Fakta-Fakta BTS Part 283 (BTS X #LoveMySelf #LoveYourSelf & #EndViolence)

Posted: Desember 1, 2017 in About BTS
Tag:

2! 3! BANG! TAN!

Source: BTS X AMAs Red Carpet Interview With Entertainment Tonight, Niall Horan Gives BTS Advice on Coping With Fame in America _ AMAs 2017 (Credit: Billboard), BTS X AMAs Red Carpet 2017 – Interview With George Pennacchio (Credit: BLΛƆKPIИK AzE), [171117] Access Hollywood 방탄소년단 (BTS) 인터뷰 BTS Interview & AMAs Performance (Credit: manggae boy 2.0), BTS All Interviews at AMA’s Red Carpet 2017 (방탄소년단) 防弾少年団 (Credit: BTS Videos), [171119] Adam Bomb Show 백스테이지 방탄 (BTS) 인터뷰 __ BTS Interview Backstage – AMAs (Credit: manggae boy 2.0), [171118] Zack Sang Show 백스테이지 방탄 (BTS) 인터뷰__ Backstage Interview_ Love Yourself Campaign, etc (Credit: manggae boy 2.0), [ENG] 170918 SUGA’s Log, BTS on Dating and What True Love Means to Them _ Daily Denny EXCLUSIVE (Credit: Entertainment Tonight), The Ellen Show feat. BTS (방탄소년단) _ Introductions, RM Learning English by Watching Friends (Credit: Meddyson Reacts), [ENG] BTS ‘LOVE MYSELF’ UNICEF Press Conference #2_ BTS talk about the campaign, [ENG] BTS Love Myself UNICEF Press Conference #1_ Photoshoot Bang PD Talk, [ENG] BTS Love Myself UNICEF Press Conference #3_ How BTS started the campaign, [ENG] BTS Love Myself UNICEF Press Conference #4_ The reason why BTS work with UNICEF, [ENG] BTS Love Myself UNICEF Press Conference #6_ BTS songs & Love Myself campaign (Credit: Army Unnie) & BTS (방탄소년단) LOVE MYSELF campaign video (Credit: BigHit Entertainment).

BTS perform di AMAs 2017!!!! OMG! Gue merinding chingu ngeliat perform anak2 Bangtan di TV Amerika. Entah di AMAs maupun di Ellen Show atau Jimmy Kimmel. Ga nyangka banget mereka tuh bisa ke sana. Ini kesan pribadi gue ya, mereka bener2 kayak menampilkan yang terbaik di perform2 kemarin tuh. Suga yang biasanya gue liat di panggung (meskipun lagi nyanyi) suka kayak poker face gitu, gue rasa Ellen Show kemarin tuh “membara” banget ekspresinya, penuh dengan fighting spirit. Tampil pol lah istilahnya. JJang lah itu AMAs kemarin, daebak. Gue juga ikut seneng chingu ngeliat penonton2 sana yang antusias sekali. Senyum2 sendiri ngeliat bahagianya mereka nonton BTS langsung. Pokoknya jjang lah itu debut BTS di Amerika. Ok, dari banyak video yang gue tonton kemarin seputar AMAs dan debut mereka di TV Amerika, gue ngeresume beberapa hal di sini chingu, ini dia:

