BANG! TAN! BTS!

Source: Law Of The Jungle ep. Kota Manado, Indonesia (Credit: SBS)

  • Jin ke Manado!!! Ya, di awal tahun 2017 ini, Law Of The Jungle ep.1 adalah perjalanan Jin dkk ke Manado chingu. Sampai saat gue nulis ini, baru tayang 2 episodenya. Jin ini dipilih jadi semacam “rising star yang dapat memimpin di 2017”versi LOTJ, haha. Anak2 BTS ngasih semangat juga ke Jin ketika tahu Jin diajak ke LOTJ ini. Sebelum berangkat, Jimin bilang dia berharap Jin ga dimarahi/dibentak sama member2 yang lebih tua di LOTJ, hehe.
  • Di LOTJ kali ini, peserta yang ikutan selain Jin adalah WJSN Cheng Xiao, Sleepy, SolBi, aktor rookie Gong Myeong dan Yoon DaHoon (member tertua) serta member tetap Kim ByungMan.
  • *gue merinding chingu nonton intro acara ini*. Jadi di awal acara ini memperkenalkan tentang Indonesia juga, keren. Mereka memperkenalkan bahwa Indonesia  adalah sebuah negara yang terdiri dari 18.000an pulau dengan keanekaragam hayati dan hewani yang sangat tinggi. Salah satu yang paling terkenal di Manado Sulawesi ini sendiri adalah lokasi divingnya yang masuk TOP 20 di dunia. Keanekaragaman bawah lautnya sangat menawan, indah sekali. Disampaikan juga di intro acara ini kalau di Pulau Sulawesi yang dilewati garis Wallace ini hidup kurang lebih 11.400 spesies hewan dengan 127 jenis mamalia dan 230 jenis burung. Ajaibnya, lebih dari 70% hewan ini hidupnya hanya di Sulawesi saja. Betapa kaya ya Indonesia? Subhanallah. Mungkin kalo ada readers blog ini yang asalnya dari Manado/daerah Sulawesi bisa share di sini chingu.
  • Tim LOTJ ini bilang kalo selama 6 tahun syuting LOTJ, mereka udah mengunjungi 28 negara cuman belum bisa ke Indonesia chingu. Ini dikarenakan peraturan yang rumit untuk diurus sehingga baru kesampaian di tahun ini. Dan setelah persiapan yang panjang, akhirnya mereka bisa juga ke Indonesia untuk memulai LOTJ di tahun 2017 ini.
  • Fans udah banyakkk banget berkumpul ketika tim LOTJ ini dateng. Rata2 mereka adalah ARMY yang udah tahu kalo Jin bakalan ke sana. Meskipun begitu, ada juga fans yang nulis nama kayak Sleepy dan Kim ByungMan untuk menyambut kehadiran mereka. Kim ByungMan semacam kaget juga karena antusiasme fans sangat besar di sini chingu. Dia sampe ngomong kalo kehebohan itu baru pertama kalinya terjadi. Dia juga bilang ke Jin supaya untuk setiap bulannya ada 1 member BTS yang ikutan acara ini, hehe *wah sepakat ini mah~. Gue pribadi paling pengen Suga X RapMon yang ikutan chingu. Pengen liat adaptasi mereka di hutan kayak apa, hehe.
  • Kalo biasanya anak2 LOTJ bikin rumah dari kayu dan daun di hutan, di LOTJ kali ini mereka ngapung di tengah2 laut chingu. Jadi di tengah laut dibuat kayak lantai dari kayu yang terapung gitu dan semua harus tinggal di situ dalam kurun waktu 24 jam dengan masing2 member hanya dikasih 1 botol aqua besar. Mereka bahkan sampe nampung air hujan dan minum air hujan karena persediaan air mereka terus berkurang. Tempat tinggal mereka ini ditengahnya bolong chingu, dibuat untuk jalan nangkep ikan. Konsep ini terinspirasi dari nelayan di Manado yang bikin tambak ikan chingu *keren ya LOTJ? Kearifan lokal di Indonesia (Mando)pun diaplikasikan di acaranya. Secara langsung berarti akan banyak orang yang tahu kalo Manado ada lokasi budidaya ikan yang khas, tambak ikan tadi*.
  • Jin sendiri bawa banyak lightstick ARMY chingu di tasnya. Dia bilang lightstick itu bakalan berguna bagi mereka dan memang iya karena ketika udah malem cahaya dari lightstick2 itu mengelilingi “rumah terapung” mereka. Yeokshi ya, ARMY bomb. Cahayanya menemani Jin bahkan saat dia di situasi seperti ini. Masing2 member LOTJ diberi lightstick satu-satu chingu. Selain buat lampu, ternyata lightstick itu juga punya kegunaan lain lhoh di sini, keren sekali. Nanti di bawah penjelasannya.
  • Kedalaman “rumah” terapung mereka sampai ke dasar lautan sendiri adalah 10 meter chingu. Nah, di situ juga mereka harus survive dengan nyari ikan buat makan. Mereka dikasih semacam jaring2 besar untuk buat semacam tambak. Member yang cowok pada nyelam ke bawah termasuk Jin buat masang tambak cuman di kesempatan pertama mereka gagal. Meskipun gagal, tim LOTJ nyoba lagi dan endingnya mereka berhasil. Cumi2pun pada nyangkut di jaring itu sehingga mereka bisa makan dari situ. Selain dari cumi2 yang nyangkut di jaring, Kim ByungMan sebelumnya nyelam ke dasar dan menemukan cuttlefish (sotong) chingu. Sotong semacam sejenis gurita gitu dan menyemburkan tinta juga sebagai bentuk pertahanan diri. Member yang lain juga ga kalah kerja keras, mereka menjaring ikan dengan jaring biasa di sekitaran area. Member yang lain ada yang buat api dan Jin X Sleepy bertugas membersihkan cumi2 dan ikan2 lain untuk dimasak.
  • Awalnya, mereka makan cuttlefish dalam keadaan mentah chingu, cuman karena maknaenya (Cheng Xiao) gabisa makan mentah, Jin ngusulin supaya ikannya dimasak biar Cheng Xiao bisa makan juga *so sweet~ TT TT*. Jin semacam kakak yang baik chingu di sini, dia yang ngasih potongan cuttlefish ke Cheng Xiao juga. Jin yang memang jago masak dapat job juga buat motong2 si cuttlefish itu sehingga bentuknya kayak sashimi. Ketika ikan/cumi2 yang dimasak itupun matang, Jin kembali minta Cheng Xiao buat makan yang banyak karena tadi cuman makan sepotong. Dia ngasih potongan cumi matang lagi ke Cheng Xiao.
  • Karena cuttlefish tadi punya tinta, tinta itu malah mereka jadikan mainan chingu. Masing2 member wajahnya dicoret2 pake tinta dan pada lucu2 termasuk si Jin yang jadi punya semacam brewok, hehe. Mereka ketawa dengan hal sesederhana itu chingu, indah sekali. Yas! Bahagia itu sederhana kan ya? Di tengah rasa lapar dan perasaan yang campur2 karena terapung2 di air, tetep terlihat wajah keceriaan dari member2 LOTJ dengan hanya berbekal tinta sotong. Ya, sekali lagi, bahagia itu pilihan dan sebenarnya sederhana ^^
  • Ketika ngebersihin cumi2 sama Sleepy, Jin ngomong kalo Sleepy-lah yang merekomendasikan Rap Monster untuk jadi leader di BTS chingu. Waktu itu Sleepy ngeliat RapMon audisi lalu dia merekomendasikan RapMon buat masuk ke BigHit Ent. Sleepy sendiri juga adalah rapper. Sleepy cerita kalo RapMon selalu ngejawab panggilannya dengan baik (calling/telfon) padahal dia sebenernya ngerasa gapapa misalpun panggilannya ga diawab sama RapMon. Dia tahu kalo RapMon udah jadi artis besar juga sekarang. Jin nyaut “RapMon memang baik” dan Sleepy juga mengiyakan *keren ya chingu? patut dicontoh ini. Kacang yang ga lupa sama kulitnya. Meskipun udah jadi superstar global tapi tetep respect sama sunbae dan orang yang notabene sangat berjasa juga di karirnya. Semoga BTS termasuk RapMon tetep kayak gitu ya chingu, tetep baik sama orang2 yang udah ngedukung mereka saat mereka belum terkenal. Haru juga gue ngedenger ini, haru karena respect-nya RapMon sama Sleepy. Attitude chingu, ini masalah attitude. Attitude/akhlak, sesuatu yang harusnya semua orang punya. Karena orang juga ga bisa disebut orang baik kalo akhlaknya ga baik chingu. Nabi bersabda “sesungguhnya yang terbaik diantara kalian adalah yang terbaik akhlaknya” (hadist Bukhari No.3559). Sikap kita pada orang lain itu penting chingu. Tetaplah jadi orang yang baik pada orang lain sesukses apapun kita, stay humble, stay be human. Ada banyak opsi dalam hidup, ada banyak cita2, ada banyak keinginan, namun jangan pernah lupa punya keinginan jadi orang baik chingu. Be a nice human, be a kind human. Kata2 ini ga semata2 ke kalian chingu, ke gue sendiri juga. Kita saling mendoakan dan mengingatkan supaya bisa jadi manusia yang lebih baik.
  • Tadi kan gue ngomong tentang guna lightsitick yang lain. Nah, di episode ke-2, Jin sukses mancing pake lightstick chingu. Lightsitick buat mancing? Ya, true, bisa. Jadi si Army Bomb ini memang multifungsi chingu. Selain jadi lampu di malam hari ternyata juga bisa jadi alat pancing. Jin sukses dapet 2 ikan dengan lightstick itu chingu. Berkat 2 ikan dari Jin, semua member LOTJ bisa makan di pagi itu chingu. Bahkan ga hanya mancing, dia juga yang ngebersihin ikan2nya dan dia pula yang ngebakar. Kim ByungManpun mention juga kalo Jinlah yang melakukan itu semua. Mereka semua berterimakasih ke Jin yang udah semacam ngasih makan ke mereka chingu. Jin sendiri sebenernya ga expect dapet ikan juga, cuman nyoba aja dan beneran dapet. Jin sendiri bilang kalo dia ngerasa kayak orang yang mengumpulkan uang dan uang itu digunakan untuk memberi makan keluarganya chingu. So sweet chingu, Jin keren banget di LOTJ ini. Bukannya dibentak2, malah sangat bermanfaat bagi member yang lain. Jadi kakak yang baik/care juga buat member2 yang lebih muda.
  • Nah setelah 24 jam, akhirnya misi mereka hidup di tambak berakhir dan mereka sukses chingu. Misi selanjutnya adalah mereka disuruh pindah ke pulau chingu. Ga langsung pindah pake kapal, mereka harus pake tambak itu buat ke pulau. Makanya mereka memutuskan untuk motong penyangga tambak supaya jadi kayak kapal dan bisa mengantarkan mereka ke pulau. Jin lagi2 melakukan sesuatu yang hebat chingu, dia bisa membuat dayung berbekal kayu yang ada di sana. Dayung ini penting untuk membantu mereka sampai ke daratan. Setelah melalui perjalanan panjang sambil mendayung yang melelahkan, mereka akhirnya sampai juga di pulau chingu, LOTJ episode inipun bersambung *menurut gue ep.1 dan 2 ini menunjukkan kalo Jin memang kompeten chingu ikut LOTJ. Dia mudah beradaptasi, kreatif dan keliatan care juga, keren. Yeokhsi, eomma-nya BTS, hehe*

360p-mp4-mp4_000826941

360p-mp4-mp4_000828051

360p-mp4-mp4_000858078

360p-mp4-mp4_000860190

360p-mp4-mp4_001688233

360p-mp4-mp4_001741472

360p-mp4-mp4_003396473

360p-mp4-mp4_004141193

360p-mp4-mp4_004144486

360p-mp4-mp4_004147802

360p-mp4-1-mp4_000796611

360p-mp4-1-mp4_001612029

360p-mp4-1-mp4_001754799

360p-mp4-1-mp4_003403982

360p-mp4-1-mp4_003408723

360p-mp4-1-mp4_003422761

360p-mp4-1-mp4_003428156

360p-mp4-1-mp4_003564082

360p-mp4-1-mp4_003568819

#Peace #Love #Happiness           

#Live #Love #Learn #Laugh 

#Share #Respect #Inspire

#StayGold #StayTrue #StayReal


BANG! TAN! BTS!

