin lagu juga untuk Produce 101 dengan judul “fingertips”. Dia sendiri adalah produser untuk lagu2 kenamaan KPOP kayak “dumb dumb”nya Red Velvet dan “view”nya SHINee. Misi pertama mereka sendiri adalah dalam waktu 3 hari mereka harus bisa dance-in dan nyanyiin lagu “nayana”, terutama dance-nya. Yang paling hafal gerakannya dan menunjukkan peningkatan skill bakalan naik level, begitupun sebaliknya,ada yang bakalan turun level juga dalam 3 hari itu. Hasil latihan mereka selama 3 hari direkam dalam sebuah video dan video itu diliat mentor2 acara ini dan kemudian dinilai peserta ini layak naik, harus turun atau tetap.
  • Mentor2 di acara ini sendiri ada beberapa chingu. Oya, sebelumnya ke perwakilan acaranya ini dulu. Kalo di season 1 representatifnya adalah Jang Geun Seok, maka di season ini adalah BoA. Mentor2nya di season ini ada 6. Vocal trainer-nya ada 2, Lee SeokHoon dr grup SG Wannabe dan Shin YuMi. Shin YuMi ini adalah vocal trainer di YG dan JYP yang melatih artis2 kayak Lee HI, BLACKPINK, TWICE dan GOT7. Berikutnya adalah dance trainer, ada 2 juga yakni Kahi After School dan Kwon JaeSeung. Rap trainernya juga ada 2, Cheetah dan Don Mills. Cheetah sendiri adalah pemenang Unpretty Rapstar season 1 dan juga pernah melatih di Produce 101 season 1 dalam bidang rap. Di season 1, vocal trainernya adalah Jea main vocalist di girlgroup Brown Eyed Girls dan Kim SungEun. SungEun nim ini adalah pelatih vocalnya TWICE dan BTS chingu. Gue sendiri pas nonton SIXTEEN (acara JYP yang akhir mendebutkan TWICE) pernah ngeliat eonni nim ini ngelatih trainee2 di situ. Dance trainernya adalah Kahi dan juga Bae YoonJung. Sedangkan rap trainernya hanya 1 orang yakni Cheetah.
  • Banyak chingu idol yang sebelumnya udah debut cuman karena mereka kurang sukses makanya mereka nyoba untuk ikut acara ini, misalnya NUEST. 4 Member NUEST ikut lagi di acara ini (Kang Dong Ho, Choi Min Ki, Kim JongHyun dan Hwang MinHyun). Ada juga member HOSHOT yakni Ha SungWoon yang juga ikut acara ini. SungHoon sendiri akhirnya bisa masuk 11 besar, begitupun salah satu member NUEST yakni Hwang MinHyun. Menurut gue SungWoon ini wajahnya mirip Jimin BTS chingu, haha. Dia sendiri juga adalah temen deket Kai EXO. KAI pernah ngasih video support ke dia di awal2 acara. Banyak sekali chingu orang Korea yang pengen jadi idol. Debutpun menjadi hal yang sulit juga di sana akhirnya. Namun meskipun sudah debut, belum tentu mereka sukses jadi grup yang terkenal. Banyak yang ga bisa seperti itu. Makanya acara ini semacam memberi fasilitas ke peserta2nya juga buat lebih menampilkan skill mereka di hadapan publik. Dengan begitu, orang akan lebih tahu siapa mereka dan jika memang bagus tentu kesempatan untuk terus berkarir di bidang ini makin besar.
  • Ada quote dari BoA yang disampaikan di acara ini chingu, yakni “bersama dengan keinginanmu yang kuat untuk mencapai mimpimu (hal yang harus dilakukan) adalah latihan dan usaha yang tak terhingga. Kamu tidak bisa berdiri di panggung hanya dengan kecintaanmu pada menyanyi”. Jadi semacam “ga cukup aja dengan cinta pada nyanyi, tapi usaha dan kerja keras sangat amat diperlukan agar mimpimu untuk jadi penyanyi itu jadi kenyataan”. Cinta aja ga cukup karena semua harus dibuktikan dengan tindakan. “gue suka nyanyi dan pengen jadi idol”. Itu ga cukup hanya dengan suara bagus aja chingu, harus bisa dance juga misalnya kalo mau jadi idol. Kayak trainee yang namanya Kim Jae Hwan. Suara dia memang bagus sekali, cuman di perform awal dancenya kurang, makanya dia juga ga bisa dapet label A, label dia B akhirnya. Namun setelah latihan dan latihan, diapun akhirnya mulai bisa ngedance dan bahkan masuk 11 besar. Member yang lain yang namanya Lai Guan Lin asal Taiwan misalnya. Dia baru 6 bulan jadi trainee