Catatan PRODUCE 101 S2 #10 (Yong Guk X Bahasa Mandarin & Bahasa Korea)

Posted: Juli 2, 2017 in About PRODUCE 101 S2
Tag:,

Source: [ENG] Kim Yongguk (김용국) & Kim Shihyun (김시현) Fruit Punch Challenge (화채 도전) V App 브이앱 (Credit: V Live, subbed: 채수연)

Sebelum lanjut ke postingan yang baru, gue pengen ngeralat sesuatu chingu. Jadi pernah di postingan yang ke #3 di CATATAN PRODUCE 101 S2 ini, gue nulis yang intinya  “Im YoungMin ngerasa hatinya ikut sakit ketika tahu JaeHwan yang udah latihan dance keras banget cuman masih aja belum bisa”. Nah itu ternyata yang ngomong bukan YoungMin tapi Kang Kang Daniel chingu. Waktu itu sepertinya gue cuman ngeliat transletannya dan kemaren pas gue nonton lagi ternyata transletannya yang salah (suaranya Kang Daniel ternyata, bukan Youngmin). Nah kemaren malem pas mau gue edit, sinyalnya lemot jadi ya gue putusin ngeralat di postingan ini aja (yang baru). Gue minta maaf ya chingu misal ada salah2 nulis/salah paham ketika gue ngereview PRODUCE 101 S2 kemaren, hehe. Dan buat chingudeul yang udah mau meralat apa yang salah dari tulisan gue lewat komentar, gue mengucapkan terimakasih banyak #deepbow.

Ok, itu sedikit ralatan postingan gue. Sekarang gue mau lanjut lain ke hal2 yang lain chingu. Kali ini gue akan lebih ngebahas tentang Kim Yong Guk. Ini beberapa hal yang gue tahu dari nonton salah satu acaranya:

