Fakta-Fakta BTS Part 274 (Serendipity X Semesta X Cinta)

Posted: September 19, 2017 in About BTS
Tag:

2! 3! BANG! TAN!

Source: MV BTS (방탄소년단) LOVE YOURSELF Her ‘Serendipity’ Comeback Trailer, http://global.liputan6.com/read/2111132/28-9-1928-antibiotik-penisilin-ditemukan, http://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/khazanah/12/03/07/m0hfkz-subhanallah-inilah-mukjizat-alquran-tentang-penciptaan-alam-semesta, https://www.goodreads.com/quotes/39903-saat-kamu-menginginkan-sesuatu-seluruh-alam-semesta-akan-bersatu-membantumu, https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3181823/, https://samofserendip.files.wordpress.com/2016/05/h-o-serendipitous-fleming-final-web.pdf, http://www.morehouse.edu/academics/psychology/pdf/mrosenmann/Serendipity-And-Scientific-Discovery.pdf, http://www.undergraduatelibrary.org/system/files/3242.pdf, https://www.thespruce.com/are-calico-cats-always-female-3384568, http://www.catfactsforkids.com/calico-cat/, https://id.wikipedia.org/wiki/Kucing_belang_tiga, http://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/khazanah/12/08/06/m8bik8-inilah-kisah-rasulullah-yang-sangat-sayang kepadakucing?fb_comment_id=10150988617891566_29791767, http://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-digest/17/04/06/onzfmp313-kucing-dan-peradaban-islamm, http://khazanah.republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-nusantara/17/09/13/ow7nry313-menyayangi-binatang, http://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/khazanah/12/05/29/m4ronx-subhanallah-inilah-rahasia-penciptaan-kucing

“And, when you want something, all the universe conspires in helping you to achieve it” – Paulo Coelho, The Alchemist

“Dan, saat kamu menginginkan sesuatu, seluruh alam semesta akan bersatu membantumu untuk meraihnya” – Paulo Coelho, The Alchemist

Bandingkan dengan:

“the universe has moved for us, there wasn’t even a little miss. Our happiness was meant to be” – Serendipity (BTS)

“Alam semesta telah bergerak untuk kita, tidak keliru sedikitpun. Kebahagiaan kita telah ditakdirkan” – Serendipity (BTS)

“Hampir sama ga sih?” Hehe. Itu chingu impresi/kesan gue ketika awal2 denger liriknya Jimin di “serendipity” part yang itu. “wah~ lagu ini ceritanya tentang ‘konspirasi alam semesta’ untuk cinta mereka ya”, itu pikir gue. Impresi awal juga langsung “comeback ini memang tentang cinta, tapi cinta yang ga diungkapkan secara biasa, lebih filosofis, dan lebih universal”. Indah chingu menurut gue karya ini. BTS memang jempolan lah kalo masalah ide dan diksi. Gue yakin award akan berdatangan buat comeback  mereka kali ini. Meskipun kemaren sore udah denger “DNA”, gue masih lebih seneng “serendipity” chingu, hehe. Tapi gatau juga, mungkin karena baru sekali dua kali aja ngedengerinnya. Bisa jadi besok2 makin seneng sama “DNA”. Gue ada rencana juga sih ngulas tentang “DNA”. Ada hal menarik yang terbersit di benak gue tentang hubungan “DNA” dng “semesta” soalnya.

Terkait quote yang gue tulis tadi nih, kalian pernah ga denger tentang “konspirasi alam semesta”? Ya, ini adalah quote yang sangat terkenal chingu. Meskipun gue belom baca bukunya, cuman udah sering denger quote itu. Peristiwa Proklamasi RI tahun 45, itu bagi gue kayak “konspirasi alam semesta” juga untuk kemerdekaan kita (rakyat Indonesia) kala itu. Semesta kayak bahu membahu supaya cita2 rakyat Indonesia saat itu menjadi nyata. Peristiwa kayak bom Hiroshima Nagasaki sehingga Jepang menyerah pada sekutu misalnya, itu kayak bentuk konspirasi alam semesta untuk kita. Coba waktu itu Jepang ga dibom, pasti ceritanya bakalan lain, belom tentu kita bisa merdeka di Agustus 1945 itu. Tentang kemerdekaan kita, jelas bahwa itu adalah rahmat dari Tuhan YME, kayak tertuang di UUD 45. Semua udah diberikan jalan oleh Tuhan. Ya, nyambung ke “konspirasi alam semesta” tadi, gue rasa “konspirasi alam semesta” adalah nama lain dari takdir aja sih chingu. Dengan bahasa yang lebih “sastra” kalo menurut gue. Pada intinya itu adalah jalan yang diberikan Tuhan sehingga situasi menjadi terkesan “dipersempit” dan “disesuaikan” sedemikian rupa sehingga tujuan tertentu bisa tercapai. Tujuan itu ga mungkin tercapai tanpa campur tangan Tuhan, karena kita ini milik Tuhan, Tuhan yang berkuasa terhadap kehidupan dan jalan kita kan ya. Nah kalo di “serendipity”, gue nangkepnya kalo udah jalannya, kalo udah takdirnya, dan kalo udah jodohnya, seakan2 semesta ini bersatu padu membantu kita untuk bisa ketemu dengan “si dia (her/his)” #eaaaa. Di lagu ini, mereka pada intinya bicara tentang takdir chingu kalo menurut gue, cuman dengan diksi/lirik, musik, melodi dan visual yang mengesankan/impresif sekali.

Ya, konspirasi yang semesta “lakukan” untuk kita menurut gue bisa diartikan sebagai bagian dari takdir atau ketetapan Tuhan untuk kita chingu. Semesta jadi kayak “bergerak” kalo di lirik “serendipity” tadi untuk mengerucutkan situasi sehingga kita bisa bertemu dengan orang/hal tertentu dalam hidup kita. Dan kayak Proklamasi RI tadi, hal yang kita dapatkan/temuipun adalah hal yang membahagiakan. “serendipity” sendiri memang artinya adalah kebetulan yang membahagiakan. Itu definisi umum yang kebanyakan orang tahu.

Mungkin kata “konspirasi alam semesta” ini masih berat ya bagi kita. Tapi sebenernya sederhana kok chingu, ga ribet. Bagaimana contohnya? Contoh simplenya gini. Ini contoh aja chingu. Gue sebelumnya niat pengen daftar kerja di satu tempat itu besok dan ngirim CVnyapun besok. Nah cuman entah gimana hari ini gue berubah pikiran dan CVnya gue kirim saat itu juga. Tanpa gue duga, beberapa waktu kemudian CV gue dibaca sama HRDnya dan besok langsung diminta dateng buat tes dan wawancara. Coba kalo gue tadi daftarnya besok, bisa lusa atau entah kapan akan dipanggil lagi. Karena ternyata, besok itu adalah waktu perekrutan besar2an di sana, entah kapan mau ada lagi. Nah, di sisi lain, ada orang lain yang daftar juga di situ sebelumnya. Dia sebelumnya udah dipanggil sebelum gue. Cuman karena keluarga dia ada yang meninggal, makanya dia baru bisa dateng di hari yang sama dengan gue. Akhirnya apa? Kita bisa ketemu di hari yang sama, tanda tangan kontrak di hari yang sama dan masuk kerja di hari yang sama juga. Nah, itu konspirasi apa bukan? Wkwk. Itu bentuk “konspirasi alam semesta” aka takdir juga chingu kalo menurut gue. Bisa bertemu dengan seseorang itu takdir kan ya? Pun sama ketika kita harus berpisah dengannya, itupun takdir. Simplenya berarti memang waktu kita bertemu dan bersama itu udah habis, dan kita kemudian harus pergi dengan menjalani takdir lain dalam hidup kita masing2. Jangan baper lho yah ngomong masalah takdir2 gini, wkwk. BTS mah kalo ngambil tema ataupun diksi (pilihan kata) memang cenderung bikin baper fans2nya, wkwk. Apa jangan2 hanya gue yang terlalu mendalami, jadinya baper, wkwk. Entahlah….

Ok chingu, sebelum kita kemana2, ada baiknya kita nyimak dulu sebenernya lirik “serendipity” itu kayak gimana sih. Kalo gue sih nangkepnya kok bisa dalemmm banget, wkwk.

Serendipity (Jimin of BTS)

Semua ini bukan kebetulan, aku dapat merasakannya

Seluruh dunia berbeda dari kemarin, dengan kebahagianmu

Ketika kamu memanggilku, aku sebagai bungamu

Sama seperti ketika kita menunggu, kita mekar sampai kita sakit

Mungkin ini adalah takdir dari semesta bahwa memang harus seperti itu

Kamu tahu, aku tahu, kamu adalah aku, aku adalah kamu

Hatiku berdebar (bahagia) namun juga khawatir

Takdir selalu saja cemburu kepada kita

Sama sepertimu, aku juga sangat takut

Ketika kamu melihatku, ketika kamu menyentuhku

Alam semesta telah bergerak untuk kita

Tidak keliru sedikitpun

Kebahagiaan kita telah ditakdirkan

Karena kamu mencintaiku, dan aku mencintaimu

Kamu adalah jamur biru (penicillium)ku, yang menyelamatkanku

Malaikatku, duniaku

Aku adalah kucing calico (kucing belang 3)mu, yang datang untuk melihatmu

Cintai aku sekarang, sentuh aku sekarang

Biarkan aku mencintaimu….biarkan aku mencintaimu

Sejak penciptaan semesta, semua sudah ditakdirkan

Biarkan aku mencintaimu…biarkan aku mencintaimu

Nah, apa interpretasi kalian terhadap lirik itu? Boleh lhoh share pemikiran bareng gue di kolom komentar, hehe. Lalu, bagaimana interpretasi gue sendiri terhadap lirik ini? Beberapa hari lalu gue sempet nulis interpretasi gue untuk lirik itu di IG gue (@leendashinhyunjae) chingu, gue copas aja yah~

