Catatan Bolbbalgan4 #6 (Bolbbalgan4 X Red Diary Page 1)

Posted: Oktober 26, 2017 in About Bolbbalgan4
Tag:

Annyeong Haseyo~ Bolbbalgan Sachungi Imnida ^^

Source: Live ONE(라이브원)_ Full ver. Bolbbalgan4(볼빨간사춘기) _ Some( 탈꺼야) (Credit: Melon & 1TheK Live ONE), 171003 @컬투쇼 Bolbbalgan4(볼빨간사춘기) 안지영, 우지윤 토크@cultwoshow talk@JiYoung An & JiYoon Woo (Credit: Cultwo Show SBS, upload: OW N), 구름 위를 둥둥 with 볼빨간사춘기 full ver. _171011[김예원의 볼륨을 높여요] (Credit: KBS), 171017 The Show 볼빨간사춘기(Bolbbalgan4) 1 앵콜무대 (Credit: SBS, uploaded: RED PLANET)

Setelah di tahun 2016 yang lalu Bolbbalgan4 merilis full album pertama mereka “Red Planet” dan bahkan dapat award Rookie Of The Year dari beberapa ajang penghargaan musik Korea, di tahun 2017 ini mereka comeback dengan mini album “Red Diary page 1” 28 Oktober 2017 lalu chingu. Ya, Bolbbalgan4 memang dikenal sebagai duo dengan lagu2 yang enak didengar, melodinya “cerah” dan liriknyapun indah. Ahn JiYoung (vocalist Bolbbalgan4)pun punya suara yang unik. Selain menyanyi, dia juga adalah pencipta lagu chingu. Banyak track di album “Red Planet” yang dia ciptakan sendiri baik musik dan liriknya. Ya, JinYoung adalah salah satu singer-songwriter berbakat Korea.  Bolbbalgan4 sendiri adalah jebolah dari superstarK chingu. Untuk tahu sedikit banyak tentang mereka, gue udah ngulas mereka dalam 5 postingan sejauh ini di blog ini. Kalian bisa baca di catatan gue tentang Bolbbalgan4 yang lain di sini chingu ^^

Sama kayak lagu “galaxy” yang 2016 lalu ngehits banget di Korea, lagu terbaru mereka yang judulnya “some” (title track album “Red Diary” Page 1) juga ngehits banget di Korea. Lagu ini katanya sering banget diplay dimana2. Lagu ini juga ciptaan Ahn JiYoung chingu. Nah biar lebih jelas tentang seputar comeback mereka kali ini, gue mau nulis beberapa catatan yang gue resume dari video2 mereka chingu.

Oya, sebelumnya kalian udah tahu kan kalo Bolbbalgan4 juga masuk ke beberapa nomasi MAMA 2017? Ya, Bolbbalgan masuk ke dalam nominasi Best OST dengan lagu “you and me from the start” dan juga masuk nominasi Best Vocal Performance Group dengan lagu mereka “Tell Me You Love Me”. Gue berharap Bolbbalgan4 bisa menang chingu. Ayo buat kalian yang suka mereka, jangan lupa vote mereka juga di sini yah http://mwave.interest.me/en/mama. Gue pribadi suka sekali sama lagu2 dan vocal mereka chingu, enak gitu didengerin, feelnya juga “sachungi” banget, ungkapan perasaan remaja yang masih polos, jujur. JiYoung juga dengan stage act-nya yang simple tapi “kena” bikin gue tambah ngefans chingu. Cara dia nyanyi tuh enjoy banget, kayak dia bener2 cinta sama nyanyi, sukak banget ngeliatnya jadinya. Semoga tahun ini Bolbbalgan4 dapat award yah chingu, semoga. Ketika gue nulis ini, Bolbbalgan4 juga udah dapet thropy no.1 di The Show. Ya, mereka untuk pertama kalinya menang di acara musik dan itu di The Show SBS plus. Congratz Girls!!! Ok, langsung aja yah kita ke catatan2 tentang mereka lagi:

