Catatan PRODUCE 101 S2 #3 (Misi “Nayana” & Daniel X WooJin X DaeHwi X YongGuk)

Posted: Juni 27, 2017 in About PRODUCE 101 S2
Tag:, , , ,

Source: Video PRODUCE 101 S2 by MNET (subbed: Noona101 subbing team)

Annyeong chingudeul~ tadi malem gue buka twitter bentar dan liat WANNA ONE jadi TTWW. Daebak! Berarti memang lagi ngehits banget ya mereka ini. Ya, WANNA ONE adalah boygrup yang lahir dari acara PRODUCE 101 Season 2 yang dibuat oleh MNET. Ada 11 membernya. Mereka adalah Kim Jae Hwan, Kang Daniel, Bae Jin Young, Ong Seong Woo, Lai Guan Lin, Ha Sung Woon, Lee Dae Hwi, Park Woo Jin, Hwang Min Hyun, Park Ji Hoon dan Yoon Ji Sung. Mereka datang dari agensi yang berbeda2 chingu. Ada juga yang tidak datang dari agensi manapun karena latitan sendiri (individual trainee) yakni Kim Jae Hwan. Bagus memang kalo di Korea sana. Yang namanya murid itu ga hanya anak2 yang belajar di sekolah dan dapet lesson2 mapel (mata pelajaran), tapi anak2 yang pengen jadi idolpun adalah murid juga. Sebutannya “yeonseub saeng” atau “trainee/anak yang lagi latihan” seperti yang kita tahu. Menurut gue kesenian di sana diapresiasi sekali chingu, keren. Anak yang bakatnya memang di seni terus bisa dikembangkan sehingga bisa jadi superstar nantinya. Kalo masalah idol mah Korea juaranya.