“Apapun, tidak ada yg kebetulan di semesta ini. Tidak perlu membaca buku filsafat, cukup rasakan dengan hatimu. Banyak hal yg tdk perlu diungkapkan dng panjang lebar, cukup dengan “aku merasakan itu”. Termasuk cinta. Pertemuan adalah sebuah takdir, perpisahanpun adalah takdir, semua sudah tertulis, sama dng takdir adanya semesta ini. Seperti bumi yg awalnya dingin dan merapat namun akhirnya menghangat dan merekah membentuk benua, cintapun sama, bungapun sama. Cinta membuat semuanya berbeda, menjadikanmu lebih bahagia. Bunga yg mekar juga memberi makna, bahwa rasa sakit akan berbayar indah setelah waktunya tiba. Kamu berdarah, akupun berdarah, sebelum kita bertemu. Menunggu itu menyakitkan, namun tampaknya itu keinginan semesta utk kita. Hingga suatu saat kamu adalah aku, dan aku adalah kamu. Cinta membuatmu bahagia hingga hatimu akan bergetar hebat, namun jg membuatmu khawatir di sisi yg lain. Karena, si takdir kadang membuatnya sulit utk kita. Mungkin, takdir hanya ” iri” pada konspirasi semesta utk kita ini, haha. Terlalu indah, hingga dia iri. Ya, semesta bergerak utk kita, tak terlewat sedikitpun, bagai sebuah konspirasi tingkat dewa. Dan jika kita sudah menyatu, maka kita akan tahu bahwa inilah takdir kita. Bahwa kebahagiaan kita adalah sebuah ketetapan. Karena kamu adalah “semesta” ku, kamu sangat berarti untukku, maka mari kita saling mencintai”

#JanganBaper, wkwk. Gue tuh ga niat bikin kalian yang baca jadi baper chingu, cuman ya itulah interpretasi gue, jadi mau gimana lagi, wkwk. Kalianpun bisa menginterpretasikan lirik ini dengan pikiran kalian sendiri. Bisa jadi hasilnya beda dengan gue dan sama sekali ga baper, hehe.

Ya, pada intinya gue nangkep tiga hal chingu di lagu itu, yang kemudian gue beri judul “semesta, cinta dan bunga” awalnya. Itu gue tulis di IG gue. Kenapa semesta? Karena menurut gue lirik Jimin itu bicara masalah takdir (konspirasi alam semesta tadi). Kok bisa Lin? Soalnya ada lirik “alam semesta bergerak untuk kita, tak sedikitpun keliru, kebahagiaan kita telah ditakdirkan”. Visualnya juga kayak bulan/apa yang bergerak kan, ada kayak bola kuning raksasa bergerak juga. Itu gue rasa penggambaran tentang “konspirasi alam semesta” tadi. Dimana kalo udah jalannya, udah jodohnya, alam semesta itu kayak memudahkan kita untuk bertemu dengan “si dia (his/her)” tadi gitu. Berhubung BTS itu boys maka jadinya “si dia” ya “her”. Iya ga? Hehe. Ya, alam semesta bekerja tanpa ada keliru sedikitpun untuk kita ibaratnya. Entah waktunya, entah tempatnya, entah suasananya, semua kayak udah diusahakan sedemikian rupa supaya “pas”. Sehari meleset aja kan ga jadi ketemu, kayak ilustrasi contoh gue tadi. Jadi bahkan ga ada sedikitpun kekeliruan “there wasn’t even a little miss”.

Gue tuh heran chingu, bisa2nya ya RapMon itu kepikiran bikin lirik kayak gini. Menurut gue ini ga bakalan mungkin kalo dia ga suka baca. Whatever lah apa yang dia baca. Diksinya bisa keren banget. Cinta yang dia ungkapkan di lirik itu bukan cinta2 biasa, tapi beyond banget lah, sampe ke alam semesta segala.  Bener ya kalo BTS itu bisa jadi akronim buat “Beyond The Scene” karena memang karya2 mereka itu “lebih” dari keliatannya. Selalu ada hal2 besar/value2 besar yang mereka ingin sampaikan. Sesuatu yang diluar kebiasaan orang, anti mainstream. #Love_Yourself “HER” ini gue rasa meskipun baru pembukaan aja udah keren banget chingu, apalagi nanti2 ya, beuh~!. “serendipity” menurut gue membuka album ini dengan sangat keren, sangat indah. Gue seneng sekali dengan konsep2 kayak di “serendipity” ini chingu. Title tracknya kan “DNA”, cuman gue jujur malah lebih seneng “Serendipity” ini chingu. Itu impresi awal gue setelah tahu gimana “serendipity” dan gimana “DNA”.

Lanjut lagi. Poin kedua selain semesta adalah “cinta”. Lagu ini lagu tentang apa? Cinta. Itu udah ga bisa dibantah. Cuman, cinta yang seperti apa sih yang dibuat BTS? cinta yang biasa2 aja, atau dengan penyampaian yang lebih “artistik” dan lebih “dalem”?. Secara sederhana, gue rasa lagu ini memang menceritakan “her/si dia” yang adalah takdirnya Jimin (ceritanya). Tapi, apakah sesimple itu? Enggak dong~~ BTS ini please, wkwk. Di liriknya diungkapkan tentang mereka sebelumnya sakit2an dulu juga, kayak bunga yang mau mekar. Di MVnya pake bunga kaktus, yang Jimin berdarah kena durinya. Bunga kan kayak gitu, ketika dia ingin mekar, berapa banyak otot yang harus dia pacu supaya bisa mekar? Pasti sakit itu kalo manusia. Tapi, setelah mekar keindahannya akan terpancar. Kayak manusia juga, sebelum dia berhasil, berapa banyak ototnya yang harus menahan sakit, berapa banyak waktu dimana mata dia lelah karena harus belajar, harus menulis, harus membaca, berapa kali dia pusing kepalanya, berapa kali badannya pegal dsb. Tapi, setelah proses itu bisa dilalui, semua jadi indah kan? Apa yang diinginkan tercapai (mekar).

Kenapa orang graduation/kelulusan itu identik dengan bahagia? Karena ibarat bunga, dia udah mekar chingu. Setelah beberapa tahun menahan sakit karena belajar, ada yang skripsi juga kalo kuliah (malah ada yang ga kelar2), dan akhirnya bisa lulus, betapa senangnya kan ya. Menunggu itu sakit kan? Menunggu supaya mekar itu pake waktu, kadang pake halangan juga di sana sini. Kalo perkara kelulusan itu ya bisa jadi ada waktu dimana kita telat bayar uang sekolah/kuliah, dapet nilai jelek sehingga harus ngulang, ada masalah sama teman, ga enak sama guru/dosen, banyak lah, seakan2 “takdir” itu juga kayak mempermainkan kita. Kalo di liriknya Jimin “seakan2 takdir juga ‘cemburu’ sama mereka”. Cemburu ngeliat kisah mereka yang so sweet banget #eaaaa. Nah cuman setelah mereka menyatu, yakni “kamu adalah aku, dan aku adalah kamu”, tinggal bahagianya yang terasakan.

Itulah kenapa unsur “bunga” menurut gue penting chingu di sini. Filosofinya ya cinta itu tetep berliku jalannya. Indah, membahagiakan, tapi bukan berarti lurus2 aja kayak jalan tol. Iya tertakdir, iya jalannya udah ditetapkan, tapi bukan berarti ga ada ujian juga. Tetep semua ada storinya, ga lempeng2 aja pastinya. Bunga kaktus itu indah, cuman tetep aja dia berduri. Bisa membuat kita berdarah2. Ibarat orang ya perjuangan banget. Kalo gue baca di web flowermeaning.com, bunga kaktus itu salah satu artinya adalah “enduring all things, no matter how painful or difficult” chingu, atau semacam “bisa menahan semuanya, sesakit apapun, sesulit apapun” #dalemmm. Bunga kaktus juga beda2 maknanya tergantung dari warnanya. Di MV itu kan warna kuning, itu artinya lebih ke simbol kekuatan (strength) dan ketahahanan (endurance) chingu. Mungkin yang bikin MVnya juga aware tentang makna bunga kaktus itu sendiri, makanya pake warna kuning yang memang identik dengan sebuah perjuangan. Selain itu, ternyata kaktus itu juga punya “pesan”nya sendiri chingu. Bungapun dengan karakteristiknya masing2 membuat orang jadi ngerasa kalo dia itu bisa jadi simbol sesuatu atau mengandung pesan yang mungkin orang bisa relate dengan itu. Ada kan ya “bahasa bunga”.  Ada hal2 tertentu yang mungkin karena ga bisa ngomongnya bisa terwakili dengan memberi bunga tertentu. BTS kan juga pernah ada acara ngerangkai bunga dan ngomong tentang “bahasa bunga” juga di naver dulu, jaman2 “I NEED U”. Pernah gue review juga di sini. Gue dari kecil suka chingu sama yang begitu2an. Gue sejak masih sekolah suka collect informasi tentang makna2 bunga, wkwk. Gue rasa bunga itu indah sekaligus bisa begitu bermakna bagi manusia sesuai dengan bentuk, warna atau karakteristiknya masing2.