Source: [ENG SUB] BTS 방탄소년단 MAMA 2016 Artist of The Year Daesang (Credit: MAMA Mnet, subbed: Peppy Grace Subs), [ENG SUB] BTS 방탄소년단 MAMA 2016 Best Dance Performance Male Group (Credit: MAMA MNET, subbed: Peppy Grace Subs), [ENG] 161209 BTS @ MAMA behind (Credit: BTS episode, subbed: Bangtan subs subbing team)

  • MAMA adalah ajang penghargaan yang dari sejak debutnya BTS sangat ingin mereka dapatkan chingu. Di tahun 2013 yang lalu, tahun mereka debut, BTS sendiri tidak mendapatkan award itu. Ketika itu yang dapet adalah Busker Busker. Namun 3 tahun kemudian, siapa sangka kalo award tertinggi di MAMA yakni daesang “artist of the year” mereka yang mendapatkannya. Ini bukti banget kan chingu kalo nasib orang ga ada yang tahu. Berkat kerja keras dan konsistensi, BTS membuktikan kalo mereka memang pantas dapet award di ajang itu, ga hanya “best” tapi bahkan daesang. Di MAMA 2016, nominasi peraih daesang adalah EXO X Twice X BTS X G-Friend dan TaeYeon. Dan BTS sukses menjadi pemenangnya. Sebelum anak2 BTS pada naik ke stage nerima award, mereka rangkulan ber7 melingkar, sama kayak sebelumnya yang ketika mereka dapet daesang “album of the year” di MMA. Wah~ indah banget ini. Sebelum speech, RapMon nepuk2 dadanya dulu seakan2 nenangin diri sendiri. Sambil berkaca2 (udah nangis malah) dia memulai speechnya dengan kata “ARMY”. Ya, itu adalah kata pertama yang keluar. Di speechnya, dia bilang kalo mereka melalui banyak hal sejak mereka debut dan ada orang2 yang berkata bahwa mereka tidak akan berhasil. RapMon sangat berterimakasih pada orang2 yang udah percaya pada mereka (BTS) sampai akhir. Award ini adalah award yang dulu hanya mereka impikan dan mereka sangat berterimakasih karena mimpi itu sekarang jadi kenyataan. RapMon mengucapkan terimakasihnya kepada Bang ShiHyuk PDnim, para eksekutif dan orang2 di Big Hit Ent yang telah membimbing mereka. Selain itu, dia juga mengucapkan terimakasih kepada orang2 yang telah membuat musik yang bagus untuk mereka yakni PDogg, Slow Rabbit dan juga Supreme Boi *tanpa mereka, musik BTS yang kerenpun juga ga bakalan ada karena BTSpun sangat dibantu mereka ketika bikin lagu*. Mereka juga sangat berterimakasih sama koreografer mereka So Seung Deuk dkk serta staff BigHit yang selalu bersama2 mereka chingu. Mereka benar2 berterimakasih kepada mereka karena berkat orang2 itulah mimpi mereka jadi kenyataan kayak sekarang. Ya, tanpa bantuan banyak pihak yang selalu membantu mereka, BTS juga ga akan bisa seperti ini. Di akhir speechnya RapMon mengatakan sesuatu untuk ARMY juga chingu. Bukan hanya ARMY Korea, tapi ARMY in all over the world. Dia bilang “Lets Fly with our beautiful wings in 2017 as well, BTS loves ARMY as always” *ini kata2 di speech RapMon yang paling gue suka chingu. “Mari kita terbang dengan sayap2 indah kita di tahun 2017!” ini lebih kayak motivasi juga buat gue pribadi chingu, dan pastinya kalian juga kan? Meskipun sulit, kadang sayap kita cedera, bahkan nyaris patah karena patah hati, gagal, sakit, kecewa dsb tapi ayo jangan menyerah sampai akhir, sehingga kita nanti bisa terbang dengan indah di tahun ini. Tahun ini kita harus punya pencapaian yang baik chingu, ayo sama2 berusaha untuk itu di bidang kita masing2! Fighting! Apapun itu, ayo kita sama2 membuat 1 target yang baik di tahun ini dan mencoba untuk merealisasikannya. Tahun 2017 ini kita harus jadi orang yang beda, yang lebih baik dari tahun 2016 kemaren. Ayo chingu kita sama2 mendoakan satu sama lain. Apapun hal baik yang kita inginkan di tahun ini, apapun pencapaian yang ingin kita dapatkan di tahun ini, semoga kemudahan selalu menyertai kita semua, amin*. Terakhir RapMon mengatakan sesuatu lagi “Kami harap musik dan performance kami dapat menjadi mimpi dan harapan banyak orang di dunia ini”. Dengan kata2 ini, berakhirlah speech RapMon di MAMA kemaren. Speech yang begitu indah menurut gue chingu *gue pernah sekali nangis pas nonton video speech mereka ini chingu. Momen yang haru banget menurut gue. Kemenangan yang gue rasa pastinya sangat berarti sekali karena mereka terlibat langsung dalam karya mereka, terutama RapMon yang partisipasinya di “wings” sangat besar. Terlebih lagi mereka bilang ingin bahwa musik mereka tetap bisa menginspirasi banyak orang di dunia ini. Musik yang memberi harapan dan mimpi juga bagi orang lain untuk berani bermimpi yang sama, berani bermimpi yang tinggi seperti mereka. Ya, BTS memang ada yang mengunderestimate juga. Bahkan di speechnya RapMon bilang kalo ada orang2 yang bilang mereka ga akan berhasil. Tapi apa? mereka berhasil. Ini menurut gue hikmah buat kita juga chingu, bahwa berhasil dan tidaknya kita tidak ditentukan oleh justifikasi orang terhadap diri kita. Berhasil dan tidaknya kita bukan mulut orang lain yang menentukan, tapi dari usaha kita sendiri. Apapun perkataan orang terhaadap kita, itu harusnya tidak melemahkan tekad kita. Jangan goyah pada omongan negatif orang terhadap kita chingu. Dengan usaha keras, pasti akan ada jalan dan suatu saat akan ada hasil yang baik buat kita. BTS contohnya. Ya, sekali lagi, BTS contohnya. BTS membuktikan bahwa nasib kita bisa diubah kalo kita mau mengubahnya sendiri dengan usaha keras. Ingatkah kalian pada satu ayat yakni Al Quran Surat Al-Rad ayat 11 bahwa “Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan mereka sendiri”. Kalau kita mau berubah, mau berhasil dsb, maka kita juga harus berusaha. Tidak hanya niat dan kata2, tapi benar2 kita lakukan dan upayakan. Berusaha sambil berdoa. Ya, kita melaksanakan semampu dan semaksimal kita, mengenai hasil, kita serahkan pada Maha Yang Menciptakan kita. Apapun omongan orang kepada kita, jangan jadikan itu penghambat untuk kita terus maju. Anyway, selamat BTS, kemenangan yang gue rasa ARMY sangat bisa belajar banyak dari sini. Seperti kata BTS, lets fly with our beautiful wings in 2017 as well chingudeul!*
  • Selain daesang “artist of the year” yang berarti mereka adalah the best artist di tahun 2016 versi MAMA, BTS menang di kategori “Best Dance Performance Male Group” juga chingu. Nominasinya ketika itu adalah EXO “monster” X GOT7 “hard carry” X Monsta X “all in” X BTS “pitamnunmul” X VIXX “fantasy” dan SEVENTEEN “pretty u”. Untuk speech ini, J-Hope yang bicara chingu. Karena ini adalah award yang sangat berkaitan dengan dengan dance kan ya? J-Hope di speechnya bilang kalo award ini punya makna yang dalem juga bagi BTS *kalo menurut gue karena BTS adalah grup yang niatannya mau ngeswag ala2 hip hop cuman malah dancenya paling susah, wkwk. Jadinya sangat bermakna mereka bisa dapet award di kategori itu*. J-Hope mengucapkan terimakasih pada ARMY  yang selalu mendukung mereka chingu. J-Hope juga mengucapkan terimakasih pada koreografer BTS yakni Son Seung Deuk seonsaengnim yang telah membuat dance2 yang terbaik buat BTS *bener ya ini, Son Seung Deuk seonsaengnim jasanya besar sekali buat karir BTS juga*
  • *Momen di MAMA kemaren yang menurut gue paling mengharukan itu saat di backstage setelah mereka dapet daesang chingu*. Di backstage ketika itu, Suga cerita kalo pas wings rilis, dia sama RapMon semacam nostalgia berdua setelah selesai latihan sambil nangis. Mereka mengingat masa2 mereka sebelum debut. Pertanyaan “kapan mereka debut” dan “kapan mereka dapet award” bener2 membuat mereka emosional (haru, sedih, ga menentu perasaaanya) ketika nonton acara MAMA di TV. Waktu itu tahun 2011 dan 2012 chingu. Saat itu Suga dan RapMon nonton MAMA sama2 di rumah sambil melakukan pembicaraan seperti itu. Nah pas wings keluar (10 oktober kemaren), mereka berdua setelah latihan inget masa2 itu lagi dan jadi nangis berdua. Suga nyeritain ini sambil terus nyeka air mata dan RapMonpun sama, dia nangis inget kejadian itu. Suga juga bilang biasanya dia nahan air mata cuman karena hari itu adalah hari yang membahagiakan makanya dia nangis. RapMon langsung meluk Suga dan Sugapun membalas dengan mengatakan “kamu sudah berusaha keras, Namjoon”. Indah banget chingu ini. Haru TT TT TT. Dua sahabat yang saling memeluk karena saking harunya dengan hasil kerja keras mereka selama ini bersama2, best momen lah ini. Tangisan yang dulu di tahun 2011 dan 2012 sepertinya begitu menyesakkan sekarang berubah jadi airmata bahagia karena mimpi mereka terwujud. Bukan hanya “best”, tapi mereka bahkan dapat “daesang”. RapMonpun setelah itu juga pada meluk member2 yang lain chingu, mengucapkan terimakasih dan sayangnya dia sama mereka *momen paling mengharukan lah ini menurut gue. Gue sebagai ARMYpun speechless chingu, apalagi mereka yang bener2 pelakunya. Bener2 ga nyangka pastinya si Suga juga kalo bakalan dapet daesang sedangkan tahun 2011/2012 aja mereka masih pada galau sama nasib mereka. Award yang dulu mereka cuman bisa liat di TV tapi sekarang jadi milik mereka. Bahkan momen nontn MAMA di tahun 2011/2012 itu mereka tulis juga kan chingu di lagu “moving on” HYYH Pt.1. Menceritakan gimana mereka ketika sebelum debut yang hanya bisa nonton sunbae2 di acara award, sedangkan mereka sendiri masih ga jelas akan gimana, penuh rasa takut dan ketidakpastiaan. Inilah juga kerennya BTS menurut gue, lagu mereka adalah lagu yang bener2 mengungkapkan perasaan mereka. Perasaan ga menentu ketika nonton acara award yang ditulis di lagu “moving on” itu menurut gue heartbreaking chingu, sedih ngedengernya. Cuman dari lagu itu keliatan kalo anak2 BTS kuat dengan itu. RapMon bilang kan di liriknya kalo jangan melupakan masa dimana mereka memang pernah hanya bisa nonton sunbae2nya di acara award. Dia bilang jangan melupakan itu, tapi letakkan itu dan keep moving forward. Berarti RapMon secara ga langsung bilang kalo jangan lupakan dulu kita itu kayak apa, kita pernah lhoh di posisi itu, itu tetep hal yang pernah kita semua alami, cuman ayo kita terus maju, keep moving, keep going. Kita jangan lupa kalau kita pernah ada di posisi2 yang sulit juga dalam hidup ini. Posisi yang mungkin di bawah banget, posisi yang ga enak banget. Itu memang jangan kita lupakan (know your roots lah), tapi kita juga jangan hidup dalam pusaran itu. Tetep kita harus maju, keep moving on kayak lagu “moving on”nya BTS itu. Kenangan tetep aja kenangan, sesuatu yang bisa mengingatkan kita kayak apa dulu kita, dimana kita berasal, akar kita dimana. Cuman kita sendiri jangan terus hidup dalam kenangan, kita bentuk masa depan kita dengan kerja keras, terus jalan ke depan. Indah chingu menurut gue momen ini. Lagu “moving on” ini menurut gue relate banget sama BTS yang dapet MAMA kemaren. Monangis gue ketika nulis ini sambil denger liriknya RapMon di “moving on”, haru. BTS, grup yang bener2 banyak ngasih gue sesuatu yang berharga dalam hidup chingu. Karena bahkan perjalanan karir mereka bisa memberi gue kesan yang begitu dalam ke gue. Kesan bahwa ada lhoh anak2 yang begitu hardworking, passionate, smart dan hal2 lain yang ga jarang itu menginspirasi gue. Kejujuran mereka dalam membuat lirik terutama, itu kadang sangat bermakna bagi gue pribadi. Karya yang ga cuman sebatas ok lagunya bagus dan mereka layak dapat award, tapi karya yang bener2 luapan isi dari perasaan dan kejadian yang pernah mereka bener2 alami namun tanpa disangka itu mengantarkan mereka dapet award. Berarti lebih bermakna kan kalau begitu? Ga yang bagus doang, tapi juga bermakna dan makna itu bener2 relate dengan mereka, bahkan mungkin relate dengan kita juga sebagai fans. Mereka hidup dalam lagu yang mereka tulis sendiri. Sehingga lagu merekapun semacam kayak “bernyawa”, sangat menyentuh, kena di hati orang yang denger, termasuk gue dan mungkin kalian juga. Panjang ya kalo ngomongin BTS? Hehe. Ya, grup yang Alhamdulillah gue bisa tahu mereka chingu. Grup yang gue dan kalian bisa belajar banyak dari mereka. Terimakasih BTS, terimakasih…*

eng-sub-bts-%eb%b0%a9%ed%83%84%ec%86%8c%eb%85%84%eb%8b%a8-mama-2016-artist-of-the-year-daesang-mp4_000118661

eng-sub-bts-%eb%b0%a9%ed%83%84%ec%86%8c%eb%85%84%eb%8b%a8-mama-2016-artist-of-the-year-daesang-mp4_000170202

eng-sub-bts-%eb%b0%a9%ed%83%84%ec%86%8c%eb%85%84%eb%8b%a8-mama-2016-artist-of-the-year-daesang-mp4_000201264

eng-sub-bts-%eb%b0%a9%ed%83%84%ec%86%8c%eb%85%84%eb%8b%a8-mama-2016-artist-of-the-year-daesang-mp4_000228561

eng-sub-bts-%eb%b0%a9%ed%83%84%ec%86%8c%eb%85%84%eb%8b%a8-mama-2016-artist-of-the-year-daesang-mp4_000239895

eng-sub-bts-%eb%b0%a9%ed%83%84%ec%86%8c%eb%85%84%eb%8b%a8-mama-2016-artist-of-the-year-daesang-mp4_000254479

eng-sub-bts-%eb%b0%a9%ed%83%84%ec%86%8c%eb%85%84%eb%8b%a8-mama-2016-artist-of-the-year-daesang-mp4_000259099

eng-sub-bts-%eb%b0%a9%ed%83%84%ec%86%8c%eb%85%84%eb%8b%a8-mama-2016-artist-of-the-year-daesang-mp4_000263271

eng-sub-bts-%eb%b0%a9%ed%83%84%ec%86%8c%eb%85%84%eb%8b%a8-mama-2016-artist-of-the-year-daesang-mp4_000266180

eng-sub-bts-%eb%b0%a9%ed%83%84%ec%86%8c%eb%85%84%eb%8b%a8-mama-2016-best-dance-performance-male-group-mp4_000117855

eng-sub-bts-%eb%b0%a9%ed%83%84%ec%86%8c%eb%85%84%eb%8b%a8-mama-2016-best-dance-performance-male-group-mp4_000150367

eng-161209-bts-mama-behind-mp4_001083449

eng-161209-bts-mama-behind-mp4_001091591

eng-161209-bts-mama-behind-mp4_001092500

eng-161209-bts-mama-behind-mp4_001110942

#Peace #Love #Happiness           

#Live #Love #Learn #Laugh 

#Share #Respect #Inspire

#StayGold #StayTrue #StayReal


BANG! TAN! BTS!