  • Yong Guk adalah peserta PRODUCE 101 yang asalnya dari Cina chingu. Ada 4 peserta di program ini yang mereka termasuk Chinese. Selain Yong Guk, ada Justin dan Jung Jung (Yue Hua Ent) dan Lain Guan Lin (Cube). Lai Guan Lin dari Taiwan. Di Chun Ent. sendiri, selain Yong Guk ada 1 trainee lagi dari Korea namanya Kim SiHyun. Paska PRODUCE 101 S2 kereveal siapa saja peserta yang debut, ada semacam pembicaraan di kalangan netizen tentang mendebutkan beberapa diantara mereka di luar rule yang ada. Jadi pengen mendebutkan juga member2 yang ga bisa masuk 11 besar. Nah akhirnya muncul istilah “ken call tae kyun”. Itu semacacam akronim dari peserta2 chingu. Ken itu Takada Kenta. Call itu YongGuk. Di awal ketika peserta baru pertama kali masuk, mereka kayak ngasih introduction gitu dan YongGuk memperkenalkan dirinya dengan nyanyi “call me baby” EXO cuman diganti jadi “Call me YongGuk” gitu, makanya rame dikalangan netizen nama “call” untuk YongGuk. Lalu Tae itu Noh TaeHyun, sedangkan Kyun gue ga inget chingu siapa, main, hehe. Nah di salah satu V live SiHyun dan YongGuk, ada orang yang nanya ke mereka apakah mereka tahu tentang “ken call tae kyun” itu dan SiHyun bilang tahu chingu. Yang sweet banget di sini adalah YongGuk tiba2 ngomong “gimana kalo ditambahin “si” jadi “ken call tae kyun si”?”. Wah itu gue haru banget chingu ngedengernya, jinjja. Berarti dia ga pengen debut sendiri kan? Dia care sama SiHyun TT TT TT. Meskipun YongGuk anaknya ga banyak omong gitu cuman gue rasa dia tipe yang care chingu sama temennya. Meskipun style dia yang kalo ngomong pelan (malah kadang hampir kayak ga kedengeran suaranya), cuman care. Sang namja!!! Hehe
  • Karena YongGuk itu anaknya kayak pasif gitu (kalo ga dipancing ga ngomong, wkwk), makanya SiHyun yang seringnya memulai pembicaraan chingu. Lagipula SiHyun juga lebih muda dari YongGuk. Dia keliatan take care hyung-nya juga. Gue rasa mereka berdua ini kayak sweet couple chingu, maksudnya couple hyung-dongsaeng yang indah gitu ngeliatnya. SiHyun juga keliatan sabar anaknya, nge-lead hyungya yang memang pasif tadi. Tuhan memang adil ya chingu, orang yang pasif ketemu orang yang lebih aktif, jadi bisa saling melengkapi. Indah sekali ini, jinjja.
  • Pernah di satu V live mereka ceritanya bikin “hwachae” chingu. Itu sejenis minuman yang bahan dasarnya semangka lalu dikasih gula/sirup/buah lain/susu dsb. Yang amazing adalah semangka itu yang ngasih fans asal Cina lhoh chingu, daebak!. Selain itu, fans Cina juga ngasih susu ke mereka. Susu itu katanya favorit YongGuk sejak kecil ketika tinggal di Cina. Bahkan, mereka juga ngasih set daging sapi Korea premium (hanwoo) yang harganya malah chingu. Ada banyak banget hadiah dari fans yang ditaruh di tempat latihan mereka chingu. Kalian bisa liat barang2 yang ada di belakang mereka di gambar di bawah ini. Itu barang2 banyak yang dari fans. Ketika ditanya hadiah yangmana yang paling bikin mereka tersentuh, SiHyun bilang kalo ukuran hadiah ga masalah, yang lebih penting adalah usaha untuk membungkusnya dan usaha untuk menulis surat untuk mereka. Mereka banyak menerima surat yang panjang2 sekali dari fans dan sangat berterimakasih dengan itu chingu. Wah daebak~! Gue rasa fansnya YongGuk ini banyak sekali chingu, terutama yang dari Cina.
  • Ketika mereka ditanya sama fans kalo di dorm makannya apa, SiHyun bilang ibunya suka ngirimin lauk (bancheon) ke mereka dan kalo enggak mereka ya delivery aja. Meskipun mereka training bareng, cuman karena jam makannya beda (kebiasaan makannya jamnya beda) makanya mereka suka makan sendiri2 chingu.
  • SiHyun cerita kalo YongGuk itu suka banget konsep2 yang lucu chingu, kayak “gag concept” gitu, meskipun dia sendiri ga bisa ngelucu/nge-gag, haha. Jadi YongGuk ini suka banget sama grup2 KPOP yang suka bercanda, suka seru2an dan suka lucu2an antar membernya chingu *kayak BTS berarti, wkwkwkw*. Ada kan ya tipe kayak gini, dia sendiri ga bisa ngelawak tapi suka sama hal2 yang lucu, suka nonton yang lucu2. Gue rasa kalo grup, YongGuk itu harus segrup sama grup yang membernya selain take care dia kayak SiHyun ini juga yang bisa seru2an bareng chingu (grup dari tim “if its you” kemaren misalnya), jadi keceriaan YongGuk juga bisa keluar. Kalo di 101 ya yang ceria gitu, kayak SeonHo, Kenta, Jisung misalnya.
  • Mungkin kalian inget di salah satu episode PRODUCE 101 S2 ada pertandingan panco antar peserta. YongGuk sendiri di episode itu ditampilkan duel sama Bae JinYoung cuman ga ditayangin hasilnya yang menang siapa. Nah di V live ini, ada orang yang nanya tentang ini dan ternyata YongGuk saat itu kalah chingu, yang menang JinYoung, wkwk. Padahal gue kira kemaren itu menang lhoh dia ini, ternyata~. Meskipun kalo panco ga menang, tapi YongGuk keliatannya jago basket chingu. Pernah di acara PRODUCE 101 anak2 ini keshoot lagi main2 basket (masukin bola ke keranjang) dan YongGuk dari pinggir lapangan bisa masukin bola ke keranjang. Di gambar yang gue capture di bawah, dia yang kostumnya hitam.