Nah kalo kaktus, maknanya apa yah? Ini dia:

“don’t let the world bring you down. Everything you need is inside you. And you too can produce beautiful things in the middle of an empty desert” – Cactus’s message

Atau

“jangan biarkan dunia menjatuhkanmu. Semua yang kamu butuhkan ada di dalam dirimu. Dan kamu juga dapat menciptakan hal2 yang indah di tengah gurun yang kosong” – Pesan dari Bunga Kaktus

Indah sekaligus bermakna kan ya ini? Gue rasa ini juga sesuai banget dengan tema #Love_Yourself yang ingin supaya kita lebih mencintai diri kita sendiri chingu. Memaksimalkan potensi yang ada dalam diri kita sendiri untuk bisa survive. Ibaratkan aja kita ini kaktus. Meskipun di tengah gurun yang kosong, ga ada air, panas, gerah, pasir2 beterbangan, ibaratnya di tengah keterbatasan, di tengah masalah, di tengah penderitaan, tapi kita tetap bisa berbunga dengan indahnya. Kita bisa survive karena kita kuat, kita tahan banting, kayak makna kaktus kuning tadi.

“Cukup percaya pada dirimu sendiri, karena yang kamu butuhkan itu ada di dirimu sendiri”. Contohnya apa? Semangat. Orang sedunia bisa ngasih kalian semangat, guepun bisa, tapi entah pada akhirnya kalian semangat/tidak, itu keputusan kalian sendiri. Jika kalian sejenak merenung tentang “apa hal yang membuat saya semangat”, pasti akan ketemu kok. Pikirkan hal2 kayak “gue harus bisa membahagiakan orangtua gue, temen2 gue, orang sekitar gue makanya gue harus rajin belajar supaya kelak jadi orang yang bermanfaat”, itu contohnya. Semangat itu lahir dari diri kalian sendiri, orang lain tuh hanya bisa ngoceh aja (kayak gue), keputusan terakhir itu tetep di diri kalian. Karena tiap dari kalian itu unik, limited edition (kata RapMon), makanya buku best sellerpun banyak yang bullshit aja. Mereka kadang sok tahu kan seakan2 formula orang sukses/bahagia/semangat itu sama, padahal beda. Gue dan kalian punya semangat yang beda, punya tujuan hidup yang beda, makanya daripada terlalu banyak nyari insight (cakrawala pandangan) dari orang lain, lebih baik sering2 ngobrol dengan diri sendiri tadi. Karena jawabannya pasti ketemu. Kita hidup itu pasti punya semangat/motivasi yang beda2 karena masalah hidup kalian itupun juga beda2. Gue nulis di sini itu juga bukan untuk menyeragamkan kalian chingu, tapi lebih ke “mengedukasi” kalian buat memahami pentingnya #Love_Yourself. Ini karena gue aware bahwa setiap orang itu special, unik, sehingga harus ditreat sesuai dengan kespesialannya dia. BTSpun gue rasa tujuannya sama. Tidak ada cerita mereka ingin menyeragamkan kalian, karena tiap dari kalian itu unik. Mereka hanya ingin memberitahu kalian bahwa #Love_Yourself ini penting sekali bagi kalian. Sehingga ayo lebih mengenali diri sendiri. Lebih cinta pada diri sendiri dengan terus menggali potensi, memaksimalkan dan kemudian bisa menjadi versi terbaik dari diri kita sendiri.

Mungkin ini ya hikmahnya mereka pakainya bunga kaktus, bukan mawar dsb, wkwk. Coba kalo mawar, meskipun sama2 berduri bisa jadi ga kayak gini relation-nya. Ga akan sedalam ini juga. Gue suka bunga chingu, makanya kalo ada karya2 tentang bunga itu gue suka menginterpretasikannya dengan flower meaning gitu2, hehe. Bunga itu jjang! Hehe. RapMon keknya juga suka bunga yah. Gue beberapa hari ini liat timeline di IG ada yang updet RapMon foto bunga2 gitu. Maklum chingu, jarang updet, makanya tahu kek gitu2 juga dari IG orang aja, wkwk.

Bunganya udah. Sekarang kita lanjut lagi tentang semesta chingu. Semesta ini menurut gue adalah bahasan yang cukup berat, namun penting sekali.

Ngomong2 tentang semesta nih, mungkin ada ya orang yang ga ingin mengkaitkan ini dengan Tuhan/agama. Apalagi di blog ini, gue kan sering mengkaitkan dengan ayat2 Quran/apa yang gue yakini sebagai muslim. Cuman menurut gue malah salah chingu kalo kita ga ngaitin semesta dengan Tuhan, karena itu sangat dekat, sangat nyambung, sangat relevan. Kalo kita ga ngaitin, bisa jadi lhoh takdir itu dinilai cuman sebagai “konspirasi alam semesta” aja, ga jelas siapa yang bikin, malah bisa jadi yang bikin ya “semesta” atau “apapun” yang lain, bukan dari Tuhan. Mungkin ada orang yang ga percaya sama Tuhan dsb yang menganggap bahwa bumi dan semesta itu ada dengan sendirinya (kayak di teori materialisme). Takdirpun jadi bukan urusan Tuhan  alias “ga tahu lah siapa/apa, pokoknya takdir itu bukan dari Tuhan”. JANGAN SAMPEK ya kita kayak gitu, that’s big no no, andwayo. Soalnya memang itu udah teori chingu, Teori dalam ilmu pengetahuan juga mengiyakan. Jadi bukan semata2 kita harus percaya itu karena Tuhan memang menyuruh kita buat percaya (dari apa yang Dia sampaikan di kitab2nya), tapi memang karena ilmu pengetahuanpun telah membuktikan eksistensi Tuhan dalam penciptaan alam semesta ini.  Sebenernya kan “masalah” kayak gini bakalan selesai kalo udah ada iman di dalam diri kita. Mau ada buktinya apa enggak, kalo ada dalam Quran itu ya berarti bener, udah gitu aja. Cuman kan kadang manusia apa2 itu kurang percaya bawaannya kalo ga ada bukti, makanya dikuatkanlah dengan ilmu pengetahuan.

Kalo ngomong tentang ini, orang pertama yang gue inget kata2nya adalah Francis Bacon (1561-1626). Dia itu bilang “sedikit pengetahuan akan membuatmu atheis, namun pengetahuan yang mendalam aka membuatmu menjadi beriman pada Tuhan”. Ini simple tapi dalem banget menurut gue chingu. Karena semakin orang itu pinter, semakin dia paham sains, semakin dia meneliti semesta ini dengan sungguh2, dia pasti akan tiba pada kesimpulan bahwa Tuhan itu ada.

Selain itu, Bacon juga pernah bilang “setelah firman Tuhan, sains merupakan obat paling manjur untuk memerangi tahayul, dan pendukung kuat bagi keimanan”. Justru kalo orang udah mendeklarasikan dirinya anti tahayul, anti yang mistik2, anti yang ga berteori atau apa2 harus berlandaskan sains, orang itu justru harus belajar sains untuk sendiri. Dan semakin dia belajar, pasti dia akan sampai di titik percaya pada Tuhan. Karena firman Tuhan itu bisa dibuktikan dengan sains kok chingu. Intinya semakin orang pinter, dia itu harusnya semakin terbuka bahwa Tuhan itu ada.

Bukan hanya Bacon chingu, Einsteinpun pernah bilang “dalam diri setiap peneliti alam sejati, akan ada perasaan tunduk kepada Sang Pencipta. Setiap orang yang serius melibatkan dirinya dalam penyelidikan sains menjadi teryakinkan bahwa ada Zat yang tercermin dalam hukum-hukum alam semesta. Zat yang jauh lebih agung daripada manusia. Dengan demikian, penyelidikan sains mengarah pada perasaan religius seperi itu”. Sama aja kan ini, pada intinya jika orang itu benar2 pengen meneliti semesta dengan scientific, pasti dia akan ketemu pada Tuhan. Dia akan meyakini, dia akan percaya bahwa semesta ini ada, diciptakan dan diatur oleh Zat yang jauh lebih agung dari apapun, dan Dia adalah Tuhan, Maha Pencipta Alam Semesta.

Nah kalo ngomong tentang ayat, dalam Quran surat Al Imran ayat 90 juga menekankan tentang ini chingu, ayat itu berbunyi

“sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang, terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal” – Quran Surat Al Imran ayat 90

Artinya apa? orang yang berakal/mau mikir, pasti akan sampai chingu di titik dimana dia ga bisa ngebantah lagi kalo semua yang ada (langit, bumi, bergantinya siang malam dsb) itu adalah kekuasaan Tuhan.

Terus Lin, apa sih buktinya kalo semesta itu diciptakan Tuhan? Bukan ada dengan sendirinya? Jawaban gue sebagai muslim akan simple aja sebenernya, yakni cukup buka Al Quran, karena di situ banyak ayat yang bicara tentang penciptaan semesta. Gue percaya/iman pada itu, that’s all, selesai. Salah satu ayatnya adalah:

“Sesungguhnya Tuhan kamu ialah Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, lalu Dia bersemayam di atas ‘Arsy. Dia menutupkan malam kepada siang yang mengikutinya dengan cepat, dan (diciptakan-Nya pula) matahari, bulan dan bintang-bintang (masing-masing) tunduk kepada perintah-Nya. Ingatlah, menciptakan dan memerintah hanyalah hak Allah. Maha Suci Allah, Tuhan semesta alam” – Quran Surat Al A’raaf ayat 54

Ya, karena percaya pada Quran itu bentuk iman gue, maka tanpa gue harus penelitianpun gue akan langsung percaya. Quran itu Pasti benar, karena Quran itu “la roybafih” atau tak ada keragu2an di dalamnya. Yang lain2 mah ragu gapapa, tapi enggak untuk Quran. Cuman kan kita ini lagi “sok2an” ngomong science ya chingu, makanya perlu lah dikasih buktinya yang scientific. Biar makin yakin aja.

