Fakta-Fakta BTS Part 269 (PDogg, Guru Bagi BTS)

Posted: Juli 17, 2017 in About BTS
Tag:

BANG! TAN! BTS!

Source: [ ENG CC ] 161116 – BTS Bang PD wins the Best Producer award (Credit: AAA, subbed: Sung Rin 성린 ARMY), [Eng Es PT Sub] BTS Producer PDOGG interview on BTS Success & Behind Stories 방탄소년단 피독 프로듀서 인터뷰 (Credit: , subbed:  J-dope-L)

  • Seperti yang kita tahu ya chingu kalo Bang SiHyuk adalah producer sekaligus composer di BigHit ent. Selain yang punya (CEO), dia juga bertindak langsung juga untuk memproduseri lagu2 untuk anak2 BTS. Bang SiHyun PDnim ini udah sejak lama aktif dalam bidang industri music pop kayak gini chingu. Nama Bang SiHyun mendapatkan banyak perhatian publik setelah kesuksesannya dalam mendebutkan grup BTS yang sekarang jadi leader dari “new wave KPOP” chingu. Iya, sekarang bisa dibilang leader dari “new wave KPOP” atau “gelombang KPOP yang baru” adalah BTS. Kita semua tentu merasakan kalo sebelumnya KPOP sempet redup, dan BTS dengan karya2nya mampu membuat KPOP “bergairah” kembali. Bukan hanya fans Korea, fans2 KPOP di Jepang, Cina, Eropa, Amerika dan negara2 yang lain termasuk kita orang Indonesia semacam “bersemangat” lagi dengan KPOP. KPOP yang sempet redup di Jepang (menurut media) sekarang mulai terbangun lagi karena BTS. Kemenangan mereka di MAMA kemaren dan bahkan sampai masuk dan bahkan menang di BBMA adalah bukti juga kalo BTS memang layak disebut sebagai “new wave KPOP” sekarang chingu.
  • Di salah satu award (Asia Artist Award), Bang SiHyuk menerima award tentang perannya sebagai producer chingu. Di speechnya, Bang SiHyuk bilang bahwa dia ingin mengucapkan terimakasih pada beberapa orang chingu. Salah satunya adalah Yoon Myung Sun yang telah mendukung dia untuk membuat musik dan menjadi seorang producer. Selain itu beliau juga mengucapkan terimakasih kepada JYP (Park JinYoung) yang telah mengajarinya bagaimana caranya supaya bisa menjadi producer. JYP mengajari Bang SiHyuk dari A sampai Z tentang menjadi producer chingu. Selain itu beliau juga mention nama producer Pdogg yang bersamanya dan membantunya dalam membuat musik *berarti JYP kayak guru yang bagi Bang SiHyuk PDnim, yeokshi JYP. Gue rasa JYP ini memang tipe orang yang senang berbagi chingu. Gue liat dari kalo dia jadi juri di ajang2 pencarian bakat/variety show gitu. Banyak ilmunya tentang musik, bagaimana membuat musik, lagu yang bagus, dance, bahkan sampe pembangunan karakter. Gue inget banget tuh di SIXTEEN dia pernah bilang bahwa sebelum orang mau menjadi artis, orang itu harusnya menjadi orang baik dulu. Attitude itu paling penting. Jangan sombong, harus selalu berterimakasih pada orang2 yang telah membantunya untuk maju. Baik itu staf, cordi nuna, sopir dsb. Bukan yang saban hari mengucapkan terimakasih ke mereka dsb, tapi selalu membawa rasa berterimakasih itu di dalam hati sehingga attitude yang keluar adalah attitude yang baik dan tidak sombong. JYP juga bilang bahwa setiap hari latihan nyanyi, dance, ngerap dsb itu hal yang membosankan dan susah. Namun orang yang bisa tahan terhadap itu semua adalah yang bakal menang/sukses chingu. Makanya harus konsisten latihan kalau memang benar2 mau sukses sebagai seorang artis, kerja keras lah intinya. JYP juga bilang jangan pernah berkata buruk (mengumpat, berkata kotor) sekalipun itu di sosmed/internet. Bukan untuk menjaga image, tapi supaya kita jadi orang baik. Intinya lebih dari apapun, menjadi orang baik adalah sebuah prioritas*
  • Ya, nama ini sangat ga bisa dipisahkan dari kesuksesan BTS ya chingu. Pdogg adalah salah satu pembuat lagu di BigHit yang karena lagu2 yang dibuatnya mampu membuat BTS kayak sekarang. RapMon dkk memang berpartisipasi dalam membuat lagu mereka sendiri, cuman mereka tetep dibantu juga sama Pdogg nim ini. Dalam sebuah artikel yang ditulis oleh Min Kyong Won dalam JoonGang daily Korea, disebutkan bahwa Producer Pdogg ini juga sangat berperan dalam kesuksesan BTS yang bahkan kemaren bisa memang di BBMA.
