Fakta-Fakta BTS Part 279 (Lagu “IPA” yang dibuat sama anak2 “IPS”)

Posted: Oktober 1, 2017 in About BTS
Tag:

2! 3! BANG! TAN!

Source: Video: [ENG SUB] 170921 BTS Cultwo Show 컬투쇼 (Credit: SBS, subbed: jj)

  • Lagu “best of me” adalah kerjasama antara BTS dan Chainsmokers chingu. Siapa yang ngajakin kolaborasi duluan? Chainsmokers. Ceritanya ketika itu anak2 BTS diundang untuk ikut gladi bersih di BBMA 2017 dan Chainsmokers-lah yang pertama nawarin untuk kolaborasi. Mereka bilang “gimana kalo kita kolaborasi?”, gitu. Dan kata J-Hope, hari berikutnya Chainsmokers udah buat 10 track untuk mereka *waduh, langsung yah? Niat banget buat kolaborasi berarti, jjang!* Suga nambahin kalo diantara 10 track yang dibuat Chainsmokers untuk mereka itu, ada satu yang merasa rasa bagus lalu mereka bilang akan mencoba untuk menulis melodi dan rap untuk lagu itu. Dan lagu itu adalah “best of me” yang masuk di album Love Yourself: HER ini chingu *gue rasa orang yang biasa denger lagu2nya Chainsmokers ketika denger “best of me” akan ngerasa itu tipikal lagu Chainsmokers chungu. Musiknya, apalagi yang di chorus/ref itu, kayak DNA-nya Chainsmokers banget. Kalo gue sih nangkepnya ini bagus2 aja chingu, gapapa ketika orang masih ngerasa kalo “best of me” ada unsur Chainsmokernya, meskipun ini lagunya BTS. Ini kan bukan hal yang buruk. Malah justru pertanda bahwa Chainsmokers udah punya DNA-nya sendiri dalam musik. Jadi mau kolab sama siapa aja tetep membawa “jati diri musiknya”. Ini sama kayak “rap/melodi/lirik” yang BTS kasih ke lagu ini, jadinya ya “rap/melodi/lirik” yang BTS banget. BTS kan kalo bikin lirik khas ya (yang puitis2 gimanaa gitu), suara vocalist/rappernya mereka juga khas, melodinya juga easy listening khas bangtan. Jadi gue rasa secara musik lagu ini tetep membawa DNA Chainsmokers, namun di luar itu (aspek kayak vocal, rap, lirik, melodi) membawa DNA bangtan. Ya, karena ini namanya kolaborasi, inilah kolaborasi. Meskipun melebur dalam 1 lagu, tapi mereka tetap membawa DNA mereka masing2*
  • Ngomong2 tentang nama “Chainsmokers” dan “Bangtan Sonyeondan”, mereka ada kesamaan lhoh chingu. Karena mereka punya nama grup yang “unik”, makanya keduanya pernah diledekin juga, wkwk. Chainsmokers pernah cerita sama anak2 bangtan kalo nama mereka sering diledekin juga karena unik itu, hehe *waduh, di Amerika nama unik juga “diledekin” yah, wkwk*. “Bangtan sonyeondan” itu nama yang ga biasa kan yah. Bukan nama yang ear catching gitu buat sebuah grup, meskipun artinya keren. Semacam seragam antipeluru yang bisa menghindarkan orang2 di usia belasan dan 20-an dari anggapan2 negatif orang2 di sekelilingnya. Tapi memang ya, nama grup ga menjamin grup bisa berhasil/enggak. Meskipun grup punya filosofi nama yang keren, cuman kalo ga skillful & ga kreatif ya belum tentu bisa berhasil. Yang penting kreativitas dan skill chingu kalo menurut gue. Chainsmokers kan bagus banget ya kalo bikin musik, skillful banget, hasilnyapun keren, makanya lagu2nya diplay dimana2 kan ya. BTS juga dengan nama dan filosofi yang kayak gitu “istiqomah” dalam konsep musiknya, sehingga hasilnya bisa sampai ke orang, diterima baik sama orang2. Skillpun sama, BTS juga band yang bener2 terlibat sejak awal di lagu2 mereka. Skill mereka nulis rap, bikin melodi, bikin lirik, itu udah keren banget. Ada satu grup lagi chingu yang gue rasa relate juga sama nama ini yaitu “bolbbalgan sachungi” atau disingkat “bolbbalgan4”. 