dan kemampuan dance maupun vocal/rapnya masih kurang. Cuman karena usaha keras dia selama 4 bulan ditrainee di acara ini, dia bisa menampilkan perform2 yang keren, publik suka dan akhirnya bisa jadi salah satu peserta yang debut sebagai WANNA ONE. Teman setimnya Yoo SeonHo juga. Di awal level dia F namun di akhir acara dia bisa masuk 20 besar chingu. Semua bisa dilatih dan semua bisa berubah dengan usaha. Ada peserta2 yang di awal ada di level A (peringkatnya tinggi terus dari awal bahkan sampe mau akhir episode), tapi pada akhirnya ga masuk 11 besar. Nasih bisa berubah. Intinya ga cukup hanya dengan niat chingu, tapi harus didukung juga dengan usaha tak kenal lelah dan latihan yang keras supaya bisa jadi idol yang sukses di Korea sana. Acara ini memberi kita gambaran bagaimana susahnya jadi idol chingu. Pekerjaan idol itu bukan hal yang mudah, jinjja.
  • Yang gue seneng dari acara ini adalah keliatan kalo kompetisi yang sedang mereka lakukan itu ga tentang ngelawan orang lain tapi diri mereka sendiri chingu. Itu yang gue pribadi tangkep. Bukan ke ngelawan peserta lain tapi sejauh mana mereka bisa berusaha dengan segenap kemampuan mereka untuk lebih baik dari sisi nyanyi, dance, ngerap dan hal2 yang dibutuhkan untuk bisa perform maksimal sebaagi seorang idol. Bagaimana juga mereka bisa lebih baik dari sebelumnya dari sisi kepercayadirian misalnya. Misalnya kasus Yong Guk yang awalnya anaknya ga PD tapi jadi lebih PD sejak disupport temen2nya dan skillnya diakui oleh banyak orang. Dia menang melawan rasa ketidakpercayaan pada dirinya sendiri, indah sekali chingu ini menurut gue. Malah menurut gue mereka ga keliatan sedang berkompetisi, soalnya scene2 yang memperlihatkan persahabatan mereka itu banyak banget. Saling membantu untuk naik/maju bareng2, itu yang gue tangkep chingu. Misalnya ketika mereka jadi tim, mereka bekerjasama sebisanya untuk kebaikan tim, untuk maju bareng tadi. Ketika ada peserta yang nangis karena tegang tampilpun peserta2 lain memberi semangat, indah chingu. Sekali lagi, gue nonton ini tuh ga ngerasa mereka bersaing satu sama lain. Ngeliatnya cuman mereka sedang ingin menaklukkan diri sendiri. Selain itu juga pemandangan mereka yang sedang tepuk tangan, keliatan kagum dan keliatan mengakui kalo temennya memang bagus di hal tertentu itu indah sekali menurut gue chingu. Kalo bagus ya bagus aja, siapapun dia, darimanapun agensinya. Gue jadi inget tadi malem nonton sekilas acara di metroTV dimana Yovie Widianto bilang kalo dalam musik itu ga ada persaingan chingu. Nino RAN juga bilang kurang lebih sama. Jadi kalo ada penyanyi lain yang skillnya bagus dan bikin dia amaze, itu ga ada masalah. Itu malah justu jadi penyemangat dia buat menampilkan karya lain yang lebih baik. Seperti yang kita tahu juga bahwa musik itu menginspirasi satu sama lain. Semua tentang menginspirasi seseorang dan diinspirasi oleh seseorang. Ga ada yang pure original, semua pengembangan dan ditambah keunikan pribadi. Gue setuju sih chingu sama Yovie maupun Nino. Bahwa dalam musik ga ada persaingan, kalo menginspirasi ada. Lagipula musik itu juga cuman masalah selera. Tetep akan ada pasarnya sendiri meskipun mungkin ga disukai mayoritas. Genre kan jumlahnya banyak dan semua punya penikmatnya sendiri. Tentu ga salah juga misal ada orang yang tetep menganggap musik ada persaingan, silakan berarguman dengan pendapat masing2. Cuman daripada “persaingan”, di konteks PRODUCE 101 S2 ini gue lebih suka kata “pembuktian pada diri sendiri” chingu, hehe. Sejauh mana mereka bisa membuktikan di hadapan publik kalo “ini lhoh yang udah gue pelajari dan kuasai, gue pengen nunjukin skill ini ke kalian”, seperti itu. Keren chingu acara ini, keren. The next akan gue sambung catatan ini, annyeong~~~ ^^