  • Pdogg sendiri punya studio (workroomnya) di NonHyun-dong, Seoul. Ada banyak sekali jenis2 keyboard yang berbeda di sana chingu. Ruangan yang bisa dibilang ga besar itu dipenuhi dengan banyak sekali keyboard dan instrument pembuat musik lainnya. Picnya bisa dilihat di bawah ya ^^.
  • Grup yang langkah mereka berbeda sejak awal dari yang lain chingu. Mereka tidak datang dari agensi besar (Big 3), mereka datang jadi agensi yang bisa dibilang kecil. Bahkan, lagu debut merekapun ga begitu sukses waktu itu. Selain itu, mereka juga milih jalan yang bisa dibilang berbeda juga dalam industri musik local Korea. Lalu, apa jalan yang mereka pilih itu? Jalan yang mereka pilih adalah perlahan2 terus bertumbuh dengan merekam cerita2 mereka sendiri ke dalam musik. Mereka menggunakan konsep album trilogy untuk merekam kisah2 mereka sendiri. Trilogy yang pertama adalah “school trilogy” dengan “2 Cool 4 Skool” yang bertemakan tentang mimpi, “O!RUL8,2?” yang bertema tentang happiness/kebahagiaan dan “School Luv Affair” yang bertema tentang romansa masa sekolah. Itu mereka lanjutkan ke trilogy selanjutnya seiring dengan usia mereka yang juga menjadi lebih dewasa dengan “youth trilogy”. Dimulai dengan HYYH Pt.1, 2 dan Young Forever yang pasti relate banget lagu2nya dengan kita2 ini yang juga range usianya sama dengan mereka. Ya, bisa dibilang BTS tumbuh sedikit demi sedikit untuk bisa survive dan terus berkarya dengan jalan mereka sendiri chingu. Mereka mengatakan apa yang ingin mereka katakan dan juga rasakan lewat lagu2 mereka. Mereka memilih jalan yang berbeda dari yang lain. Di awal, merekapun ga begitu berhasil. Lagu2 mereka tidak yang begitu booming di awal. Bahkan mereka baru dapet peringkat 1 di acara musik setelah beberapa album, waktu itu jaman2 “I NEED U” mereka baru dapet, dan sejak itu mereka makin dikenal. Mereka ga gagal, hanya saja jalan mereka juga ga langsung cemerlang sejak awal chingu. Mereka melewati step by step, terus bertumbuh meskipun sedikit2. Tapi fans adalah publik yang pintar kan chingu, mereka tahu apa yang bagus, apa yang sesungguhnya keren. Konsep dan lagu2 BTS yang relate (mewakili apa yang dirasakan fans) membuat ada semacam ikatan antara yang bikin karya dan yang menikmati karya itu). Banyak orang ngerasa karya2 BTS di school dan youth trilogy itu kena di hati mereka dan akhirnya jadi fans. Dan, fans2pun semakin banyak setelah mereka mulai tahu BTS itu apa. Gue rasa banyak kok orang yang ga ngefans BTS dari awal debut, tapi jadi suka setelah lebih banyak tahu karya2 mereka dan baca makna2 lagu mereka, dan juga nonton acara2 mereka yang lain. Guepun suka BTS juga baru tahun 2015 awal chingu, ketika itu gara2 RapMon ikut acara namanya Problematic Men, dan kemudian jadi A.R.M.Y sampai sekarang. Gue suka chingu cara mereka dalam bermusik pada intinya. Karya yang ga sekedar keren tapi juga gue bisa relate sekaligus banyak belajar dari mereka. Karya yang (meski ga semuanya) banyak mengajari hal2 baik menurut gue dan menyemangati gue juga, yang sekarang juga lagi ada di masa2 youth kayak mereka. Mungkin kalianpun merasakan hal yang sama ya.
  • Tidak seperti agensi lain dimana akun social media dimanage oleh perusahaan, BTS berkomunikasi secara langsung dengan fans sejak awal (twitter, video log, soundcloud). Karena ikatan kuat yang dijalin BTS dengan fans2nya, bahkan sampai menjadikan mereka bergelar “TOP SOCIAL ARTIST” di BBMA 2017 kemaren. Itu adalah award yang diberikan A.R.M.Y kepada BTS. Ikatan antara idol dan fans yang akhirnya menjadikan BTS menjadi artis pertama Korea yang menang di BBMA. BTS di awal2 adalah underdogs chingu. Mereka ga dapet banyak acara2 variety show ketika itu, makanya lebih berkomunikasi