  • Ketika ditanya hampir setahun ini mereka ngapain aja, kok baru comeback sekarang, mereka bilang kalo mereka aktif juga chingu, cuman lebih ke acara2 offline kayak di universitas, di festival2 dan yang jelas juga persiapan untuk album baru mereka ini. Iya chingu, mereka memang sering ke acara2 offile kayak festival2 gitu. Banyak banget video Bolbbalgan4 yang lagi live dimana2, lebih banyak daripada mereka di TV. Ya, mungkin karena mereka bisa dibilang kayak grup “indie” juga chingu. Bukan tipikal grup idol yang sering bolak balik di TV. Tapi jangan salah lho ya, fansnya banyak banget chingu. Ga cuman orang biasa, kalangan artis juga. Kalo kalian search di youtube, banyak artis Korea yang udah coverin lagu2nya mereka kayak ShinBi GFriend misalnya. Zion T dan BaekHyun EXO juga pengen kolaborasi sama mereka katanya. Dari golongan non artis apalagi, banyak banget yang udah coverin lagu2 mereka. Bukan ke variety show memang, mereka lebih ke musicalitasnya, performnya juga. Kayak BTS menurut gue chingu. BTS kan juga ga tipikal yang sering di TV lalu main ke acara2 variety show, mereka lebih menonjolkan ke performance dan konser2. Mereka kalo show2 gitu paling ya di channel2 online, bukan channel2 TV. Gue juga suka konsep album kali ini chingu, “Red Diary Page 1”, berarti nanti ada page 2 dan mungkin page2 yang lain. Mengingatkan gue sama HYYH-nya BTS yang juga ada part2nya, hehe. Gue pribadi ngerasa kayak banyak kesamaan antara mereka chingu, makanya jadi suka. Terutama dari kualitas musik, lirik, vocal dan melodi2 lagu2 mereka. Bagus gitu, easy listening juga, jadi kayak wajar banget kalo bisa dapet award, no.1 di chart2, lagu2nya diperdengarkan dimana2 dan juga no.1 di acara musik Korea juga. Grup yang skillful, keren. Fakta bahwa mereka sama2 singer-songwriter gue juga suka banget. Mereka mandiri, bisa bikin lagu2nya sendiri. Oya, JiYoung itu selera fashionnya juga bagus chingu dari dulu (jaman2 Superstar K), mengingatkan gue sama RapMon chingu. Mereka juga sama2 leader di grupnya. Dan, JiYoung juga punya dimple lhoh, hehe. Bukan ngeship2 chingu, cuman kadang kalo gue liat JiYoung itu suka kayak ngeliat RapMon versi cewek, hehe. Mungkin kalian ada juga yang ngerasa sama. Karena sedikit banyak gue udah nonton juga acara2 mereka, live2 radio mereka, denger jawaban2 JiYoung dari pertanyaan2 yang diajukan ke dia, ngeliat lagu2 yang dia buat, stage actnya, fesyen-nya, bahkan dimple-nya, makanya bisa kayak terlintas sosok RapMon gitu pas liat JiYoung, hehe.
  • Karena “Red Planet” kemarin dapet respon yang bagus, tentu saja comeback kali ini mereka ada beban juga chingu. Mereka jadi greedy pengen nulis lagu yang bagus juga. Cuman, daripada itu, mereka pada akhirnya merasa akan nulis apa yang mereka ingin tulis aja chingu. Menulis lagu yang berasal dari apa yang memang pengen mereka katakan aja. Itu dirasa lebih cocok dengan mereka. Kali ini mereka bilang lebih banyak mikir dalam nulis lagu chingu. Mereka pengen lebih nulis lagu yang relate dengan banyak orang dengan emosi anak puber (sachungi) dengan kejujurannya dan kepolosannya. Banyak juga orang yang bilang kalo emosi lagu “Red Diary” ini sama kayak “Red Planet” sebelumnya, cuman ndak papa kata mereka. Mereka memang pengen di masa sachungi mereka ini (usia mereka juga masih remaja) nulis lagu2 yang emosinya seperti itu, yang masih match sama range usia mereka. Meskipun seiring bertambahnya usia nanti mungkin bisa berubah, menyesuaikan. Mirip kan sama BTS? Nulis lagu yang sesuai dengan usia mereka supaya lebih bisa relate dengan orang2 di range usia mereka. Bisa mengungkapkan dengan lagu tentang apa2 yang memang pengen mereka katakan, karena memang itu juga yang sedang mereka rasakan sekarang.
  • Ada 5 lagu di album ini chingu, dan 4 darinya dibikin MV. MV yang paling mereka suka adalah “some”. Di MV itu kan mereka kayak random dance gitu, nah mereka rasa part itu seru banget. Makanya paling senang sama “some”. Iya ya, seru banget part dance random mereka di MV itu memang, favorit gue juga chingu, dan mungkin favorit kalian juga. Selain part itu gue juga suka ekspresi mukanya JiYoung yang sok kesel gitu cuman lucu jatohnya. Jago banget lah itu JiYoung kalo disuruh berekspresi.
  • Masih dengan tema “sachungi” atau “puber”, track2 di lagu ini juga banyak mewakili perasaan remaja yang lagi jatuh cinta chingu. Biasanya kalo remaja jatuh cinta itu ditulis di diary kan ya? hehe. Meskipun ada cinta2nya, tapi di album ini juga ada lagu yang isinya lebih “serius” chingu, yakni tentang kegalauan di masa puber/remaja, tepatnya di lagu “to my youth”. Kayak BTS yang banyak cerita tentang susahnya jadi young people di albumnya, Bolbbalgan4pun juga cerita tentang hal itu di lagu “to my youth”.
  • Lagu pertama mereka yang juga jadi title tracak adalah “some”. Lagu ini menceritakan tentang orang yang pengen ngungkapin perasaannya aja ke orang yang disukai daripada maju mundur ga jelas. Meskipun dia tahu bakalan ditolak, dia tetep bakalan nyoba sekali lagi.
  • Yang kedua adalah “blue”. Biru itu kayak simbol dingin dan air mata. Menceritakan tentang putus, meskipun benci tapi juga kayak masih suka, dan itu digambarkan dengan warna “blue” tadi, begitu kata mereka.
