Source: http://mwave.interest.me/en/mama, [CC ENG SUB] Kim Yongguk & Kim Sihyun on the way practice (Credit: Chun Ent, subbed: xx hwann), INTERVIEW _ Longguo & Shihyun Take On The Bromance Game! (Credit: soompi), [ENG_CC] Yongguk & Shihyun Interview for OBS ② – ‘Reason for joining Produce 101 S2, [ENG_CC] Yongguk & Shihyun Interview for OBS ① – ‘A dream-like debut (Credit: OBS, subbed: Kkul-Guk), [ENG_CC] Kim Yongguk & Kim Shihyun SNOW Story (Credit: Yongguk X Shihyun, subbed: Kkul-Guk), [ENG_CC] Housekeeper’s Brag – Ep. 6 with Kim Yongguk X Vet Ra Eungsik X Kim Yoohyun, [ENG_CC] Housekeeper’s Brag – Ep. 5 with Kim Yongguk X Comedian Jang Dongmin (Credit: HouseKeeper’s Brag, subbed: Kkul-Guk)

Seneng ya chingu ngeliat anak2 alumni PRODUCE 101 Season 2 udah banyak yang debut. Meskipun mereka ga masuk 11 besar yang akhirnya menjadi WANNA ONE, dengan jalan mereka masing2 mereka sudah banyak yang debut juga. Misalnya yang paling baru ini JBJ (Just Be Joyful). JBJ adalah grup bentukan fans yang anggota2nya adalah mereka yang ga bisa masuk 11 besar dengan prestasi yang bagus juga chingu. JBJ membernya ada 6. Mereka adalah Kwon HyunBin, Roh TaeHyun, Kim SangGyun, Takada Kenta, Kim YongGuk (Jin Longguo) dan Kim DongHan. Mereka baru aja debut dengan lagu “fantasy”. Ada lagi tim lain yang debut yang namanya RAINZ. Gue ga begitu hafal member2nya sih, cuman salah satu membernya adalah SeongLi yang dulu pernah nyanyi “If Its You” bareng Kim Yongguk. Mungkin kalo kalian update sekali tentang ini bisa nambahin di kolom komentar apa saja grup alumni PRODUCE 101 S2 chingu.

Yang membanggakan nih, dalam nominasi “best new male artist”, banyak sekali anak alumni PRODUCE 101 yang masuk nominasi. Mereka adalah WANNA ONE, The East Light (salah satu membernya adalah maknae Lee WooJin), Kim Samuel dan Jeong SeWoon yang bersolo karir. MAMA 2017 yang rencananya akan dihelat di Vietnam, Jepang dan Hongkong dari tangal 25 November sampai 1 Desember ini bisa jadi ajang pembuktian alumni2 PRODUCE 101 jadinya. Kalian bisa mulai vote mereka di http://mwave.interest.me/en/mama chingu. Feeling gue sih yang menang WANNA ONE. Cuman ya ga tahu juga, masih ada kemungkinan lain. Gue juga udah vote chingu. Kenapa WANNA ONE? Karena “energetic” udah menang banyak juga di acara2 musik/chart2 Korea, lebih dari debut2 yang lain. Ya siapapun nanti yang menang, berarti itu pilihan terbaik dari para fans dan juri yah ^^. Semangat juga buat alumni2 lain dengan grup2nya masing2, fighting!!!

Ok, gue mau lanjut nulis sedikit tentang Yongguk chingu. Yongguk sendiri sekarang lagi beraktivitas di JBJ setelah sebelumnya sama Kim SiHyun ada project unit duo (LongGuo & ShiHyun). Bahkan tiket fanmeeting mereka ludes dalam 1 menit chingu. Membuktikan kalo memang alumni PRODUCE 101 S2 punya banyak fans. Ga cuman fans dari Korea, tapi juga dari Cina. Mengingat Yongguk juga orang Cina.  Ok, langsung aja…

  • Warna favorit Yongguk adalah hijau chingu, dia bilang karena penglihatannya kurang bagus. Cuman kalo baju, dia paling sering pake warna hitam. Iya ya, warna hijau tuh adem, seger diliat di mata, bagus.
  • Genre film favorit Yongguk adalah SF (Science Fiction) karena Yongguk juga suka belajar chingu. Dia waktu kecil pinter chingu, pernah menang kompetisi matematika tingkat nasional. Wajar jadinya kalo suka genre2 yang pake mikir kayak SF.
  • Yongguk adalah tipe orang yang menurut SiHyun apa2 langsung diomongin chingu. Apa yang dia rasakan/pikirkan itu langsung disampaikan ke yang bersangkutan. Orangnya ga segan2 gitu.
  • Momen di PRODUCE 101 S2 yang paling berkesan bagi Yongguk adalah ketika dia bisa dapet peringkat 18.
  • Ketika kecil, rupanya cita2 Yongguk adalah jadi tentara karena suka pistol/menembak chingu. Cuman setelah denger musiknya BIG BANG, dia jadi pengen jadi penyanyi juga.
  • Musim favorit SiHyun adalah musim gugur chingu, sama kayak Yongguk. Yongguk juga paling suka musim gugur.
  • Nama asli SiHyun adalah Kim Won chingu. Dia punya kakak namanya Kim Yeong. Jadi kalo digabung jadi “yeongwon” yang artinya “selamanya”. Wah~ so sweet ya orangtuanya ngasih nama buat 2 anak laki2nya. Bisa nyambung dan maknanya indah, keren!
  • Penyanyi Korea favorit SiHyun adalah Na YoonKwon chingu. Banyak idol KPOP yang suka lagu2nya sunbae ini chingu setahu gue. Selain SiHyun yang gue tahu adalah SuHo EXO dan RapMon BTS. Semacam legend di KPOP ya berarti.
  • Alasan Yongguk ikut PRODUCE 101 S2 adalah terinspirasi dari yang season 1 chingu. 101 orang berkompetisi dan akhirnya 11 besar dari mereka bisa debut. Begitu denger ada season 2, Yongguk langsung meng-grab kesempatan itu dan ikut audisi bareng temen seagensinya, SiHyun. Kapan lagi kan ya bisa debut? Seperti yang kita tahu kalo debut di dunia KPOP itu hal yang ga pasti, susah juga. Makanya ketika ada kesempatan kayak gini, apalagi yang datang dari agensi kecil/bahkan self study (kayak JaeHwan dulu), sangat antusias buat grab kesempatan emas ini untuk bisa nunjukin skill mereka ke publik luas dan syukur2 bisa debut.
  • Masa promosi unit Lungguo X ShiHyun memang singkat chingu. Cuman 5 kali mereka tampil di acara musik. Cuman mereka bakalan comeback tahun depan. Rencananya mereka bakalan bawa konsep yang powerful.
  • SiHyun suka baca chingu, termasuk komik. Komik yang kayak jadi “lifetime komik”nyajudulnya adalah “Food Wars: Shokugeki no soma”. Ceritanya tentang masak2 anak SMA gitu. Mereka di situ semacam perang masak memasak dan Soma adalah karakter utamanya. Kalo Yongguk, dia ga begitu suka komik chingu. Cuman pas diajak milih komik di satu kesempatan, dia pilih cerita tentang kucing yang judulnya “Cat’s note” atau catatan kucing. Ini karena dia memang seorang pecinta sekaligus pelihara kucing juga chingu.
  • Karena Yongguk suka kucing, kita ngomongin kucing lagi kali ini. Masih inget kan kalo Yongguk ada acara yang suka ngundang para pemelihara kucing dari kalangan artis2? Selain ngobrol tentang kucing peliharaan bintang tamu, Yongguk juga suka ngasih tips2 dan pengetahuan tentang kucing di acara itu. Salah satunya dia ngasih tips buat ngebersihin telinga kucing. Jadi ngebersihin telinga kucing itu harus pake cottonbut (bener ga nih gue nulisnya) yang gulungan cotton/kapasnya besar chingu, jangan yang kecil. Setelah ditetesi pembersih telinga (kayak cairan gitu, beli di pet shop gue rasa ada), lalu dibersihkan pada cottonnya. Hati2 ya chingu ketika ngebersihinnya, soalnya kucing biasanya ga bisa diem. Tapi kucing Yongguk pas dibersihin diem chingu, mungkin karena udah biasa.
  • Sekedar informasi, timbangan berat badan kucing itu ada lhoh ternyata. Untuk bobot kucing sendiri, secara rata2, kucing berumur 3 bulan itu bobotnya 800 gr – 1,5 kg. Kalo udah umur 6 bulan, bobotnya 1,8 – 2.6 kg. Nah ketika udah 1 tahun, untuk yang jantan bobotnya bisa 3,8 – 6 kg dan yang betina dari 2,8 – 5 kg chingu. Buat yang pelihara kucing, jika umurnya kurang dari 6 bulan dan berat badannya terus turun, itu adalah peringatan bahwa kesehatannya menurun chingu, jadi bisa lebih diperhatikan asupan makanan atau dibawa ke dokter hewan.
  • Ternyata selain Hong JinHo (pemenang The Genius Season 1), Jang DongMin (pemenang The Genius Season 3 dan 4) juga pelihara kucing chingu. Jang DongMin punya kucing betina warna putih namanya Ong. Ong ini nurut banget, lucu banget. Pas jadi bintang tamu di acaranya Yongguk, Jang DongMin ngasih pesen buat yang mau pelihara kucing juga chingu. Pesennya tentang konsisten ngasih “cinta” ke kucing yang kita pelihara. Jangan cuman pas dia kecil karena lucu terus mau kita pelihara dan pas dia udah besar kita bilang ga mampu menghandle dia lagi, akhirnya ga diurus. Harusnya ketika mau pelihara kucing dari pas dia bayi, kita bisa mikir kalo dia nanti bakalan gedhe juga, jadi harus bertanggungjawab sampai akhir.
  • Keknya memang geng orang2 Jenius suka pelihara kucing chingu. Setelah sebelumnya Hong JinHo (pemenang The Genius season 1) dan Jang DongMin (pemenang season 3 dan 4), Kim YooHyun yang juga jadi pemain di The Genius season 3 dan 4 ternyata pelihara kucing juga. Bagi kalian yang suka acara The Genius, pasti tahu oppa yang satu ini. Dia kesibukannya sekarang adalah guru les bhs.Inggris di Gangnam chingu. Nah, kucingnya Kim YooHyun ini betina warna putih, namanya Som. Ini dari kata “som satang” yang artinya kembang gula yang besar dan lembut warna pink kayak kapas yang biasa dijual di pasar malam itu chingu. Sayangnya, Som ini ga bisa denger chingu, dia nyaris tuli sejak lahir sampe sekarang. Meskipun begitu, YooHyun tetep sayang sama Som. Baginya, Som kayak sodaranya sendiri, karena dia juga anak tunggal di keluarganya. YooHyun di acara ini cerita kalo ayahnya bilang kalo hal yang terpenting dalam keluarga itu adalah komunikasi chingu. Dan sejak kecil, YooHyun selalu diajari ayahnya untuk mengatakan 3 hal. Apa saja itu? “terimakasih”, “aku cinta kamu” dan juga “maaf”. Dan 3 ekspresi itupun juga diberikan YooHyun pada kucingnya yang dia anggap sodara sendiri itu. Ya, ada momen dimanan YooHyun ngerasa bersalah sama kucingnya, dan ada juga momen yang dia ngerasa berterimakasih sama Som. Som udah selama 3,5 tahun nemenin hari2nya chingu. Ga hanya sama manusia ya, kitapun harus juga memberikan kasih sayang pada makhluk lain, termasuk binatang. Meskipun hewan, tapi ketika kita mutusin melihara dia, kita juga harus tanggungjawab. Memperlakukan dia dengan baik, sama seperti keluarga kita. Kalo kita ga sengaja nginjek ekornya misalnya, kita bilang maaf ke dia gapapa kan ya, meskipun itu binatang. Gue rasa dengan attitude kayak gitu, ke orang kita juga akan makin respect. Orang sama hewan aja kita perlakukan sebaik itu, masa ke sesama manusia enggak? Yakan? Begitupun ketika kita ngerasa bahagia banget karena dia menghibur kita dengan tingkat lucunya pas kita lagi suram atau momen2 membahagiakan yang lain, ga ada salahnya kita mengucapkan terimakasih juga. Kalo kata “i love you/saranghae” bagi kita orang Indonesia memang ga lazim ya (kalo di Korea lazim), makanya ya mungkin akan aneh kalo pake kata2 ini sehari2, apalagi ke hewan peliharaan, wkwk. Tapi intinya adalah baik ketika kita mengaplikasikan kata2 yang baik. Daripada kata2 lain yang ga baik, lebih baik kan menggunakan kata ajaib seperti “maaf”, “terimakasih”, “tolong”. Hewan itu healing juga chingu. Suga BTS itu orangnya lempeng ya mukanya, seneng sama sedih sama2 datar. Nah cuman Jimin tahu kalo pas sama anjingnya, Suga mukanya bisa jadi ceria, beda gitu dari biasa2nya, lebih ekspresif. Ya, Suga punya anjing namanya Holly. Sugapun bilang hanya dengan membayangkan Hollypun hatinya jadi hangat. Hewan peliharaan kan bisa jadi sahabat manusia ya? Banyak kan kisah2 persahabatan hewan dan manusia? Hachiko misalnya. Itu kan mengharukan banget, kesetiaan seekor anjing pada yang memeliharanya. Bukan cuman ke sesama manusia, rasa cinta kita pada semua makhluk Tuhan termasuk hewan semoga juga makin meningkat yah chingu. Dan ketika kita memutuskan untuk pelihara binatang, yang penting adalah kita harus bertanggungjawab untuk itu. Kalian bisa juga berpartisipasi dalam kegiatan2 yang bersifat melindungi binatang. Misalnya Tulus, penyanyi Indonesia yang punya aksi melindungi gajah. Tulus kan punya lagu judulnya “gajah”, nah dia punya gerakan juga untuk melindungi gajah. Dia bikin merchandise gitu dan sebagian penjualannya untuk diberikan alat yang bisa melindungi gajah2 dari perburuan illegal dan liar. Gue rasa banyak aksi2 kayak gini chingu, kalian cari aja informasinya di google. Kita buat dunia ini lebih indah dengan hal2 baik kayak gini chingu. Bukan cuman ke sesama manusia, tapi ke semua makhluk Tuhan termasuk pada binatang ^^.