  • Diakhiri dengan speech “Please ARMY remember what we say #LoveMySelf, #LoveYourSelf” di BBMA (Billboard Music Awards) 2017, BTS akhirnya bisa tampil di ajang penghargaan musik lain di Amerika yakni AMAs (American Music Awards) 2017 pada 19 November yang lalu. Hashtag #BTSxAMAs pun jadi TTWW juga ketika itu. BTS sendiri di interview2 AMAs bilang kalo mereka ga nyangka chingu bisa jadi boyband pertama KPOP yang bisa tampil di AMAs *Sejarah kan ini? Sejarah bagi dunia KPOP juga tentunya. KPOP bener2 tembus Amerika sekarang. Bukan cuman lagu2nya yang masuk billboard, bukan konser2 aja, tapi bisa sampai perform dan dapat award juga di sana. Itu something banget menurut gue. A.R.M.Y jjang lah ini pokoknya, semua karena usaha keras BTS dan A.R.M.Y all over the world*
  • Banyak sekali media Amerika yang mewawancari BTS di AMAs kemarin. Mereka ada yang nanya pendapat BTS tentang anak2 yang bolos sekolah karena pengen nonton BTS di AMAs. Komentar J-Hope adalah “so sad” dan Jin bilang “watch TV please”. RapMon akhirnya bilang “karena ini 2017 ya nonton aja lain waktu di youtube” *BTS ga suka lhoh chingu kalo orang bolos hanya karena BTS2an. Kita hidup di 2017 dimana youtube ada, internet ada. Ya proporsional aja dalam menyukai idol itu, jangan lebay. Bukan gue yang bilang ini, mereka sendiri chingu*
  • Di AMAs kemaren, Niall Horan (One Direction) juga sempet ngasih nasehat chingu ke BTS. Secara ya, One Direction adalah boyband kelas dunia juga. Niall yang sekarang udah debut solo ngasih nasehat ke anak2 BTS untuk tetap humble dan bertahan selama mungkin chingu. Dia juga tahu BTS adalah grup yang sangat populer dan di AMAs kemarin sempet juga liat rehearsal mereka dan bilang mereka memang bagus.
  • Dalam interview2 di AMAs kemaren, keliatan kalo skill bahasa Inggris member2 lain selain RapMon meningkat chingu. RapMonpun mengiyakan kalo member2 belajar mengingat lebih banyak kata dalam bhs Inggris. Jadi ya ga cuman RapMon aja yang ngomong kayak di BBMA kemarin, tapi yang lain juga lebih aktif. Kayak J-Hope dengan lancar bisa bilang “I am so honored to be here” dan V bilang “you made all of this possible”, “I cant believe that I am here” dsb. Keliatan chingu kalo mereka memang belajar bhs Inggris *Keren ya, tingkatkan! Ayo chingu kita latih juga bahasa Inggris kita. BTS aja yang udah top global artist masih mau belajar, masa kita yang masih gini2 aja enggak? Fighting!*
  • Di AMAs kemarin, mereka beberapa kali ditanya tentang aktris crush mereka di Amerika. Semacam artis favorit mereka lah. Suga tanpa ragu2 ngejawab Scarlett Johansson chingu. RapMon ngejawab Blake Lively. JungKook bilang “I know her face, but I don’t know her name”, dan pas ditanya lagi “what movie?” dia bilang “I know movie but I don’t know movie name” wkwk. V suka Rachel McAdams sedangkan J-Hope suka Amanda Seyfried. Pas giliran Jimin, dia sempet bilang “maaf, saya tidak tahu/ choisonghamnida, jalmoreumnida” cuman di interview lain dia bilang Rachel Mac Adams juga sama kayak V.