4 dibaca “sa” dalam bahasa Korea. Arti grup itu semacam “remaja berpipi merah”. Konsep lagu2 merekapun menggambarkan sisi youth juga, cuman yang cute2, yang pure, yang fresh. Kayak remaja yang malu2, cute, pipinya merah2, kayak gitu. Style mereka (fashion, rambut), warna suara vocalistnya (Ahn JiYoung), itu mengarah banget ke nama grup mereka chingu gue rasa, sesuai gitu. Kayak dengan nama itu, mereka juga menampikan tampilan, vocal, lirik, musik dan performance yang nyambung. Itu salah satu grup favorit gue juga chingu. Gue juga udah nulis tentang mereka di blog ini. Bisa kalian baca kalo misalnya tertarik, hehe. Vocalistnya keren chingu, namanya Ahn JiYoung. Kayak bangtan, mereka bikin musik dan lirik mereka sendiri. Bahkan di agensinya, dalam seminggu mereka diberi PR untuk bisa buat 1 lagu, supaya bisa terus melatih skillnya. Lagu yang dibuat Ahn JiYoung yang judulnya “galaxy”pun pernah no.1 di chart musik Korea dan bahkan mereka dapet rookie award barengan sama BLACKPINK di tahun 2016 yang lalu. Aliran mereka cenderung indie chingu, tapi bagus, coba aja kalian search lagu2nya di youtube. Melodi mereka easy listening, enak didengerin. Gue juga lumayan ngikutin mereka sih, hehe. Mungkin ada dari kalian juga yah suka sama Bolbbalgan4? Hehe*
  • Kalo di album sebelumnya ada lagu “2!3!” yang ditujukan buat fans, di album ini juga ada chingu, yaitu lagu “piep piper”. Secara arti, “piep piper” tuh artinya “orang yang main suling”. Kayak di liriknya, lagu itu adalah apa yang pengen BTS bilang ke fans, cuman kali ini mereka mengekspresikannya dengan cara yang menarik. Dengan musik yang ada unsur2 kayak sulingnya gitu, sesuatu yang baru dari BTS chingu.
  • Dance DNA kali ini adalah yang paling melelahkan/sulit chingu. J-Hope sebagai pengarah dance anak2 BTSpun mengakui kalo dance kali ini tuh lebih advance levelnya. Dance BTS memang levelnya advance2, susah gitu, cuman yang ini lebih susah katanya. Ada gerakan2 tertentu yang sulit *apalagi yang gerakan di akhir2 itu ya, diliat aja ribet banget apalagi dipraktekin, hadeh~. Tapi memang ya, bukan dance BTS kalo mudah2 aja. Level dance mereka selalu advance. Kalo cewek tuh kayak GFriend gue rasa chingu, sulit banget juga kan itu dancenya, luar biasa. Gue rasa kalo masalah dance, GFriend itu kayak BTS versi cewek chingu. Gue rasa dari semua girlgroup KPOP, dancenya Gfriend tuh yang paling bagus tapi paling susah juga. 6 membernya hardworking banget itu, salut. Gue suka Gfriend itu dari comeback yang “love whisper” kemaren itu chingu. Dari situ gue mulai nonton MV2nya yang lain, perform2nya, variety show-nya, mereka di weekly idol dll terus lama2 jadi suka. Gue rasa mereka girlgroup yang hardworking banget, perfectionist banget juga di dance maupun singing, keren, salut. Gue suka ShinB chingu, seru gitu anaknya, bakat variety show-nya dapet banget. Gue juga suka Yerin, apalagi kemaren baru selesai nonton Law Of The Jungle yang ada Yerinnya. Salut chingu sama jiwa survivalnya Yerin. Dia itu strong banget, di hutanpun dia keren banget, ini jempol gue semuanya gue acungin ke dia lah. Jadi Yerin kan ikut LOTJ episode Pulau Komodo, Indonesia. Namanya di hutan kan cari makanan susah ya. Nah pas