Fakta-Fakta BTS Part 281 (DNA Member2 BTS)

Posted: Oktober 11, 2017 in About BTS
Tag:

2! 3! BANG! TAN!

Source: Video: [ENG SUB] BTS Comeback Show (Credit: MNET, subbed: dramabus), [ENG SUB]171003 (방탄소년단) BTS SHOW CHAMPION BEHIND FULL (Credit: MBC, subbed: starry tae)

“If you don’t love yourself, you can never love others” – RapMon

“Jika kamu tidak mencintai dirimu sendiri, maka kamu tidak akan pernah bisa mencintai orang lain”

Quote yang keren yah? Dan, bener banget kan ya kata2 ini, bahwa orang yang ga mencintai dirinya sendiri ga akan pernah bisa mencintai orang lain. Karena mencintai orang lain itu adalah implementasi dari mencintai diri sendiri sebenernya. Siapa yang paling perlu kita kasihani? Orang lain atau diri sendiri? Diri sendiri. Lalu, apa hubungannya dengan orang lain? Analoginya gini. Tanyakan analogi ini ke diri kalian masing2 chingu. Apa alasan orang ikut volunteer, kegiatan amal atau menolong orang yang kesusahan misalnya? Kasihan, pada intinya jawabannya itu kan? Lalu, kasihannya sama siapa sih? Menurut gue kasiannya adalah sama dirinya sendiri chingu. Lhoh kok bisa? karena, jika dia tidak menolongnya, hatinya sendirilah yang akan ngerasa ga nyaman. Maka banyak orang bilang nolong orang adalah panggilan hati nuraninya. Udah reflek aja. Memang normalnya kayak gitu. Hati pasti akan ngerasa ga enak, ga nyaman & ada yang salah kalo ngeliat orang susah/sedih, lalu jadi tergerak untuk pengen nolong. Dan kita pasti akan bahagia dan damai kalo udah nolong mereka. Kecuali hatinya udah kotor/busuk lho ya, mungkin akan acuh aja, ga ngerasain apa2. Jangan sampe hati jadi kayak gitu.

Pernah ga kalian ngeliat persahabatan hewan2 di youtube? Hewan aja mau nolong, masa manusia enggak? Ya, kita sendirilah yang rugi sebenernya kalo ga nolong orang tuh. Siapa yang mau hidupnya ngeganjel ga enak? Siapa yang mau hidupnya ga nyaman? Siapa yang hidupnya dihantui rasa bersalah? Ga ada. Makanya kita bisa lihat orang berbondong2 nolong korban bencana, nyumbang ke panti asuhan dan neriakin orang yang mau bunuh diri dari tower dsb. Itu karena hati mereka tergerak untuk melindungi diri sendiri dengan cara seperti itu. Memang apa yang kasat mata tuh mereka nolong orang lain, tapi bagi gue mereka justru sedang nolong diri mereka sendiri chingu. Dengan melakukan itu, mereka akan bisa lepas dari rasa ngeganjel, rasa ga nyaman dan rasa bersalah. Bahkan, hidupnya akan jadi lebih damai dan bahagia. Bayangin gimana ga enaknya perasaan kalian kalo ada orang yang jelas2 bisa kalian tolong tapi jadi ga tertolong karena kalian ga mau nolong? Gue yakin rasa bersalah itu akan membekas selamanya chingu.

Lalu, siapa yang lebih untung ketika nolong orang kalo gitu? Jawabannya jelas diri kita sendiri kan? Berarti kalo orang memang cinta sama dirinya sendiri, otomatis dia akan cinta sama orang lain juga. Dan, cinta itu universal kan? Ga cuman cinta dalam arti couple kan ya. Bisa ga penemu penisilin itu kita bilang dia mencintai orang lain juga? Ya, dengan obat yang dibuatnya, dia bisa nolong banyak orang. Karena cinta dengan orang lain, cinta pada kesembuhan orang lain, makanya terus melakukan penelitian untuk kemajuan medis demi kebaikan masyarakat luas. Gue ga sekolah medis chingu, cuman pasti tujuan utama medis adalah untuk menolong orang. Dan pasti jiwa akan bahagia dan damai kalo udah bisa nolong orang. Diri sendiri kalian aja. Apa perasaan yang kalian rasakan ketika udah bisa nolong orang lain? Sesimple itu.