Itu chingu hal2 seputar AMAs kemarin yang gue resume kali ini. Intinya keren lho ya boyband Korea (KPOP) bisa tampil di ajang kek gitu. Apalagi mereka bisa kolaborasi juga. Yang terbaru mereka kolaborasi sama Steve Aoki dan Desiigner di remix “Mic Drop”. Keren banget itu. Gue suka banget perform “mic drop” mereka di Ellen Show dan Jimmy Kemmel kemarin chingu, berkelas banget. Semoga the next bisa kolaborasi lagi dengan artis2 Amerika lain dengan karya yang tentunya selain artistic juga meaningful kayak BTS biasanya. Gue rasa “mic drop” itu bagus juga chingu maknanya. Itu pukulan telak bagi para haters. Ngajarin ke kita bahwa lebih baik orang itu mulutnya dijaga, jangan digunakan untuk membenci, karena bisa jadi yang dibenci itu justru sukses, kayak BTS sekarang. Ya, mukul haters itu memang harus dengan prestasi kayak apa yang dilakukan BTS ini. Kalo dibenci orang padahal kita ga ngerasa salah ya biarin aja, buktikan aja dengan prestasi, itu cukup. Nanti mereka diam sendiri. Dan kalo mereka sampe ga bisa diam dan tetep aja spread bad thing, ya itu mungkin ada masalah kronis dengan diri mereka sendiri. Bukan balas dendam apa gimana, cuman positifnya adalah membungkam mulut2 dan jari2 busuk orang itu cuman bisa dilakukan dengan cara elegan kayak gini, dengan jalan prestasi. Kita jelas ga bisa memungkiri banyak sekali haters bertebaran di dunia ini. Entah langsung dari verbal maupun dari keyboard gadget. Lalu apa yang bisa dilakukan? Diamkan saja dan balas dengan prestasi yang positif. So stop lah ya jadi haters, kita sama2 bikin dunia ini lebih baik. Jika tidak bisa berkata baik, maka diamlah. Termasuk bullying, ga perlu lah ya kita membully fisik orang, membully nasib buruk orang dsb. Gue tuh kemarin baca berita ada pro gamers Korea yang ganteng kayak boyband cuman ada orang yang komen intinya “plastik bisa main games” yang indikasinya dia ngejek orang itu ganteng karena operasi plastik. Gue tuh ga habis pikir lho chingu ssama orang2 yang punya mental kayak gitu. Demiapa dia harus komen kayak gitu? Iya kalo itu bener, itu yang pertama. Yang kedua adalah kalaupun bener, terus apa urusannya dengan orang itu? Iri karena ga punya wajah ganteng juga apa gimana? Malah menurut gue orang bisa memutuskan untuk operasi dsb itu salah satu faktornya adalah adanya pembully macam orang itu, yang suka mengejek fisik orang. Orang mau pesek, mau krempeng, mau gendut, mau sipit, mau apapun, itu masalahnya bagi orang lain itu apa? GA ADA. Dunia ini masih butuh banyak hal positif yang berguna daripada hal2 seperti itu. Jadi ya bye aja lah untuk para haters, pembully dsb. Udah bukan jamannya yang kayak begitu. Sekarang adalah jamannya dalam berlomba2 dalam kebaikan kayak apa yang dilakukan BTS ini.

Ya, BigHit Ent, BTS dan juga UNICEF baru aja bekerjasama dalam bidang kemanusiaan chingu. BTS bekerjasama dengan UNICEF untuk menggaungkan kampanye #EndViolence atau hentikan kekerasan untuk remaja dan anak-anak. Mereka pengen dunia menjadi tempat yang lebih aman dan nyaman untuk remaja dan anak-anak. Mereka pengen segala bentuk kekerasan terhadap anak-anak dan remaja bisa perlahan hilang dari dunia ini. Berharap dengan kampanye ini mereka bisa menaikkan kesadaran kita semua terhadap pentingnya #EndViolence ini. Ok, untuk lebih jelasnya akan gue resume juga beberapa statement dari BTS, Bang ShiHyun PDnim dan juga UNICEF terkait ini chingu.