dengan fans lewat youtube (bikin bangtan bomb dan log2). Iya, mereka mungkin ga punya link2 yang hebat ketika itu yang bisa menjadikan mereka makin kepublish. Tapi berkat social media (youtube, twitter, blog, facebook, blog, fan café, soundcloud dsb) mereka bisa lebih mengenalkan diri mereka secara lebih luas dan juga lebih real ke fans. Fanspun menjadi semakin ngerasa dekat dengan idolanya. Gue rasa BTS ga akan ada chingu tanpa A.R.M.Y all over the world yang keren2 banget. Meskipun ga punya dekengan kuat dsb, tapi fans (A.R.M.Y) adalah pasukan yang mensupport BTS untuk bisa jadi kayak sekarang. A.R.M.Y itu fandom paling keren menurut gue chingu. Sinerginya kuat sekali antara fans dan idolnya.
  • Ya, BTS membuat lagu2 yang bisa dibilang beda dengan grup lain. BTS bicara banyak hal selain cinta, seperti persahabatan, realita social, lagu2 penyemangat dsb. Jalan mereka berbeda dengan yang lain, tapi pada akhirnya dengan jalan itu membuat mereka malah menjadi leader KPOP kayak sekarang. Pelajaran sih ini buat gue pribadi chingu. Bahwa tidak masalah jika jalan kita berbeda dari yang lain, karena bukan berarti jalan kita itu salah. Siapa tahu malah jalan itu adalah jalan yang benar dan bisa mengantarkan kita mencapai kesuksesan. Kuncinya ya jadi diri sendiri. Yang gue tangkep dari BTS adalah ga perlu membuat lagu yang mereka sendiri ga merasakannya, tapi membuat lagu yang relate dengan apa yang mereka rasakan, sehingga bisa terasakan juga di hati orang lain. Lagu2 yang juga tidak hanya enak didengar, namun juga ada makna2 besar (value) yang ada di dalamnya dan orang bisa mengambil pelajaran serta semangat/energi juga darinya.
  • Kembali ke Pdogg lagi. Pdogg bernama asli Kang HyoWon chingu. Usianya saat ini 34 tahun. Beliau ini ditemukan oleh Bang SiHyun melalui internet café. Pada tahun 2007, Pdogg datang ke Seoul dari sebelumnya rumahnya di daerah Gimhae (Gyeongsangnam-do) dan mulai bekerja dengan artis2 BigHit seperti 8eight, Lim JungHee dan 2AM. Kemudian sejarah dimulai ketika Rap Monster dibawah oleh Sleepy untuk dikenalkan ke Pdogg. Sleepy ini jasanya besar juga chingu dalam sejarah BTS. Coba dulu RapMon ga dikenalin ke Pdogg sama dia, ga mungkin kan bisa jadi kayak sekarang. Dari sebelumnya cuman RapMon, Pdogg akhirnya bisa ketemu member2 BTS lain melalui audisi, yakni Suga dan J-Hope.
  • Pdogg pernah mengatakan bahwa ketika pertama kali bertemu dengan anak2 BTS, dia ngerasa mereka udah punya hampir semua identitas musik chingu. Udah keliatan lah ya DNA musik mereka. Orang2 yang memang passionnya dan bakatnya itu di sana. Meskipun Pdogg ketika kuliah dulu jurusannya pendidikan musik dan mengetahui teori2 yang komprehensif dalam musik, namun daripada mengajari anak2 BTS seperti halnya guru, dia lebih ingin belajar dengan cara saling share pemikiran chingu. Ya, anak2 BTS berguru membuat musik ya salah satunya dari Pdogg ini chingu. Pdogg melibatkan mereka dalam pembuatan lagu sejak awal BTS ada. Pdogg bekerja untuk hampir semua lagu2 BTS dari debut dari mulai “no more dream” sampai yang terbaru “blood, sweat and tears” dan “spring day” kemaren.
  • Ketika ditanya bagaimana proses belajar mengajar dilakukan? Pdogg bilang bahwa mereka hanya duduk bersama, menonton film dan mendengarkan musik. Mereka nonton film2 bertema hip hop misalnya untuk tahu bagaimana culture hip hop, seperti bagaimana proses pembuatan rap. Selain itu, anak2 BTS sama Pdogg nim ini juga diperdengarkan sample dasar dari musik dari film yang mereka tonton itu lalu memberikan mereka semacam tugas/PR terkait itu. Tugas yang diberikan Pdogg untuk anak2 BTS pada intinya adalah bagaimana menjadikan kisah2 mereka sendiri ditransformasikan dalam bentuk musik. Mereka banyak melakukan pertemuan untuk bagaimana supaya kisah2 anak2 BTS yang memang clear itu tercermin dalam bentuk musik. Clear/jelas kan ya kalo BTS itu, selalu ada tema/keyword tertentu di tiap albumnya. Misal “2 cool 4 skool” tentang dream, “O!RUL8,2” tentang happiness, HYYH tentang “youth” dsb. Intinya tugas anak2 BTS itu adalah bagaimana mentransformasikan kisah mereka ke dalam sebuah lagu/musik, seperti itu chingu.
