Catatan PRODUCE 101 S2 #6 (“If Its You” X Kim Yong Guk yang Baru ^^)

Posted: Juni 30, 2017 in About PRODUCE 101 S2
Tag:, , , ,

Source: Video PRODUCE 101 S2 by MNET (subbed: Noona101 subbing team)

  • Di episode 6, anak2 PRODUCE 101 masuk ke evaluasi berikutnya chingu. Kalo di evaluasi sebelumnya mereka telah melakukan “team battle”, kali ini mereka akan melakukan “position evaluation”. Konsepnya adalah akan ada lagu2 yang bertema vocal, rap dan dance yang harus mereka tampilkan secara berkelompok. Guna dari evaluasi ini adalah menguji mereka di salah satu bidang yang memang jadi posisi2/peran untuk para idol KPOP. Mereka tinggal 60 orang chingu di evaluasi ini. Dan vote merekapun direset, artinya mulai vote dari awal lagi. Joah! Di akhir evaluasi kali ini, yang posisinya 36-60 akan tereliminasi. Jadi hanya 35 peserta yang bisa masuk evaluasi berikutnya chingu.
  • Sistem dari babak ini adalah peserta memilih lagu yang mereka inginkan, cuman urut dari peringkat yang tertinggi. Satu lagu akan diperformkan secara tim. Ada kuota untuk masing2 lagu. Artinya orang yang bisa dapet lagu itu jumlahnya terbatas. Jadi misal satu lagu kuotanya udah terpenuhi (udah keisi 5 peserta misalnya), maka lagu itu ditutup untuk dipilih dan peserta itu mau ga mau harus milih lagu lain. Nah peserta yang peringkatnya bawah bisa jadi kebagian lagu yang bukan di posisinya (karena udah abis duluan sama depan2nya) atau harus menerima lagu apapun yang tersisa. Ya untungnya itu chingu kalo peringkatnya baik, dapet benefit/keuntungan tersendiri. Di evaluasi ini, mereka bebas mengcomposing ulang lagu mereka, membuat rap untuk lagu itu atau membuat koreografinya sendiri. Mereka diberikan kesempatan untuk berkreasi dengan lagu mereka masing2 chingu.
  • Lagu2 yang digunakan untuk misi ini ada 13. Untuk posisi rap, lagu2nya adalah “boys and girls” dari ZICO, “ryhtm ta” dari iKON, “not the same person you used to know” dari Sam Dominic dkk dan satu lagi “fear” dari MINO. Untuk posisi vocal, lagu2nya adalah “amazing kiss” dari BoA, “if its you” dari Jung Seung Hwan (OST Another Oh Hae Young), ada “spring day” dari BTS, “playing with fire” dari BLACKPINK dan “downpour” dari I.O.I. Untuk posisi dance, ada 4 lagu yakni “shape of you” dari Ed Sheeran, “right round” dari Flo Rida, “get ugly” dari Jason Derulo dan “pop” dari N Sync.
  • DaeHwi sendiri ada di tim “playing with fire” dengan member lain yakni Kang Dong Ho, Jung Se Woon dan Choi Min Ki. Di akhir penilaian, Se Woon yang dapet peringkat 1 chingu, DaeHwi ada di peringkat 3. Mereka mengaransemen ulang lagu ini sehingga ada unsur2 gitar akustiknya gitu.
  • Daniel dan WooJin ada di satu tim chingu, tim dance dengan lagu “get ugly” dari Jason Derulo. Selain mereka, member lain yang ada di tim ini adalah Park Ji Hoon, Kim Samuel, Ong Seong Woo dan Ahn Hyung Seob.
  • Gimana dengan Yong Guk? Dia ada di tim vocal “if its you” bareng Kim SeongLee, Joo JinWoo dan juga Kim YeHyun. Selain tim “if its you”, di round ini gue juga suka sama timnya Im Young Min “boys and girls”nya ZICO chingu. Ada 3 member di tim itu. Selain dia, ada Kim Dong Hyun (anak Brand New Music juga) dan juga Kim Dong Bin (Kiwi Ent). Gue amaze karena Young Min anaknya keliatan sabar chingu sama temen2nya. Setelah di round sebelumnya dia dengan sabar dan telaten ngajarin Park Sung Woon yang skillnya masih kurang banget buat ngedance, sekarang dia ngajarin