Sebaliknya, orang yang ga cinta sama dirinya sendiri, dia ga akan kepikiran juga buat mencintai orang lain. Orang yang ga cinta sama dirinya sendiri berarti rela hidupnya ga tenang, hidupnya ga nyaman, hidupnya ngeganjel, bertentangan dengan hati nuraninya. Bayangin, dia aja rela hidupnya kayak gitu, masa dia ga rela hidupnya orang lain sama? Logis kan? Dia sendiri aja rela lhoh “menderita”, apalagi orang lain? Makanya ketika orang udah ga cinta sama dirinya sendiri, dia juga ga akan ada gagasan buat mencintai orang lain. Ga akan pernah bisa mencintai orang lain. Dirinya yang paling berharga aja dikorbankan, apalagi “cuman” orang lain? Sedangkan dia ga tahu kalo sumber sembuhnya, sumber bahagianya dan sumber damainya itu justru ketika dia melakukan hal yang sama ke orang lain. Itu udah ga bisa ditawar. Rumusnya udah kayak gitu. Jangan sampe ya chingu kita jadi pribadi yang mengorbankan diri kita sendiri kayak gitu? Parah kan itu? Keyword #Love_Yourself itu bener banget. Penting sekali keyword itu. Muaranya tetep itu, akan selalu itu. Bahwa kebaikan yang kita lakukan itu akan kita sendiri kok yang dapetin manfaatnya.

“jika kamu berbuat baik, berarti kamu berbuat baik untuk dirimu sendiri. Dan jika kamu berbuat jahat, maka kerugian itu untuk dirimu sendiri..” – Al Quran Surat Al Isra’ ayat 7

Kita ga akan bisa nglepasin filsafat sama agama chingu. Kata2 RapMon yang “suka benar”, penuh filosofi itu gue rasa bisa tetep relate dengan ajaran agama kok. Humanisme, filsafat, agama, itu relate satu sama lain. Jadi di intro ini intinya kalo kalian cinta sama diri kalian, maka cintai orang lain. Kalian yang ga cinta ke diri sendiri mustahil bisa cinta sama orang lain. Bagus banget itu BTS bikin series tema #Love_Yourself. Secara ga langsung menyebarkan nilai2/values humanisme ke orang. Nilai2 yang positif menurut gue. Nilai2 yang gue rasa mungkin di jaman sekarang ini jarang orang yang suka ekspos. Padahal itu nilai2 dasar yang penting. Bukan cuman seneng sama lagu2nya yang bagus, musiknya yang bagus, dancenya yang bagus, cuman bisa tambah aware juga sama2 hal2 kayak gini. Terimakasih BTS!

Kalo kemaren gue udah ada bahasan tentang DNA-nya Suga dan sedikit banyak tentang DNA, sekarang gue mau lanjut ke DNA2 member BTS yang lain chingu. Masih ingat kan apa DNAnya Suga? Musik. Kalian sendiri udah nemu DNA belum nih? Ayo dicari! Hehe. Setelah tahu DNAnya apa, terus dipelajari, dilatih, sehingga bisa menjadi versi terbaik dari diri kalian sendiri. Gue ulang2 ya kalimat ini, wkwk. Karena menurut gue ini paling penting chingu. DNA yang udah dikasih Tuhan melalui orangtua kita harusnya bisa kita temukan dan kita maksimalkan supaya bisa bermanfaat ga hanya bagi diri kita sendiri tapi juga orang lain.