mereka sampe di gue gitu mereka nemu kayak biawak gitu dan Yerinlah yang mengkuliti biawaknya sampe bersih dan siap dipanggang buat dimakan semua member chingu. Padahal member2 cowok malah kayak segen gitu, kayak jijik gitu sama biawak. Cuman Yerin kuat dan bisa diandalkan. Terus Yerin juga ahli banget nyelam ke dasar laut gitu dan dia berhasil dapet kerang yang besar yang bisa dimakan member2 lain juga. Skill renangnyapun jagoan banget. Jadi dia sama HongBin VIXX sama actor namanya Kim TaeHwan diminta leader Kim ByungMan buat nyari kelapa di pulau sebelah. Jadi misal mereka di Pulau A sekarang basecamp-nya, nah mereka bertiga diminta ke Pulau B dengan berenang untuk nyari kelapa di sana. Mereka beneran berenang ke sana (manual) dan meskipun kena ombak2 (ngeri lhoh itu chingu) mereka tetep menyelesaikan sampai akhir. Itu gue salut banget, jjang lah itu Yerin. Bukan tipe idol biasa, dia keren banget. Ga cuman di nyanyi dan dance, tapi dia itu kayak depandable gitu chingu, bisa diandalkan dengan skill yang dia punya. Dia juga ga jaim chingu. Leader ByungMan di awal Yerin masuk juga bilang kalo dari semua idol yang pernah ke LOTJ, Yerin yang paling easy going. Dia pake fashion yang ga “supaya cantik” apa gimana tapi fashion yang bener2 menunjang supaya bisa survive di hutan dengan baik meskipun akan keliatan aneh atau “ga cantik”. Respect chingu gue sama Yerin, sama Gfriend juga secara umum*
  • Tentang MV DNA nih, Suga cerita kalo konsep MV kali ini lebih banyak menampilkan art wall yang sangat terang dan colorful, sehingga imagenyapun jadi youth banget chingu. Cocok banget buat anak muda. Jimin juga notice kalo MV ini lebih ke dance, lain dari MV2 sebelumnya yang suka pake acting *gue seneng juga sih BTS pake konsep yang youthful banget kek gini. Gimanapun kan BTS masih anak muda ya, jadi tetep cocok kalo mereka konsepnya kayak gini2. Meskipun mungkin value yang mereka sampaikan cukup serius/ dalam, cuman dikemas dengan cara yang young people bakalan suka. Gue suka chingu MV DNA itu, bagus*
  • RapMon cerita kalo anak2 BTS beberapa waktu lalu diberitahu staffnya kalo MV mereka mencetak rekor viewers lagi di youtube chingu *kalo ga salah 24 jam pertama berhasil ditonton 50 juta kali ya chingu, omaigat~. Gue nyumbang sekali ketika awal keluar itu chingu, pas viewersnya lagi puluhan itu gue udah nonton, cuman sekali aja, ga gue ulang2, hehe*. Nah, yang lucu J-Hope, jadi setelah RapMon ngomong kek gitu tiba2 dia serius banget nanya ke RapMon, gini “tapi ya, kenapa ya mereka itu suka kita?”. Itu J-Hope bener2 nanya serius ke RapMon chingu. RapMon menegaskan juga J-Hope waktu itu beneran nanya (ga kayak sedang bercanda/apalah). Iya, J-Hope sendiri bingung juga, kenapa kok banyak banget orang suka mereka. Dia pengen tahu apa charming point mereka sehingga bisa kayak gini *gue jadi inget liriknya lagu One Direction yang “you don’t know you beautiful, that’s what makes you beautiful”. Orang cantik biasanya ga ngerasa cantik kan? Tapi justru itu kadang yang membuat dia keliatan cantik. Ya dia natural aja, jadi dirinya sendiri, dan itu malah sering ditangkep orang malah cantik. Daripada yang harus pakai A-Z, yang gedhe banget effortnya. Orang pinter juga, biasanya malah ga terlalu peduli dengan itu, ya biasa aja. Dan bahkan ngerasa dia ga pinter, selalu