  • Selain bekerjasama untuk kampanye #EndViolence dari UNICEF, BTS juga punya kampanye lain yakni #LoveMySelf chingu. Kampanye ini digagas oleh member2 BTS sendiri dengan agensinya, Big Hit Entertainment yang kemudian diajukan ke UNICEF dan diterima. Akhirnya, mereka melakukan kerjasama dalam bidang kemanusiaan ini untuk pertama kalinya. Jelas, niat baik BTS diterima oleh UNICEF yang sudah perpuluh-puluh tahun bergerak untuk misi kemanusiaan di dunia ini.
  • Dalam press conferencenya, Bang ShiHyuk PDnim selaku pemilik Big Hit Entertainment mengatakan bahwa kampanye #LoveMyself adalah sebuah project dari BigHit Ent dan BTS untuk berkontribusi pada masyarakat, lebih dari musik mereka. Ya, selama ini kan BTS dengan musiknya (dengan liriknya yang positif, mengungkapkan realita sosial dan harapan untuk masa depan yang lebih baik) bisa dibilang telah berkontribusi juga bagi generasi muda untuk lebih positif. Nah kali ini, ga cuman dari sisi musiknya aja chingu melainkan dari partisipasi aktif. Mereka berharap BTS yang sudah punya banyak masa (A.R.M.Y all over the world) bisa memimpin perubahan untuk dunia yang lebih baik melalui sebuah partisipasi aktif. Partisipasi aktif ini akhirnya diwujudkan dengan kampanye #LoveMySelf ini.
  • Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa BTS dengan karya-karyanya telah mengirim pesan-pesan sosial untuk generasinya (generasi kita, generasi usia belasan dan 20an) sejak debut tahun 2013 yang lalu. Kita semua pasti merasakan bahwa sekarang ini kita hidup dalam dunia yang membutuhkan perbaikan dimana-mana. Mental chingu, dibutuhkan perubahan mental. Mencintai orang lain, menjaga keselamatan orang lain dan juga mencintai diri kita sendiri, itu semua sangat diperlukan oleh generasi sekarang. Maka #lovemyself #loveyourself itu adalah hal penting yang harus digaungkan semaksimalnya di dunia ini agar orang-orang menjadi lebih memahami pentingnya dan mulai melakukannya. Bukan cuman berhenti jadi TTTW, tapi harusnya kampanye #lovemyself ini bisa menjadikan orang bertindak nyata untuk dunia yang lebih baik.
  • Menurut Bang PDnim, 2 tahun ini (sejak “love yourself” rilis sampai tahun depan), BTS akan bicara tentang “true love” chingu, yakni makna dari #lovemyself dan #loveyourself itu sendiri. Ya, kampanye #lovemyself ini berarti dengan melihat ke dalam dirimu sendiri dan mencintainya, maka kamu dapat melihat masyarakat dengan cara yang lebih hangat dan kemudian mencintai semuanya. Kayak RapMon bilang, kita ga akan bisa mencintai orang lain jika kita ga bisa mencintai diri kita sendiri dulu. Simplenya gini chingu, kamu sakit ga ketika dipukul orang? Kalo jawabannya sakit, maka orang lainpun sama, maka jangan sampai kamu memukul orang lain. Kamu sakit hati ga kalau diejek? Kalau sakit hati, maka jangan juga mengejek orang lain karena mereka juga akan merasakan hal yang sama. Jangan kita lihat orang lain, kita lihat dulu diri kita sendiri. Ketika kita sudah merasa kita ini penting, kita ini berharga, harusnya sebagai sesama manusia kita yakin orang lainpun merasakan hal yang sama. Dengan begitu kita akan melihat orang lain (masyarakat luas) dengan lebih hangat, karena mereka sama saja dengan kita, mereka cerminan kita, sehingga kita harusnya mencintai mereka juga, sama dengan ketika kita mencintai diri kita sendiri.
