Catatan Bolbbalgan4 #2 (Bolbbalgan4 X Rookie Award X Indie Award)

Posted: September 30, 2017 in About Bolbbalgan4
Tag:

Annyeong Haseyo~ Bolbbalgan Sachungi Imnida ^^

Source: [무삭제] 홍대음색퀸볼빨간 사춘기연습실 습격  – 1 (고고씽) (Credit: afreecatv.com/caranian), My Fav. Golden Disc Awards 2017 – BolBBalgan4 (Credit: JTBC), 161119 MMA 인디상 볼빨간사춘기(Bolbbalgan4) 수상 영상 (Credit: MBC), 170222 가온차트 뮤직 어워드 올해의 발견상 인디부문 볼빨간사춘기(Bolbbalgan4) (Credit: MNET)

Bobbalgan4 is back! Hehe. Gue seneng sekali sama grup ini chingu, makanya pengen nulis banyak hal tentang mereka. Kalo kemaren kita udah semacam lebih tahu mereka di Superstar K 6, sekarang kita kulik apa yang bisa kita dapet di acara2 mereka yang lain, termasuk kemenangan mereka di beberapa award musik tahun  lalu.

  • Setelah mereka ikut Superstar K-6, mereka debut dengan 1st mini album “red ickle” chingu. Lagu2 di “red planet” dulu ada di “red ickle” ini. Mereka adalah grup yang bikin musik dan lirik mereka sendiri juga chingu. Kita tahu kan kalo bolbbalgan4 dulu membernya 4, nah ada yang nanya apakah Ahn Ji Young semacam fight/bertengkar sama Ji Won (dia yang di Superstar K juga yang rambutnya pendek cuman sekarang ga di bolbbalgan4 chingu->ada di postingan part 1) dan Ji Young bilang kalo dia ga bertengkar kok sama Jiwon, malah masih kontak2an karena mereka dekat *nasib, jodoh, memang ga ada yg tahu ya chingu. Mereka memang bareng2 di Superstar K cuman ternyata jalan mereka beda. Jiwon punya dunia sendiri yang beda dengan Jiyoung dan JiYoon sekarang. Jalan yang berbeda itu bukan berarti jelek juga. Kadang gue semacam ngerasa “kasian” sama Jiwon karena sekarang bolbbalgan4 kan booming banget, dapet award juga di berbagai award musik tahunan Korea, lagu2 mereka juga ngehits dimana, cuman lama2 gue sadar kalo itu mungkin perasaan gue semata. Siapa tahu kalo Jiwon punya passion lain dan itulah yang terbaik bagi hidupnya. Terlebih lagi mereka masih kontak2an. Pernah ga sih kalian begitu juga? Kalian sahabatan bertiga dan yang dua orang masih sama2 dan somehow “sukses” dan kalian sendiri belum (misalnya) atau mendalami hal lain yang belum dapet hasil maksimal, apa perasaan kalian? Mungkin somehow sedih juga, cuman ya mungkin itulah jalan yang harus dijalani dan yang terbaik. Dan. jika kita berusaha maksimal, pasti akan dapet kan chingu? hehe.
  • Di acara “sing car”, anak2 bolbbalgan4 nyanyi lagu mereka lagi ketika audisi di Superstar K “payphone X whats make you beautiful” chingu *kangen mereka nyanyi itu~~. Ngedenger mereka nyanyi lagu itu lagi gue jadi inget kata2 salah satu jurinya waktu itu. Jurinya bilang kalo memilih lagu itupun skill chingu. Jadi penyanyi ga semata2 bagus hanya karena dia bagus nyanyinya, tapi selera mereka pada musik, melodi dan lirik juga penting. “Selera pada musik” itu menurut gue penting bagi orang yang bergerak di dunia musik itu sendiri chingu. Bukan bermaksud menjudge selera kamu jelek, selera dia bagus, cuman standar pasti ada kan? Lagu yang no.1 di chart mungkin dinilai sebagian orang jelek, cuman adalah fakta (fakta yang ga terelakkan) kalo lagu itu disukai banyak orang, berarti mewakili selera banyak orang. Memang agak risky chingu