[ENG_CC] Housekeeper's Brag - Ep. 4 with Kim Yongguk X tvN PD Choi Sungyoon.mp4_000113146

[ENG_CC] Housekeeper's Brag - Ep. 4 with Kim Yongguk X tvN PD Choi Sungyoon.mp4_000127627

[ENG_CC] Housekeeper's Brag - Ep. 4 with Kim Yongguk X tvN PD Choi Sungyoon.mp4_000186686

[ENG_CC] Housekeeper's Brag - Ep. 5 with Kim Yongguk X Comedian Jang Dongmin.mp4_000313479

[ENG_CC] Housekeeper's Brag - Ep. 5 with Kim Yongguk X Comedian Jang Dongmin.mp4_000546646

[ENG_CC] Housekeeper's Brag - Ep. 6 with Kim Yongguk X Vet Ra Eungsik X Kim Yoohyun.mp4_000361527

[ENG_CC] Housekeeper's Brag - Ep. 6 with Kim Yongguk X Vet Ra Eungsik X Kim Yoohyun.mp4_000510009

#Peace #Love #Happiness    

#Live #Love #Learn #Laugh 

#Share #Respect #Inspire

#StayGold #StayTrue #StayReal

Iklan

Annyeong Haseyo~ Bolbbalgan Sachungi Imnida ^^

Source: Live ONE(라이브원)_ Full ver. Bolbbalgan4(볼빨간사춘기) _ Some( 탈꺼야) (Credit: Melon & 1TheK Live ONE), 171003 @컬투쇼 Bolbbalgan4(볼빨간사춘기) 안지영, 우지윤 토크@cultwoshow talk@JiYoung An & JiYoon Woo (Credit: Cultwo Show SBS, upload: OW N), 구름 위를 둥둥 with 볼빨간사춘기 full ver. _171011[김예원의 볼륨을 높여요] (Credit: KBS), 171017 The Show 볼빨간사춘기(Bolbbalgan4) 1 앵콜무대 (Credit: SBS, uploaded: RED PLANET)

Setelah di tahun 2016 yang lalu Bolbbalgan4 merilis full album pertama mereka “Red Planet” dan bahkan dapat award Rookie Of The Year dari beberapa ajang penghargaan musik Korea, di tahun 2017 ini mereka comeback dengan mini album “Red Diary page 1” 28 Oktober 2017 lalu chingu. Ya, Bolbbalgan4 memang dikenal sebagai duo dengan lagu2 yang enak didengar, melodinya “cerah” dan liriknyapun indah. Ahn JiYoung (vocalist Bolbbalgan4)pun punya suara yang unik. Selain menyanyi, dia juga adalah pencipta lagu chingu. Banyak track di album “Red Planet” yang dia ciptakan sendiri baik musik dan liriknya. Ya, JinYoung adalah salah satu singer-songwriter berbakat Korea.  Bolbbalgan4 sendiri adalah jebolah dari superstarK chingu. Untuk tahu sedikit banyak tentang mereka, gue udah ngulas mereka dalam 5 postingan sejauh ini di blog ini. Kalian bisa baca di catatan gue tentang Bolbbalgan4 yang lain di sini chingu ^^

Sama kayak lagu “galaxy” yang 2016 lalu ngehits banget di Korea, lagu terbaru mereka yang judulnya “some” (title track album “Red Diary” Page 1) juga ngehits banget di Korea. Lagu ini katanya sering banget diplay dimana2. Lagu ini juga ciptaan Ahn JiYoung chingu. Nah biar lebih jelas tentang seputar comeback mereka kali ini, gue mau nulis beberapa catatan yang gue resume dari video2 mereka chingu.

Oya, sebelumnya kalian udah tahu kan kalo Bolbbalgan4 juga masuk ke beberapa nomasi MAMA 2017? Ya, Bolbbalgan masuk ke dalam nominasi Best OST dengan lagu “you and me from the start” dan juga masuk nominasi Best Vocal Performance Group dengan lagu mereka “Tell Me You Love Me”. Gue berharap Bolbbalgan4 bisa menang chingu. Ayo buat kalian yang suka mereka, jangan lupa vote mereka juga di sini yah http://mwave.interest.me/en/mama. Gue pribadi suka sekali sama lagu2 dan vocal mereka chingu, enak gitu didengerin, feelnya juga “sachungi” banget, ungkapan perasaan remaja yang masih polos, jujur. JiYoung juga dengan stage act-nya yang simple tapi “kena” bikin gue tambah ngefans chingu. Cara dia nyanyi tuh enjoy banget, kayak dia bener2 cinta sama nyanyi, sukak banget ngeliatnya jadinya. Semoga tahun ini Bolbbalgan4 dapat award yah chingu, semoga. Ketika gue nulis ini, Bolbbalgan4 juga udah dapet thropy no.1 di The Show. Ya, mereka untuk pertama kalinya menang di acara musik dan itu di The Show SBS plus. Congratz Girls!!! Ok, langsung aja yah kita ke catatan2 tentang mereka lagi:

  • Ketika ditanya hampir setahun ini mereka ngapain aja, kok baru comeback sekarang, mereka bilang kalo mereka aktif juga chingu, cuman lebih ke acara2 offline kayak di universitas, di festival2 dan yang jelas juga persiapan untuk album baru mereka ini. Iya chingu, mereka memang sering ke acara2 offile kayak festival2 gitu. Banyak banget video Bolbbalgan4 yang lagi live dimana2, lebih banyak daripada mereka di TV. Ya, mungkin karena mereka bisa dibilang kayak grup “indie” juga chingu. Bukan tipikal grup idol yang sering bolak balik di TV. Tapi jangan salah lho ya, fansnya banyak banget chingu. Ga cuman orang biasa, kalangan artis juga. Kalo kalian search di youtube, banyak artis Korea yang udah coverin lagu2nya mereka kayak ShinBi GFriend misalnya. Zion T dan BaekHyun EXO juga pengen kolaborasi sama mereka katanya. Dari golongan non artis apalagi, banyak banget yang udah coverin lagu2 mereka. Bukan ke variety show memang, mereka lebih ke musicalitasnya, performnya juga. Kayak BTS menurut gue chingu. BTS kan juga ga tipikal yang sering di TV lalu main ke acara2 variety show, mereka lebih menonjolkan ke performance dan konser2. Mereka kalo show2 gitu paling ya di channel2 online, bukan channel2 TV. Gue juga suka konsep album kali ini chingu, “Red Diary Page 1”, berarti nanti ada page 2 dan mungkin page2 yang lain. Mengingatkan gue sama HYYH-nya BTS yang juga ada part2nya, hehe. Gue pribadi ngerasa kayak banyak kesamaan antara mereka chingu, makanya jadi suka. Terutama dari kualitas musik, lirik, vocal dan melodi2 lagu2 mereka. Bagus gitu, easy listening juga, jadi kayak wajar banget kalo bisa dapet award, no.1 di chart2, lagu2nya diperdengarkan dimana2 dan juga no.1 di acara musik Korea juga. Grup yang skillful, keren. Fakta bahwa mereka sama2 singer-songwriter gue juga suka banget. Mereka mandiri, bisa bikin lagu2nya sendiri. Oya, JiYoung itu selera fashionnya juga bagus chingu dari dulu (jaman2 Superstar K), mengingatkan gue sama RapMon chingu. Mereka juga sama2 leader di grupnya. Dan, JiYoung juga punya dimple lhoh, hehe. Bukan ngeship2 chingu, cuman kadang kalo gue liat JiYoung itu suka kayak ngeliat RapMon versi cewek, hehe. Mungkin kalian ada juga yang ngerasa sama. Karena sedikit banyak gue udah nonton juga acara2 mereka, live2 radio mereka, denger jawaban2 JiYoung dari pertanyaan2 yang diajukan ke dia, ngeliat lagu2 yang dia buat, stage actnya, fesyen-nya, bahkan dimple-nya, makanya bisa kayak terlintas sosok RapMon gitu pas liat JiYoung, hehe.
  • Karena “Red Planet” kemarin dapet respon yang bagus, tentu saja comeback kali ini mereka ada beban juga chingu. Mereka jadi greedy pengen nulis lagu yang bagus juga. Cuman, daripada itu, mereka pada akhirnya merasa akan nulis apa yang mereka ingin tulis aja chingu. Menulis lagu yang berasal dari apa yang memang pengen mereka katakan aja. Itu dirasa lebih cocok dengan mereka. Kali ini mereka bilang lebih banyak mikir dalam nulis lagu chingu. Mereka pengen lebih nulis lagu yang relate dengan banyak orang dengan emosi anak puber (sachungi) dengan kejujurannya dan kepolosannya. Banyak juga orang yang bilang kalo emosi lagu “Red Diary” ini sama kayak “Red Planet” sebelumnya, cuman ndak papa kata mereka. Mereka memang pengen di masa sachungi mereka ini (usia mereka juga masih remaja) nulis lagu2 yang emosinya seperti itu, yang masih match sama range usia mereka. Meskipun seiring bertambahnya usia nanti mungkin bisa berubah, menyesuaikan. Mirip kan sama BTS? Nulis lagu yang sesuai dengan usia mereka supaya lebih bisa relate dengan orang2 di range usia mereka. Bisa mengungkapkan dengan lagu tentang apa2 yang memang pengen mereka katakan, karena memang itu juga yang sedang mereka rasakan sekarang.
  • Ada 5 lagu di album ini chingu, dan 4 darinya dibikin MV. MV yang paling mereka suka adalah “some”. Di MV itu kan mereka kayak random dance gitu, nah mereka rasa part itu seru banget. Makanya paling senang sama “some”. Iya ya, seru banget part dance random mereka di MV itu memang, favorit gue juga chingu, dan mungkin favorit kalian juga. Selain part itu gue juga suka ekspresi mukanya JiYoung yang sok kesel gitu cuman lucu jatohnya. Jago banget lah itu JiYoung kalo disuruh berekspresi.
  • Masih dengan tema “sachungi” atau “puber”, track2 di lagu ini juga banyak mewakili perasaan remaja yang lagi jatuh cinta chingu. Biasanya kalo remaja jatuh cinta itu ditulis di diary kan ya? hehe. Meskipun ada cinta2nya, tapi di album ini juga ada lagu yang isinya lebih “serius” chingu, yakni tentang kegalauan di masa puber/remaja, tepatnya di lagu “to my youth”. Kayak BTS yang banyak cerita tentang susahnya jadi young people di albumnya, Bolbbalgan4pun juga cerita tentang hal itu di lagu “to my youth”.
  • Lagu pertama mereka yang juga jadi title tracak adalah “some”. Lagu ini menceritakan tentang orang yang pengen ngungkapin perasaannya aja ke orang yang disukai daripada maju mundur ga jelas. Meskipun dia tahu bakalan ditolak, dia tetep bakalan nyoba sekali lagi.
  • Yang kedua adalah “blue”. Biru itu kayak simbol dingin dan air mata. Menceritakan tentang putus, meskipun benci tapi juga kayak masih suka, dan itu digambarkan dengan warna “blue” tadi, begitu kata mereka.
  • Yang ketiga adalah “fix me”. Lagu ini menggambarkan orang yang lagi ga punya semangat, ga punya energy, dan yang bisa “memperbaiki” dia cuman senyum dan cinta dari orang yang dia sayangi chingu #eaaa. Lagu ini melodinya asik kayak “some”, ditambah petikan gitar yang melodis juga, tipikal lagu yang enak sekali buat didengar. JiYoung sendiri meskipun yang nyanyi lagu ini ngerasa tiba2 bahagia ngedenger lagu ini chingu. Ya, tipikal lagu yang kalian gue rasa juga akan merasakan hal yang sama. Bisa bikin mood kalian gembira lagi setelah gloomy, hehe.
  • Lagu keempat adalah “imagine”. Lagu ini cerita tentang ketika kita suka sama orang, pasti kita kepikiran/membayangkan orang itu terus. Digambarkan kayak anjing yang lagi nunggu pemiliknya di rumah. Nunggu dengan antusias. Nunggu apakah bener2 bisa saling mencintai, apakah “dia juga cinta sama saya”, seperti itu.
  • Lagu ke-5 adalah “to my youth”. JiYoung bilang dia sempet nangis juga chingu ketika rekaman lagu ini. Bukan cuman tentang emosi cinta untuk anak2 di masa puber/youth, tapi JiYoung juga pengen bikin lagu yang bisa universal untuk bisa menenangkan orang lain karena relate dengan apa yang mereka alami chingu, makanya bikin lagu kayak gini. Ini juga lagu yang menceritakan tentang diri dia sendiri, masa dimana dia sedang ngerasa berat, entah masa lalu, entah sekarang. JiYoung berharap dengan mendengarkan lagu2 ini, kita juga dapat lebih tenang dan bisa punya harapan/mendapatkan harapan lagi. Banyak juga orang2 yang minta JiYoung buat lagu yang tipe kayak gini, makanya dia rasa lagu ini juga semacam lagu hadiah untuk fans. JiYoung bilang kalo nyanyiin lagu ini ngerasa pengen nangis chingu. Liriknya kurang lebih gini “ada beberapa titik dimana aku ingin menghilang saja dari dunia ini. Seluruh dunia terlihat gelap dan aku menangis setiap malam. Namun, apakah semua akan lebih baik jika aku pergi? Aku takut pada semua mata yang tertuju padaku. Selama masa2 indah itu, aku sakit. Aku benci diriku sendiri yang tidak bisa mendapatkan cinta. Mereka berkata bahwa waktu adalah obat, tapi apakah itu juga berlaku untukku? Ini bukan aku yang sebenarnya, tapi aku semakin menjauh. Tapi mungkin aku bisa menjadi secercah cahaya terang di dunia ini. Mungkin setelah semua rasa sakit ini, aku bisa menyalakan secercah cahaya. Aku tidak bisa menyerah, karena mungkin jika aku terus mencoba, maka aku bisa bangkit dan menemukan diriku sendiri”. Relate kan kalian juga sama lirik kayak gini? Pasti ada masa2 dimana kita pengen hilang aja dari dunia ini. Ngerasa sendiri, ga mendapatkan cinta dari orang lain, apalagi orang itu orang yang kita cintai. Waktu berjalan, cuman belum tentu luka2 yang pernah kita dapatkan bisa ilang begitu aja. Cuman pada akhirnya kita ga nyerah karena yakin ada harapan. Setelah kesulitan, ada kemudahan. Kita memang kayak ga jadi diri kita sendiri, tapi kita terus mencari siapa diri kita ini. Hingga suatu saat kita bisa menemukan diri kita sendiri, menemukan cahaya ibaratnya. Cahaya yang ga hanya menerangi diri kita sendiri namun juga membawa terang bagi dunia ini. Dengan menemukan diri kita sendiri, menemukan potensi diri kita, kita juga akan membawa cahaya (kebaikan) bagi dunia ini. Kayak JiYoung/Bolbbalgan4. Mereka di masa remaja juga punya masalah (kita semua punya masalah) cuman di masa ini jugalah kita harus tahu potensi kita dan memaksimalkan itu. Dengan terus mengasah potensi mereka di musik, mereka akhirnya bisa menemukan bahwa mereka adalah seorang musisi. Musisi yang ga hanya menjadikan mereka sadar perannya mereka di dunia ini apa, namun juga bisa memberikan kebahagiaan bagi para pendengarnya dengan peran itu. Manusia hidup di dunia pasti punya peran, masalahnya, tahu tidak peran kita itu sebagai apa? Bagaimana kita bisa tahu? Dengan menemukan DNA kita, potensi terbesar kita kemudian memaksimalkannya untuk menjadi versi terbaik dari diri kita. Ada yang perannya sebagai musisi, ada dokter, ada guru dan sebagainya. Dengan mengetahui peran itu, gue rasa kita bisa lebih dekat dengan cahaya tadi chingu. Kayak kata JinYoung, “menjadi secercah cahaya di dunia ini”. Dengan kata lain, dengan tahu peran kita, kita lebih bisa menjadi cahaya (bermanfaat) bagi orang lain dan bisa lebih berkontribusi positif bagi dunia ini. Youth itu tentang menemukan diri sendiri. Makanya di lirik lagu inipun JiYoung juga pengen bisa menemukan dirinya sendiri. Sama kayak DNA-nya BTS. Pada intinya sama, tentang menemukan diri sendiri di masa remaja yang sulit ini. Setelah ketemu, potensi itu harus kita maksimalkan sehingga menjadi versi terbaik dari diri kita masing2 chingu. Menjadi lebih berguna, menjadi semacam “cahaya” bagi orang2 di sekitar kita dengan peran kita tadi.
  • Karena prestasi mereka di musik, JiYoung udah bisa ngeliburin orangtuanya ke Italia chingu. Mereka sendiri juga ke Swiss dan Perancis untuk liburan. Di masa liburan itu mereka juga dapat inspirasi buat album mereka ini.
  • JiYoung dan JiYoon punya karakter yang beda chingu. JiYoon suka film animation makanya ketika ada film baru, dia langsung pengen keluar rumah dan nonton. Ini beda dengan JiYoung yang lebih suka di rumah aja. Ya nonton TV, nyuci, makan. Tipe anak rumahan chingu. Kalo film, JiYoung suka genre romance. Dia suka banget nonton drama2 Korea gitu, makanya banyak dapat inspirasi juga dari sana. Mereka sendiri belum punya banyak pengalaman tentang cinta chingu, makanya lebih tahunya dari film/drama. Ga harus menjalani memang, musisi banyak yang bisa bikin lagu karena banyak punya referensi nonton film/drama.