Source: [ENG SUB – Episode] BTS @ 2016 MMA (Credit: BTS episode, subbed: CYPHERSUBS @yvngjimingyu),  [ENG SUB] 160925 j hope (Credit: BTS, subbed: @yvngjimingyu), [ENG] 161005 RAP MONSTER (Credit: BTS, subbed: Army Unnie), [ENG] 161120 LOG JIMIN (Credit: BTS, subbed: Bangtan Subs subbing team)

  • Kalo kita ngomong award yang diterima BTS termasuk yang mereka dapet no.1 di acara musik di tahun 2016 kemaren banyak banget ya chingu. BTS di akhir tahun 2016 kemaren dapet banyak award juga di berbagai acara award musik, salah satunya di MMA (Melon Music Award) 2016. Yang pertama, mereka menang di TOP 10 Artist. Berarti mereka masuk 10 besar artis paling bersinar selama tahun kemaren. Di speechnya, Jin bilang kalo dia ngerasa hal yang membuat ARMY dan BTS bersama adalah karena kedua belah pihak mendengarkan musik bersama. Musik semacam menyatukan mereka jadinya. Dengan makna seperti itu, dia merasa bersyukur/berterimakasih chingu. V juga menekankan karena ARMYlah BTS bisa mendapatkan award di tahun ini *bener ya ini, idol bisa dapet award sangat relate dengan fans2nya. Jadi wajar sekali kalo dapet award, fans adalah pihak yang ga pernah bisa dilepaskan. Semua pihak kayak perusahaan (kru, manajer, make up artist, hairdo, semuanya), keluarga dan member2 sendiri adalah penting, namun fans juga punya ruang sendiri yang tak kalah penting. Tanpa fans, idol bukan apa2. Hubungan fans dan idolnya adalah saling menguatkan, saling menyerap dan berbagi energy kalo kata RapMon biasanya. Kedua belah pihak saling melepaskan energy. Sifatnya adalah saling. Kalo simbiosis ya semacam simbibosis mutualisme. Congratz BTS! Kalian layak masuk 10 besar TOP artist di tahun 2016 kemaren!*
  • Masih di MMA 2016. Setelah dapet TOP 10 artist, BTS dapet award lagi yang ketika itu dikatakan RapMon adalah award paling tinggi selama mereka berkarir chingu, yakni “album of the year”. Muka2 kaget ga percaya terlihat banget dari mereka ketika nama grup mereka disebut memenangkan award itu. Mata2 yang mendadak pada membesar karena kaget ga percaya. Di speechnya, kata pertama yang RapMon ucapkan sebagai leader adalah ARMY (terimakasih, ARMY). RapMon juga mengucapkan terimakasih pada Bang ShiHyuk PDnim, Big Hit Ent, teman2 dan orangtua yang telah membantu mereka dan juga pada ARMY sekali lagi. Jin dan J-Hope keliatan nangis di speech time ini chingu. *Album of the year, sebuah award yang besar kan ya? Dengan dapet award itu berarti album terbaik di tahun itu adalah BTS versi Melon*. Di backstagepun member2 BTS juga pada nangis. Jimin nangis juga meskipun dia pengen ga nangis sebenernya. Jimin juga bilang kalo “bukan nangis sedih, tapi ada perasaan fresh dan bersyukur dari situ”. Jadi Jimin ini curhat sebenernya dia ga pengen nangis chingu, cuman air mata ya mendadak keluar aja dan dia jadi fresh dengan itu, plus ada rasa syukur juga. Kayak sesuatu yang ga dia inginkan cuman ketika dapet ya dia ga bisa sepenuhnya menyalahkan. Kenapa kok gitu? Dijawab di lognya setelah itu chingu. JungKookpun ngerasa ada yang salah dengan telinganya ketika nama BTS disebut, tapi memang benar yang menang adalah mereka. Suga juga mengatakan hal yang serupa. J-Hope berfikir “apakah gapapa kita dapet award ini?” karena mereka mendapatkan award yang paling tinggi sebagai musisi di ajang itu chingu. RapMon sendiri bilang kalo dia sama sekali ga berekspektasi dapet award itu, sehingga bener2 terkejut ketika nama mereka disebut. Congratz BTS! Album of the year, award tertinggi di Melon kalian dapatkan tahun ini. Semoga di tahun depan kalian kembali lagi dengan karya yang keren dan yang paling penting tetap menginspirsi ARMY2 around the world untuk lebih baik. Congratz BTS! You jjang!!!*
  • Kita masuk ke beberapa log BTS yang cukup baru chingu. Jadi baru di 2nd full album ini Hope dapat part di intro album. Intro kan rapper line sering bikin (RapMon X Suga), cuman J-Hope kan belum. Nah, fans ternyata banyak yang nanyain intronya Hope kapan, makanya Hope-pun jadi ngerasa dia ada yang nungguin. Makanya ketika kesempatan datang, dia bener2 maksimal mempersiapkannya chingu. Apa yang dia lakukan? Contohnya kalo biasanya dia latihan itu satu jam, untuk intronya dia di “wings” ini dia latihannya ditambah satu jam lagi, jadinya 2 jam. Bahkan, dia bisa latihan 2 atau 3 jam lagi. Sejujurnya keinginan dia adalah pengen dapet tepuk tangan audience chingu, dia pengen orang jadi “yeokshi, J-Hope”. Oleh karena itu dia bekerjakeras agar bisa memberikan yang terbaik *hal yang gue rasa keren dari sini adalah dia nambah porsi latihannya chingu, keren banget itu. Dari 1 jam bertambah bahkan 3 kali lipat untuk bisa menampilkan yang terbaik. Kita kayak gitu enggak? Pernah ga kita ingin dapet sesuatu dan lalu berlatih 3 kali lebih lama dari biasanya? Gue sendiri masih sering terserang penyakit ga mood/males dan banyak tidurnya chingu, padahal jelas2 banyak hal yang pengen gue capai. Denger J-Hope ngomong kayak gini gue jadi ngerasa malu sih. Ya ga heran BTS bisa dapet daesang dsb, orang usaha mereka sampe kayak gitu. Gue jadi inget temen gue pernah bilang kalo disiplin adalah hal yang harus kita (para pemuda ini) lakukan untuk bisa berhasil. Tanpa disiplin, kita ga akan sampai. Hope aja rutin latihan sehari paling tidak 1 jam misalnya, nah kita? (gue sih terutama). Semoga sih ini memotivasi kita semua untuk lebih disiplin dalam latihan kita di bidang apapun yang kita pengen bisa chingu. Belajar untuk mulai lebih care sama jadwal karena disiplin adalah sangat penting. Kalo perlu kita buat jadwal yang strict yang kita pasang di kamar, di HP, di laptop dsb. Sehari harus paling tidak latihan 1 jam secara rutin kayak J-Hope, apapun bidang kita. Fighting buat kita semua!!!*
  • Kita ke lognya RapMon chingu. RapMon ketika itu cedera kakinya jadi gabisa latihan sama member2 lain. RapMon ketika itu bilang dia harap hanya dengan melihat koreo dia udah bisa mengingatnya, cuman ternyata itu ga bisa terjadi padanya. Jadi kan kakinya sakit, niatnya ngeliat orang ngedance langsung hafal, cuman ga bisa *iya ya, ada kan orang yang ngeliat dance sekali langsung bisa meragain. Sama kayak orang yang denger lagu sekali langsung nyaut. RapMon keknya lebih ke musik ya, jadi agak sulit dia mengingat dance, lebih sulit daripada dia mengingat lagu/rap/beat misalnya*. Log ini adalah sebelum wings keluar chingu. Dia bilang yang kurang lebih sama juga dengan J-Hope. Dia bilang “jika aku secara kontinyu bekerja keras, suatu hari aku akan berhasil kan?” *keren ya kata2 ini? usaha tidak akan mengkhianati hasil kan ya? Gue rasa BTS itu wah~ speechless gue kadang. Mereka itu kerja kerasnya sangat inspiring chingu menurut gue. Ga cuman di dance, di musikpun mereka produksi sendiri, keren. Passion mereka dalam keartisan mereka itu besar banget, sangat antusias. Semoga ini bisa jadi inspirasi ke kita juga chingu, begitu passionate pada bidang yang kita suka*. RapMon juga ngasih pesan ke dirinya sendiri agar hari2 selanjutnya malesnya berkurang dan lebih bekerja keras lagi. Selain itu dia juga bilang untuk lebih cinta pada dirinya sendiri karena paling penting adalah love yourself (biar jangan cedera2 lagi, lebih hati2, cinta pada kesehatan diri sendiri) *bener kan ya ini, penyakit males itu bener2 memang parah. Males itu penyakit banget, true. Guepun masih kerap males chingu, endingnya sering lari ke tidur waktunya. Semoga ya, 2017 ini malesnya kita semua sedikit sedikit mulai berkurang dan lebih produktif lagi, lebih bekerja keras lagi. Hilangkan sifat malas dari diri kita, setidaknya inget BTS lah pokoknya kalo malas menyerang. Inget mereka latihan sehari berapa jam. Kalo bukan BTS ya idol lain yang sangat inspiring kalian. Gue rasa idol2 KPOP yang lain selain BTSpun disiplin dalam bidang mereka chingu. Sulit sih ini memang, cuman bukan berarti ga bisa. Semangat buat kita semua pokoknya, fighting!!!*
  • Nah kita ke lognya Jimin yang gue bilang tadi chingu. Ini log setelah mereka menang di MMA kamaren. Jimin bilang kalo dia ingat ketika mereka dapat rookie award dulu ketika mereka dapat MMA kemaren chingu. Memori dapet rookie award terngiang lagi. Dia bilang ngerasa mereka bertumbuh selama ini. Dari rookie lalu dengan kerja keras akhirnya mereka sampai ke level ini. Jimin cerita kalo ketika dapat award itu dia pengen berterimakasih sama member2 chingu, cuman kalo dia ngomong dia sadar bakalan nangis, makanya ditahan. Ya chingu, dia ingin bilang dia sangat berterimakasih pada member2 BTS yang lain. Di satu sisi dia memang berterimakasih, cuman ada sisi lain di dirinya yang agak beda chingu. Jadi di lognya ini Jimin juga cerita kalo dia sebenernya pengen bilang kalo mereka masih punya hal2 yang belum mereka capai jadi harusnya tidak menangis seperti itu sekarang, tapi dia sendiri ga tahu kenapa air matanya tiba2 juga keluar. Malah semakin dia seka, semakin dia menangis. Jimin melanjutkan “kata2 seperti “kita sudah berusaha keras” terlihat kurang tepat baginya, dia prefer dengan kata2 seperti “mari kita membuat kenangan indah selanjutnya”. Jadi semacam dia masih berharap masa depan yang lebih bahagia daripada ini baik untuk dirinya sendiri, member2, staff, Big Hit, fans dan orang2 yang membantu mereka. Semacam perjuangan mereka ga sampai sini aja chingu, masih panjang *gue relate sama ini chingu, bahwa kadang pikiran kita memang bercabang. Kayak di satu sisi seneng, bersyukur bisa menang, tapi di sisi lain karena kita inget masih banyak yang belum dicapai makanya ga pengen terlalu seneng dan berpuas diri sampai situ. Meskipun begitu rasa haru yang akhirnya reflek membuat airmata kita jatuh gabisa ditahan juga. Namanya manusia ya, makhluk yang kompleks, rasa yang ada di dalamnyapun campur aduk. Anyway apapun itu, Jimin, J-Hope dan semuanya member BTS udah bekerja keras selama ini. Keep going, keep hustling guys! BTS fighting! ARMY juga, Fighting!!! ^^*

eng-sub-episode-bts-2016-mma-mp4_000100391

eng-sub-episode-bts-2016-mma-mp4_000459757

eng-sub-episode-bts-2016-mma-mp4_000491103

eng-sub-episode-bts-2016-mma-mp4_000523307

eng-sub-episode-bts-2016-mma-mp4_000558371

eng-sub-episode-bts-2016-mma-mp4_000567458

eng-sub-episode-bts-2016-mma-mp4_000705708

eng-sub-episode-bts-2016-mma-mp4_000733713

eng-sub-160925-j-hope-mp4_000254440

eng-sub-160925-j-hope-mp4_000379757

eng-161005-rap-monster-mp4_000113079

eng-161005-rap-monster-mp4_000217634

eng-161120-log-jimin-mp4_000314566

eng-161120-log-jimin-mp4_000518534

#Peace #Love #Happiness           

#Live #Love #Learn #Laugh 

#Share #Respect #Inspire

#StayGold #StayTrue #StayReal


BANG! TAN! BTS!

Source: BTS Special Interview [Entertainment Weekly  2016.11.07] (Credit: KBS), [ENGSUB] 161026 BTS ‘피 눈물‘ MV Bank Stardust interview (Credit: KBS, subbed: Maine_luxe), [ENGSUB] 161025 The Show News with BTS (Credit: SBS The Show, subbed: Maine_luxe), [ENG] 161123 Hwarang interview (full) (Credit: KBS, subbed: ), [ENG SUB] 161125 YinYueTai BTS Star! Interview (Credit: YinYueTai, subbed: Misxing You )