lagi Dong Bin untuk ngerap dari awal. Bukan menambal kekurangan chingu, tapi ini bener2 dia ngajarin si Dong Bin dari awal. Dong Bin belum bisa ngerap. Dia flow ga tahu, rima ga tahu, jadi Young Min harus bener2 ngajarin dia dari awal. Terbukti chingu, YoungMin ini sabar anaknya. Gue rasa dia anak yang baik. Young Min ini akhirnya masuk 20 besar juga. Meskipun gagal masuk 11 besar, gue harap dia dapat memperoleh hasil yang baik dalam apa yang dia sukai chingu. Ga tahu kenapa cuman gue rasa Young Min adalah teman yang baik chingu, seneng ngeliatnya. Pemandangan dia yang dengan sabar dan telaten ngajarin temen2nya itu indah banget menurut gue chingu, jinjja.
  • Dari semua tim, yang paling gue sukai di round kali ini adalah tim “if its you” chingu. Kenapa? karena anak2nya easy going menurut gue, mudah gitu. Gue suka sesuatu yang simple soalnya, yang mudah, yang ga dipersulit. Di tim ini ga ada semacam tegang2nya (konflik), smooth, indah aja ngeliat mereka kerjasamanya baik banget kayak gitu. Selain Yong Guk, tim ini juga terdiri dari 3 orang lain yakni Kim YeHyun, Kim SeongLee dan Joo JinWoo. SeongLee dan JinWoo sendiri sebelum ini jadi main vocalist untuk masing2 timnya chingu. Jadi ya udah pas banget, 2 main vocalist ngumpul di tim yang sama sekarang. JinWoo sendiri posisinya leader dan SeongLee-nya jadi centre. Untuk pengetahuan tentang lagunya sendiri, SeongLee dan JinWoo sama2 udah tahu lagunya. Ya, lagu yang akan mereka bawakan adalah OST dari drama “Another Oh Hae Young”. SeongLee bilang kalo menikmati drama “Another Oh Hae Young”chingu, udah nonton, jadi udah bisa nyanyinya. Kalo YongGuk, dia ga hafal liriknya cuman ya pernah denger. Meskipun liriknya belom hafal, cuman feel dia ketika nyanyiin lagu itu bagus banget chingu, makanya dia akhirnya dapet “killing part” dari lagu ini *yang pas dia nyanyi tiba2 ada sinar dari atas ala2 gitu, hehe*. Tone suara dia yang pure juga jadi charming point sendiri. Kalo YeHyun, karena dia belajar musik, makanya dia bisa me-lead temen2nya buat sama2 mengaransemen lagu ini dan juga bikin harmonisasi suara chingu. YeHyun ini pinter chingu anaknya, paham teori musik. Dia sendiri cerita kalo sejak kecil sudah biasa denger harmonisasi orang nyanyi, jadi ya udah bisa. Keempat2nya saling membantu dan bekerjasama chingu di sini, indahhh sekali. Mereka juga saling menguatkan dan saling memuji, sehingga waktu latihanpun berjalan sangat mulus. Mereka bahkan bercanda2 bareng. Tim yang sangat kompak, sangat baik menurut gue. Bahkan YongGuk sendiripun seneng sekali bisa satu tim dengan mereka. Entah akan gimana kalo YongGuk dengan tim yang bukan mereka. Gue rasa sepanjang gue nonton PRODUCE 101 S2, tim ini chingu yang paling bagus, jinjja. Keliatan mereka ini “anak2 baik” menurut gue. Indah gitu ngeliat anak2 dengan passion yang sama bekerjasama kayak gini. Dan akhirnya bisa menampilkan sesuatu yang amazing juga. Banyak chingu orang yang terbawa sama performance mereka. Termasuk gue, gue yang awalnya ga tahu lagu inipun jadi suka karena mereka nyanyiin, jinjja.