Ini dulu chingu update-an gue tentang Bolbbalgan4. Keren comebacknya! Lagu “to my youth” jjang!

Bolbbalgan4 - Fix Me (고쳐주세요).mp4_000008008

171003 @컬투쇼 Bolbbalgan4(볼빨간사춘기) 안지영, 우지윤 토크@cultwoshow talk@JiYoung An & JiYoon Woo.mp4_000611444

구름 위를 둥둥 with 볼빨간사춘기 full ver. _171011[김예원의 볼륨을 높여요].mp4_000374674

#Peace #Love #Happiness    

#Live #Love #Learn #Laugh 

#Share #Respect #Inspire

#StayGold #StayTrue #StayReal


2! 3! BANG! TAN!

Source: Video: [ENG SUB] BTS Comeback Show (Credit: MNET, subbed: dramabus), [ENG SUB]171003 (방탄소년단) BTS SHOW CHAMPION BEHIND FULL (Credit: MBC, subbed: starry tae)

“If you don’t love yourself, you can never love others” – RapMon

“Jika kamu tidak mencintai dirimu sendiri, maka kamu tidak akan pernah bisa mencintai orang lain”

Quote yang keren yah? Dan, bener banget kan ya kata2 ini, bahwa orang yang ga mencintai dirinya sendiri ga akan pernah bisa mencintai orang lain. Karena mencintai orang lain itu adalah implementasi dari mencintai diri sendiri sebenernya. Siapa yang paling perlu kita kasihani? Orang lain atau diri sendiri? Diri sendiri. Lalu, apa hubungannya dengan orang lain? Analoginya gini. Tanyakan analogi ini ke diri kalian masing2 chingu. Apa alasan orang ikut volunteer, kegiatan amal atau menolong orang yang kesusahan misalnya? Kasihan, pada intinya jawabannya itu kan? Lalu, kasihannya sama siapa sih? Menurut gue kasiannya adalah sama dirinya sendiri chingu. Lhoh kok bisa? karena, jika dia tidak menolongnya, hatinya sendirilah yang akan ngerasa ga nyaman. Maka banyak orang bilang nolong orang adalah panggilan hati nuraninya. Udah reflek aja. Memang normalnya kayak gitu. Hati pasti akan ngerasa ga enak, ga nyaman & ada yang salah kalo ngeliat orang susah/sedih, lalu jadi tergerak untuk pengen nolong. Dan kita pasti akan bahagia dan damai kalo udah nolong mereka. Kecuali hatinya udah kotor/busuk lho ya, mungkin akan acuh aja, ga ngerasain apa2. Jangan sampe hati jadi kayak gitu.

Pernah ga kalian ngeliat persahabatan hewan2 di youtube? Hewan aja mau nolong, masa manusia enggak? Ya, kita sendirilah yang rugi sebenernya kalo ga nolong orang tuh. Siapa yang mau hidupnya ngeganjel ga enak? Siapa yang mau hidupnya ga nyaman? Siapa yang hidupnya dihantui rasa bersalah? Ga ada. Makanya kita bisa lihat orang berbondong2 nolong korban bencana, nyumbang ke panti asuhan dan neriakin orang yang mau bunuh diri dari tower dsb. Itu karena hati mereka tergerak untuk melindungi diri sendiri dengan cara seperti itu. Memang apa yang kasat mata tuh mereka nolong orang lain, tapi bagi gue mereka justru sedang nolong diri mereka sendiri chingu. Dengan melakukan itu, mereka akan bisa lepas dari rasa ngeganjel, rasa ga nyaman dan rasa bersalah. Bahkan, hidupnya akan jadi lebih damai dan bahagia. Bayangin gimana ga enaknya perasaan kalian kalo ada orang yang jelas2 bisa kalian tolong tapi jadi ga tertolong karena kalian ga mau nolong? Gue yakin rasa bersalah itu akan membekas selamanya chingu.

Lalu, siapa yang lebih untung ketika nolong orang kalo gitu? Jawabannya jelas diri kita sendiri kan? Berarti kalo orang memang cinta sama dirinya sendiri, otomatis dia akan cinta sama orang lain juga. Dan, cinta itu universal kan? Ga cuman cinta dalam arti couple kan ya. Bisa ga penemu penisilin itu kita bilang dia mencintai orang lain juga? Ya, dengan obat yang dibuatnya, dia bisa nolong banyak orang. Karena cinta dengan orang lain, cinta pada kesembuhan orang lain, makanya terus melakukan penelitian untuk kemajuan medis demi kebaikan masyarakat luas. Gue ga sekolah medis chingu, cuman pasti tujuan utama medis adalah untuk menolong orang. Dan pasti jiwa akan bahagia dan damai kalo udah bisa nolong orang. Diri sendiri kalian aja. Apa perasaan yang kalian rasakan ketika udah bisa nolong orang lain? Sesimple itu.

Sebaliknya, orang yang ga cinta sama dirinya sendiri, dia ga akan kepikiran juga buat mencintai orang lain. Orang yang ga cinta sama dirinya sendiri berarti rela hidupnya ga tenang, hidupnya ga nyaman, hidupnya ngeganjel, bertentangan dengan hati nuraninya. Bayangin, dia aja rela hidupnya kayak gitu, masa dia ga rela hidupnya orang lain sama? Logis kan? Dia sendiri aja rela lhoh “menderita”, apalagi orang lain? Makanya ketika orang udah ga cinta sama dirinya sendiri, dia juga ga akan ada gagasan buat mencintai orang lain. Ga akan pernah bisa mencintai orang lain. Dirinya yang paling berharga aja dikorbankan, apalagi “cuman” orang lain? Sedangkan dia ga tahu kalo sumber sembuhnya, sumber bahagianya dan sumber damainya itu justru ketika dia melakukan hal yang sama ke orang lain. Itu udah ga bisa ditawar. Rumusnya udah kayak gitu. Jangan sampe ya chingu kita jadi pribadi yang mengorbankan diri kita sendiri kayak gitu? Parah kan itu? Keyword #Love_Yourself itu bener banget. Penting sekali keyword itu. Muaranya tetep itu, akan selalu itu. Bahwa kebaikan yang kita lakukan itu akan kita sendiri kok yang dapetin manfaatnya.

“jika kamu berbuat baik, berarti kamu berbuat baik untuk dirimu sendiri. Dan jika kamu berbuat jahat, maka kerugian itu untuk dirimu sendiri..” – Al Quran Surat Al Isra’ ayat 7

Kita ga akan bisa nglepasin filsafat sama agama chingu. Kata2 RapMon yang “suka benar”, penuh filosofi itu gue rasa bisa tetep relate dengan ajaran agama kok. Humanisme, filsafat, agama, itu relate satu sama lain. Jadi di intro ini intinya kalo kalian cinta sama diri kalian, maka cintai orang lain. Kalian yang ga cinta ke diri sendiri mustahil bisa cinta sama orang lain. Bagus banget itu BTS bikin series tema #Love_Yourself. Secara ga langsung menyebarkan nilai2/values humanisme ke orang. Nilai2 yang positif menurut gue. Nilai2 yang gue rasa mungkin di jaman sekarang ini jarang orang yang suka ekspos. Padahal itu nilai2 dasar yang penting. Bukan cuman seneng sama lagu2nya yang bagus, musiknya yang bagus, dancenya yang bagus, cuman bisa tambah aware juga sama2 hal2 kayak gini. Terimakasih BTS!

Kalo kemaren gue udah ada bahasan tentang DNA-nya Suga dan sedikit banyak tentang DNA, sekarang gue mau lanjut ke DNA2 member BTS yang lain chingu. Masih ingat kan apa DNAnya Suga? Musik. Kalian sendiri udah nemu DNA belum nih? Ayo dicari! Hehe. Setelah tahu DNAnya apa, terus dipelajari, dilatih, sehingga bisa menjadi versi terbaik dari diri kalian sendiri. Gue ulang2 ya kalimat ini, wkwk. Karena menurut gue ini paling penting chingu. DNA yang udah dikasih Tuhan melalui orangtua kita harusnya bisa kita temukan dan kita maksimalkan supaya bisa bermanfaat ga hanya bagi diri kita sendiri tapi juga orang lain.

  • Ngomongin tentang DNA, V ngerasa kalo DNA-nya dia adalah punya taste dan sense pada fashion yang bagus chingu. V fashionista banget kan itu. Meskipun bajunya agak2 aneh cuman tetep keren aja kalo yang pake V, hehe. V suka koleksi dasi chingu. Banyak banget dasi di lemarinya. Selain itu, V juga suka sama baju2. Ga harus mahal lhoh, di comeback show #Love_Yourself di MNET kemaren, V bilang kalo dia habis beli baju2 yang harganya 6.000 won aja. Kalo dirupiahin ya sekitar 60.000 rupiah. Ada kan baju2 yang meskipun murah cuman tetep bagus? Hehe. V juga suka fotografi chingu. Udah kayak fotografer professional juga hasilnya. Dia suka pake mono di fotografi. Dia pernah cerita sama hobinya ini di acara “Knowing Brother” kamaren. Gue capture fotonya di bawah *Masih inget ga chingu sama 9 tipe kecerdasan menurut Howard Gardner? Orang cerdas itu ga hanya yang pinter matematika lhoh. Ada namanya cerdas visual-spatial yang artinya dia cerdas di bidang gambar (2D) dan juga 3D. Bisa jadi V memang punya kecerdasan di bidang gambar, visual, foto dsb. Makanya seneng sama gambar dan juga fashion*
  • Kalo menurut RapMon nih, DNA V adalah seseorang yang keliatan “bodoh” cuman kalian ga bisa membencinya, wkwk. Jadi meskipun V suka bicara atau bertindak yang kayak weirdo gitu, cuman malah buat orang tertarik gitu ngeliatnya *iya memang kayak alien kan V itu, sulit ditebak, 4D, wkwk*. Bagi JungKook, V punya semacam free spririted (jiwa kebebasan) chingu. Kamarnya mencerminkan dia banget chingu. Tempat tidurnya simple, warna hitam minimalis gitu. Beda misalnya sama Jimin yang kamarnya lebih “konvensional”, haha.
  • Bagaimana dengan DNA Jimin? Bagi Jin, DNA Jimin adalah anak yang baik chingu. J-Hope juga, baginya Jimin adalah adik yang baik. Bagi RapMon, Jimin adalah anak yang masih muda cuman matang (young adult). RapMon bilang kalo dia respect sama Jimin chingu. Diantara semua member, RapMon rasa mungkin Jiminlah yang paling dewasa katanya *widih Jiminaaaa~ keren!!!*. Keliatan ya dari carenya sama TaeHyung kayak postingan gue sebelum ini chingu. Dewasa si Jimin ini, temen yang baik, keren *gue rasa kalo dalam tipe kecerdasan, Jimin ini cerdas interpersonal atau cerdas manusia chingu. Dia bisa berinteraksi dengan manusia lain dengan baik. Dia punya careness yang tinggi sama temen, pengertian, pemberi solusi, penyemangat, keren! Orang kayak Jimin pasti yang cinta banyak*
  • Ada cerita tentang care-nya Jimin lagi chingu. Jadi Jimin dan J-Hope kan sekamar. Nah, J-Hope itu ternyata suka ketiduran pas main games. Ketika tahu J-Hope tidur, dia nge-off-in suara komputernya dan bikin keyboardnya ga bersuara, supaya ga ganggu J-Hope yang tidur *karakternya keren chingu, patut dicontoh, keren! Orang yang care sama temen itu bagi gue bukan hanya orang baik tapi adalah orang cerdas*
  • Bagi JungKook, Jimin adalah hyung yang dulu terbiasa mencoba sangat keras/berusaha sangat keras chingu. Jiminpun mengakuinya. Dibanding yang dulu, sekarang dia lebih banyak main katanya, lebih banyak keluar juga. Kalo dulu, dia menghabiskan banyak sekali waktu di studio. Bahkan jika dia punya waktu istirahat, dia merasa harus ke studio. Bahkan waktu yang bisa buat tidurpun dia ngerasa harus ke studio. Tujuannya apa? Supaya bisa lebih banyak berlatih chingu. Cuman lama2 dia mikir juga kenapa harus melakukan itu? Hingga pada akhirnya dia sadar bahwa cara dia supaya bisa mengurangi stress adalah dengan bertemu dengan orang2 yang pengen dia temui. Makanya setelah itu dia lebih ngerasa harus istirahat juga. Kalo waktunya istirahat dia ya istirahat atau main, untuk menghilangkan stress. Dengan begitu, dia dapat lebih fokus pada pekerjaannya juga. Konklusinya Jimin = work hard, play hard chingu.
  • Gimana dengan Jin? Bagi JungKook, DNA-nya Jin adalah hidup dengan bahagia chingu. Tipe orang yang mencoba untuk hidup bahagia *iya yah, kayak dibikin santai banget Jin itu, wkwk. Dibikin santai aja apa2 keliatannya, meskipun ga tahu juga aslinya gimana. Gue rasa dalam 9 tipe kecerdasan si Jin ini termasuk cerdas interpersonal juga chingu, kayak Jimin. Dia kan orangnya care juga sama temen. Kayak “eomma”nya BTS. Bisa ngemong adik2nya juga di BTS, keren! Jin kan temen2nya banyak juga ya itu*
  • Gimana dengan RapMon? Bagi Jin, DNA RapMon adalah semacam “ceroboh” chingu. Bagi Jimin juga mirip2, ceroboh. Bagi Jungkook, RapMon adalah orang yang ketika udah terjun ke satu hal, dia bakalan terjun dalam ke hal itu *kalo RapMon udah ga usah panjang lebar ya, jelas dia ini yang paling dominan adalah cerdas verbal-lingustic atau cerdas bahasa. Baik ngomong, ngerap, nulis, dia jagoan semua*
  • Bagaimana dengan J-Hope? Bagi Jin, J-Hope adalah orang yang keren chingu. Bagi Suga, J-Hope juga adalah orang yang luar biasa/amazing. Kenapa? Karena J-Hope bukan orang yang sejak awal mengejar karir di musik, namun mau bekerja keras dan akhirnya bisa. JungKook juga ngerasa sama. J-Hope adalah orang yang akan bekerja sangat keras untuk meraih tujuannya chingu. J-Hope juga suka chingu bikin lagu, cuman dia tipe yang cenderung memakan banyak waktu karena satu persatu dibuat biar match satu sama lain. J-Hope juga punya studio sendiri dan baca maupun nonton film di sana. Kalo V, bagi dia J-Hope adalah member yang suka “ayo semangat, fighting, fighting!” duluan ketika member2 lain lelah. Dan V sangat senang dengan itu. RapMon bilang bahwa J-Hope itu malah kayak leader di grup itu *leadershipnya bagus juga itu J-Hope. Care juga sama member2, terutama pas ngajarin dance. Gue rasa J-Hope dominannya di cerdas bodily-kinesthetic atau cerdas badan chingu. Jadi ngedancepun dia jago banget kan? Udah ga perlu diraguin skill dancenya. Bahkan temen2nya ngafalin gerakan berjam2 dia 10 menit aja udah hafal kan, daebak!*
  • Bagaimana dengan JungKook? Suga bilang bahwa sebelumnya dia ga pernah ngeliat orang seberbakat JungKook chingu. J-Hope juga bilang kalo JungKook mah ga perlu keknya banyak dikomentarin (udah bagus banget soalnya). Dan bagi RapMon, JungKook itu kayak DNA-nya BTS *bener ya RapMon, JungKook kayak representatifnya BTS. Serba bisa kan BTS juga? Ga cuman di satu bidang tapi bidang2 yang lain. Kalo dari tipe kecerdasan, gue rasa JungKook memang banyak bisanya chingu. Mulai dari cerdas badan (bodily-kinesthetic) karena jago dance, cerdas musik (musical) dan juga visual (bisa gambar juga kan itu JungKook, gambar yang smart juga). Dan mungkin cerdas2 yang lain juga. Memang banyak bisanya ini, golden maknae*
  • Ketika ditanya apa DNA dari orangtua RapMon yang RapMon berterimakasih karena punya DNA itu juga, di bilang tinggi badan, badan yang proporsional, kulit, tangan dan juga suara yang bagus chingu. Iyah, di Knowing Brother kemaren juga ada yang bilang kalo jari2 RapMon tuh indah banget chingu. Gue capture gambarnya di bawah yah~. RapMon berterimakasih sama DNA yang udah “diturunkan” oleh orangtuanya ke dia chingu. Dan dia juga bilang akan bekerja keras untuk “membayar” DNA yang udah diturunkan ke dia itu *yes! antara anak dan orangtua tuh pasti ada samanya, karena DNA tadi. Makanya DNA itu takdir juga. Kalian pasti juga punya kesamaan sama orangtua kalian. Entah rambutnya, warna kulitnya, bentuk hidung, mata, dsb. Dan yang jelas, harus bersyukur dengan itu kayak kata RapMon tadi. Selalu berterimakasih sama orangtua yang udah ngerawat kita, jadi perantara DNA dari Tuhan juga ke kita. Iya kan? DNA dari Tuhan diwariskan dengan perantara orangtua kita. Dengan DNA yang beragam (masing2 orang unik), kita harusnya bisa menemukan itu lalu memaksimalkannya untuk jadi versi terbaik dari diri kita. Makanya bener itu kata orang, kalo sukses ga boleh lupa sama orangtua, karena bagaimanapun ada DNA dari mereka yang jadi faktor suksesnya kita di suatu bidang. Entah fisik, entah skill, ada DNA dari orangtua/family tree kita ke kita. Dari lagu DNA bisa merenungi banyak hal yah jadinya? Seneng chingu…*
  • Kalo JungKook, dia rasa DNA yang paling dia syukuri dari orangtuanya adalah kemampuan untuk bisa banyak hal chingu *golden maknae kan ya, apa2 bisa~ jjang!*
  • Kalo J-Hope, dia rasa DNA favoritnya adalah ritme alami yang ada dalam tubuhnya (sehingga jago ngedance).
  • Nah kalo Jimin, DNA favoritnya adalah kelopak mata bagian atas, bibirnya yang tebel sama tinggi badannya chingu. Meskipun pas ditanya DNA Rapmon yang mana yang dia pengen punya, dia bilang pengen dapet 3 cm aja tinggi badan RapMon, haha.
  • Kalo V, dia rasa hidungnya yang besar adalah turunan dari ayahnya yang hidungnya juga sangat besar chingu. Kalo Suga, dia rasa bentuk matanya ketika tersenyum mirip sama ayahnya. Nah pas ditanya DNA yang Suga pengen dari RapMon, dia bilang tinggi badan RapMon. Dan ketika ditanya hal yang sama, V ngejawab otaknya RapMon. Suga juga setuju. Kata mereka kalo punya otak secerdas RapMon maka bisa “menaklukkan dunia” haha #apadeh