  • Ngomongin tentang DNA, V ngerasa kalo DNA-nya dia adalah punya taste dan sense pada fashion yang bagus chingu. V fashionista banget kan itu. Meskipun bajunya agak2 aneh cuman tetep keren aja kalo yang pake V, hehe. V suka koleksi dasi chingu. Banyak banget dasi di lemarinya. Selain itu, V juga suka sama baju2. Ga harus mahal lhoh, di comeback show #Love_Yourself di MNET kemaren, V bilang kalo dia habis beli baju2 yang harganya 6.000 won aja. Kalo dirupiahin ya sekitar 60.000 rupiah. Ada kan baju2 yang meskipun murah cuman tetep bagus? Hehe. V juga suka fotografi chingu. Udah kayak fotografer professional juga hasilnya. Dia suka pake mono di fotografi. Dia pernah cerita sama hobinya ini di acara “Knowing Brother” kamaren. Gue capture fotonya di bawah *Masih inget ga chingu sama 9 tipe kecerdasan menurut Howard Gardner? Orang cerdas itu ga hanya yang pinter matematika lhoh. Ada namanya cerdas visual-spatial yang artinya dia cerdas di bidang gambar (2D) dan juga 3D. Bisa jadi V memang punya kecerdasan di bidang gambar, visual, foto dsb. Makanya seneng sama gambar dan juga fashion*
  • Kalo menurut RapMon nih, DNA V adalah seseorang yang keliatan “bodoh” cuman kalian ga bisa membencinya, wkwk. Jadi meskipun V suka bicara atau bertindak yang kayak weirdo gitu, cuman malah buat orang tertarik gitu ngeliatnya *iya memang kayak alien kan V itu, sulit ditebak, 4D, wkwk*. Bagi JungKook, V punya semacam free spririted (jiwa kebebasan) chingu. Kamarnya mencerminkan dia banget chingu. Tempat tidurnya simple, warna hitam minimalis gitu. Beda misalnya sama Jimin yang kamarnya lebih “konvensional”, haha.
  • Bagaimana dengan DNA Jimin? Bagi Jin, DNA Jimin adalah anak yang baik chingu. J-Hope juga, baginya Jimin adalah adik yang baik. Bagi RapMon, Jimin adalah anak yang masih muda cuman matang (young adult). RapMon bilang kalo dia respect sama Jimin chingu. Diantara semua member, RapMon rasa mungkin Jiminlah yang paling dewasa katanya *widih Jiminaaaa~ keren!!!*. Keliatan ya dari carenya sama TaeHyung kayak postingan gue sebelum ini chingu. Dewasa si Jimin ini, temen yang baik, keren *gue rasa kalo dalam tipe kecerdasan, Jimin ini cerdas interpersonal atau cerdas manusia chingu. Dia bisa berinteraksi dengan manusia lain dengan baik. Dia punya careness yang tinggi sama temen, pengertian, pemberi solusi, penyemangat, keren! Orang kayak Jimin pasti yang cinta banyak*
  • Ada cerita tentang care-nya Jimin lagi chingu. Jadi Jimin dan J-Hope kan sekamar. Nah, J-Hope itu ternyata suka ketiduran pas main games. Ketika tahu J-Hope tidur, dia nge-off-in suara komputernya dan bikin keyboardnya ga bersuara, supaya ga ganggu J-Hope yang tidur *karakternya keren chingu, patut dicontoh, keren! Orang yang care sama temen itu bagi gue bukan hanya orang baik tapi adalah orang cerdas*
  • Bagi JungKook, Jimin adalah hyung yang dulu terbiasa mencoba sangat keras/berusaha sangat keras chingu. Jiminpun mengakuinya. Dibanding yang dulu, sekarang dia lebih banyak main katanya, lebih banyak keluar juga. Kalo dulu, dia menghabiskan banyak sekali waktu di studio. Bahkan jika dia punya waktu istirahat, dia merasa harus ke studio. Bahkan waktu yang bisa buat tidurpun dia ngerasa harus ke studio. Tujuannya apa? Supaya bisa lebih banyak berlatih chingu. Cuman lama2 dia mikir juga kenapa harus melakukan itu? Hingga pada akhirnya dia sadar bahwa cara dia supaya bisa mengurangi stress adalah dengan bertemu dengan orang2 yang pengen dia temui. Makanya setelah itu dia lebih ngerasa harus istirahat juga. Kalo waktunya istirahat dia ya istirahat atau main, untuk menghilangkan stress. Dengan begitu, dia dapat lebih fokus pada pekerjaannya juga. Konklusinya Jimin = work hard, play hard chingu.
  • Gimana dengan Jin? Bagi JungKook, DNA-nya Jin adalah hidup dengan bahagia chingu. Tipe orang yang mencoba untuk hidup bahagia *iya yah, kayak dibikin santai banget Jin itu, wkwk. Dibikin santai aja apa2 keliatannya, meskipun ga tahu juga aslinya gimana. Gue rasa dalam 9 tipe kecerdasan si Jin ini termasuk cerdas interpersonal juga chingu, kayak Jimin. Dia kan orangnya care juga sama temen. Kayak “eomma”nya BTS. Bisa ngemong adik2nya juga di BTS, keren! Jin kan temen2nya banyak juga ya itu*