  • Meskipun suara YongGuk ternyata charming, cuman temen2nya setim awalnya ga ngeh chingu YongGuk itu sebelumnya di posisi apa. YongGuk anaknya memang pendiemmmm banget. YeHyun ngiranya YongGuk itu di rap dan JinWoo malah belum pernah denger Yong Guk nyanyi. Padahal di evaluasi sebelumnya (tim “boy in luv” 2) dia ada di vocal. YongGuk ketika ditanyai komentarnya tentang ini cerita juga kalo dia memang adalah anak yang cenderung pasif chingu. Terlebih lagi kawan satu agensinya dari Chun Ent (Kim SiHyun) tereliminasi di babak awal, nah itu bikin dia makin pasif jadinya. Malah dia pernah ada rencana pengen keluar aja dari acara ini. Dia menilai dirinya sendiri sebagai anak yang ga percaya diri chingu. Dan kabar baiknya adalah setelah ketemu dengan tim yang baik kayak “if its you” ini, dia rasa rasa percaya dirinya mulai tumbuh chingu. Hal2 yang dia khawatirkan benar2 hilang dan dia merasa lega ada di tim seperti itu. Tim yang bisa jadi tempat dia bersandar, mengarahkan dia untuk kebaikan bersama, tim yang membuat mentalnya menjadi lebih baik chingu. Jinjja, tim ini keren. Miracle kalo menurut gue. Indah sekali chingu. Maksudnya orang yang awalnya ga PD tapi setelah ketemu orang2 baik jadi PD dan bisa memaksimalkan potensi dia. Teman yang baik itu memang susah didapet, cuman teman baik itu penting. Karena temen yang baik itu bisa membuat kita juga jadi lebih baik.
  • Tim “if its you” adalah tim yang bisa dibilang mencengangkan banyak orang di PRODUCE 101 S2 ini chingu, termasuk vocal trainer dan peserta2 lainnya. Ketika mereka tampil di hadapan vocal trainer, SeonHo yang ada di tim lain bilang ke temen di sampingnya kalo tim “if its you” bagus banget. Kim JaeHwan yang terkenal vocalnya baguspun ngerasa kalo tim itu mencengangkan. Sebelum perform di stage kan mereka dievaluasi sama vocal trainernya dulu, nah vocal trainernya (Lee SeokHoon) sempet nanya ke YongGuk apakah dia ini awalnya memang vocal (karena memang Yong Guk ini awalnya sama sekali ga stand out chingu, jadi ya orang ga tahu posisi dia itu di vocal, rap apa dance) dan sama YongGuk dijawab “meskipun ga bisa, saya posisnya di vocal”. Lee SeokHoonpun langsung nyaut “kenapa bilang ga bisa?”, artinya jangan bilang kayak gitu, ga boleh bilang diri sendiri ga bisa. Tapi memang gitu chingu, Yong Guk ini anaknya minus percaya diri banget awalnya, jinjja.
  • Di masa “nayana”, Yong Guk yang awalnya ada di kelas C jadi turun ke kelas D chingu. Ketika di kelas C itu, dia pernah diminta nyanyi lagu “nayana” sama vocal trainer Shin YuMi. Ngeliat Yong Guk yang nyanyinya kayak orang ga semangat, Shin Yu Mi seonsaengnim ini mengingatkan chingu. Beliau bilang tone Yong Guk udah bagus, cuman dia kurang semangat chingu. Yong Guk itu cool, cuman ga membuat orang tertarik karena keliatan ga ada enerjinya. Makanya Shin Yu Mi pengen juga YongGuk lebih semangat lagi. Iya chingu, YongGuk sendiri juga mengakui kalo dia itu orangnya ga percaya diri. Bahkan pas arrangement lagu “if its you” selesai, dia masih kayak ragu gitu sama kemampuannya. Temennya di tim itu (YeHyun) kemudian meyakinkan kalo suara YongGuk itu justru yang paling cocok dengan lagu itu. Tipikal suara yang pure yang ga ada cacatnya. Dengan support kayak gitu, YongGuk jadi lebih percaya diri. Terlebih lagi temen2 di tim “if its you” juga selalu menunjukkan sisi2 yang ceria dan bahagia, dan itu membuat YongGuk nyaman. Makanya wajah YongGukpun yang biasanya kayak kucel gitu (diem aja) jadi lebih bright paska jadi tim “if its you” ini chingu. Shin Yumipun bilang kalo YongGuk sekarang berbeda, lebih keliatan cerianya. Indah chingu ngeliat perubahan di diri Yong Guk ini, jinjja. Meskipun cuman nonton tapi ikut seneng gitu di hati ini. Gue ngeliat kisah Yong Guk ini jadi inget satu quote