  • Meskipun cara mereka ketika membuat musik itu bisa beda2, namun menurut Pdogg mereka biasanya membuat beat yang cocok dulu dengan tema yang mereka ingin sampaikan. Jadi awalnya ya mutusin tema liriknya dulu (cerita yang mau disampaikan kayak gimana) dan kemudian itu baru diterjemahkan/ditransformasikan ke dalam beat2 yang sesuai feel dari tema itu. Soalnya memang membuat lagu prosesnya beragam chingu. Ada yang musiknya dulu, ada yang melodinya dulu, ada yang liriknya dulu, macem2. Karena tema menjadi yang pertama dan kemudian dibikin beat yang sesuai, maka pada akhirnyapun beat/musik yang dibuatpun akan nyambung sekali sama tema lagunya. Antara musik dan lirik feelnya sama, bersinergi sekali. Gue rasa ketika udah sama kayak gitu, bikin koreografinyapun akan lebih enak dan kena chingu. Koreografi kan butuh musik. Nah pertanyaannya kan koreografi yang kayak gimana yang pas buat musik itu? Jawabannya gue rasa ya baca aja liriknya, selesai. Dengan kata lain, jika antara musik dan lirik itu feelnya udah sama, maka koreografi akan lebih mewakili. Contoh ya kayak “spring day” itu chingu. Denger aja musiknya kan, kesannya kan nyambung banget ya sama tema lagunya. Suasana peralihan musim dingin ke musim semi dimana salju mulai mencair dan suhu mulai menghangat itu menurut gue sesuai banget dengan sound/musik di lagu itu. Sound di lagu itu kayak bisa menggambarkan suasana yang gue deskripsikan tadi dengan tepat. Ga sampai situ, koreografinyapun dibuat berdasarkan lirik. Misalnya part lirik yang kata2nya salju turu. Anak2 BTS koreografinya juga gerakan tangan dan kaki yang seakan2 kayak salju yang turun dsb. Itu kena banget menurut gue chingu. Jadi antara feel musik (beat, sound, melodi), tema (yang tertransformasikan ke dalam lirik) dan dance itu bersinergi dengan baik sehingga keseluruhan hasilnyapun keren. Keren chingu Pdogg ini menurut gue, beliau bisa berfikir secara holistic, ga sepotong2. Gimana dia menciptakan musik yang feelnya itu sesuai dengan tema lirik yang ingin member2 BTS sampaikan. Itu genius thing banget menurut gue, jinjja.
  • Dalam membuat beat tadi, ga cuman Pdogg aja chingu, yang lain juga dilibatkan. Jadi misalnya jika beat yang mereka buat di awal itu dirasa jelek maka ga akan dilanjutin, mereka masing2 bikin lagi dan kemudian diperdengarkan kesemuanya untuk dapet tanggapan/saran. Seperti di postingan2 gue sebelumnya. Jadi beat itu kayak benihnya lagu. Beat kan berarti cuman ketukan2 yang sepotong2 itu. Nah nanti itu dikembangkan jadi track. Bisa dibilang track itu beat2 yang udah ditata. Track itu baru kerangkanya. Kayak orang ngegambar misalnya, track itu baru sketsnya. Kalo orang nulis, track itu baru poin2 di paragraf2nya yang nanti dikembangkan. Nah track yang sudah bagus itu lalu diberi melodi/nada dan baru kemudian lirik yang sesuai kayak gimana (sesuai dengan tema yang telah disepakati di awal tadi). Track itu bisa dibilang udah jadi produk chingu. Soalnya track itu kan tinggal diberi nada dan lirik, basic musiknya udah jelas. Biasanya agensi2 Korea yang beli lagu dari composer luar itu beli track, kemudian dimodif2 lagi di Korea (termasuk diberi lirik dalam bahasa Korea pastinya). Bahkan ada lagu yang pas dibeli udah full sampe ke lirik2nya jadi tinggal liriknya diganti aja, nadanya udah firm. Kayak lagunya EXO yang “history” dulu itu. Kan itu udah full lagu tapi pake bahasa sana, dimodif2 aja dan diganti liriknya pake bhs Korea. Musik itu luas chingu, apalagi yang sekarang2 ini. Ada banyak genre, ada banyak sound, ada banyak teknik