ngerasa masih bodoh. J-Hope gue rasa di level kayak gitu juga chingu. To the extend sampe dia itu ga tahu kenapa kok dia bisa disukai banyak orang. Ya karena dia J-Hope. Orang suka dengan J-Hope yang menjadi dirinya sendiri. Yang hardworking, yang selalu bantu member2 buat ngedance yang baik, yang selalu berusaha ceria dan menghibur dll. Dia mungkin ga ngerasa, tapi orang bisa merasakan itu semua dan itu membuat dia akhirnya disukai banyak orang. Termasuk BTS, mungkin mereka juga bertanya2 kenapa kok orang bisa suka sama mereka. Ya karena mereka adalah BTS, karena mereka adalah bangtan dengan segala kerja kerasnya, skillnya, value2nya yang mereka berikan ke orang, performancenya, dancenya, musiknya, lucunya, cutenya dsb. Mereka bisa aja ga merasakan, tapi orang lain yang merasakan dan akhirnya bisa suka sama mereka. Mungkin mereka ngerasa “biasa aja”, tapi orang lain ngerasa itu ga biasa dan jadi factor untuk kagum dan suka sama mereka. Makanya bener chingu J-Hope nanya serius ke RapMon, karena memang biasanya orang kalo udah bener2 “keren” tuh bingung sendiri kenapa orang lain kok nganggepnya gitu, padahal ya biasa aja bagi mereka. Level yang gue rasa belum semua orang bisa merasakan chingu. Titik dimana kalian bingung kenapa orang bisa suka sama apa yang kalian bikin padahal kalian ngerasa masih biasa aja, hehe*
  • Nyambung sama J-Hope yang nanya serius ke RapMon tadi. Kalo menurut Suga, mereka bisa disukai banyak orang (terkenal dan bla bla bla) kareana beda dengan artis lain chingu. Mereka bukan tipikal artis variety show juga (jarang diajak, seringnya punya acara2 sendiri). Jadi mereka lebih ke perform & konser (aktifnya di panggung). Lagu2 di mini albumpun mereka banyak (9-10 bahkan). Ini beda dengan album2 artis lain untuk kategori mini album. Nah itu menurut Suga yang bikin mereka stand out dengan “cara yang berbeda”. Manajer DJ Cultwo Show inipun pernah bilang ke mereka bahwa musik BTS sangat bagus chingu. Jadi secara basic memang BTS punya musik yang bagus dulu chingu *setuju sih, gue rasa memang dari sisi musiknya dulu. Penyanyi kan tentang musik ya, tentang lagu. Kalo itu udah dipegang dulu, jumlah fans tentu akan mengikuti. Makanya dulu2 Suga kan suka minta Jungkook supaya lebih giat latihan nyanyinya supaya lebih bagus. Namanya penyanyi ya, apalagi hal utama yang dibahas kalo bukan nyanyi/musik/lagunya. Aspek yang lain penting, cuman yang utama kan tetep lagunya. Dance kalo lagunya sendiri ga asik apa bisa dancenya asik? Makanya dalam albumpun porsi lagi bener2 dimaksimalin kan sama mereka. Kalo mini album di album artis lain paling 5-an, ini bisa sampai hampir 2 kali lipatnya, udah kayak full album aja. Iya chingu, menurut gue BTS bisa sukses salah satunya karena bener2 niat banget di musiknya dulu. Musiknya mereka bagus, berkualitas (dengan skill rap/vocal yang mumpuni), sehingga bisa disukai banyak orang*
  • Ada chingu pendengar yang bilang di radio ini kalo “ibuku dan aku nonton videonya BTS (MV) dan dia bilang ‘mereka pasti berusaha keras banget (supaya bisa kayak gitu)’” *Gue rasa kalo ibu kalian nonton video2nya BTS juga bakalan ngasih komen serupa. Dance mereka susah sekali kan ya, effortnya gedhe banget. Dan DJnyapun mengiyakan. Tanpa usaha yang sangat keras dan besar, ga mungkin bisa kayak Bangtan. Ibaratnya mereka harus menumpahkan “darah, keringat dan airmata” dulu untuk hasil yang mereka capai sekarang.