  • Gimana dengan RapMon? Bagi Jin, DNA RapMon adalah semacam “ceroboh” chingu. Bagi Jimin juga mirip2, ceroboh. Bagi Jungkook, RapMon adalah orang yang ketika udah terjun ke satu hal, dia bakalan terjun dalam ke hal itu *kalo RapMon udah ga usah panjang lebar ya, jelas dia ini yang paling dominan adalah cerdas verbal-lingustic atau cerdas bahasa. Baik ngomong, ngerap, nulis, dia jagoan semua*
  • Bagaimana dengan J-Hope? Bagi Jin, J-Hope adalah orang yang keren chingu. Bagi Suga, J-Hope juga adalah orang yang luar biasa/amazing. Kenapa? Karena J-Hope bukan orang yang sejak awal mengejar karir di musik, namun mau bekerja keras dan akhirnya bisa. JungKook juga ngerasa sama. J-Hope adalah orang yang akan bekerja sangat keras untuk meraih tujuannya chingu. J-Hope juga suka chingu bikin lagu, cuman dia tipe yang cenderung memakan banyak waktu karena satu persatu dibuat biar match satu sama lain. J-Hope juga punya studio sendiri dan baca maupun nonton film di sana. Kalo V, bagi dia J-Hope adalah member yang suka “ayo semangat, fighting, fighting!” duluan ketika member2 lain lelah. Dan V sangat senang dengan itu. RapMon bilang bahwa J-Hope itu malah kayak leader di grup itu *leadershipnya bagus juga itu J-Hope. Care juga sama member2, terutama pas ngajarin dance. Gue rasa J-Hope dominannya di cerdas bodily-kinesthetic atau cerdas badan chingu. Jadi ngedancepun dia jago banget kan? Udah ga perlu diraguin skill dancenya. Bahkan temen2nya ngafalin gerakan berjam2 dia 10 menit aja udah hafal kan, daebak!*
  • Bagaimana dengan JungKook? Suga bilang bahwa sebelumnya dia ga pernah ngeliat orang seberbakat JungKook chingu. J-Hope juga bilang kalo JungKook mah ga perlu keknya banyak dikomentarin (udah bagus banget soalnya). Dan bagi RapMon, JungKook itu kayak DNA-nya BTS *bener ya RapMon, JungKook kayak representatifnya BTS. Serba bisa kan BTS juga? Ga cuman di satu bidang tapi bidang2 yang lain. Kalo dari tipe kecerdasan, gue rasa JungKook memang banyak bisanya chingu. Mulai dari cerdas badan (bodily-kinesthetic) karena jago dance, cerdas musik (musical) dan juga visual (bisa gambar juga kan itu JungKook, gambar yang smart juga). Dan mungkin cerdas2 yang lain juga. Memang banyak bisanya ini, golden maknae*
  • Ketika ditanya apa DNA dari orangtua RapMon yang RapMon berterimakasih karena punya DNA itu juga, di bilang tinggi badan, badan yang proporsional, kulit, tangan dan juga suara yang bagus chingu. Iyah, di Knowing Brother kemaren juga ada yang bilang kalo jari2 RapMon tuh indah banget chingu. Gue capture gambarnya di bawah yah~. RapMon berterimakasih sama DNA yang udah “diturunkan” oleh orangtuanya ke dia chingu. Dan dia juga bilang akan bekerja keras untuk “membayar” DNA yang udah diturunkan ke dia itu *yes! antara anak dan orangtua tuh pasti ada samanya, karena DNA tadi. Makanya DNA itu takdir juga. Kalian pasti juga punya kesamaan sama orangtua kalian. Entah rambutnya, warna kulitnya, bentuk hidung, mata, dsb. Dan yang jelas, harus bersyukur dengan itu kayak kata RapMon tadi. Selalu berterimakasih sama orangtua yang udah ngerawat kita, jadi perantara DNA dari Tuhan juga ke kita. Iya kan? DNA dari Tuhan diwariskan dengan perantara orangtua kita. Dengan DNA yang beragam (masing2 orang unik), kita harusnya bisa menemukan itu lalu memaksimalkannya untuk jadi versi terbaik dari diri kita. Makanya bener itu kata orang, kalo sukses ga boleh lupa sama orangtua, karena bagaimanapun ada DNA dari mereka yang jadi faktor suksesnya kita di suatu bidang. Entah fisik, entah skill, ada DNA dari orangtua/family tree kita ke kita. Dari lagu DNA bisa merenungi banyak hal yah jadinya? Seneng chingu…*
  • Kalo JungKook, dia rasa DNA yang paling dia syukuri dari orangtuanya adalah kemampuan untuk bisa banyak hal chingu *golden maknae kan ya, apa2 bisa~ jjang!*
  • Kalo J-Hope, dia rasa DNA favoritnya adalah ritme alami yang ada dalam tubuhnya (sehingga jago ngedance).
  • Nah kalo Jimin, DNA favoritnya adalah kelopak mata bagian atas, bibirnya yang tebel sama tinggi badannya chingu. Meskipun pas ditanya DNA Rapmon yang mana yang dia pengen punya, dia bilang pengen dapet 3 cm aja tinggi badan RapMon, haha.
  • Kalo V, dia rasa hidungnya yang besar adalah turunan dari ayahnya yang hidungnya juga sangat besar chingu. Kalo Suga, dia rasa bentuk matanya ketika tersenyum mirip sama ayahnya. Nah pas ditanya DNA yang Suga pengen dari RapMon, dia bilang tinggi badan RapMon. Dan ketika ditanya hal yang sama, V ngejawab otaknya RapMon. Suga juga setuju. Kata mereka kalo punya otak secerdas RapMon maka bisa “menaklukkan dunia” haha #apadeh