Kita semua tahu kan ya namanya BIG BANG. Bukan boyband lhoh ya, tapi teori ledakan besar (BIG BANG theory). Apa sih itu? Jadi teori BIG BANG mengatakan bahwa alam semesta termasuk bumi dan isinya itu terbentuk dari sebuah ledakan yang sangat besar. Dengan kata lain, teori ini menyatakan tentang adanya “awal” atau “permulaan” pada alam semesta. Nah kalo ada permulaan, berarti kan memang ada yang menciptakan? Kita ga bisa bilang itu ada dengan sendirinya. Semua pasti ada yang menciptakannya.

Ok, BIG BANG theory ini ditemukan oleh seorang ahli astronomi asal Amerika yang bernama Edwin Hubble pada tahun 1929. Terus pertanyaan selanjutnya adalah “apa buktinya kalo dulu itu terjadi ledakan hebat?”. Pada sekitar tahun 1948, seorang peneliti bernama George Gamov berpendapat bahwa harusnya ada nih sisa2 radiasi dari hasil BIG BANG itu. Cuman, ada ga sisa2nya? Alhamdulillah, jawabannya ditemukan tak lama kemudian chingu. Dua orang peneliti yang bernama Amo Penzias dan Robert Wilson menemukan bahwa sisa radiasi dari BIG BANG itu memang ada dan dia itu berupa “latar belakang kosmik” namanya. Radiasi ini tidak serupa dengan apapun yang berasal dari seluruh alam semesta, luar biasa seragamnya. Radiasi ini tidak dibatasi dan tersebar merata ke seluruh alam semesta/jagad raya. Radiasi ini merupakan gema dentuman yang besar. Nah berkat penemuan ini, mereka berdua akhirnya dihadiahi NOBEL.

Ga sampai sini, di tahun 1989, NASA (National Aeronautics and Space Administration) meluncurkan satelit yang dilengkapi dengan instrument sensitive  yang bernama Cosmic Background Emmision Explorer (COBE) ke luar angkasa untuk mendeteksi bener ga sih radiasai itu ada. Dan ternyata Alhamdulillah lagi, dalam hitungan menit aja COBE berhasil menemukan radisai itu. Jadi kesimpulannya, ini bukan “semata2” iman chingu. Ini memang sudah dibuktikan melalui ilmu pengetahuan. Jadi, menurut gue “ga banget” orang yang masih aja ngeyel kalo Tuhan ga ada dengan bukti penciptaan alam semesta ini. Lhah kalo ga ada, siapa yang bikin BIG BANG? Ga ada sesuatu itu tiba2, semua di semesta ini dibuat oleh kuasa Tuhan. Kalo Tuhan bilang “jadilah!” maka ya jadi. Kayak firman Allah dalam Quran surat Al-Anam ayat 73,

“Dan Dialah yang menciptakan langit dan bumi dengan benar. Dan benarlah perkataan-Nya di waktu Dia mengatakan: “Jadilah, lalu terjadilah”, dan di tangan-Nyalah segala kekuasaan di waktu sangkakala ditiup. Dia mengetahui yang ghaib dan yang nampak. Dan Dialah Yang Maha Bijaksana lagi Maha Mengetahui” – Quran surat Al-Anam ayat 73

Ga susah chingu bagi Tuhan untuk menciptakan semua itu, mudah bagiNya menciptakan manusia, bumi dan semestanya yang keliatannya begitu kompleks ini.

”Dan apakah orang-orang yang kafir tidak mengetahui bahwasanya langit dan bumi itu keduanya dahulu adalah suatu yang padu, kemudian Kami pisahkan antara keduanya. Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman?” -Quran Surat AL Anbiyaa ayat 30

Soalnya aliran materialisme yang gue bilang tadi meyakini bahwa alam semesta ini ada tanpa direncanakan, tanpa visi tertentu. Enggak chingu, semua yang ada di alam semesta ini diciptakan Tuhan dengan maksud tertentu, supaya manusia bisa mengambil hikmah dan semakin beriman pada Sang Maha Pencipta aka Tuhan, Allah SWT.

Iya, iman itu percaya. Meskipun belom liat, kita udah harus percaya. Dalam Islam, iman itu ada 6. Mungkin kalian yang muslim juga udah hafal banget nih. Yang pertama adalah iman kepada Allah. Kita kan belom liat Allah itu kayak apa, tapi kita harus meyakini kalo Allah itu ada. Ga usah terlalu mengada2 dengan banyak nanya, cukup liat ciptaannya saja (alam semesta, bintang, bulan, bumi yang sangat rapi bergerak teratur pada orbitnya). Siapa yang bisa menciptakan dan mengatur semuanya kalo bukan Allah? Yang kedua adalah iman kepada malaikat. Malaikat itu ada. Salah satu contohnya malaikat yang tugasnya nulis catatan amal baik (raqib) dan buruk (atid) tiap manusia. Jadi kita berbuat baik itu ya ditulis, berbuat buruk tuh ya ditulis. Ada semua rekam jejak kita selama hidup di dunia ini. Nah nanti di hari pembalasan (judgement day) bakalan dinilai lebih banyak amal baik atau buruknya kita ini. Jangan pernah ngerasa apa yang kita lakukan di dunia ini ga terekam, semua bakalan ada rekamannya dan diperlihatkan nanti. Di google aja ada history-nya juga kan ya, masa ini enggak, hehe. Konsepnya sama, apa yang pernah kita lakukan ini terekam. Jadi ya namanya orang rekaman, masa yang buruk2 sih? Rekaman ya harusnya yang baik kan ya, setuju! Orang rekaman lagu hasilnya buruk aja harus diulang2, kalaupun dijual juga ga bakalan laku, apalagi rekaman untuk kehidupan dan masa depan kita setelah mati nanti, pokoknya harus maksimal kan ya. Yah semoga aja kita termasuk ke dalam golongan yang selamat chingu nanti. Rekaman baik kita lebih banyak dari yang buruk, amin. Bukan ceramah ini chingu, pengingat juga bagi gue. Gue juga masih banyak salahnya. Nah, malaikat jumlahnya banyak dan fungsinya beda2 chingu, kalo kepo yang googling aja, banyak kok artikelnya. Atau tanya guru agama masing2, pasti dijelasin panjang lebar ntar.

Yang ketiga iman kepada Rasul. Rasul adalah orang2 terpilih yang diutus untuk membantu meluruskan manusia ke jalan yang benar. Rasul itu banyak, dan dalam Islam Nabi dan Rasul terakhir adalah Nabi Muhammad. Beliau adalah sebaik2nya manusia, sehingga harusnya menjadi panutan no.1 dalam kehidupan umat muslim. Yang keempat adalah iman kepada kitab. Dari mulai Taurat, Zabur, Injil kemudian Al-Quran, semua mengarah pada keesaan Tuhan. Kitapun harus bertakwa pada Tuhan dengan menjalankan perintahNya dan menjauhi laranganNya. Apa sih perintahNya? Apa sih laranganNya? Semua udah ada di dalam Al Quran. Maka Al Quran itu petunjuk, kemana manusia harusnya berpedoman, apa yang manusia harusnya lakukan dan hindari. Yang kelima adalah iman kepada hari kiamat. Masa iya kita baru percaya kalo ada hari kiamat nanti aja pas udah kiamat beneran? Ga ada persiapan dong ya, zonk broooh #jangansampe. Meskipun kita belom mati, kita tetep harus percaya bahwa pada saatnya dunia ini akan hancur, kiamat akan datang, makanya perlu nyari bekal sebanyak2nya supaya bisa jadi orang yang selamat. Kayak surga dan neraka misalnya. Masa iya sih kita harus ke neraka dulu baru percaya? Enggak kan? Neraka dan surga telah dijelaskan dalam kitab (Quran) makanya banyak Quran itu isinya juga tentang peringatan, supaya kita ga tersentuh api neraka. Hal2 apa yang harus dijauhi supaya kita ga masuk neraka dan hal2 apa yang harus banyak kita lakukan supaya bisa masuk surga. Itu di situ udah lengkap, tinggal baca dan diamalkan. Dan yang terakhir adalah iman kepada takdir. Takdir atau ketetapan Tuhan itu ada chingu. Tuhan berkuasa atas takdir kita. Ya intinya ini tentang iman chingu. Bahwa ada hal2 di dunia ini yang meskipun kita ga tahu bukti ilmiahnya harusnya percaya asal itu tertuang di kitab (Quran). Mungkin belum kereveal ilmiahnya tuh karena kitanya/ilmu pengetahuan aja yang belom sampe, padahal mah memang aslinya begitu. Tapi lama2 apa yang dibahas di Quran juga terbukti kok melalui ilmu pengetahuan, termasuk tentang penciptaan alam semesta ini.

Ya, jauh sebelum tahun 1929 dimana BIG BANG theory ditemukan, di Al Quran udah mengatakan tentang penciptaan alam semesta. Contohnya di dalam surat Shaad ayat 27, Allah berfirman:

“dan Kami tidak menciptakan langit dan bumi, dan apa yang ada antara keduanya tanpa hikmah. Yang demikian itu adalah anggapan orang-orang kafir, maka celakalah orang-orang itu karena mereka akan masuk neraka.” – Quran Surat Shaad ayat 27

Hikmah, maksudnya gimana? Hikmahnya supaya manusia bisa mengambil pelajaran dari situ chingu. Siapa lagi jika bukan Allah yang mampu untuk menciptakan sebuah ledakan besar yang indah kayak gitu. Indah kan ya BIG BANG itu? Karena setelah ledakan besar itu, materi2 seperti planet, bintang, galaksi, dsb tersusun rapi di jagat raya ini, bergerak pada orbitnya masing2 dengan teratur. Ini tidak sama dengan ledakan bom yang hasilnya hancur berantakan kan ya?. Ledakan ini beda, ledakan yang indah dan hasilnya teratur, sehingga manusia bisa hidup dan mengambil hikmah (pelajaran dari situ).