  • BTS denger kalo nama mereka suka ada di buku pelajaran anak2 sekolah di Korea sana chingu, wkwk. Kayak di soal2 gitu. Misal ada teks dan ditanya siapa pelakunya, pilihan jawabannya itu suka “Jimin, JungKook” gitu, jadi nama2 mereka suka dipake buat nama2 pelajaran/soal di sekolah, haha. DJnya bilang kalo 20-30 tahun mendatang, bisa jadi BTS muncul di buku pelajaran sejarah anak sekolah di Korea. Ini karena BTS adalah grup yang sudah dikenal dan sukses secara internasional. Dan bahkan anak2 BTSpun bisa masuk ke buku2 biografi yang jadi bacaan wajib anak2 sekolah. Ya, karena Korea jadi terkenal ke seluruh dunia karena punya BTS. Meskipun BTS ngerasa itu berlebihan, cuman DJnya meyakinkan kalo itu sangat bisa terjadi. Contohnya aja buku biografi yang dibaca anak2 Korea sekarang (yang kaitannya sama orang2 berpengaruh di Korea), SeoTaeJi masuk di situ chingu. SeoTaeJi itu salah satu membernya adalah punya YG Entertainment (Yang HyunSuk) *membanggakan banget ya kalo bisa masuk ke buku sekolah. Biar mereka tahu juga kalo seni yang dibawa BTS itu mampu membuat Korea berjaya di kancah internasional. Biar jadi inspirasi anak2 muda Korea juga untuk tekun berlatih mencapai mimpi2 mereka kayak BTS*
  • Beberapa waktu yang lalu, anak2 BTS juga berkolaborasi dengan SeoTaeJi di konser ulangtahun SeoTaeJi yang ke-25 chingu. Sebelumnya, BTS juga sudah meremake lagu SeoTaeJi “come back home”, ada MVnya juga *Wah keren banget itu lagunya, salah satu favorit gue chingu, meaning lagunya menyemangati sekali*. Dalam konser kolabo kemaren yang tajuknya “Seotaeji & kids”, BTS perannya jadi “kids”nya chingu. Mereka seneng banget bisa kolaborasi sama legend sekelas SeoTaeJi, sebuah kehormatan. Member2 SeoTaeJi juga nyebut anak2 Bangtan itu “nak/anak/son” chingu. Karena selisih usianya udah kayak bapak anak, wkwk. Contohnya usia ayahnya JungKook cuman selisih satu tahun doang dari salah satu member SeoTaeJi. Oya, DJnya juga bilang kalo SeoTaeJi tergolong grup yang genius chingu. Meskipun lagu2 mereka lama, namun masih keren sampe sekarangpun *ga beda dong sama BTS, hehe. Kayak penerusnya yah chingu jadinya? Dua musisi beda generasi yang sama2 genius dan bersinar di eranya masing2*
  • Ini pertanyaan yang mungkin kalian ajukan juga ke BTS chingu. Jadi ada pendengar radio yang nanya ke BTS “anak2 BTS itu apa anak2 IPA ya? kok banyak banget lagu2 mereka yang judul2nya relate sama ilmu alam kayak “war of hormone”, “blood, sweat & tears” dan sekarang “dna””. Faktanya, anak2 BTS justru ga ada yang anak IPA chingu, mereka anak IPS dan anak Seni. RapMon, J-Hope, Suga dan Jin itu anak IPS semua. Sedangkan V, JungKook dan Jimin adalah anak sekolah seni. Kalo di SMA sana ada jurusan “igwa/science” dan “mungwa/social studies”, dan 4 member BTS “mungwa” semua kecuali Jimin, V, JungKook yang sekolahnya di sekolah seni *gue juga dulu anak IPS chingu, HIDUP ANAK IPS! Wkwk. Lagipula bukan berarti ya anak2 IPS ga bisa buat karya2 yang relate dengan pelajaran2 IPA? Hehe. Meskipun ga jadi ilmuwan, astronot, ahli kimia, fisika, matematika, biologi dsb, tapi tetep bisa menggunakan ilmu2 di science dari hasil baca buat bikin karya seni yang keren kayak BTS ini. Meskipun gue anak IPS, gue punya ketertarikan