  • Pesan yang ingin disampaikan dalam #LoveMySelf ini adalah fokus pada pengembalian rasa penghargaan kepada diri sendiri, penghiburan, kepercayaan, cinta yang tulus dan mencintai orang lain seperti halnya ketika kita mencintai diri kita sendiri chingu. Big Hit berharap generasi muda dapat menjadi pemimpin-pemimpin yang bisa merubah masyarakat mereka menjadi lebih hangat dan menjadi tempat yang aman, seperti ketika mereka menyukai konten-konten dari BTS *Jadi semacam berikan cintamu pada mereka, jaga keselamatan mereka, jadikan dunia ini tempat yang lebih aman dan baik, dengan semangat yang sama seperti halnya ketika kamu menyukai karya2 BTS chingu. Suka BTS itu jangan cuman seru mantengin laptop, nonton konser, pakai baju ala2 BTS, tapi juga do something good buat dunia ini lebih baik. Cintai diri sendiri, cintai orang lain, berikan kontribusi positif terbaikmu bagi kebaikan umat manusia di seluruh dunia ini. Apapun bidangnya, berikan cintamu untuk berusaha membuat dunia ini menjadi tempat yang lebih baik bagi kita semua. Dunia butuh kita, dunia butuh hati2 baik dan tangan-tangan yang mau menolong. A.R.M.Y itu banyak, A.R.M.Y itu kuat, maka dengan jumlah dan kekuatan itu, mari kita menjadi orang2 yang lebih bermanfaat bagi sesama chingu*
  • RapMon dalam prescon ini bilang “pada kenyataannya, BTS dengan 7 member tidak dapat merubah dunia namun jika mereka tetap mengingat slogan “#LoveMySelf” dan #EndViolence, paling tidak generasi muda yang mencintai kita dapat bergerak maju menuju arah yang positif” *Ini bukan cuman tagar/hashtag, ini adalah hal yang besar chingu. BTS dengan pengaruhnya telah menyemangati kita untuk bergerak maju menuju arah yang positif melalui kampanye ini. Iya, mereka memang dengan 7 orang saja tidak bisa merubah dunia menjadi lebih baik, tapi jika kita semua membersamai mereka, bukan tidak mungkin kita bisa benar2 melakukannya. Bayangkan jika jutaan orang berpikiran hal yang sama. Dengan bidang, keahlian dan prestasinya masing, jutaan orang mempunyai mental/mindset yang sama untuk membuat dunia ini lebih baik, tentu keajaiban akan benar-benar terjadi. Toh jika itu belum juga terwujud, minimal kita sudah berusaha. Kita sudah berusaha semampunya, jadi biarkan Tuhan yang menyelesaikan sisanya atau memutuskan akhirnya. Niat baikpun dalam agama Islam (agama yang gue yakini) sudah berpahala chingu. Dengan baru berniat baik saja kita sudah mendapatkan kebaikan dari Tuhan, apalagi jika benar2 kita lakukan. Semoga, semoga niat baik BTS ini bisa disambut A.R.M.Y all over the world dengan baik juga. Kita tidak hanya menyukai musik untuk bersenang2 namun juga berusaha berkontribusi dan berpartisipasi aktif untuk membuat dunia ini lebih baik*
  • Dalam prescon ini, Suga mengatakan bahwa dia pernah bilang di salah satu interview jika dia juga ingin memulai sebuah acara amal atau kampanye/project yang baik chingu. Suga juga mengatakan bahwa ketika mereka sudah dapat mempengaruhi lebih banyak orang, ia pikir mereka harusnya memberikan pengaruh positif yang lebih *Iya, BTS sekarang sudah sangat bisa mempengaruhi banyak orang. Mereka punya 10 juta lebih followers twitter, mereka adalah artis global sekarang. Di masa yang sangat penting ini, Suga menurut gue sangat genius dengan mengatakan bahwa mereka harusnya memberikan pengaruh positif yang lebih juga. Puncak popularitas tidak boleh dibarengi dengan hal2 buruk karena pasti akan banyak orang yang mengikuti/meniru. Sebaliknya, puncak popularitas itu harus dibarengi dengan hal2 positif supaya lebih banyak orang tergerak untuk meniru/mengikuti. Semoga, semoga niat baik ini sampai chingu ke banyak orang. Semakin banyak orang yang mendapat pengaruh positif karena melihat apa yang idolanya (member2 BTS) lakukan*