  • Terkait title track “blood, sweat and tears” kemaren, prediksi Suga adalah lagu itu ga bakalan semacam “sukses” chingu. Alesannya karena dia rasa judul itu “kotor”, wkwk. Gabungan 3 cairan dalam tubuh manusia yang kayaknya “kotor” buat didenger kalo jadi title track. Nah cuman prediksi Suga ini ternyata salah karena justru “blood, sweat and tears” dapet apresiasi yang tinggi dari fans dan bahkan mencetak rekor dalam sejarah BTS dalam karir musik mereka *gapapa Suga, prediksi kan memang ga selalu bener, hehe*. Suga sendiri mengakui kalo dengan title track itu sangat meledak album mereka kali ini.
  • RapMon ditulis dalam majalah Amerika XXL sebagai rapper dengan banyak bakat, dia ditulis sebagai “salah satu dari rapper2 remaja Korea yang kamu harus tahu”. RapMon tahu tentang hal itu dan katanya suatu kehormatan baginya disebut seperti itu chingu. Cara dia membayarnya adalah dengan bekerja keras (dalam rap) katanya.
  • Kata2 yang BTS ingin kata2 itu relate ketika orang mencari BTS adalah “mid deud bang” chingu. Itu singkatan dari “midgo deudneun bangtansonyeondan” atau “you cant go wrong with BTS”, atau semacam “kalian ga salah jika bersama BTS” *selama inipun bisa dibilang begitu kalo menurut gue. Karena BTS ketika bikin karya juga bervariasi, ga hanya cinta2 tapi juga ngasih value2 ke pendengarnya. Value/nilai kayak semangat berjuang, jangan menyerah, lebih mau belajar, buka mata, know yourself, love yourself, dan hal2 lain yang relate sama kehidupan anak muda kayak kita. Hal2 yang bermanfaat juga bagi kita, bahkan kadang ngasih pelajaran ke kita. Contoh terbaru misalnya lagunya “lost” BTS yang gue pribadi ngerasa bisa belajar banyak dari situ. Kalo gue gini chingu, asalkan BTS masih menghasilkan karya yang valuable, inspiring kayak sekarang, ga salah bagi gue untuk suka sama BTS. Karya yang ga salah menurut gue adalah yang ga menyesatkan gue, justru jadi salah satu faktor yang membuat gue menjadi pribadi yang lebih baik. Jika BTS masih terus bisa seperti itu, guepun akan ngerasa ga salah jika bersama BTS sebagai ARMY*
  • Sampai saat ini, “dope” adalah MV BTS yang paling banyak ditonton, hampir 1 milyar kali di youtube chingu, wow!
  • Pernah di salah satu interview KBS mereka dikasih mission2 gitu dan pemenangnya Jin chingu. Karena menang, Jin dapet kesempatan untuk semacam promo lagu solonya di “wings”. Jin cerita kalo lagunya “awake” adalah lagu yang dia buat untuk pertama kalinya di album BTS, tentu saja bareng member2 lain dan tim producer BigHit. Lagu ini adalah tipikal lagu yang easy listening juga katanya. Nah, V dkk kemudian minta Jin nyanyiin part di lagu itu yang ingin dia perdengarkan ke pemirsa. Selesai Jin nyanyi, ga ada angin ga ada ujan si Suga tiba2 nyaut dengan nyanyiin solo tracknya sendiri yang terjemahannya “di sudut memoriku…”. J-Hope langsung kayak ga terima, semacam “kenapa tiba2 si Suga malah jadi ikutan promosi???”. Langsung dia nunjuk Suga dan bilang “wah pelanggaran tuh, pelanggaran”. RapMon juga langsung komen “silahkan stay di salah satu sudur memorimu itu sana” wkwk *sabar Mon sabar, kan itu lagu disensor, gapapa lah Suga colong2 promo di sini, dimana lagi, wkwk*. Lucunya lagi JungKook yang daritadi senyum2 aja (cuman seakan2 dia nunggu momen yang tepat) tiba2 dengan sangat naturalnya nyanyiin lagu dia sendiri juga chingu. Dia nyanyi “begin” seakan2 ga terjadi apa2, wkwkw *pinter ya ini anak, di saat yang lain pada ngebully Suga dia malah ambil kesempatan, haha*. Ngerasa JungKook dengan sangat naturalnya ikut promosiin lagunya, J-Hope jadi ikut2an juga dengan nyanyi verse dari lagunya sendiri “MAMA”, sambil berdiri lagi, haha *lucu chingu part ini, mereka semangat sekali promosiin lagu pribadi mereka di wings, haha. Apalagi ekspresi Suga sama JungKook yang kayak ga terjadi apa2 padahal jelas2 yang dikasih mandat buat nyanyi itu Jin, bukannya mereka, haha. Lucu juga ekspresi RapMon sama J-Hope yang pada ga terima kenapa malah yang lain ikutan nyanyi, wkwk. Lebih lucu lagi J-Hope yang awalnya mempersalahkan Suga X JungKook tapi endingnya dia sendiri juga sama aja, ikut2an promo. ~Gimana sih bang Hope?? Hadoooh, haha~. V sama Jimin doang chingu yang diem aja, ga ada keinginan buat ikutan promo, haha*
  • Berkaitan dengan title track mereka “pitamnunmul”, pernah member2 ditanya siapa member yang semacam berdarah dingin/cold (kaku, dingin dan sejenisnya) chingu. J-Hope bilang kalo itu Suga. Ini karena Suga tipe yang tidak akan mengakomodasi keinginan orang. Jadi misalnya bagi dia tidak ya tidak, kalo iya ya iya, jadinya terkesan dingin. Suga sendiri secara ga langsung mengiyakan, cuman dia bilang “tapi aku punya darah dan air mata kok, kalo ga punya ya aku ga akan bisa hidup”. Dari jawaban yang #demiapa kaku banget itu si RapMon jadi ikutan komen “Suga adalah hyung yang seperti pisau” (karena strict, kaku, dingin tadi, keliatan dari jawabannya barusan juga) *tapi ini malah ada bagusnya chingu kalo buat gue pribadi. Mungkin bisa jadi jatuhnya agak keras kepala sih, cuman kalo memang dia rasa sesuatu itu tidak misalnya, ya ga bakalan dia bilang iya hanya untuk mengakomodir keinginan orang lain. Sebaliknya jika orang lain ga suka dan dia suka ya dia bilang suka tanpa harus sepakat dengan orang lain. Menurut gue kadang sikap kaku seperti itu perlu chingu, supaya lebih tegas kita jadi orang, ga terombang ambing dan mudah berubah/ga konsisten. Dengan catatan itu adalah hal yang benar lhoh ya. Kalo kita udah salah masih aja ngotot tanpa alasan yang tepat mah buruk, namanya kita ga mau dinasehati ke arah yang lebih baik*
  • Di salah satu interview BTS di The Show, si Suga diminta ngejahit hidung di boneka chingu. Dan dia sukses melakukannya, dia tahu caranya ngejahit, wah~~keren! *wah yeokshi ya, dia ini anaknya cerdas bikin2 sesuatu gitu. Ga heran jadi appa-nya BTS, bisa diandalkan soalnya. Pekerjaan yang butuh tukang bisa dikerjain sendiri sama Suga. Bisa ngebenerin sendiri perabot dorm yang rusak kan ya dia itu, yeokshi. Ngejahitpun bisa, proved. Keren ya chingu? TT TT. Salut gue sama orang yang serba bisa kek gini chingu. Kalian ada yang pinter ngejahit juga enggak? Malah ada yang bisa sampe bikin baju sendiri enggak? Keren banget menurut gue orang yang punya keahlian kayak gitu chingu. Orang yang pandai bikin hasta karya, keren!*
  • Udah pada nonton hwarang-nya V belum chingu? Gue baru nonton 2 episode, hehe. Nah, di salah satu interview hwarang, tokoh yang jadi hwarang Banryu bilang kalo dia pengen memberikan pujian pada V sebagai tokoh Han Sung di drama itu chingu. Dia bilang kalo V itu masih muda, sangat sopan pada hyung2nya dan sangat ceria. Awalnya dia berfikir kalo V itu hanyalah bintang idol muda, namun ternyata dia adalah orang yang sangat bekerja keras, oleh karena itu dia terkesan dengan V *Pas BTS main ke Runningmanpun member2 Runningman ada yang bilang seperti itu. Gary waktu itu bilang “kenapa mereka sangat kompetitif?” dan JungKook ngejawab “mereka nampaknya selalu berusaha keras”. Lagipula kalo ga berusaha keras dari dulu ga mungkin juga BTS bisa menang Daesang dsb. Masalah kerja keras terbukti banget jika kita ngomongin BTS menurut gue chingu. BTS=pekerja keras=true. Siapapun membernya, gue rasa ke7-7nya pekerja keras semua*
  • Tempat dimana Suga suka bikin musik (tempat kerja/workplace-nya) namanya “Genius Lab” chingu. Jadi mereka punya nama masing2 untuk ruang kerja mereka. Misalnya RapMon, namanya adalah “Mon Studio” dan J-Hope namanya “Hope World”. Kayak di album itu chingu, kan ada tulisan misal Pdogg @dogg bounce, lalu Supreme Boi @The Supreme Escape dan Slow Rabbit @carrot express *itu mungkin sebutan nama studio mereka. Tapi apapun itu keren ya punya nama2 khusus di tempat kerja kita? Gue jadi ikutan mikir ketika nulis ini, apa nama yang cocok buat gue, hehe. Kalian ada ga chingu? Misalnya tempat belajar kalian di rumah atau tempat kalian biasa menghabiskan waktu kerja/apapun. Apa ya kalo gue? “Linden Area”? Wkwk*. Suga sendiri cerita kalo dia mikirin nama itu 2 hari chingu, wkwk. Susah kan ya cari nama itu, hehe.
  • Ketika ditanya buku apa yang ingin dia rekomendasikannya pada ARMY, J-Hope ngejawab “happiness practice” chingu (kayaknya buku Korea ini) *wah, yeokshi ya, buku2 yang kayak gitu. Banyak kan ya buku tentang kebahagiaan sekarang ini kalo kalian ke toko buku. Menurut gue buku kayak gitu bagus juga chingu, supaya kita jadi belajar juga untuk menjadi orang yang lebih bahagia. Dan pasti kita akan menemukan kalo bahagia itu sederhana sebenernya, ketika kalian bersyukur/berterimakasih terhadap apa yang sudah kalian punya. Gue rasa definisi bahagia itu bersyukur/berterimakasih chingu. Gue jadi inget beberapa hari ini gue liat banyak video interview CL chingu. Di salah satu interview radio dia di Amerika, dia ditanya tentang kapan dia bahagia, dia ngejawab “I am happy when I am thankful”, atau “saya bahagia ketika saya bersyukur/berterimakasih” chingu. Ya, selain BTS/RapMon, gue juga suka nonton video2 interview artis2 tertentu chingu, contohnya CL, Roy Kim, Ras Muhamad. Jujur gue suka ngedenger artis yang meskipun bahasa Inggris itu bukan bahasa ibunya/native, cuman dia fluent/bagus chingu ketika dia interview pake bhs Inggris. Kalo BTS ya jelas RapMon. Entah gimana gue cenderung suka artis2 yang smart dalam hal bahasa asing chingu. Gue suka mendengarkan chingu, suka nonton orang ngomong (wawancara misalnya). Ini karena gue rasa kita jadi bisa tahu banyak pemikiran orang dari situ. Pemikiran orang lain yang bisa saja kita serap karena memang baik, siapapun orang itu. Dua hal yang gue pelajari karena suka KPOP chingu. Yang pertama adalah jangan menghakimi orang=jahat/buruk/apapun itu hanya karena dia melakukan A dan B, karena kita sendiri ga sempurna, kita juga punya salah. Sebelum menjudge orang, berkaca dulu, reflection. Hal yang kedua adalah gue pribadi ngerasa bisa belajar dari siapa saja. Asalkan itu hal baik, gue terbuka untuk belajar dari siapa saja, termasuk artis2 ini. “Kita sama2 ga sempurna, oleh karena itu janganlah sombong dengan menolak kebenaran darimanapun datangnya”*

eng-sub-161125-yinyuetai-bts-star-interview-mp4_000265450

eng-sub-161125-yinyuetai-bts-star-interview-mp4_000267256

eng-sub-161125-yinyuetai-bts-star-interview-mp4_000286913

eng-sub-161125-yinyuetai-bts-star-interview-mp4_000412748

eng-161123-hwarang-interview-full-mp4_001018496

engsub-161025-the-show-news-with-bts-part-1-mp4_000076099

engsub-161025-the-show-news-with-bts-part-1-mp4_000083814

engsub-161025-the-show-news-with-bts-part-1-mp4_000092512

engsub-161025-the-show-news-with-bts-part-1-mp4_000134589

engsub-161025-the-show-news-with-bts-part-1-mp4_000135637

engsub-161025-the-show-news-with-bts-part-2-mp4_000109573

engsub-161025-the-show-news-with-bts-part-2-mp4_000124450

engsub-161025-the-show-news-with-bts-part-2-mp4_000118736

engsub-161026-bts-%ed%94%bc-%eb%95%80-%eb%88%88%eb%ac%bc-mv-bank-stardust-interview-mp4_000347922

engsub-161026-bts-%ed%94%bc-%eb%95%80-%eb%88%88%eb%ac%bc-mv-bank-stardust-interview-mp4_000902711

engsub-161026-bts-%ed%94%bc-%eb%95%80-%eb%88%88%eb%ac%bc-mv-bank-stardust-interview-mp4_000935866

engsub-161026-bts-%ed%94%bc-%eb%95%80-%eb%88%88%eb%ac%bc-mv-bank-stardust-interview-mp4_000939271

engsub-161026-bts-%ed%94%bc-%eb%95%80-%eb%88%88%eb%ac%bc-mv-bank-stardust-interview-mp4_000941895

engsub-161026-bts-%ed%94%bc-%eb%95%80-%eb%88%88%eb%ac%bc-mv-bank-stardust-interview-mp4_000945941

bts-special-interview-entertainment-weekly-2016-11-07-mp4_000176952

bts-special-interview-entertainment-weekly-2016-11-07-mp4_000202993

bts-special-interview-entertainment-weekly-2016-11-07-mp4_000292646

#Peace #Love #Happiness           

#Live #Love #Learn #Laugh 

#Share #Respect #Inspire

#StayGold #StayTrue #StayReal


BANG! TAN! BTS!

Source: [ENG SUB][INDO SUB] BTS — RM Rap Monster — Talking with ARMY After Fanmeeting —방탄소년단  [V LIVE] (Credit: V, subbed: ..)