Iya chingu, jadi jangan salah ya (gue ulangi lagi deh, dulu udah pernah gue bahas juga tentang 9 kecerdasan Howard Gardner ini). Ada 9 tipe kecerdasan chingu. Jadi jangan sedih hanya karena nilai matematika ga bagus misalnya, siapa tahu kalian memang cerdasnya ga di bidang itu, tapi di bidng yang lain. 9 Kecerdasan itu adalah:

  1. Natural Smart (Cerdas Alam). Kecerdasan ini berarti dia bisa banget dalam memahami seputar alam dan makhluk hidup. Cocok kalo jadi ahli tanaman, ahli biologi, florist, peternak, petani dan koki misalnya.
  2. Music Smart (Cerdas Musik). Kecerdasan ini berarti dia kompeten banget dalam bidang yang ada hubungannya dengan musik kayak nyanyi, main alat musik, bikin lagu, peka terhadap nada dsb. Cocok kalo jadi musisi, penyanyi, rapper, produser musik dsb. Suga banget ini yah.
  3. Logic-Mathematic Smart (Cerdas Logika-Matematika). Kecerdasan ini berarti orang itu pinter ngitung, memecahkan masalah secara logis, berfikir scientific, meneliti dsb. Cocok kalo jadi ilmuwan dan programmers misalnya.
  4. Eksistential Smart (Cerdas Eksistensi). Kecerdasan ini berarti dia suka berfikir ala2 filsuf gitu. Dia suka tergelitik untuk menanyakan eksistensinya sebagai manusia. Kenapa gue hidup? Kenapa gue nanti mati? Bagaimana setelah gue nanti mati? Yang kayak gitu2 chingu. Orang dengan kecerdasan ini misalnya adalah pemuka agama dan filsuf.
  5. People Smart/Interpersonal smart (Cerdas Manusia). Berarti orang ini mampu memahami apa yang orang lain katakan, bahasa tubuhnya, ekspresinya. Dia mampu buat menginterpretasikannya dengan tepat. Dia punya senses yang tinggi ke perasaan orang lain dan bisa sekaligus memotivasi orang lain itu juga chingu. Ya kayak Jimin tadi chingu, dia bisa paham banget apa yang V katakan dan bisa support V juga sebagai sahabat. Orang yang cerdas kayak gini biasanya jadi guru, konselor.
  6. Body/Kinesthetic smart (Cerdas Tubuh/Kinestetik). Orang yang cerdas di hal ini punya kemampuan menggunakan tubuhnya untuk skill fisik kayak olahraga dan dance. Dia cerdas dalam mengkoordinasikan antara pikiran dan tubuhnya. Biasanya orang yang cerdas kayak gini jadi dancer, actor, mekanik, seniman craft misalnya.
  7. Lingustic smart (Cerdas bahasa). Orang yang cerdas di bidang ini kayak RapMon itu chingu. Dia punya kemampuan yang tinggi dalam hal kayak menulis, membaca, berbicara, bisa mengapresiasi istilah2/diksi2/arti2 yang kompleks. Dia juga pinter milih diksi (pilihan kata) tersebut untuk mengekspresikan apa maksud dia ke orang. Dia pinter dalam mengungkapkan sesuatu lewat bicara maupun tulisan. Orang yang cerdas kayak gini cocok jadi penulis, rapper, pembuat puisi, pembicara, orator dan pengacara misalnya.
  8. Self/Intrapersonal smart (Cerdas Diri Sendiri/Intrapersonal). Orang yang ceras di bidang ini berarti mampu memahami dirinya sendiri dan dengan itu dia gunakan buat mengarahkan hidup orang lain chingu. Dia bener2 paham sama dirinya sendiri. Apa yang dia rasakan, apa yang dia inginkan, dia sangat memahaminya. Biasanya orang yang cerdas di bidang ini jadi penulis, actor atau artis (seniman, musisi)
  9. Spatial-Visual Smart (Cerdas gambar dan visual). Orang kayak gini berarti bisa berfikir dalam 3 dimensi. Cerdas di bidang yang ada hubungannya sama gambar lah. Cocok kalo jadi artistek, fashion designer, fotografer, illustrator, ahli pahat, pilot, pemain catur, ahli mesin dsb.