yang pernah gue baca chingu., yang intinya “kadang pujian yang kita kasih ke orang itu bagi kita simple aja, cuman itu bisa jadi motivasi yang besar bagi orang itu (lebih dari yang kita bayangkan”. Jadi jika kalian menemukan hal baik dari orang lain, katakan padanya. Meskipun mungkin bagi kalian itu biasa aja, tapi baginya itu bisa menjadi begitu luar biasa. Sesuatu yang kita anggep sepele bisa jadi malah menjadi motivasi tersendiri dalam hidupnya. Ya kayak YongGuk ini. Asal jangan bohong chingu. Katakan apa adanya. Kan fakta juga kalo suara YongGuk memang bagus, vocal trainerpun bilang seperti itu juga. Karena nyaman sama member2 di tim ini, YongGukpun pernah bilang kalo dia pengen terus deket dengan mereka semua meskipun udah di luar acara ini chingu. Wahhh indah banget, so sweet TT TT TT
  • Bukan cuman vocal trainernya chingu, BoApun amaze sama vocal YongGuk yang ternyata bagus. BoA bilang kalo dia ga tahu kalo YongGuk bisa punya falset yang indah seperti itu. Vocal trainer (Lee SeokHoon) setelah denger YongGuk nyanyipun bilang kalo tone vocal YongGuk itu indah chingu. Tone vocal yang kayak miliknya anak SD, yang ngebuat dia bisa nyanyi dengan innocent/pure. Tone vocal yang ga dimiliki temen2 setimnya dan itu penting ada dalam tim ini. YongGuk seneng dengan komentar itu dan dia jadi kayak menemukan dirinya yang baru chingu. Ya, YongGuk jadi kayak menemukan dirinya yang baru karena “if its you” ini. Yong Guk yang lebih percaya diri, Yong Guk yang lebih ceria, Yong Guk yang lebih bisa memaksimalkan potensinya.
  • Kekaguman orang2 ke YongGuk masih berlanjut ketika mereka rehearsal chingu. Di rehearsal stage, mentor2 pada amaze ngeliat dia nyanyi. Bahkan dance trainer yang dengerpun (Kwon JaeSeung) bilang kalo suara YongGuk indah. Kalo temen2nya jangan ditanya chingu, banyak banget yang amaze. Yang ketangkep kamera dari mulai Jung Se Woon, Yoo Seon Ho, Kim Jae Hwan, Kang Daniel, Lee Gun Hee, Yoon Hui Seok, Lee Woo Jin, Bae Jin Young, Hwang Min Hyun, Takada Kenta, Ha Sung Woon Kim Ji Sung, Kwon Hyun Bin dsb pada amaze semua pas ngeliat si YongGuk ini nyanyi. Mereka ga nyangka kalo ternyata ada trainee yang suaranya bagus sekali kayak YongGuk. Dan mereka awalnya bahkan ga tahu kalo posisi YongGuk di vocal. Ngiranya dia di rap atau dance.
  • Yong Guk mendadak dikenal kan karena suaranya yang bagus ini. Nah diapun ditanyai komentarnya tentang ini juga chingu. Dia bilang kalo mereka (yang bilang itu) sebelumnya ga punya ketertarikan pada dia. Mereka juga ga tahu dia itu orang seperti apa. Nah karena dia bisa menampilkan penampilan yang bagus, makanya banyak orang yang kayak ga nyangka gitu chingu. Dia bahagia chingu dengan itu, orang2 bisa lebih tahu dia sekarang. Ketika ditanya “apa hal yang kamu lakukan agar kepercayaan dirimu tumbuh”, dia ngejawab kalo dia akan percaya diri kalo orang menunjukkan sedikit ketertarikan padanya chingu. Iya chingu, pujian itu penting juga. Pujian bukan hal buruk, asal pujian itu jujur dan tidak berlebihan. Karena pujian akan memberikan motivasi untuk lebih baik lagi. Orang2 tipe YongGuk ini memang ada chingu, orang yang butuh dimotivasi. Ada memang orang yang bisa memotivasi dirinya sendiri, tapi ada juga yang perlu dimotivasi oleh orang lain. Ga ada salahnya jika dalam tim kita saling memotivasi untuk kebaikan temen kita dan kebaikan bersama sebagai sebuah tim. Kayak tadi, meskipun motivasi yang kita sampaikan ke orang itu simple/sedikit aja, cuman kita ga pernah tahu efeknya ke orang itu apa. Bisa jadi bisa merubah orang itu ke arah yang lebih baik kayak YongGuk ini. Seneng chingu ngeliatnya. Belajar banget dari tim YongGuk ini, bahwa “perhatian kecil yang kita berikan ke orang lain itu bisa jadi dampaknya besar, bahkan bisa membawa perubahan pada orang itu untuk hidup yang lebih baik”. Jangan berhenti menebar perhatian dan kebaikan pada orang lain chingu! Fighting! ^^
