IL MARE: Cinta yang Tidak Akan Pernah Bertemu

Posted: April 25, 2013 in my korean notes

Beberapa minggu ini saya lagi suka banget nonton film-film Korea, salah satunya IL MARE ini. IL MARE menurut saya adalah film Korea yang cukup “high quality” karena dari segi cerita sangat unik, tidak hanya cerita cinta yang “average” seperti film kebanyakan melainkan memaksa kita untuk berfikir lebih keras untuk bisa memahami dan mengambil inti dari film ini. Film ini masih mengusung tema klasik yakni “cinta” namun dengan alur yang unik. Film ini merupakan produksi tahun 2000 yang dibintangi actor Lee Jung Jae dan aktris Jun Ji Hyun.  Film ini juga diadopsi oleh Hollywood dengan judul “The Lake House” yang dibintangi Keanu Reeves dan Sandra Bullock tahun 2006.

ilmare

Menurut saya ini merupakan prestasi yang membanggakan bagi Korea Selatan dalam dunia perfilman. Film ini memang unik,  menceritakan dua orang yang “seperti” berada dalam satu waktu dan bisa berkomunikasi lewat kotak surat  merah namun kenyataannya mereka berselisih waktu dua tahun. Kisah mereka menimbulkan kesan “mereka berkomunikasi” pada penontonnya namun sebenarnya mereka beda waktu sehingga tidak akan pernah bertemu secara langsung. Saat menonton film ini saya agak bingung karena sepertinya mereka berkomunikasi dan berada dalam situasi waktu yang sama atau berbarengan namun anehnya mereka selalu tidak pernah bertemu hingga disitu secara tersirat dijelaskan bahwa mereka memang beda waktu. Menurut saya film ini cukup kreatif dan tidak biasa sehingga tidak heran Hollywood menyukai tema dan taste film seperti ini.

Film ini dirilis pada 9 September 2000 dengan budget $2.5 million. Film ini bersetting di Ganghwa Island, Sukmodo dan Jeju Island, Udo. Setting digambarkan dengan sebuah rumah di pinggir pantai yang disangga tiang-tiang dimana saat air laut pasang air laut tepat berada dibawahnya. Pantai tersebut juga berlumpur dan digunakan Lee Jung Jae (sebagai Sung Hyun) dan anjingnya colla untuk bermain bola. Ada sebuah kotak surat dengan pohon berhias lampu di depan rumah yang langsung terhubung dengan daratan. Kotak surat itulah yang mereka gunakan untuk berkomunikasi. IL MARE sendiri adalah bahasa Italia yang berarti laut. Dalam judul Korea, judul film ini adalah siwore yang berarti “time-trascending love”.

il-mare4

Menurut saya IL MARE ini adalah salah satu film terbaik yang dimiliki Korea. Jika kita menelaah lebih mendalam maka kita akan medapati rasa sedih yang dalam dari film ini. Betapa orang yang “sepertinya” berkomunikasi setiap waktu namun ternyata beda waktu dan mustahil untuk bertemu. Bisa dibayangkan perasaan Sung Hyun yang tidak akan pernah bisa bertemu dengan Jun Ji Hyun (sebagai Eun Joo) walaupun dia menyukainya dan ingin memberinya hadiah secara langsung. Kemustahilan untuk bertemu inilah yang menurut saya merupakan poin paling menyedihkan dalam film ini. Dari sini kita bisa melihat bahwa industry film Korea mampu memproduksi film yang menarik, unik dan dapat diterima masyarakat di luar Korea bahkan lebih dari 1 dekade yang lalu.

 

Komentar
  1. nisa mengatakan:

    kalo download filmnya dimana ya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s