Iya chingu, jadi jangan salah ya (gue ulangi lagi deh, dulu udah pernah gue bahas juga tentang 9 kecerdasan Howard Gardner ini). Ada 9 tipe kecerdasan chingu. Jadi jangan sedih hanya karena nilai matematika ga bagus misalnya, siapa tahu kalian memang cerdasnya ga di bidang itu, tapi di bidng yang lain. 9 Kecerdasan itu adalah:

  1. Natural Smart (Cerdas Alam). Kecerdasan ini berarti dia bisa banget dalam memahami seputar alam dan makhluk hidup. Cocok kalo jadi ahli tanaman, ahli biologi, florist, peternak, petani dan koki misalnya.
  2. Music Smart (Cerdas Musik). Kecerdasan ini berarti dia kompeten banget dalam bidang yang ada hubungannya dengan musik kayak nyanyi, main alat musik, bikin lagu, peka terhadap nada dsb. Cocok kalo jadi musisi, penyanyi, rapper, produser musik dsb. Suga banget ini yah.
  3. Logic-Mathematic Smart (Cerdas Logika-Matematika). Kecerdasan ini berarti orang itu pinter ngitung, memecahkan masalah secara logis, berfikir scientific, meneliti dsb. Cocok kalo jadi ilmuwan dan programmers misalnya.
  4. Eksistential Smart (Cerdas Eksistensi). Kecerdasan ini berarti dia suka berfikir ala2 filsuf gitu. Dia suka tergelitik untuk menanyakan eksistensinya sebagai manusia. Kenapa gue hidup? Kenapa gue nanti mati? Bagaimana setelah gue nanti mati? Yang kayak gitu2 chingu. Orang dengan kecerdasan ini misalnya adalah pemuka agama dan filsuf.
  5. People Smart/Interpersonal smart (Cerdas Manusia). Berarti orang ini mampu memahami apa yang orang lain katakan, bahasa tubuhnya, ekspresinya. Dia mampu buat menginterpretasikannya dengan tepat. Dia punya senses yang tinggi ke perasaan orang lain dan bisa sekaligus memotivasi orang lain itu juga chingu. Ya kayak Jimin tadi chingu, dia bisa paham banget apa yang V katakan dan bisa support V juga sebagai sahabat. Orang yang cerdas kayak gini biasanya jadi guru, konselor.
  6. Body/Kinesthetic smart (Cerdas Tubuh/Kinestetik). Orang yang cerdas di hal ini punya kemampuan menggunakan tubuhnya untuk skill fisik kayak olahraga dan dance. Dia cerdas dalam mengkoordinasikan antara pikiran dan tubuhnya. Biasanya orang yang cerdas kayak gini jadi dancer, actor, mekanik, seniman craft misalnya.
  7. Lingustic smart (Cerdas bahasa). Orang yang cerdas di bidang ini kayak RapMon itu chingu. Dia punya kemampuan yang tinggi dalam hal kayak menulis, membaca, berbicara, bisa mengapresiasi istilah2/diksi2/arti2 yang kompleks. Dia juga pinter milih diksi (pilihan kata) tersebut untuk mengekspresikan apa maksud dia ke orang. Dia pinter dalam mengungkapkan sesuatu lewat bicara maupun tulisan. Orang yang cerdas kayak gini cocok jadi penulis, rapper, pembuat puisi, pembicara, orator dan pengacara misalnya.
  8. Self/Intrapersonal smart (Cerdas Diri Sendiri/Intrapersonal). Orang yang ceras di bidang ini berarti mampu memahami dirinya sendiri dan dengan itu dia gunakan buat mengarahkan hidup orang lain chingu. Dia bener2 paham sama dirinya sendiri. Apa yang dia rasakan, apa yang dia inginkan, dia sangat memahaminya. Biasanya orang yang cerdas di bidang ini jadi penulis, actor atau artis (seniman, musisi)
  9. Spatial-Visual Smart (Cerdas gambar dan visual). Orang kayak gini berarti bisa berfikir dalam 3 dimensi. Cerdas di bidang yang ada hubungannya sama gambar lah. Cocok kalo jadi artistek, fashion designer, fotografer, illustrator, ahli pahat, pilot, pemain catur, ahli mesin dsb.

Nah sekarang, cerdas kalian itu yangmana? Gue pernah iseng nanya ke temen2 chingu dan mayoritas mereka bilang gue cerdas bahasa. Cuman ada juga yang bilang gue cerdas alam, cerdas eksistensi sama cerdas diri sendiri (intrapersonal). Tapi itu 1-2 orang aja, sisanya lebih ke bahasa katanya. Menurut gue temen gue ada benernya juga. Selain bahasa, gue juga suka sama alam (pohon, bunga), suka juga sama memahami diri sendiri (intrapersonal) dan nanya hal2 ala2 filsuf gitu (eksistensial). Ya semoga aja dengan itu semua (yang gue anggep juga DNA gue), gue bisa menjadi versi terbaik dari gue ya chingu. Kalianpun sama, semoga bisa menjadi versi terbaik dari diri kalian sendiri dengan DNA kalian. Tanya aja ke temen2 kalian lebih ke cerdas apa kalian itu. Tanya guru BP/BK juga bisa. Harusnya beliau2 paham yang gini2. Atau tanya ke temen2 kalian yang lagi kuliah/lulusan psikologi. Siapa tahu itu DNAnya kalian juga kan? hehe. Siapa tahu jawaban temen kalian sama kayak skill yang kalian bisa dan ternyata match juga sama family tree kalian. Berarti kan DNA proven, hehe. Makin yakin jadinya tentang DNA kalian. Oya, bisa jadi chingu kalian dapet banyak jawaban. Kayak RapMon misalnya. Selain cerdas bahasa, dia juga cerdas eksistensial juga (suka merenung makna hidup kayak filsuf2) dan intrapersonal (memahami diri sendiri), makanya bahkan juga pernah bilang mau jadi penulis juga, karena memang cocok dengan tipe kecerdasan dia. Dia jadi rapper itu sama aja dengan jadi penulis kan? Nulis lirik, milih diksi, bikin rima. Jimin misalnya, selain cerdas interpersonal (cerdas manusia), dia juga ngedancenya keren (cerdas kinestetik/tubuh). Bisa jadi lebih dari 1, tapi pasti ada yang dominan. Selamat menemukan DNA kalian chingu, fighting!!! ^^

….

*Bagi kalian yang pengen beli albumnya BTS (atau album2 lain) dan buku2 gue, bisa langsung hubungi gue di 0882-1657-4341 (WA/SMS) yah. Kita bisa komunikasi lewat situ chingu. Kamsahamnidang~

[ENG SUB] BTS Comeback Show.mp4_000045500

10

#Peace #Love #Happiness

#Live #Love #Learn #Laugh

#Share #Respect #Inspire

#StayGold #StayTrue #StayReal


2! 3! BANG! TAN!

Source: Video: [Eng Sub] BTS JUNGKOOK honestly talks about how he really feels. Heartbreak Alert 맴찢주의 (subbed: J-Dope-L), [Vmin] V cried after reading his letter to Jimin (Credit: V app, subbed: mimi mimi)

Siapa yang ga kenal Kang HoDong? Yak, MC acara Star King ini terkenal banget. Sekarang, Kang HoDong juga jadi salah satu brother di variety show Korea yang langi ngehits “knowing brother”. BTSpun main di acara itu di episode 94 yang lalu.

Ngomong2 tentang Kang HoDong, pernah chingu si JungKook semacam curhat gitu sama paman ini. JungKook ditanya apa dia punya semacam problem gitu. JungKook kemudian cerita kalo dia dari Busan ke Seoul itu pas masih remaja banget (sachungi), makanya bener2 butuh penyesuaian diri dan itu ga mudah. JungKook cerita kalo dia itu kayak punya “topeng”. Kok bisa? Ketika pertama kali ketemu orang atau ngomong/berinteraksi dengan orang, dia ngerasa kayak ga menjadi diri dia yang sebenernya ke mereka, kayak ada tembok diantara mereka. Oleh karena itu dia pengen bisa jadi orang yang lebih jujur (menjadi dirinya sendiri) ketika berinterksi dengan orang lain. JungKook juga sadar bahwa orang harus sungguh2/tulus ketika ingin dekat dengan orang lain, cuman dia masih bingung gimana caranya supaya bisa dekat dengan dia atau orang lain bisa suka sama dia.

Lalu, apa nasehat yang diberikan Kang HoDong ke Jungkook? Beliau bilang JungKook bisa melihat itu dari sudut yang lain. Kang Hodong adalah mantan atlet gulat. Beliau cerita kalo biar bisa menang dalam pertandingan gulat, dia harus tahu lawannya dulu. Lawannya itu lebih tinggi atau lebih pendek dari dia. Treatment/perlakuan yang diberikanpun harus beda. Teknik supaya menangin orang yang lebih pendek dan lebih tinggi itu berbeda dan semuanya harus dipelajari. Kayak istilah “know your enemy first” chingu, ketahui dulu lawan2mu sebelum bertanding/perang. Dan untuk menjadi juara di gulat, beliau bilang ga bisa untuk tetap pada posisi yang sama terus. Nah, itu sama dengan kasus JungKook. Kapanpun ketika bertemu dengan orang baru, coba lihat karakter orang itu dulu. Dengan lebih mengenal banyak tipe orang, maka akan lebih bisa menjaring banyak orang. Kayak orang yang berbeda diperlakukan dengan berbeda sesuai dengan kebutuhan

*gue ngerasa relate chingu sama kasus JungKook. Mungkin juga kalian. Ngerasa kayak kurang jujur sama diri sendiri (ga bisa all out) ketika berinteraksi sama orang. Rasanya pengen orang lain tuh suka sama kita, cuman ga tau cara yang paling tepat itu yang kayak gimana. Dan ketika kita melakukan apa yang kira2 orang suka (dengan kita melakukan hal itu, orang bakalan suka sama kita), kita malah ngerasa ga sedang jadi diri sendiri. Susah kan itu, di satu sisi pengen orang lain bisa suka sama kita, tapi di sisi lain kita juga ingin jadi diri sendiri. Padahal dengan jadi diri kita sendiri, orang lain belum tentu suka sama kita. Sebuah deal yang rumit. Cuman ya memang akan kayak gitu menurut gue, akan terus pake topeng, karena penyesuaian diri itu harus dilakukan. Makanya tepat menurut gue saran dari Kang HoDong. Bagaimanapun Kang HoDong udah senior, udah banyak pengalaman, makan asam garam kehidupan, maka sarannyapun gue rasa betul chingu.

Daripada terlalu memikirkan fakta kita pake topeng dan risih karena ga menjadi diri sendiri, coba dilihat dari sudut pandang yang lain. Persis kayak kasus HoDong. Apa bisa beliau menang kalo ga tahu lawannya? Fleksibel, orang dengan karakter A ditreatment dengan treatment A, begitupun orang karakter B, C, D dst. Supaya apa? Supaya menang. Memang ga ada habisnya kalo kita pengen orang lain suka sama kita, itu hal yang sulit, dan mungkin ga akan bisa. Cuman coba kita mikirnya lebih realistis. Setiap orang pasti berinteraksi sama orang lain, dan itu pasti ada maksudnya. Ga mungkin ga ada maksud. Jadi yang jadi concern harusnya maksudnya aja, kepentingan kita apa, kalau udah tercapai/selesai ya udah, gitu aja. Jangan baper istilahnya.

Memang ga menjamin dengan jadi diri kita sendiri maka orang lain akan suka sama kita, tapi apa kita lantas harus menjadi orang lain juga? Tidak juga. Lalu gimana? Tetep jadi diri sendiri, tapi jangan sampai menjadi pribadi yang buruk (do bad thing ke orang) yang orang akan ga suka sama kita, itu aja. Ya memang hidup idealis itu sulit, maka perlu adanya deal. Kayak tulisan gue tentang Suga kemaren2. JungKook ini sama aja. Dia pengen idealis, tapi realitasnya sulit. Tapi apa kita harus pure realis? Ya ga juga. Tengah2nya ya kalau memang berinteraksi sama orang lain jangan terlalu baper. Biasa aja. Aku butuhnya apa, kamu butuhnya apa, selesai. Itu bentuk #Love_Yourself juga gue rasa, dalam rangka melindungi diri sendiri. Mungkin niat kita baik, tapi apa udah jelas kalo orang lain juga punya niat yang sama dengan kita? Bukan suuzon, tapi perlindungan diri.