  • YongGuk pernah cerita juga kalo selama program ini, dia belum bisa punya kesempatan menunjukkan skillnya (bagusnya dia dimana chingu), dan lewat perform “if its you” ini dia pengen menunjukkannya dan pengen dapet feedback yang positif dari pemirsa. Dia ingin dapat feedback seperti “Kim YongGuk bagus” dari penontonnya. Kalo kalian kepo, cari aja chingu perform “if its you” ini di youtube, keren!.Dan benar, ketika YongGuk tampil, reaksi penontonpun bagus banget. Mereka keliatan kagum sama perform itu. Setelah lagunya selesai, tepuk tangan dan rasa puas dari penontonpun menyeruak chingu. Ga hanya dari penonton tapi juga dari mentor dan temen2 trainee yang lain yang nonton dari backstage. Sungguh penampilan yang bagus dari tim “if its you”. Dua vocal trainer (Lee SeokHoon X Shin Yu Mi)pun memuji mereka. Semacam usaha keras mereka terbayar sudah dengan perform yang bagus banget ini. Akhirnya di penilaian, YongGuk dapet peringkat pertama di timnya chingu. Dia adalah member di timnya yang menerima vote onsite paling banyak. Dia seneng sekali dengan timnya ini chingu. Tim terbaik yang pernah dia dapatkan. Dia bilang jika tidak satu tim dengan mereka, maka mungkin YongGuk akan terus menjadi YongGuk yang dulu, yang pasif, yang selalu rendah diri. Dia bahagia karena timnya mampu memberi dia energy chingu. Yeokshi ya, punya teman baik itu penting. Teman yang bisa mengantarkan kita menjadi pribadi yang lebih positif kayak YongGuk ini, jjang! Ketika ditanya sekarang Kim YongGuk itu “Kim YongGuk yang seperti apa”, dia bilang dia adalah “Kim YongGuk yang penuh percaya diri” hehe. Jinjja, ikut seneng chingu ngeliatnya. Indah ya chingu? So beautiful thing ^^
  • Di awal sebelum perform, ketika ditanya feel seperti apa yang akan dia gunakan untuk menyanyikan lagu itu, dia bilang akan mengingat masa dimana dia ga punya temen dan sendiri chingu. Dengan mengingat itu, dia akan berusaha menjiwai lagu yang dinyanyikannya. Lagipula lirik lagu ini juga tentang cinta sendiri. Mencintai orang yang ga balik mencintai kita cuman kita tetep ga bisa ga mencintai orang itu. Di tim vocal “if its you” ini, akhirnya YongGuk dapet peringkat 1 chingu. Dan semua peserta yang dapet peringkat 1 otomatis akan tambahan poin sebanyak 10.000 chingu. Apalagi kalo bisa peringkat 1 di bidangnya (bukan cuman di timnya sendiri tapi di masing2 kategori), maka akan dapet tambahan 100.000 lagi, jadinya 110.000.
  • Untuk tim dance “right round (Flo Rida)”, yang dapet peringkat 1 adalah si “jeju boy” Joo HakNyeon chingu. Untuk tim rap “boys and girls Zico”, peringkat 1-nya adalah Im Young Min #yey!. Seneng banget chingu dia dapet peringkat 1, he deserve it, jinjja. Terlebih dia dari agensi yang memang di hip hop (Brand New Music, yang melahirkan musisi2 kayak San-E, Verbal Jint dsb). Tanggungjawabnya besar di sisi itu, ditambah dia harus ngajarin temennya (Kim Dong Bin) yang skill rap-nya masih 0 tadi. Kayak lega gitu chingu dia dapet peringkat 1.