  • Di prescon ini, J-Hope mengatakan bahwa dia merasa bangga karena mereka bisa berkontribusi pada masyarakat dengan berpartisipasi di hal lain selain musik *Ya, selain dalam musik, BTS dengan melakukan kampanye kemanusiaan seperti ini berarti juga berkontribusi untuk masyarakat yang lebih luas. Suatu kebahagiaan kan jika kita bisa melakukan kebaikan dan bermanfaat bagi orang lain? ^^*
  • Dalam prescon yang sama, Jimin bilang bahwa ini adalah awalan sekali bagi mereka dalam memulai project seperti ini, sehingga tidak tahu seberapa banyak mereka dapat mempengaruhi orang dan membantu banyak orang. Namun Jimin selalu berharap bahwa mereka dapat bermanfaat bagi banyak orang *Ya, Jimin ingin bermanfaat bagi banyak orang. Masih ingat kan chingu sabda Nabi Muhammad SAW? Bahwa “sebaik-baiknya manusia adalah mereka yang paling bermanfaat bagi orang lain”. Jadi, maukah kita menjadi sebaik2nya manusia itu? ^^*
  • Dalam prescon ini, Jin mengatakan bahwa ketika dia kecil, ayahnya selalu mengatakan padanya untuk menjadi orang yang bisa membantu orang lain dan dengan kampanye ini dia berharap bisa membantu *what a beautiful heart…Ya, sebaik2nya orang adalah yang berguna bagi orang lain, membantu orang lain yang membutuhkan. Yo did it Jin!*
  • Di prescon ini, V bilang kalo ketika dia masih sekolah, dia sering melihat teman2nya menderita karena berbagai kekerasan termasuk kekerasan sosial. Dan sekarang, jumlahnya bahkan lebih banyak, sehingga dia berharap meskipun sedikit, dia ingin bisa membantu mereka *You did it V! Kamu sudah melakukan hal yang baik bagi orang lain dengan kampanye kemanusiaan ini. Semoga dengan #EndViolence, tindakan bully di sekolah, tindakan kekerasan lain di sekolah maupun di masyarakat luas terhadap remaja dan anak-anak bisa hilang. Dunia menjadi tempat yang baik dan nyaman untuk kita semua*
  • Dan terakhir, Jungkook dalam prescon ini berharap banyak orang yang dapat menaruh perhatian pada kampanye ini dan juga berpartisipasi dalam project ini *amin ya, semoga bisa lancar sampai 2 tahun ke depan dan BTS dan kita semua lebih bisa bermanfaat bagi orang lain*
  • Ketika ditanya tentang awal mereka kok bisa kebersit tentang kampanye ini, Bang PDnim mengatakan bahwa BTS bahkan semenjak sebelum debutpun sudah memiliki perhatian hal-hal kayak gini chingu. sContohnya BTS pernah punya lagu yang judulnya “tears of school”. Karya itu merespon kekerasan di sekolah ketika itu. Puncaknya ketika mereka mempersiapkan tur wings akhir tahun lalu. Mereka berdiskusi tentang hal itu dan pada akhirnya kesimpulan member2 BTS adalah dalam level global, ingin memimpin generasi mereka dan merubah kondisi sosial masyarakat menjadi lebih hangat dan lebih indah. Dari situlah mereka akhirnya bekerja sama dengan pihak2 lain dan akhirnya Bang PDnim memutuskan adanya aktivitas kembar yakni rilisnya album #LoveYourSelf dan kampanye #LoveMySelf. Jadi #LoveYourSelf dan #LoveMySelf ini seperti dua aktivitas kembar chingu. Di satu sisi mereka merilis musik dengan konten2 tentang #LoveYourSelf juga, dalam hal lain mereka membuat kampanye bertema senada. Yang kedua2nya mengajak kita semua untuk mencintai diri kita sendiri dan orang lain untuk dunia yang lebih baik.
  • Perlu diketahui bahwa kampanye ini bukan seperti promosi yang hanya sekali berdonasi melainkan mereka ingin mencoba membuat project ini berjangka panjang chingu. Project jangka panjang yang bisa mendapatkan dukungan dari generasi muda dan membuat masyarakat menjadi lebih baik. Merekapun akhirnya memilih mengajukan kampanye ini ke UNICEF yang sudah bekerja selama 70 tahun ini untuk remaja dan anak2. Mereka memilih UNICEF karena mereka adalah organisasi yang terorganisir, berpengalaman dan juga mengerti akan filosofi dan visi mereka. Dan UNICEFpun menyambut baik rencana mereka itu.