(360P - mp4)Produce 101 S2 Episode 1.mp4_000538804

(360P - mp4)Produce 101 S2 Episode 1.mp4_000801500

(360P - mp4)Produce 101 S2 Episode 1.mp4_003088985

(360P - mp4)Produce 101 S2 Episode 2.mp4_003016750

Chun Entertainment Kim YongGuk & Kim SiHyun - GOT7 A Full version.mp4_000008475

(360P - mp4)Produce 101 S2 Episode 1.mp4_001117483

(360P - mp4)Produce 101 S2 Episode 2.mp4_003050875

(360P - mp4)Produce 101 S2 Episode 2.mp4_003052416

(360P - mp4)Produce 101 S2 Episode 2.mp4_003225416

(360P - mp4)Produce 101 S2 Episode 2.mp4_003226708

(360P - mp4)Produce 101 S2 Episode 2.mp4_003230625

(360P - mp4)Produce 101 S2 Episode 2.mp4_003252708

(360P - mp4)Produce 101 S2 Episode 2.mp4_003328375

(360P - mp4)Produce 101 S2 Episode 1.mp4_002142240

(360P - mp4)Produce 101 S2 Episode 1.mp4_003102566

(360P - mp4)Produce 101 S2 Episode 1.mp4_003361358

(360P - mp4)Produce 101 S2 Episode 1.mp4_003389519

(360P - mp4)Produce 101 S2 Episode 1.mp4_003473436

(360P - mp4)Produce 101 S2 Episode 1.mp4_005113041

(360P - mp4)Produce 101 S2 Episode 2.mp4_000151000

(360P - mp4)Produce 101 S2 Episode 2.mp4_000244916

(360P - mp4)Produce 101 S2 Episode 2.mp4_000289875

(360P - mp4)Produce 101 S2 Episode 2.mp4_002238166

(360P - mp4)Produce 101 S2 Episode 2.mp4_003414583

(360P - mp4)Produce 101 S2 Episode 2.mp4_003468541

(360P - mp4)Produce 101 S2 Episode 2.mp4_003510250

(360P - mp4)Produce 101 S2 Episode 1.mp4_000965397

(360P - mp4)Produce 101 S2 Episode 1.mp4_001253018

(360P - mp4)Produce 101 S2 Episode 1.mp4_004337199

(360P - mp4)Produce 101 S2 Episode 1.mp4_004717646

(360P - mp4)Produce 101 S2 Episode 2.mp4_001994916

(360P - mp4)Produce 101 S2 Episode 1.mp4_005442637

—-

#Peace #Love #Happiness     

#Live #Love #Learn #Laugh 

#Share #Respect #Inspire

#StayGold #StayTrue #StayReal

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s