  • Untuk tim “shape of you (Ed Sheeran)”, yang menang adalah Noh TaeHyun. Dia ini temennya Ha Sung Woon di HOTSHOT. Di tim rap “fear (MINO)”, JongHyun NUEST-lah dapet peringkat 1. Di tim vocal “playing with fire (BLACKPINK)”, Jung SeWoon jadi peringkat 1 dan Lee DaeHwi sendiri di peringkat 3. Di tim vocal “spring day (BTS)” yang dapet peringkat 1 adalah Yoo SeonHo chingu. SeonHo ini skillnya banyak chingu, dia selain jago di olahraga (kapten basket, belajar taekwondo) juga bisa main keyboard. Cuman dia ini kayak masih anak2 gitu chingu, usianya saat itu masih 15 tahun juga, jadi masih imut banget. Yang lucu tuh pas dia dikasih kesempatan telfon orangtuanya. Dia  cerita kalo di camp ini makannya cuman 3 kali (sarapan, makan siang, makan malam) padahal kalo di rumah makannya 5 kali, haha. Orangtuanyapun mengiyakan kalo SeonHo makannya 5 kali dan jadi kayak “ohhh” gitu pas SeonHo cerita makannya cuman 3 kali. Masih kecil chingu, masih masa pertumbuhan, hehe. Lucu chingu SeonHo ini, gue yakin fansnya banyak sekali peserta ini, bahkan setelah acara ini selesai. SeonHo sendiri masuk 20 besar chingu akhirnya. Sayang dia ga bisa tembus 11 besar. DaeHwi keliatan kehilangan juga pas di final episode karena SeonHo ga masuk. Mereka deket chingu. Bukan cuman DaeHwi juga, SeonHo deket dengan banyak peserta lain. Tipikal maknae yang lucu, Yoo Seon Ho ^^
  • Lanjut! tim dance “pop (N-sync)” peringkat 1-nya adalah Jeong Jeong dari YueHua Ent chingu, dia trainee asal Cina. Tim vocal “amazing kiss (BoA)” yang dapet peringkat 1 adalah Lee GunHee. Dia adalah trainee dari agensinya MAMAMOO” chingu. Kemampuan dia memang lebih di vocal. Tim vocal terakhir “downpour (I.O.I) peringkat 1-nya adalah Kim Jae Hwan chingu. Tim rap selanjutnya yakni “not the same person you used to know” (Sam Dominic dkk) peringkat 1nya gue ga tahu chingu soalnya diblur gitu. Mungkin peserta yang namanya Kim Tae Min. Cuman diacaranya entah gimana Kim Tae Min ini ga ditayangin di perform ini. Gue ga tahu alesannya apa. Tim rap selanjutnya “rhythm ta (iKON)” peringkat 1nya adalah Lee Gwang Gyun dari Starship Ent (temennya Jung SeWoon).
  • Nah, bagaimana dengan timnya Daniel dan WooJin? Ya, mereka satu tim di tim “get ugly (Jason Derulo)”. Bisa dibilang yang masuk di tim ini peringkatnya tinggi semua chingu. Di atas 10 semua, kecuali WooJin yang peringat 24 sendiri. Si Daniel peringkatnya 5, Si HyungSeob 6, Ong SeongWoo 4, Park JiHoon 1, Kim Samuel 2, nah si WooJin 24 sendiri. WooJin juga sempet kayak pressure juga karena peringkatnya segitu, sedangkan yang lain masuk 6 besar. Meskipun begitu, dia tetep melakukan yang terbaik supaya semua member di tim itu bisa naik bareng chingu, maju bareng. Leader di tim ini sendiri adalah Kang Daniel. Dia jadi terinspirasi untuk jadi leader karena sebelumnya satu tim sama Kim JongHyun NUEST. Dengan mindset mendahulukan kepentingan member lain bahkan mengorbankan dirinya sendiri, dia ingin mencoba menjadi leader. Yang namanya leader kan ya, kepentingan kelompok lebih diutamakan daripada kepentingannya sendiri. Harus ngarahin temen2nya buat latihan, kalo di perform ada koreo dia juga harus nge-lead opini dari member2 lain buat jadi satu dsb. Gue suka attitude Daniel di awal ketika pemilihan centre group chingu. Ketika itu yang pengen jadi centre diminta angkat tangan. Nah WooJin entah ga percaya diri apa gimana ngangkat