  • Yang ketiga adalah “fix me”. Lagu ini menggambarkan orang yang lagi ga punya semangat, ga punya energy, dan yang bisa “memperbaiki” dia cuman senyum dan cinta dari orang yang dia sayangi chingu #eaaa. Lagu ini melodinya asik kayak “some”, ditambah petikan gitar yang melodis juga, tipikal lagu yang enak sekali buat didengar. JiYoung sendiri meskipun yang nyanyi lagu ini ngerasa tiba2 bahagia ngedenger lagu ini chingu. Ya, tipikal lagu yang kalian gue rasa juga akan merasakan hal yang sama. Bisa bikin mood kalian gembira lagi setelah gloomy, hehe.
  • Lagu keempat adalah “imagine”. Lagu ini cerita tentang ketika kita suka sama orang, pasti kita kepikiran/membayangkan orang itu terus. Digambarkan kayak anjing yang lagi nunggu pemiliknya di rumah. Nunggu dengan antusias. Nunggu apakah bener2 bisa saling mencintai, apakah “dia juga cinta sama saya”, seperti itu.
  • Lagu ke-5 adalah “to my youth”. JiYoung bilang dia sempet nangis juga chingu ketika rekaman lagu ini. Bukan cuman tentang emosi cinta untuk anak2 di masa puber/youth, tapi JiYoung juga pengen bikin lagu yang bisa universal untuk bisa menenangkan orang lain karena relate dengan apa yang mereka alami chingu, makanya bikin lagu kayak gini. Ini juga lagu yang menceritakan tentang diri dia sendiri, masa dimana dia sedang ngerasa berat, entah masa lalu, entah sekarang. JiYoung berharap dengan mendengarkan lagu2 ini, kita juga dapat lebih tenang dan bisa punya harapan/mendapatkan harapan lagi. Banyak juga orang2 yang minta JiYoung buat lagu yang tipe kayak gini, makanya dia rasa lagu ini juga semacam lagu hadiah untuk fans. JiYoung bilang kalo nyanyiin lagu ini ngerasa pengen nangis chingu. Liriknya kurang lebih gini “ada beberapa titik dimana aku ingin menghilang saja dari dunia ini. Seluruh dunia terlihat gelap dan aku menangis setiap malam. Namun, apakah semua akan lebih baik jika aku pergi? Aku takut pada semua mata yang tertuju padaku. Selama masa2 indah itu, aku sakit. Aku benci diriku sendiri yang tidak bisa mendapatkan cinta. Mereka berkata bahwa waktu adalah obat, tapi apakah itu juga berlaku untukku? Ini bukan aku yang sebenarnya, tapi aku semakin menjauh. Tapi mungkin aku bisa menjadi secercah cahaya terang di dunia ini. Mungkin setelah semua rasa sakit ini, aku bisa menyalakan secercah cahaya. Aku tidak bisa menyerah, karena mungkin jika aku terus mencoba, maka aku bisa bangkit dan menemukan diriku sendiri”. Relate kan kalian juga sama lirik kayak gini? Pasti ada masa2 dimana kita pengen hilang aja dari dunia ini. Ngerasa sendiri, ga mendapatkan cinta dari orang lain, apalagi orang itu orang yang kita cintai. Waktu berjalan, cuman belum tentu luka2 yang pernah kita dapatkan bisa ilang begitu aja. Cuman pada akhirnya kita ga nyerah karena yakin ada harapan. Setelah kesulitan, ada kemudahan. Kita memang kayak ga jadi diri kita sendiri, tapi kita terus mencari siapa diri kita ini. Hingga suatu saat kita bisa menemukan diri kita sendiri, menemukan cahaya ibaratnya. Cahaya yang ga hanya menerangi diri kita sendiri namun juga membawa terang bagi dunia ini. Dengan menemukan diri kita sendiri, menemukan potensi diri kita, kita juga akan membawa cahaya (kebaikan) bagi dunia ini. Kayak JiYoung/Bolbbalgan4. Mereka di masa remaja juga punya masalah (kita semua punya masalah) cuman di masa ini jugalah kita harus tahu potensi kita dan memaksimalkan itu. Dengan terus mengasah potensi mereka di musik, mereka akhirnya bisa menemukan bahwa mereka adalah seorang musisi. Musisi yang ga hanya menjadikan mereka sadar perannya mereka di dunia ini apa, namun juga bisa memberikan kebahagiaan bagi para pendengarnya dengan peran itu. Manusia hidup di dunia pasti punya peran, masalahnya, tahu tidak peran kita itu sebagai apa? Bagaimana kita bisa tahu? Dengan menemukan DNA kita, potensi terbesar kita kemudian memaksimalkannya untuk menjadi versi terbaik dari diri kita. Ada yang perannya sebagai musisi, ada dokter, ada guru dan sebagainya. Dengan mengetahui peran itu, gue rasa kita bisa lebih dekat dengan cahaya tadi chingu. Kayak kata JinYoung, “menjadi secercah cahaya di dunia ini”. Dengan kata lain, dengan tahu peran kita, kita lebih bisa menjadi cahaya (bermanfaat) bagi orang lain dan bisa lebih berkontribusi positif bagi dunia ini. Youth itu tentang menemukan diri sendiri. Makanya di lirik lagu inipun JiYoung juga pengen bisa menemukan dirinya sendiri. Sama kayak DNA-nya BTS. Pada intinya sama, tentang menemukan diri sendiri di masa remaja yang sulit ini. Setelah ketemu, potensi itu harus kita maksimalkan sehingga menjadi versi terbaik dari diri kita masing2 chingu. Menjadi lebih berguna, menjadi semacam “cahaya” bagi orang2 di sekitar kita dengan peran kita tadi.
  • Karena prestasi mereka di musik, JiYoung udah bisa ngeliburin orangtuanya ke Italia chingu. Mereka sendiri juga ke Swiss dan Perancis untuk liburan. Di masa liburan itu mereka juga dapat inspirasi buat album mereka ini.
  • JiYoung dan JiYoon punya karakter yang beda chingu. JiYoon suka film animation makanya ketika ada film baru, dia langsung pengen keluar rumah dan nonton. Ini beda dengan JiYoung yang lebih suka di rumah aja. Ya nonton TV, nyuci, makan. Tipe anak rumahan chingu. Kalo film, JiYoung suka genre romance. Dia suka banget nonton drama2 Korea gitu, makanya banyak dapat inspirasi juga dari sana. Mereka sendiri belum punya banyak pengalaman tentang cinta chingu, makanya lebih tahunya dari film/drama. Ga harus menjalani memang, musisi banyak yang bisa bikin lagu karena banyak punya referensi nonton film/drama.