Pada intinya jauh sebelum ilmu pengetahuan modern meneliti, Quran sudah menjelaskan tentang penciptaan alam semesta. Tugas kita buat mengimaninya. Ga ada alasan semesta ga ada sangkut pautnya dengan Tuhan. Kita wajib percaya dan justru dengan itu harusnya malah menambah keimanan kita terhadap Tuhan. Karena gue muslim ya gue menceritakan yang gue tahu aja chingu. Semoga ada manfaatnya. Kita bagi kaum muslim juga semoga lebih aware lagi lah tentang keimanan kita masing2. Orang boleh pinter, scientific, pikirannya “maju”, ga percaya tahayul, tapi tetep aja “sayang sekali” kalo ga percaya Tuhan. Yah siapapun itu, yang bisa kita lakukan kan cuman berdoa supaya kita semua diberi hidayah iman kan chingu? Ga bisa berbuat apa2, biar Tuhan yang memberi jalan hidayah. Maka iman itu disebut sebagai salah satu nikmat kan chingu? Karena mungkin banyak orang yang lebih pinter dari kita cuman ga dapet nikmat iman ini. Padahal nikmat iman ini luar biasa, bikin kita makin damai, makin tenang. Karena kita jadi lepas dari pemikiran “semua ada karena ‘ya begitulah’, ‘wis pokoke’ kalo bhs Jawanya”. Kan kita juga males banget ya kalo nanya ke orang terus dijawab “ya pokoknya gitu”, kayak ga ilmiah gitu, ga nalar. Padahal kan sebenernya semua hal itu punya jawaban. Dengan punya iman kan serba jelas jadinya, ga mengawang2 lagi, ga bingung2 lagi. Jadi ketemu sama tempat bergantung, yakni Tuhan. Wah jadi panjang ya, wkwk. Ok chingu, kita lanjut aja ke hal2 lain, semoga bahasan tentang “semesta” ini ada manfaatnya bagi kita semua. Gue juga kok, gue nulis ini bukan semata2 sok pinter apa gimana seakan2 gue udah lebih baik, enggak sama sekali. Ini juga ajang buat gue pribadi untuk belajar dan lebih aware lagi tentang keimanan sebagai seorang hamba Tuhan.

Udah tentang semesta, takdir, cinta dan bunga, sekarang kita ke satu hal yang paling penting dari lagu ini, yakni satu keyword #serendipity. Siapa yang udah tahu artinya? Yap! Secara sederhana, #serendipity ini artinya adalah kebahagiaan yang menyenangkan chingu.

Btw, serendipity itu asalnya dari bahasa mana sih? Inggriskah? Ya, itu memang ada di kamus bahasa Inggris, tapi aslinya tidak pure dari bahasa Inggris chingu. Justru, serendipity berasal dari bahasa Arab. Subhanallah kan? Bahasa Arab memang jjang!. Al Quran yang berima itu kan juga menginspirasi orang untuk bikin rima/sajak dalam sastra. Makanya ada orang juga yang bilang “rap” yang memang “ber-rima” itu terinspirasi dari rima di Al Quran juga. Rap kan tentang rima, persamaaan bunyi. Jadi meskipun panjang2 dan ngomongnya cepet, tapi bisa hafal karena punya rima. Al Quran-pun iya, ada kan orang bisa hafal 1 isi Quran itu. Ga cuman satu orang, banyak orang yang hafal Quran. Kalo kalian perhatikan, al Quran itu ditulis dengan rima2, jadi mempermudah juga untuk bisa hafal. Misal Al Fatihah, yang semua ayatnya berakhiran huruf vocal “i”. “bismillahirrohmanirrohim, alhamdulillahirobbilalamin, arrohmanirrohim, malikiyaumiddin, iyyakanakbuduwaiyyakanastangin, ihdinasshirotolmustakhim, shirotollladzinaanamtangalaihim, ghoirilmaghdubingalahihim, waladzolin, amin”. Pake akhiran/rima “i” semua kan itu? Wallahhuallam chingu, cuman gue yakin peradaban Islam itu memang great. Dari sisi bahasanya, sastranya, science-nya, ilmu2 sosialnya, jjang!. Gue rasa tugas kita bersama untuk melanjutkan peradaban yang tinggi ini. Jangan lah ya Islam identik dengen terror atau hal2 negatif yang lain. Islam itu keren. Kerennya ya hal2 kayak gini2, yang scientific, yang indah. Jangan jadi orang Islam yang ngakunya Islam tapi perilaku jauh dari Islam, kasian Islam-nya, kebawa2 ke hal2 negatif jadinya. Semoga kita ga termasuk golongan itu ya chingu. Kita orang Islam yang keren dengan kebaikan.

Ya, serendipity berasal dari kata “serendip” yang diambil dari bahasa Arab Kuno untuk Ceylon, yang saat ini dikenal dengan nama Sri Lanka. Kata ini awalnya didapat dari sebuah dongeng dari Persia berjudul “The Travels and Adventures of the Three Princes of Serendip”. Cerita/hikayat yang bermakna itu banyak kan ya yang asalnya dari Timur Tengah, misalnya dari Persia. Hikayat Abunawas yang cerdik itu juga dari sana. Sastra memang pernah sangat Berjaya di Timur Tengah chingu. Nah, cerita itu menceritakan tentang pengembaraan 3 orang pangeran asal Serendip yang diceritakan selalu menemukan sesuatu yang baru secara kebetulan, padahal mereka tidak sungguh2 ini menyelidiki/mencarinya.

Nah pada abad ke 16, cerita itu kemudian diterjemahkan dari bahasa Persia ke dalam bahasa Italia. Setelah dari bahasa Italia, kemudian cerita itu diterjemahkan ke dalam bahasa Perancis. Horace Walpole (1717-1719), seorang putra dari Sir Robert Walpole, Perdana Menteri Inggris dibawah Raja George II kala itu suatu hari menemukan kata itu di koleksi ceria oriental di Perancis. Setelah menemukannya, dia kemudian menulis kata “serendipity” dalam surat yang ditujukan untuk temannya, Horace Mann tertanggal 28 Juni 1754. Surat itu berbunyi:

‘…indeed [it] is almost of the kind of which I call serendipity, a very expressive word…’

Ya, serendipity adalah kata yang sangat ekspresif. Daripada mengartikannya dalam sebuah definisi yang firm, Walpole lebih menjelaskannya dalam bentuk eksplanasi, yakni:

‘once read a silly fairy tale, called the three princes of Serendip: as their Highnesses travelled, they were always making discoveries, by accidents and sagacity, of things which they were not in quest of…’

Secara simple makna serendipity ya itu, orang yang menemukan sesuatu by accident (secara kebetulan), padahal mereka ga bener2 mencarinya. Cerita tentang 3 Pangeran Serendip ini umurnya mendekati 700 tahun chingu dan diperkirakan ada sejak tahun 1500an yang lalu. Jadi pada tahun 1557, seorang pengoleksi buku sekaligus penerbit cerita2 kuno bernama Christoforo Armeno (Christopher the Armenian) menerbitkan buku2 yang originalnya itu adalah cerita2 dari Persia maupun India.

Jadi misal ada timeline untuk sejarah dari kata “serendipity”, itu kurang lebih kayak gini:

  1. Cerita rakyat berkembang sekali di Persia dan India sejak jaman dulu, berabad2 yang lalu
  2. Pada tahun 1252 – 1352, cerita berjudul Hasht Bihisht (eight paradise) dikumpulkan oleh penyair Persia bernama Amir Khusrau
  3. Cerita tentang “Perjalanan dari tiga Pangeran dari Raja Serendip” dikumpulkan oleh Christofora Armena. Ditulis dalam bahasa Italia kemudian dipublikasikan oleh Michele Tramezzino di Venice pada 1557
  4. Perjalanan (voyage)nya 3 Pangeran dari Serendip ini kemudian diadaptasi di Paris, Perancis oleh Chevalier de Mailly pada 1719.
  5. Horace Walpole (1717-1797) yang gue sebut tadi kemudian membacanya.
  6. Walpole bertemu dengan Horace Mann di Florensia, Italia pada 1739 dan menulis surat dengan kata “serendipity” pada Horace Mann pada 1754.

Kenapa gue panjang lebar membedah tentang keyword #serendipity ini chingu? Karena BTS itu anak hip hop. Dan Hip hop itu mainnya pake kata2. Keyword, diksi, kata, lirik, itu penting banget buat BTS dalam karya2nya. Gue bilang 50% mereka itu main di keyword kayak gini chingu. Kayak #Love_Yourself, #Love_Myself, itu kan keyword juga. Aset banget itu si RapMon yang pinter jadi leadernya BTS. Karena dialah gue rasa lagu2 berkualitas BTS terus2an tercipta. Udah kayak praktisi SEO (Search Engine Optimization) aja yah ini, mainnya keyword coy, hehe. Selain itu sebagai orang yang suka dengan bahasa, gue ngerasa asik juga chingu mempelajari tentang ini. Ya, ini kita ceritanya belajar bareng lah, hehe.