tangannya tuh kayak ga full gitu, kayak segen gitu. Nah sama Daniel tangan WooJin langsung diangkat lebih tinggi dan bilang supaya WooJin lebih percaya diri. WooJinpun akhirnya ngangkat tangannya lebih tinggi, lebih yakin. Itu gue suka banget chingu. Meng-encourage temennya supaya naik kepercayaan dirinya. Itu keren banget. Nah cuman pas jadi leader beneran, di awal2 Daniel ngerasa sulit juga chingu dalam tanggungjawabnya sebagai leader itu. Bukan hal yang mudah jadi leader itu, jinjja. Apalagi situasinya saat itu adalah banyak sekali member yang jago dance. Dance merekapun gayanya beda2, stylenya beda2, maka sulit sekali menyatukan opini. Memang susah chingu di masa2 latihan, cuman mereka bisa perform dengan baik akhirnya. Mereka juga dapet feedback yang keren dari audience, peserta lain dan juga mentor2nya. Kalo menurut gue pribadi, elemen dance di “get ugly” ini menggabungkan style semua pesertanya chingu, keren. Misal Ong SeongWoo dan Park JiHoon yang jago dance popping, maka ada part mereka berdua popping di perform itu. Karena Daniel bisa b-boying, dia beberapa kali menampilkan skill b-boying-nya di perform itu. Samuel sama, dia semacam solo dance freestyle di beberapa detik perform. Begitupun WooJin dan HyungSeob yang menggunakan skill modern/urban dance-nya. Gue rasa tim dance paling bagus yang tim ini chingu. Untuk hasilnya sendiri, Daniel dapet peringkat 5 dan peringkat 1nya adalah Park WooJin. Ga disangka2 chingu, ternyata voting onsite paling banyak di WooJin, member yang peringkatnya padahal paling rendah di tim. Bahkan WooJin sendiri kayak ga nyangka gitu bisa dapet peringkat itu. Tapi memang keren sih si WooJin ini. Skillnya memang di rap dan dance. Ketika di stage tuh dia jadi “artist”, beda kalo di luar stage yang karena masih 18 masih suka bercanda2, lucu2an dsb. Kharismanya keluar chingu kalo udah perform.
  • Selain dikasih tambahan poin 10.000, masing2 peringkat 1 dari tiap tim dari 3 bidang (rap, dance dan vocal) akan dapet tambahan 100.000 poin chingu. Misalnya vocal, ada 4 peserta yang dapet peringkat 1 kan (Lee Gun Hee dari tim “amazing kiss”, Jung Se Woon  dari tim “playing with fire”, Yoo Seon Ho dari tim “spring day”, Kim Jae Hwan dari tim “downpour” dan Kim Yong Guk dari tim “If its you”). Dari semuanya, hanya peserta yang jumlah vote onsitenya paling banyaknya yang bakalan dapet tambahan 100.000 poin. Dan yang paling tinggi di vocal position evaluation ini adalah Lee GunHee chingu, skornya 717. Walhasil Lee Gun Hee dapet tambahan poin 110.000. 10.000 karena peringkat 1 di timnya + 100.000 karena jadi peringkat 1 dalam tim vocal secara keseluruhan. YongGuk sendiri skornya cuman 633. Vocal udah, sekarang dance. Peringkat pertama dari masing2 tim adalah Park WooJin (tim “get ugly”), Jeong Jeong (tim “pop”), Noh TaeHyun (tim “shape of you”) dan HakNyeon (tim “right round”). Nah dari semuanya yang bisa dapet tambahan poin +110.000 adalah Noh TaeHyun chingu, skornya 621. Sedangkan skornyanya WooJin cuman 542. Untuk tim rap, yang bisa dapet bonus poin +110.000 adalah JongHyun NUEST chingu. Skornya 665. Nominee yang jadi peringkat 1 di tim rap selain dia adalah Im Young Min (tim “boys and girls”) dan Kim GwangGyun dari tim “rhythm ta”. Setelah “position evaluation” ini, peringkat 36-60 bakalan dieliminasi chingu. Dan baik Kim YongGuk, Kang Daniel, Park WooJin dan Lee DaeHwi semuanya survive ke round selajutnya.