pembuatan dsb. Gue sebenernya pengen lhoh sekolah jurusan musik kayak gini, wkwk. Cuman piranti/instrumen2nya chingu yang mahal. Makanya sekolah musik yang kayak gini itu mahal. Suga kan bilang pas di Amerika kemaren pengen belanja2 alat2 untuk studionya, karena di Korea lebih mahal. Ya kalian bayangin aja, di Korea aja mahal, bahkan nyari yang agak murah di Amerika, apalagi di sini? Wkwk. Kayaknya menyenangkan chingu, cuman ya butuh modal banget kalo memang pengen do music kayak mereka. Makanya gue rasa daripada susah2 beli instrument dsb yang belom tentu hasil karyanya bagus, mending beli aja ke composer2 luar yang udah lebih jago dalam hal2 kayak gini. Alat2 mereka lebih lengkap, pengetahuan dan pengalaman mereka juga lebih banyak. Kalo beli lebih untung, kenapa harus bikin? Kita bikin yang lain dong ya, yang part itu kita beli aja, hehe. Ala2 ilmu ekonomi gue jadinya, wkwk. Jangan salah lhoh, track itu diperjualbelikan lhoh, hehe. Lagu itu dijual, ada orang2 yang pekerjaannya memang jualan lagu2 kayak gitu.
  • Jadi anak2 BTS ini menurut Pdogg punya masing2 peran juga chingu dalam proses pembuatan lagu. Suga dan RapMon menurut Pdogg adalah all-around chingu, artinya mereka udah bisa semuanya. J-Hope sama JungKook juga bisa membuat beat dan member yang lain bisa membuat nada/menulis lirik. Kerjaan Pdogg ini jadinya lebih ke membuat track, mengedit dan juga mengkombinasikan lirik2 yang udah dibuat member2. Ya, Pdogg semacam menemani mereka chingu dalam membuat karya. Menjembatani dalam menerjemahkan beat/lirik/nada yang anak2 BTS buat ke dalam satu track dan track itu lebih jauh lagi dikembangkan menjadi satu kesatuan lagu yang utuh/lagu yang udah jadi. Tentang lirik sendiri, Pdogg cerita bahwa lebih dari 90% lirik di lagu2 BTS itu member2 BTS sendiri yang buat chingu.
  • Ketika ditanya tentang apa bedanya kerja sendiri dengan kerja bareng sama anak2 BTS, Pdogg bilang kalo ketika dia kerja sendiri maka dia dapat mengeluarkan emosinya secara penuh. Meskipun begitu, itu menjadikan ia mudah untuk terperangkap dalam satu kebiasaan saja chingu (jadi kurang beragam juga hasilnya). Nah cuman kalo kerja bareng anak2 BTS, Pdogg jadi bisa menemukan hal2 baru yang ga disangka sebelumnya. Mereka mengumpulkan hanya ide2 terbaik dari member2 sehingga hasil yang keluar adalah hasil yang terbaik. Iya ya, semakin banyak kepala semakin bisa beragam juga hasilnya dan itu malah bikin karya mereka makin berkembang dan beragam.
  • Untuk “spring day”, Pdogg bilang kalo melodi/nada dan liriknya ditulis oleh RapMon dalam 2 hari dan menurutnya itu sangat bagus chingu. Tentang lagu itu, awalnya Pdogg ngerasa kurang puas karena jadi telalu smooth. Namun ketika mereka menggabungkan part2 yang mereka dapet dari composer luar negeri, lagu itu menjadi lebih baik lagi. Jadi memang beat atau sound2 itu bisa jadi mereka beli dari composer luar chingu. Makanya misalnya ada kata “a yeah” yang khas itu bisa kita dengar di banyak lagu2 Korea. Si EXID punya, si SuJu punya, si BTS dsb. Bayangan gue itu kayak onderdil gitu chingu. Jadi kayak bisa dibeli terpisah, wkwk. Bisa beli materi2 untuk lagu dari composer luar entah beat-nya, entah tracknya, bahkan liriknya, atau melodinya. Materi2 atau part2 itu kemudian disatukan/diarrange sesuai keinginan pembelinya sehingga jadilah sebuah lagu yang diinginkan. Maka ada kan profesi arranger (arrange by…kalo di lagu itu). Ya dia itu tugasnya menggabungkan antara musik dan lirik. Kalo di Korea kan biasanya composernya ditulis sendiri (jakguk), lalu ada lyricist (jaksa) dan ada arrangernya (pyonguk). Dunia ga seluas daun kelor memang. Orang jualan itu ya ga hanya jualan onderdil motor, jualan makanan, tapi bagian2 di musikpun juga dijual, wkwk.