juga chingu tentang ilmu2 alam kayak astronomi dan biologi misalnya. Gue rasa IPA dan IPS sama aja sih asal kita memang passionnya di situ dan mau belajar giat di situ. Semua orang kan punya bakatnya masing2, punya DNAnya masing2, punya kecenderungannya masing2 untuk lebih bisa di IPA/IPS/Seni/Bahasa/STM/SMK dsb. Bukan masalah jenis2 itunya, tapi gimana bisa jadi versi terbaik dari diri sendiri di bidang itu. Dan itu cuman bisa dijawab dengan terus belajar dan berlatih. Gue rasa bukan jurusan IPA lebih bagus dari IPS atau sebaliknya, tapi gimana kita bisa maksimal aja di jurusan yang kita pilih/lebih kuasai itu. RapMon pernah bilang kan dia pernah dapet 0 di pelajaran matematika, cuman dia nilainya tinggi di bahasa Inggris misalnya. Makanya ya relate kalo dia anak IPS. Karena memang biasanya anak IPS tuh lemah di pelajaran science kayak matematika, kimia, fisika, biologi, cuman dia nilainya tinggi di pelajaran kayak bhs Inggris, sosiologi, sejarah dsb. Gue sama, gue kalo ulangan fisika itu nilainya “do-re-mi” chingu. Ulangan Kimia ya “fa-sol-la”. Rapor gue yang pelajaran2 IPA kayak matematika, fisika, kimia, biologi itu nilainya cuman 6 koma doang. Dapet matematika nilai 7 di rapor itu pas kelas XII aja. Meskipun fisika gue nilainya doremi, tapi kalo bhs Inggris nilai gue suka bagus chingu. Pas kelas XII pernah nilai gue di rapor itu 9 koma. Sejarah juga, di rapor pernah dapet 9 koma pas SMP dan di keterangannya tertulis “percepatan”. Kalo matematika biasanya tulisannya “remidi” wkwk. Gue ga bakat chingu buat ngerjain soal2 kimia fisika gitu2, tapi senang kalo diminta presentasi di depan kelas di pelajaran sosiologi (cerita tentang realita social), cerita story apa gitu pake bhs Inggris atau ngerjain soal2 sejarah. Padahal sejarah itu kan agak2 ruwet ya ngafalinnya karena banyak yang harus diketahui biar nyambung ceritanya, cuman gue malah percepatan ketika itu. Berarti DNA gue memang di IPS sejak awal, wkwk. Gue SMP SMA memang semangatnya di pelajaran2 social studies chingu. Favorit lah semua pelajaran social itu bagi gue, ditambah Bhs Inggris + TIK. Guepun salut chingu sama temen2 gue anak IPA yang pada keren banget ulangan matematika, fisika dan kimia bisa nilainya tinggi. Kok bisa ya? Wah daebak itu mereka~. Saran gue sih apapun jurusan/bidang yang kalian pilih, ditekuni aja dengan maksimal chingu, itu aja. Ga usah minder hanya karena nilai jelek di satu mata pelajaran/bidang, karena mungkin saja DNA kalian tuh di mata pelajaran/bidang yang lain. Temen gue ada yang matematika jelek, bhs Inggris jelek, tapi jago memanah, akhirnya jadi atlet panahan dan pelatih pahanan, keren kan? Berarti DNA dia itu di bidang olahraga. Suga misalnya, dia ngaku sendiri ga belajar dengan tekun untuk pelajaran2 sekolah tapi senengnya di musik. Karena tekun belajar musik akhirnya jadi musisi kelas dunia kayak sekarang, berarti DNAnya di musik. RapMon juga, gapapa dapet nilai kurang maksimal di matematika, karena jago bhs Inggris bisa jadi rapper terkenal, kelas dunia. Find your DNA lah kayak postingan gue yang kemaren2 itu chingu. DNA kalian dimana dan kalian berusaha jadi versi terbaik dari diri kalian dengan DNA itu. Ini nasehat buat gue juga sih. Gue harus memaksimalkan DNA gue juga untuk jadi manusia yang lebih baik. Semangat buat kita semua, Fighting!!! ^^