Inilah chingu akhir dari round “position evaluation”. Masih ada 2 evaluasi lagi sebelum terpilihlah 11 member WANNAONE. Review-annya akan gue lanjutkan chingu. Cuman hari ini sampe sini dulu ya, annyeong~ ^^

(360P - mp4)Produce 101 S2 Episode 6.mp4_000114581

(360P - mp4)Produce 101 S2 Episode 6.mp4_001917749

(360P - mp4)Produce 101 S2 Episode 6.mp4_001923588

(360P - mp4)Produce 101 S2 Episode 6.mp4_001927258

(360P - mp4)Produce 101 S2 Episode 6.mp4_001929727

(360P - mp4)Produce 101 S2 Episode 6.mp4_001963428

(360P - mp4)Produce 101 S2 Episode 6.mp4_002863193

(360P - mp4)Produce 101 S2 Episode 6.mp4_002888051

(360P - mp4)Produce 101 S2 Episode 6.mp4_002921752

(360P - mp4)Produce 101 S2 Episode 6.mp4_002937234

(360P - mp4)Produce 101 S2 Episode 6.mp4_002960190

(360P - mp4)Produce 101 S2 Episode 6.mp4_002966897

(360P - mp4)Produce 101 S2 Episode 6.mp4_003094925

(360P - mp4)Produce 101 S2 Episode 6.mp4_003115445

(360P - mp4)Produce 101 S2 Episode 6.mp4_003117380

(360P - mp4)Produce 101 S2 Episode 6.mp4_003118882

(360P - mp4)Produce 101 S2 Episode 6.mp4_003121251

(360P - mp4)Produce 101 S2 Episode 6.mp4_003131628

(360P - mp4)Produce 101 S2 Episode 6.mp4_003167464

(360P - mp4)Produce 101 S2 Episode 6.mp4_003176806

(360P - mp4)Produce 101 S2 Episode 6.mp4_003196459 - Copy

(360P - mp4)Produce 101 S2 Episode 6.mp4_003404768

(360P - mp4)Produce 101 S2 Episode 6.mp4_003460757

(360P - mp4)Produce 101 S2 Episode 6.mp4_003462826

(360P - mp4)Produce 101 S2 Episode 6.mp4_003501331

(360P - mp4)Produce 101 S2 Episode 6.mp4_003532695

(360P - mp4)Produce 101 S2 Episode 6.mp4_003546109

(360P - mp4)Produce 101 S2 Episode 7.mp4_005823217

(360P - mp4)Produce 101 S2 Episode 7.mp4_005827788

(360P - mp4)Produce 101 S2 Episode 7.mp4_005839033

(360P - mp4)Produce 101 S2 Episode 7.mp4_005843137

(360P - mp4)Produce 101 S2 Episode 7.mp4_005846574

(360P - mp4)Produce 101 S2 Episode 7.mp4_006265425

(360P - mp4)Produce 101 S2 Episode 7.mp4_006361922

(360P - mp4)Produce 101 S2 Episode 7.mp4_006525485

(360P - mp4)Produce 101 S2 Episode 7.mp4_006659986

(360P - mp4)Produce 101 S2 Episode 7.mp4_006664491

(360P - mp4)Produce 101 S2 Episode 7.mp4_006673433

(360P - mp4)Produce 101 S2 Episode 7.mp4_006694120

(360P - mp4)Produce 101 S2 Episode 7.mp4_006758985

(360P - mp4)Produce 101 S2 Episode 7.mp4_006765358

(360P - mp4)Produce 101 S2 Episode 7.mp4_006875001

(360P - mp4)Produce 101 S2 Episode 7.mp4_006965692

(360P - mp4)Produce 101 S2 Episode 7.mp4_006969028

(360P - mp4)Produce 101 S2 Episode 7.mp4_007150376

(360P - mp4)Produce 101 S2 Episode 7.mp4_007153746

(360P - mp4)Produce 101 S2 Episode 7.mp4_007378137

(360P - mp4)Produce 101 S2 Episode 8 - 1.mp4_000119752

(360P - mp4)Produce 101 S2 Episode 8 - 1.mp4_000121387

(Yoon Seon Ho) yang dua ini, haha

 

#Peace #Love #Happiness     

#Live #Love #Learn #Laugh 

#Share #Respect #Inspire

#StayGold #StayTrue #StayReal

Iklan
Komentar
  1. njett berkata:

    Nambahin kak, trainee yg diblur itu Ha Minho, yg bilang kalo “rapper dievaluasi vocalnya tapi vocalist ga dievaluasi rapnya”. Kalo Kim Taemin pas babak ini masih ada, satu tim sama Jonghyun.
    Oya, Lee Gunhee dari agensi RBW ☺

  2. Bestar berkata:

    I feel I related to Kim Yongguk a lot~

  3. maghfiraulfa berkata:

    Lagi nyari-nyari berita tentang produce 101 dan ketemu blog kakak. Sama kak, aku juga langsung suka sama yongguk setelah episode ini. Amaze banget sama suara yongguk yang bagus dan pas banget sama lagu ini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s