Tentang cerita 3 Pangeran Serendip tadi, pada intinya yang gue baca ya, cerita itu menceritakan tentang petualangannya 3 pangeran yang didekati oleh seorang pengemudi onta. Pengemudi onta itu nanya ke 3 pangeran itu apa mereka liat ontanya yang ilang. Meskipun sebenernya 3 pangeran tadi ga bener2 melihat onta itu dalam perjalannya, namun mereka mengobservasinya ala2 detektif gitu, yang mengarah pada keberadaan onta yang ilang itu. Al kisah ketiga pangeran itu nanya 3 pertanyaan inti ke pengemudi onta. Yang pertama adalah “apakah onta itu matanya buta sebelah?”, yang kedua adalah “apakah satu dari giginya ompong?” dan yang ketiga adalah “apakah dia pincang?”. Si pengemudi onta itu bilang iya pada 3 pertanyaan itu dan pangeran itu berkata bahwa onta itu lewat belom lama. Akhirnya pengemudi onta itu berjalan cukup jauh untuk mencari ontanya yang hilang namun gagal untuk mendapatkannya. Beberapa hari kemudian, dia ketemu lagi sama 3 pangeran itu dan merasa sangat marah karena udah sia2 nyari ontanya. Pengemudi onta itu kemudian menuduh mereka mencuri onta itu dan menjualnya, jadi bisa memasukkannya ke dalam penjara. Apa yang terjadi? Akhirnya ketiga pangeran itu mengakui bahwa mereka sebenernya tidak benar2 melihat onta itu dan menjelaskan dengan segera bagaimana mereka bisa menduga melalui observasi mereka. Salah satu pangeran notice kalo hanya satu sisi jalan saja dimana rumputnya dimakan, padahal rumput di sisi yang lain lebih bagus kualitasnya, jadi mungkin saja onta itu buta sebelah matanya. Pangeran yang kedua bilang bahwa menemukan jalan kecil dimana rumput2 yang udah dikunyah terjatuh dari mulut onta. Bisa jadi kan itu karena jarak antar giginya onta yang ompong, makanya rumput yang dikunyah berjatuhan di jalan. Lalu pangeran ketiga mengobservasi jejak kaki onta dan terlihat bahwa itu kayak kaki diseret, yang mengindikasikan dia pincang. Intinya mereka nebak deduktif aja chingu ini. Terserah pandangan kalian gimana, mungkin ada yang nanya “kok agak beda yah dari definisi yang gue tahu?”. Setahu gue ya itu ilustrasi dari Walpole terhadap serendipity. Intinya kalo menurut gue ini tentang kebetulan aja chingu. Kebetulan aja tanda2 di alam yang mereka liat tadi menunjukkan pada satu kemungkinan (probabilitas yang tinggi). Ini literature awal darimana kata serendipity muncul. Memang akan terlihat beda antara apa yang diilustrasikan Walpole dengan arti yang ada di kamus sekarang. Gue ga tahu kenapa, cuman ya inilah yang gue tahu. Sekarang, kata “serendipity” adalah kata yang digunakan dalam bahasa sehari2 chingu. Udah populer lah kata ini. Kamus oxford sendiri mendefinisikan serendipity sebagai:

“the faculty of making happy and unexpected discoveries by accident,”

Atau

 “kemampuan untuk membuat bahagia dan penemuan yang tidak disangka2 dari sebuah ‘kecelakaan’”

Satu hal lagi, serendipity ini bukan cuman masalah lucu2an aja lhoh chingu, bukan cuman “kebetulan yang membahagiakan”. Tapi, serendipity ini juga jadi bahasan dalam science juga. Karena faktanya, serendipity adalah satu dari banyak faktor yang berkontribusi pada penemuan obat-obatan di sejarah medis dunia. Apa contohnya? Salah satu penemuan obat yang diakui sebagai sebuah serendipity adalah penisilin yang RapMon tulis di lirik “serendipity”. Masih inget kan dengan lirik “kamu adalah jamur biru (blue mold), yang menyelamatkanku”. Jamur berwarna kebiruan (blue mold) ini nama lainnya adalah penicillium yang kemudian menjadi obat bernama penisilin.  Bukan hanya penisilin, tapi teflon, rubber, X-rays, anestetik, dinamit dll juga ditemukan dengan serendipity. Ditemukan secara kebetulan, dan kebetulan ini membahagiakan. Seperti takdir kan jadinya. “Konspirasi alam semesta” yang sedemikian rupa menyebabkan itu ditemukan.

Ya, dalam berbagai kamus medis, dikenal istilah serendipity juga. Jadi serendipity ini bukan cuman masalah sastra, tapi juga medis chingu. Yeokshi ya, RapMon itu pinternya kebangetan, dooh~. Ngapain dia pake diksi blue mold (penicillium) kalo penisilin ga nyambung sama serendipity? Genius banget memang itu orang. Maunya apa kamu Mon, Mon? #huft. Pinternya bagi2 kalik Mon, wkwk.

Webster’s New Collegiate Dictionary menjelaskan bahwa serendipity adalah “the faculty of finding valuable or agreeable things not sought for” atau kurang lebih “menemukan sesuatu yang berharga namun yang ga kita cari sebenernya”. Aka kebutulan kan ini jadinya.  Sedangkan Dalam Stedman’s Medical Dictionary, “serendipity” mengarah pada “an accidental discovery;” ie, “finding one thing while looking for something else.” Atau “penemuan yang sifatnya “kecelakaan”, misalnya menemukan satu hal ketika sedang mencari hal yang lain”.

Nah, menurut Robert Friedel (2011), ada tiga tipe dari serendipity dimana penemuan yang sifatnya scientific itu bisa dikegorikan chingu. Apa saja?  Ini dia:

  1. Columbian serendipity. Ini terjadi ketika seseorang sedang mencari satu hal namun malah menemukan hal lain yang justru “lebih bernilai” dan malah diakui. Contohnya adalah Columbus yang niatan awalnya adalah menemukan rute baru ke India yang ternyata malah mendarat di Amerika. Kemudian malah jadi jalan orang2 Eropa pergi ke Amerika.
  2. Archimedean serendipity. Ini terjadi ketika apa yang dicari itu ketemu, cuman beda dari cara yang sebelumnya diniatkan. Ketemu sih ketemu cuman beda dari cara yang diniatkan sebelumnya, ga sengaja gitu. Contohnya Archimedes yang diberikan tugas untuk menghitung volume dari benda padat yang ga beraturan, yakni mahkota raja. Ketika mandi di bak, dia notice kalo jumlah air yang keluar harusnya sama dengan volume badan dia. Dia awalnya ga niat buat menyelesaikan tugas itu dengan mandi pake bak namun akhirnya malah menemukan jawabannya by accident.
  3. Galilean serendipity. Ini terjadi ketika orang malah menemukan sesuatu padahal awalnya ga niat buat nyari itu. Contohnya ketika Galileo mengembangkan teleskopnya dan mengarahkannya ke langit. Apa yang dia liat justru lebih dari yang dibayangkan ternyata. Dia saat itu malah bisa menemukan“moons of Jupiter” atau bulan Jupiter, padahal ga niat nyari.

Meskipun pada intinya serendipity itu artinya “kebetulan”, cuman ternyata bisa diklasifikasikan ke banyak hal ya chingu. Bahkan ada kategori2nya. Bahasa itu memang luas sih, makna itu juga luas. Keknya kalo gue terus ngestan BTS makin akan banyak hal2 baru tentang bahasa yang gue tahu. Dan tentang definisi serendipity, kalian bisa beri contoh sendiri juga di masing2 kategorinya. Kalo misalnyanya gue ngalamin kayak gini atau ada kejadian kayak gitu, itu masuk serendipity jenis apa, hehe.

Sudah cukup jelas kan yah tentang serendipity? Kita move ke hal lain yang menurut gue paling dalem di lagu ini chingu, yakni tentang penisilin.

Penisilin. Hmm…apa sih ini? “Kamu adalah jamur biru (peniciullium)ku, yang menyelamatkanku. Itu kata di lirik serendipity. Bukan “kamu adalah venusku, ratuku dan dewiku yang paling cantik, tapi kamu adalah penicilliumku”. Cinta itu adalah sesuatu yang luhur kan ya. Cinta itu apa? Cinta itu memberikan yang terbaik bagi siapa/apa2 yang kita cintai. Cinta itu harusnya menyelamatkan, menyembuhkan. Bukan hanya seperti formalitas mengatakan “aku cinta kamu” tanpa makna yang mendalam. Dengan mengatakan “kamu adalah penisilliumku”, gue rasa RapMon pengen menekankan juga bahwa cinta itu memang luhur chingu. Cinta itu harusnya menyembuhkan, menyelamatkan dan bermanfaat.

Penisilin adalah antibiotik yg didapat dari jamur berwarna kebiruan (blue mold/penicillium/ “Pennicillium notatum” dalam bahasa latinnya).  Penilisin telah berhasil menyelamatkan jutaan umat manusia sejak ia ditemukan chingu. Ia ditemukan pada bulan ini chingu, September, namun dulu pada tahun 1928. Penisilium ditemukan oleh penemunya secara tidak sengaja, sehingga tergolong sebagai sebuah #serendipity dalam sejarah science. Sekarang, serendipity ini adalah topik hidup dalam philosophy of science. Maka ga heran juga RapMon pakai kata ini untuk keyword karya mereka.