  • Ada yang kepo ga reaksi YongGuk ketika ngeliat hantu? Ada salah satu episode di PRODUCE 101 S2 dimana member2nya dikerjai pake hantu yang tiba2 muncul dari cermin chingu. Nah ketika dia ditanya orang di V live ini reaksinya gimana, YongGuk bilang dia ga ikut prank itu. Cuman dia ga menjelaskan juga alesannya apa, intinya ga ikut aja.
  • Ketika ditanyai warna favoritnya apa, YongGuk bilang hijau chingu. Ini karena dia dengar warna hijau itu bagus untuk mata. Bener ya ini, hijau adalah warna yang bagus. Adem gitu kalo udah ngeliat pohon/pemandagan yang hijau2.
  • YongGuk ini hobinya ngerawat kucing chingu. Dia punya kucing jantan namanya Tolbee. Ketika ada yang nanya apakah YongGuk ini hyung-nya Tolbee, YongGuk ngejawab dia ini temennya Tolbee, haha. *sama YongGuk, gue juga suka kucing #kyaaaaaaaaa~~~. Kucing itu hewan yang paling gue suka sejak kecil chingu. Dari kecil suka main2 sama kucing. Menurut gue kucing itu hewan paling lucu dan cute chingu, jinjja, hehe. Apakah kalian juga suka kucing chingu ^^*
  • Gue ga tahu apa ini, cuman YongGuk asalnya dari clan/klan GimHae Kim chingu. Kalo tahu klan GimHae Kim itu apa kasih tahu gue chingu, hehe.
  • Ketika ditanyai fans apa lagu2 yang lagi sering dia denger, YoungGuk langsung ngasih tahu playlistnya saat itu chingu. Lagu2 yang dia sedang sering denger diantaranya adalah “downpour” dari I.OI, “spring day” BTS dan “signal” TWICE.
  • Apakah kalian salah satu yang ga percaya kalo YongGuk itu orang Cina, chingu? Kalo iya, berarti kalian sangat ga sendiri. Guepun shock juga tahu kalo dia orang Cina. Dari sisi wajah ya ga terlalu, apalagi dari sisi ngomong, ga ada logat Cina2nya. Ada chingu fans yang bahkan bilang di V live ini kalo “sekarang YongGuk seperti orang Cina” wkwk. Bahkan komentar SiHyunpun “dia (YongGuk) tidak terlihat seperti orang Cina”, haha. 100% RELATE!. YongGuk itu orang Cina yang ga kayak orang Cina. Kayak tengah2 gitu chingu feeling orang2 ketika ngeliat dia. Setengah Cina, setengah Korea.
  • Ketika ditanya ideal typenya, YongGuk bilang dia suka wanita yang suka makan “naju oxtail soup” chingu. Wah makanan apa ini? Semacam sop buntut-kah? Wkwk.
  • Ketika YongGuk ditanya lebih prefer bahasa Mandarin atau Korea, YongGuk bilang 50-50 chingu. Dia bilang ga punya bahasa ibu (no mother tounge). Gue ga tahu ini bener enggak,cuman pernah juga karena kepo gue searching dia ini aslinya orang mana sih. Nah ada orang yang bilang YonGuk itu tinggalnya di wilayah Cina yang berbatasan dengan Korea Utara dimana penduduknya itu kayak ada darah Koreanya. Makanya kayak tengah2 gitu chingu. Itu masih belum jelas juga gue. Nanti kalo nemu interview yang terpercaya gue share lagi ya~. Tapi anyway dari sisi bahasapun dia bisa keduanya kan ya. Selain bisa juga suka pake kedua2nya. Keren ya chingu orang yang bisa dua bahasa kayak YongGuk ini, bureobda~ hehe. Keren menurut gue bisa bhs Mandarin dan juga Korea. Sama2 punya charming point sendiri keduanya. Gue gara2 ngeliat Yong Guk ngomong pake bhs Mandari jadi agak terbersit pengen belajar bhs Mandarin juga, wkwkwk. Dulu pernah waktu SMA kelas 1 ada pelajar bhs Mandarin di SMA gue, nah cuman karena ga dilanjutin belajarnya makanya lupa, wkwk. Tapi semoga acara2nya YongGuk kalo memang pake bhs Mandarin ada transletannya ya, gue ga bisa bhs Mandarin soalnya, kalo bhs Korea masih konek, hehe.
  • Meskipun orang Cina, YongGuk bilang ga bisa banyak nyanyi lagu2 Cina chingu. Contoh lagu yang dia bisa judulnya adalah “Tong Hua”. Di V live si YongGuk juga sedikit nyanyi “Tong Hua” ini, bagus chingu. SiHyun sendiri ketika diminta nyanyi lalu nyanyiin lagunya Roy Kim yang “suddenly”. Selera kita sama SiHyun #tosssss hehe. Playlist-nya YongGuk tadi juga ga beda jauh dari gue chingu. Gue sukaaaaa banget sama “signal”nya TWICE. Mungkin itu lagunya TWICE paling gue suka. Sering gue ngedengerin lagu itu baru2 ini. Roy Kim juga, album barunya ini (dimana “suddenly” jadi title tracknya) ini juga sering gue dengerin. Kalo “spring day” BTS mah jangan ditanya, wkwk. Apakah kalian juga suka sama lagu2 itu? ^^
  • Terakhir, artist favorit Yong Guk adalah Crush chingu. Dia pernah juga cover lagunya Crush yang OST Goblin “beautiful”. Di video perkenalan PRODUCE 101pun dia nyanyiin lagu ini. Dia keknya sukaaaa banget sama lagu ini chingu. Kalo SiHyun, dia bilang suka semua buku yang dikarang sama penulis bernama Ko JongWook. Dia juga suka penulis bernama Guillaume Musso. Keknya SiHyun anaknya suka baca buku ya? Bagus~.