Ini gue rasa kenapa sahabat itu aslinya cuman bisa diitung jari. Orang yang bener2 sahabat kita dalam hidup itu paling2 dari angka 1-3. Karena apa? Sulit chingu menemukan orang yang benar2 true sama kita. Kalau sama sahabat kita baru bisa ngelepas topeng. Tapi kalo sama orang2 biasa aja, jangan dilepas, biarkan aja. Itu bukan hal yang buruk.  Itu dalam rangka perlindungan diri. Yang penting jangan merugikan dia, jangan melakukan hal2 buruk ke dia. Jangan terlalu terbuka juga dengan dia. Keywordnya “BIASA AJA”. Hubungan professional aja kalo sama orang. Tentang gimana bisa tahu seseorang itu sahabat kita atau tidak, kalian sendiri yang tahu jawabannya. Yang jelas sahabat itu adalah orang yang ga hanya ada saat kalian seneng, tapi juga susah, dan selalu membersamai untuk kebaikan bersama. Semakin kalian dewasa, orang2 yang adalah true sahabat kalian akan ada di hitungan jari doang. Kalian tanya saja ke diri kalian sendiri berapa orang yang bener2 selalu membersamai kalian saat senang maupun susah? Pasti ga akan banyak. Rata2 membersamai pas seneng2 aja yakan? Wkwk.

Gue jadi inget quote dari Ali Bin Abi Thalib chingu “jangan menceritakan dirimu ke orang lain, karena yang suka kamu tidak butuh itu dan yang membenci kamu tidak mempercayai itu”. Berarti kan kita seperlunya aja kalo cerita sama orang itu, jangan semua hal diceritakan. Karena pada kenyataannya orang itu hanya mau mendengar apa yang ingin dia denger chingu (kayak part liriknya RapMon di lagu “we on”). Jadi ya mereka kebanyakan akan “I don’t care” sama concern kita. Dan yang membenci kitapun ga akan percaya ketika kita menceritakan diri kita ke mereka. Kalau belum punya sahabat ya curhat sama Tuhan, berdoa. Pasti Tuhan kasih yang terbaik buat kita. Semoga juga segera “ngirimin” sahabat ke kita. Gue rasa kalo kalian masih remaja, mungkin akan relate sekali dengan apa yang JungKook pikirkan chingu. Cuman kalo kalian udah mulai lebih dewasa dengan udah menjalani semakin banyak problem dalam hidup, kalian akan relate sama Kang HoDong. Bukan jahat, bukan pure realistis, tapi pada akhirnya kita tetap harus melindungi diri kita sendiri chingu. Kita harus bisa berdeal dengan keadaan2 yang kita jalani supaya bisa survive. Jangan terlalu stuck pada pikiran “jadi diri sendiri” kalau itu adalah interaksi dengan orang lain. Interaksi dengan orang lain=fleksibel, asal tidak melanggar norma. Hubungan professional saja, hubungan yang win-win solution tanpa tendensi/kecenderungan apapun. Itu lebih aman. Kalian bisa tetap jadi diri kalian sendiri untuk diri kalian sendiri. Dengan kalian tahu DNA kalian, tahu potensi terbaik kalian, kemudian berprestasi, itu berarti kalian know yourself very well chingu. Dan terserah orang mau suka atau tidak dengan itu. Pembuktian “jadi diri sendiri” itu lebih elegan dengan prestasi2 kayak gini. Sekali lagi, belajar apa itu “deal” dari BTS*

 

 

Terkait sama sahabat. Mungkin kisah V X Jimin ini bisa jadi gambaran kita tentang sahabat itu yang kek gimana chingu. Seperti yang gue bilang tadi, sahabat itu ya ga pas kita seneng aja, pas nangis, pas sedih juga terus membersamai dan mensupport*. Udah nonton/baca belum chingu surat V untuk Jimin yang dibacain langsung sama V di salah satu episode Bon Voyage? Suratnya gini:

“Untuk Jimin. Hallo Jimin? Menulis surat yang tulus seperti ini membuatku cringe (kayak cheesy banget, saking “sweet”nya jadi geli sendiri, hehe) cuman ya tolong dimengerti yah~. Sejak hari2 dimana kita trainee, kita datang ke Seoul tanpa petunjuk apapun. Kita bangun, mengenakan seragam dan datang ke sekolah yang sama. Setelah itu kita makan bersama, latihan bersama dan kembali ke dorm bersama. Lalu kita ngobrol di malam hari. Selama 6 tahun ini, kamu adalah teman yang paling aku sayangi. Sebelum kita debut, kamu pernah khawatir tentang itu. Ketika itu juga aku bertemu (meeting) dengan perusahaan dan perusahaan bertanya padaku tentang bagaimana jika Jimin adadalam timku. Ketika itu aku menjawab ‘saat senang dan sedih, Jimin selalu ada di sampingku. Jimin adalah satu2nya yang tertawa bersamaku, menangis bersamaku. Aku ingin teman seperti itu untuk debut denganku sebagai tim’. Aku senang dulu pernah mengatakan itu dan juga bahagia karena akhirnya bisa debut denganmu. Semua kenangan indah yang pernah kita lalui juga membuatku bahagia. Dan maaf karena aku selalu yang berada di posisi menerima. Ketika aku menangis di kamar mandi, kamulah yang tetap menangis bersamaku di sana. Kamu tiba2 datang menemuiku juga ketika subuh, tertawa bersamaku. Terimakasih untuk telah peduli dan memikirkanku. Kamu bekerja keras karena aku dan juga memahamiku karena peduli denganku. Terimakasih telah mendengarkan hal berat yang sedang aku pikirkan dan terimakasih telah menyukai teman yang banyak kekurangannya seperti aku ini. Ke depan, ayo kita hanya berjalan di jalanan berbunga (jalan yang bahagia). Aku mencintaimu, chingu…”.

Setelah mendengar itu, Jimin bilang kayak gini chingu “mungkin orang2 ngerasa kalo aku yang lebih care ke TaeHyung, cuman sebenernya aku banyak belajar dari TaeHyung. TaeHyung membuatku merasa bahagia dan juga sering menyentuh hatiku. Itulah kenapa aku beruntung bisa mempunyai teman seperti TaeHyung. Aku berterimakasih pada TaeHyung juga”

*Gue nangis chingu baca surat ini, mewek, hehe. Indah persahabatan mereka tuh. Jimin adalah teman yang sangat peduli pada V dan V adalah teman yang tahu juga bagaimana caranya untuk menyayangi dan menghargai teman yang udah sangat peduli padanya itu. #FriendshipGoals lah kalo keyword sekarang mah. Mereka juga teman sebaya kan, lahir di tahun yang sama. Jadi lebih bisa juga untuk jadi “chingu/sahabat” karena budaya hyung/dongsaeng (kakak/adik)” yang begitu kental di Korea, meskipun hanya selisih 1 tahun*

Di lain waktu, V juga cerita bahwa meskipun dia keliatannya karakternya ceria di depan orang2, tapi dia sebenernya bukan orang yang bisa untuk cerita masalahnya ke orang2 chingu. Dan Jiminlah satu2nya teman yang dia ajak cerita. Ketika sedang merasa sedih dan berat, Jimin suka datang ke kamar V buat nyari dia lalu mereka nangis bareng. V sangat berterimakasih karena Jimin selalu ada untuk V chingu. Jimin juga bilang bahwa V sering cerita ke dia tentang semuanya, makanya dia bisa memahami surat yang V bacakan ke dia. Jimin bilang “sedeket2nya kamu berteman sama seseorang, kalo temenmu itu ga mau cerita maka kamu juga ga bakalan tahu” chingu. Dan karena V mau ceritalah makanya Jimin bisa “nolong” dia.

*Meskipun V anaknya keliatan ceria, konyol, tapi nyatanya masalahnya dia pendem sendiri dan cuman cerita ke Jimin. Berarti dia yakin kalau Jimin adalah true sahabatnya dan Jiminpun juga merespon itu dengan baik. Jimin mau “menolong” V. Mau diajak curhat, bahkan nangis bareng malem2, ketawa bareng, ngobrol sampe subuh bareng, latihan bareng, punya mimpi yang sama dan bekerja keras untuk itu bareng2 juga. Bukan sekedar temen curhat tapi juga kerja bareng buat mencapai mimpi2 mereka. Sahabat yang ga pas seneng2 aja, tapi juga mau nangis bareng saat sedih dan kerja keras bareng buat mencapai mimpi mereka. Gue rasa ini definisi sahabat chingu. Orang yang bisa diajak nangis bareng itu rare banget menurut gue. Orang kebanyakan hanya mau diajak ketawa bareng. Berarti tinggi sekali kan empatinya orang yang mau nangis bareng kalian. Ga hanya selesai nangis bareng aja, tapi bangkit bersama untuk ngelanjutin ngejar cita2 kalian. Persis kayak V X Jimin ini. Jimin sering menguatkan V. Makanya V juga ngomong maaf udah jadi pihak yang menerima. Meskipun Jimin juga bilang bahwa dia belajar banyak dari V juga. Ikut seneng chingu sama persahabatan mereka. Meskipun V ngerasa di pihak yang selalu dipedulikan Jimin, tapi gue rasa mereka tetep menguatkan satu sama lain. Seneng ya tahu hal2 kayak gini di KPOP tuh, apalagi anak2 Bangtan. Ga cuman ini. Jungkookpun juga sayang banget sama hyung2nya di BTS dan sampe bisa ada lagu “begin” dulu itu. Udah baca kan gimana “beyond the scene”nya lagu itu? Pernah gue bahas di blog ini juga dulu. Lagu itu tentang persahabatan JungKook dengan hyung2nya di BTS. Hyung2 yang selalu care sama dia, sayang sama dia, dan kerja keras bareng hingga BTS jadi kayak sekarang. Persahabatan J-Hope dan Suga juga keren. Meskipun keliatannya dingin, tapi Suga care sekali sama J-Hope. Pas semua pada pulkam, Suga balik ke dorm buat nemenin J-Hope. RapMon X J-Hope-pun suka curhat2 bareng tentang masa depan mereka. Suga X RapMon juga, malah jadi lagu “move on” di HYYH yang lalu. Jin juga, selalu take care member2 lain sebagai member tertua. Indah chingu persahabatan mereka. Ini juga relate sama kisah JungKook sebelumnya. Bahwa kita ga perlu chingu menceritakan masalah/beban hidup kita secara detail ke semua orang, orang2 tertentu saja. Orang yang kita rasa dia adalah orang yang tepat. Dan itu kalian pasti sudah bisa menilai sendiri siapa2 saja. Hubungan dengan orang lain dijalani secara proporsional dan professional saja. Teman V mungkin banyak, tapi nyatanya sahabat tempat dia bisa cerita adalah Jimin*

Oya, ada netizen (mimi mimi) yang notice kalo persahabatannya V X Jimin ini relate sama lagunya V yang “4 o’clock chingu”. Kok bisa yah? Ini liriknya V di lagu itu:

“suatu hari, aku menulis sebuah surat yang panjang, surat yang panjang untuk bulan. Meskipun tidak akan lebih terang darimu (bulan), namun aku menyalakan sebuah lilin kecil. Di sebuah taman yang berdebu, seekor burung yang tak mempunyai nama bernyanyi “dimanakah kamu? Mengapa kamu menangis? Hanya aku dan kamu yang ada di sini. Ya, kamu dan aku”. Mengikuti malam yang dalam, suara nyanyianmu, membawa kepada cahaya merah (fajar) selangkah demi selangkah. Subuh berlalu dan ketika bulan tertidur, maka bayang2 biru yang membersamaikupun lenyap.

*Apa interpretasi kalian ke lagu ini? Kalo gue ngerasa ini relate juga sama penggambaran persahabatannya V X Jimin chingu. Pada kenyataannya subuh2 gitu si Jimin pernah nyamperin V buat jadi temen curhat dan bahkan nangis bareng. Kata2 “kamu dimana? Kenapa nangis? Hanya aku dan kamu yang ada di sini”. Menggambarkan si Jimin yang suka nyari2 V di kamarnya dan nanya kenapa V nangis dan bahkan keduanya jadi nangis bareng, berbagi kesedihan bersama. Gue rasa V menggambarkan dirinya sebagai lilin dan Jimin sebagai bulan chingu. Meskipun sama2 cahaya, tapi Jimin bagi V lebih terang. V yang lebih banyak menerima dari Jimin. Vpun sadar jika dia adalah teman yang banyak kekurangannya. Meskipun begitu, V tetep pengen menyampaikan terimakasihnya ke Jimin yang begitu “terang” baginya. Selain itu mereka juga curhat ketika subuh kan (jam 4 (4 o’clock), sesuai judul lagu). Di lagunya ditulis ketika subuh dengan cahaya merahnya benar2 datang, maka bayang2 biru yang membersamaikupun lenyap. Gue rasa “bayang2 biru” ini lambang kesedihan chingu. Sebelum subuh kan gelap banget tuh ya, bayang2 kelam gitu, nah cuman perlahan2 tergantikan kan oleh cahaya merah yang terang. Ini gue rasa sama dengan perasaan V. Perasaan V yang sebelum fajar itu kelam, namun setelah Jimin datang dan “menolong” dia maka bayang2 kelam yang membersamai Vpun ikut lenyap dan yang ada tinggal adalah cahaya merah yang terang benderang. Dengan kata lain, kesedihan Vpun lenyap dan pagi/hari yang indah dan membahagiakanpun datang*

Indah sekali, to the extend sampe gue nangis pas baca dan nulis ini chingu. Sahabat itu adalah orang yang bisa menemani kalian saat senang maupun sedih dan maju bareng dalam hal yang positif. Contoh yang keren lagi dari member BTS. Meskipun cuman denger/baca dan nulis, cuman gue ngerasa dapet healing juga chingu. Kisah2 indah tuh bisa jadi healing gue juga chingu. Pesen gue ke kalian, jangan sia2kan sahabat yang udah mau nangis dan ketawa bareng sama kalian chingu. Karena orang kayak gitu tuh susah dicari, dan kalaupun ada bisa diitung dengan jari di sepanjang hidup kalian. Dan misal kalian ga/belum menemukan sahabat yang seperti itu, maka jadilah sahabat yang seperti itu untuk orang lain chingu. Kalo kalian ga bisa jadi kayak V, maka jadilah kayak Jimin. Sesimple itu.

Terimakasih yah chingu udah baca postingan ini, semoga ada manfaatnya. Salam semangat buat kita semua! Fighting!!! ^^

.*Bagi kalian yang pengen beli albumnya BTS (atau album2 lain) dan buku2 gue, bisa langsung hubungi gue di 0882-1657-4341 (WA/SMS) yah. Kita bisa komunikasi lewat situ chingu. Kamsahamnidang~ ^^

8

9

10

11

12

13

14

15

16

17

18

19

20

#Peace #Love #Happiness

#Live #Love #Learn #Laugh

#Share #Respect #Inspire

#StayGold #StayTrue #StayReal


2! 3! BANG! TAN!