  • Tentang project kembar tadi, RapMon juga menambahkan bahwa lagu2 BTS memang banyak yang relate dengan orang2 di range usia mereka. Dimulai dari “no more dream” dan “n.o”, dua lagu yang ybercerita tentang mimpi dan kebahagiaan bagi remaja. Lalu juga ada “baepsae” dan “dope” di album2 selanjutnya yang juga bicara tentang usaha dan perjuangan generasi merek. Dan di album “Love yourself”inipun BTS juga punya hidden track misalnya “sea” di seri yang pertama yang bercerita tentang proses mencintai diri sendiri, sehingga secara lagupun sudah sesuai dengan tujuan kampanye ini.
  • Di salah satu interview di Amerika, mengingat lagu mereka adalah “Love Yourself”, Suga ditanya juga tentang cinta chingu. Tentang cinta ini, Suga bilang bahwa cinta itu bukan hanya tentang pacaran (bf/gf), namun juga cinta kepada keluarga dan orang2. Ini menurut Suga adalah suatu hal yang penting dan bisa membuat dunia ini lebih baik *bagus sekali Bang Gula ini kalo ngejawab pertanyaan, diem2 suka bener lho bang Anda itu, saya perhatiin daritadi, wkwk*
  • Nah ketika Suga ditanya tentang bagaimana cara “Love Yourself”, jawaban Suga adalah jangan banding2kan dirimu dengan yang lain chingu. Kalo J-Hope, dia bilang cobalah untuk menemukan mimpi atau sesuatu yang bener2 pengen kamu raih. Dan kalo RapMon, dia punya cara simple chingu. Jadi supaya dia bisa mencintai dirinya sendiri, dia suka bilang “RapMon, kamu sudah melakukan yang terbaik, aku cinta kamu” sambil nepuk bahu sebelah kiri pake tangan kanan 3 kali sehari, dan itu katanya benar2 merubah dia chingu. Itu adalah langkah awal katanya *jadi kayak menghibur diri kita sendiri chingu. Masih inget kan tadi salah satu pesen dalam kampanye #LoveMySelf adalah penghiburan. Itu simple, tapi itu penting. Gue suka melakukan itu juga chingu, bicara sendiri dan bilang “Linda, tidak apa2 nak, kamu sudah berusaha keras”. Kalo bukan kita sendiri, siapa chingu yang bakalan melakukannya? Bisa saja sih temen kita, tapi kalo ga ada? Kita sendiri yang harus bisa menghibur diri kita sendiri. Mungkin kalian punya cara2 lain/kata2 lain,  gapapa, asal itu penghiburan terhadap diri kita sendiri*
  • BTS pernah ditanya di Amerika oleh Zack Sang Show apakah mereka tidak membahayakan diri mereka sendiri karena lirik2 lagu mereka yang sangat kritis seperti di lagu “N.O” dimana anak2 sekolah menjadi mesin belajar. RapMon bilang bahwa jika ada orang yang harus mengatakan itu, maka itu harus mereka. Jadi “kenapa kita tidak mengatakan itu? Hey! seseorang harus mengatakan itu supaya itu berhenti! *Ya, jika itu tidak pernah disuarakan, pasti itu akan dianggap adalah hal yang benar dan itu tidak akan pernah berhenti. Gue tiba2 jadi ingat lagunya GAC yang “suara”. Gue suka banget chingu lagu itu. Liriknya kan juga bilang bahwa suara kita itu ga akan pernah bisa digantikan oleh orang lain, jadi suarakanlah kebenaran. Suarakanlah kebenaran agar kejadian2 terdahulu yang buruk itu bisa berganti. Kalau kita ga bersuara, dunia ini ga akan berubah juga. Dan BTS berani mempertaruhkan diri mereka untuk menyuarakan hal2 kritis seperti itu, satu kata, subhanallah!*
  • Nyambung dengan suara tadi. Di Ellen Show, Suga bilang meskipun bahasa Amerika dan Korea berbeda, namun pesan dalam lirik mereka bisa relate dengan semuanya sehingga membuat lagu2 mereka disukai banyak orang lintas negara *Ya, musik adalah bahasa universal. Suarapun begitu. Ok kita mengucapkannya dalam bahasa yang berbeda, tapi maknanya sama, kita semua bisa relate dengan itu*. MCnya kemudian bilang bahwa Suga “absolutely right“ karena kita bicara bahasa yang sama untuk perasaan sakit, sedih dan senang meskipun bahasanya berbeda *Jadi, dengan suara yang sama, suara akan harapan dunia yang lebih baik, suara perubahan, kita sama2 mendukung kampanye ini chingu*