  • Ketika ditanya “sebagai seorang producer, menurutmu apa yang jadi rahasia BTS bisa sukses seperti sekarang?”. Beliau bilang elemen terbesar yang menyebabkan BTS bisa sukses adalah mereka berbicara tentang cerita mereka sendiri chingu. Bagi Pdogg, BTS tidak menulis hal yang tidak mereka ketahui. Contohnya adalah salah satu lirik di “NO MORE DREAM” yakni “tanyakan pada dirimu sendiri apakah kamu pernah bekerja keras untuk sesuatu?”. Lirik itu mungkin terdengar kekanak2an, namun itu adalah emosi yang memang dirasakan oleh orang di usia remaja. Semacam “apa pernah sih kamu benar2 bekerja keras untuk hal yang kamu inginkan di usiamu yang udah segini?”. Lagu lain, “move” misalnya. Pdogg tahu kalo itu benar2 lagu yang dibuat ketika mereka pindah dari dorm yang telah mereka tinggali selama 3 tahun ke dorm baru. Selain itu, menjadi sebuah keuntungan juga menurut Pdogg karena anak2 BTS ini terpengaruhi secara positif satu sama lain chingu. Liat aja JungKook yang jadi semangat belajar bhs asing karena kagum sama skill RapMon. Mereka saling menginfluence satu sama lain dalam hal yang positif chingu.
  • Khusus untuk Jin, Pdogg tahu bahwa dia itu sebenernya posisinya vocalist dan tidak menulis lagu. Namun diapun bisa menulis dan bisa menyelesaikan lagu solonya di tengah2 jadwal yang sangat padat. Pdogg bilang, secara normal, kamu akan menyerah ketika ditolak karyamu 20 kali. Namun Pdogg akhirnya tersentuh juga chingu dengan usaha Jin karena dia tidak menyerah sampai akhir dan akhirnya berhasil.
  • Ketika ditanya adakah momen krisis dalam pekerjaannya, Pdogg bilang bahwa semua momen adalah krisis. Setelah “school trilogy” selesai dan pindah ke series “youth”, beliau khawatir tentang bagaimana membawa kisah bertumbuhnya anak2 BTS itu ke dalam musik selanjutnya. Namun untungnya, “I NEED U” membuat mereka berada dalam momentum yang baik, fans2 menyambutnya dengan baik. Meskipun begitu, saat itu Pdogg merasa punya banyak pikiran dan tidak dapat menaati deadline juga chingu. Ketika masa “blood,sweat & tears”, banyak orang di sekitar Pdogg yang bersikap skeptis chingu. Saat itu moombahton trap adalah genre yang sedang ngehits sekali di dunia dan itu banyak dipakai di lagu2. Meskipun orang2 pada skeptis, tapi Pdogg merasa harus menggunakan elemen itu chingu, makanya tetap menggunakannya. Iapun bersyukur karena hasilnya ternyata bagus, publik menyukainya. Waktu itu memang lagi ngehits kan moombahton, banyak lagu2 ngehits yang pake elemen itu. Selain BTS “blood, sweat and tears”, grup Korea yang gue tahu pake elemen itu adalah BLACKPINK yang “whistle”.
  • Pdogg ini dulu ketika SMA jurusannya juga udah seni chingu, namun begitu tertarik ke hip hop. Pdogg suka hip hop karena tidak seperti music vocal yang kita memerlukan banyak pengetahuan tentang musik itu sendiri ketika mendengarnya (baru bisa bilang itu bagus kalo kita tau teori2nya), hip hop menarik karena semua orang bisa dengan mudah relate dengannya. Ga perlu teori2 tertentu tapi orang bisa relate karena memang kayak ngajak ngomong/cerita aja kan hip hop itu. Kalo menurut gue hip hop itu lebih ke media untuk spread the value, spread the idea. Media untuk nyebarin nilai2 dan juga ide/gagasan. Ajang untuk speak up juga tentang apa yang dirasakan. Karena itulah maka lebih mudah relate ke orang yang ngedengerin.
  • Ada hint chingu untuk karya BTS selanjutnya dari Pdogg. Kemungkinan comeback BTS lagunya akan lebih membuat rileks karena Pdogg sendiri mulai beralih menyukai musik yang dapat membuatnya rileks. Musik yang feelnya “vintage” dan mudah untuk didengarkan (easy listening). Beliau juga baru aja membeli instrument/alat musik vintage seperti Roland Juni 60 katanya. Pdogg sedang suka2nya sama feeling “analogue”, yang meskipun terdengar kasar namun sebetulnya hangat. Dari instrument yang dibeli aja udah vintage chingu, jadi ekspektasinya comeback BTS akan berfeel “vintage” sepertinya. Ya kita tunggu aja sama2 ya chingu, hehe.