bicara masalah selera ini, karena gue ga mau semacam ngejudge selera/preferensi orang juga. Cuman, sepenangkep gue, penyanyi yang menurut gue bagus kayak BTS X Bolbbalgan4, selera musiknya juga bagus, paralel. Misalnya RapMon, dia kalo milih beat buat mixtape juga menurut gue tepat, bagus, “berkelas”, berarti selera dia di beat juga bagus. Termasuk ketika dia ngecover2 lagu juga. Selera sih chingu sekali lagi, guepun kadang suka lagu yang orang banyak ga suka. Gue sendiri gapapa juga sih dengan itu, karena itu masalah selera aja. Termasuk gue nulis bolbbalgan4 ini, mungkin ada banyak orang yang ngerasa grup indie kayak gini bukan selera mereka dan juga selera banyak orang, cuman ya karena gue suka makanya tetep mau nulis. Be your self intinya. Orang suka dan tidak, sukailah apa yang memang kalian suka, termasuk genre musik/artis/lagu dsb. Cuman, ingat juga ada orang2 yang menilai bahwa selera orang pada musik tertentu adalah skill juga. Meskipun itu ga mutlak, gue rasa itu ada benarnya juga chingu. Susah ya? haha. Intinya be yourself chingu, setiap orang unik. Apa yang kalian suka adalah cerminan kalian. Bergaul dengan siapa kalian juga adalah cerminan diri kalian. Pesen gue sih pilih hanya hal2 yang bagus dan positif buat kita chingu. Hal2 yang ga akan harm hidup kita in the future dan senantiasa memotivasi kita lebih baik dalam hidup, memberi semangat, memberi pelajaran dan nilai2 yang ada gunanya bagi hidup kita ^^*
  • Sejauh gue tahu Bolbbalgan4, mereka sudah dapet 3 award di ajang penghargaan musik bergengsi Korea chingu. Mereka dapet award di tahun lalu karena officially mereka debut dengan full album juga baru tahun lalu. Yang pertama adalah mereka dapet award di GDA (Golden Disk Award) di awal 2017 yakni “best rookie award”. Mereka waktu itu barengan sama BLACKPINK dapetnya. Di speechnya, Ahn Ji Young bilang mereka seneng karena dapet award yang adanya cuman sekali seumur hidup yakni pas si penyanyi debut. Ya, mereka dapet rookie award yang tentu saja sangat meaningful bagi seorang penyanyi di Korea sana chingu. JiYoung juga mengucapkan terimakasih sama pemimpin perusahaan tempat mereka bernaung dan keluarga mereka di Shofar music (agensi musik mereka). Di akhir speechnya, JiYoung bilang kalo mereka sadar telah mendapatkan banyak cinta di tahun 2016 dengan musik mereka, dan di tahun 2017 ini, mereka pengen memberikan yang lebih baik lagi ke fans semua *semoga cepet comeback ya bolbbalgan4, hehe*. JiYoon juga speech chingu. Dia bilang berterimakasih sama fans yang udah suka musik mereka dan orang2 lain yang udah suka sama karya mereka ini. Mereka berdua juga berterimakasih sama orangtua mereka *entah gimana gue bangga chingu sama mereka. Anak2 berbakat yang sejak awal suka dengan musik dan bekerja keras dari awal untuk mewujudkan mimpi mereka jadi penyanyi/musisi. Mereka ikut ajang pencarian bakat, mereka bikin lagu dan musik sendiri, sampai akhirnya mereka masuk ke agensi musik dan di situ mereka bisa berkembang dan memaksimalkan potensi mereka sehingga mereka bahkan dapet award di GDA ini. Gue suka chingu perjuangan orang yang dari bawah seperti ini, keren. Orang2 yang dengan passion