Source: Video: [ENG SUB] 170921 BTS Cultwo Show 컬투쇼 (Credit: SBS, subbed: jj)

  • Lagu “best of me” adalah kerjasama antara BTS dan Chainsmokers chingu. Siapa yang ngajakin kolaborasi duluan? Chainsmokers. Ceritanya ketika itu anak2 BTS diundang untuk ikut gladi bersih di BBMA 2017 dan Chainsmokers-lah yang pertama nawarin untuk kolaborasi. Mereka bilang “gimana kalo kita kolaborasi?”, gitu. Dan kata J-Hope, hari berikutnya Chainsmokers udah buat 10 track untuk mereka *waduh, langsung yah? Niat banget buat kolaborasi berarti, jjang!* Suga nambahin kalo diantara 10 track yang dibuat Chainsmokers untuk mereka itu, ada satu yang merasa rasa bagus lalu mereka bilang akan mencoba untuk menulis melodi dan rap untuk lagu itu. Dan lagu itu adalah “best of me” yang masuk di album Love Yourself: HER ini chingu *gue rasa orang yang biasa denger lagu2nya Chainsmokers ketika denger “best of me” akan ngerasa itu tipikal lagu Chainsmokers chungu. Musiknya, apalagi yang di chorus/ref itu, kayak DNA-nya Chainsmokers banget. Kalo gue sih nangkepnya ini bagus2 aja chingu, gapapa ketika orang masih ngerasa kalo “best of me” ada unsur Chainsmokernya, meskipun ini lagunya BTS. Ini kan bukan hal yang buruk. Malah justru pertanda bahwa Chainsmokers udah punya DNA-nya sendiri dalam musik. Jadi mau kolab sama siapa aja tetep membawa “jati diri musiknya”. Ini sama kayak “rap/melodi/lirik” yang BTS kasih ke lagu ini, jadinya ya “rap/melodi/lirik” yang BTS banget. BTS kan kalo bikin lirik khas ya (yang puitis2 gimanaa gitu), suara vocalist/rappernya mereka juga khas, melodinya juga easy listening khas bangtan. Jadi gue rasa secara musik lagu ini tetep membawa DNA Chainsmokers, namun di luar itu (aspek kayak vocal, rap, lirik, melodi) membawa DNA bangtan. Ya, karena ini namanya kolaborasi, inilah kolaborasi. Meskipun melebur dalam 1 lagu, tapi mereka tetap membawa DNA mereka masing2*
  • Ngomong2 tentang nama “Chainsmokers” dan “Bangtan Sonyeondan”, mereka ada kesamaan lhoh chingu. Karena mereka punya nama grup yang “unik”, makanya keduanya pernah diledekin juga, wkwk. Chainsmokers pernah cerita sama anak2 bangtan kalo nama mereka sering diledekin juga karena unik itu, hehe *waduh, di Amerika nama unik juga “diledekin” yah, wkwk*. “Bangtan sonyeondan” itu nama yang ga biasa kan yah. Bukan nama yang ear catching gitu buat sebuah grup, meskipun artinya keren. Semacam seragam antipeluru yang bisa menghindarkan orang2 di usia belasan dan 20-an dari anggapan2 negatif orang2 di sekelilingnya. Tapi memang ya, nama grup ga menjamin grup bisa berhasil/enggak. Meskipun grup punya filosofi nama yang keren, cuman kalo ga skillful & ga kreatif ya belum tentu bisa berhasil. Yang penting kreativitas dan skill chingu kalo menurut gue. Chainsmokers kan bagus banget ya kalo bikin musik, skillful banget, hasilnyapun keren, makanya lagu2nya diplay dimana2 kan ya. BTS juga dengan nama dan filosofi yang kayak gitu “istiqomah” dalam konsep musiknya, sehingga hasilnya bisa sampai ke orang, diterima baik sama orang2. Skillpun sama, BTS juga band yang bener2 terlibat sejak awal di lagu2 mereka. Skill mereka nulis rap, bikin melodi, bikin lirik, itu udah keren banget. Ada satu grup lagi chingu yang gue rasa relate juga sama nama ini yaitu “bolbbalgan sachungi” atau disingkat “bolbbalgan4”. 4 dibaca “sa” dalam bahasa Korea. Arti grup itu semacam “remaja berpipi merah”. Konsep lagu2 merekapun menggambarkan sisi youth juga, cuman yang cute2, yang pure, yang fresh. Kayak remaja yang malu2, cute, pipinya merah2, kayak gitu. Style mereka (fashion, rambut), warna suara vocalistnya (Ahn JiYoung), itu mengarah banget ke nama grup mereka chingu gue rasa, sesuai gitu. Kayak dengan nama itu, mereka juga menampikan tampilan, vocal, lirik, musik dan performance yang nyambung. Itu salah satu grup favorit gue juga chingu. Gue juga udah nulis tentang mereka di blog ini. Bisa kalian baca kalo misalnya tertarik, hehe. Vocalistnya keren chingu, namanya Ahn JiYoung. Kayak bangtan, mereka bikin musik dan lirik mereka sendiri. Bahkan di agensinya, dalam seminggu mereka diberi PR untuk bisa buat 1 lagu, supaya bisa terus melatih skillnya. Lagu yang dibuat Ahn JiYoung yang judulnya “galaxy”pun pernah no.1 di chart musik Korea dan bahkan mereka dapet rookie award barengan sama BLACKPINK di tahun 2016 yang lalu. Aliran mereka cenderung indie chingu, tapi bagus, coba aja kalian search lagu2nya di youtube. Melodi mereka easy listening, enak didengerin. Gue juga lumayan ngikutin mereka sih, hehe. Mungkin ada dari kalian juga yah suka sama Bolbbalgan4? Hehe*
  • Kalo di album sebelumnya ada lagu “2!3!” yang ditujukan buat fans, di album ini juga ada chingu, yaitu lagu “piep piper”. Secara arti, “piep piper” tuh artinya “orang yang main suling”. Kayak di liriknya, lagu itu adalah apa yang pengen BTS bilang ke fans, cuman kali ini mereka mengekspresikannya dengan cara yang menarik. Dengan musik yang ada unsur2 kayak sulingnya gitu, sesuatu yang baru dari BTS chingu.
  • Dance DNA kali ini adalah yang paling melelahkan/sulit chingu. J-Hope sebagai pengarah dance anak2 BTSpun mengakui kalo dance kali ini tuh lebih advance levelnya. Dance BTS memang levelnya advance2, susah gitu, cuman yang ini lebih susah katanya. Ada gerakan2 tertentu yang sulit *apalagi yang gerakan di akhir2 itu ya, diliat aja ribet banget apalagi dipraktekin, hadeh~. Tapi memang ya, bukan dance BTS kalo mudah2 aja. Level dance mereka selalu advance. Kalo cewek tuh kayak GFriend gue rasa chingu, sulit banget juga kan itu dancenya, luar biasa. Gue rasa kalo masalah dance, GFriend itu kayak BTS versi cewek chingu. Gue rasa dari semua girlgroup KPOP, dancenya Gfriend tuh yang paling bagus tapi paling susah juga. 6 membernya hardworking banget itu, salut. Gue suka Gfriend itu dari comeback yang “love whisper” kemaren itu chingu. Dari situ gue mulai nonton MV2nya yang lain, perform2nya, variety show-nya, mereka di weekly idol dll terus lama2 jadi suka. Gue rasa mereka girlgroup yang hardworking banget, perfectionist banget juga di dance maupun singing, keren, salut. Gue suka ShinB chingu, seru gitu anaknya, bakat variety show-nya dapet banget. Gue juga suka Yerin, apalagi kemaren baru selesai nonton Law Of The Jungle yang ada Yerinnya. Salut chingu sama jiwa survivalnya Yerin. Dia itu strong banget, di hutanpun dia keren banget, ini jempol gue semuanya gue acungin ke dia lah. Jadi Yerin kan ikut LOTJ episode Pulau Komodo, Indonesia. Namanya di hutan kan cari makanan susah ya. Nah pas mereka sampe di gue gitu mereka nemu kayak biawak gitu dan Yerinlah yang mengkuliti biawaknya sampe bersih dan siap dipanggang buat dimakan semua member chingu. Padahal member2 cowok malah kayak segen gitu, kayak jijik gitu sama biawak. Cuman Yerin kuat dan bisa diandalkan. Terus Yerin juga ahli banget nyelam ke dasar laut gitu dan dia berhasil dapet kerang yang besar yang bisa dimakan member2 lain juga. Skill renangnyapun jagoan banget. Jadi dia sama HongBin VIXX sama actor namanya Kim TaeHwan diminta leader Kim ByungMan buat nyari kelapa di pulau sebelah. Jadi misal mereka di Pulau A sekarang basecamp-nya, nah mereka bertiga diminta ke Pulau B dengan berenang untuk nyari kelapa di sana. Mereka beneran berenang ke sana (manual) dan meskipun kena ombak2 (ngeri lhoh itu chingu) mereka tetep menyelesaikan sampai akhir. Itu gue salut banget, jjang lah itu Yerin. Bukan tipe idol biasa, dia keren banget. Ga cuman di nyanyi dan dance, tapi dia itu kayak depandable gitu chingu, bisa diandalkan dengan skill yang dia punya. Dia juga ga jaim chingu. Leader ByungMan di awal Yerin masuk juga bilang kalo dari semua idol yang pernah ke LOTJ, Yerin yang paling easy going. Dia pake fashion yang ga “supaya cantik” apa gimana tapi fashion yang bener2 menunjang supaya bisa survive di hutan dengan baik meskipun akan keliatan aneh atau “ga cantik”. Respect chingu gue sama Yerin, sama Gfriend juga secara umum*
  • Tentang MV DNA nih, Suga cerita kalo konsep MV kali ini lebih banyak menampilkan art wall yang sangat terang dan colorful, sehingga imagenyapun jadi youth banget chingu. Cocok banget buat anak muda. Jimin juga notice kalo MV ini lebih ke dance, lain dari MV2 sebelumnya yang suka pake acting *gue seneng juga sih BTS pake konsep yang youthful banget kek gini. Gimanapun kan BTS masih anak muda ya, jadi tetep cocok kalo mereka konsepnya kayak gini2. Meskipun mungkin value yang mereka sampaikan cukup serius/ dalam, cuman dikemas dengan cara yang young people bakalan suka. Gue suka chingu MV DNA itu, bagus*
  • RapMon cerita kalo anak2 BTS beberapa waktu lalu diberitahu staffnya kalo MV mereka mencetak rekor viewers lagi di youtube chingu *kalo ga salah 24 jam pertama berhasil ditonton 50 juta kali ya chingu, omaigat~. Gue nyumbang sekali ketika awal keluar itu chingu, pas viewersnya lagi puluhan itu gue udah nonton, cuman sekali aja, ga gue ulang2, hehe*. Nah, yang lucu J-Hope, jadi setelah RapMon ngomong kek gitu tiba2 dia serius banget nanya ke RapMon, gini “tapi ya, kenapa ya mereka itu suka kita?”. Itu J-Hope bener2 nanya serius ke RapMon chingu. RapMon menegaskan juga J-Hope waktu itu beneran nanya (ga kayak sedang bercanda/apalah). Iya, J-Hope sendiri bingung juga, kenapa kok banyak banget orang suka mereka. Dia pengen tahu apa charming point mereka sehingga bisa kayak gini *gue jadi inget liriknya lagu One Direction yang “you don’t know you beautiful, that’s what makes you beautiful”. Orang cantik biasanya ga ngerasa cantik kan? Tapi justru itu kadang yang membuat dia keliatan cantik. Ya dia natural aja, jadi dirinya sendiri, dan itu malah sering ditangkep orang malah cantik. Daripada yang harus pakai A-Z, yang gedhe banget effortnya. Orang pinter juga, biasanya malah ga terlalu peduli dengan itu, ya biasa aja. Dan bahkan ngerasa dia ga pinter, selalu ngerasa masih bodoh. J-Hope gue rasa di level kayak gitu juga chingu. To the extend sampe dia itu ga tahu kenapa kok dia bisa disukai banyak orang. Ya karena dia J-Hope. Orang suka dengan J-Hope yang menjadi dirinya sendiri. Yang hardworking, yang selalu bantu member2 buat ngedance yang baik, yang selalu berusaha ceria dan menghibur dll. Dia mungkin ga ngerasa, tapi orang bisa merasakan itu semua dan itu membuat dia akhirnya disukai banyak orang. Termasuk BTS, mungkin mereka juga bertanya2 kenapa kok orang bisa suka sama mereka. Ya karena mereka adalah BTS, karena mereka adalah bangtan dengan segala kerja kerasnya, skillnya, value2nya yang mereka berikan ke orang, performancenya, dancenya, musiknya, lucunya, cutenya dsb. Mereka bisa aja ga merasakan, tapi orang lain yang merasakan dan akhirnya bisa suka sama mereka. Mungkin mereka ngerasa “biasa aja”, tapi orang lain ngerasa itu ga biasa dan jadi factor untuk kagum dan suka sama mereka. Makanya bener chingu J-Hope nanya serius ke RapMon, karena memang biasanya orang kalo udah bener2 “keren” tuh bingung sendiri kenapa orang lain kok nganggepnya gitu, padahal ya biasa aja bagi mereka. Level yang gue rasa belum semua orang bisa merasakan chingu. Titik dimana kalian bingung kenapa orang bisa suka sama apa yang kalian bikin padahal kalian ngerasa masih biasa aja, hehe*
  • Nyambung sama J-Hope yang nanya serius ke RapMon tadi. Kalo menurut Suga, mereka bisa disukai banyak orang (terkenal dan bla bla bla) kareana beda dengan artis lain chingu. Mereka bukan tipikal artis variety show juga (jarang diajak, seringnya punya acara2 sendiri). Jadi mereka lebih ke perform & konser (aktifnya di panggung). Lagu2 di mini albumpun mereka banyak (9-10 bahkan). Ini beda dengan album2 artis lain untuk kategori mini album. Nah itu menurut Suga yang bikin mereka stand out dengan “cara yang berbeda”. Manajer DJ Cultwo Show inipun pernah bilang ke mereka bahwa musik BTS sangat bagus chingu. Jadi secara basic memang BTS punya musik yang bagus dulu chingu *setuju sih, gue rasa memang dari sisi musiknya dulu. Penyanyi kan tentang musik ya, tentang lagu. Kalo itu udah dipegang dulu, jumlah fans tentu akan mengikuti. Makanya dulu2 Suga kan suka minta Jungkook supaya lebih giat latihan nyanyinya supaya lebih bagus. Namanya penyanyi ya, apalagi hal utama yang dibahas kalo bukan nyanyi/musik/lagunya. Aspek yang lain penting, cuman yang utama kan tetep lagunya. Dance kalo lagunya sendiri ga asik apa bisa dancenya asik? Makanya dalam albumpun porsi lagi bener2 dimaksimalin kan sama mereka. Kalo mini album di album artis lain paling 5-an, ini bisa sampai hampir 2 kali lipatnya, udah kayak full album aja. Iya chingu, menurut gue BTS bisa sukses salah satunya karena bener2 niat banget di musiknya dulu. Musiknya mereka bagus, berkualitas (dengan skill rap/vocal yang mumpuni), sehingga bisa disukai banyak orang*
  • Ada chingu pendengar yang bilang di radio ini kalo “ibuku dan aku nonton videonya BTS (MV) dan dia bilang ‘mereka pasti berusaha keras banget (supaya bisa kayak gitu)’” *Gue rasa kalo ibu kalian nonton video2nya BTS juga bakalan ngasih komen serupa. Dance mereka susah sekali kan ya, effortnya gedhe banget. Dan DJnyapun mengiyakan. Tanpa usaha yang sangat keras dan besar, ga mungkin bisa kayak Bangtan. Ibaratnya mereka harus menumpahkan “darah, keringat dan airmata” dulu untuk hasil yang mereka capai sekarang.
  • BTS denger kalo nama mereka suka ada di buku pelajaran anak2 sekolah di Korea sana chingu, wkwk. Kayak di soal2 gitu. Misal ada teks dan ditanya siapa pelakunya, pilihan jawabannya itu suka “Jimin, JungKook” gitu, jadi nama2 mereka suka dipake buat nama2 pelajaran/soal di sekolah, haha. DJnya bilang kalo 20-30 tahun mendatang, bisa jadi BTS muncul di buku pelajaran sejarah anak sekolah di Korea. Ini karena BTS adalah grup yang sudah dikenal dan sukses secara internasional. Dan bahkan anak2 BTSpun bisa masuk ke buku2 biografi yang jadi bacaan wajib anak2 sekolah. Ya, karena Korea jadi terkenal ke seluruh dunia karena punya BTS. Meskipun BTS ngerasa itu berlebihan, cuman DJnya meyakinkan kalo itu sangat bisa terjadi. Contohnya aja buku biografi yang dibaca anak2 Korea sekarang (yang kaitannya sama orang2 berpengaruh di Korea), SeoTaeJi masuk di situ chingu. SeoTaeJi itu salah satu membernya adalah punya YG Entertainment (Yang HyunSuk) *membanggakan banget ya kalo bisa masuk ke buku sekolah. Biar mereka tahu juga kalo seni yang dibawa BTS itu mampu membuat Korea berjaya di kancah internasional. Biar jadi inspirasi anak2 muda Korea juga untuk tekun berlatih mencapai mimpi2 mereka kayak BTS*
  • Beberapa waktu yang lalu, anak2 BTS juga berkolaborasi dengan SeoTaeJi di konser ulangtahun SeoTaeJi yang ke-25 chingu. Sebelumnya, BTS juga sudah meremake lagu SeoTaeJi “come back home”, ada MVnya juga *Wah keren banget itu lagunya, salah satu favorit gue chingu, meaning lagunya menyemangati sekali*. Dalam konser kolabo kemaren yang tajuknya “Seotaeji & kids”, BTS perannya jadi “kids”nya chingu. Mereka seneng banget bisa kolaborasi sama legend sekelas SeoTaeJi, sebuah kehormatan. Member2 SeoTaeJi juga nyebut anak2 Bangtan itu “nak/anak/son” chingu. Karena selisih usianya udah kayak bapak anak, wkwk. Contohnya usia ayahnya JungKook cuman selisih satu tahun doang dari salah satu member SeoTaeJi. Oya, DJnya juga bilang kalo SeoTaeJi tergolong grup yang genius chingu. Meskipun lagu2 mereka lama, namun masih keren sampe sekarangpun *ga beda dong sama BTS, hehe. Kayak penerusnya yah chingu jadinya? Dua musisi beda generasi yang sama2 genius dan bersinar di eranya masing2*
  • Ini pertanyaan yang mungkin kalian ajukan juga ke BTS chingu. Jadi ada pendengar radio yang nanya ke BTS “anak2 BTS itu apa anak2 IPA ya? kok banyak banget lagu2 mereka yang judul2nya relate sama ilmu alam kayak “war of hormone”, “blood, sweat & tears” dan sekarang “dna””. Faktanya, anak2 BTS justru ga ada yang anak IPA chingu, mereka anak IPS dan anak Seni. RapMon, J-Hope, Suga dan Jin itu anak IPS semua. Sedangkan V, JungKook dan Jimin adalah anak sekolah seni. Kalo di SMA sana ada jurusan “igwa/science” dan “mungwa/social studies”, dan 4 member BTS “mungwa” semua kecuali Jimin, V, JungKook yang sekolahnya di sekolah seni *gue juga dulu anak IPS chingu, HIDUP ANAK IPS! Wkwk. Lagipula bukan berarti ya anak2 IPS ga bisa buat karya2 yang relate dengan pelajaran2 IPA? Hehe. Meskipun ga jadi ilmuwan, astronot, ahli kimia, fisika, matematika, biologi dsb, tapi tetep bisa menggunakan ilmu2 di science dari hasil baca buat bikin karya seni yang keren kayak BTS ini. Meskipun gue anak IPS, gue punya ketertarikan juga chingu tentang ilmu2 alam kayak astronomi dan biologi misalnya. Gue rasa IPA dan IPS sama aja sih asal kita memang passionnya di situ dan mau belajar giat di situ. Semua orang kan punya bakatnya masing2, punya DNAnya masing2, punya kecenderungannya masing2 untuk lebih bisa di IPA/IPS/Seni/Bahasa/STM/SMK dsb. Bukan masalah jenis2 itunya, tapi gimana bisa jadi versi terbaik dari diri sendiri di bidang itu. Dan itu cuman bisa dijawab dengan terus belajar dan berlatih. Gue rasa bukan jurusan IPA lebih bagus dari IPS atau sebaliknya, tapi gimana kita bisa maksimal aja di jurusan yang kita pilih/lebih kuasai itu. RapMon pernah bilang kan dia pernah dapet 0 di pelajaran matematika, cuman dia nilainya tinggi di bahasa Inggris misalnya. Makanya ya relate kalo dia anak IPS. Karena memang biasanya anak IPS tuh lemah di pelajaran science kayak matematika, kimia, fisika, biologi, cuman dia nilainya tinggi di pelajaran kayak bhs Inggris, sosiologi, sejarah dsb. Gue sama, gue kalo ulangan fisika itu nilainya “do-re-mi” chingu. Ulangan Kimia ya “fa-sol-la”. Rapor gue yang pelajaran2 IPA kayak matematika, fisika, kimia, biologi itu nilainya cuman 6 koma doang. Dapet matematika nilai 7 di rapor itu pas kelas XII aja. Meskipun fisika gue nilainya doremi, tapi kalo bhs Inggris nilai gue suka bagus chingu. Pas kelas XII pernah nilai gue di rapor itu 9 koma. Sejarah juga, di rapor pernah dapet 9 koma pas SMP dan di keterangannya tertulis “percepatan”. Kalo matematika biasanya tulisannya “remidi” wkwk. Gue ga bakat chingu buat ngerjain soal2 kimia fisika gitu2, tapi senang kalo diminta presentasi di depan kelas di pelajaran sosiologi (cerita tentang realita social), cerita story apa gitu pake bhs Inggris atau ngerjain soal2 sejarah. Padahal sejarah itu kan agak2 ruwet ya ngafalinnya karena banyak yang harus diketahui biar nyambung ceritanya, cuman gue malah percepatan ketika itu. Berarti DNA gue memang di IPS sejak awal, wkwk. Gue SMP SMA memang semangatnya di pelajaran2 social studies chingu. Favorit lah semua pelajaran social itu bagi gue, ditambah Bhs Inggris + TIK. Guepun salut chingu sama temen2 gue anak IPA yang pada keren banget ulangan matematika, fisika dan kimia bisa nilainya tinggi. Kok bisa ya? Wah daebak itu mereka~. Saran gue sih apapun jurusan/bidang yang kalian pilih, ditekuni aja dengan maksimal chingu, itu aja. Ga usah minder hanya karena nilai jelek di satu mata pelajaran/bidang, karena mungkin saja DNA kalian tuh di mata pelajaran/bidang yang lain. Temen gue ada yang matematika jelek, bhs Inggris jelek, tapi jago memanah, akhirnya jadi atlet panahan dan pelatih pahanan, keren kan? Berarti DNA dia itu di bidang olahraga. Suga misalnya, dia ngaku sendiri ga belajar dengan tekun untuk pelajaran2 sekolah tapi senengnya di musik. Karena tekun belajar musik akhirnya jadi musisi kelas dunia kayak sekarang, berarti DNAnya di musik. RapMon juga, gapapa dapet nilai kurang maksimal di matematika, karena jago bhs Inggris bisa jadi rapper terkenal, kelas dunia. Find your DNA lah kayak postingan gue yang kemaren2 itu chingu. DNA kalian dimana dan kalian berusaha jadi versi terbaik dari diri kalian dengan DNA itu. Ini nasehat buat gue juga sih. Gue harus memaksimalkan DNA gue juga untuk jadi manusia yang lebih baik. Semangat buat kita semua, Fighting!!! ^^