Keren ya Pdogg ini. Guru yang kayak temen juga bagi BTS. Guru yang ga hanya ngajarin, tapi juga menemani sekaligus mengarahkan muridnya buat mencapai versi terbaik dari dirinya. Guru yang mau mendengarkan aspirasi murid2nya dan berkolaborasi untuk sama2 menghasilkan karya yang terbaik. Salut gue chingu sama Pdogg nim ini. Sosok guru yang gue rasa kita semua bisa belajar darinya. Guru itu apa sih? Bagi gue guru itu ya kayak Pdogg ini chingu. Orang yang ga sekedar transfer ilmu ke murid2nya tapi juga mendampingi sekaligus mengarahkan muridnya supaya jadi versi terbaik dari dirinya dengan karya. Bukan cuman berhenti di level ngasih ilmu terus selesai tapi juga mengenali potensi anak2 didiknya kemudian mengarahkannya agar potensi2 itu maksimal sehingga bisa menghasilkan something yang valuable/bernilai. Yeokshi ya, murid yang keren itu gurunyapun keren juga. JYP jadi gurunya Bang SiHyuk dan Bang SiHyuk + Pdogg jadi gurunya BTS. Gue rasa menemukan guru yang tepat itu sulit sekali chingu. Dan gue rasa beruntung sekali Bang SiHyuk bisa ketemu dengan JYP, begitu juga anak2 BTS yang bisa ketemu sama Pdogg dan Bang SiHyuk. Dibalik murid yang hebat, pasti ada sosok guru yang hebat ya chingu. Gue sekarangpun belum nemu guru yang tepat chingu, pengen sekali rasanya nemu guru yang tepat, jinjja. Doakan gue ya semoga bisa segera menemukan guru yang tepat. Itu salah satu keinginan terbesar gue sekarang chingu. Kalianpun sama, semoga kalian dapat guru yang baik dan tepat juga, yang bisa membimbing kalian untuk jadi versi terbaik bagi diri kalian! Fighting!!! ^^