yang dia suka berusaha mewujudkan mimpi mereka sampai dapet award di bidang itu. Beruntung, mereka dapet agensi yang keren juga. Agensi yang mengizinkan mereka berkarya memaksimalkan potensi diri dengan boleh bikin lagu, musik dan lirik mereka sendiri dengan tanpa menghilangkan keunikan mereka. Gue rasa jarang chingu ada agensi/perusahaan yang kayak gitu. Yang sifatnya membantu anak2 di dalamnya untuk menjadi versi terbaik dari dirinya, tanpa mengubah keunikan mereka, dan memberi pengajaran/bantuan yang sifatnya mengembangkan mereka. Kayak Big Hit, gue rasa shofar music tempatnya Bolbbalgan4 paham hal2 kayak gini, jadi ga heran hasilnya kayak sekarang. Ga kalah sama BLACKPINK dari YG (big 3). Shofar music dengan bolbbalgan4 membuktikan bahwa agensi “kecil” juga bisa bersinar. Ya kayak BigHit dengan BTS-nya kan chingu? hehe. Jadi, jangan rendah diri hanya karena sekolah/tempat kalian ga wow, kecil, yang penting kalian bersama dengan orang yang pemikirannya besar dan yang penting baik. Cuman, susah sekali sepertinya dapet guru/orang yang kayak begitu. Orang yang bisa membuat potensi kalian maksimal, memotivasi kalian untuk terus berusaha dan berkarya dan percaya bahwa semua orang adalah unik dan bisa jadi yang terbaik jika mereka paham tentang keunikan itu dan berusaha keras dalam bidang itu. Kayak bolbbalgan4, menurut kalian apa yang unik dr mereka sampai mereka dapet award? Gue rasa karena pada dasarnya mereka memang sudah suka sama musik chingu (simplenya, orang yang sudah suka pada suatu hal maka effort/usaha mereka pada hal itu akan besar dan probabilitas sukses makin besar pula). Yang kedua gue rasa JiYoung dengan manner musicalnya dan tone vocalnya yang unik mampu menjadi stand out diantara penyanyi lainnya chingu. Penyanyi yang bagus secara teknik vocal banyak, tapi yang punya ciri khs yang unik dan manner terhadap music yang bagus langka menurut gue. JiYoonpun yang bisa main alat musik dan ngrap mampu menjadi partner JiYoung, kombinasi yang bagus. Ditambah orang2 shofar yang dengan producing musicnya yang bagus membantu bolbbalgan mendapatkan lagu2 terbaik yang akhirnya disukai banyak orang. Ya, teamwork makes the dreamwork chingu. Gue rasa selain BTS, bolbbalgan4 bisa menjadi pelajaran bagi kita semua. Gue pribadi banyak belajar dari bolbbalgan4 juga*
  • Selain dapet award di “rookie”, mereka juga dapet award “best indie” di MMA (Melon Music Award) akhir tahun 2016 lalu chingu. Di speechnya, Ahn JiYoung berterimakasih sama semua keluarga besar Shofar music dan juga sama Vanillamen (salah ga ya gue nulisnya, kalo salah gue minta maaf chingu). Pokoknya dia adalah orang bantu JiYoung bikin musik, termasuk di title track “galaxy”. Jadi “galaxy” itu musiknya yang bikin JiYoung sama Vanillamen dan liriknya JiYoung sama Jiyoon chingu *gue rasa indie award ini adalah award yang penting dan berharga banget bagi mereka. Berarti dengan genre mereka yang memang indie, bukan tipikal idol kan mereka itu, cuman mereka diakui eksistensinya dan banyak yang suka. Gue subscribe banyak channel musik indie Korea di youtube chingu, dan bisa dibilang setiap hari ada aja yang baru, banyak sekali musisi indie yang berkarya di Korea. Gue sendiri kagum sama kreativitas mereka di bidang musik, Korea jjang kalo masalah culture musik mah, keren. Bukan hanya hip hop, indie juga. Indie dan hip hop berkembang sekali di Korea. Nah, dengan menang di kategori itu, gue rasa bolbbalgan4 telah memberi warna juga bagi per-indie-musik-an di Korea. Keren chingu menurut gue bolbbalgan4 ini, jjang!