Siapa penemu penisilin? Penemu penisilin adalah Sir Alexander Fleming. Beliau adalah peneliti yang berasal dari Skotlandia. Pada 28 September 1928, beliau menemukan penisilin secara ga sengaja. Unik memang, penemuan ini termasuk dalam kategori serendipity karena berawal dari kecerobohan Fleming sendiri. Jadi ceritanya, sebelum liburan, bukannya membereskan alat2 dan bakteri (staphylococcal bacteria) yang beliau gunakan untuk penelitian di laboratorium tapi malah meninggalkannya begitu saja. Nah setelah kembali dari liburannya, beliau menemukan bakteri2 tersebut terkontaminasi dengan sejenis jamur (Pennicillium notatum). Namun setelah diperhatikan, justru perkembangan bakteri tersebut terhambat oleh adanya jamur tadi chingu. Jadi bagian yang kena jamur tadi perkembangan bakterinya terhambat. Lebih jelasnya liat gambarnya penelitiannya di bawah nanti. Akhirnya, beliau menelitinya dan menemukan bahwa jamur tersebut berguna untuk mengobati penyakit karena bakteri. Kemudian, beliau menamakan jamur biru itu dengan nama penicillin atau penisilin karena jamur itu berasal dari genus penicillium (Pennicillium notatum) chingu. Fleming mempublish karyanya itu ke dalam sebuah jurnal yang bernama “Journal of Experimental Pathology”  pada tahun 1929. Dan pada tahun tahun 1945, Fleming dihadiahi nobel dalam bidang obat karena kontribusinya ini chingu. Subhanallah yah~. Mungkin pas tanggal 28 September nanti google bakalan mengenal Fleming di halaman utamanya chingu. Karena di hari itu penemuan besar dalam bidang medis terjadi. Semoga dengan membaca postingan ini, tiap tanggal itu kalian juga akan ingat bahwa di hari itu obat yang begitu berguna ditemukan. Selain ingat lagu serendipity dengan lirik penicillium-nya, kalian juga aware tentang kontribusi dalam hal kemanusiaan yang begitu besar yang telah dilakukan Fleming dan difamiliarkan ke kalian melalui liriknya RapMon BTS. Gue harap bukan cuman masalah cinta, tapi dengan mengingat lagu serendipity ini jiwa humanisme/kemanusiaan kita semua juga akan semakin meninggi chingu. Semoga ini memotivasi kita semua juga untuk bisa menjadi orang yang lebih bermanfaat bagi orang lain dengan bisa menciptakan sesuatu.

Ya, penisilin berguna untuk mengobati sejumlah penyakit akibat infeksi bakteri chingu. Saat perang Dunia ke II, penisilin berjasa dalam menekan kematian akibat infeksi luka terbuka yang tak mendapatkan perawatan dalam situasi perang. Penisilin saat itu bisa menyelamatkan korban 12 hingga 15%. Revolusi penemuan obat yang fenomenal ini telah menyelamatkan banyak jiwa. Seperti yang kita ketahui bahwa manusia telah banyak yang bertaruh dengan kematian karena infeksi penyakit karena bakteri selama ribuan tahun. Wabah infeksi bakteri yang tak terkontrol dan tak terobati menyumbang kontribusi yang besar pada kematian umat manusia sejak dari zaman kekaisaran Romawi hingga Eropa abad pertengahan. Jika saja penisilin ditemukan ketika itu ya, mungkin akan lebih banyak jiwa yang tertolong dan sejarah dunia mungkin akan berubah dari apa yang kita liat sekarang.

Penemuan penisilin yang serendipitious ini juga ga lepas dari “konspirasi alam semesta” chingu. Kenapa? Kok bisa? Dalam sejarah penemuannya, jamur itu bisa tumbuh karena pengaruh cuaca yang mendukungnya juga. Karena biasanya, di bulan September temperatur di londan ga begitu. Saat itu adalah cuaca yang ga umum di London cuman sempurna bagi Pennicillium notatum untuk tumbuh. Jamur itu datang di saat yang tepat dan tumbuh lebih cepat dari staphylococcal bacteria. Sebuah kesempatan yang langka. Kebetulan kan ini? Takdir kan ini? Serendipity kan ini?  Seakan2 semesta melakukan “konspirasi” untuk membuat penemuan obat ini menjadi nyata. Semesta bekerja bersama sehingga situasi bisa “menyesuaikan” sedemikian rupa sehingga ini bisa terjadi. Ya, ini adalah bagian dari takdir Tuhan kan ya. Sudah waktunya obat yang begitu berguna bagi manusia ditemukan.

Cuman “subhanallah” chingu yang gue bisa bilang untuk ini. Semoga ada dalam mindset kita bahwa cinta itu luhur dan universal. Penisilinpun adalah salah sagtu bentuk dari cinta itu sendiri. Dia yang bisa menyembuhkan banyak orang, dia yang menyelamatkan jutaan manusia, dia adalah cinta yang sesungguhnya. Dan terimakasih juga buat RapMon, sekali lagi gue bisa belajar dari lirik yang kamu buat.

Ok, sekarang kita ke hal lain yang menarik perhatian juga chingu, yakni kucing. Ya, di lirik serendipity juga menyebutkan tentang kucing yakni di lirik “aku adalah kucing calicomu, yang datang untuk melihatmu”.

Calico cat itu apa sih? Calico cat adalah kucing belang 3 chingu. Calico cat itu bukan jenis kucing dari ras tertentu, dia kucing lokal. Jadi kucing calico itu bukan karena dia dari rasa tertentu, tapi dari kromosom-nya yang menyebabkan bulunya belang 3. Untuk bisa disebut calico, kucing harus punya 3 warna utama yakni hitam, putih dan orange. Variasi warna yang lainnya adalah abu2, krem dan warna seperti warna jahe (ginger).

Yang unik, calico ini biasanya betina chingu, kenapa? Karena betina memiliki 2 kromosom (XX) dan jantan punya 1 kromosom X dan 1 kromosom Y (XY). Karena betina punya 2 kromosom, maka mereka bisa menampilkan 2 warna berbeda (orange dan hitam) dan putih, yang menyebabkan jadi punya 3 warna/belang 3. Nah kalo jantan, karena cuman punya 1 kromosom, maka bisanya cuman menampilkan kalo enggak hitam yang orange. Bulu berwarna putih bukanlah gen warna chingu, namun ia adalah gen modifikasi yang tidak terpengaruh dengan kromosom seks (kromosom X dan Y). Meskipun begitu, calico cat ini juga bisa jantan kok,  cuman sedikit sekali/ga umum jadinya. Nah yang jantan ini biasanya tipe kromosomnya XXY. Gue rasa Jimin rambutnya orange gitu menyesuaikan dengan warna kucing calico chingu, wkwk. Kalo hitam kan udah biasa ya, makanya orange gitu, hehe.

Yang menarik dari calico cat adalah pada 1 Oktober 2001 yang lalu, calico cat menjadi kucing official (kucing resmi) dari negara bagian di Maryland AS lhoh, wow!. Kucing ini juga punya berbagai nama di berbagai kebudayaan. Misalnya di Belanda, dia disebut dengan lapjeskat (kucing belang), di Jepang namanya adalah mi-ke (belang 3) dan di sini kucing belacu. Banyak budaya di dunia yang mempercayai bahwa kucing ini punya lucky charms (daya tarik keberuntungan). Mereka juga percaya calico cat dapat membawa keberuntungan untuk keluarga yang memeliharanya. Kadang kucing ini juga diasosiasikan sebagai “money cats” atau “kucing uang” di Amerika. Di Jepang, para pelaut sering membawa kucing ini untuk dibawa berlayar karena kepercayaan yang populer di sana adalah kucing itu dapat membuat mereka aman dari sesuatu yang buruk di lautan. Bahkan patung kucing bernama “maneki neko” dari Jepang diyakini membawa keberuntungan. Patung kucing yang suka ada di toko2 orang Cina itu chingu, bikin hoki denger2. Gue di sini cuman menyampaikan informasi yang gue tahu tentang budaya2 masyarakat tentang ini chingu. Bukan berarti gue percaya juga lho ya.

Kalo tentang kucing, karena gue muslim makanya langsung relate dengan Nabi Muhammad. Ya, nabi Muhammadpun suka kucing chingu. Beliau punyak seekor kucing yang diberi nama Mueeza. Suatu hari, saat nabi mau ambil jubahnya, dilihatnya Mueeza sedang terlelap tidur dengan santai di atas jubahnya. Ga ingin mengganggu hewan kesayangannya itu, nabi pun memotong belahan lengan yang ditiduri Mueeza dari jubahnya. Dan pas nabi kembali ke rumah, Muezza terbangun dan merunduk sujud kepada nabi. Sebagai balasan, Nabi mengelus lembut ke badan kucing itu sebanyak tiga kali. Dalam aktivitas lain, setiap kali nabi menerima tamu di rumahnya, nabi selalu menggendong Mueeza dan di taruh dipahanya chingu. Salah satu sifat Mueeza yang Nabi sukai ialah ia selalu mengeong ketika mendengar adzan, dan seolah-olah suaranya terdengar seperti mengikuti lantunan suara adzan. Kepada para sahabatnya, nabi berpesan untuk menyayangi kucing peliharaan layaknya menyayangi keluarga sendiri. Kalo gue sendiri suka kucing sejak kecil karena menurut gue lucu chingu. Asik gitu ngelus2 sambil main2 sama kucing, wkwk. Kucing itu hewan favorit gue. Mungkin kalian juga, suka dengan kucing ^^.

Di sejumlah peradaban dunia, kucing sering diabadikan dalam sebuah patung. Mesir misalnya, banyak sekali dibuat patung menyerupai kucing. Dalam dunia sastra, para penyair tak ragu untuk membuat syair bagi para kucing kesayangannya karena telah melindungi buku-buku mereka dari gigitan tikus dan serangga. Iya ya, bisa berabe kalo buku2 pada digigitin tikus, untung ada si meong yang bisa ngejaga. Kucing yang makan tikus juga sangat penting dalam rantai makanan. Tikus kan banyak jadi medium berbagai penyakit. Hingga saat ini, masih banyak chingu ditemui kucing yang diberi makan oleh warga setempat dengan berbagai macam makanan di masijd-masjid tua. Bagi kalian yang muslim, pasti pernah mendengar nama Abu Huraira kan ya. Ya, dia adalah seorang penghafal hadist yang begitu terkenal. Selain itu, dia rupanya sangat penyayang terhadap binatang chingu, termasuk kucing. Dia memiiki seekor kucing betina yang diberi makan, dibersihkan, dan diberi perlindungan. Kucing betina itu pun tidak pernah berpisah dengan Abu Huraira, laksana bayangannya. Nabi Muhammad pernah menasihatinya secara khusus chingu, nasehatnya adalah “Ya Abu Hurairah, sayangilah semua makhluk Allah, maka Allah akan menyayangimu dan menjagamu dari neraka pada hari kiamat”. Subhanallah yah chingu. Betapa kita memang harus mencintai semua makhluk Tuhan. Bukan cuman manusia, tapi juga binatang.