Ok, gue lanjutin catetan gue yang kemaren ^^

  • Setelah 101 peserta PRODUCE 101 tahu mereka dapet level apa (A, B, C, D atau F), mereka berlatih selama 3 hari di kelasnya masing2 sesuai levelnya chingu. Mereka dicoaching tentang vocal dan dance untuk bisa perform lagu representative dari acara ini, yang judulnya “nayana”. Ya, perform “nayana” adalah misi mereka yang pertama. Mereka tinggal di semacam “training camp” gitu selama beberapa bulan untuk acara ini. Seperti di postingan gue sebelumnya, yang bisa masuk level A di awal cuman 7 peserta chingu. 2 diantaranya adalah dari Brand New Music yakni Lee DaeHwi dan Park WooJin. 2 peserta lagi yang akhirnya berhasil debut dari level A di awal ini adalah Ong SeongWoo dan Ha SungWoon. Ong SeongWoo ini asalnya dari salah satu agensi yang namanya Fantagio chingu. Di season 1, ada 2 orang trainee yang lolos juga di 11 besar dari Fantagio. Mereka adalah Kim DoYeon dan Choi YooJung. Aktor Seo KangJun (Cheese in The Trap) juga asalnya dari Fantagio. Boygroup ASTROpun asalnya dari sana. Sedangkan Ha SungWoon, dia pernah debut sebelumnya dalam grup yang namanya HOTSHOT pada 2014.
  • Chingu, pelatih vocal di acara ini (Lee Seok Hoon) bilang kalo kemampuan orang untuk mengingat lagu yang baru kamu denger itu termasuk bakat dan kebisaan (ability) juga lhoh. Jadi memang di awal, setelah mereka pake baju dengan warna masing2 sesuai level, mereka diperdengarkan lagu “nayana” selama 10 menit chingu. Nah setelah itu mereka diminta buat nyanyiin ulang lagu itu. Begitupun dance, mereka dikasih liat gerakan hook dari dance lagu itu dan diminta niruin setelahnya. Nah dari sini keliatan skill mereka jadinya. Ada yang cepet ngafalin, ada yang enggak. Bisa dipelajari memang, cuman skill yang bisa mengingat dengan cepat di awal tentu saja adalah point plus bagi mereka. Bisa dikatakan mereka memang bakat di situ kan kalo ngefalinpun cepet dan mudah. Tentu orang yang ga bisa langsung hafal dalam beberapa kali liat effortnya harus lebih besar. Penyanyi yang pinter milih lagu, itupun skill chingu. Milih lagu itupun adalah sebuah keahlian. Belum ke nyanyinya lhoh, baru milih lagunya aja itu udah beda. Orang yang selera musiknya bagus dan tahu kekuatan dia di mana pasti akan “cerdas” juga dalam memilih lagu yang bisa membuat dia stand out. Mungkin selama ini kan perkara “skill” yang kita tahu cuman bisa enggak dia nyanyi, dance dsb. Cuman hal2 lain kayak “cepet tanggap ga sama musik/melodi yang didengar”, “cepet ga sinkronnya badan sama gerakan dance yang diliat”, bahkan “bagus ga pilihan lagu yang mau ditampilkan”. Itu semua adalah skill juga chingu.
  • Sama kayak di season 1, ada juga peserta yang awalnya di level F tapi bisa masuk 20 besar bahkan debut chingu. Kalo di season 1 ada SoHye. Dia yang awalnya ada di kelas F karena tekun berlatih makanya bisa debut sebagai salah satu member I.O.I akhirnya. Peserta dari level awal F yang bisa debut di season ini adalah Yoon Ji Sung dari MMO chingu. Sedangkan peserta dari F yang bisa masuk 20 besar adalah Joo HakNyeon dan juga Yoo Seon Ho. Trainee dari YG Kplus (agensi model yang berasosiasi dengan YG) juga ada yang menunjukkan kemajuan, namanya Kwon Hyun Bin. Meskipun namanya YG Kplus, mereka ga relate kok chingu dengan “idol making”. Mereka lebih ke model. Nam JooHyuk adalah salah satu model dan actor dari agensi ini.
  • Ada juga peserta yang awalnya di level D (Lai Guan Lin) dan harus turun ke F di misi pertama, namun akhirnya bisa masuk 11 besar dan debut. Di awal, skill dia dalam niruin dance itu masih kurang sekali chingu. Cuman karena terus latihan dan juga dibantu hyung2nya di kelas, dia akhirnya bisa juga. Dia orang Taiwan chingu, bhs Koreanya masih pas2an, dan itu jadi kendala tersendiri baginya. Beberapa hari semacam kayak beberapa tahu katanya. Bukan cuman berat di fisik chingu, tapi juga di hati. Cuman dia bilang kalo bahkan setelah debutpun semua juga ga akan mudah, makanya dia terus latihan. Itu yang bisa dia lakukan. Ada peserta lain yang awalnya di level D dan bisa masuk 20 besar yakni Ahn Hyung Seob dari YueHue Ent dan 3 member NUEST (Kang DongHo, Choi Min Ki dan Kim Jong Hyun).
  • Selain di level D, ada juga peserta dari level C yang bisa survive ke 11 besar yakni Bae Jin Young dari C9 Entertainment. Dia di awal2 kalo perform gitu selalu ngeliatnya ke bawah chingu, kayak ga PD gitu. Cuman seiring berjalannya waktu dan latihan keras, rasa kepercayaan dirinya bisa tumbuh dan akhirnya bisa tampil lebih baik bahkan debut. JinYoung ini bahkan di misi pertama dari level C turun ke level F karena ga bisa maksimal dalam perform “nayana” chingu. Park Ji Hoon (dia terkenal dengan julukan “wink boy” karena wink-nya di perform “nayana” dan Hwang MinHyun NUEST juga ada di level C di awal chingu, dan mereka akhirnya bisa masuk 11 besar. MinHyun di misi pertama “nayana” sendiri juga harus turun ke level D karena dance-nya banyak kesalahan. Sebaliknya, Park Ji Hoon yang awalnya di level C bisa naik ke level B di misi “nayana”. Ada peserta asal Jepang namanya Takada Kenta yang juga levelnya naik ke B dari sebelumnya C. JongHyun NUEST juga yang awalnya level D bisa naik ke level B di misi “nayana”. Kalau di level B sendiri, peserta2 yang akhirnya bisa masuk 11 besar adalah Kang Daniel dan Kim Jae Hwan. Kang Daniel di misi “nayana” bisa naik ke level A chingu. Bagaimana dengan Kim Yong Guk? Kim Yong Guk sendiri di awal ada di level C.