Udah cukup lama ya gue ga posting BTS. Mian chingudeul, mianhaeyo~. Akhirnya setelah cukup lama gue kembali nulis di sini. Banyak hal ya yang sudah terjadi sama Bangtan di akhir tahun kemaren dan awal tahun ini. Mereka menang banyak award dan bahkan mereka dapet Daesang di MAMA “artist of the year”. Sebuah penghargaan yang begitu berarti bagi seorang artisan di Korea. Penghargaan yang berarti merekalah artis yang di tahun 2016 kemaren paling bersinar di Korea karena apa yang telah mereka lakukan. HYYH Pt 1, 2, Young Forever yang kemudian masih dilanjutkan dengan Wings membuktikan betapa aktifnya mereka berkarya di tahun 2016 yang lalu dan itu dibayar dengan sangat indah dengan award di MAMA kemaren. Suga yang pernah bilang ga akan nangis sebelum dapet daesangpun kemaren nangis di stage saking harunya. Siapa yang nyangka ya BTS, anak agensi yang notabene bukan Big 3 tapi artisnya bisa menang Daesang. Tahun 2013 yang dapet Daesang adalah GD (YG), tahun 2014 adalah EXO (SM), tahun 2015 adalah BIG BANG (YG) dan di tahun 2016 jatuh ke BTS (Bighit). Ini gue rasa sekali lagi sangat bisa memotivasi kita bahwa dari manapun kita berasal, itu ga berpengaruh banyak dalam keberhasilan kita. Keberhasilan kita lebih ditentukan oleh kemauan diri kita sendiri. Dari manapun asal sekolah kita, asal universitas kita, asal tempat kerja kita, kita selalu bisa berkarya menciptakan sesuatu yang terbaik yang bisa dibanggakan jika selalu mau belajar, tekun, berlatih dan bekerja keras seperti BTS. Ga ada alasan “gue ga sekolah di sekolah favorit, gue ga mungkin menang ngelawan anak dari sekolah favorit”. BTS buktinya. Bukan dalam hal “mengalahkan” yang negative ya, “mengalahkan” dalam hal positif, dalam karya. Jika dibandingkan dengan agensi lain yang lebih besar dengan artis2 senior di agensi itu yang sudah sangat dikenal, BTS berada di posisi yang seperti kuda hitam kan jadinya. Sekelompok orang yang tidak diunggulkan tapi nyatanya bisa membuktikan kekompetenan mereka dalam industri musik KPOP, bahkan global. Gue pribadi bangga chingu BTS kemaren dapet daesang, nangis juga. Kemenangan mereka menurut gue punya arti yang lebih. Semoga semakin memotivasi kita bahwa kita selalu bisa membuktikan aspek terbaik dari diri kita melalui karya darimanapun kita berasal asal kita mau berkerja keras. Tidak perlu kita rendah diri hanya karena latar belakang kita yang mungkin tidak sekeren orang lain, selalu ada jalan. Di setiap kemauan, pasti ada jalan. Begitu kan bunyi pepatah yang sering kita udah denger? BTS yang dulunya tidak diundang di acara2 variety show kemudian merekam acara mereka sendiri agar orang lebih kenal mereka. Mereka aktif bermusik dengan mixtape ditengah2 kesibukan album official mereka juga, sebuah tanda kalo mereka memang passionate di musik. Mereka membuat lagu mereka sendiri, mereka menulis lirik mereka sendiri. Bisa dikatakan mereka berkarya dengan berdiri di kaki mereka sendiri, keren sekali. Ya, semoga ini bisa jadi pelajaran, inspirasi dan motivasi kita semua chingu. Jangan pernah menyerah pada keadaan, never give up. nevermind kalo kata Suga. Terus berusaha keras meraih mimpi2 kita, semua akan ada jalannya asal kita ga gampang nyerah. Semoga ARMYpun seperti BTS. Menjadi pribadi2 keren yang bisa menunjukkan kebiasaan mereka di bidangnya masing2. Kebiasaan yang ga hanya berguna bagi diri sendiri, namun menyebarkan kebaikan juga bagi orang lain. Jika BTS mencoba menjadi semacam “secercah cahaya harapan” bagi para pemuda di seluruh dunia untuk ga menyerah meraih mimpi2nya, maka ARMY dengan bidang2nya masing2 bisa juga berkontribusi untuk dunia yang lebih baik juga. KITA SEORANG DIRI memang ga bisa mengubah dunia chingu, tapi KITA SEMUA bisa. Karena jika semua orang berfikir sama, dunia ini perlahan akan berubah menjadi lebih baik dari sebelumnya dengan sendirinya. Dengan kata lain, kita tidak perlu mengubah orang lain, yang harus kita lakukan hanyalah mengubah diri kita sendiri ke arah yang lebih baik. Dengan cara kita masing2, dengan bidang kita masing2, dengan keunikan kita masing2, mari kita mulai memikirkan itu agar lebih bermanfaat bagi orang lain chingu. Like BTS, lets fly with our own beautiful wings in 2017 chingudeul! Fighting!!!

Itu chingu sedikit intro yang pengen gue sampaikan di awal tahun ini. Semoga kemenangan BTS di akhir tahun kemaren kembali lagi bisa memotivasi kita untuk meraih mimpi2 kita sendiri.  Resolusi di tahun ini gue harap kita semua bisa tumbuh menjadi pribadi, menjadi manusia, dan menjadi ARMY yang lebih baik. Kita bertambah usia, semoga bertambahnya usia itu juga diikuti dengan semakin matangnya kita dalam hidup ini. Menjadi manusia yang lebih mau berfikir, belajar, peduli dan manusia yang pada akhirnya bermanfaat bagi menusia yang lain dengan apapun bidang yang kita bisa. Tidak muluk, resolusi gue pribadipun sederhana chingu. Gue hanya pengen sedikit demi sedikit menjadi pribadi yang terus lebih baik dari tahun yang kemaren. Bukan perubahan yang sangat drastis, sedikit demi sedikit saja namun istiqomah, semoga tercapai, amin. Gue berdoa semua resolusi baik kalian di tahun 2017 ini dapat tercapai chingudeul. Apa yang kalian impikan perlahan2 menemukan jalannya. Selalu sehat, bahagia dan damai hati kalian, amin ^^

Ok, sekarang gue pengen review sedikit tentang satu video dari RapMon di V yang gue tonton kemaren malem:

  • RapMon di acara fanmeeting pernah ditanya gimana caranya dia belajar bahasa Inggris chingu. Jadi salah satu metode RapMon belajar bahasa Inggris adalah dengan nulis kosakata di note/buku catatannya. Buku tulis itu perlembarnya digaris tengah. Sebelah kiri ditulis kosakata dalam bahasa Inggris dan sebelah kanan artinya dalam bahasa Korea. Ditulis kayak gitu terus sampai 10an halaman dan setiap lembar ada 50an kata (kayak ala kamus gitu chingu, cuman ditulis tangan). Itulah cara dia mengingat kosakata dalam bahasa Inggris chingu. Kenapa mengingat kosakata ini penting? Karena kalo perbendaharaan kata kita terbatas, akan sulit juga memahami suatu konteks kalimat/pembicaraan. Grammar juga penting, tapi jumlah kata/kosakata yang kita ingatpun penting dalam bahasa asing termasuk Inggris chingu. Ketika itu, RapMon cerita kalo dia juga ga tahu kenapa dia melakukan metode itu dulu, namun pada akhirnya ternyata apa yang dia lakukan itu membantu juga. Selain itu, dia belajar juga dari nonton film maupun drama *mungkin kesan kalian baca ini “kenapa harus repot2 kayak buat kamus di buku tulis? Kenapa ga baca dari kamus aja?”. Menurut gue, sesuatu yang ditulis akan lebih bisa kita ingat daripada cuman kita baca chingu. Makanya penting yang namanya resume, bikin note/catatan. Simplenya ketika baca, kita cuman sekali mengingat. Tapi kalo setelah baca kemudian kita tulis, kita mengingat paling tidak jadi 2 kali. Effort sih ini, harus sabar nulis, cuman yakin ini akan ada gunanya. Kalian boleh percaya boleh enggak, ketika gue belajar bahasa Koreapun gue beberapa kali nulis kosakata di buku tulis ala2 kamus yang kayak dibilang RapMon itu. Cuman kalo gue ga bertahan lama karena gue menemukan lebih nyaman dengan ngedengerin vocab Korea langsung di variety show/radio/lagu lalu baru buka kamus/google translet kalo ga tahu, nambah deh itu kosakata. Nah kalo di awal2 belajar, tetep mau ga mau harus sering ngafalin kamus. Jadi beli kamus atau buku2 bahasa Korea yang ada banyak kosakatanya lalu dihafalin. Belajar bahasa mau ga mau harus ngafalin menurut gue. Nah nanti seiring berjalannya waktu bakalan nyangkut juga hafalan itu di otak. Apalagi kalo sering didenger, diucapin, dibuat nulis, dipraktekkan. Ga singkat sih ini, perlu waktu. Ya kayak kita belajar bahasa Ingggris dari SD sampe SMA. Bisa sih bisa, tapi belom jago kan? Range 12 tahun aja belom jago, apalagi baru2 belajar? Proses tetep penting, sabar dalam belajar. Ya kayak metodenya RapMon tadi, mungkin dia melakukannya ketika masih SD/SMP. Ga mungkin langsung ngefek, cuman setelah dia lulus SMA misalnya, efeknya kerasa. Gue bukan ga suka teknologi sih chingu, cuman gue rasa anak SD, SMP bahkan SMA itu sebaiknya suka mencatat. Jangan cuman penjelasan guru difoto dan nyimpen materi pdf di hp, tapi baca buku fisik juga, rajin ngeresume dan mencatat ala2 RapMon ini juga penting. Mengingat, kemudian ditulis, sering mengingat kemudian sering ditulis, seperti itu chingu. Kalian yang pengen belajar bahasa asing menurut gue bisa menggunakan cara RapMon ini chingu. Semoga dengan cara ini bisa berhasil dan pinter kayak RapMon, hehe. Fighting! Gue sendiripun juga masih terus belajar chingu, dan mungkin cara RapMon ini bisa gue pake lagi juga, hehe. Metode belajar kan banyak, mungkin kalian punya metode kalian sendiri, bisa lhoh dishare di sini, hehe*
  • Menurut RapMon, bahasa Korea itu cantik, yeppo. Jadi di bahasa Korea kan kata cinta (sarang), manusia (saram) dan hidup (sara) secara pengucapan juga hampir sama. Selain itu, maknanya kan juga nyambung satu sama lain, saling terkait. Kayak “manusia yang hidup selalu terkait dengan cinta”. Cintanya pada orangtua, teman, guru, dll, cinta yang luas. Dia mendapati itu sebagai sesuatu yang indah dan menarik chingu *sesuai sama tes IQ yang pernah dilakukan di Runningman dulu ya chingu, aspek yang paling menonjol dari RapMon adalah di bidang bahasa. Ketertarikannya pada bahasa asing tinggi yang menyebabkan akhirnya dia mahir juga dalam bahasa asing, Inggris terutama. Terlebih profesinya sekarang yang seorang rapper yang juga relate banget yang namanya wordplay, rima, bahasa banget. Untuk bisa bikin lirikpun dia jadi kayak bikin puisi kan?. Memperhatikan banyak aspek kebahasaan kayak rima tadi, diksi (pilihan kata yang erat dengan seberapa banyak kata yang dia tahu/perbendaharaan katanya), estetika dan keefektivitasan kalimat di liriknya dsb. Bahkan, RapMonpun pernah cerita kalo dia ga jadi rapper maka dia ingin jadi penulis chingu. Dan menurut gue, kecintaan dia pada bahasa yang pada akhirnya bisa membuat dia melihat bahasa itu sendiri adalah sesuatu yang indah baik secara lafal, filosofi/makna dibaliknya serta keterkaitannya adalah keren chingu, keren. Sebagai orang yang juga suka bahasa, gue juga ngerasa kalo somehow bahasa Korea itu indah chingu. Selain hangeul sendiri yang menurut gue secara tulisan indah, secara grammarpun bagi gue cukup enak dipelajari, secara pelafalan juga luwes, cocok buat ngerap/dibikin lagu, enak gitu diucapkan, hehe. Sejauh inipun gue juga cuman belajar cukup intens di 2 bahasa, Inggris dan Korea. Gue pernah juga coba belajar bhs Jepang, Mandarin dan Perancis, cuman kurang betah. Ya mungkin ini selera saja sih, bisa jadi kalian menemukan passion kalian di bahasa yang lain dan menemukan bahasa itu indah bagi kalian sehingga makin semangat untuk mempelajarinya, hehe. Fighting lah buat ARMYdeul yang mau belajar bahasa asing, semangat!!!*
  • Beralih ke hal lain, RapMon di sini cerita tentang guru2nya selama masa sekolah dulu chingu. Dia bilang adalah penting untuk bisa ketemu sama guru2 yang baik di masa sekolah kita. RapMon sendiri masih keep in touch juga sama beberapa gurunya sampe sekarang lhoh. Guru yang banyak ngasih nasehat, perhatian dan juga pengajaran yang baik buat dia. Cuman guru2nya pada ga nyangka kalo akhirnya RapMon jadi seorang idol, hehe. Gurunya juga jadi makin ngerasa juga kalo nasib orang ga ada yang tahu, misteri. RapMon sendiri adalah tipe yang suka bertanya2 dia ntar 10 tahun ke depan gimana/jadi apa chingu. Jadi dulu ketika dia kelas 6 SD, dia juga mengira2 ntar 10 tahun ke depan akan jadi apa dan dia pikir kalo ga jadi pembuat puisi (poet/seniman puisi) ya jadi penulis. Meskipun sekarang pekerjaan dia sebagai rapper, cuman ga jauh2 juga dari 2 hal itu kan ya. Dia sendiri ga expect bakalan jadi idol juga sebenernya. Dia ga expect bakalan jadi BTS, ngadain fanmeeting, menggelar konser dsb. Ya, nasib kita ke depan memang ga ada yang tahu, meskipun bisa kita usahakan dari sekarang. Meskipun ga deket banget, cuman nyambung kok ya kalo RapMon mah *gue rasa RapMon tipe orang yang apa yang dia suka itu jelas sejak awal chingu, ga berubah2 juga, konsisten/istiqomah lah, jadi ya endingnya dia jadi apa yang ga jauh2 banget dari passion dia sejak kecil. Gue juga pengen kayak gitu chingu, jadi ga semacam “sia2” juga apa yang udah gue pelajari dengan senang hati di waktu kecil. Belajar banyak hal baru memang bagus, ok, cuman kan alangkah baiknya jika dari awal udah bener2 di satu bidang dan itu berlanjut sampai sekarang, tentu semakin mendalami juga. Beda kalo berubah2 yang dipelajari, pasti tetep ada bedanya menurut gue. Gue rasa (gue pribadi ngerasa) kalo hidup ini singkat sekali chingu. Makanya kayaknya ga bisa seseorang bisa menguasai banyak bidang dalam range waktu sesingkat ini. Bahkan 1 bidangpun sampe dia bener2 expert belum tentu bisa. Daripada banyak2, mending 1 aja asal fokus dan konsisten, itu yang sering gue pikirkan*
  • RapMon ini meskipun pinter tapi anaknya pelupa chingu. Jadi pernah dia udah semangat banget bawa laptop dan segala peralatannya dari mulai laptop case, audio card, mic, mic amp, cooler laptop, mouse wireless, mouse pad sampe keyboard cuman semua gagal total (laptopnya ga bisa digunakan) karena dia lupa ga bawa CHARGER, wkwk. Charger laptopnya juga rare, ga mudah didapatkan di sembarang tempat, makanya ga guna itu udah bawa barang2 sebanyak itu karena walhasil ga nyala laptopnya, kehabisan baterai, wkwk. Padahal dia niatan banget buat bikin musik di sela2 waktu yang banyak di hotel. Itulah chingu, nobody perfect, hehe *gapapa Njoon, itu tandanya kamu disuruh tidur aja, istirahat, ga usah bikin2 musik (kerja) di waktu santai, haha*
  • RapMon di sini juga bicara tentang “sendiri” chingu. Lagi, dia sering ngomong tentang ini ke ARMY. Dia bilang kalo sekarang ini kebiasaan jalan2 sendirian sedang ngetrend chingu, dan dia ngerasa senang dengan itu. Karena dengan itu berarti ga akan ada orang yang semacam bilang kamu “aneh” ketika jalan2 sendirian. RapMon juga bilang kalo “you live life alone” atau semacam “kamu itu hidup juga sendiri”. RapMon bilang kalo karena kita ini dilahirkan juga sendiri, kita juga butuh waktu juga untuk sendirian *jadi ya kayak hal biasa aja kalo ngapa2in sendiri*. RapMon cerita juga kalo pikirannya jadi tajam dan mendapatkan inspirasi untuk musik karena suka jalan2 sendirian tadi. “Ga sendiri” juga sih chingu kalo versi dia. Dia menggambarkan ketika sendiri itu, kita sebenernya punya temen juga yakni diri kita sendiri yang seusia kita. Pernah kan kita ngerasa lagi ngomong sama diri sendiri? Itu kayak kita sebenernya punya temen deket dan itu diri kita sendiri tadi. Makanya ga heran banyak juga orang yang ketika sendirian baik2 saja karena memang dia ngerasa nyaman dengan dirinya. Malah kayak lagi ngobrol sama best friend, dan best friend itu adalah diri kita sendiri. Temen tetep punya, RapoMon punya temen. Dia pernah main bareng juga sama mereka, cuman intensitasnya lebih sering dia sendirian daripada bareng2 chingu. Entah kemana, pas makan, dia sering sendirian. Dia cerita kalo seiring bertambahnya usia, waktu yang banyak mengubah keadaan juga, temen yang bisa dia ajak cerita bener2 semakin berkurang. Pas waktu sekolah memang punya temen banyak, cuman sekarang ga sebanyak dulu, tapi lebih intens. Kayak bukan lagi ke kuantitas, tapi kualitasnya, seperti itu. RapMon sendiri bersyukur punya beberapa teman yang meskipun ga banyak cuman bisa menenangkan dia chingu. Dia punya temen yang sama2 pernah merebah di rerumputan sambil melihat langit, dia senang masih punya mereka. Dia juga punya temen yang pernah curhat ke dia kenapa hidupnya abu2. Pertanyaan seputar hidup yang akhirnya bikin RapMon jadi ikutan mikir juga *kesan gue ngedengerin ini adalah RapMon suka tipe teman yang suka mikir chingu. Balik ke alone/sendirian tadi, kayak yang gue bilang kemaren, lonely beda sama alone. Alone itu pilihan, tapi lonely itu memang keadaan yang membuat kita kayak jadi outcast, ga enak. Alone atau ngapa2in sendirian bukan hal yang buruk juga, cuman ingatlah untuk tetep punya temen chingu. Ya meskipun cuman 1/2/3, milikilah teman yang bisa kalian ajak ngobrol serius, saling berbagi. RapMon juga, dia dengan karakternya yang memang suka berfikir, suka diskusi, suka berbagi pemikiran, membutuhkan teman seperti itu. Teman yang dia bisa ngobrol lama di café tentang apa yang memenuhi benaknya, dan dia punya itu. Bukan teman juga gapapa, guru misalnya. Pokoknya orang yang kalian percaya dan bisa banyak ngobrol sesuatu yang penting sama dia. Ya memang sulit sih dicari, cuman effort untuk itu tetep harus ada. Kembali lagi, manusia pada dasarnya kan membutuhkan manusia yang lain, makanya perlu untuk berhubungan dengan sesama kita juga. Iya kita memang suka alone dsb, cuman ada part2 dalam hidup yang kita ga bisa terus2an sendiri dan perlu orang lain*
  • Balik ke guru tadi chingu. Jadi ketika sekolah dulu RapMon punya guru yang dia suka ngobrol banyak sama guru itu, namanya Guru Ju (Ju saem/Ju seonsaengnim). RapMon yang masih kontak2an sama guru ini pernah ngobrol di café bareng chingu. Nah dia waktu ngobrol itu nanya ke gurunya “apakah aku ini aneh karena terlalu banyak berfikir pada hal2 yang semacam tidak berguna/useless? Beberapa orang juga mengatakan bahwa aku punya banyak pikiran yang harusnya ga dipikirin dan beberapa orang juga berkata bahwa aku ini kekanak-kanakan”. Nah, gurunya ini ngejawab kurang lebihnya gini “punya banyak pemikiran di usia 23 tahun kayak kamu sekarang bukan hal yang aneh. Ini karena sekarang memang pikiranmu seperti layaknya pohon tumbuh, bercabang-cabang ga beraturan. Ya, itu memang sakit dan membuatmu bingung, tapi kelak  kamu akan masuk di usia 30an suatu hari nanti dan cabang2 itu nanti akan menjadi pohon yang lebih tertata dan keren”. RapMon sendiri ngerasa kata2 gurunya itu menenangkan dia chingu. RapMon ngerasa kalo ada orang yang mungkin juga kayak dia sekarang ini, punya banyak pemikiran di pikirannya dan berfikir lebih banyak tentang semua hal daripada orang lain pada umumnya hingga membuat orang lain menilainya aneh, makanya dia sharing tentang ini. Ini alesan dia sharing, karena ngerasa yang ngerasain bukan hanya dia. Inilah basic sharing kan? Sharing dilakukan karena mungkin saja cerita kita relate dengan orang lain, dan dengan sharing itu bisa saling menguatkan. Bicara tentang cabang2 pohon tadi, RapMon bilang memang itu sakit, seperti cabang ranting pohon muda yang terus tumbuh dengan segala pengalaman yang dialaminya, perasaan cinta, adanya harapan, mimpi, passion, rasa sedih, kecewa, ngerasa tersesat dsb, tapi ingat bahwa kelak di usia kita yang masuk ke 30an atau bahkan lebih, kita akan seperti menjadi sebuah pohon yang lebih teratur, lebih tertata, lebih membentuk pohon yang seharusnya, pohon yang keren. Ranting yang terus tumbuh ga beraturan tadi pada saatnya akan beraturan dan keren, percayalah. Dia sendiri berharap ARMY semua bisa juga menjadi pohon yang hebat nanti chingu. RapMon ga tahu istilah yang tepat apa cuman intinya semakin kita tua, kita akan punya attitude yang lebih bijak dari sebelumnya. Pengalaman yang kita punyai ketika usia kita 20an ini akan menyebabkan hidup kita mungkin bisa lebih bijaksana di usia 30an atau lebih nanti, semoga. Kayak orang tua itu suka bilang chingu, “sepandai2nya anak muda, masih pandai orang tua. Kenapa? Orangtua menang di pengalaman. Orangtua udah pernah muda, kita yang masih muda ini belom pernah tua”. Pengalamanlah yang merupakan hal penting untuk menjadikan kita bisa semakin baik dan bijak*
  • RapMon di sini bilang kalo pada bunga ada arti bunga, kalo pohon dia ga yakin ada arti2nya kayak bunga apa enggak. Cuman yang jelas, pohon juga punya nama dan semua dari kita dia harap seperti layaknya pohon dengan arti2nya yang berbeda dan bagus chingu. RapMon sendiri bilang dia suka pohon chingu. Dia bilang pohon itu hidup selama 200, 300 tahun dan punya akar yang sangat kuat, dan dia pengen hidup seperti itu juga. RapMon karena sukanya sama pohon juga suka searching2 tentang pohon chingu *RapMon ngomong akar pohon yang kuat ini gue jadi inget ayat di Quran chingu, surat Ibrahim ayat 24, bunyinya “tidakkah kamu memperhatikan bagaimana Allah telah membuat perumpamaan kalimat yang baik seperti pohon yang baik, akarnya kuat dan cabangnya menjulang ke langit”. Tentang pohon ini dilanjut lagi di verse/ayat ke-26 yakni “dan perumpamaan kalimat yang buruk seperti pohon yang buruk, yang telah dicabut akar2nya dari permukaan bumi, tidak dapat tetap (tegak) sedikitpun”. Iya, kalimat yang baik (nasehat dalam kebaikan, mengagungkan asma Allah, mengagungkan keesaan Allah dsb yang baik2) adalah seperti layaknya pohon yang baik. Pohon yang akarnya kuat, cabangnya menjulang ke langit. Pohon yang kuat, bermanfaat, keren. Maka dari itu marilah kita suka chingu untuk menebar kalimat2 yang baik. Bukan hanya menebar, tapi juga menjalankan apa isi kalimat itu. Saling mengingatkan dalam kebaikan. Sebaliknya, jangan suka menebar kalimat yang buruk. Semoga dengan suka menebar kalimat yang baik dan menghindari kalimat yang buruk, kita bisa termotivasi untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Yang terpenting adalah dengan itu semoga diri kita sendiri terutama dan juga semoga orang lain bisa mendapatkan manfaat dan Allah ridho terhadap apa yang kita lakukan itu chingu, amin*