Ini dulu chingu update-an gue tentang Bolbbalgan4. Keren comebacknya! Lagu “to my youth” jjang!

Bolbbalgan4 - Fix Me (고쳐주세요).mp4_000008008

171003 @컬투쇼 Bolbbalgan4(볼빨간사춘기) 안지영, 우지윤 토크@cultwoshow talk@JiYoung An & JiYoon Woo.mp4_000611444

구름 위를 둥둥 with 볼빨간사춘기 full ver. _171011[김예원의 볼륨을 높여요].mp4_000374674

#Peace #Love #Happiness    

#Live #Love #Learn #Laugh 

#Share #Respect #Inspire

#StayGold #StayTrue #StayReal

Iklan
Komentar
  1. maya berkata:

    Keren keren keren
    Lagu to my youth bener2 relate banget ama aku
    Emg daebak banget bolbbalgan4 ama bts kalo udh nulis lirik
    Kayak ngerasa curhat dan di respon kalo dengerin lagulagu mereka
    Jjang buat dua grup daebak ini
    Mbak linda juga jjang udh nulis semua ini.
    Jujur selama ini aku jdi fangirl yg gk peduli apaapa. Ngabisin waktu, tenaga, uang cuma buat streaming. Sampek2 ngebuang masa liburan ama keluarga.
    Tapi semenjak baca dan ngikutin website ini dri awal tahun. Aku tersadarkan.
    Sekarang aku jdi peduli ama apa yg sebenarnya makna dri lagu2 yg aku dengar. Kegalauan masa muda aku ternyata relate ama lagu2 yg mereka buat.
    Tulisan mbak linda jdi arah buat aku agar lebih bijak dalam berfangirl.
    Tau cara membatasi hal yg selama aku masa bodoh dengan itu.
    Makasih banyak ya mbak
    Terus nulis dan tebarkan inspirasi ya mbak
    Semoga kita selalu berada di jalan yg benar dan di rahmati Allah swt dengan kegemaran kita ini.
    Amin Ya Rabb

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s