  • Meskipun anak2 di level A dalam hal dance sangat cepat bisanya (mereka langsung hafal semua gerakan hook di lagu “nayana” padahal baru beberapa kali liat), cuman dalam hal singing ada member2 yang kurang bisa chingu, misalnya WooJin. WooJin sendiri adalah rapper dan pitch lagu “nayana” yang tinggi ga sampe di dia. Range vocalnya ga masuk di lagu itu chingu, terlalu tinggi. DaeHwipun sama, karena range vocalnya ga terlalu lebar, maka cukup struggle juga nyanyiin lagu “nayana”. Meskipun punya kelebihan, tapi orang juga pasti punya hal yang dia ga jago di situ. Dan itu terjadi pula di sini, jinjja. Ga ada orang yang semuanya bisa, pasti entah apa dia punya kekurangan. Si dancing machine belum tentu bisa nyanyi. Si rapstar belum tentu bisa ngedance. Si penyanyi bersuara emas belom tentu bisa ngedance dsb. Hikmahnya ya kita harus rendah hati, karena kita manusia ini jelas ga sempurna. Kita memang punya kelebihan di hal tertentu, cuman kekurangan kita juga banyak.
  • Di tengah coaching vocal “nayana” level B, ada peserta yang ngerasa ga adil buat rapper untuk dinilai skill vocalnya chingu. Kenapa anak2 vocal ga dinilai skill rapnya tapi anak2 rap dinilai vocalnya? Lagu “nayana” sendiri memang lebih menonjolkan vocal, bahkan pitch-nyapun tinggi. Ketika Daniel ditanya komentarnya tentang hal itu, dia bilang kalo ga ada yang namanya “adil” dan “tidak adil” dalam hal ini. Secara personal dia ngerasa kalo namanya idol memang harus bisa apa saja. Ya, idol harus multitalent kan chingu? Jung SeWoon (salah satu peserta juga, masuk 20 besar, dia dari Starship Ent, mantan finalist SuperstarK) pernah bilang juga kalo jadi idol itu bukan hal mudah. Mereka harus banyak bakatnya. Mereka harus bisa nyanyi, ngedance, harus good looking dsb. Itulah syarat untuk jadi idol, mau tidak mau. Makanya harus bener2 mau latihan dengan keras, sekalipun mungkin itu bukan bidangnya di awal. Pelatih vocalnya juga bilang kalo dengan attitude “aku ini rapper, aku ga mau dong disuruh nyanyi” maka peserta itu juga ga bakalan dapet level A. Lagipula Produce 101 adalah acara untuk mencetak idol, bukan rapper. Kalo memang ingin jadi rapper, ikut saja Show Me The Money biar jadi kayak Dok2 misalnya. Atau kalo punya attitude “aku suka nyanyi, suaraku bagus, aku ga mau ngedance”, ya jangan jadi idol. Ikut SuperStarK aja supaya jadi kayak Roy Kim misalnya, tempatnya udah masing2. Produce 101 dibuat memang untuk mendebutkan idol grup. Dimana yang namanya idol grup tentu harus serba bisa. Misal BTS, Suga itu ga suka dance di awal, dia pengen kayak 1TYM, grup dari YG Ent yang pure ngerap. Nah cuman ga bisa kan dalam posisi dia sebagai boygrup tapi ga bisa ngedance, makanya dia berdeal dengan itu dan akhirnya mau dan bisa ngedance. RapMon suka rap, dia bikin mixtape, tapi apakah akan banyak orang yang ngedengerin karyanya kalo dia ga jadi idol? Padahal tujuan dia bikin karya adalah pengen didengar lebih banyak orang. Ga bisa dipungkiri kalo idol akan lebih banyak menciptakan fans daripada jalur lain, rapper ataukah penyanyi genre lain di Korea sana. Yang gue tangkep di sini adalah orang yang niatnya pengen jadi idol ga boleh egois chingu. Mereka harus tahu idol itu apa dan bagaimana serta mau berdeal dengan segala persyaratannya. Jika memang ga bisa di satu bidang, maka tetep harus latihan dan belajar. Orang jelas ada speciality-nya masing2, cuman kalo memang skill itu jadi syarat untuk jadi idol ya harus dipenuhi. Misal RapMon, skill utama dia jelas di ngerap, nah cuman meskipun ga amazing2 banget, dia tetep harus bisa dance dong di grupnya BTS. Ga apa2 ga luar biasa banget di semua bidang, asal istilahnya “batas tuntas”nya terlampai chingu. Kayak pelajaran sekolah. Gapapa kan kalo hanya 1 atau 2 mata pelajaran yang kita bisa dapet 90, asal yang lainnya paling tidak di batas tuntas (70/75 misalnya). Memang orang punya keahlian di bidang masing2, cuman gue rasa namanya batas tuntas itu tetep harus dilampaui. Dan hal itu berlaku banget untuk idol.
  • Banyak chingu peserta yang kewalahan juga di misi pertama “nayana” ini. Mereka gue liat malah banyak yang kayak “anak ilang” karena ga bisa niruin gerakan yang diajarkan, wkwk #peace. Kayak keliatan bingung banget gitu soalnya. Misalnya Kim Jae Hwan. Dia memang suaranya bagus sekali. Nyanyi lagunya Adel yang “skyfall” dengan main gitarpun bagus, cuman kelemahan dia di dance chingu. Pelatih dance dia bilang kalo dia ga membaik skill dancenya dalam 3 hari, maka bisa jadi dia turun ke level F (saat itu levelnya B). Makanya dia coba latihan bahkan temen2nya uda pada pulangpun dia yang terakhir pulangnya. Dia mengakui chingu kalo dia ga bagus di dance, cuman ya itu harus dia pelajari kalo ingin debut. Member2 lain sama juga.