Nah sekarang, cerdas kalian itu yangmana? Gue pernah iseng nanya ke temen2 chingu dan mayoritas mereka bilang gue cerdas bahasa. Cuman ada juga yang bilang gue cerdas alam, cerdas eksistensi sama cerdas diri sendiri (intrapersonal). Tapi itu 1-2 orang aja, sisanya lebih ke bahasa katanya. Menurut gue temen gue ada benernya juga. Selain bahasa, gue juga suka sama alam (pohon, bunga), suka juga sama memahami diri sendiri (intrapersonal) dan nanya hal2 ala2 filsuf gitu (eksistensial). Ya semoga aja dengan itu semua (yang gue anggep juga DNA gue), gue bisa menjadi versi terbaik dari gue ya chingu. Kalianpun sama, semoga bisa menjadi versi terbaik dari diri kalian sendiri dengan DNA kalian. Tanya aja ke temen2 kalian lebih ke cerdas apa kalian itu. Tanya guru BP/BK juga bisa. Harusnya beliau2 paham yang gini2. Atau tanya ke temen2 kalian yang lagi kuliah/lulusan psikologi. Siapa tahu itu DNAnya kalian juga kan? hehe. Siapa tahu jawaban temen kalian sama kayak skill yang kalian bisa dan ternyata match juga sama family tree kalian. Berarti kan DNA proven, hehe. Makin yakin jadinya tentang DNA kalian. Oya, bisa jadi chingu kalian dapet banyak jawaban. Kayak RapMon misalnya. Selain cerdas bahasa, dia juga cerdas eksistensial juga (suka merenung makna hidup kayak filsuf2) dan intrapersonal (memahami diri sendiri), makanya bahkan juga pernah bilang mau jadi penulis juga, karena memang cocok dengan tipe kecerdasan dia. Dia jadi rapper itu sama aja dengan jadi penulis kan? Nulis lirik, milih diksi, bikin rima. Jimin misalnya, selain cerdas interpersonal (cerdas manusia), dia juga ngedancenya keren (cerdas kinestetik/tubuh). Bisa jadi lebih dari 1, tapi pasti ada yang dominan. Selamat menemukan DNA kalian chingu, fighting!!! ^^