[Eng Es PT Sub] BTS Producer PDOGG interview on BTS Success & Behind Stories 방탄소년단 피독 프로듀서 인터뷰.mp4_000004804

[Eng Es PT Sub] BTS Producer PDOGG interview on BTS Success & Behind Stories 방탄소년단 피독 프로듀서 인터뷰.mp4_000014080

[Eng Es PT Sub] BTS Producer PDOGG interview on BTS Success & Behind Stories 방탄소년단 피독 프로듀서 인터뷰.mp4_000067167

[Eng Es PT Sub] BTS Producer PDOGG interview on BTS Success & Behind Stories 방탄소년단 피독 프로듀서 인터뷰.mp4_000074841

[Eng Es PT Sub] BTS Producer PDOGG interview on BTS Success & Behind Stories 방탄소년단 피독 프로듀서 인터뷰.mp4_000079746

[Eng Es PT Sub] BTS Producer PDOGG interview on BTS Success & Behind Stories 방탄소년단 피독 프로듀서 인터뷰.mp4_000088555

[Eng Es PT Sub] BTS Producer PDOGG interview on BTS Success & Behind Stories 방탄소년단 피독 프로듀서 인터뷰.mp4_000133399

[Eng Es PT Sub] BTS Producer PDOGG interview on BTS Success & Behind Stories 방탄소년단 피독 프로듀서 인터뷰.mp4_000190757

Capture

d

f

[Eng Es PT Sub] BTS Producer PDOGG interview on BTS Success & Behind Stories 방탄소년단 피독 프로듀서 인터뷰.mp4_000142775

[Eng Es PT Sub] BTS Producer PDOGG interview on BTS Success & Behind Stories 방탄소년단 피독 프로듀서 인터뷰.mp4_000150884

[Eng Es PT Sub] BTS Producer PDOGG interview on BTS Success & Behind Stories 방탄소년단 피독 프로듀서 인터뷰.mp4_000154587

g

[Eng Es PT Sub] BTS Producer PDOGG interview on BTS Success & Behind Stories 방탄소년단 피독 프로듀서 인터뷰.mp4_000160827

[Eng Es PT Sub] BTS Producer PDOGG interview on BTS Success & Behind Stories 방탄소년단 피독 프로듀서 인터뷰.mp4_000166866

[Eng Es PT Sub] BTS Producer PDOGG interview on BTS Success & Behind Stories 방탄소년단 피독 프로듀서 인터뷰.mp4_000170036

[Eng Es PT Sub] BTS Producer PDOGG interview on BTS Success & Behind Stories 방탄소년단 피독 프로듀서 인터뷰.mp4_000176309

[Eng Es PT Sub] BTS Producer PDOGG interview on BTS Success & Behind Stories 방탄소년단 피독 프로듀서 인터뷰.mp4_000183316

[Eng Es PT Sub] BTS Producer PDOGG interview on BTS Success & Behind Stories 방탄소년단 피독 프로듀서 인터뷰.mp4_000236836

[Eng Es PT Sub] BTS Producer PDOGG interview on BTS Success & Behind Stories 방탄소년단 피독 프로듀서 인터뷰.mp4_000274407

[Eng Es PT Sub] BTS Producer PDOGG interview on BTS Success & Behind Stories 방탄소년단 피독 프로듀서 인터뷰.mp4_000300400

[Eng Es PT Sub] BTS Producer PDOGG interview on BTS Success & Behind Stories 방탄소년단 피독 프로듀서 인터뷰.mp4_000328094

#Peace #Love #Happiness     

#Live #Love #Learn #Laugh 

#Share #Respect #Inspire

#StayGold #StayTrue #StayReal

Iklan
Komentar
  1. dwidenie berkata:

    salam kenal, saya sebenarnya mau cerita nih.saya sebenarnya udah kenal bts, teman saya share video bts kan dan itu saya belum ngefans itu masih newbie lah di dunia kpopers. nah pas comeback fire sampai blood,sweat, and tears saya mulai suka dan sampai mereka sekarang ini. suka aja liat makna-makna lagu mereka benar kata kakak (boleh kah manggil itu soalnya saya line 02)
    oh ya kak btw kukira hanya lagu saja yang bisa dibeli
    ternyata sound/beat itu bisa juga ya kira-kira berapa?

  2. Srimull berkata:

    Wah… eonnie baru ngepost lagi tentang BTS …bwat Pdogg-nim KAEP JJANG
    lahhh.Bener kta eonnie nyari guru yany kaya Pdogg-nim itu susah.Aku jdi inget kata kata di BTS Festa “Sebuah rumah tanpa cahaya bukanlah apa-apa”
    Sama halnya kya murid tanpa guru, murid yg baik pasti krna didikan guru yg baik.
    Eonni Faighting….. bwat nexpost y di tunggu…..

  3. Iin berkata:

    Ahhh selalu ada pelajaran di setiap postingannya kak Linda… Aku pun gitu bukan army dari awal… Tpi jadi army setelah dengerin dan tau makna2 dri lagu2 bts… Salut sama teamworknya BigHit.. Dari CEOnya, artisnya, staff2nya,,, mereka itu JJANGGG…
    Merka udah kyak keluarga..

  4. putri berkata:

    kak linda,nmaq putri slam knal.
    maaf slma ini q udh sring ngkuti,tp jarang komen,
    mian lg krn baru bs komen skrg,baru brni jg soalny hehe..
    q sllu bnyk dpt pljaran dr tulisan kakak,khususny ttg bts,n krn itu jg knp q suka mrka si my lovely bts hehe,.pkokny trs nulis y kak..khususny ttg bts, kak ijin share d twitter y.. 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s