Ini dulu chingu hal2 yang bisa gue share tentang Kim YongGuk dan juga temennya Kim SiHyun. Lain waktu gue sambung lagi. Annyeong~~ ^^

(360P - mp4)Produce 101 S2 Episode 10 - 1.mp4_001241841

[ENG] Kim Yongguk (김용국) & Kim Shihyun (김시현) Fruit Punch Challenge (화채 도전) V App 브이앱.mp4_000873700

[ENG] Kim Yongguk (김용국) & Kim Shihyun (김시현) Fruit Punch Challenge (화채 도전) V App 브이앱.mp4_001048166

[ENG] Kim Yongguk (김용국) & Kim Shihyun (김시현) Fruit Punch Challenge (화채 도전) V App 브이앱.mp4_001139700

[ENG] Kim Yongguk (김용국) & Kim Shihyun (김시현) Fruit Punch Challenge (화채 도전) V App 브이앱.mp4_001273033

[ENG] Kim Yongguk (김용국) & Kim Shihyun (김시현) Fruit Punch Challenge (화채 도전) V App 브이앱.mp4_001429333

[ENG] Kim Yongguk (김용국) & Kim Shihyun (김시현) Fruit Punch Challenge (화채 도전) V App 브이앱.mp4_001969366

#Peace #Love #Happiness     

#Live #Love #Learn #Laugh 

#Share #Respect #Inspire

#StayGold #StayTrue #StayReal

Komentar
  1. megumi berkata:

    Kak ralat nih, Tae di KenCallTaeGyun itu Kim Taedong (The Vibe Label), Gyun itu Kim Sanggyun (Hunus Ent.)
    Terus Yongguk itu Chinese, tapi banyak yang bilang detailnya 75% Chinese 25% Korean, soalnya ayahnya half Chinese-Korean dan ibunya full Chinese

  2. 17Carat berkata:

    Kak, Guanlin taiwanese bukan Chinese. Jangan salah nanti kena semprot netizen. Hehe..

Tinggalkan Balasan