*Bagi kalian yang pengen beli albumnya BTS (atau album2 lain) dan buku2 gue, bisa langsung hubungi gue di 0882-1657-4341 (WA/SMS) yah. Kita bisa komunikasi lewat situ chingu. Kamsahamnidang~ ^^

#Peace #Love #Happiness

#Live #Love #Learn #Laugh

#Share #Respect #Inspire

#StayGold #StayTrue #StayReal


Annyeong Haseyo~ Bolbbalgan Sachungi Imnida ^^

Source: 161222 김창렬의 올드스쿨 볼빨간사춘기(Bolbbalgan4) Cut., 170101 SBS 파워FM Cultwo Show 볼빨간사춘기 & 헤이즈 (듣라), 170102 SBS 파워FM 이국주의 영스트리트 볼빨간사춘기 & 폴킴 (Credit: SBS), 161228 정오의 희망곡 김신영입니다 볼빨간사춘기(Bolbbalgan4) Cut. 170131 정유미의 FM데이트 볼빨간사춘기(Bolbbalgan4) (Credit: MBC), 슈퍼주니어의 키스 라디오 16 09 29 슈키라 심쿵 라이브 with 데이식스, 윤현상, 볼빨간 사춘기 (Credit: KBS)

  • JiYoung suka diminta ngedance gitu chingu di acara2 yang dia hadiri, cuman tau sendiri kan dia kalo ngedance badannya kaku dan jadinya malah lucu, hehe. JiYoung juga suka minta ajarin JiYoon gerakan2 dance cuman hasilnya ya tetep lucu, JiYoung’s style, hehe *beberapa kali gue ngeliat dia ngedance dan ya tetep aja lucu chingu. Kalo gesture2 pas nyanyi dia jago banget, cuman kalo udah ngedance ya begitulah, hehe. Ga jelek chingu, jadinya ke lucu, unik, JiYoung’s one and only style. Kalo suara mah JiYoung juara, gesture juga, tapi untuk jadi semacam”girlband” that’s no no. Udah paling bener ini dia jadi vocalist*. JiYoung di SUKIRA pernah ditanya juga apakah benar pernah pengen jadi idol dan JiYoung ngejawab dia dengan cepat nyerah pada cita2 itu chingu. Kenapa? Karena dia sadar dia ga bisa ngedance chingu, makanya memilih jalan jadi singer-song writer aja kayak sekarang.
  • Mereka dengan lagu2 mereka pernah dapet no.1 di chart2 music online Korea chingu, all kill. Karena itulah mereka jadi booming, terkenal dan diundang ke berbagai acara di Korea sana. Bahkan ke weekly idol segala, meski mereka ga spesifik menamakan dirinya idol. Lagipula music mereka lebih ke indie juga feelnya. Nah mereka ketika itu mantengin chartnya terus chingu. Chart kan naik turun, dan pada suatu waktu mereka bener2 di no.1, seneng banget ketika itu. Ketika sampai di no.1, dicapture chingu gambarnya sama JiYoon, hehe. Sebuah kebanggaan kan ya lagu bisa jadi no.1 di chart. Itu bukan hal yang mudah juga.
  • Tentang lagu “galaxy” dan “johdago malhae”, dulu sebenernya mereka bingung juga mau pakai yang mana (yang bakalan rilis duluan). Dan akhirnya mereka voting chingu. Hasilnya “galaxy” dipilih lebih banyak dan “johdago malhae” jadi hidden tracknya.
  • Lagu “johdago malhae” sendiri adalah pengalaman pribadi JiYoung chingu. Dia menulis lagu itu dengan mengingat salah satu episode “kisah cinta”nya dulu ketika masih sekolah. Sehingga ga heran juga banyak orang yang relate dan akhirnya ngefans.
  • VIXX Ravi ngefans sama Bolbbalgan4 chingu. Pernah di satu acara radio SBS (Kim ChangRyeol Old School) Ravi ngedengerin dan ngasih support message ke mereka. Bahkan sampe pengen featuring juga.
  • Ketika mereka ada di Kim ChangRyeol Old School Radio SBS, DJnya sampai bilang “aku dapet healing (karena denger lagu “galaxy”), dia ngerasa hatinya ngerasa sangat nyaman dan perasaannya jadi baik chingu. Dia mengucapkan terimakasih banyak kepada Bolbbalgan4 chingu. Dua DJ di Cultwo show SBSpun bilang kalo lagu “johdago malhae” dan “galaxy” bagus, cute, sesuai dengan usia mereka.
  • JiYoung dan JiYoon ga tinggal dalam satu ruangan/kamar chingu. Mereka kayak “tetangga”, ruangannya saling berhadapan *bayangan gue mereka tinggal di apartemen yang sama cuman di ruangan yang berbeda namun saling berhadapan”. Ketika ditanya sering ga bertengkar mereka ngejawab sering. JiYoung bilang kalo JiYoon suka berisik di “rumah”nya chingu, makanya dari si “tetangga sebelah” (JiYoung) suka ngasih message di KakaoTalk yang isinya “berisik, diam”, haha. Seperti di postingan gue kemaren chingu, mereka ga tinggal dalam 1 ruangan karena memang karakternya beda. JiYoung lebih mandiri, lebih suka sendiri, bisa menyelesaikan masalah sendiri, ingin privasi. Sedangkan JiYoon pelan2 beradaptasi karena sebelumnya belum pernah sendirian *mungkin JiYoon berisik karena pengen temen kali ya, hehe*. JiYoon suka main gitar/latihan sambil nyanyi keras2 gitu chingu, haha. Mereka cerita kalo di satu sisi memang sering “bertengkar” cuman ga lama2 chingu. Mereka kalo ada apa2 juga langsung bisa meredakannya dengan kata2.Kayak tadi, langsung pake katalk dan bilang “berisik, diam”. Menurut gue kayak gitu malah baik chingu, langsung selesai, daripada dipendem2.
  • Ada seorang dosen musik yang ngasih message di salah radio yang mereka datangi kalo lagu “galaxy” populer di kalangan siswanya yang cowok chingu. Kalangan cowok di kelasnya banyak yang suka dan pakai lagu itu untuk dinyanyikan, dan menyanyikannyapun semangat jadinya. Ketika ditanya banyak fans cewek atau cowoknya, mereka bilang cowoknya yang lebih banyak chingu. Alesannya ketika mereka konser, suara2 cowok yang terlihat jelas semacam “Ahn JiYoung FIGHTING!!!” dengan suara besar khas cowok, hehe.
  • Anak2 bolbbalgan4 dapet PR dari PDnimnya untuk seminggu bikin 1 lagu chingu. Berat sih, cuman itu membantu juga bagi mereka. Ketika mereka ga sedang sibuk mereka bikin PR itu *yeokshi ya, PDnimnya disiplin juga. Ketika memilih jalan jadi singer-songwriter, berarti memang harus bisa bikin lagu bagus. Dan itu perlu dilatih dengan serius, konsisten juga. Gue rasa ini ide yang bagus chingu buat penyanyi2 yang pengen survive, harus terus mengembangkan skill dengan berkarya*
  • Negara di luar Korea yang mereka kunjungi untuk pertama kali adalah Jepang, tepatnya di Saipan chingu. Mereka ga punya paspor sebelum ini. Jadi mereka baru ke luar negeri itu bener2 setelah mereka terkenal. Sebelumnya mereka hanya anak daerah (YeongJu) yang mencoba berkarya dengan music di Seoul.
  • Di Cultwo radio, ketika ditanya ideal typenya, JiYoon bilang cowok yang cute chingu.
  • JiYoung ngefans sekali sama SNSD chingu, dan JiYoon suka SNSD dan Wonder Girls.
  • Ketika ditanya siapa idol yang mereka rasa keren banget performnya adalah BLACKPINK, karena baru pertama kali perform bareng di satu panggung. Waktu itu mereka juga sama2 dapet award rookie dan penerimaannyapun di tempat yang sama, waktu yang sama. Mereka suka BLACKPINK dan suka juga sama TWICE chingu.
  • Perbedaan mereka sebelum dan setelah terkenal ini salah satunya adalah ketika mereka di jalan banyak yang ngenalin termasuk ketika mereka pulang kampung di YeongJu. Mereka juga ketika di café banyak yang nyodorin kertas minta tanda tangan.
  • JiYoung mengakui kalo dia punya pelafalan bahasa Inggris yang unik chingu. Bahkan JeongJook BTSpun sampai nuruin/impersonation suaranya JiYoung melafalkan lirik bahasa Inggris yang unik itu.
  • Di radio Jung Yoomi SBS, mereka ditanya ideal typenya chingu. JiYoung bilang dia suka cowok yang suaranya bagus dan keren. Kalau di drama/film dia suka Jo In Sung dan Park SeoJun. Kalo JiYoon, dia suka cowok yang menarik/lucu. Kalau di drama/film suka GongYoo.
  • JiYoung cerita kalo dia lupa lirik ketika perform lagunya sendiri, pipinya jadi merah chingu. Dia ngerasa moment itu bisa bikin pipinya jadi bolbbalgan, hehe. Ini lain dengan JiYoon yang kalaupun salah ga sampai malu (pipinya merah) karena ga keliatan banget juga. Pernah JiYoung salah lirik dan noleh ke JiYoon cuman JiYoon-nya ga ngasi respon, wkwk *sabar ya JiYoung, mungkin JiYoon juga sama2 lupanya, hehe*
  • Mereka cerita kalo sampai usia 20an, mereka baru tahu dan makan bubble tea itu ketika di Seoul chingu. Seperti yang kita tahu mereka sebelumnya tinggal di YeongJu, anak daerah. Ketika mereka diajak “ayo makan bubble tea” sama temennya di Seoul, mereka malah bingung, semacam “itu makanan apa?”. Mereka juga kesulitan pas pesen makanan2 yang ada di Seoul (yang modern2) gitu chingu, karena ga tahu namanya, makanya mereka minta mba waitersnya buat bikinin terserah dia, wkwk *haha, pure ya mereka itu, jujur juga, ga malu sama hal2 kayak gitu, ga nutupin juga. Gue malah suka chingu yang kek gini. Lagian belom pernah makan bubble tea atau belum punya passport dsb juga bukan hal yang buruk. Ga usah malu, mungkin belom saatnya, belum waktunya. Yang penting jangan sampai bohong. Kalau belum pernah dan belum punya ya jujur aja ketika ditanya, itu lebih baik. Gue rasa gue banyak belajar juga chingu dari sikap bolbbalgan4 ini*
  • Pernah chingu anak2 bolbbalgan4 ada di satu radio sama DAY6 (di Sukira). Anak2 bolbbalgan4 ditanya mereka punya leader ga di grup itu dan dijawab enggak ada. Jadi yang benar2 ditunjuk jadi leader ga ada. Cuman JiYoung memang yang melakukan lebih banyak hal chingu. Secara natural aja mereka jadinya.
  • Komentar SungJin DAY6 tentang bolbbalgan adalah suara mereka menarik chingu. Terkait pelafalan, di situ Young-K dan Jae nanya ke mereka apakah pernah tinggal di Amerika karena pelafalan bahasa Inggrisnya bagus banget dan jawabannya ga pernah chingu. Bahkan JiYoung bilang paspor aja mereka ga punya. DJ Leeteuk juga kayak kaget gitu ngedengernya *mereka memang pure anak lokal chingu, anak YeongJu. Mereka ke luar negeri aja pas udah terkenal. Mereka ga malu juga karena belum punya passport. Mereka jujur menurut gue, dan itu keren. Mereka anak2 lokal dari YeongJu yang merantau ke Seoul untuk jadi penyanyi. Buble teapun seperti yang gue bilang tadi baru mereka minum itu ketika di Seoul. Anak daerah yang merantau tapi jujur dengan diri mereka sendiri. Gue suka sekali dengan itu, jjang!*
  • Young-K dan Jae amaze banget karena pelafalan JiYoung di lagu2nya bagus chingu. Lafal bhs Inggrisnya tepat. Misalnya ketika di lirik “cuz I am a pilot”, JiYoung nyanyiin kata “pilot”ya itu dengan tepat menurut mereka *gue pernah baca/denger (agak lupa) cuman intinya JiYoung suka penyanyi barat yang namanya Amy Winehouse chingu. Gue rasa pelafalannya bisa bagu karena sering ngedengerin dan nyanyi lagu2 luar. Apalagi Amy Winehouse suaranya juga unik. Mungkin menginspirasi buat JiYoung juga buat jadi unik/memunculkan keunikkanya hingga jadi kayak sekarang*.
  • Anak2 DAY6 suka chingu sama lagu2nya dan suaranya anak bolbbalgan. Mereka sering ngedengerin lagu itu juga. WonPhil bilang adalah sebuah kehormatan ngedengerin live mereka di acara itu karena biasanya cuman lewat headphone. DoHoon bilang bilang pelafalannya JiYoung menarik. Bahkan Jae pernah bilang sepanjang aktivitasnya di Sukira, dia rasa suaranya JiYounglah yang no.1 atau paling bagus *setuju, suaranya bagus chingu. Gue merasakan hal yang sama juga. Dari semua penyanyi cewek Korea, gue rasa Ahn JiYoung ini yang terbaik. Suaraya selain bagus juga unik*