“Dia-lah Allah yang menciptakan, yang mengadakan, yang membentuk rupa. Dia memiliki nama-nama yang indah, apa yang ada di langit dan di bumi bertasbih kepadaNya. Dan dialah yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana” – Quran Surat Al Hasyr ayat 24

Ya, kucing diciptakan Tuhan sedemikian rupa untuk bisa bertahan hidup. Dia diberi banyak kelebihan contohnya dari sisi matanya supaya bisa mencari mangsa dengan baik. Selain bisa punya mata yang bisa melihat di malam hari, pada mata kucing terdapat membran ketiga yang disebut “nictitating  membrane” chingu. Membran ini transparan dan bergerak dari satu bagian mata ke bagian yang lainnya. Sebagai contoh, kucing dapat mengedipkan matanya tanpa harus menutup semuanya. Membran ketiga ini memungkinkan mata kucing terlindungi ketika berburu. Selain itu, benda2 lain seperti debu tidak akan mengenai matanya sehingga matanya tetap bersih dan lembab. Jika kucing harus mengedipkan mata mereka sepanjang waktu seperti manusia agar matanya tetap bersih dan lembab, ini akan menimbulkan kesulitan bagi mereka di saat berburu. Kita tahu kan ya gimana tikus larinya, cepet bangetttt. Kalo kedip2 bisa ilang dah itu buruannya. Tidak mengedipkan mata merupakan salah satu kesempurnaan ciptaan Allah untuk makhluk ini chingu. Ya, Tuhan menciptakan semua makhluk sedemikian rupa supaya bisa berkontribusi untuk alam ini dan manusia bisa mengambil hikmah atau pelajaran darinya.

Akhirnya, selesai juga chingu postingan yang gue beri judul “serendipity, semesta dan cinta” ini, alhamdulillah. Panjang sekali ini, hehe. Apapun yang gue share di sini, semoga ada manfaatnya ya bagi kita semua. Kita sama2 bisa belajar dari karya BTS yang ini. Ga cuman terhibur sama musik, MV, koreo atau lagunya, tapi bisa belajar juga dari makna2 di balik lirik2nya. Kalo ada salah2 kata yang berkaitan sama science gue minta maaf yah, anak IPS ini soalnya, wkwk. Intro “serendipity” ini menurut gue karya yang keren sekali chingu. Makasih buat RapMon yang udah bikin lirik sedalem ini. ARMY jadi bisa belajar juga jadinya. Sukses buat comebacknya! BTS Fighting!^^. Makasih juga buat chingudeul yang udah mau baca sampe sejauh ini, ini panjang banget soalnya. Semoga ada manfaatnya ^^. Salam semangat buat kita semua, Fighting!!! ^.^

*Bagi kalian yang pengen beli albumnya BTS (atau album2 lain) bisa langsung hubungi gue di 0882-1657-4341 (WA/SMS) yah. Kita bisa komunikasi lewat situ chingu. Kamsahamnidang~

1

4

6

5

BTS (방탄소년단) LOVE YOURSELF 承 Her 'Serendipity' Comeback Trailer.mp4_000009551

BTS (방탄소년단) LOVE YOURSELF 承 Her 'Serendipity' Comeback Trailer.mp4_000040040

BTS (방탄소년단) LOVE YOURSELF 承 Her 'Serendipity' Comeback Trailer.mp4_000045211

BTS (방탄소년단) LOVE YOURSELF 承 Her 'Serendipity' Comeback Trailer.mp4_000061895

BTS (방탄소년단) LOVE YOURSELF 承 Her 'Serendipity' Comeback Trailer.mp4_000098264

#Peace #Love #Happiness

#Live #Love #Learn #Laugh

#Share #Respect #Inspire

#StayGold #StayTrue #StayReal

Iklan
Komentar
  1. nabilah shabrina berkata:

    kak mau nangis boleh ga? baca reviewan kakak tuh ga pernah bikin kecewa deh. Jujur aku sering ngelewatin bagian ayat alquran pas kakak bikin tulisan karena jadinya panjang banget, rada males baca heheh. Tapi gatau kenapa hari ini lagi capek banget lagi kacau semua2nya, trs tiba2 kakak share tulisan ini di ig, aku cuma mikir, udahlah dari pada stress sama hal2 yang bikin aku capek mendingan baca tulisan kak linda, udah penasaran juga soalnya. karena dari awal baca subtitle liriknya aku dan mungkin kebanyakan orang bakal pada notice my penicillium karena itu ga biasa. hampir semua tulisan kakak ttg bts aku baca (tipikal yg fokus sama satu hal heheh). Kayaknya hari ini bisa baca dan ada mood buat baca tulisan kakak yang cukup panjang itu sampai selesai juga sebuah serendipity buat aku hahaha. beneran deh kak kali ini ada something yang tiba2 kerasa dipikiran dan hati aku. ini juga pertama kalinya aku comment lho kak heheh, maaf ya kak baru bisa ngasih feedback commentnya sekarang. tulisan kakak bener2 keren. tulisan kakak banyak mengubah pola pikir aku tentang fangirlingan. Manhi gomawo kak linda, jeongmalyo.

    btw kak kakak kan ngebahas ttg tuhan ya, trs liriknya yg nulis itu kan rapmon ya, aku yakin dia juga percaya akan adanya tuhan ga mungkin dia nulis kayak gini kalau ga percaya tuhan. Sebenernya aku gatau agama member2nya bts tuh apa karena baru suka bts tahun ini. tapi ada hal yang aku notice belakangan ini. rapmon tuh selalu make kalung salib gt, trs juga kalungnya yg emg kalung salib simple gt ga yg macem2, aku sih ngeliatnya lewat updatean di ig orang sama kyk kakak gt heheh, dan aku ngerasa semuanya makin relate aja gt. walaupun mungkin aku gatau alasan dia make kalung itu apa, tp aku punya anggapan seperti itu hehehe.

    once again, thanks a lot kak! subhanallah, masyaallah, semoga kakak selalu diberikan kesehatan sama Allah, bisa berkarya terus lewat tulisan2 hebatnya, bahasan2 kerennya. Dan pastinya bisa bermanfaat buat banyak orang, AMIN 🙂

  2. Iin berkata:

    Subhanallahhhh… Ngga bisa komen apa2 udah… Keren banget bhasannya kak Linda.. Banyak banget ilmu di bahasan kali ini.. Masya allah aku merinding bacanya.. Bermanfaat sekali kak….
    Kak Linda Jjang
    Rapmon Jjang
    BTS Jjang

  3. Ray berkata:

    Keren bgt kak, kakak ada rencana buat review lagunya BTS secara keseluruhan enggak? Maksudku full album dari intro sampai outro. Hiden tracknya juga kak? Aku tadi baca liriknya sea juga menyentuh bgt 😢.
    Trus review tentang HYYH Notes juga? Maaf ya kak banyak tanya 😅, soalnya klo kakak yg bahas itu sensasinya beda 😂😂.

  4. Amiroh Lutfi berkata:

    Kak review lagu bts yg go go dong Kak😊

  5. Kiki berkata:

    Haloo salam kenal kak. Aku baru tahu blog ini dari iseng search Whalien 52 terus tertarik sama kisah di balik lagu Whalien 52 yang kakak tulis, lalu keterusan sampai Serendipity ini dan SUMPAHHHHH tafsiran kakak the best banget! Dari sekian banyak tafsiran mengenai hidden theories BTS yang sukses bikin banyak ARMY pusing, tafsiran Kakak ini yang paling gampang dicerna karena Kakak nggak cuma menafsirkan visual(MV)nya tapi juga kaitannya dengan liriknya sama peristiwa-peristiwa yang pernah terjadi pada BTS yang kemudian mereka tuangkan ke lagunya, jadi kelihatan lebih masuk akal dan rasional. Hal itu bikin aku makin respect sama BTS. Kakak kayak interpreter pribadi (atau mungkin juru bicara kali ya…) nya BTS yang bisa menceritakan apa yang ingin BTS sampaikan sampai sedalam ini, daebak! Aku belum baca semua tulisan kakak mengenai interpretasi lagu-lagu BTS sih, tapi sampai sini aja aku udah yakin aku pasti ngerekomendasiin blog ini buat orang-orang yang pengen tahu BTS itu apa. Tafsiran Kakak ini sedikit banyak bikin aku lebih mudah memahami cara berpikir BTS.

    Btw, aku bisa baca tulisan Kakak yang Serendipity ini kayaknya emang takdir Tuhan untuk menenangkanku yang lagi down ini. Aku kayak lagi ngerasa down karena ngerasa nggak guna, nggak berkembang, dan sebenarnya pengen curhat di diary gitu Kak, tapi ternyata Kakak udah lebih dulu nulisnya, isinya sama persis dengan yang aku pikirkan hehe akhirnya aku nggak jadi nulis dan jadinya merenungi isi artikel ini. Terlepas dari penyampaian Kakak yang mudah dimengerti atau BTSnya yang memang punya cara sendiri untuk mengajak bangkit, yang jelas kalian berdua sudah memotivasi aku buat introspeksi diri dan pengen lebih baik buat ke depannya. Terima kasih Kak! Terima kasih BTS! Wish you all the best for your life!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s