*. Di akhir speechnya, JiYoung bilang kalo seperti nama mereka “bolbbalgan4/bolbbalgan sachungi” yang artinya semacam “pipi merah anak puber”, mereka akan membuat musik yang pure, jujur dan bagus chingu *alesan gue suka mereka salah satunya juga ini chingu. Mereka membuat musik yang terkonsep. Mereka dengan nama grup seperti itu semacam ingin mewakili perasaan anak2 remaja yang tulus, pure dan jujur melalui musik mereka. Kayak BTS yang pengen membuat musik yang menguatkan anak2 muda di tengah realita dunia yang keras kayak kita ini. Nah kalo bolbbalgan4, mereka mencoba mewakili sisi2 pure dari golongan remaja. Satu hal yang sama, “mewakili golongan tertentu”. Musik juga adalah bentuk perwakilan kan chingu? Itu hal yang gue pahami juga dari musik. Bukan semata2 hiburan, tapi musik juga adalah bentuk perwakilan. Gue suka dengan penyanyi yang jelas terhadap apa yang menjadi sasaran dan siapa yang mereka sasar chingu, itu terkonsep dan gue suka hal2 terkonsep seperti itu. Kalo untuk terwakili, gue tetap merasa BTSlah yang lebih mewakili gue dalam banyak aspek, cuman gue juga suka sama Bolbbalgan karena semacam bicara hal yang kurang lebih sama dengan BTS. Bukan gue membandingkan chingu, gue hanya menulis apa yang gue pikirkan aja tentang “kesamaan” mereka, hehe. Kalian juga boleh komentar tentang ini lhoh chingu, hehe*
  • Selain dapet “indie award” di MMA tadi, mereka juga dapet award di Gaon Chart award kategori “the discovery of the year” kategori “indie part” chingu. Kurang lebih sama, mereka dapet award kategori indie. MC yang membacakan awardnyapun bilang kalo selain lagu mereka memang bagus, suara penyanyinya juga unik *ya, suara Ahn JiYoung ini unik juga chingu soalnya, jadi banyak yang suka, termasuk gue dan mungkin juga kalian*. Lagu memang bagus, cuman karakter vocal dan manner vocalist dalam sebuah pertunjukan menurut gue juga penting chingu. Di speechnya, JiYoon bilang hal yang kurang lebih sama kayak JinYoung bilang di ending speechnya di MMA chingu. Seperti kata “Sachungi/puber” yang jadi nama grup mereka, mereka akan menampilkan musik dengan feel seperti itu. Feel orang di masa puber yang pure dan juga jujur. Mereka akan berusaha keras mengimplementasikan keyword dan topik itu dalam karya mereka *kita tunggu sama2 the next karya mereka ya chingu. Bolbbalgan4 fighting!!! ^^ dan, congratz buat award2nya!!! Kalian keren, jjang!!! ^^*

My Fav. Golden Disc Awards 2017 - BolBBalgan4.mp4_000008360

170222 가온차트 뮤직 어워드 올해의 발견상 인디부문 볼빨간사춘기(Bolbbalgan4).mp4_000039619

161119 MMA 인디상 볼빨간사춘기(Bolbbalgan4) 수상 영상..mp4_000061758

[무삭제] 홍대음색퀸 '볼빨간 사춘기' 연습실 습격 - 1부 (고고씽).mp4_000048000

#Peace #Love #Happiness           

#Live #Love #Learn #Laugh 

#Share #Respect #Inspire

#StayGold #StayTrue #StayReal

Tinggalkan Balasan