  • Kita semua udah tahu statement2 dari member2 BTS maupun Big Hit, lalu gimana dengan UNICEF sendiri? UNICEF mengatakan “BTS telah merilis musik yang menyertakan kekhawatirannya pada orang-orang di usia belasan dan 20an dan tumbuh menjadi seniman yang berpengaruh dalam kapasitas global. Melalui kolaborasi ini, kami berharap bisa berbagi visi kuat bersama yang lebih dari musik untuk melindungi anak-anak dan remaja dari berbagai tipe kekerasan dalam masyarakat serta mengambil langkah awal dalam membawa transformasi yang positif,” (dilansir dari soompi) *Ya, UNICEF tahu bahwa BTS adalah grup yang concern pada hal2 kayak gini chingu, sehingga mereka ingin melakukan kolaborasi baik demi melindungi anak2 dan remaja dari kekerasan. Semoga kampanye ini berhasil. Dan gue harap ga berhenti di 2 tahun, tapi bener2 project jangka panjang. Project yang akan terus ada sampai semua orang memahami akan pentingnya hal ini. Bahkan sampai BTS udah tua/udah bubar dsb, gue harap hal2 baik kayak gini akan terus kita kenang dan juga kita lakukan (partisipasi aktif). Tidak harus dengan kampanye/hashtag #LoveMySelf, #LoveYourSelf dan #EndViolence ini, apapun kampanye baik yang berguna bagi kemanusiaan, kita harus menyambutnya dengan hati yang terbuka dengan keinginan kuat untuk bisa ikut berkontribusi. Hingga suatu saat kita benar2 merasa harus melakukannya dengan atau tanpa BTS chingu. Ok mungkin kita sekarang bersemangat untuk ikut berpartisipasi karena ada BTS, tapi gue harap sekalipun BTS tidak ada, kita tetap melakukannya. Bukan untuk siapa2, tapi atas nama kemanusiaan. Dan, BTS tentu saja akan tetap kita kenang selamanya karena telah membuat kampanye kemanusiaan yang baik seperti ini*
  • Kampanye ini didanai dari 4 sumber tipe pendanaan chingu. Yang pertama adalah donasi sebanyak 500 juta won (sekitar 5 milyar rupiah) dari Big Hit Entertainment dan 7 anggota BTS sendiri. Kemudian ada donasi sebanyak 3% dari pendapatan album fisik 4 series “Love Yourself”, 100% hasil penjualan official goods dari kampanye #LoveMySelf dan yang terakhir adalah donasi dari UNICEF sendiri. Fans atau siapapun bisa berpartisipasi dalam kampanye ini melalui link https://www.love-myself.org/eng/support/ Dan untuk mendapatkan info lengkap bisa mengetikkkan hashtag #BTSLoveMySelf di twitter atau mengunjungi situs love-myself.org

Semoga postingan ini bermanfaat ya chingu. Terimakasih sekali buat BTS yang udah bikin kampanye sekeren ini. Mengajarkan kita semua untuk berbuat kebaikan dan berkontribusi untuk menjadikan dunia ini lebih baik.  Akhirnya #LoveMySelf, #LoveYourSelf & #EndViolence. Ayo terus tanamkan kebaikan di dunia ini~ Fighting!!!! ^^

BTS (방탄소년단) LOVE MYSELF campaign video.mp4_000068501

Capture14

#Peace #Love #Happiness

#Live #Love #Learn #Laugh

#Share #Respect #Inspire

#StayGold #StayTrue #StayReal

Iklan
Komentar
  1. Prasetyo Hestina Anggraeni berkata:

    Hal yang paling aku sukai dari BTS itu liriknya yang relate. Ga cuma cinta²an bf/gf. Tapi cinta pada diri sendiri dan keluarga serta orang lain💕 Semoga project ini benar² bertahan sangat lama💕 #BTSLoveMySelf💕 Memang sih akhir²ini banya terjadi krisis kemanusiaan. Dan itu miris banget. Bersyukur alhamdulillah aku punya idola yang bisa jadi contoh baik seperti BTS ini😍

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s