Bicara pohon, nama gue kan Linda. Nah, Linda itu ternyata relate sama pohon namanya pohon Linden chingu. Gue sendiri suka pohon. Mungkin dari nama blog ini aja udah bisa tahu kalo yang nulis suka pohon, hehe. Gue suka pohon (“namu” dalam bahasa Koreanya) dan ngerasa kalo pohon itu memang makhluk yang keren yang kita manusia bisa belajar banyak dari mereka. Nah, Linden itu pas gue baca2 ternyata kayunya itu bisa dibuat tameng (shield) chingu. Gue jadi inget lambang BTS yang juga relate sama semacam tameng2, hehe. Linden itu pohon yang berbunga juga. Ada madu yang asalnya dari bunga Linden itu juga. Selain jadi madu, bunganya bisa dibuat teh dan obat herbal juga chingu. Selain dibuat shield tadi, kayunya juga dibuat untuk alat musik kayak gitar dan drum juga. Kalo kalian kepo, googling aja pake keyword “linden tree”, nanti klik Wikipedia yang judulnya “Tilia” karena itu nama lainnya Linden tree. Selain Linda, nama belakang gue kan “Wardani”. Nah itu dari kata “wardah” yang artinya mawar chingu. Jadi nama gue pohon ya ada, bunga ya ada, wkwk. Nama depan gue kan Aminah chingu kalo kalian belom tahu. Nama lengkap gue “Aminah Linda Wardani”. Perhatikan, ARMY itu pelafalannya jadi semacam AMI, iya kan? “na” itu dalam bahasa Korea artinya “saya”. Kalo nama gue ditulis pake hangeul, jadi “A-MI- NA” tanpa H secara teori. Jadi Aminah=Saya ARMY? Wkwk #apaini #mengada2, wkwk. Kebetulan sih chingu ini, cuman kadang gue suka mikir juga, nganalisis sendiri ceritanya, wkwk #maafkansaya. Anyway apapun itu, seperti yang RapMon bilang, jadilah kita semua seperti halnya pohon yang keren chingu. Kita semua sekarang ini ibarat pohon muda chingu. Pohon yang masih banyak cabangnya, masih perlu banyak pengalaman untuk tumbuh yang kemudian di usia 30an nanti kita bisa melihat diri kita lebih “rapi” seperti pohon yang telah berbentuk, menjadi pohon yang keren, pohon yang inshaAllah lebih bermanfaat bagi sesama. Dan untuk mencapai hari itu, kita tentu harus mengupayakannya dari sekarang. Fighting buat kita semua!!!  Fighting ARMY!!! ^^

—-

eng-subindo-sub-bts-rm-rap-monster-talking-with-army-after-fanmeeting-%eb%b0%a9%ed%83%84%ec%86%8c%eb%85%84%eb%8b%a8-v-live-mp4_000025320

—-

#Peace #Love #Happiness                                                                                               

#Live #Love #Learn #Laugh 

#Share #Respect #Inspire

#StayGold #StayTrue #StayReal

 


BANG! TAN! BTS!

Source: [ENG] 161105 BTS @ YTN Enter K, [ENG] 161026 BTS @ YTN Yes! Top News (Credit: YTN, subbed: Kimmy Yang)