  • Tentang dance sendiri, dance trainer memuji Daniel yang kemampuanya dalam menghafal dance bagus chingu. Soalnya Daniel memang speciality-nya di dance juga. Dia b-boying dan di agensinya pernah juga jadi backdancer untuk artis seperti Fiestar. Karena Daniel bisa, makanya dia semacam kayak mendemonstrasikan gerakan juga ke temen2nya di level B sebagai contoh, termasuk JaeHwan. Ada trainee (Im Young Min) yang bilang hatinya sakit chingu denger JaeHwan bisa jadi turun level padahal dia tahu kalo JaeHwan sebenernya juga udah berusaha keras buat ngedance. Bukannya JaeHwan males chingu, udah berusaha, cuman ya memang susah. Pasti gitu juga dengan Daniel. Misal Daniel diminta buat nyanyi “Skyfall” sambil main gitar sebagus JaeHwan juga belom tentu bisa. Nah cuman yang lebih penting di sini adalah dance daripada suara bagus + bisa main gitar. Ya kayak Daniel, suara dia memang ga amazing banget (cuman nadanya sampe), itu sementara cukup. Soalnya dia juga rapper sebenernya posisinya. Gue rasa untuk jadi idol yang pertama malah dance itu chingu. Yang kedua baru vocal yang ketiga rap. Misal nilai, gue rasa 90 itu dance, 80 vocal dan 70 rap. Dance itu penting kalo mau jadi idol KPOP. Kayak SM itu, artis2nya rata2 genrenya dance lhoh. BTSpun bisa sukses kayak sekarang menurut ahli juga karena dancenya yang sharp dan bagus. Iya ok mereka suka rap dsb, cuman dance itu sifatnya wajib dikuasi oleh seorang idol. Lain kalo memang ga pengen jadi idol, pengennya jadi rapper atau penyanyi biasa. Tapi memang chingu, bagi sebagian orang ngafalin dance itu susah, susahhh banget. Ada orang2 yang mudah aja ngefalin dance, cuman bagi sebagian yang lain susahnya minta ampun. Gue pribadi ngerasa bisa ngedance itu lebih sulit daripada bisa nyanyi chingu. Respect gue sama orang yang jago dance, jinjja.
  • Pernah ga kalian ngeliat temen kalian ga bisa dalam satu hal dan kalian yang ngeliatnya jadi sedih sendiri? Ngeliat temen kalian kayak gitu ngerasa nyesek sendiri. Apalagi kalo kalian tahu dia udah berusaha keras dan punya potensi sebenernya. Kayak ada perasaan ga rela kan kalo dia dalam posisi kayak gitu? Gue rasa itulah simpati chingu. Kita merasakan apa yang orang lain rasakan. Seperti kayak gue bilang di postingan kemaren kalo ngeliat acara ini tuh bukan kayak kompetisi, tapi lebih ke gimana memenangkan diri sendiri. Jadi ga ada masalah ngeliat yang lain bagus (malah seneng/ikut seneng), cuman ketika ngeliat yang lain ga bisa bagus padahal udah berusaha dan punya potensi juga, itulah yang nyesek, itulah yang bikin sedih. Bahkan ngeliat aja kayak ga sampe hati. Kayak pecah hati ini chingu ketika ngeliat temen2 kita yang berjuang bareng cuman hasilnya ga sesuai harapan. Itu chingu yang gue rasakan ketika nonton acara ini. Makanya gue bilang acara ini indah dan bisa banyak belajar juga dari sini.
  • Di misi pertama “nayana”, ada 16 trainee yang setelah 3 hari latihan levelnya ada di level A chingu. Apa bedanya level A, B, C, D dan F di misi ini? A adalah centre grup chingu. Seperti yang kita tahu bahwa lagu “nayana” yang jadi representative acara ini bakalan diperformkan di MNET. Nah panggung untuk perform linipun beda2 tergantung level. Mereka yang levelnya A bisa ada di tengah panggung dan level yang lain menyesuaikan (di samping2nya). Yang paling buruk adalah mereka yang levelnya F karena ga akan dapet part di song dan hanya akan ngedance jadi semacam backdancer di bawah. Panggungnya berbentuk tingkat juga chingu, jadi ya sense of levelnya bakalan kerasa banget. Kalo level kamu bagus, kamu akan dapet tempat yang lebih bagus (lebih tinggi) ketika perform, semacam itu. Bukan deskriminsi, tapi apa yang kamu peroleh adalah apa yang telah kamu usahakan, semacam itu. Ga ada chingu peserta yang ga berusaha keras dan tiba2 langsung bisa masuk 11 besar lalu debut. Semua berusaha keras untuk merubah nasib mereka sendiri.
  • Dalam pertunjukan KPOP, member yang posisinya di tengah (centre) tentu keuntungannya lebih banyak chingu. Yang jelas, dia akan lebih kesorot kamera. Jika dia banyak kesorot kamera, tentu publik akan lebih mengenalnya. Makanya posisi centre semacam diperebutkan juga dalam acara ini oleh peserta2nya. Yang lebih keren lagi, peserta2 yang levelnya A di misi “nayana” ini bakalan dikasih special stage untuk tampil di M!Countdown sekali lagi chingu #waaa~. Untuk pemilihan centre-nya sendiri, mereka diminta selama 1 jam mempersiapkan penampilan satu menit dengan MR “nayana”. Dan dari semua peserta di level A, centre pertama adalah Lee DaeHwi. Ya, DaeHwi dari BrandNew Music adalah centre pertama yang terpilih di misi pertama acara ini. Kalo kalian buka perform “nayana” di youtube, DaeHwi adalah yang posisinya di tengah chingu.