….

*Bagi kalian yang pengen beli albumnya BTS (atau album2 lain) dan buku2 gue, bisa langsung hubungi gue di 0882-1657-4341 (WA/SMS) yah. Kita bisa komunikasi lewat situ chingu. Kamsahamnidang~

[ENG SUB] BTS Comeback Show.mp4_000045500

10

#Peace #Love #Happiness

#Live #Love #Learn #Laugh

#Share #Respect #Inspire

#StayGold #StayTrue #StayReal

Iklan
Komentar
  1. nurfian berkata:

    mbak, makasih udah bikin tulisan ini..
    melihat betapa bersyukurnya mereka sama apa yg ada di diri mereka, kurang lebihnya, mereka syukuri itu.. malah jadi ciri khasnya mereka. semakin meyakinkan bahwa mereka tidak oplas..
    bikin ku makin respect.
    jujur ku gak suka sama artis yg oplas.. kan gak sedikit tuh.. respect ku akan hilang. kayak apa yg tertulis diatas, gimana kita bisa mencintai dan menghargai orang lain kalo sama diri sendiri aja gak bisa..
    misal kita bikin lagu tentang Love Yourself tapi kita sendiri gak bisa menerapkannya.. maka lagu/karyanya itu hanya sebuah omong kosong.
    mungkin itu juga yg bikin mbak bisa nangkep pesan yg BTS sampaikan..
    kalo aku gitu mbak, klo pesannya relate ke diri mereka sendiri maka aku akan paham dan respect..
    makasih sekali lagi mbak Linda selalu share pemikiran mbak tentang BTS.. karena susah nemu blog yg kayak begini hehee
    semangat terus mbak! 😀

  2. yolanda berkata:

    maaf thor sebelumnya aku gk komen tentang ini.tapi aku cuman mau bilang aku kangen aja gtu fakta2 seventeen yg author tulis tapi klau emang author gk sempet ya udah sih aku juga harus ngerti aku juga mau bilang makasih ya sama semua tulisan fakta seventeen yg author buat selama ini.

  3. Sthreeora V berkata:

    Hai Chingu, Ku suka deh sama tulisannya. Kemarin ga sengaja nemu pas cari arti seagull nya Kookie. Dan I feel blessed banget bisa nemu tulisan tulisan kamu. Tapi sedihnya ini udah beratus ratus part. 😭 gimana mau baca dari awal scrollnya kejauhan. Btw aku baru jadi army waktu liat BTS menang award di Billboard. Never know kpop before. Tapi BTS lgsg ambil alih hati aku :’) wkwk. Udah sering aku baca tentang facts mereka, tapi cara penulisan dan penyampaian chingu aku suka. Seriusss… ❤ keep update yahhhh😍 Jjang!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s