Gimana menurut kalian chingu? Apakah kalian juga suka Bolbbalgan4 dan amaze sama suaranya JiYoung? ^^

161222 김창렬의 올드스쿨 볼빨간사춘기(Bolbbalgan4) Cut..mp4_001823855

161228 정오의 희망곡 김신영입니다 볼빨간사춘기(Bolbbalgan4) Cut..mp4_000291491

170101 SBS 파워FM Cultwo Show 볼빨간사춘기 & 헤이즈 (듣라).mp4_000885885

170102 SBS 파워FM 이국주의 영스트리트 볼빨간사춘기 & 폴킴.mp4_001021253

170131 정유미의 FM데이트 볼빨간사춘기(Bolbbalgan4).mp4_000274073

170131 정유미의 FM데이트 볼빨간사춘기(Bolbbalgan4).mp4_001013078

170131 정유미의 FM데이트 볼빨간사춘기(Bolbbalgan4).mp4_001290255

슈퍼주니어의 키스 더 라디오 16 09 29 목 - 슈키라 심쿵 라이브 with 데이식스, 윤현상, 볼빨간 사춘기.mp4_000854000

#Peace #Love #Happiness    

#Live #Love #Learn #Laugh 

#Share #Respect #Inspire

#StayGold #StayTrue #StayReal


Annyeong Haseyo~ Bolbbalgan Sachungi Imnida ^^

Source: Live ONE(라이브원)- Full Ver. Bolppalgan Puberty(볼빨간사춘기)_Come Back with Warm Flutters in the Heart_좋다고말해 (Credit: 1TheK), 170505 Arirang TV I’m LIVE 볼빨간사춘기(Bolbbalgan4), 170215 Weekly Idol (주간아이돌) E290 – Bolbbalgan4 (볼빨간사춘기) (Credit: MBC), http://www.flowermeaning.com/freesia-flower-meaning/,

  • Lagu “johdago malhae” ternyata adalah hidden track dari album RED PLANET chingu. Kalo di Korea ada ya hidden2 track gitu. Kayak lagu “gil” misalnya yang jadi hidden track juga di album BTS yang pertama “2 kool 4 skool”. Lagu ini music dan liriknya dibuat oleh JiYoung chingu. Lagu ini menurut JiYoung cocok untuk musim dingin. Isi lagunya kurang lebih seperti yang tergambar di MV dan liriknya, bisa mudah dipahami *gue suka JiYoung ini karena bisa bikin lagu juga chingu, keren! Musisi yang bisa bikin lagu sendiri itu menurut gue keren sekali, sebuah poin plus*
  • Melodi di lagu “johdago malhae” ini lebih ke manis/sweet chingu. Kalo “galaxy” lebih ke dreamy sound. “galaxy” mencerminkan gimana ciri khas musik dan adorable-nya 2 anak bolbbalgan ini *indah chingu menurut gue musiknya lagu “galaxy” ini. Musiknya bikin gue inget kalo “oh ini nih musiknya bolbbalgan”. Mereka kayak udah punya signature (tanda tangan) ibaratnya, sudah punya ciri khasnya sendiri yang unik. Wajar juga kalo mereka dapet rookie award karena karya ini*. Lagu lain yang juga manis adalah “you=I” chingu. Lagu ini feelnya fresh, melodinya catchy dan rhythm-nya upbeat *gue rasa RED PLANET adalah album yang bagus chingu. Lagu2 di sana enak2 buat didengerin, fresh, manis, catchy, indah. Satu album bagus semua lagunya, keren. Debut yang gue bilang sukses, keren! Keliatan kalo mereka memang passionate di music. Ga cuman passionate namun sekaligus juga kompeten. Apa pendapat kalian tentang album ini chingu? ^^*
  • Kata JiYoung, lagu ‘freesia” di RED PLANET adalah lagu yang semacam “freesia yang tidak bisa aku lupa dan lepaskan karena berharganya. Dan meskipun udah ga ada, tapi tetap ada di hati sebagai sesuatu yang berharga”. Jadi misal ketika di rumah ngerasa “ah sendiri, ah sedih/mellow, dengan mendengar lagu freesia maka perasaannya bisa jadi lebih hangat”. Lagu ini popular di kalangan remaja putri chingu. JiYoung pengen ketika mendengar lagu ini, orang2 jadi ingat gimana indahnya bunga2 freesia yang mekar di musim semi, sehingga hati mereka akan jadi lebih hangat ^^. Pernah kan denger kata2 “say it with flower”. Bunga juga punya bahasanya sendiri lhoh chingu. Meskipun secara umum bunga=indah, namun ada budaya juga yang semacam memberikan makna pada bunga. Bunga tertentu semacam bisa mewakili apa yang ingin dikatakan oleh si pemberinya. Berdasarkan penjelasan di flowermeaning.com, freesia adalah bunga yang maknanya adalah kemurnian, perhatian, kepercayaan, persahabatan dan kemanisan chingu. Nama freesia sendiri diberikan oleh seorang botanis yang bernama Christian P Ecklon kepada temannya sesama botanis yakni Friedrich H.T Freese sebagai tribute/penghargaan pada persahabatan mereka. Sehingga, Freesia dikatakan sebagai simbol persahabatan untuk menghormati ikatan persahabatan antara Ecklon dan Freese tersebut. Wah, indah ya? Dalam penggunaanya, freesia populer dipakai bunga untuk pernikahan sejak 1950an. Semua warna bunga freesia mencerminkan kepercayaan dan kemurnian, namun yang putih sering digunakan dalam acara pernikahan sebagai simbol kemurnian pengantin dan kepercayaan diantara mempelai. Selain itu, freesia juga digunakan sebagai ucapan terimakasih untuk seseorang yang bisa menampilkan pertunjukan yang baik dibawah situasi sulit. Dalam hal persahabatan, freesia juga berarti persahabatan, perhatian dan kepercayaan. Cocok digunakan sebagai ungkapan persahabatan antar teman, rekan kerja dan juga keluarga. Freesia ini bunga yang wangi chingu, bahkan digunakan juga wanginya sebagai kosmetik, sabun, shampoo dan lilin aromatik. Bunga adalah sesuatu yang indah. Maha Besar Allah yang sudah menciptakan bunga2 nan indah yang memberi warna, wangi dan manfaat di bumi ini. Bunga itu ada manfaatnya juga lhoh chingu selain untuk bunga potong, untuk nikahan, wisuda, ucapan2 dan nyekar ke makam. Bunga bisa diekstrak menjadi minyak esensial/aromatic yang banyak gunanya bagi kesehatan dan psikis manusia. Mungkin memang belum terlalu populer penggunaan bunga untuk hal2 itu di sini. Padahal, Indonesia sangat kaya dengan berbagai jenis bunga yang indah nan bermanfaat. Semoga penggunaan bunga di sini lebih luas dan bermanfaat lagi yah chingu. Selain dalam hal seni, lagu, lirik, juga sampai ke hal2 lain seperti kesehatan dan terapi. Wah jadi ngomongin bunga nih gara2 lagu “freesia” hehe ^^
  • Pernah chingu anak2 bolbbalgan4 diundang di weekly idol. Meskipun mereka bukan idol kayak yang biasanya ada di acara itu. Konipun juga memperkenalkan mereka sebagai orang yang do music dengan baik, bukan idol. Doni bilang mereka adalah musisi yang mendapatkan peringkat yang baik di chart. Mereka sendiri ga masalah chingu disebut idol atau indie, mereka lebih pengin orang kenal mereka dan nyaman dengan musik mereka.
  • Sama kayak di SuperstarK dulu, mereka bawa apel khas daerah mereka (YoungJu) ketika hadir di acara itu, hehe. Bolbbalgan selalu identik dengan apel YoungJu kan ya, haha. Memperkenalkan daerah asal mereka.
  • JiYoung dan JiYoon udah temenan selama 6 tahun chingu, sejak SMA. Meskipun mereka berteman lama, ketika di Seoul mereka ga tinggal dalam satu tempat chingu, deket cuman terpisah. Ini karena mereka punya karakter yang berbeda. JiYoung adalah tipe yang suka tinggal sendiri (style yang kayak cowok), kalo ada apa2 bisa urus sendiri. Beda dari JiYoon yang sebelumnya belum pernah tinggal sendiri, meskipun katanya sekarang udah gapapa.
  • JiYoung bilang ga terlalu suka nonton TV chingu. Sampai2 dia ga tahu “gwiyeomi song”. Meskipun dia cute gitu cuman kalo diminta aegyo2 gitu dia malu/ga luwes. Padahal kalo natural ya udah cute.
  • Ketika ditanya ideal type-nya, JiYoung bilang yang suaranya bagus kayak GongYoo (Goblin), haha. Kalo JiYoon, dia suka cowok yang pinter masak chingu.
  • Suara JiYoung kan cempreng2 gitu, nah itu sampe Doni Koni nanya apakah bener2 suaranya kek gitu apa disengaja, dan ternyata memang suaranya udah kek gitu chingu. JiYoon juga membenarkan kalo JiYoung memang suaranya kayak gitu dari dulu. Suara yang khas punyanya JiYoung. Suara dan gaya bicara yang cute sekali ala dia.
  • Yang unik dari JiYoung yang lain adalah dia kalo ngedance kaku chingu, cuman jadinya tetep lucu, cute, haha. Beda sama JiYoon yang luwes kalo ngedance. JiYoon bahkan bisa banyak dance lhoh. Dari “very very very”nya I.O.I, dancenya BLACKPINK “playing with fire” samapai BTS yang “boy in luv”, haha.

Itulah chingu sedikit update-an gue tentang Bolbbalgan4, sampai juga di lain kesempatan, dan annyeong~~ ^^

 

freesi_7

2186531

Live ONE(라이브원)- Full Ver. Bolppalgan Puberty(볼빨간사춘기)_Come Back with Warm Flutters in the Heart_좋다고말해.mp4_001694866

Live ONE(라이브원)- Full Ver. Bolppalgan Puberty(볼빨간사춘기)_Come Back with Warm Flutters in the Heart_좋다고말해.mp4_001217233

170505 Arirang TV I'm LIVE 볼빨간사춘기(Bolbbalgan4).mp4_000042409

170505 Arirang TV I'm LIVE 볼빨간사춘기(Bolbbalgan4).mp4_000997796

#Peace #Love #Happiness           

#Live #Love #Learn #Laugh 

#Share #Respect #Inspire

#StayGold #StayTrue #StayReal