  • Ketika ditanya tentang fokus utama (main focus) dari “wings” itu apa, RapMon cerita kalo yang pertama adalah konsep anak muda yang menghadapi temptations (godaan2) dalam hidupnya chingu *boy meets evil kan ya? Anak muda yang dalam usianya yang sekarang menghadapi banyak cobaan dan godaan dalam hidupnya, sehingga perlu untuk kemudian mengenal dan menjadi dirinya sendiri agar bisa lebih kuat menghadapinya, pencarian jati diri*. Lalu yang kedua adalah semua member punya solo track masing-masing di album ini chingu. Ini adalah sebuah tantangan bagi mereka dan beruntung respon yang mereka dapat pun besar *dapat daesang juga kan ya BTS kemarin di MMA (Melon Music Award 2016)?, akhirnya. Daesang (termasuk di dalamnya kategori “Album Of The Year”) adalah pencapaian paling tinggi penyanyi di Korea, dan BTS akhirnya dapet di tahun ini. Tahun dimana seri cerita youth mereka (HHYH Pt.1, Pt.2, Young Forever dan wings dengan solo tracknya) muncul. Suga sampe nangis juga kan di stage pas RapMon ngasih speech, matanya berkaca2. Dia pernah bilang ga akan nangis sebelum dapet daesang dan kemarin dia berkaca2 juga karena udah dapet daesang. Gue rasa layak banget BTS dapet daesang tahun ini chingu, karena memang pencapaian mereka besar banget dalam hal album. Ga cuman bagus secara musik, tapi lirik2nya juga inspiring, memotivasi banyak young people juga untuk lebih semangat dan lebih baik. Itu baru MMA ya, berharap di award lainpun mereka dapet chingu, apalagi MAMA besok*
  • Yang istimewa di “wings” ini juga Suga yang selalu punya rambut dengan warna2 cerah di album2 sebelumnya, sekarang back to the basic dengan warna rambut hitam. Dan kata Jin , fans2 Sugapun suka dengan rambut Suga yang sekarang. Ga tau ini Suga pas Jin bilang begitu kayak gimanaaa gitu ekspresinya, kayak “masa sih?” ketawa2 sendiri dia *tapi cover wings kan juga hitam putih ya, nyambung lhoh kalo ini disesuaikan dengan konsep cover albumnya bang syup? Hehe*
  • Ketika ditanya siapa member yang paling cocok dengan konsep album kali ini, pilihannya jatuh ke Jimin chingu. RapMon ngerasa kalo penampilan Jimin (di blood, sweat and tears) yang paling bisa menampilkan konsep yang ingin mereka tampilkan secara visual diantara member yang lain. Jimin cerita kalo tiap album keluar, dia memang selalu berusaha match sama konsep yang diinginkan dan juga terlihat sisi mature-nya. Jimin juga ngerasa ga hanya dia, tapi member2 lainpun tampil dengan cool di MV kali ini.
  • Ketika ditanya tentang siapa member yang paling banyak “pi (darah), tam (keringat) dan nunmul (air mata)”, anak2 BTS sepakat kalo itu RapMon chingu. Kenapa? Kalo alasan dari RapMon, karena dia member tertinggi, makanya dia punya darah paling banyak diantara member lain *logis sih ya kedengarannya? Semakin besar/tinggi orang, semakin banyak juga darahnya. Cuman ya belom tahu fakta ilmiah tentang darah gimana*. JungKook ketika ditanyai alesannya bilang kalo RapMon paling banyak keringat dan air matanya karena dialah yang partisipasinya paling besar di album ini chingu. RapMon adalah member yang paling “menderita” ketika menyiapkan album ini. RapMon adalah member yang creditnya paling banyak juga di album ini juga karena partisipasinya yang sangat besar dalam terciptanya track2 “wings” ini.
  • “wings” sendiri masuk di billboard dengan menduduki peringkat tertinggi yakni #26 chingu. Dan itu adalah prestasi tertinggi yang pernah terjadi dalam sejarah penyanyi Korea *DAEBAK!*. BTS juga mendapatkan peringkat #1 di Itunes di 97 negara. Itu nunjukin banget kalo musik BTS mewakili banyak sekali orang di dunia ini (terutama para remaja dan young people di range usia belasan sampai 20-an). Suga sendiri ngerasa kalo mereka jadi punya banyak fans dan ketika konserpun atau acara lainpun publik di luar sangat antusias adalah karena banyak orang2 di seluruh dunia yang juga punya pemikiran yang sama dan ketakutan yang sama dengan mereka. Jadi dengan kata lain, melambungnya BTS seperti saat ini adalah karena mereka bikin karya/lirik yang RELATE sama orang di range usia remaja (belasan) sampai 20an (youth/young people). Menjadi sebuah kekuatan bahwa lagu2 mereka sejak awal memang merepresentasikan cerita mereka yang ternyata dialami juga oleh banyak orang *yeokshi ya, cerita yang RELATE itu pasti akan lebih kena daripada yang karangan/imajinasi saja. Karena orang akan jadi ngerasa “wah kok yang dibilang BTS ini sama juga dengan yang gue rasain ya? Lagu2 mereka kok mewakili perasaan gue ya?, seperti itu*.
  • Selain dari sisi lagu yang relate dengan banyak orang (bahkan di seluruh dunia, ga hanya Korea aja), Suga juga ngerasa faktor lain adalah karena dance mereka chingu. Suga cerita kalo BTSpun melakukan banyak sekali latihan untuk bisa ngedance seperti itu chingu *15 jam latihan dalam sehari mennn~~wow*. 2 hal itulah yang membuat BTS stand out kata Suga. Kalo kata Jimin, kekuatan mereka yang lain terletak pada kedekatan mereka dengan fans dengan sering berbagi kata2/gambar/video di SNS mereka (twiter misalnya) *berarti mereka memang menggunakan kelebihan dari social media yang memang borderless (semua orang di berbagai belahan dunia bisa terkoneksi) sebagai media membina interaksi dengan fans juga. Sekilas pernah baca kalo BTSpun adalah grup yang followingnya termasuk banyak sekali kan di twitter? Gue ga tau persis terbanyak nomer berapa cuman banyak banget, itu yang gue tahu. Lagipula mereka kan di awal2 ga ada yang ngundang ke acara2 show, makanya bikin konten sendiri lalu diupload di socmed kayak di youtube (Bangtan bomb), di SNS mereka di Korea (café), di twitter juga. Ok mereka ga ada yang ngundang, cuman dengan jadi diri sendiri dan membagikannya ke orang ternyata responnya bagus dan malah makin kenal juga orang2 sama BTS. Itu gue rasa menjadi pelajaran juga sih bagi kita buat selalu kreatif dan ga gampang nyerah kalo kita belum dikasih kesempatan chingu. Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk sampai ke tujuan kita, banyak jalan menuju Roma kalo pepatah itu bilang, ga cuman satu jalan aja. BTS contoh real-nya. Mereka dengan ga diundang itu akhirnya bikin acara mereka sendiri dengan bantuan SNS dan responnya bagus. Iya, ketika kita ga bisa mengandalkan orang lain, kita selalu bisa mengandalkan diri kita sendiri chingu. Maka penting untuk kita bisa mengenal diri kita sendiri, menjadi diri kita sendiri kayak yang BTS sering bilang di lagu2nya. Janganlah kita terlalu ketergantungan sama orang lain, maksimalkan kemampuan dan potensi kita sendiri. Dengan selalu berharap yang terbaik pada Tuhan seraya memaksimalkan potensi kita sendiri, akan ada jalan. Orang lain tuh nomer sekian lah, yang utama adalah doa kita pada Tuhan dan usaha kita sendiri. Be Creative! Itu mungkin kata yang pas buat kita belajar dari BTS tentang strateginya bikin konten sendiri karena ga diundang di konten2 publik lain chingu. Semangat buat kita semua, Be Creative, A.R.M.Y!!!*
  • Selain itu, Jimin juga bilang kalo BTS punya charisma baik sebagai dongsaeng maupun oppa bagi fansnya *gue rasa anak2 BTS itu ga kayak ketemu dan bersama2 sebagai partner kerja aja chingu, ya bener2 kayak temen deket. Makanya ketika ngobrol/bercandapun asik, ga kaku, natural dan sampe di orang2 yang ngeliat juga. Kayak di 360 star show kemaren, sampe MCnya kan heran “dengan kemampuan variety show seperti ini, kenapa ga ada yang ngajakin coba?”, gue rasa itu karena memang mereka udah bisa bercanda sebagai temen yang akrab dalam kehidupan sehari2, dan itu ga bisa diskenario, akan keluar dengan sendirinya*. Nah kalo RapMon, dia ngerasa kalo orang2 yang suka dengan mereka telah melampaui hal2 seperti bahasa dan etnik (negara, suku, ras, bangsa) chingu, sehingga banyak orang yang dapat merasakan energy mereka bersama meskipun dengan perbedaan2 itu. J-Hope ngerasa ketika fans2 bisa memberikan respon yang baik pada karya mereka, dia ngerasa usaha keras mereka selama ini terbayar chingu, haru ya? TT TT. BTS Fighting!!!
  • V cerita kalo selain menceritakan kisah mereka, mereka juga ingin menceritakan kisah orang2 lain di dalam musik mereka chingu. Ketika melihat pada cerita orang lain, ada yang bahagia, ada yang sedih, ada yang menyakitkan. Nah, itu semua pengen BTS ceritakan lewat karya musik mereka chingu. JungKook gue rasa punya statement cerdas untuk ini chingu, jadi dia bilang yang intinya “(BTS kayak sekarang) karena ketika waktunya tiba, maka konsep (yang BTS buat) secara natural cocok dengan waktu itu” *jadi semacam BTS bisa diterima karena memang mereka sedang berada di masa youth dan memikirkan apa tema yang sesuai dengan waktu yang mereka sedang alami saat ini chingu, makanya ya bisa cocok dan diterima banyak orang. Mereka ga melawan arus dengan menceritakan hal2 yang ga mereka alami, mereka mengikuti arus dan menceritakan apa yang mereka alami saat ini, mereka kayak “ride the time” menurut gue dalam berkarya. Mereka sesuaikan dengan apa yang mereka alami sekarang, makanya bisa diterima juga. Kecocokan2 itulah yang menyebabkan karya2 mereka yakni trologi youth (HYYH Pt.1, 2, young forever) dan wings ini jadi begitu diterima publik chingu*.
  • RapMonpun cerita kalo mereka saat ini masih bertumbuh dan berada dalam masa muda (youth) dan banyak orang juga yang sekarang sedang berada dalam masa itu yang mungkin akan mencari kata2 yang relevan dengan yang mereka alami sekarang, yakni semacam “tumbuh” atau “youth/masa muda”. BTS kata RapMon pengen jadi grup yang relate dengan kata2 itu chingu, yakni grup yang orang2 bisa percaya pada mereka dan melihat serta mendengar mereka. Itu adalah hal2 yang BTS pengen orang2 bisa mengaitkan BTS dengan itu. Grup yang dengan karyanya orang2 bisa percaya dengan mereka *semoga kita bisa dapet hal2 positif dari mereka yah chingu. Pasti ada negatifnya juga, cuman semoga yang baik2 saja yang bisa kita dapet dari BTS ini*.
  • BTS ingin jadi grup yang tumbuh bersama dengan fans2nya (A.R.M.Y) chingu. Suga juga nambahin kalo BTS adalah grup yang mencoba (dengan usaha terbaik mereka, melalui musik dan lirik mereka) untuk meringankan rasa sakit/penderitaan dan juga kesedihan yang sekarang dialami oleh anak muda (young people di range usia belasan dan 20-an) seperti mereka sekarang ini chingu *gue rasa kata2 Suga ini dalem banget chingu, dengan karya (musik dan lirik) yang mereka berikan ke pendengarnya, dia berharap bisa jadi motivasi tersendiri bagi mereka. Orang yang mengalami rasa sakit karena cobaa misalnya, dengan mendengar lagu kayak “tomorrow” atau orang yang kehilangan arah ketika mendengar lagu “lost” dan orang yang lagi sedih mendengar “2!3! hoping for more good days” bakalan bisa semangat lagi, seperti itu chingu. Guepun seneng ngedengerin lagu2 BTS karena memang ga cuman cinta2an ga jelas, tapi ada kayak motivasi yang mereka kayak memberi semangat ke kita juga untuk bangkit dari kesedihan dan rasa sakit. Gue muslim dan gue tahu kalo musik dan lirik itu memang bisa memberi kita semangat dsb, cuman saran gue adalah jangan jadikan musik itu yang utama chingu. Karena ketenangan jiwa paling baik hanya bisa kita dapatkan melalui Al-Quran, dengan kita dekat dengan Allah. Yang bukan muslim (memeluk agama lain) gue rasa juga seperti ini, yakni kembali kepada kitabnya masing2, bukan semata2 musik/lagu. Musik itu boleh, cuman bukan utama. Dan musik/lirikpun hendaknya kita pilih2 juga, mana lirik2 yang bisa membuat kita lebih baik. Gue bersyukur chingu bisa kenal BTS. Karena dari karyanya gue bisa banyak belajar, termotivasi serta terinspirasi juga tentang banyak hal. Sesuatu yang gue suka karena relate sama apa yang gue pikirkan dan rasakan serta bisa gue bisa ambil manfaat darinya. Ya, mereka memang ga sempurna, cuman ada lah hal2 di mereka yang kita tetep bisa ambil positifnya. Semoga karya2 BTS ke depan tetap seperti ini ya chingu, bukan stag cuman tetep berbicara hal2 yang relate dengan kita dan kita bisa belajar dari mereka juga. Kita bisa menyaring hal2 baik yang ada dalam karya mereka untuk kemudian membuat kita menjadi pribadi yang lebih baik, semoga, amin..^^*

—-

eng-161105-bts-ytn-enter-k-mp4_000050174

eng-161105-bts-ytn-enter-k-mp4_000062944

eng-161105-bts-ytn-enter-k-mp4_000148042

eng-161105-bts-ytn-enter-k-mp4_000154947

eng-161105-bts-ytn-enter-k-mp4_000189804

eng-161105-bts-ytn-enter-k-mp4_000219131

eng-161105-bts-ytn-enter-k-mp4_000271718

eng-161105-bts-ytn-enter-k-mp4_000288577

eng-161026-bts-ytn-yes-top-news-mp4_000108541

161119-bts-%eb%b0%a9%ed%83%84%ec%86%8c%eb%85%84%eb%8b%a8-the-best-album-of-the-year-daesang-award-melon-music-awards-mp4_000100856

161119-bts-%eb%b0%a9%ed%83%84%ec%86%8c%eb%85%84%eb%8b%a8-the-best-album-of-the-year-daesang-award-melon-music-awards-mp4_000101997

#Peace #Love #Happiness                                                                                               

#Live #Love #Learn #Laugh 

#Share #Respect #Inspire

#StayGold #StayTrue #StayReal


BANG! TAN! BTS!