Ini dulu chingu sedikit review-an gue di misi mereka yang pertama “nayana”. Sampai jumpa lagi di postingan selanjutnya. Annyeong~~~ ^^

(360P - mp4)Produce 101 S2 Episode 2.mp4_003755708

(360P - mp4)Produce 101 S2 Episode 2.mp4_004059583

(360P - mp4)Produce 101 S2 Episode 2.mp4_004072333

(360P - mp4)Produce 101 S2 Episode 2.mp4_004096708

(360P - mp4)Produce 101 S2 Episode 2.mp4_004103083

(360P - mp4)Produce 101 S2 Episode 2.mp4_004208333

(360P - mp4)Produce 101 S2 Episode 2.mp4_004299375

(360P - mp4)Produce 101 S2 Episode 2.mp4_007003416

(360P - mp4)Produce 101 S2 Episode 2.mp4_007021083

(360P - mp4)Produce 101 S2 Episode 2.mp4_003784625

(360P - mp4)Produce 101 S2 Episode 2.mp4_004701416

(360P - mp4)Produce 101 S2 Episode 2.mp4_004846333

(360P - mp4)Produce 101 S2 Episode 2.mp4_006082416

(360P - mp4)Produce 101 S2 Episode 2.mp4_003990250

(360P - mp4)Produce 101 S2 Episode 2.mp4_004971708

(360P - mp4)Produce 101 S2 Episode 2.mp4_005014375

(360P - mp4)Produce 101 S2 Episode 2.mp4_005034291

(360P - mp4)Produce 101 S2 Episode 2.mp4_005040250

(360P - mp4)Produce 101 S2 Episode 2.mp4_005361541

(360P - mp4)Produce 101 S2 Episode 2.mp4_005364958

(360P - mp4)Produce 101 S2 Episode 2.mp4_005385416

(360P - mp4)Produce 101 S2 Episode 2.mp4_005434833

(360P - mp4)Produce 101 S2 Episode 2.mp4_005450708

(360P - mp4)Produce 101 S2 Episode 2.mp4_006046083

(360P - mp4)Produce 101 S2 Episode 3.mp4_000095261

(360P - mp4)Produce 101 S2 Episode 3.mp4_000472839

(360P - mp4)Produce 101 S2 Episode 3.mp4_000514780

(360P - mp4)Produce 101 S2 Episode 3.mp4_000780246

(360P - mp4)Produce 101 S2 Episode 3.mp4_000813279

#Peace #Love #Happiness     

#Live #Love #Learn #Laugh 

#Share #Respect #Inspire

#StayGold #StayTrue #StayReal

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s