*Bagi kalian yang pengen beli albumnya BTS (atau album2 lain) dan buku2 gue, bisa langsung hubungi gue di 0882-1657-4341 (WA/SMS) yah. Kita bisa komunikasi lewat situ chingu. Kamsahamnidang~ ^^

#Peace #Love #Happiness

#Live #Love #Learn #Laugh

#Share #Respect #Inspire

#StayGold #StayTrue #StayReal

Komentar
  1. Rosy berkata:

    Kalau aku suka sama Gfriend pas liat performnya mereka di weekly idol pas promo lagu Navillera, mereka ngedance lagu itu pake 2x speednya dan itu keren banget sampai BToB, GOT7, Twice kagum sama Gfriend ini. Di lagu Love Whisper ini mereka kerjasama koreografernya BTS, makanya dance juga sulit banget.
    BTS ini emang keren dari segala aspek. Yang bikin aku jatuh cinta sama mereka pas liat mv Haruman, terus kalo di radio aku sering denger bnyk yg request lagu Danger sampe penasaran terus cari mv lagu itu di youtube dan langsung shock sama dancenya mereka yg sulit sekaligus keren. Aku juga suka sama mereka karena mereka itu apa adanya pas liat BTS Bomb dimana mereka lipsyng(maaf kalo salah nulis ) lagunya Big Bang/Taeyang disitu Suga sama Rapmon maksa banget sampe para member ketawa liatin mereka apalagi ekspresinya Rapmon yg sukses bikin ketawa.

  2. Ray berkata:

    Aku anak IPA kak, tp kadang gk suka sama pelajaran IPA itu sendiri. Habisnya susah 😂. Weh aku kira Suga itu anak IPA, aku ngrasa dia pinter aja 😂😂

    • lindashin berkata:

      Dia di Cultwo Show ini malah suka cerita kalo pas sekolah itu ga bener2 belajar, soalnya lebih fokus ke musik chingu. Bukan tipikal anak yg rajin belajar dan pinter di sekolah chingu, hehe.

  3. Iin berkata:

    Ngga nyangka yg ngajakin kolab chainsmokers… Langsung bikin 10 lgi hahaa niat banget yah… Jjang lah..
    Aku sukaaaaaa bangettttt sama Bolballgan4…lagunya asik2 banget,, suara mereka itu cute2 gimanaa gitu anak remaja banget lah selain itu bolballgan4 itu mirip2 kya BTS gitu klo baca blognya kak lin yg ttg bolballgan itu yakin deh pasti bkalan ngrasa mreka mirip bangtan kkkkkkk…
    Klo Gfriend aku suka mereka dri merka debut ka,, lagunya asik2 jga soalnya, easy listening wlopun bnyak yg bilang klo tipe musiknya gfriend itu gitu2 mulu, ngebosenin tpi menurutku justru itu style musiknya Gfriend.. Kyak bangtan/bolballgan yg jga punya style sendiri di musik mreka. Udah gitu dance2 lagunya Gfriend jga Bagus2 lumayan rumit tpi sinkron kya BTS.
    BTS dengan segala kelebihannya bikin mereka selalu all out, nyetak rekor dimana2 sampe di bikin berita sama grammy lagi.. Mudah2an sih mreka beneran di undang di grammy.. Aminn..
    Jhope aja sampe bingung knapa gitu banyak yg suka mereka, tipe orang yg ngga sombong kyaknya hehee… Ngga merasa tinggi. SekarangMV DNA udah mau 100M.. Daebakkk.. Setuju lah kak klo BTS itu kyak penerusnya SeoTaeJi di era sekarang… BTS bkalan jdi Legend di industri musik korea.. Mskipun nantinya merka ngga se tenar sekarang tpi namanya bkalan ttp melekat di masyarakat.
    Aku juga sih lemah banget di pelajaran itung2an kyak matematika, fisika, kimia jga pkoknya paling males lah pelajaran itu bawaanya lemes klo udah nyangkut itung2an hahahaa… Klo Ips jga males,, harus ngapalin kalimat2 panjang, mesti ngapalin sejarah ini sejarah itu, politik dll wkwkwkwk paling sukaaaa pelajaran B. Inggris sama ipa biologi… Nilai di ujian akhir paling gede malah b. Inggris alhamdulillah dpet 8, pdahal yg lain kbanyakan 6 kkkkkkk… Segala sesuatu ngga selalu sempurna… Ada kelebihan dan kekurangan sebodoh2nya orang psti ada satu hal yg dia pling bisa kuasai…

Tinggalkan Balasan