Source: [ENG] 161016 BTS 2nd full album comeback interview (Credit: KBS, subbed: Kimmy Yang)

  • Sejak awal, BTS adalah grup yang memang dikonsepkan untuk menceritakan cerita mereka di dalam lagu. Bang ShiHyuk-pun menjelaskan begitu, bahwa BTS adalah grup yang menulis cerita/apa yang mereka rasakan di dalam karya2 mereka, sehingga membuat lagu/lirik/musik mereka sendiri adalah hal yang wajar dilakukan BTS *mana bisa kan kita cerita tentang diri kita sendiri dalam lagu kalo kita ga terlibat di dalam pembuatannya?* Nah, RapMonpun di salah satu interview di KBS News ketika mereka comeback juga mention hal ini chingu. Bahwa BTS adalah grup yang menulis cerita mereka sendiri. Mereka bekerja keras untuk sebanyak mungkin terlibat dalam tiap produksi album mereka. Nah di “wings” ini, hal yang spesial adalah setiap member menyertakan solo track, sehingga ada 7 solo track dari total 15 lagu. Member2 BTS dalam solo track itu berpartisipasi dalam pembuatan liriknya, melodinya dan juga aransemen musiknya *jadi memang membuat lagu itu banyak cara chingu. Ada orang yang bisa bikin melodi dan liriknya aja karena ga ga bisa main alat musik (Tulus contohnya, penyanyi Indonesia. Dia bikin melodi sama liriknya saja karena ga bisa main alat musik). Ada juga yang berpartisipasi dalam liriknya aja (contohnya para lyricist2 yang sudah sering kita temui di KPOP kayak Kim Eena atau Sam Lewis misalnya). Ada yang musik sama liriknya aja, cuman aransemen (menggabungkan keduanya)nya sama orang lain. Banyak cara dan banyak orang yang terlibat. Makanya di perform2 KPOP kita sering menemui di awal2 lagu ada credit 3 pihak (atau minimal 2) dalam lagu itu, yakni producer musiknya, lyricistnya dan juga arranger-nya. Kalo enggak ya paling producer musik sama lyricistnya* dan BTS adalah grup yang bener2 terlibat dalam 3 hal itu sejak awal, terutama rapper line (RapMon, Suga, J-Hope) yang jelas ikut paling tidak jadi lyricist karena ngerap-in kata2 mereka sendiri sebagai rapper. Sejak awal, sejak album “2 Cool 4 Skool” udah seperti itu. Bahkan sejak sebelum itupun mereka sudah suka bikin mixtape, perform meskipun underground, bikin lirik mereka sendiri, menyuarakan suara mereka.
  • BTS punya fan song (official fan song) chingu, dan itu ada di album “wings” ini yakni “2! 3! (Hoping for more good days). Jimin cerita kalo dia selalu hampir nangis (monangis) setiap kali mendengarkan lagu ini. Dia berharap orang2 akan menyukai lagu ini *Wah, official “fan song” yah? Berarti kayak himne-nya A.R.M.Y ya? hehe. Lagu yang khusus didedikasikan BTS buat fansnya. Judulnyapun BTS banget, 2! 3! (dul! Set!) kan greeting BTS sebelum mereka bilang “Bang!Tan! Annyeong haseyo Bangtan Sonyeondan Imnida”. Gue sendiri ngerasa lagu ini ada juga hal2 positifnya chingu, kita bisa belajar juga dari lagu ini. Part RapMon di awal yang pada intinya kita ga bisa bohong dengan mengatakan “ayo hanya hal2 baik saja yang kita lihat” atau “hanya hal yang baik yang akan terjadi”. Menurut gue kata2 itu bener, karena meskipun hal2 dan kejadian2 baik jadi harapan kita, tapi dunia pada kenyataanya tidak berjalan seperti itu. Kita tidak bisa lari dari kenyataan bahwa dunia ini banyak keburukannya meskipun kita selalu bisa mengambil sisi positif dari sisinya yang lain. Kayak “ok dunia ini kacau, cuman dengan hati gue yang selalu ingin melihat keindahan di dunia ini, guepun bisa melihatnya tidak seburuk/sekacau itu”. Cuman fakta kalo dunia memang sering tidak berjalan seindah bayangan kita adalah tetep fakta. Semua hanya tentang pilihan dan sudut pandang kita gimana untuk melihatnya. Apakah dengan fakta itu kita menyerah atau tetap dengan hati yang indah melihat dunia ini dengan kacamata yang lebih mendamaikan. Yang di part Suga, gue rasa untuk kesekian kalinya adalah ungkapan pembuktian terhadap orang2 yang sudah menyepelekan mereka karena jadi idol. Gue pribadi pengen kayak “udahlah Suga, ok kita tahu kok (dan orang2 yang kamu maksudpun juga tahu BTS sekarang kayak apa), ga usah selalu bikin lirik dengan tema itu, yang lain, hehe. Karena gue rasa udah terlalu banyak Suga ngomong hal2 serupa chingu. Lagu “2!3!” ini kurang lebih menceritakan ajakan dari BTS untuk melupakan kesedihan kita dan ga berhenti percaya bahwa banyak hari yang lebih baik yang akan datang. Kalo gue mengaitkannya dengan “dibalik kesulitan ada kemudahan” chingu, kayak hujan pasti berganti pelangi, badai pasti berlalu, hari burukpun akan berlalu dan kita bisa berharap hari ke depan lebih baik dengan usaha dan doa kita. Selalu ada harapan untuk suatu kemudahan jika kita sudah mengupayakannya dengan susah payah/kesulitan sebelumnya. Kalo gue menginterpretasikan lagu ini ga cuman orang bilang “2! 3! kayak orang main sulap menjentikkan jari lalu kita langsung tertidur/terhipnotis dan besok tiba2 jadi hari yang baik. Ya harapan itu akan selalu ada, tapi akan sia2 aja kalo kita ga ada keyakinan pada Tuhan akan “sesudah kesulitan ada kemudahan” dengan disertai usaha kita. Ok kita melupakan kesedihan, cuman jangan semata2 itu, tapi harus juga bangkit lagi dan berusaha lagi dalam meraih hari2 yang lebih baik. Untuk liriknya J-Hope yang “terimakasih untuk udah jadi cahaya dan hwayang yeonhwa-ku” itu adalah untuk A.R.M.Y chingu. Terimakasih udah selama ini percaya sama BTS, udah mensupport karya BTS, udah jadi bagian dari “the best moment in live”nya BTS juga”. Sehingga jelas kalo lagu ini adalah “fan song”nya BTS untuk A.R.M.Y semuanya ^^*
  • Tentang “Demian”, RapMon disini mengakui kalo banyak aspek di “Demian” yang memang mirip dengan cerita yang mereka ceritakan di album “wings” ini chingu. Sehingga, merekapun menggunakan banyak elemen dalam “Demian” di jacket photo dan konsep MV mereka. Demian sendiri adalah novel yang tertinggi no.22 dalam hal penjualan dan terkenal di toko2 buku. Kaitannya dengan “Demian”, konsep “wings” juga tentang growth (dalam artian perkembangan orang dalam mencari jati dirinya di usia youth-nya), sehingga mereka pikir mereka perlu bekerja keras untuk membawa pengaruh yang sifatnya positif dalam proses growth ini chingu. Contohnya kaya kata2 di belakang V di jacket photo “wings” (kata2 berbahasa Jerman) dari filsuf Nietsche bahwa “seseorang harus bergejolak dalam dirinya jika ingin bisa melahirkan bintang yang menari”. Itu semacam quote yang pengen BTS sampaikan ke orang2 dalam range usia mereka (20an). RapMon bilang kalo Suga bilangnya “haera!” atau “keep it up!” atau “terus lakukan!”, kata2 penyemangat lah. RapMon ngejelasin kalo maksud quote tadi adalah gejolak yang ada dalam diri kita dan juga rasa cemas adalah proses yang harus kita alami ketika kita ingin berhasil melahirkan sesuatu yang bersinar. Bisa jadi dalam proses itu kita akan ketemu dengan godaan, itu secara natural akan kita temui *menurut gue adalah godaan untuk nyerah, godaan untuk ganti haluan, godaan untuk malas dsb. Gue jujur ada poin yang ga gue suka dari Nietzche chingu, setahu gue dia filsuf yang beraliran materialis atheist yang gue ngerasa bahaya juga kalo ga bijak menyerap kata2nya, kayak beresiko bagi gue. Cuman gue rasa quote tadi bisa diartikan sebagai hal yang ada juga sisi positifnya. Semacam “orang kalo mau bersinar (sukses) itu ga mudah, harus usaha dulu, harus berdeal dulu dengan gejolak/perasaan2 dalam dirinya (godaan kayak males, gegabah, mo nyerah dsb)”. Gue sering bilang bahwa kita tetep bisa kok mengambil hal2 positif dari sesuatu, cuman ada hal2 yang sebenernya ga pengen gue pelajari terlalu dalem karena gue takut chingu, seperti untuk terlalu belajar dari filsuf beraliran materealis atheist kayak Nietzche ini. Ok RapMon mungkin cocok sama beliau, makanya baca bukunya atau bahkan sampai mengikuti alirannya, karena RapMonpun juga atheist (gue baru2 ini baca interview yang mengiyakan kalo dia atheist). Cuman kalo gue jujur membatasi chingu. Meskipun gue tahu RapMon atheist dan humanisme yang dia maksud ada bedanya meskipun ada samanya juga dengan humanisme yang gue yakini (ada hal dimana pemikirannya berbagi nilai yang sama dengan yang gue yakini), makanya gue mencoba berdeal dengan itu dan mencoba tetap sebijaknya menterjemahkan itu. Manusia dan kemanusiaannya (humanisme) yang gue yakini adalah tidak bertentangan dengan ajaran agama yang gue yakini. Bahwa manusia adalah pemimpin bagi dirinya sendiri dan bertugas menjadi versi terbaik dari dirinya untuk kemudian bermanfaat bagi orang lain. Itu adalah tujuan hidup manusia sebagai bentuk ketaatannya pada Maha Pencipta-nya yang kelak akan jadi bekalnya sendiri ketika kita mati/kembali kepada penciptnya. Meskipun humanisme versi RapMon ga 100% seperti ini karena dalam atheist tidak menyertakan Tuhan, cuman aspek “jadilah versi terbaik dirimu, ayo percaya diri, ayo usaha keras” itu tetep bisa kita ambil positifnya. Ada perbedaan, tapi tidak beda 100% sehingga gue ngerasa tetep ada hal yang bisa kita belajar dari dia. Kuncinya cuman apapun yang kita baca, quote dari siapapun, pemikiran dari siapapun, ilmu apapun, asal itu ga membuat kita lepas dari iman kita dan justru menambah keimanan kita, itu boleh kita lakukan. Meskipun sebagai muslim, jelas sebaik2nya ilmu/kata2/apapun adalah dari Quran dan sunnah Nabi Muhammad yang sahih. Tuhanpun (Allah) tidak memaksakan kehendak hambanya untuk beriman kepadanya kan? Apalagi manusi kayak kita. Yang ada cuman menasehati, kalo mau ya ok, kalo engga ya gapapa, ga ada masalah sama sekali. Hidayah (atau apapun bahasanya dalam keyakinan lain) adalah murni dari Tuhan, bukan dari manusia. Hal lain yang gue yakini salah satunya adalah kita ga pernah tahu akhir hidup kita kayak gimana chingu. Bisa jadi orang yang iman nanti ketika mati tidak, dan orang yang tidak iman pada akhir kehidupannya beriman. Maka gue ga berani ngejudge seseorang, masalah hidayah adalah pure dari Tuhan, bukan gue, kalian atau siapapun. Yang gue coba lakukan hanyalah apa sih hal2 baik/positif dari mereka (BTS/RapMon) yang bisa dibagi ke orang karena menginspirasi, itu saja. Banyak pemikiran RapMon/BTS yang gue rasa positif dang a bertentangan dengan apa yang gue yakini, makanya guepun bisa suka dengan mereka. Cuman untuk hal2 tertentu, tetep gue akan batasi atau dengan sangat hati2 menginterpretasikannya kayak quote Nietzche ini. Sekali lagi, BTS/RapMon ga sempurna (versi gue pribadi), hanya saja gue rasa daripada grup lain lagu2 mereka yang paling bisa diambil sisi2 positifnya. Kayak gue jadi inget semut di Quran An-Naml ketika BTS bikin lagu “lost” kemaren. Semakin gue belajar, semakin gue tahu dan semakin juga gue takut chingu, true. Temen gue bilang, RapMon itu buku lin, dia itu memang pinter, pinter banget, kamu bisa belajar banyak dari dia, cuman kamu harus bijak juga mana yang bisa kamu ambil/tidak seperti halnya sebuah buku. Ga semua hal/bab di dalamnya harus kamu ambil/sukai, meskipun pada faktanya ada hal2 baik/positif dari situ. Ya semoga kalian mengerti, itu chingu hal yang pengen gue sampaikan. Bahwa tolong kalian jangan ngerasa RapMon itu sempurna dsb hanya karena dia pinter dsb, karena gue sebagai manusia beragama (dan kalian juga pasti beragama) tetep harus ada batas dalam hal ini. Ambil yang baik dari dia, dan yang buruk jangan. Gue awalnya ga mau cerita ini, cuman itulah yang gue pikirkan chingu, dan sepertinya memang harus gue tulis, gue harus jujur pada apa yang gue pikirkan dalam menulis. Kalian bisa menilai sendiri kemudian. Kalo dari gue ya seperti itu tadi pandangannya. Kita mungkin ga bisa ketemu dalam hal kepercayaan (believe), cuman kita bisa kan ketemu dalam hal lain? Lagipula kita sama2 manusia yang wajar punya nilai2 kemanusiaan yang sama. Tentang apa yang kemudian kita anut, itu banyak faktor. Gue pengen kalian memahami ini. Cuman kalo saat ini kalian ga paham, mungkin ketika kalian lebih dewasa dari ini kalian akan paham. Apalagi kalo kalian sekolah jurusan filsafat dsb. Stay positive, itu saja chingu yang gue ingin pegang sekarang di blog ini. Selalu cari sisi baik dengan hati yang baik ditengah dunia yang memang bohong banget kalo kita bilang semua baik2 saja seperti kata RapMon di 2!3! tadi. Kita ga bisa lari dari kenyataan, kita ga bisa nutup mata begitu saja pada hal yang jelas terjadi, kita ga bisa lari dari kenyataan bahwa ke-atheist-an dsb itu terjadi dalam idola kita, gue ga ingin menutupi semuanya. Gue ga mau bohong pada pemikiran gue sendiri chingu. Ga mau bohong pada gejolak dalam hati gue sendiri juga. Gue dulu memang takut dan sering bilang “ga mau share yang negatif” cuman lama2 gue sadar kalo itu hanya nama lain dari gue untuk “lari dari kenyataan”, sehingga gue ngerasa perlu juga untuk gue tulis dengan penuh pertimbangan dan juga alasan kenapa gue menulis itu. Apapun opini kalian, itu hak dan pemikiran kalian. Pemikiran gue udah gue tulis di sini. Berat chingu, banyak mikir gue, cuman akhirnya inilah yang jadi konklusi/kesimpulan gue. Gue ga mau ngejudge orang seakan2 gue lebih baik dari orang itu chingu. Bisa jadi kan di akhir hidup gue, gue jadi orang buruk? Who knows? Seperti kata Ali Bin Abi Thalib “temukan kepribadianmu dengan melakukan 3 hal, pertama “jadilah manusia paling baik di sisi Allah”, yang kedua “jadilah manusia paling buruk dalam pandangan dirimu” dan yang ketiga “jadilah manusia biasa di hadapan sesama manusia”. Gue ingin seperti itu chingu. Dengan selalu ngerasa gue adalah manusia paling buruk dalam pandangan gue sendiri, maka gue tidak mau menjudge manusia yang lain lebih buruk dari gue, siapapun itu. Gue sendiri banyak salah, jadi ga pantes gue menjudge salah/buruk pada orang lain. Gue juga ingin jadi manusia biasa di hadapan manusia yang lain, makanya bisa saling belajar dan berbagi hal2 baik dengan sesama manusia, siapapun itu. Itu chingu hal yang pengen gue bagi kali ini, semoga berkenan…*

—-

eng-161016-bts-2nd-full-album-comeback-interview-mp4_000053586

eng-161016-bts-2nd-full-album-comeback-interview-mp4_000080280

#Peace #Love #Happiness                                                                                               

#Live #Love #Learn #Laugh 

#Share #Respect #Inspire

#StayGold #StayTrue #StayReal